Robert Huynh: Google Moonshots untuk Pendiri Vietnam YC, Harvard MBA Dropout & Sea Turtle dan Produk Pasar Iterasi - E264

“Saya memiliki pola pikir gamer ini yang hanya berarti memaksimalkan hal-hal yang saya kuasai, meminimalkan hal-hal yang saya hisap. Setiap kali saya melakukan sesuatu, saya hanya masuk semua. Ini jauh lebih sedikit tentang de-risking, saya pikir ini lebih banyak tentang memperluas pilihan saya dan hanya mengambil keputusan dan hal itu seperti itu seperti itu seperti itu yang keluar dari sekolah. Saya tidak terlalu memikirkan hal itu. cara semua hal ini menyebabkan menghilangkan risiko setiap keputusan. " - Robert Huynh

"Bagian bootcamp dari Y Combinator sering diabaikan. Orang -orang berbicara tentang hari demo dan mendapatkan semua investor ini, tetapi saran di bootcamp sangat relevan. Sangat berdampak untuk membuat pendiri yang berbeda datang dan berbicara kepada kita dan memahami di mana kita sekarang. Itu adalah sesuatu yang tidak akan bisa saya pahami jika saya tidak melalui perjalanan itu. - Robert Huynh

1. Robert berbagi tentang bagaimana ia memulai karirnya di Microsoft dan kemudian pabrik Moonshot Google dengan fokus pada keuangan, strategi perusahaan, dan ilmu data. Robert memutuskan untuk pergi ke Harvard Business School untuk melakukan gelar MBA, dan kemudian keluar untuk pindah ke Vietnam. Ini didorong oleh minatnya untuk mengeksplorasi warisan budayanya dan membangun sesuatu sendiri.

2. Robert Huynh ingin melokalisasi gagasan membuat renovasi rumah sederhana di Vietnam, tetapi percobaan gagal karena orang memposting ulang desain ke dalam grup Facebook dan mencari pekerja konstruksi di sana. Ini membuatnya berputar untuk menghubungkan pekerja konstruksi dengan pemberi kerja. Dia melihat kesempatan untuk membangun komunitas yang dapat dipercayai oleh pekerja, memiliki akses yang lebih baik ke pekerjaan, dan memberikan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan.

3. Pengalaman kombinator y luar biasa bagi Robert karena komunitas dan orang -orang. Pengalaman bootcamp sangat unik dengan saran yang relevan dari pendiri empati tinggi.

Tonton, dengarkan atau baca wawasan lengkap termasuk pola pikir gamer tentang hadiah vs opsionalitas, perbedaan antara budaya & komunikasi perusahaan Vietnam dan AS, dan terjebak di Thailand selama pandemi di https://www.bravesea.com/blog/robert-huyhh

Harap teruskan pesan ini atau undang teman di https://chat.whatsapp.com/cel3ywi7yowfd8htto6yzde

Tentu?

Didukung oleh Esevel

Apakah Anda mengelola sendiri untuk tim terdistribusi di Asia? Anda tahu betapa menyakitkannya itu. Esevel membantu tim in-house Anda dengan mengambil tugas-tugas sulit dari tangan mereka dan memberi mereka alat untuk mengelolanya secara efektif. Dapatkan bantuan di delapan negara di Asia Pasifik, yang meliputi onboarding, pengadaan, manajemen perangkat, dukungan TI real-time, offboarding, dan banyak lagi. Dapatkan kendali penuh atas semua infrastruktur TI Anda di satu tempat dengan platform canggih kami. Lihat Esevel.com dan dapatkan demo hari ini. Gunakan kode rujukan kami, "berani" selama tiga bulan, gratis. Syarat dan ketentuan berlaku.

Tentu?

Jeremy Au: (01:43)

Hei, Robert, sangat senang memiliki Anda di acara itu. Saya masih ingat kami mendiskusikan keputusan Anda untuk keluar dan membangun startup dan sungguh luar biasa untuk menyaksikan perjalanan Anda dan tumbuh sejauh ini. Jadi saya ingin Anda memperkenalkan diri dengan sangat cepat.

Robert Huynh: (01:57)

Terima kasih, dan Jeremy, luar biasa diundang ke podcast. Senang berada di sini. Intro cepat pada saya. Saya orang Amerika Vietnam sekarang. Saya salah satu pendiri dan CEO Nook. Kami adalah platform pekerjaan dan saya menghubungkan pekerja konstruksi dengan kontraktor, dan pengusaha di Vietnam.

Jeremy Au: (02:19)

Luar biasa. Jadi, bagaimana Anda pertama kali masuk ke teknologi? Karena Anda bekerja di Microsoft, Anda bekerja di pabrik Moonshot Google. Bagaimana Anda baru saja mengatakannya, saya akhirnya bekerja di industri teknologi?

Robert Huynh: (02:29)

Ya, ini pertanyaan yang sangat bagus. Sejujurnya, tumbuh dewasa, saya tidak memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin saya lakukan. Saya tumbuh dengan seorang ibu tunggal dan dia membesarkan saya dan adik perempuan saya tidak memiliki banyak peluang. Fakta yang menyenangkan adalah bahwa saya adalah seorang ESL, meskipun saya lahir di AS, saya orang Amerika, tetapi saya tidak pernah benar -benar memiliki kesempatan untuk mencari tahu apa yang mungkin dan di perguruan tinggi, saya hanya melakukan sedikit segalanya. Saya melakukan magang setiap semester, dan setiap musim panas, dan menjejalkan sebanyak yang saya bisa. Berkonsultasi dengan perbankan, untuk hanya mencoba hal -hal. Bahkan sekolah kedokteran pun dipertanyakan karena itulah yang secara diam -diam ingin saya lakukan, dan saya pikir cara saya membuat jalan menuju teknologi adalah karena proyek konsultasi yang saya miliki pada waktu itu. Saya memiliki Facebook dan Twitter sebagai klien saya selama musim panas untuk salah satu magang saya dan Symantec dan perusahaan cybersecurity lainnya sebagai magang kedua saya, menyadari bahwa sangat keren untuk mendapatkan pengalaman itu bekerja di situs klien, tetapi ketika saya lulus, saya menyadari, menunggu, tidak akan lebih keren untuk hanya bekerja di sebuah perusahaan teknologi besar dan sebagai gamer seumur hidup, saya telah tumbuh lebih keren untuk bekerja di sebuah tari teknologi dan sebagai gamer seumur hidup, saya telah Grown Up Playing Up Playing Up Revole Up.

Saya pikir tidak ada tempat yang lebih baik selain di perusahaan video game. Jadi saya bergabung dengan Microsoft dalam program rotasi keuangan. Itu memberi saya kesempatan untuk mendapatkan peran kepemimpinan di berbagai departemen yang berbeda, tetapi rotasi pertama saya berada, saya fokus pada kelompok konsumen ini, khususnya Xbox dan sangat keren untuk mengerjakan peluncuran Xbox One. Sangat keren untuk masuk ke teknologi. Di mana saya merasa setidaknya narasi pada waktu itu adalah teknologi itu mengubah dunia dan saya ingin menjadi bagian dari itu.

Jeremy AU: (04:23)

Dan yang menarik adalah Anda mulai di bidang keuangan dan Anda transisi pada akhirnya, bergabung dengan Google dan beralih ke intelijen bisnis dan berbagai proyek. Jadi bisakah Anda berbagi sedikit lebih banyak tentang bagaimana transisi itu terjadi? Seperti yang Anda katakan, saya telah belajar sesuatu di Microsoft, saya ingin pergi ke Google, tetapi saya juga ingin mengubah peran saya. Jadi bisakah Anda berbagi sedikit lebih banyak tentang itu? Saya pikir evolusi dan pematangan adalah tentang bagaimana dan peran apa yang ingin Anda mainkan dalam jangka waktu itu.

Robert Huynh: (04:47)

Ya, itu pertanyaan yang sangat bagus. Saya merasa seperti peran pertama yang saya miliki di luar perguruan tinggi adalah bootcamp ini. Saya harus melihat sedikit dari segalanya. Setiap enam bulan itu akan menggerakkan kita ke peran baru, dan meskipun itu seperti program rotasi keuangan, kita harus melihat banyak hal melalui bagaimana kita meluncurkan produk, dan bagaimana kita berpikir tentang metrik game. Kemudian saya masuk ke peran yang bekerja erat dengan tim Hubungan Investor kami. Bagaimana pendapat kita tentang meluncurkan 10 Q dan 10 ks? Dan kemudian saya masuk ke peran strategi perusahaan, peran yang difokuskan pada M&A, memikirkan akuisisi Nokia kami dan kemudian seperti pada akhirnya, saya bahkan mendapat kesempatan untuk pindah ke Cina, pindah ke Beijing dan belajar bahasa Mandarin. Mampu beroperasi dengan tim penjualan di sana dan itu adalah paparan pertama saya untuk bekerja secara internasional. Jadi ketika saya mulai berpikir seperti, tentang apa yang harus saya lakukan setelah dua tahun pertama itu, saya menyadari ada begitu banyak tim berbeda yang bisa saya ikuti tetapi yang membuat saya bersemangat saat itu adalah tim yang dapat dikenakan kami. Mereka melakukan perangkat yang dipasang di kepala yang disebut Hololens.

Ada Microsoft Band, yang dapat dikenakan oleh pergelangan tangan, dan saya ingin mendapatkan sedalam yang saya bisa ke dalam visi masa depan ini. Saya kira saat ini kita akan menyebutnya Metaverse, tapi itu bukan tempat saya ingin berhenti. Setelah empat tahun dan setelah semua esop saya, saya baru saja berinvestasi, saya seperti, oke, saya perlu pindah ke jantung lembah silikon dan saat itulah saya seperti, oke. Bermain-main dengan mencoba mencari tahu apa yang harus dilakukan dan peran dalam strategi perusahaan Google, tim alokasi modal membuka tim yang sangat kecil pada proyek-proyek yang adil di seluruh alfabet, melihat dan memikirkan semua bidang produk yang berbeda yang dipikirkan Google melalui keputusan alokasi modal dan itu hanya terdengar seperti ledakan. Itu adalah tim SWAT CFO, dan dalam satu tahun di tim, saya harus melihat begitu banyak tentang bagaimana eksekutif berpikir tentang area produk besar dan besar. Bagaimana mereka memahami apa yang mendorong P&O? Apa masa depan perusahaan ini? Tetapi saya juga menyadari bahwa perusahaan teknologi ini memiliki perspektif yang sangat berbeda tentang apa yang mereka pedulikan. Saya merasa seperti Microsoft, pada akhirnya, pada intinya, sebuah perusahaan penjualan perusahaan dan itu berada dalam DNA tentang bagaimana Microsoft bekerja.

Semuanya didorong melalui Myr raksasa ini, seperti proses peninjauan pertengahan tahun. Bagaimana kita berpikir tentang menumbuhkan masing -masing gen yang kita miliki di masing -masing lini produk yang berbeda, seperti binatang buas yang luar biasa ini? Di Google, kami tidak memiliki disiplin yang sama dengan Ruth, CFO kami pada waktu itu atau masih ditampilkan mencoba untuk membawa ke dalam alfabet sebagai gantinya, saya merasa seperti tim bisnis memiliki lebih sedikit prioritas dan sekitar satu tahun kemudian, saya mulai belajar bagaimana cara masuk ke bidang rekayasa data dan saya membuat transisi saya ke X, secara spesifik di Project Lantern, proyek cybersurity mereka dan saya masuk ke dalam Data. Itu adalah startup 50 orang yang kecil, jika Anda mau dan setelah waktu saya di sana saya seperti, yah, saya ingin menjadi lebih dalam.

Saya ingin melihat apa yang bisa saya lakukan dengan ini dan jadi saya pindah ke proyek mobil self-driving kami sebagai analis produk yang bekerja dalam ilmu data dan itu juga sangat menyenangkan. Tetapi saya masih banyak tanggung jawab bisnis karena itu adalah latar belakang saya. Saya pikir perjalanan saya dari, mulai dari hal -hal yang sangat bisnis ke peran yang lebih teknis, lebih banyak teknik telah memberi saya banyak perspektif tentang cara membangun produk dan bagaimana mengelola PNL, tetapi juga untuk berpikir secara mendalam tentang seperti, apa budaya dan DNA yang ingin saya bangun ke dalam perusahaan saya?

Jeremy Au: (08:36)

Jadi apa yang Anda pelajari di Google Moonshots, bukan? Seperti apa? Karena saya pikir semua orang menganggapnya seperti ini seperti laboratorium gila, atau seperti penjahat, sarang, atau orang lain yang terlihat seperti lubang hitam finansial, buang -buang uang. Saya pikir dari perspektif pasar publik. Jadi bagaimana rasanya dari sudut pandang Anda, dari dalam?

Robert Huynh: (08:55)

Ya, ini pertanyaan yang sangat menarik karena ada sedikit dari semua itu dalam beberapa hal. Ya. Ini bisa menjadi lubang hitam finansial karena Anda sedang melihat cakrawala lama. Saya pikir itu kembali ke budaya perusahaan -perusahaan ini. Saya suka bercanda bahwa di Microsoft, cara Amy Hood membangun Microsoft adalah sangat fokus pada investor. Kami selalu berpikir tentang bagaimana kami memiliki metrik yang luar biasa untuk investor ini? Bagaimana cara kita berpikir tentang tas pembelian saham atau dividen di Google adalah sebaliknya. Tidak banyak penekanan pada investor. Itu jauh lebih penekanan pada karyawan, jadi saya merasa seperti lab Moonshot adalah tempat yang luar biasa untuk menjadi karyawan karena Anda harus melepaskan kreativitas Anda dan kami mengubah dunia. Kami mengambil tujuan berani yang akan membuahkan hasil, benar -benar mulai mengubah cara kita sebagai umat manusia berinteraksi satu sama lain. Bagaimana kita maju dalam masyarakat dan menyelesaikan masalah besar dan berbulu ini?

Apa yang saya rasakan seperti kenyataannya adalah, adalah bahwa kita akan tersesat dalam hal itu dan bagian dari kesadaran saya karena mengerjakan dua proyek yang berbeda menghabiskan tiga tahun di sana, adalah bahwa horizon waktu ini begitu lama sehingga saya ingin mengerjakan sesuatu yang jauh lebih nyata, lebih banyak lagi di sini dan yang akhirnya membuat saya berpikir, mungkin untuk kembali ke Vietnam, di mana orang tua saya menyalakan diri sendiri.

Jeremy AU: (10:27)

Jadi di sanalah Anda memikirkan hal ini, dan kemudian Anda memutuskan untuk pergi ke Harvard MBA. Jadi bagaimana timeline itu menyinkronkan dari perspektif Anda. Ya.

Robert Huynh: (10:37)

Ya, kedengarannya agak aneh dari luar, tetapi proses pemikiran saya saat itu, yah, saya tidak merasa dilengkapi dengan baik. Saya tidak tahu apa yang saya lakukan untuk menjadi pendiri, atau jika saya perlu memiliki semua hal yang berbeda ini dan dengan pandemi Covid 19 datang online, ketidakpastian itu membuat saya mengambil langkah tambahan untuk melamar program MBA dan saya membuat aplikasi terakhir, akhirnya masuk untuk membangun startup di Vietnam. Bagi saya, ini merupakan perjalanan yang panjang dan sepupu saya di sini di Vietnam akan selalu berkata, "Robert, dia telah memberi tahu kami bahwa dia akan kembali ke Vietnam. Kami masih belum melihatnya".

Ketika saya memutuskan untuk meninggalkan sekolah untuk membangun Nook, mereka seperti, Ya Tuhan, saya tidak percaya ini akhirnya terjadi pada akhirnya dan bagi saya, pergi ke sekolah bisnis adalah cara bagi saya untuk menemukan orang-orang yang berpikiran seperti komunitas, tetapi juga untuk membangun asuransi untuk diri saya sendiri. Perasaan suka ini, jika ini salah, mungkin saya memiliki cadangan tambahan ini. Melihat ke belakang, saya merasa itu adalah langkah yang tidak perlu, tetapi saya pikir komunitas yang saya bangun di sana sangat kuat dan telah memberi saya kepercayaan diri, yang tanpa mungkin saya tidak akan berada di tempat saya hari ini.

Jeremy AU: (12:01)

Mari kita klik dua kali tentang itu, kan? Karena saya pikir bagi kebanyakan orang, pergi ke Harvard untuk MBA seperti tiket emas, bukan? Ke pabrik cokelat Willy Wonka kan? Jadi, dan di sanalah Anda, Anda melakukan Harvard MBA dan kemudian Anda memilih untuk keluar tepat setelah setahun. Dan saya ingat kami mendiskusikan itu. Saran saya umumnya jika Anda dapat bertahan satu tahun lagi, lakukan saja dan kemudian memulai startup, atau lebih tepatnya, lakukan apa yang saya lakukan, yang, benar-benar tidak fokus pada tahun kedua sekolah dan hanya fokus, mulai penuh waktu dan menjadi siswa paruh waktu dan hanya menyelesaikannya dan Anda memutuskan sebaliknya, benar. Jadi saya hanya ingin tahu untuk orang -orang, benar, karena mereka akan penasaran, bukan? Seperti Anda memilih untuk keluar dari, titik barat kapitalisme, benar. Sekolah bisnis nomor satu di dunia, bukan? Jadi, semacam memandu kami sedikit tentang, saya pikir proses bagaimana Anda membuat keputusan dan mengapa Anda membuat keputusan.

Robert Huynh: (12:50)

Ya, ini pertanyaan yang lucu karena bagi saya, ketika saya melamar ke sekolah bisnis, rekan kerja saya, manajer saya, mereka seperti, Robert, apa yang Anda lakukan? Anda membuang -buang waktu dengan gelar MBA. Jika Anda ingin membangun sesuatu, mulailah membangunnya dan ketika saya sampai di sekolah bisnis, saya telah datang dengan pola pikir suka, yah, mungkin ini berharga, mungkin tidak. Ini adalah keputusan yang dapat dibalik, tetapi yang ingin saya coba dan melihat seperti apa komunitas itu ketika saya sedang mengalami pengalaman itu. Saya menyadari bahwa ini sangat luar biasa. Saya menyukainya. Ini adalah ledakan untuk bertemu orang -orang yang sangat pintar dan menarik sepanjang waktu, dan saya selalu berbicara tentang Vietnam. Saya selalu berbicara tentang membangun startup dan itu menarik orang kepada saya yang ingin melakukan sesuatu di Vietnam yang ingin membangun startup. Komunitas itu adalah sesuatu yang menurut saya tak ternilai. Alasan mengapa saya akhirnya putus, itu agak tidak terduga. Saya memulai Nook dengan salah satu teman seksi saya dan teman lain dan memutuskan untuk pindah ke Vietnam di tengah kuncian militer mereka.

Kami memiliki karantina hotel tiga minggu dan karantina di rumah satu minggu. Dan bagi saya, orang -orang seperti, yah, mengapa Anda tidak menunggu sampai setelah lulus untuk melakukan itu, mengambil pekerjaan lain, atau memulai kami? Saya tidak bisa menunggu. Pada saat itu, saya telah berbicara tentang pindah ke Vietnam begitu lama sehingga saya perlu pergi ke sana, dan menjadi bagian dari kehidupan ini yang sangat saya inginkan. Saya ingin bisa pindah ke Vietnam secepat mungkin. Terlepas dari saran Anda, banyak orang lain menyarankan saya untuk menyelesaikan tahun lalu karena saya tidak bisa menunggu. Bagian kedua dari ini adalah ketika saya berada di sana di karantina dengan co-founder saya Nathaniel, kami menyadari, membantu orang-orang di Vietnam sangat menyenangkan. Saya selalu menyukai komunitas membangun di mana pun saya berada.

Sebagai seorang anak, saya akan menyelenggarakan sihir ini, pertemuan pertemuan di kota kecil dan kecil tempat saya menjadi bagian dari sekolah bisnis, saya akan membawa orang untuk bermain video game dan bahkan permainan papan sekarang di Vietnam. Saya merasa komunitas di Vietnam sungguh menakjubkan. Orang -orang sangat ramah dan semua orang selalu bergegas. Mereka selalu bekerja, bukan hanya satu, tetapi dua, tiga pekerjaan, menjual sesuatu di Shopee, mencoba menjalankan restoran, kafe di samping, dan energi itu, kegembiraan itu. Saya tidak mendapatkan perasaan yang sama saat berada di HBS. Tapi saya juga menyadari itu adalah pintu yang dapat saya buka kembali nanti. Itu tidak berarti bahwa HBS adalah pengalaman yang mengerikan. Itu adalah pengalaman yang luar biasa, tetapi tiga bulan di Vietnam menunjukkan kepada saya bahwa, saya perlu melakukan ini sekarang, dan saya akan lebih menyesal jika saya kembali ke sekolah pada saat itu.

Jeremy AU: (15:46)

Apakah keputusannya sulit? Apakah itu memacu momen? Apakah itu dipertimbangkan, atau intuitif? Bagaimana Anda mendekati keputusan itu?

Robert Huynh: (15:55)

Sejujurnya, itu memacu momen itu. Pada akhir tahun pertama, saya yakin saya hanya akan melakukan ide, menyalin sesuatu yang bekerja di AS, diterapkan pada Vietnam, mendapatkan perwakilan saya, belajar, dan melakukan startup setelah saya lulus pada akhir musim panas, saya menyadari bahwa saya suka bekerja. Sangat menyenangkan membangun sesuatu yang akan digunakan orang, sehingga orang akan mendapat manfaat, dan menghubungkan orang. Hanya perasaan yang luar biasa untuk kembali membuat sesuatu yang diinginkan orang alih -alih melalui kelas dan melakukan hal -hal yang kadang -kadang, saya tahu sangat penting, tetapi juga sulit untuk terhubung saat ini. Jadi bagi saya, itu adalah momen ketika saya ingat dengan jelas Nathaniel dan saya sedang berenang di kolam. Kami telah dikeluarkan dari Vietnam. Kami berada di Thailand berharap untuk pergi ke Israel Trek, yang tentu saja dibatalkan tahun itu dan ketika kami berpikir seperti, oh, jadi kami memiliki seminggu sekarang ekstra. Haruskah kita terus bekerja di startup atau haruskah kita kembali ke Boston? Bersiap? Kami memutuskan seperti, tidak, mari, mari kita terus mengerjakannya. Sedikit yang kita tahu meskipun kita akan terjebak di Thailand selama empat bulan lagi, tapi itu cerita lain.

Jeremy Au: (17:21)

Jadi, saya pikir yang menarik adalah Anda memiliki ide ini dan Anda memutuskan untuk membangun teknologi konstruksi, benar, dan jelas, Anda telah melalui beberapa pencarian pasar produk, beberapa iterasi di atasnya. Bisakah Anda berbagi sedikit lebih banyak tentang perjalanan itu, tentang bagaimana Anda memutuskan untuk membangun perusahaan ini? Benar. Karena itu adalah satu hal untuk dikatakan, saya ingin kembali ke Vietnam dan membangun sesuatu, atau menjadi bagian dari sesuatu. Tapi itu hal lain untuk menjadi seperti, oke, ini adalah pasar baru bagi saya, dan ini vertikal baru, bukan? Anda belum menjadi bagian dari teknologi konstruksi sebagai bagian dari sejarah Anda sebelumnya. Jadi bagaimana mungkin Anda mendapatkan masalah ini dan pasar produk pro?



Robert Huynh: (17:51

Ya, itu pertanyaan yang bagus. Jadi awalnya dimulai, seperti yang saya sebutkan sebagai ide peniru, sesuatu yang saya lihat berolahraga dengan baik di AS dan saya bisa menempel ke Vietnam. Saya segera menyadari itu tidak akan berhasil dan saya malu, tetapi saya butuh hampir 11 bulan sebelum tenggelam. Saya sekarang telah berputar jauh dari ide teknologi konstruksi asli, membuat renovasi rumah menjadi sederhana. Instead, I connect construction workers with employers, and the reason why we landed on this idea is my third co-founder is my family member cousin, and she has never left Vietnam outside of going on vacation and for her, she noticed that the reason why the original idea failed was that people would use their 3D design tool, create this amazing home layout, and they would just repost it into a bunch of Facebook groups and in these Facebook groups, people would say, hey, I need five construction workers to do it for $ 17 sehari per orang, dan saya membutuhkannya sekarang. Ini nomor telepon saya. Telepon saya.

Awalnya, saya kesal. Saya seperti, hei teman -teman, mereka mencuri IP kami. Mereka menggunakan alat desain luar biasa ini yang kami kumpulkan dan sepupu saya seperti, well, mereka akan selalu melakukan ini. Seperti Robert, saya ingin memberi tahu Anda sebelumnya, tetapi, kami baru saja memulai. Kami tidak yakin bagaimana ini akan bekerja, dan saya kemudian menyadari satu, ada perbedaan budaya yang sangat besar dalam cara kami bekerja di Vietnam dan AS. Bagaimana dengan dua? Saya seperti, oh, wow.

Saya baru saja belajar sesuatu dan di Vietnam, grup Facebook, grup Zello, mereka menjalankan banyak ekonomi di Vietnam, jika Anda ingin mencari rumah, Anda akan mencari apartemen itu di grup Facebook, Anda akan menghubungi banyak agen. Di Zello, kami menemukan ide saat ini dengan melihat ke semua grup Facebook yang berbeda ini di mana orang memposting ulang desain kami, dan melihat berapa banyak orang yang melalui proses yang sama setiap hari, memposting pekerjaan di grup Facebook, berkomentar, mencari pekerjaan itu, dan proses menyakitkan menanggapi semua pesan yang berbeda. Kami mewawancarai kontraktor, pengusaha, dan pekerja yang tak terhitung jumlahnya dan bagi kami, saya memikirkan hal -hal yang saya pedulikan.

Saya selalu peduli tentang membangun komunitas, dan di sini adalah kesempatan saya untuk membantu komunitas ini mendapatkan akses yang lebih baik ke pekerjaan, memiliki komunitas yang dapat mereka percayai alih-alih berpotensi pengguna spam palsu yang mendorong agenda dan tiga, memberikan kesempatan level-up untuk menggunakan metafora game saya untuk mendapatkan keterampilan baru dan mendapatkan yang berikutnya. Bisakah kita melihat betapa berbahayanya menjadi pekerja konstruksi di Vietnam dan bagaimana tidak ada perlindungan sama sekali untuk para pekerja ini, misalnya, saya bisa terus dan terus dan terus, tapi mungkin saya akan berhenti di sana Jeremy.

Jeremy AU: (21:13)

Maksud saya, apa yang Anda pelajari dari iterasi pasar produk, dari perspektif Anda, dari ini, transisi?

Robert Huynh: (21:19)

Ya, jadi ide pertama yang saya pikir memiliki banyak pasar produk yang hebat. Orang -orang senang menggunakan alat desain, tetapi itu adalah ketidakcocokan karena ketika saya mulai berbicara dengan pengguna, mereka seperti, Anda ingin saya menggunakan iPhone atau iPad yang lebih ringan untuk memindai kamar saya? Orang-orang dengan uang, mereka seperti, tidak, saya ingin Anda melakukannya untuk saya dan orang-orang di low-end tidak memiliki sensor berteknologi tinggi dengan ini, dengan ide baru ini. Saya pikir apa yang menggembirakan bagi kami adalah bahwa kami baru saja mulai dengan pilot cepat. Bagaimana kalau kami membangun grup Facebook kami sendiri, grup Zello kami sendiri? Mari kita lihat apa yang akan terjadi jika kita melakukan itu. Dan kami memiliki 50.000 anggota masyarakat dalam enam minggu pertama. Orang-orang bersemangat untuk bergabung selama kami memposting konten yang tepercaya dan berharga dan pasar produk sesuai dengan perusahaan panggung pra-seed awal.

Saya tidak akan mengatakan bahwa kami sudah memilikinya sekarang, tetapi kami melihat tanda -tanda awal seperti dalam enam bulan terakhir, kami telah melihat banyak dan banyak pekerja mendaftar untuk platform kami yang meminta kami setiap hari seperti, hei, apakah Anda menemukan pembukaan baru untuk kami? Hei, dapatkah Anda membantu saya menyelesaikan masalah ini? Dan menyadari bahwa banyak dari para pekerja ini tidak dibayar tepat waktu dan tidak ada yang memperhatikan mereka. Tidak ada yang membaca beberapa kontrak tenaga kerja ini juga tidak ada yang berbicara. Jika mereka terluka, kami seperti, wow, saya ingin melakukan ini terlepas dari apakah mereka memulai pasar yang cocok. Orang -orang ini membutuhkan bantuan kami.

Jeremy AU: (22:50)

Dan apa saja mitos atau kesalahpahaman tentang ini, pasar tenaga kerja dan platform pencocokan yang telah Anda bangun?

Robert Huynh: (22:57)

Ya, saya pikir banyak kesalahpahaman di sini adalah bahwa konstruksi adalah mesin besar yang sudah berjalan dengan baik karena sudah ada begitu lama, dan teknologi tidak memiliki tempat untuk membantu. Apa yang saya lihat adalah bahwa ada banyak cara yang dapat membantu teknologi, tidak hanya dengan hal -hal awal yang sedang kami kerjakan sekarang, tetapi bahkan dengan banyak hal visi komputer yang telah saya kerjakan sebelumnya dan pikirkan melalui bagaimana saya menilai kualitas pekerja konstruksi di akhir yang sangat tinggi dan perusahaan kontrak yang sangat besar, mereka ingin tidak membayar pekerja ini pada hari itu. Mereka ingin membayar berdasarkan kuantitas. Berapa banyak meter persegi yang dapat Anda lakukan? Dan ya, Anda bisa melanjutkan manual. Biarkan saya melihat Anda bekerja selama dua jam dan saya akan memberi tahu Anda berapa banyak saya akan membayar Anda.

Sebaliknya, kami dapat menilai mereka sebelumnya dengan aplikasi visi komputer. Cukup gunakan sekelompok sensor yang berbeda untuk mencari tahu bagaimana kinerja mereka. Bisakah kita menggunakan AIS yang berbeda untuk membantu melatih mereka atau mewawancarai mereka? Anda dapat melanjutkan, menemukan model wajah pelukan paling populer untuk suara-ke-teks, menggunakannya dengan salah satu model AI baru ini dari Open AI atau Anthropic, dan Anda dapat memiliki perasaan yang cukup baik tentang seberapa baik kinerja para pekerja ini karena mereka akan tahu untuk mengatur cat di dinding, Anda perlu menunggu waktu tertentu.

Untuk melakukan ini, Anda perlu melakukan itu dan bisa membangun kepercayaan dengan para pekerja ini adalah bagian terpenting. Dan meskipun teknologi ini adalah industri yang sangat kuno ini. Sudah ada selamanya. Saya menganggapnya sebagai peluang matang ini untuk membantu membangun pasar yang sedang berkembang, secara harfiah membangunnya dan bagi saya, saya melihat platform pekerjaan ini berfokus pada konstruksi hanya sebagai titik awal. Saya ingin memukul industri lain dari waktu ke waktu, tetapi konstruksi adalah bagian terbesar dari apa yang tumbuh dan membangun ekonomi ini, dan itulah yang ingin saya fokuskan.

Jeremy Au: (25:05)

Apa yang menarik, tentu saja untuk pasar tenaga kerja seperti kedua sisi, kan? Jadi Anda meminta, misalnya, berada di perusahaan konstruksi dan saya tidak ingin menjadi pekerja konstruksi, bukan? Dan seperti yang Anda katakan, ada orientasi kerah biru yang sangat kuat. Jadi misalnya, kita berbicara tentang kontrak yang, ditulis dengan buruk atau mungkin tidak dipahami sehingga banyak pekerjaan berjalan di sana. Apa pendapat Anda tentang ekonomi transisi itu? Apakah Anda melihat uang itu dari sisi karyawan? Apakah Anda melihat nilai itu berasal dari perusahaan konstruksi? Bagaimana hal itu dimainkan dari sudut pandang Anda?

Robert Huynh: (25:36)

Ya. Untuk Nook, cara kita melihatnya adalah, dan kami mulai dengan hanya berfokus pada pekerja lepas individu. Ada sekitar empat setengah hingga 5 juta pekerja di Vietnam dan sebagian besar dari mereka hanya bekerja paruh waktu. Mereka tidak dapat menemukan pekerjaan stabil yang konsisten. Jadi ini lebih banyak pekerja pertunjukan daripada karyawan sejati. Ekonominya adalah, tentu saja akan dilahirkan oleh majikan, kontraktor, tetapi saya melihat cara lain yang berpotensi kita dapat memonetisasi. Like for example, going back to the safety point, they don't have the proper training upfront, I think that a lot of these construction companies would be excited to see workers knowing what are the right regulations, and policies ahead of time, but also having the right escalation points while they're on the project and after the project, if there were any issues during construction we could sell micro insurances that would help the workers or the contractors and so to start with a six month pivot in this new direction, we'll focus on the Hal langsung, memonetisasi di depan, alih -alih mengenakan biaya 10% untuk mencari pekerja pertunjukan, kami hanya akan mengenakan biaya 5% dari waktu ke waktu.

Saya melihat kami membangun alat -alat ini yang akan membantu para pekerja atau majikan, dan itu adalah asuransi mikro, seperti apa yang dilakukan Grab atau B dengan pengemudi sepeda motor mereka. Atau kami dapat membantu mereka membangun alat akuntansi SDM untuk melacak di mana pekerja mereka berada. Banyak kali mereka bahkan tidak tahu apakah para pekerja ini datang. Karena ada banyak sublayer dalam hal ini. Perusahaan -perusahaan konstruksi besar berkontraksi berkali -kali, dan dengan hanya membuat pagar cincin permata di sekitar situs proyek, saya tahu jika ponsel ini telah masuk dan meninggalkan perimeter itu.

Jeremy AU: (27:30)

Jadi Anda tahu, di sanalah Anda membangun, dan sejauh ini, dan apa yang menarik adalah Anda adalah kura -kura laut, bukan? Seperti yang Anda jelaskan, kan? Anda seorang Vietnam-Amerika yang, yang kembali ke Vietnam, Nick Nash, Mitra Asia telah menulis seluruh laporan. Saya tahu Anda melihat itu, seperti 10 sedikit pembicaraan tentang kura-kura laut Vietnam, siswa Vietnam-Amerika dan Vietnam yang kembali ke Asia Tenggara dan Vietnam. Apa sebagian dari itu, transisi budaya yang Anda miliki, bukan? Karena Anda memiliki bagian masa kecil ini, benar, untuk kembali ke Asia Tenggara dan sekarang Anda telah melakukannya. Benar. Jadi apa saja pembelajaran dan perubahan atau perbedaan dari apa yang Anda harapkan pada awalnya?

Robert Huynh: (28:08)

Ya. Saya pikir saya selalu mengharapkan beberapa perubahan budaya terjadi dari lingkungan tempat kerja tenaga kerja Amerika AS tempat saya berada, tetapi saya tidak berpikir itu akan parah ini. Itu sangat drastis bagi saya. Saya melihat bahwa karyawan di sini, budaya bagaimana mereka bekerja sangat, sangat hierarkis. Ketika kami berbicara dalam bahasa Vietnam, kami saling berbicara dengan judul yang berbeda dan saya mencoba menjatuhkannya. Dan cara mereka terlibat adalah semacam menunggu untuk ditanya, sesuatu yang diminta sebelum berbicara. Jadi sebagian besar dari bagaimana saya membangun Nook hanya fokus pada orang yang tepat untuk mempekerjakan dan membawakan nilai -nilai budaya ke dalam setiap anggota tim baru sehingga ketika kita tumbuh, seiring bertahapnya, kita dapat mempertahankan budaya itu. Contohnya adalah berbicara kepada orang -orang di Vietnam. Meskipun sepupu saya, saya mengatakan kepadanya, hei, jika ada masalah, jika Anda pikir ini adalah ide yang buruk, saya perlu tahu tentang ini. Tidak memberi tahu saya sampai setelah kami memutuskan untuk berputar ke arah yang baru. Saya percaya padanya.

Dia wanita yang sangat pintar, luar biasa, Boss Lady. Masih membutuhkan waktu yang layak, tetapi sekarang dia mengerti. Sekarang dia mengerti. Perbedaan budaya lainnya adalah bagaimana pekerjaan dilakukan. Tim yang Anda bangun di Asia Tenggara hanya jauh, jauh lebih besar. Bagian dari itu adalah karena biaya tenaga kerja, tetapi juga pepatah di sini yang kita miliki di Vietnam adalah semuanya seperti dijalankan oleh beras, kurasa. Jadi ada komponen tenaga kerja manusia sampai Anda mendapatkan sesuatu. Jadi kami dapat melakukan itu untuk menguji jenis MVP dan arah baru yang telah kami ikuti, membangun grup Facebook, mari kita hubungkan secara manual para pekerja, dan sekarang hanya bulan lalu, kami dapat meluncurkan aplikasi Android yang sebenarnya yang mengubah pengguna dari solusi grup Facebook yang kami miliki sebelumnya ke dalam solusi hak milik kami.

Itu saja untuk dikatakan bahwa ini merupakan perjalanan yang menyenangkan karena saya menemukan kembali warisan saya, dan itu adalah alasan besar bagi saya untuk ingin kembali ke Vietnam, adalah untuk dapat belajar lebih banyak tentang diri saya dan bukan hanya kehidupan yang orang tua saya gambarkan sebagai pengungsi yang melarikan diri dari Vietnam, tetapi melihat Vietnam seperti sekarang ini. Dan itu sangat menyenangkan.

Jeremy AU: (30:45)

Bisakah Anda berbagi tentang waktu yang Anda berani?

Robert Huynh: (30:50)

Ya. Bagi saya, saya pikir waktu yang saya rasa paling berani keluar dari HBS, datang ke Vietnam, meninggalkan Vietnam, dan tidak tahu apa yang akan saya lakukan selanjutnya. Waktunya sedikit menarik, jadi izinkan saya membicarakannya. Ketika Nathaniel dan saya telah memutuskan untuk meninggalkan sekolah, kami masih dalam penguncian militer. Kami berharap untuk pergi ke trek Israel dari Vietnam, tetapi daftar hitam, jadi kami harus pergi ke Thailand terlebih dahulu. Ketika kami mencoba untuk kembali ke Vietnam, kami menyadari tidak ada visa, jadi kami menunggu, tinggal dari kamar hotel ke kamar hotel selama empat bulan. Dua, kami tidak mengenal siapa pun. Itu adalah negara acak yang kami tidak pikir kami akan berada, dan Thailand tidak seperti sekarang, itu, ia memiliki jam malam pada jam 9 malam dan saya pikir yang sulit adalah bahwa kami tidak memiliki jaringan dukungan kami. Kami tidak mengenal orang -orang di Thailand dan kami tidak tahu berapa lama kami akan berada di sana, jadi kami tidak berinvestasi dalam hubungan itu.

Apa yang begitu menarik tentang jangka waktu itu adalah itu. Melalui interaksi mikro harian dengan Nathaniel seperti saya, wow. Saya menemukan salah satu pendiri yang saya percayai sepenuhnya. Kami telah berbagi tempat tidur selama hampir lima bulan pada waktu itu, delapan bulan dan bagi kami untuk menjalani pengalaman itu untuk menyadari, menunggu, semua teman saya dan teman -teman HBS saya terus -menerus mengirim saya pesan seperti, hei, bagaimana kabarmu di sana? Seperti, saya senang mendengar tentang Nook. Teman -teman saya dari sebelum sekolah bisnis menjangkau dan bahkan bos lama saya masuk sebagai investor ke Nook, memberi kami keyakinan bahwa meskipun kami belum mendapatkan dana apa pun, YC datang sedikit kemudian bahwa kami bekerja ke arah yang benar dan bahwa tidak peduli apa pun yang kami makan di mana kami makan.

Tidak tahu siapa pun dan tidak tahu kapan kami akan dapat pergi ke Vietnam untuk melakukan hal yang ingin kami lakukan, yaitu bekerja secara langsung dengan pelanggan untuk mempraktikkan orang Vietnam yang kami pelajari secara online setiap hari.

Jeremy AU: (33:10)

Anda tahu apa yang menarik, tentu saja, adalah bahwa selama waktu ini kami juga seperti yang Anda katakan, masuk ke kombinator Y, yang saya pikir mimpi lain bagi banyak orang, saya kira Harvard startup juga. Dan seperti apa pengalaman itu dari sudut pandang Anda? Karena, itu sebenarnya, momen penting seperti apa yang Anda bagikan dalam perjalanan itu, kan? Itu seperti titik balik di komunitas itu. Jadi bisakah Anda berbagi sedikit tentang apa artinya? Karena saya pikir secara historis Y Combinator juga tidak memiliki terlalu banyak perusahaan Asia Tenggara yang mewakili kohort India juga.

Robert Huynh: (33:41)

Ya. Y Combinator luar biasa. Saya menyukainya karena komunitas dan orang -orang. Ini mirip dengan Like HBS seperti yang Anda sebutkan, tetapi saya pikir perbedaannya adalah ketika saya pergi melalui sekolah bisnis, kelas, pelajaran yang saya ambil, saya seperti, ya, itu sangat keren dan luar biasa mendengar protagonis masuk dan berbicara tentang pengalaman itu. Tapi itu bukan sesuatu yang akan saya gunakan hari ini di YC. Bagian bootcamp, saya pikir sering diabaikan. Orang -orang hanya akan berbicara tentang, oh, dinamika hari demo, Anda akan mendapatkan semua investor ini. Seperti itu luar biasa hanya berada di sana. Tetapi kenyataannya adalah bahwa bootcamp bagi saya adalah salah satu bagian yang paling unik karena, itu dan layak untuk dibangun sampai jam 5:00 pagi di Vietnam waktu untuk menonton dan memahami.

Itu karena nasihatnya sangat relevan, Henrique dari Brex, misalnya, jika dia memberi tahu saya tentang ini dan saya tidak membangun startup pada minggu keempat perjalanan startup saya. Saya tidak akan mengerti itu. Oh ya, begitulah cara Anda membangun MVP. Begitulah cara Anda berpikir, yah, jika saya tidak bisa mendapatkan lisensi untuk melakukan kartu kredit untuk startup, maka saya akan mencoba kartu debit, dan jika itu tidak berhasil, maka saya akan mencoba kartu hadiah dan hanya saat -saat yang terasa benar -benar istimewa bahwa ketika para pendiri yang berbeda ini datang dan berbicara dengan kami, itu seperti, wow, ya, itu benar -benar berdampak.

Mereka mengerti di mana kita berada sekarang dan itu adalah sesuatu yang saya tidak akan bisa mengerti jika saya tidak melalui perjalanan itu. Jadi pengalaman YC secara keseluruhan luar biasa dan komunitas orang -orang yang dapat saya temui untuk mengenal sekarang pesan spam whatsapp yang menanyakan berapa hari liburan yang Anda berikan di Vietnam? Bagaimana, seperti apa kontrak tenaga kerja Anda? Ini semua adalah hal -hal kecil yang membantu ketika saya mencoba untuk menjadi sangat, sangat operasional.

Jeremy Au: (35:45)

Frasa menarik yang telah Anda gunakan berkali-kali adalah bahwa Anda sering menggunakan program ini sebagai cara untuk berisiko, bukan? Proses tertentu, kan? Jadi Anda mengatakan MBA, Anda ingin mencobanya sebagai cara untuk berisiko, proses itu dan kemudian Anda juga berbicara tentang YC sebagai titik infleksi yang menarik dari kurva risiko yang memangkas uang yang habis, dan lain-lain. Jadi, apakah Anda memiliki filosofi tentang keputusan yang sama dan keputusan yang dapat dibalikkan tentang risiko dan de-risiko?

Robert Huynh: (36:10)

Ya, maksud saya, saya pikir Jeff Bezos memiliki banyak hal di sekitar pintu dua arah dan meminimalkan penyesalan. Saya pikir itu bagus. Cara saya selalu melihatnya adalah bahwa sebagai seorang gamer, saya suka memiliki pola pikir gamer ini, dan bagi saya, itu berarti memaksimalkan hal -hal yang saya kuasai dan meminimalkan hal -hal yang saya hisap. Seperti di Runescape, saya akan melakukannya, melakukan pelanggaran karena itulah yang Anda inginkan dari PvP. Dan bagi saya, ini seperti setiap kali saya melakukan sesuatu, saya hanya masuk. Dan ini kurang tentang de-risking, saya pikir ini lebih tentang memperluas pilihan saya dan hanya mengambil keputusan dan melakukannya. Ini seperti putus sekolah. Saya tidak terlalu memikirkannya. Itu hanya keputusan yang pada akhirnya saya buat dan kami tidak pernah melihat ke belakang dan saya pikir itu hanya terjadi seperti itu bahwa semua hal ini menyebabkan menghilangkan risiko setiap keputusan. Tapi saya pikir pada waktu itu itu hanya keputusan terbaik yang saya lihat.

Jeremy Au: (37:13)

Luar biasa. Pada catatan itu, saya ingin menyukai parafrase tiga hal besar yang saya dapatkan dari percakapan ini. Yang pertama, tentu saja, adalah terima kasih banyak telah berbagi tentang bagaimana Anda tumbuh dengan seorang ibu tunggal untuk akhirnya bergabung dengan teknologi besar dengan Microsoft dan akhirnya Google Moonshot dan Anda belajar banyak dari pengalaman tentang pembingkaian investor versus, masa depan jangka panjang yang pada akhirnya akan meninggal dengan cara yang Anda dapatkan dengan cara yang Anda dapatkan dengan cara Anda untuk menunggang jalan Anda. Dan saya pikir ini adalah perjalanan yang luar biasa di mana Anda juga harus berbagi sedikit tentang beberapa dinamika dan keputusan karier dan cara Anda berpikir tentang risiko dan memaksimalkan kekuatan Anda dan meminimalkan kelemahan untuk membuat keputusan itu. Yang kedua, tentu saja, adalah saya menghargai Anda berbagi pengalaman mengantar Harvard dan bagaimana Anda memikirkannya dan bagaimana Anda mendekatinya selama masa pandemi, serta bagaimana Anda melihatnya dalam konteks pendirian perusahaan Anda sendiri.

Saya juga merasa menarik untuk berbicara tentang bagaimana Anda juga pada suatu waktu melalui transisi budaya Anda sebagai pemahaman penyu, misalnya, perbedaan dalam pola komunikasi dan bagaimana pekerjaan dilakukan karena hierarki versus pendekatan non-hierarkis yang Anda miliki. Dan juga bagaimana Anda melihat bahwa ada tim yang lebih besar rata -rata untuk tahap yang sama karena biaya tenaga kerja yang lebih rendah dan cara kerja seperti di Vietnam, dan juga bagaimana Anda menghargainya menemukan kembali warisan budaya Anda. Terakhir, saya menghargai Anda berbagi bagaimana Anda mendekati iterasi kecocokan pasar produk. Saya pikir itu menarik bagi Anda untuk berbagi secara terbuka tentang bagaimana Anda berpikir tentang melokalisasi ide berbasis AS, bukan? Untuk renovasi rumah. Dan saya pikir ada beberapa anekdot yang sangat menarik tentang, misalnya, kelas atas yang ingin pemindaian dilakukan untuk mereka dan kelas menengah, tidak memiliki perangkat keras seluler yang diperlukan untuk mewujudkannya. Dan pelanggan yang membeli Anda akhirnya tidak mengintertiasi Anda untuk melibatkan pekerja konstruksi Anda. Benar?

Saya pikir itu adalah kisah yang sangat jujur ​​dan kejujuran perumpamaan tentang bagaimana lokalisasi bisa salah. Tapi itu menarik untuk melihat bagaimana Anda menerima umpan balik pengguna dan umpan balik dari sepupu Anda tentang cara berputar dan membangun pasar tenaga kerja konstruksi yang ternyata memiliki daya tarik dan kegembiraan yang jauh lebih alami dari agensi dan perusahaan konstruksi, tetapi juga dari pekerja konstruksi sendiri. Jadi terima kasih banyak telah datang di The Brave Show.

Robert Huynh: (39:38)

Terima kasih banyak Jeremy. Sungguh menakjubkan berada di podcast dan tetap berani.

Sebelumnya
Sebelumnya

Wawasan bakat teknologi startup, arbitrase gaji, kesenjangan keterampilan, perbedaan ekuitas, struktur bonus dan hibrida vs jarak jauh vs kantor berkat usaha bukit biksu - e268

Berikutnya
Berikutnya

Penyelaman Pasar Filipina (Makro, FinTech, & Pendiri Di Luar Manila), Positif (Permintaan, Budaya, Bahasa) vs. Perbaikan Berkat Foxmont Capital Partners & BCG - E265