Singapura: Zona Ekonomi Khusus Johor, US Anti -Cina Reverse CFIUS & Diversifikasi Perdagangan Regional dengan Shiyan Koh - E473
"Saya baru -baru ini memiliki pengalaman di mana salah satu perusahaan kami diakuisisi oleh bisnis Incorporated Abu Dhabi. Saya berharap ini menjadi proses yang sangat mulus, tetapi sudah berbulan -bulan dan transaksi masih belum dilakukan. Ada persyaratan KYC yang ada di atas dan di luar kawan -kawan ini, kami hanya melihat, dan dana kecil ini, ini adalah Kyc, ini adalah kawan -kawan ini, ini adalah Kyc yang pernah ada. Kami telah bolak -balik dengan pengacara, bertanya, 'Hei, apa tujuan Anda? Tapi mereka seperti, 'Tidak, ini hanya diperlukan.' Jadi, saya pikir ada ketidaksesuaian antara pesan pemasaran dan realitas aktual di lapangan tentang bagaimana Anda melakukan bisnis. " - Shiyan Koh, Managing Partner of Hustle Fund
“Setiap impian Singapura untuk membeli rumah di Johor Bahru dan menyewakan tempat tinggal Singapura mereka. Masuk akal ketika Anda mempertimbangkan gambaran yang lebih luas. Singapura menawarkan tumpukan modal yang kuat, teknologi canggih, dan tenaga kerja yang sangat terampil. Sementara itu, perusahaan yang lebih besar, yang membuat perusahaan ini lebih besar daripada dua perusahaan. Berfokus pada Vietnam dan Indonesia di dalam Cina plus satu strategi, mungkin menemukan Gabungan Taman Industri Johor-Singapore yang sangat menarik, mengingat banyak markas MNC berbasis di Singapura. ” - Jeremy Au, pembawa acara Brave South Asia Tech Podcast.
"Adalah satu hal untuk memiliki pesan pemasaran, tetapi hal lain untuk benar -benar mengeksekusi itu. Saya baru -baru ini memiliki pengalaman di mana salah satu perusahaan kami diakuisisi oleh bisnis yang dimasukkan Abu Dhabi. Saya berharap ini menjadi proses yang sangat mulus. Tetapi ini adalah hal yang sama seperti ini, dan ini adalah hal -hal kecil yang ada di mana -mana yang ada di mana -mana yang ada di mana -mana yang ada di mana -mana yang ada di mana -mana, dan ini adalah hal -hal kecil yang ada di mana -mana yang ada di mana -mana yang ada di mana -mana, dan ini adalah hal -hal kecil yang ada di mana -mana, dan ini adalah hal yang sama seperti ini, dan ini adalah hal yang sama seperti ini, dan ini adalah hal yang kecil dan seperti ini yang ada di mana -mana, dan ini adalah hal yang sama sekali. Malaikat dan dana kecil ini untuk menjadi seperti, 'Saya membutuhkan level KYC ke -9 ini.' Kami telah bolak -balik dengan para pengacara, telah seperti, 'Hei, apa tujuan Anda? Dan mereka seperti, 'Tidak, ini hanya diperlukan.' Jadi, saya pikir ada ketidaksesuaian antara pesan pemasaran dan yang sebenarnya, seperti bagaimana Anda melakukan bisnis. " - Shiyan Koh, Managing Partner of Hustle Fund
Shiyan Koh , Managing Partner of Hustle Fund , dan Jeremy Au membahas:
1. Johor Economic Zone (SEZ): Mereka mengeksplorasi dampak potensial dari perjanjian SEZ Johor-Singapore yang akan datang, yang dijadwalkan untuk penandatanganan pada bulan November. KEK, yang lebih dari 4 kali ukuran Singapura, dipandang sebagai peluang untuk memperdalam hubungan ekonomi antara kedua wilayah dengan memanfaatkan modal, teknologi, dan tenaga kerja yang terampil di samping tanah dan infrastruktur Johor. Mereka mencatat tantangan peraturan seperti proses persetujuan izin Johor selama setahun, yang kontras dengan jadwal yang lebih cepat di negara-negara Malaysia lainnya seperti Selangor. Keduanya menekankan bahwa kerja sama politik di seluruh pemerintah federal Malaysia, pemerintah negara bagian Singapura dan Johor akan sangat penting untuk keberhasilan KEK, terutama dalam menarik perusahaan multinasional (MNC) dan meningkatkan mobilitas tenaga kerja di seluruh perbatasan. Mereka membahas perkembangan real estat yang diantisipasi, perkiraan ekonomi dan potensi lonjakan kegiatan ekonomi lintas batas.
2. US anti-Cina "membalikkan CFIUS": Diskusi ini mencakup pengenalan undang-undang "Reverse Investment Investment di Amerika Serikat (CFIUS) yang akan datang, yang membatasi warga negara AS, entitas dan LP dari berinvestasi dalam dana Cina atau perusahaan yang terlibat dalam sektor-sektor seperti kecerdasan buatan (AI), komputasi kuantumuming, dan microchip. Langkah-langkah ini diharapkan dapat mengurangi investasi VC China karena LPS AS menghindari risiko kepatuhan yang terkait dengan dana apa pun yang berinvestasi ke perusahaan yang terkait dengan China. Reverse CFIUS mencerminkan perubahan yang lebih luas dalam aliran modal global, menandakan akhir era globalisasi yang sebelumnya mendorong sebagian besar integrasi ekonomi dunia. Pergeseran ini dapat mengarahkan kembali modal ke Asia Tenggara, menawarkan peluang bagi investor lokal tetapi juga menghadirkan tantangan serius.
3. Diversifikasi Perdagangan Regional: Mereka memeriksa semakin pentingnya Asia Tenggara sebagai bagian dari strategi "Cina plus satu", di mana MNC melakukan diversifikasi operasi di luar Cina karena meningkatnya ketegangan perdagangan. Lokasi strategis SEZ dan kedekatan dengan pasar tenaga kerja keuangan dan terampil Singapura dapat menjadi pusat utama bagi industri seperti elektronik dan manufaktur otomotif. Mereka mencatat bahwa peningkatan infrastruktur seperti penerbangan internasional langsung akan meningkatkan konektivitas dan daya tarik kawasan untuk bisnis global. Mereka juga menggarisbawahi bahwa kolaborasi yang mulus dan perbaikan peraturan untuk merampingkan proses birokrasi sangat penting untuk memanfaatkan sepenuhnya peluang yang muncul ini.
Jeremy dan Shiyan membahas beberapa topik yang muncul termasuk perawatan kesehatan kuda diabetes, umur panjang Singapura, konferensi crypto dan VC dan tantangan mempertahankan strategi diplomatik dan ekonomi yang seimbang di tengah pergeseran kebijakan global.
Bergabunglah dengan kami di Geeks di pantai!
Anda tidak ingin merindukan Geeks di pantai, konferensi startup utama yang unik di wilayah ini! Bergabunglah dengan kami dari 13 hingga 15 November 2024, di JPark Island Resort di Mactan, Cebu. Acara ini menyatukan penggemar teknologi, investor, dan pengusaha selama tiga hari lokakarya, pembicaraan, dan jaringan. Daftarkan di geeksonabeach.com dan gunakan kode Bravesea untuk diskon 45% untuk 10 pendaftaran pertama, dan diskon 35% untuk yang berikutnya.
(01:44) Jeremy AU:
Pagi, Shiyan.
(01:45) Shiyan Koh:
Selamat pagi dari Farmstay yang indah, di Tuhan tahu di mana, Sungai Margaret. Halo.
(01:51) Jeremy AU:
Apa yang kamu lakukan di farmstay? Kedengarannya sangat aneh.
(01:53) Shiyan Koh:
Ini liburan September untuk anak -anak saya, jadi kami menginginkan sesuatu yang dekat. Dan saya pikir, secara umum, tujuan untuk liburan hanyalah agar mereka berada di luar sebanyak mungkin. Jadi semacam ini sesuai dengan tagihan. Saya bisa mendengar kambing berdarah dari jendela kamar saya, tetapi ada domba dan ayam dan bebek, ikan dan kuda penderita diabetes. Jadi, banyak hewan untuk anak -anak untuk memberi makan dan berinteraksi.
(02:19) Jeremy AU:
Apakah Anda mengatakan kuda penderita diabetes? Apakah itu hal yang nyata?
(02:21) Shiyan Koh:
Ya, kuda juga menderita diabetes dan kami belajar ini karena petani itu seperti, bertentangan dengan apa yang mungkin Anda baca di buku, Anda tidak dapat memberi makan apel kuda ini atau gumpalan gula. Anda hanya bisa memberinya wortel.
(02:34) Jeremy AU:
Apakah mereka mendapatkan diabetes dari orang yang memberi mereka?
(02:36) Shiyan Koh:
Yah, saya pikir dia baru saja tua dan menderita diabetes, tapi ya, jadi mereka harus menyukai, mengelola gula darahnya karena Anda tahu apa? Secara harfiah seperti manusia. Pada dasarnya apa yang terjadi adalah kukunya busuk.
(02:46) Jeremy AU:
Oh, tidak.
(02:47) Shiyan Koh:
Seperti bagaimana manusia, seperti, mereka, mendapatkan masalah dengan kaki mereka, ekstremitas mereka, dengan diabetes yang tidak terkendali. Itu hal yang sama.
(02:53) Jeremy AU:
Yah, saya tidak tahu. Apakah kuda itu pernah mendengar tentang Ozemic GLP 1, obat ajaib untuk orang -orang umur panjang? Dan apakah mereka pernah mendengar tentang Metformin, yang akan membantu Anda dengan diabetes Anda, tetapi juga memberi Anda perpanjangan hidup? Saya hanya dipicu karena konferensi Don't Die yang akan datang oleh juara umur panjang Brian Johnson akan datang ke Singapura dalam beberapa minggu.
(03:11) Shiyan Koh:
Apakah Anda juga ditargetkan kembali oleh iklan Instagram mereka? Karena saya terus melihat iklan untuk konferensi itu.
(03:17) Jeremy AU:
Nah, ini salahku. Saya, Anda tahu, mendapatkan iklan Don't Die sebelumnya dan Anda harus membaca tentang hal ini dan saya kira saya bang di tengah, kan? Ini seperti usia paruh baya, norak,
(03:27) Shiyan Koh:
Yah, saya tidak bertanya kepada petani tentang pertimbangan kuda tentang Ozemic, tetapi, dia menyebutkan itu karena mereka telah menasionalisasi perawatan kesehatan di Australia. Jadi, mereka terbiasa dengan perawatan kesehatan yang cukup terjangkau, tetapi jelas tidak ada perawatan kesehatan yang dinasionalisasi untuk hewan bukan? Jadi dia seperti, ya, Anda mendapatkan dokter hewan di sini dan itu $ 500 atau Anda tahu, itu sangat mahal. Tidak ada subsidi. Jadi saya entah bagaimana meragukan bahwa ada seekor kuda akan, Anda tahu, naik Ozemic dalam waktu dekat tetapi sekarang itu membuat saya penasaran seperti mereka melakukannya seperti ,, Maksud saya ada masalah hewan peliharaan yang kelebihan berat badan di negara -negara maju. Jadi saya bertanya -tanya apakah ada yang melakukan seperti solusi manajemen yang fokus pada hewan peliharaan, berat badan atau diabetes.
(04:07) Shiyan Koh:
Itu tambang emas berikutnya, Jeremy!
(04:09) Jeremy AU:
Investasi yang digerakkan oleh tesis ini.
(04:11) Shiyan Koh:
Yah, oke, tapi itu tidak sepenuhnya konyol. Satu, orang memang menghabiskan banyak uang untuk hewan peliharaan mereka. Dan dua perusahaan yang melakukan eksperimen umur panjang pada anjing, bukan?
(04:21) Jeremy AU:
Ya.
(04:21) Shiyan Koh:
Mereka membuktikan, mereka mencoba membuktikan bahwa obat itu akan memperpanjang kehidupan pada anjing terlebih dahulu, karena, mereka hidup lebih pendek sehingga Anda mendapatkan data lebih cepat, tetapi juga bilah peraturan lebih rendah, bukan?
(04:31) Jeremy AU:
Ya. Tidak, saya pikir ini juga berhasil karena, saya pikir, Shark Tank, ada juga startup yang melakukannya dengan sangat baik, yang hanya melakukan semacam pengujian DNA untuk anjing. Dan mereka sangat baik, dan saya menonton klip itu dan saya seperti, ya, mungkin ada satu pengujian DNA, tetapi untuk kucing di Asia Tenggara. Dan anjing, itu bisa menjadi bisnis yang sangat besar dan Anda memiliki tesis Indonesia dan et cetera, dan lain -lain.
(04:49) Shiyan Koh:
Tidak tidak tidak. Masih kembali ke pendapatan pembuangan per kapita.
(04:55) Jeremy AU:
Ya.
(04:55) Shiyan Koh:
Orang Asia tidak membelanjakannya untuk kucing.
(04:57) Jeremy AU:
Nah, kami di sini dalam mode brainstorm. Kami di sini untuk menyimpang, tidak bertemu dan dan lain -lain, dan lain -lain. Mode bangunan. Tapi ya, berbicara tentang mode pembangunan, kami ingin berbicara karena ada berita besar tentang zona ekonomi khusus Johor Singapura yang akan datang. Sepertinya ini adalah tanggal penandatanganan potensial pada bulan November tahun ini. Jadi, Ooh, apa pendapat Anda tentang Syiah itu?
(05:15) Shiyan Koh:
Saya pikir itu luar biasa! Maksud saya, seperti selalu ada klip LKY yang sangat terkenal yang merobek dalam pengumuman pemisahan, dan kekhawatiran tidak memiliki pedalaman, dan jadi saya pikir semakin banyak integrasi yang dapat kita miliki dengan Malaysia dan semakin banyak kedua negara dapat mengambil keuntungan dari kekuatan relatif mereka, saya pikir ini adalah pertumbuhan pai, bukan? Dan, maksud saya, saya pikir SEZ seperti lima kali ukuran Singapura. Dan sudah ada beberapa spillover, kan? Ketika kami melakukan moratorium di pusat data, orang -orang pergi ke Johor untuk membangun pusat data. Mereka jelas memiliki lebih banyak tanah. Dan saya pikir ini bagus, bukan? Ini adalah win-win jika kita bisa mendapatkannya dari tanah.
Maksud saya, saya pikir mungkin ada beberapa tantangan dalam hal birokrasi. Tidak sepenuhnya jelas, seperti jaringan, manajemen daya, semua hal semacam itu, jika Anda tahu, kita akan mencoba memindahkannya ke arah itu. Berapa banyak dari itu telah direncanakan, tetapi, maksud saya, saya pikir pada tingkat tinggi, itu bagus, dan mungkin, begitu MRT juga berjalan dan berjalan, jadi tidak terlalu berat untuk melampaui perbatasan, seperti tidak ada alasan mengapa orang tidak dapat tinggal di JB dan bekerja di Singapura atau sebaliknya, yang saya pikir hanya membuka juga akses ke real estate di berbagai harga. Ada alasan mengapa seniman tidak tinggal di Manhattan. Seniman tinggal di Brooklyn atau Queens, tetapi mereka ingin akses ke populasi teater padat di Manhattan atau apa pun itu, bukan? Saya pikir itu seperti, membangun zona ekonomi yang lebih besar dan lebih terintegrasi adalah perkembangan yang luar biasa untuk Singapura dan Malaysia. Bagaimana denganmu, Jeremy? Bagaimana menurutmu?
(06:44) Jeremy AU:
Nah, Anda membuat saya tertawa berbicara tentang real estat karena selalu impian setiap orang Singapura untuk membeli rumah di Johor Bahru dan et cetera, dan lain -lain. Menyewa rumah Singapura. Saya pikir zoom di sini, masuk akal karena Singapura memiliki tumpukan modal serta teknologi dan tenaga kerja terampil yang tinggi. Dan jelas Johor memiliki banyak tanah, infrastrukturnya bersatu. Jadi saya pikir ada, seperti yang Anda katakan, jumlahnya lebih besar dari komposisi bagian -bagiannya di sini. Dan ini sebenarnya semacam menciptakan alternatif potensial untuk, misalnya, MNC mencari untuk membangun di Vietnam sebagai bagian dari Cina plus satu atau Indonesia sebagai bagian dari China One Plus One Strategi. Saya pikir Johor Plus Singapura akan menjadi taman industri yang sangat menarik.
Saya pikir karena banyak eksekutif, misalnya, MNC, markas besar berbasis di Singapura, misalnya, itu satu, tetapi dua, tentu saja mereka membutuhkan akses ke infrastruktur dan di Johor dan Singapura keduanya memiliki energi yang cukup. Dan baik Johor dan Singapura memiliki banyak pelabuhan air yang dalam juga. Jadi ini bukan jalan memutar, misalnya, jika Anda berada di Taman Industri Indonesia, ini juga merupakan jalan memutar untuk pengiriman dalam hal biaya logistik. Jadi saya pikir ada banyak hal yang kami sukai untuk disebut blok. Itu masuk akal.
(07:50) Shiyan Koh:
Ya, saya pikir itu luar biasa. Saya memiliki mimpi kecil. Seperti, saya tidak tahu apakah mimpi ini mungkin, tetapi saya ingin bisa membangun kabin sendirian dengan dua tangan saya sendiri di suatu tempat yang bisa saya kendarai. Jadi setiap pendengar memiliki ide di mana di Johor ini mungkin, beri tahu saya, saya semua telinga, tapi ya, itu seperti saya Lembah Hudson, kan? Anda bisa pergi ke, bisa pergi ke pondok Anda di suatu tempat. Tanam sayuran. Jadi, nikmati pasar petani Anda.
(08:19) Jeremy AU:
Membangun pertanian. Sebenarnya, itu bukan ide yang buruk. Itu bisa menjadi bisnis, sebuah pertanian di Johor Bahru untuk orang Singapura yang lebih suka terbang ke Australia saat ini.
(08:27) Shiyan Koh:
Oh, tapi saya telah mendengar, pembicaraan besar di sini adalah bahwa mungkin ada penerbangan internasional langsung dari Singapura ke Busselton, yang merupakan bandara kecil yang paling dekat dengan Margaret yang akan luar biasa karena itu akan menghemat hampir tiga jam perjalanan dari Perth, itulah cara Anda terbang masuk dan keluar.
(08:45) Jeremy AU:
Jadi memikirkan SEZ, apa saja hal -hal penting untuk dipercaya, atau mungkin faktor risiko?
(08:52) Shiyan Koh:
Nah, untuk siapa, kan? Saya pikir untuk investor adalah, Anda perlu percaya bahwa pemerintah negara bagian setempat dapat menyelaraskan prosesnya dan memfasilitasi beberapa investasi ini. Saya sedang membaca sesuatu tentang bagaimana Selangor memiliki jaminan seratus hari untuk menyelesaikan izin, sedangkan di JB, itu bisa memakan waktu hingga satu tahun. Jadi, saya pikir hal -hal seperti itu, itu semua sangat membosankan, tetapi detail logistik penting untuk membuat perusahaan siap dan berjalan. Dan itu seperti, oh, oke, saya perlu melakukan investasi. Apa yang saya butuhkan? Saya perlu menggabungkan bisnis. Saya perlu mengatur pabrik saya. Jadi saya perlu mendapatkan akses ke tanah. Saya membutuhkan izin bangunan. Oh, saya butuh pekerja. Jadi saya perlu izin kerja, bukan? Seperti seluruh tumpukan pada dasarnya, menuliskan daftar semua hal yang Anda akan mulai berjalan, saya perlu izin impor untuk mesin saya, apa pun itu, dapatkah pemerintah daerah, yang mungkin tidak digunakan untuk berurusan dengan beberapa hal ini, yang bisa berupa jenis proses yang lebih federal bekerja sama untuk memfasilitasi orientasi yang mulus. Saya pikir itulah yang akan mendorong daya tariknya karena itu adalah satu hal untuk memiliki pesan pemasaran, tetapi itu adalah hal lain yang benar -benar disukai, melaksanakannya. Jadi maksud saya, saya baru -baru ini memiliki pengalaman di mana salah satu perusahaan kami diakuisisi oleh bisnis Incorporated Abu Dhabi. Dan ada dorongan besar untuk Dubai Abu Dhabi, seperti, hei, datanglah berbisnis di sini, bla, bla, bla. Jadi saya seperti, oke, saya berharap ini menjadi seperti proses yang sangat mulus, tetapi sudah berbulan -bulan dan transaksi masih belum dilakukan karena ada beberapa persyaratan KYC yang agak di atas dan di luar persyaratan KYC lain yang pernah saya lihat.
Dan ini seperti perusahaan kecil. Jadi pendiri yang miskin ini berlarian ke semua malaikat dan dana kecil ini untuk menjadi seperti, saya membutuhkan KYC tingkat kesembilan ini dan kami telah bolak -balik dengan para pengacara dan kami telah seperti, hei, seperti apa tujuan Anda, bukan? Alih -alih hanya mencoba mencentang setiap kotak, apa tujuan Anda? Apa kita, bagaimana kita suka menyelesaikan ini? Dan mereka seperti, tidak, ini hanya diperlukan. Jadi saya pikir ada ketidaksesuaian antara pesan pemasaran dan yang sebenarnya, seperti di lapangan, seperti bagaimana Anda melakukan bisnis? Jadi saya pikir risikonya adalah, bisakah kita menyetrika semua kekusutan itu dan memastikan bahwa 50 pertama, seratus orang pertama yang datang memiliki pengalaman hebat? Kami mulai membangun otot di sana. Dan kemudian saya pikir ada kolaborasi, yang seperti, bagaimana kedua belah pihak berkolaborasi untuk memastikan bahwa itu mulus, tidak hanya dalam JB atau di dalam Singapura, tetapi seperti di dua fungsi administrasi untuk menciptakan manfaat yang kami harapkan akan terjadi.
(11:14) Jeremy AU:
Ya, saya pikir ini sangat penting. Saya setuju dengan Anda karena titik dari zona ekonomi khusus adalah bahwa itu seharusnya membuat dokumen itu dalam pengertian itu, jauh lebih efisien karena apa yang sering terjadi pada SEZ adalah seperti semua peraturan dan peraturan yang tidak masuk akal untuk ekspor impor, jenis perdagangan menciptakan pajak peraturan. Jadi saya pikir itu sangat penting. Perbaikan, saya akan mengatakan dan saya pikir saya akan menambahkannya adalah, saya pikir gerakan buruh akan sangat penting. Suka, bisakah orang Singapura melakukan perjalanan dengan baik? Bisakah orang lain di Malaysia melakukan perjalanan ke SEZ dan pindah atau bermigrasi untuk melayani itu? Dan tentu saja, saya pikir politik, jelas, saya pikir pemerintah Singapura jelas kohesif karena pemilihan regional dan lokal secara efektif sama dalam hal ini.
Tapi tentu saja Johor berbeda dari pemerintah Nasional Malaysia. Jadi, melakukan percakapan tiga arah seperti itu cukup penting untuk menjaga kepercayaan dan peraturan yang sesuai untuk SEZ.
(12:09) Shiyan Koh:
Tepat.
(12:09) Jeremy AU:
Jadi berbicara tentang KEK, jelas sebagian besar dari itu adalah karena ada pergeseran dalam aktivitas manufaktur dari, Cina menuju Asia Tenggara karena penurunan hubungan perdagangan antara AS dan Cina. Jadi saya membaca tentang undang -undang baru yang saya sangat terkejut, yang disebut cfius terbalik . Jadi CFIUS adalah semacam komite serupa yang pada dasarnya mengatakan, hei, pemerintah AS dapat memveto investasi masuk ke Amerika dari Cina, yang membunuh banyak kegiatan investasi oleh para pemain modal Cina di dalam Amerika, tetapi ini adalah versi sebaliknya, yang merupakan orang Amerika tidak dapat berinvestasi di Cina jika mereka dianggap strategis atau kepentingan nasional.
(12:47) Shiyan Koh:
Jadi saya pikir, Jeremy, Anda benar -benar benar karena CFius Bill asli memberikan investasi Cina yang nyata ke AS. Banyak investor yang mengira mereka akan melakukan investasi langsung semacam membunuh program investasi langsung mereka untuk menjadi LPS sebagai gantinya, sehingga mereka satu gelar dihapus tetapi bahkan lebih baru -baru ini, ada satu lapisan pendinginan lagi di mana dana bahkan tidak ingin menerima piringan hitam yang tidak ada, Anda dapat melihat, sebenarnya, kami dapat melihat, kami tidak ingin menangani, heal, sebenarnya, kami dapat melihat, heal, sebenarnya, kami dapat melihat, heal, sebenarnya, Anda dapat melihat, heal, heal, sebenarnya, Anda tidak ingin melakukan penipuan, heal, heed, Anda tidak ingin melakukan penipuan. Persepsi bahwa kami didukung oleh uang Cina. Dan rencana CFIUS terbalik juga cukup berat. Jadi ia mengatakan bahwa setiap orang AS atau entitas AS tidak dapat berinvestasi dalam entitas milik Cina yang menyentuh AI, keamanan, komputasi kuantum . Dan jika Anda membaca definisi AI, seperti itu sebenarnya cukup luas, dan ada aturan seperti apa ambang batas kepemilikannya, yaitu jika lebih dari 50% dimiliki oleh orang Cina, itu dianggap sebagai entitas Cina. Jadi, bahkan jika perusahaan Anda, ketika saya membacanya, bisa menjadi kami yang didirikan, Safeshell, Incorporated, Singapura, Harvard, tetapi katakanlah mereka, enam pendiri dan mereka memegang paspor Cina dan mereka memiliki 10% kepemilikan, masing -masing 60%, itu dianggap seperti investee Cina bahwa orang AS akan dilarang untuk berinvestasi di perusahaan yang ada di mana pun yang bekerja di tempat ini. Jadi ini adalah salah satu dari beban pelaporan sendiri seperti ini.
Jadi saya pikir banyak orang tidak ingin menghadapinya. Jadi mereka hanya akan menghindari berinvestasi di dalamnya, yang agak disayangkan. Dan saya pikir logikanya adalah bahwa, bahkan mendapatkan manfaat investasi ekonomi Tiongkok dalam beberapa hal, dan mengingat jenis kasus penggunaan ganda AI dan beberapa teknologi keamanan ini, tidak ada cara lain untuk mencegah China mendapatkan manfaat.
(14:49) Jeremy AU:
Ya, saya pikir itu pasti dinamika yang sangat besar, karena saya pikir secara efektif itu hanya berarti bahwa Anda tidak akan melihat warga negara Amerika menyentuh warga negara Tiongkok, saya pikir, secara efektif dalam praktik dalam hal investasi.
(15:01) Shiyan Koh:
Ya tapi maksud saya, saya pikir itu sedikit kasihan, kan? It's like, maybe we just, we grew up in the golden age of globalization where it's like, the world is flat, it's the end of history, Francis Fukuyama, everything, and then now this is like the really rip roaring backlash on the way back but, did you see there was somebody who served in Cuomo and current New York governor, Kathy Hochul's administration who's been charged as a Chinese agent?
(15:26) Jeremy AU:
Saya tidak tahu apa yang terjadi dengan itu.
(15:27) Shiyan Koh:
Itu gila. Sepertinya, saya bahkan tidak berpikir dia senior, tetapi itu adalah sesuatu seperti dia adalah penghubung dari komunitas Asia -Amerika atau apa pun. Yang benar -benar lucu adalah, dia dituduh menerima uang, tetapi juga bebek khusus. Seperti, saya tidak tahu, mereka, seperti, mengantarkan bebek khusus, seperti, dukun, seperti, makanan! Ini sangat Cina! Seperti, semacam bebek khusus dikirim ke rumahnya setiap enam bulan selama periode ini di mana dia bekerja untuk pemerintah Cina, tetapi dia juga tampaknya diblokir, seperti beberapa delegasi Taiwan ingin bertemu dengan gubernur dan dia memblokirnya. Anda tahu, dia suka menghapus setiap komentar di sekitar Taiwan untuk banyak pernyataan resmi seperti itu tapi ya, itu, itu, saya akan mengirimkan artikelnya. Maksud saya, itu tidak lucu, jelas memiliki mata -mata, tetapi jenis hal yang Anda terima sebagai manfaat cukup lucu.
(16:14) Jeremy AU:
Ya, saya pikir ini benar -benar kejutan besar karena saya pikir orang merasa, setidaknya saya lakukan, bahwa saya pikir Trump jelas mengatur banyak tarif. Dan kemudian, Biden seperti dua kali lipat pada jenis tarif itu, dalam barang -barang tertentu, tetapi tidak harus menciptakan jenis barang baru yang ditanggung oleh tarif tersebut. Jadi dengan kata lain, itu semacam status quo. Saya sudah dihargai, dan tentu saja, saya pikir yang menarik adalah bahwa larangan ini, saya ingin mengatakan larangan, pembatasan modal Amerika di perusahaan afiliasi Cina ini, baik dalam bentuk orang atau dalam bentuk geografi, terlepas dari apakah Anda adalah investasi langsung atau LP, pada dasarnya, seperti itu seperti memotong sejumlah besar aliran modal yang hanya akan terjadi, saya pikir, sangat sulit. Dan itu membuat saya bertanya -tanya apakah akan ada lebih banyak jenis itu, bukan? Ini saat ini untuk investor, tetapi Anda dapat membayangkan seperti, dapatkah Anda membayangkan produsen Amerika, bisakah ada undang -undang yang mencakup produsen Amerika yang ingin menyiapkan atau bermitra atau JVing dengan perusahaan Cina juga?
(17:09) Shiyan Koh:
Saya tidak berpikir administrasi Biden netral di China. Maksud saya, saya pikir mereka mengambil langkah -langkah Trump dan menguatkannya. Satu hal yang dapat disetujui oleh Partai Republik dan Demokrat adalah bahwa secara politis menguntungkan untuk menjadi kasar di Cina. Saya pikir mereka berbeda dalam hal apa cara yang tepat untuk melakukannya, tetapi saya pikir mereka berdua setuju tentang itu. Dan saya pikir Biden benar -benar mengambil ide -ide Trump dan memperluasnya. Maksud saya, jika Anda melihat, semua pengeluaran pertahanan, semua hal yang terjadi di sana, saya pikir orang Amerika benar -benar khawatir dan mereka benar -benar mencoba untuk menaruh uang mereka di mana mulut mereka dalam hal inovasi lainnya dan kemudian juga dalam semua blok yang diletakkan pada orang Cina. Jadi, hanya akan menjadi lebih buruk dan saya pikir itu akan menjadi menantang bagi kita sebagai Singapura untuk terus berjalan di antara dua gajah besar di ruangan itu dan tidak digambarkan oleh satu sisi mana pun untuk berada di sisi lain, sisi negara adidaya lainnya.
(18:02) Jeremy AU:
Dan dengan nada ceria itu, mari kita damai. Sampai jumpa lain waktu.