Joseph Mocanu: Pendiri PhD Medtech, Global Healthcare VC & Emerging Manager Investor Myths - E477

"Saya menyadari bahwa saya benar -benar perlu belajar bisnis. Ini cukup lucu karena pada awalnya, saya tahu sedikit tentang bisnis sehingga saya benar -benar berpikir mempelajarinya melalui gelar MBA dan menduduki puncak kelas akan langsung membuat saya mahir. Nah, tidak. Untungnya, di tengah -tengah MBA saya, saya mulai dari karier saya lebih banyak tentang praktik dan menempa koneksi. Manajer aset butik yang berinvestasi di perusahaan Cina yang terdaftar di luar negeri, menerapkan teknik konsultasi manajemen untuk meningkatkan nilainya. " - Joseph Mocanu, Managing Partner di Verge HealthTech Fund

"Tentu saja, penyakit yang tidak menular atau kronis adalah fokus utama bagi kami. Ketika Anda mempertimbangkan tiga pembunuh teratas-kanker, stroke, dan penyakit jantung-mereka memerintah sebagai penyebab utama kematian di hampir setiap negara, baik yang muncul atau berkembang. Penyakit ini adalah tiga dampak yang signifikan. - Joseph Mocanu, Managing Partner di Verge HealthTech Fund

"Setiap sistem perawatan kesehatan berbeda; pada kenyataannya, sistem ini dapat bervariasi antara dua rumah sakit tepat di seberang sungai dari satu sama lain, apalagi di seluruh provinsi atau negara. Terlepas dari perbedaan ini, ada arketipe umum dan ketidakefisienan sistematis yang hampir universal dalam setiap sistem perawatan kesehatan. Tidak dapat menghilangkan semua risiko, mengambil tindakan sejak awal - ketika perusahaan lebih sederhana dan strukturnya lebih mudah ditempa - dapat secara signifikan meringankan proses tersebut. - Joseph Mocanu, Managing Partner di Verge HealthTech Fund

Joseph Mocanu , Managing Partner di Verge HealthTech Fund , dan Jeremy Au membahas:

1. Pendiri PhD Medtech: Joseph berbagi perjalanan pendidikannya dari mempelajari genetika molekuler di University of Toronto di mana ia awalnya fokus pada penuaan dan penelitian kanker, untuk mewujudkan peran penting keterampilan bisnis dalam membawa kemajuan ilmiah ke pasar. Ini mendorongnya untuk mengejar gelar MBA, yang mengkatalisasi usaha wirausaha awalnya, termasuk ikut mendirikan startup perangkat medis pada usia 22, yang berspesialisasi dalam pencitraan otak real-time.

2. Global Healthcare VC: Joseph menjelaskan etos di balik Verge Fund - teknologi kesehatan yang berdampak yang meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi di pasar negara berkembang yang kurang terlayani. Pendekatan global dana ini bukan hanya tentang investasi tetapi juga tentang melihat pendiri hebat terlepas dari kecocokan pasar produk.

3. Mitos Investor Manajer Berkembang: Dia menjelaskan pentingnya modal pasien dan tinjauan ke depan strategis dalam modal ventura, terutama penting di sektor perawatan kesehatan yang mudah menguap. Pengalamannya selama pandemi Covid-19 pada tahun 2020 menggambarkan tantangan penggalangan dana di tengah ketidakpastian ekonomi global. Merefleksikan transaksinya dengan sistem perawatan kesehatan yang berbeda, ia mencatat pentingnya menyesuaikan strategi investasi dengan lingkungan perawatan kesehatan setempat.

Jeremy dan Joseph juga membahas dinamika manajer dana yang muncul, rintangan investasi selama penurunan ekonomi, dan tantangan yang dihadapi strategi investasi global.


Bergabunglah dengan kami di Geeks di pantai!

Anda tidak ingin merindukan Geeks di pantai, konferensi startup utama yang unik di wilayah ini! Bergabunglah dengan kami dari 13 hingga 15 November 2024, di JPark Island Resort di Mactan, Cebu. Acara ini menyatukan penggemar teknologi, investor, dan pengusaha selama tiga hari lokakarya, pembicaraan, dan jaringan. Daftarkan di geeksonabeach.com dan gunakan kode Bravesea untuk diskon 45% untuk 10 pendaftaran pertama, dan diskon 35% untuk yang berikutnya.


(01:51) Jeremy AU:

Selamat pagi.

(01:52) Josepch Mocanu:

Pagi. Bagaimana kabarmu, Jeremy?

(01:54) Jeremy AU:

Bagus. Saya sangat senang memiliki Anda di acara itu. Saya pikir Anda salah satu dari sedikit orang yang sangat solid dalam investasi layanan kesehatan secara global. Jadi saya sangat senang berbagi cerita Anda.

(02:03) Jeremy AU:

Joseph, bisakah kamu berbagi tentang dirimu?

(02:04) Josepch Mocanu:

Tentu. Jadi sangat cepat, bagi mereka yang belum melihat saya, mungkin banyak orang. Saya Dr. Joseph Mocanu. Saya adalah salah satu pendiri dan mitra pelaksana Verge Health Tech Fund. Kami bukan dana usaha normal Anda. Kami adalah tahap awal, global, dan kami berinvestasi dalam apa yang kami sebut teknologi kesehatan yang berdampak, yang merupakan teknologi yang benar -benar dapat menggerakkan jarum untuk mengatasi aksesibilitas, keterjangkauan, efisiensi, dan kualitas untuk kesehatan. Dan kami ingin melakukan ini untuk semua orang, bukan hanya orang yang berada dalam posisi yang lebih istimewa dan negara -negara kaya. Kami benar -benar ingin berinvestasi dalam hal -hal yang relevan untuk semua orang di seluruh, pasar negara berkembang, di seluruh komunitas yang kurang terlayani. Dan saya pribadi telah melakukan ini selama enam setengah tahun dan sebelum itu, saya adalah seorang investor malaikat di ruang yang sama.

(02:48) Jeremy AU:

Anda pergi cukup banyak sekolah. Jadi Anda melakukan sarjana, Anda melakukan master Anda dan Anda melakukan PhD, dan juga terkait kesehatan. Bisakah Anda membagikan proses pemikiran Anda selama jangka waktu itu?

(02:58) Josepch Mocanu:

Sejujurnya, itu adalah perjalanan yang tidak disengaja. Awalnya saya ingin menjadi ilmuwan karena saya menyadari, kami menjadi tua dan kami sakit. Saya telah memulai permainan pemrograman sejak usia yang sangat muda. Dan untuk sementara waktu saya pikir itulah yang akan saya lakukan untuk mencari nafkah tetapi Anda tahu, ketika itu berpikir pada saya berpikir, oke, well, saya mungkin harus melakukan jenis pengkodean yang berbeda, jadi acgand t, pergi untuk melakukan sarjana saya dalam genetika molekuler. Pikirkan bahwa, pengeditan gen dan rekayasa genetika akan menjadi masa depan. Dan begitulah cara saya akan berkontribusi secara bermakna. Awalnya saya tertarik pada apa yang membuat kami tua, proses penuaan. Namun, ketika saya ingin mengejar PhD saya, dan ini, bertahun -tahun yang lalu, tidak ada banyak dana atau minat di daerah itu, tetapi di mana ada banyak minat adalah kanker, yang dapat dilihat oleh beberapa orang sebagai sepupu penuaan. Ada yang mengatakan bahwa kita memiliki penuaan untuk mencegah kanker terbentuk. Jadi itulah yang akhirnya saya lakukan untuk PhD saya dan semua ini ada di University of Toronto.

Sebenarnya itu adalah hobi sampingan saya atau pertunjukan sampingan untuk melakukan sedikit pemrograman komputer untuk dokter medis yang mengarah pada upaya kewirausahaan pertama saya di ruang perawatan kesehatan dan kesadaran bahwa tidak cukup untuk menemukan sesuatu, inovatif atau bermanfaat. Anda benar -benar harus memiliki ketajaman bisnis dan jaringan untuk mendapatkan inovasi itu di luar sana. Dan itu adalah satu hal yang saya pelajari dari perjalanan kewirausahaan ini hanya karena saya sangat mengerikan atau lebih bodoh dalam hal itu, saya harus mempelajari semua pelajaran ini dengan cara yang sulit. Dan realisasi pentingnya bisnis yang membuat saya mendapatkan gelar MBA saya setelahnya dan memulai karir profesional saya setelahnya.

(04:35) Jeremy AU:

Saya pikir yang menarik adalah itu, Anda memulai perspektif sains ini dan kemudian Anda melakukan MBA Anda, tetapi Anda juga memilih untuk melakukan PhD juga. Jadi apa keputusan Anda di sana?

(04:45) Josepch Mocanu:

Yah, menjadi seorang ilmuwan, memiliki gelar PhD, setidaknya di belakang pada hari itu, beberapa dekade yang lalu tentu saja merupakan prasyarat. Jadi itu adalah jalur default. Dan saya pikir mungkin apa yang akan membantu pada saat itu adalah memahami semua jalur berbeda yang dapat Anda kejar, dan setelah gelar PhD.

Banyak siswa doktoral berpikir akademisi itu default, dan ada ketidakseimbangan permintaan penawaran yang besar. Ada terlalu banyak kandidat PhD dan PhD untuk jumlah posisi fakultas yang tersedia. Itu menyebabkan banyak kebingungan dan kecemasan yang tidak perlu. Itu adalah sesuatu yang juga saya hadapi. Saya punya pilihan besar. Apakah saya melanjutkan dengan akademisi atau apakah saya melakukan usaha startup ini? Tetapi banyak mahasiswa PhD, mencapai akhir PhD mereka, dan mereka seperti, apa yang harus saya lakukan? Jadi, ini adalah perjalanan yang menarik, meskipun sedikit bersinggungan dari percakapan ini.

(05:33) Jeremy AU:

Dan setelah itu, Anda memutuskan untuk menjadi direktur penelitian dan pengembangan. Bisakah Anda berbagi tentang keputusan itu?

(05:39) Josepch Mocanu:

Nah, itu adalah startup, jadi, saya telah mendirikan startup perangkat medis ini yang melakukan pencitraan otak waktu nyata menggunakan EEG dengan dokter medis ini yang 20 tahun senior saya. Dan saya kira saya mungkin sedikit terlalu muda untuk dianggap sebagai rekan dalam pengertian itu. Saya baru berusia 22 tahun ketika startup ini sebenarnya, mulai terjadi. Jadi ya, itu adalah gelar yang bagus untuk anak berusia 22 tahun.

(06:01) Jeremy AU:

Oke, jadi di sana Anda sedang membangun startup dan kemudian beberapa keputusan yang Anda buat sesudahnya? Anda melanjutkan perjalanan keliling dunia dan Cina dan Singapura. Jadi bisakah Anda memandu saya selama periode waktu itu juga?

(06:12) Josepch Mocanu:

Ya, tentu saja. Jadi perjalanan dunia, dan ini adalah sesuatu yang sangat saya rekomendasikan. Jika sudah, jika Anda memiliki kemampuan untuk melakukannya setidaknya sekali dalam hidup Anda. Saya mengenakan ransel dan saya pergi ke 21 negara selama enam bulan saya melakukannya karena saya pikir saya perlu waktu untuk mendekompresi setelah menyelesaikan PhD saya. Pada saat yang sama dengan startup saya, kami memulai uji klinis dan karena saya tahu pada dasarnya melakukan pengkodean dan merancang produk yang tidak benar -benar saya butuhkan sehingga saya dapat dengan aman menjauh Anda tahu, sesekali memeriksa email saya jika ada sesuatu yang penting.

Dan sebenarnya itu menarik saat itu. Sepertinya tidak lama sekali, 2007, Anda masih harus menggunakan kafe internet untuk menyelesaikan banyak hal. Dan saya memiliki salah satu Titan paling awal, yang merupakan komputer kecil. Anda bisa menggeser panel depan terbuka dan mengungkapkan keyboard dan berlari pada seri Windows. Jadi itu cukup bagus untuk tetap berhubungan bahkan saat itu. Saya punya banyak pemikiran untuk dilakukan. Apakah saya melanjutkan dengan startup atau saya mencoba mengejar akademisi ini dengan melakukan postdoc dan semua hal semacam itu? Dan sebenarnya selama perjalanan saya, saya memang memiliki beberapa aplikasi postdoctoral yang luar biasa. Jadi saya ingin memiliki waktu yang tepat untuk diri saya sendiri, melihat dunia, suka uap dan memikirkan apa yang benar -benar ingin saya lakukan dengan diri saya sendiri.

(07:26) Jeremy AU:

Apa jawaban untuk apa yang ingin Anda lakukan dengan diri sendiri setelah itu?

(07:29) Josepch Mocanu:

Saya akan tetap dengan startup dan saya melakukannya selama satu tahun atau lebih. Dan saat itulah saya memiliki kesadaran ini, saya benar -benar perlu belajar bisnis. Dan itu lucu karena saya tahu sedikit tentang bisnis yang saya pikir Anda bisa mempelajarinya. Saya pikir Anda bisa melakukan gelar MBA, mencapai puncak kelas dan tiba -tiba booming, Anda pandai bisnis.

Sekarang untungnya di pertengahan MBA saya, saya membuat kesadaran itu dan mulai menyadari bahwa ini tentang berlatih bisnis dan ini tentang koneksi. Untungnya, berjejaring dengan beberapa orang. Dan salah satu dari mereka yang akhirnya menjadi hubungan yang sangat baik yang membawa saya ke langkah berikutnya dari perjalanan saya, yang bekerja di Shenzhen untuk manajer aset butik yang berinvestasi di perusahaan Cina yang terdaftar di luar negeri dan menggunakan teknik konsultasi manajemen untuk mencoba menambah nilai bagi mereka. Dan itulah yang membuat saya berkonsultasi, yang membuat saya berinvestasi, yang membuat saya berbau.

(08:17) Jeremy AU:

Ya. Jadi saya pikir bagian berikutnya dalam karier Anda, Anda mulai menjadi konsultan yang serius dan Anda berada di Oliver Wyman melakukan konsultasi tentang ilmu kehidupan dan kesehatan digital. Bisakah Anda berbagi lebih banyak tentang itu?

(08:26) Josepch Mocanu:

Ya. Jadi ini adalah kutipan pertama saya pekerjaan nyata tanpa kutipan. Itu menarik karena saya telah melihat apa yang dapat dilakukan konsultasi manajemen selama sekolah bisnis. Saya tidak terlalu menghargai apa yang sebenarnya dilakukannya. Saya hanya merasa seperti itu adalah sekelompok setelan, berpikir dalam poin -poin dan pada dasarnya mengikuti bahwa lebih dari kiasan yang dikutip bahwa konsultan hanya mencuri jam tangan Anda untuk memberi tahu Anda waktu. Tapi di sinilah saya melihat pemikiran strategis yang sebenarnya dan kemampuan untuk menciptakan nilai dalam tindakan karena, orang -orang ini melakukan investasi jenis ekuitas swasta, di perusahaan -perusahaan yang terdaftar ini.

Dan kami melihat harga saham naik sebagai akibat dari tindakan strategis yang benar -benar berhasil. Jadi saya pikir akan lebih baik jika saya melakukan ini dalam bahasa Inggris dan tidak ada tentang perawatan kesehatan. Jadi itu sebabnya saya pikir itu adalah langkah yang logis. Sekarang, saya pikir saya hanya akan melakukannya selama satu atau dua tahun sehingga saya bisa mempelajari toolkit konsultasi dasar dan kemudian kembali berinvestasi. Itu adalah pekerjaan yang sangat menarik dan saya harus mengatakan gajinya juga cukup bagus dan itu bukan pertumbuhan linier dalam gaji. Rasanya seperti perbankan dan konsultasi dikenal memiliki skala pembayaran non linier, yang sangat bagus. Jadi saya melakukan strategi R&D untuk perusahaan farmasi global dan biotek di kantor pusat mereka.

Jadi saya mulai di kantor Toronto karena saya Kanada, tetapi saya tidak pernah melakukan satu pun proyek Kanada. Saya berada di pesawat pada Minggu malam Kamis tiga setengah tahun dan kemudian saya mendapat telepon dari Jeremy lain, yang tinggal di Singapura, yang mengatakan, hei, apakah Anda ingin pindah ke Singapura dan membantu saya memulai dan menumbuhkan praktik perawatan kesehatan di Asia Tenggara? Saya telah pergi ke Singapura selama sekolah bisnis saya karena saya mendengar ada banyak hal yang sangat menarik terjadi. Biopolis baru saja dibangun dan saya sangat, sangat menikmatinya. Saya tidak pernah berpikir saya pernah tinggal di sana sehingga ketika saya memiliki kesempatan untuk pindah ke Singapura, itu seperti jenis keputusan nanodetik dan saya tidak menyesalinya untuk sesaat. Saya, sangat senang bahwa kesempatan muncul 10 tahun yang lalu dan saya tidak pernah melihat ke belakang.

(10:13) Jeremy AU:

Jadi, Anda pindah ke Singapura di Asia Tenggara dan di sana Anda menghabiskan banyak waktu untuk melakukan proyek konsultasi, tetapi pada akhirnya Anda memilih untuk menjadi manajer dana modal ventura. Jadi bisakah Anda berbagi sedikit lebih banyak tentang transisi yang Anda katakan, hei, berkonsultasi bukan untuk saya, tapi saya akan ke hal berikutnya.

(10:28) Josepch Mocanu:

Sangat. Ini benar -benar, sekali lagi, kisah kecelakaan lainnya. Ketika saya pertama kali pindah ke Singapura, salah satu mentees saya melakukan startup kesehatan wanita di Kanada bertanya apakah saya ingin berinvestasi dalam startupnya, dan sekarang telah menikmati sedikit arbitrase pajak di Singapura, saya tiba -tiba memiliki uang bahwa saya memiliki kemampuan berinvestasi, sedangkan sangat sulit untuk menumpuk penghematan ketika tarif pajak marginal Anda adalah 58%. Saya berinvestasi di perusahaan ini. Saya pikir perasaan semacam itu rapi. Jadi saya menyadari, mungkin saya bisa melakukan lebih banyak hal ini. Secara paralel, saya telah bertemu semua pendiri yang sangat hebat ini melalui pekerjaan konsultasi saya ketika klien saya mencari mitra untuk, melakukan lebih banyak dengan pendidikan, teknologi pengiriman, dan pembiayaan, karena, klien saya sangat pandai membuat produk farmasi, tetapi semua hal lain seperti wilayah asing bagi mereka.

Namun, semua startup ini, yang saya temui selama pekerjaan klien saya tidak pada skala di mana mereka dapat secara bermakna terlibat dalam pekerjaan dengan perusahaan multinasional global ini. Jadi sebagai akibatnya, mereka perlu mengumpulkan uang. Mereka membutuhkan modal untuk membeli waktu, untuk melihat pilot -pilot ini melalui, untuk mengembangkan penawaran, untuk skala di lebih dari satu negara, tetapi mereka memiliki banyak waktu untuk mengumpulkan uang. Itu adalah lingkungan yang sangat sulit. Satu -satunya gagasan tentang startup adalah dalam investasi startup cukup baru dan di mana Anda akan berada di lebih banyak bidang tradisional menarik seperti teknologi, logistik. Domain startup tradisional, tidak terlalu diatur, rumit, lambat, dan startup teknologi kesehatan yang sangat berisiko.

Jadi saya berpikir, hei, saya mendapat gaji yang layak. Jika saya kehilangan uang saya mencoba membantu para pendiri ini mencapai impian mereka dua minggu kemudian, seolah -olah sihir terjadi, lebih banyak uang muncul di rekening bank, hal ini disebut gaji adalah sesuatu yang sangat mudah untuk terbiasa. Jadi saya mulai berinvestasi kemudian menjadi investor pertama di perusahaan. Dan suatu hari membuat kesadaran bahwa saya menikmati berinvestasi dan mendukung impian para pendiri ini lebih dari saya menikmati menulis slide PowerPoint atau meminta analis untuk menulis slide PowerPoint yang tidak ada yang benar -benar dibaca. Jadi saat itulah saya menyadari saya perlu membuat hobi saya, pekerjaan penuh waktu saya. Tidak ada seorang pun pada saat itu yang berinvestasi pada tahap awal, teknologi kesehatan global yang ingin saya investasikan. Dan mungkin saya tidak, cukup baik di Googling karena saya benar -benar ingin mengirim CV saya kepada seseorang yang sudah memiliki ide gila atau kesadaran gila ini bahwa saya perlu memulai dana usaha saya sendiri.

(12:51) Jeremy AU:

Jadi bagaimana rasanya menyiapkan dana ini?

(12:53) Josepch Mocanu:

Cepatlah dan tunggu, pada dasarnya, benar -benar batu tulis kosong. Saya tidak tahu apa yang saya lakukan. Saya sangat beruntung memiliki beberapa mitra berpikir yang baik, penyedia layanan yang baik. Pengacara saya adalah Xmas, super, sangat membantu. Kami benar -benar mendapatkan lisensi dengan cantik. Ada sejumlah waktu karena Anda masih harus menulis rencana bisnis Anda. Anda harus mencari tahu, oke, apa itu usaha melakukan sedikit penelitian utama, bicaralah dengan beberapa VC. Saya tahu untuk mengatakan, hei apa yang harus saya perhatikan? Saya mungkin seharusnya meminta sedikit lebih banyak saran tentang cara menggalang dana. Karena saya tidak pernah menggalang dana dalam hidup saya dan saya tidak tahu bagaimana cara meminta apa pun. Saya tidak tahu cara menjual apa pun kecuali untuk proyek konsultasi sesekali. Dan ini dia, kamu telanjang. Anda tidak memiliki nama merek, Anda tidak memiliki apa -apa dan Anda harus menempatkan diri di luar sana dan berbagi visi Anda dan berharap orang -orang akan menganggapnya menarik dan mempercayai Anda untuk mengelola modal mereka untuk melakukan pekerjaan dengan baik.

Saya pikir banyak item khusus kesepakatan, untungnya saya memiliki paparan untuk berinvestasi dalam kesepakatan, setelah melihat mereka maju ke putaran berikutnya juga, sebenarnya memimpin kesepakatan, bahkan sebagai malaikat. Jadi bagian itu, untungnya saya memiliki sedikit pengalaman, tetapi di belakang, mungkin itu akan menjadi ide yang baik untuk bekerja untuk dana usaha untuk setidaknya memahami seluruh siklus hidup. Maksud saya, maju cepat, enam setengah tahun kemudian, kami memiliki 23 perusahaan portofolio di seluruh dana kami. Tampaknya telah berhasil dengan baik, tetapi mungkin ada banyak realitas paralel di mana saya mati di parit di suatu tempat.

(14:13) Jeremy AU:

Bagaimana rasanya menjadi manajer dana yang muncul?

(14:16) Josepch Mocanu:

Cukup mengerikan. Anda mungkin telah memperhatikan, ini bukan waktu terbaik untuk berada di ruang usaha, baik sebagai startup atau sebagai manajer dana, berkat. Mengeringkan likuiditas dan minat yang tiba -tiba di kelas aset, yang saya harap akan kembali. Kami melihat Fed baru saja memotong suku bunga menjadi setengah dari satu persen.

Jadi itu menggembirakan dan ke arah yang benar. Ini bukan kelas aset yang banyak orang kenal. Jadi ketika mereka ingin pergi ke usaha sebagai kelas aset. Mereka akan mencari manajer yang mapan, seseorang dengan dana empat atau dana lima, atau seseorang yang lebih dapat dikenali, seperti, sequoia atau, nea atau seseorang.

Anda pada dasarnya adalah startup sendiri. Dan saya pikir semakin cepat Anda menyadari bahwa Anda adalah startup pra -benih dan berpikir seperti startup pra -benih dan berpikir tentang bagaimana Anda mengumpulkan uang Anda sebagai startup pra -benih versus berpikir ham dan investor. Semakin cepat Anda membuat kesadaran itu, semakin mudah bagi Anda, karena Anda tahu siapa yang perlu Anda kejar dan Anda tahu bagaimana Anda perlu melempar. Jangan buang waktu Anda dengan institusi. Dan kecuali Anda benar -benar dekat, kantor keluarga, jangan buang waktu Anda di sana juga. Ini benar -benar jenis investor yang akan berinvestasi dalam startup pra -benih.

(15:23) Jeremy AU:

Dan Anda membuat keputusan untuk pergi untuk tesis ini, yang seperti, global dan perawatan kesehatan, bukan? Yang merupakan tesis yang unik, seperti yang Anda bagikan sebelumnya. Bisakah Anda berbagi tentang mengapa Anda melakukan ini, karena Anda selalu bersemangat tentang perawatan kesehatan. Tapi bagaimana rasanya memposisikan tesis untuk orang -orang yang mungkin tidak akrab, atau mungkin akrab, tetapi tidak jelas tentang modal ventura sebagai cara untuk berinvestasi ke ruang ini?

(15:43) Josepch Mocanu:

Ya. Ada dana perawatan kesehatan global. Saya pikir apa yang membuat kami sangat berbeda adalah bahwa kami adalah dana dampak global, tahap awal. Dan ketika maksud saya lebih awal, maksud saya kita bisa menjadi cek pertama ke perusahaan atau bahkan memutarnya dari universitas. Bagian itu sedikit sulit dan tidak jelas. Jika Anda memiliki satu miliar aum, sangat mudah untuk menjadi global. Anda baru saja membuka kantor di setiap tempat yang ingin Anda buka kantor. Bagi saya, itu adalah penemuan yang tidak disengaja dan sejujurnya, saya kehabisan target untuk berinvestasi, di Asia Tenggara. Kemudian saya mulai mengirim istri saya, yang mantan pengusaha teknologi, mantan Apple, itu semua konferensi teknologi ini karena saya terlalu sibuk mengarahkan atau membuat slide PowerPoint untuk klien farmasi saya untuk melangkah dan pergi ke tempat -tempat seperti Finlandia untuk Slash atau Paris untuk halo besok dan sebagainya. Dia pergi ke sana, dia memiliki mata yang cukup bagus untuk orang dan ide dan dia akan menemukan beberapa pendiri yang hebat dan saya akan melakukan uji tuntas teknis di atasnya dan kami akan melakukan investasi malaikat.

Jadi kami mulai menjadi malaikat global terlebih dahulu, dan kami adalah investor pertama dalam startup Afrika Selatan yang dia temui di Slush yang benar -benar mengatakan, hei, saya sebenarnya bisa memimpin transaksi global juga dan menyadari bahwa ada gagasan yang sangat kuat ini bahwa di mana inovasi diperlukan tidak harus di mana ia dilahirkan. Jadi gagasan ini yang arbitraging dari kumpulan peluang dan bakat global ke tempat yang benar -benar dibutuhkan adalah dasar pertama. Dan kemudian hal lain yang kami sadari adalah bahwa penilaian di Afrika Selatan jauh lebih murah daripada penilaian di Singapura. Rand Afrika Selatan benar -benar lemah jadi jika kita berinvestasi dalam dolar AS, mereka tidak akan kehabisan uang selama dua tahun. Jenis suara seperti kita sedikit berisiko kesempatan, melihat banyak perbedaan geografis ini.

Dan saya dulu bercanda bahwa itu adalah pengusaha yang suka berkelahi di lingkungan di mana ada investor yang jelek mungkin merupakan peluang terbaik untuk arbitrase geografis. Anda hanya berharap putaran berikutnya akan berada di tempat lain. Itulah yang membuat saya menjadi investor global. Itu benar -benar tidak disengaja. Dan ketika Ed dan saya memikirkan tesis untuk dana pertama, ini datang sebagai kesempatan yang sangat bagus untuk mencoba mensistematisasikan apa, investasi malaikat saya telah dilakukan secara tidak sengaja.

(17:39) Jeremy AU:

Apa yang menarik adalah, saat Anda melakukan ini, Anda jelas telah membuat dua set keputusan, kan? Salah satunya adalah geografi yang berbeda saat Anda melakukan investasi itu. Dan tentu saja, ada juga vertikal yang berbeda dalam perawatan kesehatan juga. Mungkin kita akan berbicara tentang geografi terlebih dahulu. Jadi ketika Anda mulai di Asia Tenggara dan Singapura, dan kemudian Anda pergi untuk internasional, apa saja perbedaan yang Anda perhatikan secara geografis di ruang perawatan kesehatan?

(18:01) Josepch Mocanu:

Sistem perawatan kesehatan berbeda. Setiap orang. Dan pada kenyataannya, sistem perawatan kesehatan Anda mungkin berbeda antara dua rumah sakit di sisi yang berlawanan dari sungai, apalagi negara. Namun, mereka memiliki arketipe. Dan Anda memiliki beberapa inefisiensi sistematis. Anda memiliki beberapa masalah sistematis yang umum di hampir hampir setiap sistem perawatan kesehatan.

Hal lain yang saya sadari adalah bahwa ada risiko berdaulat yang terlibat dengan geografi tertentu dan Anda dapat mengurangi risiko -risiko tersebut dengan mendomisi ulang perusahaan di suatu tempat yang lebih aman. Tapi Anda tidak bisa, Anda tidak bisa mengurangi seratus persen dari risiko. Untungnya, dalam perjalanan malaikat saya, itu tidak pernah benar -benar muncul, tetapi rasa sakit dari redomiciling sesuatu yang lebih baru versus rasa sakit melakukannya segera ketika perusahaan lebih sederhana dan sebelumnya benar -benar jelas. Jadi itu adalah sesuatu yang di Verge, kami menerapkan dengan sangat religius sehingga kami berpikir bahwa penting untuk meredomisilasi perusahaan ke tempat yang lebih aman Anda melakukannya lebih cepat versus nanti. Dan pada kenyataannya, Anda hampir melakukannya sebagai prasyarat yang menyelesaikan kesepakatan dan kami melakukan ini beberapa kali dalam portofolio kami, saya pikir sulit untuk mengkomersialkan perusahaan teknologi kesehatan di luar negeri sebelum Anda berhasil di pasar Anda sendiri yang sangat penting untuk mengeluarkannya dari sistem, tetapi juga sedini Anda melakukan pasar lain.

(19:14) Josepch Mocanu:

Jadi setidaknya Anda secara internal memahami bahwa tidak semuanya terlihat sama dengan sistem perawatan kesehatan Anda. Dan itu memberi Anda bahwa neuroplastisitas dari usia yang sangat dini dalam startup Anda untuk menjadi perusahaan global, kecuali jika satu -satunya tujuan Anda adalah menjadi penyedia telemedis terkemuka di Bangladesh. Maksudku, itu sudah cukup, 160 juta. Tetapi jika Anda adalah pasar 3 juta atau 4 juta, sangat penting untuk mendapatkan sedikit lebih banyak paparan di pasar lain sejak dini. Dan kami telah meneruskan banyak investasi yang tampaknya tidak ingin melakukan itu tetapi sistem kesehatan, berbeda berdasarkan, ketergantungan jalur mereka, seperti bagaimana mereka mengatur?

Apa keseluruhan filosofi mendasar dari menyiapkan sistem perawatan kesehatan? Bagaimana dibayar? Apa keseimbangan antara konservatisme dan keselamatan dan inovasi dalam peraturan Anda dan juga dalam adopsi Anda? Berapa banyak lapisan pengambilan keputusan, katakanlah, tingkat rumah sakit versus tingkat perawatan primer? Seberapa canggih pembayar, baik publik maupun swasta? Dan ini semua sangat berbeda dengan geografi, dan mereka bahkan akan berbeda antara negara -negara tetangga, dan di beberapa negara kepulauan, mereka akan berbeda antara provinsi. Setelah Anda memiliki cukup arketipe, Anda dapat mengetahui, oke, kami harus menggunakan buku pedoman ini untuk mengejar pasar ini. Atau, kami menyadari bahwa kami membutuhkan pasar lokal ini untuk pengujian dan iterasi, tetapi jujur, kami perlu keluar dari sini sesegera mungkin untuk membuat hal ini sukses.

(20:30) Jeremy AU:

Bagian kedua adalah bahwa, perawatan kesehatan adalah ruang yang sangat besar. Jadi ada beberapa vertikal yang berbeda di dalamnya, bukan? Jadi ada diagnostik sampai ke infrastruktur ruang uji klinis. Jadi, bagaimana pendapat Anda tentang ini? Bagaimana Anda bahkan, memiliki kerangka kerja untuk vertikal ini.

(20:46) Josepch Mocanu:

Ya, saya pikir North Star yang mendasarinya adalah, bagaimana kita akan berdampak sebanyak mungkin orang? Bagaimana kita akan melakukan ini dengan terjangkau dan dengan akses maksimal dan dengan desentralisasi maksimum? Maka di mana kami akhirnya mendarat, mari kita jauhkan orang dari rumah sakit rumah sakit hanya ketika Anda benar -benar, benar -benar, mereka seharusnya hanya ketika Anda benar -benar sakit dan tidak dapat melakukan hal lain karena mereka yang paling mahal dan yang paling sulit untuk mendapatkan akses.

Sebagai startup atau pengusaha sebagai inovasi baru, karena semua orang sangat sibuk dan ada banyak dolar di lapisan dari, masuk ke jalan keluar. Jadi kami ingin lebih fokus pada perawatan primer atau kesehatan masyarakat atau kesehatan di rumah atau kesehatan di tempat kerja dan pada deteksi dan pencegahan dan skrining. Itu melibatkan banyak diagnostik, perangkat IoT kelas klinis yang semuanya murah. Itu benar -benar bisa membuat Anda keluar dari rumah sakit. Dan yang lain adalah, jika Anda harus pergi ke rumah sakit dan Anda habis, Anda tidak ingin kembali. Jadi bagaimana Anda, memantau diri Anda dari jarak jauh?

Bagaimana Anda mengelola penyakit kronis Anda dari jarak jauh untuk dapat memastikan bahwa Anda tidak kembali atau Anda tidak menjadi lebih buruk? Mereka mengatakan satu ons pencegahan bernilai satu pon penyembuhan. Jadi kami mengadopsi fokus semacam itu dan jika Anda melihat apa yang sebenarnya membunuh kami di dunia, semua penyakit kronis yang tidak berkomunikasi ini atau penawaran penyakit gaya hidup yang tidak dikutip yang akan membunuh Anda dengan perlahan -lahan selama beberapa dekade yang tidak bisa dibilang dengan sangat cepat seperti penyakit yang sangat besar atau kecelakaan yang sangat besar atau sangat besar. Tapi jujur, NCD sekarang lebih dari setengahnya. Dan di Asia, lebih dari tiga perempat dari beban penyakit. Dan rumah sakit tidak dibangun untuk melakukan itu.

(22:26) Jeremy AU:

Apakah itu berarti Anda lebih tertarik pada penyakit kronis atau ada pendekatan berbeda yang Anda lihat?

(22:31) Josepch Mocanu:

Tentu saja, penyakit yang tidak menular atau kronis adalah fokus utama bagi kami. Jika Anda melihat tiga pembunuh teratas, apa itu, kanker, stroke, penyakit jantung di hampir setiap negara di planet bumi, seperti terlepas dari apakah itu muncul atau dikembangkan, itu adalah tiga pembunuh top. Jadi itu jelas merupakan area bagi kami. Jika kita benar -benar ingin memindahkan jarum untuk jutaan orang yang harus kita fokuskan.

(22:51) Jeremy AU:

Jadi sekarang di sinilah Anda, setelah melakukan seluruh pengalaman ini, apa saja refleksi atau pembelajaran yang Anda miliki tentang ini sebagai VC dalam perawatan kesehatan di seluruh dunia?

(23:03) Josepch Mocanu:

Ini akan terdengar sangat klise. Itu masih tim. Anda dapat memiliki teknologi mendalam terbaik, sensor terbaik, pendekatan terbaik, tetapi setidaknya pada tahap yang kami investasikan, bukan di perusahaan publik yang, seharusnya menjalankan diri mereka dengan sistem yang kuat, tetapi bahkan kepemimpinan dan tim masih penting di sana.

Meskipun, Warren Buffett mengatakan bahwa ia hanya ingin berinvestasi di perusahaan yang dapat menjalankan diri sendiri, saya akan mengambil tim A dan produk B melalui produk B dan tim setiap hari dalam seminggu, setiap hari dalam setahun yang sangat penting. Dan memahami motivasi dan sangat menghargai betapa sulitnya dan pengorbanan yang dilakukan para pendiri, yang bisa menjadi perjalanan 10 hingga 15 tahun dalam beberapa kasus. Ini tidak ada secepat perjalanan startup B2B SaaS khas Anda. Saya pikir kesabaran mungkin adalah hal terpenting yang saya pelajari dari seluruh perjalanan ini. Saya pikir saya adalah orang yang sangat tidak sabar sebelum memulai ini.

(23:50) Jeremy AU:

Mengapa kesabaran dibutuhkan?

(23:52) Josepch Mocanu:

Diperlukan kesabaran di semua bidang. Jika Anda berpikir tentang apa yang sebenarnya dilakukan VC, dan saya pikir banyak orang berpikir bahwa VC hanya tentang menemukan dan berinvestasi dalam startup. Jujur, rasanya seperti 5% dari pekerjaan. Anda harus memiliki kesabaran menunggu faktor -faktor di luar kendali Anda, baik itu pengacara Anda melakukan transaksi tertentu atau transaksi. Hari -hari ini, lisensi membutuhkan waktu. Proses penggalangan dana, seluruh tarian dengan seorang investor yang belum pernah Anda temui sebelumnya, atau mungkin itu diperkenalkan kepada Anda dengan ringan oleh seorang teman atau investor lain, membangun hubungan itu ke titik di mana mereka ingin menulis jumlah uang tujuh angka ke dalam dana Anda, di mana mereka tidak mengatakan bagaimana uang itu dialokasikan, itu umumnya proses yang panjang.

Anda berinvestasi sangat awal di startup, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ini bisa menjadi perjalanan 10 tahun. Dan mungkin ada tiga atau empat tahun di mana Anda tidak melihat sesuatu terjadi. Saya mendapat hak istimewa dan kutukan memulai dana usaha selama pandemi global pertama dalam seratus tahun. Saya pikir memiliki keyakinan pada prosesnya, meskipun dunia ditutup selama dua tahun adalah sesuatu yang cukup menarik. Ketika saya mengumpulkan dana pertama saya, saya memiliki komitmen yang luar biasa pada Januari, 2020 pada bulan Juni 2020, jika mereka belum memasang uang ke dana itu, mereka belum ada lagi.

Dan pada dasarnya harus memulai kembali proses penggalangan dana itu di tengah -tengah pandemi sangat menarik. Ada, bagaimana saya harus mengatakan, seperti efek halo, ya Tuhan, kita membutuhkan teknologi perawatan kesehatan digital karena tidak ada dari kita yang mendapatkan perawatan apa pun, tetapi diimbangi oleh, saya tidak tahu kapan ini berakhir. Saya menjalankan bisnis. Pendapatan saya nol. Saya harus melakukan penggajian. Jadi saya tidak dapat berinvestasi dalam petualangan Anda di sini atau bahkan dokter, bahkan dokter pribadi. Kami mengalami beberapa kesulitan karena itu seperti, oke, saya memiliki mobil yang bagus, rumah, anak -anak di sekolah swasta. Saya perlu membuahkan hasil. Saya biasa menghasilkan dua juta dolar per tahun dengan konsultasi. Pengeluaran saya adalah satu setengah juta per tahun. Saya membuat nol dalam konsultasi, tetapi saya masih harus membayar satu juta setengah tahun dalam biaya. Apa yang harus saya lakukan? Jadi itu adalah waktu yang sangat menarik.

Kesabaran itu penting di sana. Anda tidak bisa terburu -buru. Jika Anda seorang entitas yang diatur, Anda dapat mengatakan, hei, saya sedang terburu -buru. Saya sangat ingin membantu orang. Saya ingin melakukan hal ini, tetapi FDA akan seperti, yah, apa pun yang Anda masih dalam antrian, semoga sukses, kecuali Anda melakukan sesuatu yang benar -benar terobosan dan mereka membuat, untuk kredit mereka, penunjukan perangkat terobosan, yang benar -benar hebat. Jadi sekali lagi, ada banyak hal yang di luar kendali Anda. Pada saat yang sama, ketika Anda berpikir tentang seberapa banyak investasi adalah keberuntungan murni, dan berapa banyak hal yang benar -benar bisa salah, Anda belajar kesabaran.

(26:13) Jeremy AU:

Pada catatan itu, apakah ada refleksi atau pemikiran tentang mitos atau kesalahpahaman yang mungkin dimiliki orang tentang investasi VC Healthcare?

(26:22) Josepch Mocanu:

Nah, investasi VC Healthcare benar -benar luas. Maksud saya, investasi layanan kesehatan dalam VC dapat berarti berinvestasi dalam layanan bata dan mortir. Ini dapat berarti berinvestasi dalam biotek, penemuan obat, perangkat medis invasif, diagnostik, dan, sistem TI kesehatan. Jadi sangat, sangat luas. Dan ketika orang melihat kami dan mereka berpikir tentang teknologi kesehatan, mereka berpikir, oh, saya sudah mendapat paparan yang layak karena saya berinvestasi dalam dana biotek ini, tetapi teknologi kesehatan dan biotek sangat berbeda seperti halnya biotek berbeda dari membangun rumah sakit dan klinik.

Jadi saya pikir mungkin bidang teknologi kesehatan kami, yang benar -benar mencoba untuk mencegah, mencoba mendeteksi hal -hal, dan kemudian memiliki platform untuk mencoba memberikan teknologi ini dan memanfaatkan data untuk membuat deteksi lebih pintar adalah sesuatu yang relatif baru. Dan saya akan, saya akan berani mengatakan kurang dihargai di sektor kami yang berubah. Dan saya pikir Anda telah melihat banyak permulaan yang salah di AS Anda memiliki beberapa spektakuler, atau saya harus mengatakan kegagalan spac-tacular di ruang teknologi kesehatan, tetapi saya pikir seperti yang saya ilustrasikan dengan lucu adalah hasil dari kendaraan, bukan hasilnya, atau lebih tepatnya hasil dari jenis keamanan, sebagai lawan dari hasil teknologi.

Maksud saya, jika Anda memberikan genangan uang kepada perusahaan sebelum mereka siap untuk itu, dan entah bagaimana mengharapkan mereka untuk secara ajaib berubah menjadi keuntungan dan pertumbuhan tinggi, Anda dalam kekecewaan. Itulah yang kami lihat dengan semua SPAC ini. Dan saya sebenarnya tidak bisa memikirkan satu SPAC tunggal yang berhasil di sektor mana pun. Mungkin ada, dan mungkin seseorang di antara hadirin akan mengirim catatan untuk mengatakan, hei, SPAC ini berhasil. Tapi saya belum dapat menemukannya. Jadi saya pikir itu pertimbangan utama. Kami akan mulai melihat IPO Asia pertama kami di Tech Kesehatan segera. Saya tidak ingin berkomentar di depan umum yang mana tetapi saya tahu dua yang akan ke IPO tahun depan. Jadi semoga itu akan membuat beberapa buzz positif untuk mengatakan ini benar -benar bisa berhasil. Kami memiliki beberapa kisah sukses yang muncul di sini di Singapura yang saya harap di tahun -tahun mendatang akan memberanikan pengusaha, bagaimana saya harus mengatakan, ingin menjadi pengusaha yang duduk dengan nyaman dalam pekerjaan mereka saat ini untuk mengatakan, hei, jika pria atau gadis itu bisa melakukannya, begitu juga. Biarkan saya melakukannya. Dan saya pikir itu akan menjadi kekuatan yang sangat positif di ekosistem kita.

(28:22) Jeremy AU:

Bisakah Anda berbagi tentang waktu yang secara pribadi Anda berani?

(28:25) Josepch Mocanu:

Yah, tidak ingin mengutuk intinya, tetapi memulai dana VC sangat sulit. Jadi orang -orang mengatakan kepada saya bahwa saya telah berani memulai dana VC tanpa pengalaman manajemen dana dan mencoba melakukan tesis yang sangat sulit. Saya akan benar -benar menunda itu. Saya tidak akan mengatakan saya berani di sana. Saya naif dan cukup bodoh. Anda bisa melukis cerita dan mengatakan itu berani di belakang. Saya pikir mungkin suatu kali saya berani melakukan perjalanan backpacking pertama saya pada usia 17 tahun di tanah yang jauh di mana saya tidak benar -benar mengenal terlalu banyak orang dan itu adalah Skandinavia dan itu memulai keinginan saya untuk melihat dunia dan bertemu orang asing dan menjadi rentan.

Dan ya, maksud saya mungkin ada realitas paralel, sekali lagi, di mana saya akhirnya mati di parit karena saya mempercayai orang yang salah. Tapi saya pikir di belakang, itu mungkin salah satu hal terpenting yang saya lakukan tumbuh dewasa.

(29:08) Jeremy AU:

Menurut Anda mengapa itu penting?

(29:12) Josepch Mocanu:

Untuk memiliki waktu untuk diri saya sendiri, memiliki kemampuan untuk mengeksplorasi secara bebas, untuk melihat budaya baru, untuk benar -benar memaksa diri saya dalam posisi memiliki pikiran terbuka, karena Anda tidak bisa begitu saja dan tidak berinteraksi dengan orang -orang jika Anda berada di tanah yang aneh. Dan, Anda harus makan, Anda harus tidur di suatu tempat, Anda harus pergi ke suatu tempat. Anda akan bertemu dengan beberapa orang yang sangat menarik di sepanjang jalan. Dan Anda akan mempelajari beberapa hal yang sangat menarik tentang diri Anda dan tentang kemanusiaan.

(29:34) Jeremy AU:

Apa yang telah Anda pelajari tentang kemanusiaan?

(29:36) Josepch Mocanu:

Pada dasarnya bagus.

(29:37) Jeremy AU:

Kata -kata besar. Bagaimana bisa?

(29:38) Josepch Mocanu:

Yah, saya mungkin tidak akan berada di sini yang sebaliknya adalah benar.

(29:41) Jeremy AU:

Pada catatan itu, saya ingin membungkus semuanya dengan berbagi tiga takeaways besar yang saya dapatkan dari percakapan ini. Jadi pertama -tama, terima kasih banyak telah berbagi tentang karier PhD Anda dan bagaimana Anda berada di jalur default menjadi seorang ilmuwan. Dan Anda memang menjadi ilmuwan, tetapi Anda memilih untuk menjadi pendiri atau tim pendiri tahap awal dalam hal penelitian dan sains.

Nomor dua, terima kasih banyak telah berbagi tentang keputusan Anda untuk mendirikan dana perawatan kesehatan tentang bagaimana Anda menetapkan benar -benar fokus pada sisi konsultasi manajemen, mempelajari bisnis yang bepergian keliling dunia antara China, Singapura dan Kanada, dan akhirnya membangun dana modal ventura sebagai manajer dana yang baru muncul di Global Healthcare.

Dan terakhir, terima kasih banyak telah berbagi tentang pembelajaran Anda tentang berinvestasi dalam perawatan kesehatan di seluruh dunia. Saya pikir itu menarik untuk mendengar tentang itu. Pertama -tama, nuansa antara fakta bahwa negara yang berbeda memiliki sistem perawatan kesehatan yang berbeda dan daerah yang berbeda memiliki sistem perawatan kesehatan yang berbeda. Jadi menjadi bijaksana tentang hal itu penting. Dan kedua, memikirkan berbagai tesis investasi atau vertikal dalam perawatan kesehatan adalah bagian penting dari bisnis. Dan memikirkan cara menggalang dana di tengah -tengah pandemi juga telah cukup mencerahkan juga. Pada catatan itu, terima kasih banyak, Joseph, untuk berbagi pengalaman Anda.

(30:46) Josepch Mocanu:

Terima kasih banyak Jeremy untuk saya.

Sebelumnya
Sebelumnya

Sherry Jiang: Strategi Poker Pendiri, Menavigasi Pivot Pasar Produk & Saran Karir Teknologi Besar- E475

Berikutnya
Berikutnya

Audra Pakalnyte: Lithuania ke Malaysia, Adapt & Localize (Groupon Malaysia, KFIT & FAVE) & MOVE MOVER VC PERTAMA - E478