Valerie Vu: Guncangan Tarif 46% Vietnam, Pergerakan Diplomasi Perdagangan & Multipolar AS - E563

Jeremy Au berbicara dengan Valerie Vu tentang kejutan mendadak Vietnam dari tarif AS 46% di bawah Trump. Apa yang dimulai ketika optimisme berubah menjadi pabrik panik runtuh, mitra ditarik keluar, dan bahkan tragedi pribadi terjadi. Pemerintah bertindak cepat, tetapi kepercayaan dengan AS rusak. Vietnam sekarang bergeser ke arah perdagangan multipolar, memiliki lebih banyak rantai nilainya, dan menjelajahi jalur diplomatik baru dengan negara -negara seperti Cina, Singapura, dan UEA. Mereka juga mengeksplorasi bagaimana platform digital seperti Tiktok muncul sebagai alat diplomasi modern.

1. Vietnam dibutakan oleh tarif 46%, menyebabkan kerugian finansial, penutupan pabrik, dan bahkan bunuh diri dari keruntuhan bisnis yang tiba -tiba.

2. Pemerintah segera menanggapi pertemuan darurat dan panggilan langsung dari sekretaris jenderal ke Trump.

3. AS menolak untuk membalikkan tarif tanpa menuntut reformasi mata uang, pengurangan surplus perdagangan, dan menghalangi transshipment Cina.

4. Vietnam memperluas pembicaraan perdagangan dengan Cina, UEA, Australia, dan lainnya, sambil memperkuat hubungan regional dengan Singapura dan Indonesia.

5. Pemilik pabrik sekarang berinvestasi dalam branding, desain, dan IP untuk meningkatkan rantai nilai dan mengurangi ketergantungan pada kontrak OEM.

6. Kamboja dan Malaysia juga dikalibrasi ulang karena China membekukan investasi infrastruktur dan tarif AS mengguncang aliran perdagangan regional.

7. PM Singapura Lawrence Wong menjadi viral di Vietnam melalui Tiktok, menunjukkan bagaimana kekuatan lunak sekarang berjalan melalui media bentuk pendek.

(01:01) Jeremy AU: Hei Valerie. Senang melihatmu. Terakhir kali kami menyusul sekitar sebulan sebelum tarif, dan pada saat itu kami sedang mendiskusikan tentang seberapa percaya diri Vietnam.

(01:10) Telah berjanji untuk membeli banyak pesawat dari Amerika. Dia telah membangun lapangan golf Trump di Vietnam. Itu juga menjatuhkan tarif internal sendiri pada barang -barang AS. Preemptive. 

(01:22) Valerie: Ya.

(01:22) Jeremy AU: Jadi mereka merasa baik sebelum tarif hari pembebasan. Ya. Dan sayangnya saya pikir itu keluar dengan Amerika memiliki tarif timbal balik.

(01:31) 46%. Ya. Jadi ya, itu bahkan lebih tinggi dari yang saya ingat. Dan cara mereka menghitung rasanya seperti, hei, Vietnam, merobek kami dengan lebih dari itu. Ya. Dan 46% sangat adil karena hanya setengahnya 

(01:43) Valerie: Ya.

(01:43) Jeremy AU: Jadi saya hanya ingin tahu, seperti apa reaksi pemerintah dan orang -orang Vietnam

(01:47) Valerie: Ya. Pertama -tama tentang reaksi orang -orang. Kami semua seperti mengejutkan. Dan sangat luar biasa. Ini adalah hit langsung untuk banyak kegiatan bisnis, kehidupan sehari -hari dan perencanaan bisnis (02:00) benar -benar jatuh.

(02:01) Ada beberapa keputusan yang sangat terburu -buru. Beberapa orang sebenarnya bahkan bunuh diri. Karena. Klien dari memotong pesanan mereka menit terakhir. Dan sebelum itu, mereka sudah untuk pemasok dan mereka sudah mengambil hutang yang sangat mahal. Untuk membayar pesanan.

(02:20) Dan kemudian menit terakhir, mitra di AS. Mengatakan, hei, karena tarif, kami tidak bisa lagi berbisnis dengan Anda, pabrik di Vietnam. Jadi sayangnya, saya mendengar kisah -kisah mengerikan tentang orang -orang tidak menganggap makhluk rasional, sangat takut dan takut, dan itulah sebabnya mereka melakukan bunuh diri.

(02:42) Tentu saja kita semua terkejut dan, untuk mengambil sangat cepat. Dan itu juga, tunjukkan dalam aksi pemerintah kita. Jadi segera malam itu, seperti sekitar pukul 10:00 sore 11:00 malam semua pemerintah kami mengadakan pertemuan darurat.

(02:56) Dan sekretaris umum benar -benar menelepon (03:00) Donald Trump malam itu. Dan. Minta negosiasi. Dan dia bersedia mengurangi tarif ke nol untuk kita, membuat kesepakatan di sini. Tapi setelah itu AS mengatakan bahkan jika kita mengurangi tarif kita menjadi nol, itu tidak cukup.

(03:16) Karena saat ini mereka tidak memiliki perdagangan yang adil. Kami menaikkan hambatan ke AS. Kami memanipulasi mata uang kami. Dan kita harus membuat 20 juta surplus ini, lebih rendah. Yang masih sangat memprihatinkan bagi kita. Karena sebenarnya cadangan mata uang asing Vietnam, hanya 90 miliar.

(03:33) Jadi, bagaimana Anda menyeimbangkan surplus perdagangan itu? Kami sudah mendelegasikan komite darurat untuk menavigasi percakapan negosiasi. Juga delegasi sudah terbang ke kita untuk memulai, memulai percakapan negosiasi ini. Jadi kami harus mengambil tindakan cepat.

(03:52) Kami semua terkejut. Indeks VN, kehilangan 40 miliar dalam tiga hari. 

(03:56) Ya saya pikir mengejutkan bahkan meremehkan. 

(03:59) Jeremy AU: (04:00) Ya. Saya pikir, kami semua terkejut. Jelas untuk Singapura itu terkejut karena ini adalah perjanjian perdagangan bebas. Jadi secara hukum, ya, itu akan menjadi nol, nol pada masing -masing.

(04:09) Dan kemudian Singapura membeli lebih banyak dari Amerika daripada yang dijual ke Amerika. Ya. Amerika memiliki surplus perdagangan dan jadi kami, Singapura masih tertabrak 10%. Ya. Jadi saya pikir kami terkejut, tetapi tentu saja 10% sangat menyakitkan, tetapi Anda bisa menutup mata mereka. Tapi saya pikir kami terkejut bahwa Asia Tenggara juga mendapatkan begitu banyak Kamboja seperti 49%. Ya. Malaysia, Indonesia seperti 20 persen plus. 30 Plus Persen. 

(04:33) Valerie: Ya.

(04:33) Jeremy AU: Jadi saya pikir itu benar -benar buruk karena bagi kami sebagai Asia Tenggara secara keseluruhan, di mana Singapura seperti hub

(04:39) Valerie: Ya.

(04:40) Jeremy AU: Itu. Ya. Kemudian itu juga sangat negatif untuk Singapura karena itu seperti, oke, semua ekspor dari Vietnam akan melalui Singapura ke Amerika, pembiayaan akan diatur melalui Singapura. Jadi ada banyak kejutan juga.

(04:52) Saya hanya penasaran karena mari. Fokus pada mungkin sisi orang. Dan kemudian kita akan berbicara tentang pihak pemerintah. Dan setelah itu, jelas Trump telah membuat beberapa (05:00) pembaruan untuk gerakannya dari waktu ke waktu.

(05:02) Dan dia juga membuat beberapa langkah ke Cina juga. Ya. Tapi saya kira saya pikir apa yang menarik tentang perspektif orang-orang adalah bahwa dalam episode terakhir kami, kami berbicara tentang bagaimana orang-orang sebenarnya cukup baik dengan Trump menjadi pemenang pemilihan AS karena mereka merasa bahwa ia lebih anti-Cina.

(05:17) Valerie: Ya.

(05:17) Jeremy AU: Anda berbagi sedikit lebih banyak? Dia pasti cukup. Ayunan pendapat untuk perspektif rakyat.

(05:21) Valerie: Ya. Saya pikir dia, saya mengerti niatnya di sini di era Trump 2.0. Dia tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama dalam perang dagang bahwa dia memiliki celah Vietnam.

(05:32) Menjadi pusat pengiriman trans. Untuk banyak manufaktur Cina, untuk hanya mengukirnya di Vietnam dan mengirim kepada kami dan menghindari tarif. Jadi saya pikir ini adalah niatnya untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Tapi saya pikir dia tidak memikirkan hal ini secara rasional karena. Kami mulai kehilangan kepercayaan pada administrasi karena, kami adalah mitra yang baik.

(05:55) Kami mendirikan kemitraan strategis komprehensif tahun lalu. Kami adalah (06:00) akan membeli begitu banyak pesawat terbang dan mungkin LNG dari mereka dan kemudian tiba -tiba kami dipukul dengan 46% dan menciptakan banyak kekacauan dan ketakutan sehingga juga yang mulai kehilangan kehilangan kepercayaan juga.

(06:16) Jeremy AU: Ya. Saya dapat membayangkan, karena saya pikir bagian besar itu seperti ada konten tarif, orang mana yang baik -baik saja, kita bisa dapatkan, dan kemudian ada juga prosesnya, kan? Karena tidak ada pensinyalan.

(06:26) Valerie: Ya.

(06:26) Jeremy AU: Tidak ada moderasi. Dan pada dasarnya itu merusak banyak kepercayaan, saya pikir, seperti yang dilakukan.

(06:32) Valerie: Ya.

(06:32) Jeremy AU: Yang sebenarnya penting. Negosiasi bukan hanya tentang apa yang Anda minta. Ini tentang bagaimana Anda memintanya. Kalau tidak, orang hanya mendapatkan

(06:37) Valerie: Ya.

(06:37) Jeremy AU: kesal. Ya. Dan saya pikir dari perspektif pemerintah, ada pertemuan darurat.

(06:41) Apakah Anda merasa mereka juga merasa seperti mereka. Percayalah Amerika Kurang bagaimana perasaan pemerintah karena mereka telah melakukan sesuatu yang bergerak sebelum ini. Ya. Saya hanya penasaran. Ya. 

(06:51) Valerie: Ya. Saya pasti berpikir pemerintah kita juga merasa sedikit lebih berhati -hati sekarang. Pesan pertama yang dikirim pemerintah kepada orang -orang, orang -orang Vietnam (07:00) yang kita miliki.

(07:01) Sebagai orang Vietnam, kami telah mengalami banyak kesulitan dalam sejarah dari perang dan menjadi sanksi dan krisis keuangan global, dan kami bertahan hidup melalui semuanya dengan, menjadi tangguh dan dengan bermitra dan berdagang dengan banyak partai di negara. Dan kami tidak mengandalkan satu negara tertentu.

(07:23) Jadi itulah pesan utamanya. Dan setelah itu, saya melihat seperti pemerintah mengundang Xi Jinping untuk mengunjungi Vietnam secara resmi. Dan dia mendarat di Vietnam besok. Ya. Dan pada saat yang sama. Saya melihat lebih banyak organisasi bisnis mengirimkan peraturan mereka ke UEA, ke Eropa ke bagian lain dunia, bukan?

(07:45) Seperti Australia untuk memastikan kami memiliki beberapa buffer, jika, kami kehilangan banyak bisnis dari dan juga manufaktur. Banyak yang dikatakan pemilik manufaktur dan pabrik. Ya. Kami sekarang harus memiliki proses desain mereka sendiri (08:00) dan proses branding mereka sendiri untuk tidak mengandalkan karena secara tradisional pabrik -pabrik ini hanya melakukan produksi.

(08:06) Mereka tidak memiliki apa pun. Mereka tidak memiliki merek, mereka tidak memiliki desain, mereka tidak memiliki IP. Dan sekarang pemilik manufaktur berpikir secara berbeda dan mereka mulai berpikir oh, kita harus memiliki ujung ke ujung dan kita harus mendiversifikasi mitra dagang kita. Ya. Meskipun. Pasar -pasar itu mungkin lebih kecil dari AS saat ini.

(08:24) Tetapi jika kita mulai lebih awal dan mengambil tindakan lebih awal, itu aman. Lebih banyak lagi. Dan itu ya. 

(08:29) Jeremy AU: Ya. Saya pikir apa yang benar -benar menarik yang muncul di sana adalah rasanya. Salah satu hasil adalah apakah tarif terjadi atau tidak. Saya pikir itu sebenarnya menjadi bumerang dengan cara tertentu, karena, Amerika ingin berada di puncak rantai nilai, jelas manufaktur Muslim kembali.

(08:45) Tapi tentu saja, pushback sekarang di sini seperti yang Anda katakan, adalah bahwa pemilik pabrik Vietnam ingin naik ke rantai nilai. 

(08:50) Valerie: Ya.

(08:50) Jeremy AU: yang, seperti menjadi independen dari orang Amerika.

(08:53) Valerie: Ya.

(08:53) Jeremy AU: Seperti atas, piramida, jika itu masuk akal. Dan kemudian juga mendorong.

(08:57) Sisa negara ke dunia multipolar (09:00). Amerika dulunya adalah tiang. 

(09:01) Valerie: Ya. Dan

(09:02) Jeremy AU: Kemudian sekarang semua orang seperti Uhoh. Ya. Menjadi, hubungan persahabatan yang kami miliki tidak berhasil lagi. Jadi kita harus berteman dengan orang lain. Dan kemudian sisa jajak pendapat akan seperti, naik.

(09:12) Ya. Yang merupakan Cina. 

(09:13) Valerie: Ya.

(09:14) Jeremy Au: dan Australia dan India dan sebagainya. Eropa Ya, tepatnya.

(09:18) Valerie: Ya. Timur Tengah.

(09:19) Jeremy AU: Jadi apa yang menarik adalah Anda mengatakan bahwa Vietnam mengundang Xi Jinping untuk dikunjungi, kan? Ya. Dan pada saat episode podcast ini keluar, seluruh kunjungan selesai.

(09:26) Secara resmi, saya pikir mereka mengatakan bahwa akan ada sekitar 40 atas kesepakatan yang akan ditandatangani. Ya. Tentu saja. Potongan terakhir dari mereka tidak mengikat, tetapi banyak dari mereka harus melakukan infrastruktur nyata demikian. Ya. Tapi mari kita bicarakan ini karena bukan hanya, AS dan Vietnam, kan?

(09:37) Tetapi juga China juga terkena sejumlah besar tarif. Selama jangka waktu yang kami miliki, Trump 1.0 telah memberikan beberapa tarif. Kemudian Trump 2.0 memberikan beberapa tarif tambahan. 

(09:47) Valerie: Ya.

(09:47) Jeremy au: Dan kemudian selama putaran terakhir ia lebih besar lagi.

(09:50) Ya. Dan kemudian Amerika mengangkatnya lagi, dan kemudian sekarang China mengangkatnya. Dan saya pikir China sekarang dan ada sekitar 120 ratus 25%. Ya.

(09:58) dan yang lainnya (10:00) 150% saya percaya. Dan kemudian saya pikir Cina seperti, oke, seperti tidak ada nomor yang ada di luar ini masuk akal karena ya, tarif 125% pada dasarnya berarti tidak ada yang akan mengalir karena tidak ada yang memiliki. Ya. 50, 60% 

(10:11) Valerie: Ya. Laba

(10:12) Jeremy AU: Margin. Anda membutuhkan margin laba 60%.

(10:15) Tetapi yang kuncinya adalah menambahkan Trump yang dikatakan China secara efektif, saya pikir Signal mengatakan akan berhenti membalas dengan dimensi ini. Tapi dia mungkin akan melakukan langkah -langkah lain untuk membalas jika, Trump mengangkatnya. Jadi itu akan menarik. Ya. Jadi bagaimana rasanya Vietnam tentang.

(10:30) Tarif Trump dan China. Apakah itu seperti, oke, 46% buruk, tapi setidaknya tidak 150%. 

(10:37) Valerie: Skenario ideal kami adalah tarif adalah nol, tetapi saat ini dia berhenti. Ya. Untuk jeda tarif. Ya. Jadi itu. 10% sekarang. Ya. Tapi kami ingin nol, kan?

(10:48) Ya. Ya. Itulah, kami baru saja menjadi kemitraan strategis yang komprehensif. Ya. Jadi bahkan 10% cukup keterlaluan. Ya. Karena banyak perusahaan asing yang banyak berinvestasi di (11:00) Vietnam, seperti Samsung atau Nike atau lebih seperti perusahaan furnitur dari kami, mereka diajari bahwa, mereka mempertimbangkan kembali.

(11:07) Ya. Ya. Investasi di Vietnam dan 

(11:10) Jeremy AU: Produktivitas.

(11:11) Valerie: Ya.

(11:11) Jeremy AU: Jadi kemana mereka pergi? Karena secara teknis, itu seperti apa tujuan kebijakan tar Amerika, bukan? Itu, jika Samsung mempertimbangkan kembali dan berkata, saya ingin membangun ini di Amerika.

(11:21) Valerie: Saya pikir mereka tidak bisa membuat tindakan itu.

(11:23) Jeremy AU: Ya.

(11:23) Valerie: Seperti investasi besar seperti Capex. Dan itu akan memakan waktu setidaknya tiga hingga lima tahun lagi jika mereka ingin keluar dari Vietnam.

(11:31) Ya. Dan pemerintah kita berusaha sebaik mungkin untuk tidak membiarkan mereka melakukannya. 

(11:35) Jeremy AU: Ya.

(11:35) Itu benar. Seperti subsidi atau kredit pajak atau apa pun untuk memberi mereka insentif untuk tetap, jelas. 

(11:40) Valerie: Dan sampai saat itu, ya. Kami benar -benar melakukan lebih banyak bisnis dengan negara -negara Asia Timur. Dan memiliki lebih banyak pengunjung dari negara -negara Asia Timur.

(11:47) daripada kita. Ya. Jadi, apakah kita berkorban, seperti apa yang kita korbankan di sini?

(11:53) Seperti mungkin kita. Memiliki lebih banyak perjanjian perdagangan dengan China, Korea, dan Jepang sebagai gantinya. 

(11:59) Jeremy AU: Ya. (12:00) Jadi mari kita bicarakan itu karena Anda mengatakan bahwa Vietnam mengundang Xi Jinping.

(12:04) Valerie: Ya.

(12:04) Jeremy Au: Jadi tidak seperti Xi Jinping mengundang dirinya sendiri,

(12:06) Valerie: Diundang Xi Jinping

(12:08) Jeremy Au: Dan itu setelah tarif. Ya.

(12:10) Valerie: Ya.

(12:10) Jeremy AU: Jadi itu tidak seperti kunjungan yang telah diatur sebelumnya?

(12:12) Valerie: Tidak. Oh ya.

(12:13) Jeremy AU: Oke.

(12:13) Valerie: Kami mengundangnya. Seperti yang saya katakan, kami mengambil tindakan. Ya.

(12:16) Jeremy AU: Ya.

(12:16) Valerie: Pesan dari pemerintah adalah. Kami tangguh.

(12:20) Jeremy AU: Ya.

(12:20) Valerie: Dan kami lebih seperti dinamis. Dan kami tidak mengandalkannya. Negara. Karena itulah yang diperlukan untuk mandiri.

(12:28) sebagai bangsa yang lebih kecil. 

(12:29) Jeremy AU: Ya. Maka Anda sebelumnya berbicara tentang strategi bambu, yaitu, tetap mandiri, tetapi angin bertiup. Jadi saya kira Vietnam membungkuk ke arah tempat angin bertiup, yaitu dari timur, ya.

(12:38) Valerie: Secara geografis.

(12:39) Jeremy AU: Jadi saya kira itu bukan hanya, jelas cara untuk berbisnis dengan orang Cina, tetapi saya kira itu sinyal ke Amerika. Tentu saja. Ya. Jika Anda terus memiliki tarif tinggi ini dan, ya. Meskipun saya pikir tarifnya dijeda, hanya 10% untuk 90 hari ke depan.

(12:53) Saya pikir itu, pensinyalan untuk mengatakan. Hei, jika kita tidak bermain bola 

(12:56) Maka kita tidak punya pilihan selain berayun ke Cina. 

(12:59) Valerie: Ya.

(12:59) Jeremy AU: (13:00) Apakah itu benar?

(13:00) Valerie: Saya pikir begitu, tetapi pada saat yang sama, kami masih mencoba membuat kesepakatan di sini. Dan itulah mengapa kami memiliki seluruh delegasi di AS. Seperti Vietnam, AI baru saja menandatangani setengah miliar penawaran dengan Citibank.

(13:13) Jeremy AU: Ya.

(13:14) Valerie: Dan Citibank akan mensponsori mereka, ya. Pada saat yang sama di mana kesepakatan itu terjadi melalui Jet, yang merupakan maskapai lain di Vietnam, juga dalam kesepakatan baru untuk membeli setidaknya seperti 300 juta layak untuk dipotong. Jadi kami membuat tindakan untuk skenario terburuk.

(13:30) Jeremy AU: Ya.

(13:31) Valerie: Ini tidak ingin kami katakan hanya dengan negara Asia Timur. Tapi kami hanya ingin mempersiapkan perang.

(13:37) Jeremy AU: Ya. Masuk akal. Saya pikir satu pertanyaan di kepala saya adalah seperti apa masa depan itu? Jika Anda memutar jam, dan kami mencoba membuat prediksi satu tahun

(13:48) Valerie: Ya.

(13:48) 

(13:48) Jeremy AU: Pikirkan kita akan mendarat di atasnya, akan masih ada beberapa tarif. Atau AS atau Vietnam. Mungkin lebih tinggi dari 10%. Ya. Saya tidak tahu apa, saya tidak tahu mengapa Anda, oke. Jadi

(13:59) Valerie: (14:00) Prediksi saya skenario kasus terbaik ya. Adalah 10%.

(14:03) Dan itu tetapi kondisinya di sini adalah kami tidak akan mengambil manufaktur Cina yang ingin pindah ke Vietnam.

(14:11) Kita harus mengatakan tidak. Saya pikir itu menarik. Itulah yang diminta Donald Trump. Kami tidak bisa, Hola. Kooperatif terlalu banyak dengan orang Cina. Kami tidak dapat memberi mereka kesepakatan di sini. Jika kita menginginkan tarif 10%, kita tidak bisa membiarkan celah Vietnam ini menjadi pengiriman trans. 

(14:27) Jeremy AU: Ya.

(14:27) Valerie: Terjadi lagi, seperti TREAD WAR 1.0.

(14:30) Jeremy AU: Ya. Jadi saya kira kesepakatan itu tidak akan ada lagi investasi China ke Vietnam, katakanlah pabrik, tetapi dapat mengizinkan orang Jepang, Korea. Singapura masih memiliki modal tentu saja. Dan tentu saja orang Amerika juga.

(14:42) Valerie: Starlink, kami baru saja memulai proyek di Vietnam.

(14:45) Jeremy AU: Apakah Anda pikir pemerintah Vietnam akan melakukan kesepakatan itu?

(14:47) Valerie: Saya pikir masuk akal bagi mereka untuk melakukan kesepakatan itu.

(14:49) Jeremy AU: Ya.

(14:49) Valerie: Karena, hanya berbicara tentang ekonomi yang berbicara secara ekonomi,

(14:54) Jeremy AU: Benar?

(14:55) Valerie: Ya. Tetapi dalam hal politik, Cina, mungkin

(14:59) Jeremy AU: Anda mendorong (15:00) kembali, kan?

(15:00) Karena saya tahu ya. China mungkin 

(15:01) Valerie: Tunduk kembali. Ya. Kakak mungkin tidak membiarkan kita. Ambil kesepakatan itu.

(15:05) Jeremy AU: Ya.

(15:06) Valerie: Skenario kasus terbaik, 10%.

(15:08) Jeremy AU: Ya. Tapi pepatahnya adalah Cina akan mendorong balik. Untuk ya. Saya skenario di mana China baik -baik saja dengan itu. Dan juga tidak ada wajah. Itulah kesepakatannya berarti. Saya pikir prediksi saya mungkin saya tidak tahu. Sulit untuk memprediksi mereka, tapi

(15:19) Valerie: Bahkan 20%, masih lebih baik dari 46%.

(15:21) Jeremy AU: Tepat.

(15:22) Valerie: Dan kami harus menjamin bahwa semua orang besar seperti Samsung, Nike, Apple, Foxconn, perangkat keras restorasi, mereka harus terus melakukan bisnis di Vietnam.

(15:33) Jeremy AU: Ya.

(15:33) Valerie: Kita harus menjamin itu.

(15:35) Jeremy AU: Ya, masuk akal.

(15:36) Valerie: 20% dari PDB kami.

(15:38) Jeremy AU: Ya.

(15:38) Valerie: Ya, tepatnya.

(15:39) Jeremy AU: Saya pikir itu juga menarik karena sekarang kita juga berbicara tentang beberapa dinamika lain yang terjadi di wilayah ini, kan? Ting akan mengunjungi saat ini Malaysia, Kamboja, dan Vietnam.

(15:48) Dan saya kira RIA sangat mirip karena mereka juga eksportir besar ke AS 

(15:53) Valerie: Ya.

(15:53) Jeremy AU: Kamboja dalam industri tekstil dan pakaian. Ya. Yang juga secara efektif sekitar setengah dari (16:00) GP dan tekstil sebenarnya adalah bagian besar dari itu adalah milik Cina. Pabrik. Dan kemudian untuk Malaysia, jelas mereka mengekspor banyak elektronik ke Amerika juga. Pilihan yang sangat menarik, saya pikir. Memberi sinyal, tapi saya pikir jelas saya tidak tahu tentang Vietnam, tapi saya pikir untuk Kamboja dan Malaysia, saya pikir terutama Malaysia, saya pikir Malaysia akan mencoba untuk tidak memberi sinyal terlalu banyak.

(16:21) Oh, kami sangat mendukung musim. Saya pikir itu hanya akan seperti, lebih dari bisnis netral. Karena mereka tidak ingin kencing dari kedua sisi. Pemerintahan Amerika jika mereka terlalu ramah kepada Xi Jinping. Jadi bagi Malaysia, mereka akan fokus pada tidak terlalu banyak menandakan bahwa mereka berada di kamp China. Saya berpikir lagi, ini tentang sinyal ke Amerika bahwa mereka dapat bekerja lebih banyak dengan China jika mereka perlu.

(16:42) Jadi saya pikir itu bekerja untuk semua orang. Dan China juga merupakan sinyal yang baik bagi mereka untuk menjadi seperti, kita dapat bekerja dengan Malaysia. Demikian juga. Banyak pensinyalan terjadi ketika orang mencoba bernegosiasi selama 90 hari ke depan. Ketika kami memikirkan hal ini, apa pendapat Anda tentang dinamika karena Cina akan mengunjungi Kamboja dan Vietnam dan (17:00) Malaysia.

(17:00) Kamboja, Vietnam dan Cina memiliki sejarah panjang, dapatkah Anda berbagi sedikit lebih banyak tentang apa yang Anda pikirkan? 

(17:05) Valerie: Ya. Jadi saya pikir ini adalah awal dari tatanan perang baru.

(17:08) Jeremy AU: Ya.

(17:09) Valerie: Dan lebih lanjut mengulangi gagasan bahwa Anda tidak dapat mengandalkan satu pesta saja. Anda harus melakukan diversifikasi.

(17:16) Jika Anda ingat tahun lalu, kami berbicara tentang investasi China ke proyek kanal AS Kamboja. Tahun ini, mereka benar -benar berhenti dan memperlambat investasi dan ya, komitmen belum didanai sama sekali. Dan itulah sebabnya pemerintah Kamboja harus melakukan perjalanan darurat ke Vietnam.

(17:34) Mereka benar -benar berkendara ke Vietnam. Dan biasanya pertemuan politik terjadi di Hanoi. Dimana modal kita berada. Tetapi pemerintah kita benar -benar membuat pengecualian dan terbang ke Ho Chi Min City untuk bertemu dengan delegasi Kamboja. Jadi saya tidak tahu apa sebenarnya yang mereka diskusikan dan apa masalahnya di sini?

(17:54) Saya juga penasaran, tetapi tampaknya Kamboja ingin berdamai dengan Vietnam dan mungkin (18:00) ingin kita berinvestasi dalam proyek semacam ini di negara bagian ini karena Cina telah mengundurkan komitmen mereka dan sepertinya tidak ada lagi investasi dari Cina. 

(18:08) Jeremy AU: Ya, jadi saya pikir ada dua bagian, kan? Salah satunya adalah apa artinya bagi Kamboja?

(18:11) dan bagian kedua adalah. Jelas pensinyalan dari Cina tentang mengapa mereka melakukannya. Ya. Tapi saya pikir untuk merekap konteksnya di sini adalah bahwa Kamboja jelas lebih kecil dari Vietnam, jelas lebih kecil dari Cina. Ya. Dan 50% ekonominya ada di tekstil. Manakah yang dimiliki orang Cina, tapi saya pikir mereka mendorong sangat sulit untuk meningkatkan infrastruktur, bukan?

(18:30) Jadi saya pikir ada dua kesepakatan infrastruktur utama. Salah satunya adalah proyek kanal. Ya. Dan itu seharusnya membantu mereka. Menjadi kurang bergantung di sungai yang terutama melewati Vietnam. Ya. Dan saya pikir dalam episode sebelumnya bahwa kami berbicara tentang bagaimana hal itu pada dasarnya membantu mereka memiliki lebih banyak kendali atas 

(18:46) Laut kan? 

(18:47) Jadi sangat penting bagi mereka. Ini adalah investasi $ 1,7 miliar, dan kami pikir itu terjadi pada titik waktu kami merekam episode tahun lalu. Ya. Tapi sepertinya China Frozen dan kemudian mereka juga bekerja untuk meningkatkan bandara, kan? Ya.

(18:59) dan ibu kota (19:00), dan ada juga investasi $ 1,1 miliar. Dan rupanya China juga beku atau ditangguhkan. Modal itu. Jadi saya pikir ini bukan hanya kanal, tetapi juga lebih luas pembekuan investasi yang mengalir dari Cina ke Kamboja ya. Jadi saya pikir itu bagian yang menarik yang akan terjadi. 

(19:16) Valerie: Ya. Saya pikir Cina memiliki masalah internal sendiri untuk memprioritaskan investasi ke Kamboja sekarang.

(19:23) Jeremy AU: Ya. Itu benar. Karena waktu juga semua ini terjadi setelah pemilihan AS November. Jadi perspektif saya tentang itu sangat sederhana, seperti, oke, kami memulai inisiatif Bell Road ini ketika kami sangat kuat dan banyak uang.

(19:36) Dan sekarang konsumsi domestik kami melalui pasar properti sangat lemah. 

(19:40) Valerie: Ya.

(19:40) Jeremy AU: Kita perlu merangsang ekonomi kita sendiri dan sekarang karena Trump berkuasa, kita membutuhkan lebih banyak lagi untuk menyelamatkan bazoka kita untuk stimulus internal kita. Jadi tidak apa -apa, kita perlu menyatukan uang ini.

(19:51) Saya pikir ini kurang tentang Kamboja dan lebih banyak tentang China. Ya. Jadi itu akan menarik. Juga seperti saya pikir Hansen yang merupakan jenis pemimpin terakhir Kamboja sekarang (20:00) putranya telah mengambil alih. 

(20:00) Valerie: Ya.

(20:01) Jeremy AU: Jadi ini adalah pertama kalinya dia akan bertemu Xi Jingping, saya percaya pada orang.

(20:04) Ya. Xi Jinping bertemu dengannya. Jadi akan menarik untuk melihat apa itu 

(20:07) Valerie: Ya. Hubungan akan menjadi.

(20:08) Jeremy AU: dan

(20:08) Valerie: Generasi baru mungkin memiliki beberapa ide baru.

(20:11) Jeremy AU: Ya. Masalahnya adalah putranya dididik di AS, bukan? Ya. Saya tahu dia mungkin memiliki McDonald's. Jadi berjalan di sekitar Starbucks dan melakukan perjalanan di Amerika. Ya. Sebenarnya, ini cukup menarik, Anda melakukannya, Anda suka, wow, Amerika sangat baik dan bebas dan ya.

(20:24) Ya. Tapi tentu saja, Kamboja telah dilanda 49%. Tarif jadi pahami itu juga masalah yang cukup besar bagi mereka juga. 

(20:30) Valerie: Ya.

(20:31) Vietnam dan Kamboja adalah koloni ekonomi Tiongkok. 

(20:35) Jeremy AU: Ya.

(20:35) Valerie: Itu sebabnya kami dipukul. Dengan tarif tertinggi.

(20:39) Jeremy AU: Ya. Jadi saya pikir itu akan sulit bagi mereka.

(20:40) Valerie: Ya.

(20:41) Jeremy AU: Saya pikir, ketika saya melihatnya, pertanyaan yang kami miliki, dan saya berbicara tentang delegasi Swiss yang adil, di kota.

(20:47) Dan, bagi saya, saya pikir pertanyaan yang muncul seperti mereka bertiga. Dan satu adalah ini adalah perubahan hak. Tatanan ekonomi. Di mana Amerika adalah nomor satu, dan semua orang bekerja dengan mereka. Ya. (21:00) Berdasarkan apa yang mereka pikir mereka inginkan dan sebagainya.

(21:02) Dan kemudian nomor dua apakah ini akan menjadi perubahan dalam arsitektur keamanan? 

(21:05) Valerie: Ya.

(21:06) Jeremy AU: Di mana Amerika, karena itu memperlakukan hubungan dan karena ia ingin melestarikan, kebebasan navigasi di laut. Apakah itu akan mundur dari perannya sebagai penyeimbang lepas pantai? Ya. Untuk pengaturan keamanan di seluruh Asia.

(21:18) Dan kemudian pertanyaan ketiga adalah apa yang dilakukan negara lain satu sama lain? Bagaimana negara mengatakan diversifikasi atau, membuat multipolar baru 

(21:26) Valerie: Ya.

(21:26) Jeremy AU: Perdagangan satu sama lain.

(21:28) Valerie: Ya. Tapi satu hal yang saya tahu pasti adalah ini.

(21:30) Jenis menandakan awal dunia baru. Dan kita harus melindungi diri kita dengan mendiversifikasi mitra dan teman -teman perdagangan kita. Dan itulah sebabnya kami membentuk mitra strategis formal dan komprehensif dengan Singapura dan Indonesia selama dua bulan terakhir. Dan ya kami melihat kunjungan resmi, Sekretaris Jenderal Vietnam ke Singapura, dan kemudian terbalik. Lawrence Wong juga berkunjung ke Vietnam. Jadi kita perlu membuat wilayah ini lebih kuat secara internal (22:00) dan lebih ramah satu sama lain. 

(22:02) Jeremy AU: Ya.

(22:02) Valerie: Ya.

(22:02) Jeremy AU: Saya pikir tahun lalu saya seperti bagian dari delegasi dari Singapura ke Vietnam.

(22:06) Ya. Hanya untuk mengunjungi dan bekerja di ruang teknologi pendidikan, yang memiliki banyak minat karena Vietnam dan Singapura sama -sama menyukai pendidikan. Dan saya pikir itu sangat menyenangkan untuk diterima dengan hangat oleh orang -orang setempat. Hanya nongkrong. 

(22:19) Valerie: Tidak, karena Anda datang dengan niat baik dan ya.

(22:22) Lawrence Wong juga menjadi viral di Vietnam. 

(22:24) Jeremy AU: Dia menjadi viral. Bagaimana dia menjadi viral? Apakah dia menari atau apa?

(22:27) Valerie: Dia, dia memiliki akun Tiktok dan dia memiliki dua Tiktok pendek pada kunjungan Vietnam. Dan entah bagaimana dia tahu semua musik paling trendi di Vietnam dan. Segera, seperti tiga, empat hari setelah lagu itu diluncurkan, ia menggunakan lagu itu untuk Tiktok Short -nya.

(22:43) Dan penyanyi itu benar -benar seperti terkenal dan populer di Vietnam, jadi saya seperti kagum. Bagaimana dia tahu tentang lagu ini? Itu adil. Diluncurkan tiga hari lalu. Dan bagian komentar tentang Tiktok of Lawrence Wong penuh dengan orang Vietnam, seperti hanya memuji dia seperti, oh, ini sangat (23:00) keren. Kami mencintai Singapura, kami mencintai Lawrence Wong.

(23:02) Ini sangat panas. 

(23:04) Jeremy AU: Ya, itu luar biasa. Dia hanya pria yang sangat, otentik. Dan saya pikir itu sebabnya dia terpilih dan itulah cara dia mencalonkan diri untuk pemilihan ulang, di Singapura. Jadi dia memang memilikinya, karisma.

(23:14) dengan cara yang otentik. Dia memainkan gitar. berbicara dengan cukup baik. Bahkan, dia juga menjadi viral di media Amerika karena dia berpidato kepada orang Singapura mengatakan hei, situasi tarif ini sangat buruk. Dan dia menjelaskan sistem ekonomi itu. Saya tidak berpikir dia bermaksud ini karena, saya pesan tentang satu hingga dua bulan di Twitter. Ya. Dan kemudian orang -orang, semua orang Amerika wow. Perdana Menteri dapat berbicara dengan baik tentang ekonomi 

(23:35) Tidak ada musik dia hanya seorang pria. Akan serius melihat kamera di kantornya, yang cukup, utilitarian, tapi ya, itu menarik karena saya pikir Singapura sebenarnya telah membaik secara aneh.

(23:45) Inisiatif PR -nya melalui video bentuk pendek, yaitu, inovasi gila. Sebagian karena, pemerintah sangat fokus pada surat kabar dan TV. Sekolah tua mana, tetapi kemudian saya diidentifikasi dalam beberapa pemilihan terakhir. 

(23:58) Valerie: Ya.

(23:59) Jeremy AU: Pemerintah tidak, (24:00) atau partai yang berkuasa tidak pandai media baru.

(24:03) Jadi, ada dorongan aneh yang jelas untuk membuat pemilih, pemilih muda, dan pemilih Gen Z. Tapi itu juga menarik karena sekarang Anda tahu di Singapura Anda memiliki stasiun polisi, kementerian pertahanan, stasiun pemadam kebakaran. Stasiun pemadam kebakaran individu memiliki akun Tiktok sendiri dan akun Instagram, dan mereka semua bersaing untuk membuatnya.

(24:20) Pengumuman Keselamatan Publik. Ya. Pendidikan dan hiburan, bukan? Jadi edutainment. Ya. 

(24:25) Valerie: Saya pikir ini berhasil.

(24:25) Jeremy AU: Ya. Lain kali ada waktu ketika dialog Shangri La, Kementerian Pertahanan, mereka membuat Tiktok.

(24:30) Valerie: Ya.

(24:31) Jeremy Au: Dan mereka membuat lagu, apa yang disebut lagu? Lagu viral, yang seperti mencari pria di bidang keuangan.

(24:35) Valerie: Ya. Hanya menyenangkan

(24:37) Jeremy AU: Blue Eye. Enam lima. Ya. Sesuatu seperti itu. Dan kemudian ini dibuat versi itu di versi militer. Jadi ini seperti menunjukkan semua jurusan seperti ini dan jenderal dan kapten di dialog Shangla, yang merupakan KTT Pertahanan tahunan antara Cina, Amerika, dan semua tempat lain ini, dan menjadi viral. Jadi ada sangat keren, ada sepasukan orang seperti yang hanya membuat tiktok di Singapura. Sangat keren. Itu gila.

(24:59) Valerie: Sangat keren.

(24:59) Jeremy AU: (25:00) Tetapi pada catatan waktu itu berlalu dan mungkin sampai jumpa bulan depan.

(25:03) Valerie: Terima kasih.


Sebelumnya
Sebelumnya

Anthea Ong: Mengatakan Tidak untuk Nominasi Anggota Parlemen (pada awalnya), Reformasi Skema NMP & Mayititer vs Non -Partisanship - E564

Berikutnya
Berikutnya

Jeffrey Lonsdale: Tarif AS sebagai Kebijakan, Kalkulus Risiko Taiwan & Peluang Rantai Pasokan Asia Tenggara - E562