Eddy Chan di Indonesia -Hanya VC, Turtles Laut & Melakukan Kurang Lebih Baik - E44
"Kami satu -satunya permainan di kota, jadi kami tidak menang berdasarkan harga. Kami menang berdasarkan ketergantungan operasional pada produk kami. Tidak semua pendapatan dibuat secara setara." - Eddy Chan
"Segala sesuatu yang pernah saya dapatkan adalah fungsi dari seseorang yang memberi saya kesempatan untuk alasan yang tidak diketahui. Lihat bahwa ini semua tentang momentum dan mencoba, dan dunia tidak statis. " - Eddy Chan
Eddy Chan adalah mitra pendiri firma modal ventura tahap awal "Indonesia-saja" Intudo Ventures , yang bertindak sebagai strategi pantai Indonesia untuk lusinan lembaga terkemuka, dana VC/PE/lindung nilai dan kantor keluarga dari Amerika Serikat, Asia Utara dan Asia Tenggara dan mendukung strategi "transformasi digital" dari Doklzens dari Indones dari orang-orang Indones dari orang-orang Indonese dari Doklik. Perusahaan portofolio intudo termasuk Xendit , Halodoc , Tanihub , Kargo , Pasarpolis , Belimobilgue , Yummy Corp. , dan banyak lagi.
Dia adalah pendiri dan investor usaha dengan keahlian dalam pendirian dan perusahaan operasi, investasi usaha, pengembangan bisnis, sumber daya manusia dan keuangan perusahaan.
Prior to co-founding Intudo Ventures, Eddy invested in and advised startups since the late 1990s, including PayPal , Palantir , and Affirm , founded and operated venture-backed technology companies with operations in Silicon Valley and Asia, practiced corporate/M&A/private equity/venture capital law in Silicon Valley and Asia at Morrison & Foerster LLP and represented companies as an investment banker.
Eddy memegang JD dari Pusat Hukum Universitas Georgetown , di mana ia adalah seorang sarjana hukum global, dan gelar BS dalam Administrasi Bisnis dari Sekolah Bisnis Walter A. Haas Berkeley .
Harap teruskan wawasan ini atau undang teman -teman di https://whatsapp.com/channel/0029vakr55x6bieluevkn02e
Jeremy Au: (00:00)
Hei, Eddy. Senang melihatmu.
Eddy Chan: (00:33)
Terima kasih, Jeremy. Sangat menghargai Anda memiliki saya di podcast.
Jeremy Au: (00:35)
Ini adalah kesenangan mutlak karena saya pertama kali mengenal Anda tepat sebelum pandemi di Harvard, mendengar Anda berbagi tentang mengapa Anda begitu bersemangat untuk Indonesia. Nafas udara segar untuk mendengar Anda berbicara saat itu di Harvard Business School, dan sekarang saya senang terhubung kembali dengan Anda dan untuk berbagi perjalanan pribadi dan wawasan Anda dengan audiens yang lebih luas.
Eddy Chan: (00:57)
Tentu, sangat menghargainya. Itu adalah penerbangan terakhir saya sebenarnya. Perjalanan terakhir saya adalah di Boston dengan Anda dan sejumlah orang Indonesia di kampus dan kembali ke sini 2 Maret. Di San Francisco, jenis dunia telah ditutup.
Jeremy AU: (01:07)
Akhir sudah terlihat. Semoga bukan akhir dunia, tetapi akhir dari penguncian ini dengan vaksin datang. Saya selalu bercanda, pandemi ditambah vaksin yang terburu -buru sama dengan awal dari setiap kisah asal kiamat zombie. Itu adalah apa adanya. Ya, jadi bagi mereka yang belum mengenal Anda, mengapa Anda tidak berbagi sedikit tentang diri Anda.
Eddy Chan: (01:29)
Tentu saja, jadi saya lebih dari senang untuk berbagi sedikit tentang latar belakang saya dan jenis apa yang membawa saya ke hari ini dengan perusahaan usaha independen dan indepen kami. Jadi secara pribadi, saya lahir di San Francisco 40 tahun yang lalu di akhir 70 -an. Tepat di sekitar waktu itu, setelah air, makanan, dan tempat tinggal telah diselesaikan di Taiwan, Korea, dan Israel, negara -negara itu mengirim badan mahasiswa pascasarjana terbesar di dunia ke Amerika Serikat, sehingga ditambah orang tua saya karena orang tua saya masing -masing masing -masing 10 generasi dari Taiwan.
So no, they took a lot of the learnings they had studying in the United States and in the '80s, I had the fortune to grow up in each of Silicon Valley and Taiwan, back in Hsinchu Science Park where companies like TSMC , founded by Morris Chang that grew up in Taiwan, had the chance to go to MIT, was at Texas Instruments, took some of that know-how and went back in the '80s to really build out the Ekosistem teknologi di kampung halaman saya di Hsinchu, di mana TSMC seperti yang kita semua tahu, hari ini bisa dibilang salah satu dari 10 perusahaan paling berharga di dunia dengan kapitalisasi pasar ekuitas.
Jadi saya tentu melihat ekosistem teknologi Taiwan benar -benar berubah dan benar -benar didorong oleh banyak dari kita, apa yang kita sebut penyu. Dalam bahasa Cina, kami menyebutnya 海龟, yang Anda tahu telah dikreditkan dengan rebranding kura -kura Asia Tenggara sampai batas tertentu. Dalam hal ini, saya melihat secara langsung di Taiwan bersama orang tua saya, di kota asal saya. Saya tentu melihat bahwa di Israel, sekitar 80 atau lebih peneliti yang bergerak kembali di tahun 80-an bersama dengan sejumlah orang Yahudi Rusia, dan lain-lain, benar-benar menopang ekosistem itu bersama dengan bakat di dalam negeri, dan tentu saja sampai batas tertentu di Korea.
Jadi di tahun 80 -an ada banyak rasa untuk itu. Di tahun 90 -an saya pindah kembali ke Amerika Serikat, mendapatkan paparan awal saya, saya akan mengatakan modal ventura di masing -masing sekolah menengah dan di perguruan tinggi. Saya mendapat hak istimewa untuk bekerja pada apa yang saya pikir adalah bank teknologi terkemuka yang meliputi perusahaan teknologi, setidaknya di sisi komersial dan sisi utang usaha di Silicon Valley Bank pada usia yang sangat muda. Magang pertama saya yang dibayar saat itu saya pikir $ 15 per jam atau lebih.
Saya juga mendapat hak istimewa untuk bekerja di salah satu bank investasi teknologi terkemuka yang disebut Montgomery Securities , yang memenangkan empat penunggang kuda di tahun 90 -an bersama dengan Alex Brown, Hambrecht & Quist, serta Robbie Stephens, jadi saya mendapat hak istimewa untuk melakukan itu. Juga, memiliki kekayaan untuk bekerja di sebuah perusahaan usaha sementara di hari -hari saya di sekolah menengah dan perguruan tinggi, yang didukung oleh sejumlah pemerintah Asia dan konglomerat teknologi dari Asia.
Sekarang, saya pikir itulah yang benar -benar mengubah hidup saya saat itu banyak dari ini, jika Anda mau, konglomerat keuangan tidak memiliki paparan perbankan online. Jadi saat itu, mereka tidak menyebutnya Fintech. Hari ini mereka menyebutnya fintech mungkin dekade terakhir, tetapi 20 tahun yang lalu itu disebut perbankan online atau keuangan online. Melalui itu dan orang yang pernah saya miliki. Kembali ke Serendipity, yang merupakan bagian dari nama perusahaan kami, pria yang saya punya kesempatan untuk bekerja dengan di Silicon Valley Bank menghubungkan saya dengan para pendiri Paypal dan jadi saya beruntung bekerja dengan tim pendiri yang ada di investasi ke dalam bisnis.
Akhirnya memiliki kekayaan untuk membantu beberapa upaya PayPal di Asia. Akhirnya PayPal go public, dijual ke eBay pada tahun 2003. Peter dan tim memulai perusahaan bernama Founders Fund yang saya miliki hak istimewa untuk berada, investor kecil selama bertahun -tahun, dan hari ini pendiri dana bersama dengan sekitar 25 dana VC teratas atau mitra pendiri di dalamnya di Market.
Demikian pula, pada saat itu, Peter memiliki kesempatan untuk memulai yang lain bernama Palantir, jadi saya benar -benar beruntung bahwa sejumlah panggilan ke pendiri dan eksekutif telah ada bagian dari perjalanan kami di sini di Intudo. Dan kemudian Elon, tentu saja, melakukan perusahaan seperti SolarCity , Tesla dan SpaceX sehingga mendapat paparan di sana. Dan kemudian, yang tak kalah pentingnya, dengan penegasan juga, jadi dengan Max dan tim di sana, jadi ini merupakan perjalanan yang sangat luar biasa.
Setelah sarjana, saya memiliki kesempatan untuk melakukan perbankan, rute tradisional di New York dan San Francisco, belajar banyak di sana melalui teman -teman analis saya. Kami memiliki sekitar 100 orang kelas analis, 10 di antaranya masih berteman baik selamanya, dan kami sangat dekat dialog. Kemudian saya benar -benar pergi ke sekolah hukum di DC di Georgetown. Saya berada dalam program Global Law Scholar di mana mereka mengambil, menyebutnya satu hingga dua siswa setahun yang berfokus pada Cina, jadi sekali lagi, ini kembali ke kura -kura laut.
Saya benar-benar memiliki semacam kursi langsung, baris depan untuk benar-benar melihat ekosistem usaha China, menyebutnya dari awal 2000-an di mana pada tahun 2000 Anda memiliki Sina , Sohu , dan Netease go public, yang untuk orang-orang sebagian besar pergi ke Dartmouth dan Stanford. Sekali lagi, orang-orang yang tumbuh di Cina, memiliki pemahaman yang sangat besar di pasar, mendapatkan sedikit paparan global, sangat sensitif. Sebut saja praktik terbaik tetapi saya menyebutnya paparan global, dan kemudian kembali dan mengambil banyak pembelajaran dan memasangkannya dengan banyak bakat di dalam negeri untuk benar-benar meluncurkan bisnis-bisnis itu.
2003 Kami tentu saja melihat CTRIP , yang merupakan Neil Shen dari Yale, dan kemudian '04 -05 tentu saja, Anda memiliki Baidu dengan Robin Lee dari Buffalo. Jadi penyu sekali lagi saya pikir memang membuat dampak yang cukup besar pada ekosistem teknologi Cina. Sekali lagi, hari -hari awal tetapi saya tidak bercanda, Anda harus menelepon '08, Anda akhirnya memiliki semacam, jika Anda mau, dua pesta. Anda mendapat 本土派 atau 海龟派 jadi penyu atau lokal, jadi saya merasa ekosistem awal mengambil banyak pembelajaran dari penyu.
Tetapi seiring waktu, seperti skala ekosistem itu jika Anda mau, bakat generasi berikutnya tentu saja keluar dari perusahaan unicorn generasi berikutnya, Baidu, Alibaba , Tencent , JD et Cetera, jadi saya benar-benar memiliki kursi baris depan yang menutupi '03 -04. Lembah VC mulai belajar tentang tempat yang disebut China. Mereka melakukan pelayaran perdananya. '04 -05-06, mereka memulai vintages dana pertama mereka. Anda tahu nama -nama, Sequoia, China Matrix, jenis et cetera, banyak di antaranya saya memiliki kekayaan untuk mewakili dalam kapasitas saya sebagai pengacara ketika saya berbasis di Hong Kong, Shanghai dan Beijing di sebuah perusahaan bernama Morrison & Foerster.
Namun, datang 2010-11, saya akan mengatakan, banyak klien saya mulai melihat Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Tentu saja dalam dana ekuitas swasta, tentu saja peluncuran bank -bank besar. Terus terang, pada saat itu, saya pikir 2011-12 benar-benar awal dari ekosistem usaha di Indonesia. Beberapa teman kami yang terkasih yang merupakan perintis di ekosistem mulai mengerahkan modal dan saya pikir pada saat itu, menyebutnya 40-50 juta orang di internet. Tetapi hari ini di Indonesia, saya tidak bercanda, 200 juta orang di internet, negara pertumbuhan internet tercepat di dunia mereka menyebutnya, pertumbuhan 19% dari tahun ke tahun.
Cocking India sebesar 12%, clocking China pada 1%. AS, Korea, Jepang, pasar yang dikembangkan hampir nol, jadi itu sangat menyenangkan. Saya melihat itu dan tentu saja, tumbuh dewasa, tentu saja di Taiwan, 1% dari populasi Taiwan adalah orang Indonesia, jadi sebut saja 240.000 orang Indonesia di Taiwan, jadi saya memiliki sedikit paparan di sana. Saya tidak bergerak pada tesis saya pada saat itu, jujur saja. Mungkin saya pikir itu sedikit di sisi awal. Setelah berinvestasi selama lebih dari satu dekade, melakukan perbankan, melakukan hukum, benar-benar menyebutnya lebih banyak 10-20.000, 30.000 kaki pengalaman, saya pikir penting untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman operasi.
Jadi dengan semacam tujuan seumur hidup bahwa jika saya ingin menjadi pendiri atau menjadi investor dengan kredibilitas, dan duduk di seberang pendiri itu, dan benar-benar bisa bersimpati dengan mereka dan memahami apa yang mereka alami, sangat penting untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman operasi tangan-ke-tangan, jadi saya pindah kembali ke lembah silikon. Saya bergabung dengan perusahaan yang merupakan klien saya di ruang robotika, jadi papan yang identik dengan Palantir, jadi saya memiliki kesempatan untuk membuat perusahaan mendekati profitabilitas, menempatkan beberapa eksekutif lain di tempat.
Bersama dengan beberapa pendiri di sana, saya benar-benar memiliki hak istimewa untuk menjadi pendiri perusahaan pertama saya di Silicon Valley, sebuah perusahaan Internet of Things pintar yang berfokus baik pada solusi keselamatan maupun, menyebutnya solusi pemanas, baik di Amerika Serikat maupun di Eropa. Jadi kami memiliki kesempatan untuk mengumpulkan sejumlah besar pembiayaan usaha, menyebutnya $ 40 juta, masuk ke beberapa 1.000 toko ritel di Amerika Serikat, jadi sebut saja Best Buy, Amazon, Jenis Lowe, et cetera, menandatangani sejumlah kontrak perusahaan, keduanya di Eropa, Asia, Lembah Silikon, dengan Comcast, et ceterera.
Letakkan lebih banyak CEO Rambut Abu -abu kami, jika Anda akan, di tempat pada tahun 2015, beberapa tahun ke dalamnya, seseorang yang telah mengambil peran perusahaan publik dan benar -benar kembali ke kata kebetulan. Serendipity benar -benar membawa saya ke Indonesia. Saya mendapat telepon dari salah satunya, jika bukan sahabat saya di Hong Kong yang mengatakan, "Hei, Eddy, Anda benar-benar harus berbicara dengan teman sekamar kampus saya dari 20 tahun yang lalu itu semacam transisi dari Goldman Sachs , setelah mendirikan Goldman Sachs Partners Pit mitra pribadi dan praktik modal di Indonesia. Mengingat bahwa dia multi-generasi, dia melihat di Indonesia di Indones.
Jadi kami beruntung memiliki panggilan telepon ini, jika Anda mau. Setelah itu, memiliki kesempatan untuk melanjutkan dialog kami pada tahun 2015 dan '16, menghabiskan waktu secara langsung, baik di Silicon Valley maupun di Indonesia, menjalankan sejumlah uang di neraca kami untuk benar -benar mengenal beberapa sama lain. Bukannya kami baru saja bertemu dan memutuskan untuk memulai dana. Memulai perusahaan mana pun benar -benar sebuah perjalanan. Seumur hidup rata-rata menjadi salah satu pendiri dengan seseorang, apakah itu dana atau perusahaan atau hanya LP dalam dana, lebih lama dari pernikahan rata-rata di negara-negara tersebut.
AS mencatat waktu delapan tahun, jadi maksud saya, kehidupan dana yang khas tahap awal adalah 10 plus satu plus satu. Dalam kasus kami delapan plus satu plus satu. Mirip dengan perusahaan. Maksud saya, Anda melihat Palantir keluar setelah 17 tahun, Airbnb setelah 12 tahun, jadi benar -benar benar -benar tahu untuk apa Anda mendaftar. Jadi kami memiliki kekayaan untuk benar-benar melakukan ratusan wawancara pendiri selama ini, menyebutnya satu setengah tahun, bersama dengan salah satu pendiri kami yang lain, Tim, itu adalah jenis teman multi-generasi kami.
Maksud saya, dalam hal ini, ia telah membeli platform OTC di Indonesia dan menemukan bahwa ia memiliki lebih banyak basis pengguna, menyebutnya satu atau dua tahun dari beberapa tahun di Taiwan, jadi benar -benar memberi tahu saya bahwa A, ada paralel dalam hal itu. Setidaknya ketika Anda melihat Starbucks, maksud saya, itu tidak masuk akal bagi kami. Orang -orang membayar jumlah yang sama untuk Starbucks di Jakarta di gedung kantor, kita akan melihat di Silicon Valley, meskipun menyebutnya PDB per kapita yang disebut, 10 sen pada dolar dan bisa menjadi fungsi dari jenis konsumsi milenium, dan lain -lain.
Tapi itu adalah paralel yang sama dengan apa yang kami lihat di Cina di akhir tahun 90 -an di mana Starbucks masuk bersama dengan salah satu LPS Intudo bernama untuk mendirikan toko di JV di mana, saya tidak tahu Anda, di Shanghai dan Beijing, saya pikir itu gila ketika saya menghabiskan waktu di luar sana yang sekali lagi, sama, a 10 hingga satu rasio jika tidak lagi. Rasio 15 ke satu pada PDB per kapita, tetapi orang yang sama, saya tidak tahu Anda, menghabiskan jumlah uang yang sama, menghabiskan $ 30- $ 40, menyebutnya 5% dari pendapatan sekali pakai untuk Starbucks.
Jadi melihat itu, kami sangat dianjurkan dan Indonesia benar-benar negara yang digerakkan oleh konsumsi domestik dengan 60% dari PDB negara itu didorong oleh konsumsi domestik, lebih mirip dengan Amerika Serikat, itu sangat menggembirakan sehingga '15 -16, menjalankan uang pada neraca masing-masing. Saya pikir benar -benar itulah yang melahirkan usaha intudo dalam hal itu. Saya tidak bercanda, '15 -16, kami mulai melihat unicorn pertama kami.
2011 hingga 2016 benar -benar Internet 1.0. Kami memiliki perusahaan seperti Go-Jek dan Ride-Hail. Anda memiliki Traveloka. Tentu saja kami melihat Tokopedia dan Anda melihat putaran Gojek benar -benar musim panas 2016 dengan $ 550 juta datang dengan banyak orang global, KKR, sebut saja Warburg, semacam et cetera, yang benar -benar menempatkan jenis Indonesia di peta jika Anda mau.
Jadi ketika kami datang ke pasar, sebut saja pada awal 2017 untuk meluncurkan dana pertama kami, saya merasa bahwa kami harus masuk dengan strategi yang sangat berbeda, dan melihat kembali, benar -benar itulah yang membentuk usaha Intudo. Jadi intudo benar -benar mewujudkan jenis prinsip inti atau nilai -nilai dari ketiga pendiri, di mana integritas, ketulusan, dengan apresiasi untuk kebetulan. Dalam bahasa Bahasa Indonesia, terintegrasi sebagai Integritas, Tulus, Jodoh dan Anda menyatukannya, Anda mendapatkan intudo.
Saya pikir pikiran itu benar-benar membangun platform jangka panjang yang diharapkan akan bertahan multi generasi, banyak dana jika bukan generasi dan bertahan dari transfer generasi. Kami sangat ragu -ragu untuk menamai perusahaan setelah diri kami sendiri. Kita mungkin mati atau pada titik tertentu, dengan asumsi kita tidak memiliki kehidupan yang kekal, atau juga, menamakannya setelah sesuatu, itu benar -benar menarik kita kembali. Apakah itu AS dan negara maju atau negara berkembang, saya berpendapat, selalu ada kecenderungan, terutama ketika Anda berinvestasi sangat panjang, untuk memiliki keinginan mungkin mengambil jalan pintas.
Dan saya akan berbohong jika saya mengatakan saya tidak memiliki waktu dari waktu ke waktu, tetapi benar -benar pada saat -saat itu saya pikir nilai -nilai inti ini membawa kita kembali dan membuat kita tetap terkendali, apakah itu di tingkat intudo atau di tingkat perusahaan portofolio, jadi itulah nama kita. Dan dalam hal diferensiasi, saya pikir melihat, itu benar -benar kembali ke apa yang kita sebut tiga Ins of Intudo. A, Kami hanya Indonesia dan saya pikir itu bertentangan dengan apa yang kita lihat banyak di pasar, dan saya pikir mandat regional Asia Tenggara, saya pikir ide yang brilian, sebut saja pada 2011-15.
Saya benar-benar memuji banyak perintis di ekosistem dan juga basis investor, mendorong dana ini untuk memulai, tetapi kami menemukan, menyebutnya pada tahun 2017, bahwa sejujurnya bahwa untuk benar-benar membangun setidaknya bisnis yang Anda hadapi di Indonesia. Kecuali jika Anda adalah perusahaan khusus Vietnam dan menaikkan Seri B, Anda tidak akan dapat mengumpulkan Seri B.
Saya menyebutnya pembiayaan ekuitas $ 10 juta, mengingat bahwa itu mewakili 45% dari populasi Asia Tenggara. Tetapi di atas itu saya berpendapat, Anda mengambil tiga negara berikutnya yang digabungkan, itu tidak mencapai skala itu dari populasi tetapi beberapa mungkin berpendapat itu buruk, tetapi saya benar -benar menyelam dalam dan berpendapat bahwa, dari perspektif PDB per kapita, Anda menambahkan Filipina, itu sebenarnya sedikit lebih rendah. Anda menambahkan Vietnam, bahkan lebih rendah.
Anda menambahkan serta Thailand yang diwakili oleh Indonesia sendiri, sebut lebih dari tiga negara berikutnya yang dikombinasikan dari perspektif perdagangan online, jadi kami merasa bahwa jalan untuk menjadi unicorn mengharuskan Anda melewati Indonesia. Jadi mengingat hal itu kami memutuskan untuk mengambil pendekatan yang disebut Indonesia saja, bahwa kami akan secara eksklusif mengembalikan perusahaan rumahan Indonesia, dan saya pikir itu sangat istimewa. Semalam kami dapat menghapus, menyebutnya 70% dari perusahaan di pasar yang kami bisa semalam tidak harus bertemu, yang saya pikir sangat, sangat istimewa.
Kedua, kami memutuskan bahwa sangat penting untuk menjadi dana independen dan alasan saya mengatakan bahwa, melihat di pasar, kami merasa bahwa mayoritas yang luar biasa, jika tidak semua dana, sangat berlabuh oleh, menyebutnya satu atau dua, jika tidak tiga keluarga besar, menyebutnya risiko afiliasi tunggal dan kami tidak berpikir itu adalah masalah lereng. Tetapi dalam wawancara pendiri kami, kami menemukan bahwa banyak pendiri sering prihatin terlalu dini dalam suatu proses di suatu negara yang dapat Anda katakan didominasi oleh 50 hingga 100 keluarga.
Anda bekerja dengan Grup A, mungkin merupakan hal yang menantang untuk bekerja dengan B, C, D, E, F, G, jadi kami pikir itu adalah misi yang penting untuk membangun identitas independen ini, sehingga intudo, tim pendiri, benar -benar adalah investor terbesar di setiap kendaraan pertama dan kedua kami, untuk memperjelas bahwa kami memiliki yang paling kehilangan secara finansial, tetapi lebih dari waktu kami. Tetapi juga pada akhirnya, bagi pendiri, bahwa yang mereka dapatkan adalah bahwa tidak ada motif tersembunyi, jika Anda mau, sehingga kemandirian benar -benar bekerja untuk keuntungan kita.
Dan terakhir, saya pikir ini melibatkan strategi dan kami dapat terlibat karena co-founder saya, Patrick, dan enam rekan kami, yang semuanya adalah multi-generasi orang Indonesia, duduk di Jakarta setiap hari dalam seminggu sebagai lawan tersebar di enam atau tujuh negara. Dan kemudian B, kami menginginkan strategi yang sangat terkonsentrasi. Saya berpendapat mungkin strategi yang paling terkonsentrasi di pasar, lebih seperti dana ekuitas swasta dan waktu akan memberi tahu apakah ini benar atau salah.
Tanyakan kepada saya dalam delapan hingga 10 tahun, tetapi mengingat hal itu kami menyebutnya satu kesepakatan seperempat, empat hingga enam kesepakatan paling banyak setahun, dan empat tahun secara agregat kami telah melakukan total 22 investasi, sehingga kami dapat menempatkan semua sumber daya kami di satu pasar, hari demi hari. Dan saya pikir itu benar-benar di luar sana dan sangat kontroversial, tetapi saya pikir jika Anda bertanya kepada siapa pun di tahun 2021, orang akan berpendapat bahwa kami bukan bahwa kami memiliki bola kristal yang mungkin kami lakukan hal yang benar karena saya tidak mengatakan saya memperkirakan Covid, tetapi pada akhirnya di seluruh Covid kami menyadari kami hampir menjadi satu-satunya permainan di kota, di dalam negeri itu, kami semua di China 远亲不如近邻.
Jika Anda memiliki api, tetangga Anda adalah orang yang akan menyelamatkan Anda, bukan kerabat darah Anda seperti Eddy Chan. Saya tidak akan bisa terbang ke Jakarta dan menyelamatkan tim saya. Saya pikir menjadi satu-satunya investor di pasar yang benar-benar menguntungkan kami selama proses itu dan benar-benar menjadi responden pertama di dalam negeri. Saya pikir kemandirian benar -benar bekerja di bahwa sebagian besar manajer sering sangat dihubungkan oleh satu atau dua keluarga besar.
Mereka harus fokus pada bisnis inti itu, apakah itu minyak kelapa sawit, menyebutnya ritel, perumahan. Mungkin VC tidak unggul di sana, jadi kita bisa terus menjadi sangat disiplin di saat-saat yang baik dan saat-saat buruk, hanya berinvestasi bahkan di lunas. Dan bagian terakhir yang terlibat benar-benar bekerja karena lebih banyak investor berbasis dana indeks, menyebutnya 50, 100, 200 perusahaan di enam atau tujuh negara yang mungkin tidak berbicara bahasa lokal.
Kami dapat benar -benar mendukung, mengingat bahwa kami memiliki total 20 perusahaan yang semuanya duduk di satu pasar. Jadi ya, itulah yang membawa kita hari ini. Saya tahu itu cukup panjang. Kami benar -benar menikmati waktu kami dan sangat berterima kasih karena Anda memiliki saya di podcast.
Jeremy AU: (16:34)
Ya, luar biasa. Ada banyak hal untuk dibongkar di sana, jadi kita akan mengiris ini dan menyelam sedikit ke masing -masing dari mereka. Saya pikir Anda menyebutkan tiga parameter utama, benar, saya pikir yang pertama, jelas, adalah perjalanan pribadi Anda sendiri dan sebagainya, dan yang kedua adalah Indonesia sebagai pasar, dan kemudian ketiga, tentu saja, bagaimana pendekatan perusahaan Anda berbeda dari VC lain di wilayah tersebut. Mari kita langsung ke, katakanlah, lihat Indonesia sebagai pasar dan kemudian kita akan melewatinya dan berbicara tentang kehidupan pribadi Anda sebagai bagian darinya.
Mengapa Indonesia menarik , jadi maksud saya, Anda menyebutkan PDB per kapita, Anda menyebutkan digitalisasi, tapi apa inti dari itu? Apakah itu mimpi bahwa itu adalah negara Asia Tenggara terbesar di Asia Tenggara? Apakah karena ada skala dan ekonomi domestik? Apa sebenarnya yang membuat Anda memilih Indonesia di semua geografi? Maksudku, ada Afrika, masih ada Latam yang muncul, jadi ada apa dengan Indonesia itu sendiri?
Eddy Chan: (17:39)
Ya, jadi jujur, saya pikir kembali ke dalamnya, saya punya banyak uang untuk benar -benar melihat, begitu air, makanan dan tempat tinggal dimainkan di negara mana pun, begitu Anda memiliki kebutuhan telanjang, Anda mulai membeli jenis yang Anda inginkan. Saya akan mengatakan saya melihat tangan pertama tumbuh di Taiwan, menyebutnya di tahun 70-an dan 80-an, tentu saja Taiwan, Korea, menyebutnya Israel, Macan Asia. Kami tentu melihat itu di akhir tahun 90 -an dan 2000 -an. Sehubungan dengan Indonesia sekali lagi, saya pikir itu hanya semacam, jika Anda akan pengakuan pola, kebetulan.
Saya tidak mengatakan saya memiliki pandangan jauh ke depan. Itu benar -benar panggilan telepon, sangat tidak diketahui oleh saya, yang membawa saya ke Indonesia. Bukannya aku duduk -duduk hanya berpikir, "Hei, kapan aku akan kembali ke Indonesia?" Itu benar -benar panggilan telepon. Saya kebetulan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat, hanya bintang -bintang yang selaras. Maksud saya, jika Anda melihat populasi, tentu saja maksud saya, saya tidak ingin membuat pemirsa dengan detail karena mereka mungkin lebih akrab daripada diri saya sendiri.
Sebut saja 70% orang di bawah 40 tahun. Ini adalah kebalikan dari apa yang kita lihat di pasar maju. Sebut saja China, Taiwan, Hong Kong, Amerika Serikat, piramida terbalik, jadi saya pikir, ya, demografi sangat menarik. Orang -orang menyebutnya mobile terlebih dahulu. Saya hanya berpendapat itu mobile. Anda melihat banyak negara di mana AS, Anda memiliki uang tunai, Anda memiliki cek pelancong, lalu cek, lalu kartu kredit, lalu mungkin pembayaran digital.
Saya pikir di China Anda mungkin melewatkannya, menyebutnya cek, atau melewatkan bahkan kartu kredit bahkan dan langsung ke pembayaran digital. Saya berpendapat Indonesia, kami mungkin melewatkan kartu kredit, iPad, tablet dan kemudian langsung ke ponsel, jadi mobile hanya dalam hal itu, dan kemudian langsung menuju pembayaran digital, jika Anda mau. Jadi saya berpikir bahwa faktor -faktor makro itu sangat menarik, tetapi saya merasa untuk kita, jika saya melihat ke seluruh Asia Tenggara secara lebih luas, saya berpendapat bahwa jalan untuk menjadi unicorn atau desacorn pasti melewati Indonesia.
Anda dapat bertanya ambil, Anda dapat bertanya kepada hampir semua orang. Jika mereka tidak pergi ke sana dengan Seri B, saya pikir hampir tidak realistis untuk menaikkan Seri B, jadi saya pikir mungkin untuk menjalankan strategi regional, tetapi saya merasa itu membutuhkan AUM besar, dalam hal itu jika Anda membutuhkan kelas dunia. Saya menggambarkannya seperti prasmanan. Ini adalah delapan bahasa yang berbeda, struktur kekuatan keluarga, peraturan, semacam itu, dan menyebutnya suatu wilayah yang saya pikir terlalu menyederhanakannya.
UE, bisa dibilang ada badan pengatur. Saya akan mengatakan ASEAN lebih merupakan program yang berafiliasi secara longgar, jika Anda mau, jadi saya pikir itu langkah pertama. Dan untuk mengatakan bahwa Spanyol sama dengan Inggris, saya pikir ini cukup berlebihan, jadi pada akhirnya cara saya menggambarkannya hari ini, adalah dengan mengatakan bahwa Anda akan meliput Indonesia dari Singapura sama seperti mengatakan bahwa Anda akan menutupi Lembah Silikon dari Chicago, kecuali ada berbagai bahasa, struktur kekuatan keluarga, dan peraturan yang berbeda.
Dan saya berpendapat bahwa Anda bisa melakukan itu mungkin pada tahun 1971, tetapi tidak setelah tahun 1972, setelah Kleiner Perkins membuka kantornya di Sand Hill Road, dan begitu juga saya berpikir bahwa jika ada penghargaan yang kurang di mana, saya tidak bercanda, Anda akan membutuhkan koki kelas dunia untuk memasak Nasi Goreng. Anda akan membutuhkan koki kelas dunia untuk memasak pad Thai, pad Thai, koki kelas dunia untuk memasak pho Vietnam, koki kelas dunia untuk memasak kepiting cabai Singapura. Kalau tidak, perasaan saya, jika Anda tidak memiliki AUM yang tepat dan pendekatan yang tepat, di mana satu ukuran cocok dengan semua pendekatan, apakah Anda akan akhirnya menjalankan food court yang sangat biasa-biasa saja dan tingkat ketiga dan mal strip ketiga di mana eddy Chan adalah yang memasak makanan Guatemala dan Guatemala akan memasak makanan Jepang. Itu tidak berfungsi seperti itu dan itu adalah umpan balik utama saya adalah, melakukan yang lebih baik.
Ini adalah pasar hingga saat ini, setidaknya di Asia Tenggara, kami telah melihat satu-satunya pasar lain yang menghasilkan perusahaan yang menghadap unicorn lebih dalam ruang konsumen. Mungkin di Vietnam Anda telah melihat segelintir dari mereka, tetapi sebagian besar itu adalah strategi khusus Indonesia atau strategi regional dengan Indonesia menjadi inti, apakah Anda melihat Shopee, Anda melihat hampir setiap perusahaan akan menjadi umpan balik saya.
Jadi Anda bertanya mengapa Indonesia hanya pada itulah alasannya. Juga, di situlah kami kuat, seperti itu karena co-founder saya ada di sana untuk multi-generasi, mengatur upaya Goldman Sachs pada tahun 2012. Ini adalah enam rekan saya, yang semuanya tumbuh di pasar, belajar di luar negeri dan kembali, dan itu akan menjadi tesis saya. Dan jika saya melihat dinamika awal, kembali ke dalamnya, jika Anda melihat mayoritas unicorn Indonesia, tanda -tanda yang serupa dalam hal itu.
Seringkali orang-orang yang tumbuh di pasar, memiliki kesempatan untuk pergi ke luar negeri dan kemudian kembali. Maksud saya, Anda melihat ke mana Anda pergi ke sekolah di HBS di mana, saya pikir ada tiga perusahaan Indonesia dalam tiga tahun terakhir dan kami mendapat hak istimewa untuk menjadi investor utama di dewan setiap orang, fokus pada Indonesia. Anda melihat pada tahun 2011, tentu saja dengan banyak penduduk setempat di sini, apakah itu Nadiem, tentu saja dengan Ferry Unardi, dengan Anthony di Grab, jadi kami benar -benar melihat itu secara langsung.
Saya pikir statistik yang sangat jitu adalah bahwa 92% perusahaan dengan penilaian lebih dari $ 100 juta teknologi Indonesia, memiliki anggota tim pendiri yang memiliki paparan ke Amerika Serikat, jadi saya pikir itu cukup menarik. Jika Anda melihat intudo, saya akan mengatakan 95% dari bisnis kami memiliki pendiri yang mendapat paparan global. Yah, saya tidak mengatakan itu prasyarat. Tentu saja ini adalah beberapa perusahaan yang luar biasa dan kami sangat menyukai campuran itu, jika Anda mau, pendiri yang mendapatkan pengalaman global dan kembali dan kemudian juga orang-orang yang mungkin tetap ada sepanjang karir di negara mereka, sehingga mereka tidak melewatkan beberapa tahun terakhir pengembangan.
Dan kami memasangkannya, dan itu benar -benar semacam ajaib, jadi dalam komentar terakhir saya, saya pikir mengapa kami berpikir strategi ini, setidaknya bekerja untuk kami, dan saya tidak mengatakan itu sempurna untuk semua orang, adalah bahwa tidak ada yang menyadari hal ini, tetapi Indonesia mungkin 45% dari populasi adalah Asia Tenggara, jika Anda mau oleh populasi. Dalam hal siswa dari Amerika Serikat, Indonesia mungkin adalah pasar yang kurang diindeks di dunia untuk siswa di Amerika, dan saya akan menggambar contoh.
Tahun lalu di sekolah pascasarjana di Amerika, ada total sekitar 1.600 orang Indonesia yang terdaftar, oke? Jika Anda melihatnya berdasarkan per kapita, Singapura, yang merupakan negara dengan ukuran satu ke -50, memiliki sekitar 1.400 sesuatu, jadi pada akhirnya itu adalah rasio 50 ke satu. Jadi orang Indonesia mewakili 45% dari populasi di Asia Tenggara, tetapi mereka hanya mewakili 10%, saya tidak bercanda, 10% dari orang Asia Tenggara di Amerika, jadi jika Anda menjalankan strategi untuk kembali ke sana, di mana Anda ingin bekerja dengan banyak bakat, katakanlah secara global di mana, seperti yang saya katakan, satu dari tiga perusahaan Intudo, tidak ada yang menyadari hal ini, sebenarnya ada di mana saya.
Mengingat hal itu, kami adalah satu -satunya perusahaan sejauh yang saya mengerti, yang berinvestasi tahap awal di Asia Tenggara, yang memiliki seseorang seperti saya yang menghabiskan lebih dari setengah waktu saya di Amerika Serikat di kampus -kampus seperti tempat Anda pergi ke sekolah, HBS. Setiap tahun selama tiga atau empat tahun terakhir, Intudo Konferensi Bisnis Harvard Asia adalah sponsor. Sebenarnya itu adalah satu -satunya sponsor VC yang umumnya di luar perusahaan global seperti GGV dan lainnya. Dan kemudian juga pembicara setiap tahun, jadi kami memiliki hak istimewa untuk benar-benar membangun hubungan jangka panjang, benar-benar untuk jangka panjang.
Orang -orang yang ingin menjadi pendiri jika mereka ingin setelah beberapa tahun, kami bekerja dengan mereka, membawa mereka kembali dan menyebarkan. Kembali pada tahun 2019 orang Indonesia, mereka melakukan bisnis yang luar biasa di pasar. Kami mendukung 2018, itu adalah teman baik Anda, (Levvie) di ruang genetik. Kami mendukung 2017, juga keluar dari GSB dan saya pikir moral cerita adalah bahwa jika Anda menjalankan strategi Asia Tenggara, jika Anda mengadakan acara, Anda harus bertemu dengan 10x volume orang -orang.
Jadi sangat tidak fokus karena saya berpendapat mungkin orang Vietnam mungkin tidak tertarik pada apa yang terjadi di Indonesia. Orang Singapura mungkin tidak, jadi saya pikir itu hanya orang Indonesia, saya tidak bercanda, seperti yang saya katakan, 1.600 versus Singapura dan ketika saya mengadakan acara, bisa dibilang, 100% orang adalah orang Indonesia, fokus pada teknologi. Saya pernah ke banyak acara Asia Tenggara, bukan karena mereka tidak hebat. Saya sangat menikmatinya, tetapi Anda bertemu orang -orang dari semua usia yang berbeda dari semua negara yang berbeda.
Separuh waktu mereka ada di sana untuk bertemu dengan pacar. Mungkin orang lain ingin mendapatkan makanan gratis, dan pada akhirnya itu hanya akhirnya tidak terlalu diarahkan dan agak gagal, jika saya menggambarkannya, dan saya telah berbicara dengan banyak manajer yang menjalankan program dan mereka sangat frustrasi karena kualitas konstituen di acara ini tidak terlalu bagus. Saya akan merekomendasikan bahwa meskipun mereka menjalankan mandat regional, mereka harus memotongnya menjadi malam khusus Vietnam, apa pun.
Saya tidak mencoba untuk menjadi terlalu eksklusif, tetapi pada akhirnya itu berakhir hanya tidak benar -benar baik untuk siapa pun dan itulah tesis saya mengapa strategi ini bekerja di mana saya dapat muncul di kampus di HBS. Umumnya ada dua atau empat orang Indonesia per tahun. Dalam satu makan malam di Mark's tahun lalu malam setelah saya melihat Anda, saya memiliki setiap orang Indonesia di seluruh sekolah di sana, total dua sarjana, semuanya saat makan malam. Total tujuh orang HBS, semuanya saat makan malam dalam sekali duduk, sedangkan Anda menjalankan strategi itu dengan China di mana 100x volume orang di Amerika, di HBS ada 90 orang di sini.
Saya bisa berada di sana selama sebulan dan tidak bertemu semuanya. Singapura yang sama, jadi itu alasan Indonesia kami. Strategi kami sendiri dan sebagian hanya permainan angka. Jika saya mencoba menjalankan strategi Asia Tenggara, saya bisa menghabiskan sepanjang tahun hanya bertemu orang.
Jeremy Au: (25:28)
Ya, jadi hanya untuk memparafrasekan itu, saya pikir Anda melihat bahwa jelas banyak pasar negara berkembang tetapi Anda memiliki keyakinan bahwa Indonesia berada pada titik belok di mana ada banyak peluang besar dan unicorn besar yang menunggu untuk dibangun. Kedua, Anda melihat kesempatan untuk membangun strategi terkonsentrasi dengan koneksi pribadi Anda dan kepastian profesional tentang cara melakukannya.
Dan kemudian ketiga, saya pikir Anda melihat sudut di sekitar bakat juga, yang sebenarnya relatif unik, jadi saya pikir ada sesuatu yang menarik di sini yaitu banyak orang berpikir tentang Asia Tenggara, banyak orang berpikir tentang Indonesia. Dan bahkan hari ini saya pikir kita semakin melihat perusahaan -perusahaan kita dan Cina yang datang ke wilayah ini. Mereka mendirikan toko di Singapura, mereka mendirikan toko di Indonesia, jadi saya hanya ingin tahu apa mitos umum yang mereka miliki yang Anda sukai?
Saya tahu Anda menyebutkan salah satu dari mereka, Asia Tenggara bukan Asia Tenggara, tetapi saran apa yang biasanya Anda berikan kepada mereka untuk mengklarifikasi hal -hal sehingga mereka tidak pergi dan mulai dengan kaki yang salah?
Eddy Chan: (26:30)
Ya, maksud saya, ini bukan ilmu roket, kembali ke sana. Ini benar-benar mengambil pola pikir yang sangat hiper-lokal yang dipasangkan dengan pola pikir global. Dan kembali ke dalamnya, saya pikir kami telah mengambil posisi bahwa Asia Tenggara adalah kesalahan pada tahap awal. Saya tidak mengatakan, untuk pertumbuhan investor saya tidak bercanda, Anda dapat menulis tiket $ 20 juta. Jadilah tamuku. Duduk di Antartika, Anda dapat membahas semua kesepakatan karena seperti yang saya katakan, Ekosistem Investor Indonesia, perlu diingat, pada tahun 2017 pada bulan Januari, sekitar waktu kami meluncurkan Intudo Fund One, ada total 15 perusahaan, saya tidak bercanda.
Satu perusahaan memiliki penilaian sekitar $ 25 juta. Dua tahun kemudian, ketika kami meluncurkan dana kedua kami yang berfokus pada Seri A, ada total 30 perusahaan dengan penilaian lebih dari $ 25 juta di Indonesia. Dua tahun kemudian, ekosistem itu berlipat ganda, jadi saya menyebutnya menggandakan setiap dua tahun, jadi itu seperti Anda berguling 72 dibagi dua, jadi itu sangat menggembirakan. Sekarang, dalam hal jurusan global yang masuk, tentu saja.
Maksud saya, dalam pencarian pertumbuhan, setiap bisnis tunggal lebih dari $ 500 juta, seperti yang kita semua tahu, telah mengambil jenis sisi dalam perang proxy Cina. Sebut saja Ali-Softbank, sebut saja Tencent, JD, Meituan. Kami pasti melihat jurusan AS seperti yang Anda singgung, tentu saja Google mengambil posisi di Tokopedia, serta Gojek, Facebook, semacam itu. Saya tidak ingin memperingati detailnya, tetapi kembali saya pikir Anda benar-benar harus memotongnya dan menjadi hiper-lokal.
Ini bukan tentang uang, seperti berapa banyak uang yang Anda miliki. Apakah teknologi lebih baik? Anda benar-benar harus memahami pertempuran di lapangan. Saya sangat sejajar dengan Perang Vietnam. Apakah ada keraguan bahwa teknologi Amerika Serikat lebih unggul dari Vietnam pada 1960 -an dan 70 -an dalam perang? Apakah ada keraguan tentang modal? Apa pun yang membutuhkan pertempuran di lapangan, sangat mudah untuk meremehkan apa yang Anda hadapi , apakah itu teman-teman terkasih saya yang mantan GMS Uber, yang bekerja dengan saya, di luar Kargo, di luar balok, dan lain-lain.
Sangat mudah untuk meremehkan kebutuhan untuk mengambil uang tunai versus hanya dapat mengambil kartu kredit. Dan juga Asia Tenggara, A, adalah kekeliruan karena delapan pasar yang berbeda, pembatasan kekuatan keluarga dan peraturan, jadi hanya bermunculan ke Singapura atau apa pun, begitu Anda pergi ke negara -negara ini, ada banyak model bisnis yang tidak melakukan perjalanan dengan baik, terutama ketika Anda berbicara tentang regulasi, khususnya peraturan fintech, dalam pengalaman saya, tidak melakukan perjalanan terlalu baik di sana di mana -mana di mana -mana di mana -mana. Indonesia di dalam negeri, jika Anda ingin mendapatkan lisensi crypto, Anda ingin mendapatkan lisensi broker, Anda ingin mendapatkan lisensi asuransi seperti banyak bisnis yang saya suka berinvestasi dalam memiliki parit peraturan yang indah. Pikirkan Pasarpolis dan Asuransi. Pikirkan bisnis crypto yang kami lakukan yang masih dirahasiakan. Pikirkan banyak bisnis OJK di ruang P2P di mana saya akan mengatakan bisnis keuangan umumnya tidak bepergian dengan baik.
Jika murni melalui internet, maka saya akan berdebat ya, asalkan Anda tidak berurusan dengan regulator yang menghalangi Anda. Pikirkan China, misalnya, vis a vis di indo di mana ... ya, facebook dominan. Google dominan, itu karena Anda tidak memiliki situasi di dalam negeri di mana ia hanya menghalangi mitra Yao, atau melihat India, misalnya.
Jadi Indonesia, yang benar-benar saya sukai adalah bahwa pemerintah telah sangat berpikiran maju dari perspektif tagihan omnibus, benar-benar membuat lebih jelas apa kemampuannya pada FDI, jadi mendorong FDI. Anda melihat dana berdaulat sekarang mendapatkan komitmen dari Amerika Serikat, menelepon dari Jepang, menelepon dari ET Cetera, jadi saya pikir bagi perusahaan asing untuk masuk, A, Asia Tenggara adalah kekeliruan.
B, saya benar -benar hanya akan mendorong mereka bahwa Indonesia, sampai batas tertentu, bukanlah pasar yang homogen. Semua orang berbicara tentang kisah kejayaan tentang, "Ah, kelas menengah yang sedang naik daun, penetrasi seluler," tetapi Anda benar -benar harus memotong pasar sendiri. Mari kita bicara tentang Indonesia. Kami sangat publik tentang hal ini di pertemuan tahunan kami. Kami benar -benar terhormat memiliki ratusan institusi bergabung dengan kami secara global, dana berdaulat, dana dana jenis Anda.
Hal terbaik yang saya keluar dari itu setelah pertemuan tahunan, adalah mendapatkan banyak panggilan telepon pribadi yang mengatakan, "Eddy, saya sangat bersyukur bahwa Anda baru saja memberi tahu kami bahwa Indonesia bukan pasar 270 juta orang. Ini benar-benar jenis perusahaan Anda." A, pertama adalah apa yang kita sebut para elit, menyebutnya empat juta orang, empat juta orang dengan sekitar $ 134.000-135.000 PDB. Saya ingin membandingkannya dengan Singapura, oke?
Jadi Anda mendapatkan Singapura Indonesia. Oke, jadi saya dapatkan. Anda dapat menjual produk kelas atas tertentu, kelas menengah atas. Bucket berikutnya adalah 50 juta orang berikutnya. Saya berpendapat bahwa itu disebut PDB $ 6.000, lebih mirip dengan jenis Thailand secara keseluruhan, jadi satu hal yang tidak saya katakan, Thailand adalah rata -rata campuran. Saya yakin Anda harus membagi dua. Jadi ya, sebagian besar perusahaan saya, saya tidak bercanda, sebagian besar mereka pasti dapat melayani PDB $ 135.000. Mereka tentu saja dapat, sebagian besar layanan 50 juta orang.
Bucket berikutnya adalah 100 juta orang berikutnya, jadi sebut saja di tengah ... bukan untuk kelas menengah yang naik. Sebutkan $ 1.200. Tentu saja banyak bisnis saya, sebut saja pasar pertanian sendiri, semakin dekat ke bagian bawah piramida, saya pikir ya. Dan kemudian ember terakhir, itulah yang kita sebut bagian bawah piramida, yang menyebutnya $ 800. Itu semacam di bawah semacam garis kemiskinan global, tentu saja menggembirakan, melihat beberapa momentum di sana, tetapi saya akan benar-benar berbohong jika saya mengatakan kepada Anda bahwa semua perusahaan saya dapat benar-benar turun ke pangkalan piramida, jadi orang-orang mengatakan kepada Anda bahwa itu adalah pasar jutaan orang, jika kami menjual satu Coca-Cola kepada semua orang di sana, itu benar-benar faktif.
Jadi pada akhirnya moral dari cerita kembali untuk memberi tahu para pemain global bahwa, "Jangan hanya melihat populasi, jangan melihat cara. Anda harus melihat median, Anda harus membagi dua pasar." Dan kedua, saya pikir banyak dari bisnis yang digerakkan iklan ini dan saya pikir saya membaca ini di suatu tempat dan mendengar, adalah bahwa Anda berbicara tentang Facebook dan Google, tentang "Ya Tuhan! Mereka dominan," dan banyak orang yang pergi, "ada begitu banyak bola mata di sana. Kita harus menjalankan bisnis berbasis iklan," dan jujur, kita cukup skeptis sampai saat ini.
Itu tidak mengatakan itu tidak akan pernah terjadi. Ya, ada banyak bola mata, ya, orang -orang di Indonesia menghabiskan, menyebutnya empat jam sehari. Banyak Asia Tenggara, itu adalah 10 besar, tetapi saya akan menyelam dalam dan memahami pendapatan iklan dari banyak bisnis ini. Total tam, saya tidak bercanda, untuk pendapatan dalam iklan, pemahaman saya adalah iklan digital adalah sekitar $ 800 juta per tahun di Indonesia.
Dan jika Anda ingin meletakkannya dalam konteks, saya lupa nomornya, jika itu Facebook plus Google, dan hanya jenis iklan mereka, $ 100-beberapa miliar. Jadi Indonesia mungkin negara ketiga atau keempat, tetapi dalam hal apa yang mereka monetisasi, apakah itu Instagram ... dan ini adalah berita publik. Saya tidak berbagi informasi baru, kurang dari 1%. Ini adalah fraksi yang sangat kecil, jadi saya akan mendorong banyak dari mereka ... banyak bisnis yang pada akhirnya kami temukan, harus transaksional di beberapa negara bagian.
B2B businesses with very solid margins, or transactional marketplaces that ultimately really are embedded finance companies that start as a transactional model, no different than a square, understanding what your customer is, and then really getting... So, if you will, margin expansion, by launching these kind of lending products in a market that, I don't need to belabor the details, lack of bank penetration, with consumer level or even in the SME space, where I call it out of 60 million UKM, 2% memiliki akses ke rekening bank.
Jadi moral cerita ini adalah Anda benar -benar perlu menggali lebih dalam. Jangan lihat nomor tajuk yang terlihat kemerahan. Hampir 90% investor akan memberi tahu investor institusi bahwa ini adalah pasar 600 juta orang, 270 Indonesia. Tidak. Terkadang saya berpendapat bahwa Indonesia adalah 60 juta orang, dan Anda hanya harus mengatakannya seperti itu dan itulah moral cerita.
Jeremy Au: (33:13)
Ya, apa yang Anda katakan sangat benar dan saya setuju dengan Anda. Saya pikir kami melihat itu dengan Cina juga. Maksud saya, banyak perusahaan memasuki pemikiran China dan tidak menyadari perbedaan antara Tier One, Tier Toer, Tier Three, Tier Four. Tentu saja, saya selalu bercanda, seperti saya ingat saya berbicara dengan teman -teman Amerika dan mereka seperti, "Oh, kami tidak bekerja dengan tingkat dua kota," dan saya seperti, "Tunggu sebentar. Tingkat dua kota sama besarnya dengan kota mana pun di Amerika," jadi tunggu sebentar. Tidak apa -apa untuk memiliki strategi tingkat dua. Saya pikir maksud Anda, kami tidak ingin pergi untuk Tier Four ketika Anda memikirkan apa yang Anda pikirkan.
Eddy Chan: (33:42)
Lihatlah India. Maksud saya, saya telah membaca beberapa karya hebat oleh beberapa investor yang sangat saya hormati di mana mereka menyebut India satu, India dua, di mana Anda menyebutnya 1,4 miliar, Anda menyelam jauh di India satu. Maksud saya, saya lupa, saya mungkin akan pergi dengan 100 besar, tapi saya pikir itu 50 hingga 100 juta orang. Sebut saja India dua, mungkin ini 100 ... mungkin saya terlalu banyak memperkirakan, di mana orang-orang melihat India dan pergi, "Ya Tuhan! Ini satu miliar!" Anda harus menyadari bahwa di mana bisnis Anda fokus dan berdasarkan itu, Anda membuat tekad apa yang harus dan tidak harus Anda lakukan.
Dan jika saya bahkan berbicara lebih lanjut tentang hal itu, saya melihat India, di mana itu 1,5 miliar tetapi orang tidak menyadari, dan ini adalah statistik yang benar -benar mengatakan bahwa ... dan mungkin saya salah dalam hal ini, tetapi terakhir kali saya membaca, saya mendapat kesan bahwa pasar eCommerce Indonesia, mereka menyebutnya, saya pikir itu $ 40 atau $ 50 miliar, sebenarnya lebih besar dari hari ini. Tidak ada yang menyadari hal itu, tapi itu yang lain, saya pikir, stat unik hanya untuk mengeluarkan untuk semua orang. Jadi kadang -kadang populasi tidak harus, homogen adalah umpan balik saya.
Jeremy Au: (34:36)
Itu sangat mudah ditarik dari Bank Dunia , mengecilkan jumlah populasi. Ngomong -ngomong, berbicara tentang wawasan pesanan kedua dan lebih dalam di sini. Ada banyak orang yang saya temui, orang Indonesia ingin kembali ke Asia Tenggara dan mereka telah bekerja di beberapa teknologi atau sesuatu seperti itu, mereka mencoba memahami di sini, "Oke, saya tahu teknologi di Indonesia semakin panas," tetapi mereka tampaknya tidak benar -benar memahami alam semesta peluang, jadi mari kita membuangnya ke luar sana. Secara kasar, maksud saya, jelas kami melakukan ini dari Crunchbase , tetapi katakanlah berapa banyak perusahaan benih yang keluar setiap tahun yang berpotensi bergabung?
Eddy Chan: (35:08)
Saya sering membicarakannya. Jadi saya melihat statistik dan saya tidak mengatakan ini benar, atau benar atau salah. Saya melihat statistik, saya pikir, untuk menunjukkan ada sekitar 2.000 startup di Indonesia. Mungkin salah karena model kami, kami melakukan satu kesepakatan seperempat, jadi kami tidak dalam bisnis berbicara tentang corong kami. Berapa banyak? Maksud saya, jika saya ingin mempublikasikan angka, itu adalah 1.000. Saya mendapatkan 1.000 di eddy@intudovc.com atau mail@intudovc.com, tetapi dalam hal perusahaan yang kami pikir dapat dilakukan seri A, dalam hal kami pikir mereka sah.
Saya berpendapat kembali ke nomor saya hari ini, ada sekitar 60 perusahaan dengan penilaian $ 25 juta atau lebih dalam buku kami, berdasarkan pemahaman kami, melihat wawasan publik serta nomor internal kami sendiri. Jadi jika saya melihatnya, Seri A, saya definisikan, yang pada tahun 2017, saya tidak bercanda, itu adalah kenaikan ekuitas $ 1 hingga $ 3 juta. Pada tahun 2019, saya menyebutnya kenaikan ekuitas $ 3 hingga $ 6 juta. Hari ini saya menyebutnya kenaikan ekuitas $ 5 hingga $ 12 juta, sebagian besar karena penerbangan ke kualitas dan perusahaan terbaik, lebih banyak modal.
Dan juga, pendiri kami jauh lebih metodis, menunggu landasan pacu yang lebih panjang di mana secara historis, saya tidak bercanda, membesarkan mungkin selama sembilan hingga 18 bulan, yang saya tidak katakan saya percaya, tetapi hari ini saya pikir itu lebih dari 18 untuk, menyebutnya landasan pacu 36 bulan, jadi ukuran bulat yang jauh lebih besar. Jadi kembali ke benih, saya tidak bisa berkomentar juga karena kami melakukan satu hingga dua dari mereka setahun. Sampai saat ini, hampir semua penawaran benih kami telah bersumber di Amerika Serikat sebelum ada pendiri bahkan menginjakkan kaki di Indonesia, yang menurut saya sangat istimewa.
Tetapi di Seri A, saya dapat berbicara lebih kredibel tentang hal itu. Saya akan memberi tahu Anda, di Seri A, yang saya definisikan sebagai penilaian ekuitas $ 5 hingga $ 12 juta, saya akan mengatakan, per sektor per model bisnis, mungkin ada dua hingga lima perusahaan yang sah, saya akan mengatakan. Tiga hingga lima, tergantung pada sektor. Jika sedikit lebih sibuk maka mungkin Anda akan memilikinya, sebut saja tiga hingga enam. Jika sedikit lebih dari sektor yang lebih tenang, sebut saja dua hingga empat, jadi saya akan mengatakan itulah cara saya akan melihatnya.
Seperti yang saya pikirkan banyak tentang bakat, saya menghabiskan dua bulan setahun di kampus. Kami membangun indeks sosial itu, jika Anda mau, tidak semua kecuali banyak orang Indonesia paling berbakat di Amerika. Maksud saya, jika Anda melihat program MBA di mana saya fokus, serta kampus perusahaan, saya akan mengatakan 20 program MBA teratas di Amerika Serikat, tidak ada yang menyadari hal ini. Ini seperti rahasia tersembunyi dan saya sangat publik tentang hal itu, lulus sekitar 25 hingga 30 orang Indonesia per tahun.
Jadi tidak seperti ada volume besar dan pekerjaan saya dengan sekitar 80% dari mereka, semacam membantu mereka dalam tujuan karir mereka, apakah itu bergabung dengan perusahaan di Amerika atau perusahaan di Indonesia, apakah itu portofolio kami atau di luar portofolio kami, dengan pandangan jangka panjang bahwa, jika dan ketika mereka siap, mereka dapat menjadi pendiri. Kami adalah panggilan telepon pertama mereka.
Jadi kami menempatkan begitu banyak di unicorn karena unicorn HR adalah teman bersama kami dan bahwa ketika orang -orang top mereka keluar, kami adalah panggilan telepon pertama. Jadi saya pikir di Seri A, ada dua hingga empat, dua hingga lima perusahaan yang sah. per model/sektor bisnis. Sejujurnya, bagi banyak teman muda saya, terutama di AS di Google, di Facebook, di Splunk, di HBS, di GSB, saya biasanya merekomendasikan mereka, jika mereka ingin memulai perusahaan, kami sangat senang bekerja dengan mereka dalam mengembangkan pasar produk yang cocok.
Seperti yang saya katakan, kami bertemu dengan Anda, kami mengenal Anda, membawa Anda melalui saluran distribusi dengan 20 atau lebih keluarga, mengasah produk itu. Jika itu berjalan dengan baik, kami memberi Anda cincin berlian, yang seperti proposal, jika Anda mau. Dan jika Anda berbelanja berlian itu, itu adalah ujian utama karakter. Kami hanya berjalan dari kesepakatan, sangat menyenangkan juga. Kami mengeluarkan sembilan lembar istilah, satu-delapan. Pada angka sembilan, sayangnya, proses tiga bulan dan rekanan itu, saya pikir pada akhirnya hanya berbelanja istilah lembar, hanya penemuan yang kurang untuk nilai.
Jadi kembali ke sana, saya berpendapat ada dua hingga empat perusahaan di A. Saya pikir di B umumnya ada satu hingga tiga, saya akan mengatakan, yaitu, menyebutnya pemenang kategori yang tidak perlu dipersoalkan. Di Intudo kami melakukan dua hingga tiga seri sebagai setahun. Saya merasa cukup yakin kami memilih perusahaan terbaik, mengingat metode ketekunan kami berjalan bottoms-up. Di B, kami hanya berinvestasi dalam pemenang kategori. Saya mendorong sebagian besar bakat yang saya temukan di Amerika Serikat, sudah agak, katakanlah, di sekolah pascasarjana, bekerja, umumnya untuk bergabung dengan perusahaan Seri B atau lebih baru.
Saya hanya merasa hanya dalam hal kemampuan mereka untuk membayar, bukan untuk mengatakan uang berarti segalanya, tetapi saya merasa perusahaan -perusahaan itu, itu tidak akan menjadi kejutan budaya dari perspektif penetapan harga. Juga, Anda melihat pertumbuhan yang cepat, hanya saja pertumbuhan yang meroket di mana Anda akan melihat sedikit dari segalanya, yang menurut saya sangat menarik. Tapi saya akan mengatakan, jika Anda terlambat, sebut saja 500 juta atau C atau E, maka mungkin sudah terlambat, terlalu terkotak.
Sekarang, jika Anda pergi lebih awal, menjadi pendiri di mana Anda mendapatkan Ekonomi Pendiri atau, saya berpendapat, hanya bergabung dengan perusahaan di mana mereka membuat Anda menjadi salah satu pendiri, dan saya memiliki beberapa contoh cemerlang tentang itu. Saya pikir beberapa kolega, teman sekelas Anda di erudifi , misalnya, akhirnya bergabung di dalamnya nanti, menjadi salah satu pendiri. Demikian pula, pemuda lain di GSB yang telah bekerja sama dengan saya juga ada di bisnis itu di sana. Saya tahu perusahaan Anda, erudifi, juga ada di antara mereka yang dikerahkan serta intudo.
Jadi saya pikir itulah cara saya mendorong orang pada tahap awal. Pastikan Anda datang sebagai pendiri dan benar -benar mendapatkan peran itu. Kalau tidak, ini adalah hasil yang sangat buruk karena Anda bergabung dengan bisnis tahap awal ini, Anda merasa Anda mengambil potongan gaji besar-besaran, Anda sangat berdedikasi. Salah satu pendiri atau pendiri bisnis, jika Anda bukan pendiri, merasa bahwa "Ya Tuhan! Saya membayar orang ini begitu banyak uang. Saya membayar lebih banyak," sehingga kedua belah pihak merasa kurang dihargai.
Jadi saya benar -benar merasakan keselarasan itu dan bahwa, jika Anda akan kembali dari Amerika Serikat, saya sangat, sangat mendorong Anda bahkan untuk bergabung sebagai pendiri benih atau perusahaan, atau bergabung dengan perusahaan kapal roket yang ditangkap di Seri B, atau Anda datang mungkin sebagai VP atau apa pun yang mungkin, benar -benar mengambil banyak pembelajaran Anda, jika Anda mau. Saya akan mendorong Anda, seperti benih dan sebagai, sedikit goyah. Saya pikir Anda bisa berakhir dengan kekecewaan yang sangat besar kecuali Anda ada di sana murni untuk pengalaman itu.
Dalam hal ini, ya, pastikan Anda seorang pendiri. Kalau tidak, sebagai pangkat dan file, saya pikir akan ada banyak pemutusan dan akan ada banyak perasaan terluka di kedua sisi, tidak ada bedanya dengan memasuki pernikahan atau hubungan kencan yang belum Anda siapkan.
Jeremy AU: (40:30)
Ya. Saya pikir berdasarkan apa yang baru saja Anda katakan dan apa yang saya pikirkan, mungkin hanya sekitar 100 unggulan akan seperti 20 Seri A dan lima Seri B Pembiayaan setiap tahun. Apakah Anda merasa itu adil?
Eddy Chan: (40:41)
Jika kami mengatakan, "Pada tahun 2017 ada 15 di Indonesia. Pada tahun 2019, dari '17 dan '18 mungkin tambahan 15 didanai. Dari 2019 hingga 2021, dalam dua tahun terakhir, saya akan mengatakan 30 perusahaan, lulus dari Seri A, saya akan menilai lebih banyak. Mungkin ada 20 seri baru yang dilakukan setahun.
Maksud saya, kami secara pribadi, intudo, mungkin melakukan dua hingga tiga tahun. Kami melakukan satu hingga dua pra-AS, yang paling sering merupakan drama seperti penyu ini atau perusahaan baru di luar perusahaan di Indonesia, kemudian satu atau dua, menyebutnya seri BS berbasis momentum yang saya sebut pemenang kategori yang tidak perlu dipersoalkan. Dan kembali ke sana, saya juga akan mendorong banyak orang berpikir untuk kembali, jika mereka akan bergabung dengan Seri B, dalam hal ini maka baiklah. Lihatlah Tam, saya mengerti. Tam, pemenang kategori yang tidak perlu dipersoalkan, penskalaan margin hebat, tidak seperti "siapa yang bisa membakar lebih cepat?"
Tetapi jika Anda melihat benih atau perusahaan seri A, terutama perusahaan benih, saya akan benar -benar mencegah Anda membaca terlalu banyak laporan dan hanya percaya apa yang mereka katakan karena ketika Anda membacanya dalam laporan penelitian, ya, itu benar. Tetapi seringkali perusahaan mendapat manfaat dari tren baru itu, jika Anda mau. Mereka sudah ada. Mereka sudah di Seri B, Seri C. Ini seperti mengatakan, "Hei, mari kita atur platform OTT baru."
Nah, coba tebak? Ada sesuatu yang disebut Netflix atau Cashplay sudah benar? Sudah terlambat, kamu tahu maksudku? Jadi saya pikir banyak orang terjebak dalam membaca laporan. Saya menggambar contoh seperti ketika Anda membaca majalah CIO, apa strategi data besar Anda? Tebak apa? Anda tahu apa? Itu berarti menjadi hal yang biasa di pasar. Ini bukan lagi tren. Ini sudah lewat, jadi perusahaan yang menguntungkan ... itu seperti mengatakan EV hari ini.
Ya, ini Tesla. Bukannya, "Hei, mari kita mulai perusahaan EV besok." Mengapa? Karena Anda akan memiliki 10 VC yang tidak berpikiran independen, yang sering kali, saya benci mengatakannya, banyak investor beroperasi seperti domba. Mereka semua ingin bermain. Nah, coba tebak? Apa artinya itu? Anda akan bersaing dengan penilaian. Ini akan menjadi sangat mahal. Kedua, Anda akan bersaing dengan bakat. Anda berada di kampus yang sama, semua bakat teratas di Indonesia, apakah itu kampus universitas, kampus perusahaan.
"Oh, aku membaca tentang itu di Google-Temasek. Itu sangat panas. Ayo masuk ke pendidikan." Nah, coba tebak? Anda berjuang untuk bakat yang sama, jadi mereka akan menjadi mahal, dan mereka mungkin berubah hanya berdasarkan paket comp, jadi mereka tidak mudah didapat. Dan terakhir, di Pre-A, Anda akan membakar dolar VC itu head to head terhadap 10 perusahaan lainnya pada akuisisi pelanggan, Facebook, Google, Offline, di mana saya berpendapat, itu yang terburuk yang mungkin Anda bisa sebagai pendiri.
Selain fakta, Anda dapat mengumpulkan uang dengan mudah, biaya modal Anda akan lebih tinggi, mempekerjakan orang serta dalam memperoleh pelanggan dan mempertahankannya pada 10 orang. Sebagai investor usaha, bukan yang terburuk dari semua dunia karena Anda membayar penilaian tertinggi, tingkat pembakaran yang tertinggi dan Anda bersaing seperti yang saya katakan. Peter Thiel juga mengatakan itu seperti "persaingan untuk pecundang," Anda tahu apa yang saya maksud? Sampai batas tertentu karena pada pra-A, ini adalah pembelajaran dari melihat bagaimana dia berinvestasi.
Pada tahap awal kami secara eksklusif berinvestasi dalam usaha intudo, kecuali kami sudah mengenal seseorang selama 10 tahun. Itu mungkin berbeda. Investasi yang sangat non-konsensus. Ini seperti ketika kami kembali, misalnya, teman sekelas Anda Levvie di Nalagenetics di mana, saya tidak bercanda, pada 2018, 2017, orang -orang berpikir genetika gila. Siapa yang waras yang akan berinvestasi dalam bisnis genetika di Indonesia?
Tapi kembali ke sana, apa yang kita lakukan? Kami mengambil buku pedoman kami, kami menjalankannya melalui saluran distribusi terlebih dahulu, memastikan kami mendapatkan pasar produk yang tepat. Pada akhirnya setiap lembar dihasilkan untuk berdamai dan saya tidak bercanda, bisnis itu di belakang, saya tidak mengatakan saya memperkirakan Covid. Setiap orang Indonesia yang ada di Amerika yang ingin kembali ke Indonesia, kami adalah satu -satunya permainan. Anda tidak bisa pergi ke Gojek untuk mengerjakan genetika. Anda tidak bisa pergi untuk meraih . Sama seperti ketika saya mendukung nuansa satu dekade yang lalu, itu NASA atau SpaceX.
Jadi, Anda harus memiliki mode, kembali ke sana, ketika Anda lebih awal, karena Anda tidak dapat menang dengan uang. Jadi itu parit teknis karena genetika, nalagenetika versus tidak ada, tidak ada pilihan. Cryptocurrency Company versus tidak ada perusahaan crypto lain atau perusahaan data besar seperti Delman, yang melakukan kontrak pemerintah dalam pemerintahan maupun dalam data besar maupun di, apa yang Anda sebut, perusahaan, di mana Delman versus apa -apa.
Jadi moral cerita, saya akan mendorong siapa pun yang ingin memulai bisnis di Selatan ... dan mungkin saya salah. Ya, mungkin lebih sulit untuk menemukan investor karena mungkin mereka pikir Anda gila, Anda terlalu dini, tetapi tidak untuk mengatakan hanya membangun bisnis untuk dibedakan, hanya untuk menjadi berbeda. Itu Borderline bodoh, tapi saya akan mendorong Anda, fokus pada sesuatu di mana Anda membangun parit teknis atau parit peraturan, Anda tahu apa yang saya maksud?
Dan itu benar-benar kurang dihargai. Anda melihat begitu banyak bisnis Asia Tenggara yang sangat digerakkan oleh Tam dan saya mengerti. Di Seri A dan B, saya melihat Tam. Saya bodoh jika tidak untuk tidak melihatnya, katakanlah. Tetapi pada tahap awal saya berpendapat, sebagian besar investor, setidaknya saya sendiri, saya tidak percaya diri. Maksud saya untuk memilih yang terbaik, saya akan menyebutnya 5-10 perusahaan fokus, menyebutnya UKM Enablement atau apa pun. Ya.
Jeremy AU: (45:19)
Yeah, I think that's so true and I love what you just said, which is the differentiation between the TAM approach, which of course everybody still has to do at the end of the day, but also looking at what you call the talent in order, and I remember Levvie, good friends, I first met her first year of HBS and she's studied and trained at A*STAR in Singapore, really smart, understands both business, as well the science right? Dan saya ingat nalagenetics melemparnya di kampus dan tidak banyak orang di negara bagian yang benar -benar memahami "Indonesia dan genetika?"
Mengapa tidak genetika Amerika, benar, atau Indonesia dan sesuatu yang lain. Saya senang Anda bertaruh padanya karena saya pikir dia adalah orang terkuat untuk bertaruh daripada siapa pun.
Eddy Chan: (46:02)
Dia melakukan sesuatu yang sangat istimewa. Maksud saya, Anda bisa membayangkan bakat yang kita temui. UCSF, peneliti top, latar belakang Indonesia, mereka kembali ke kota. Jangan salah paham, itu mungkin karena alasan keluarga atau apa pun, tetapi ketika mereka kembali ke kota, saya benci mengatakannya, kami satu -satunya permainan di kota dan kami senang bekerja dengan orang -orang dan mereka merasa dihargai. Maksud saya, tidak ada bedanya dengan kita mendapatkan di belakang perusahaan di ruang crypto ketika bitcoin adalah 3.000.
Semua orang mengira kami idiot, investasi berbasis konsensus. "Oh, Bitcoin, 20.000. Ini 3.000, sekarang bodoh. Kamu harus mencalonkan diri untuk Hills Eddy." Saya seperti, "Tidak." Fakta bahwa orang ini ingin melakukannya dengan sangat baik dan bitcoin ... itu gila, dan pasti ada sesuatu di baliknya. Coba tebak? Bitcoin $ 34000. Bukan untuk mengatakan saya meramalkan itu, tetapi umpan balik saya adalah ketika Anda melakukan investasi non-konsensus dan Anda tepat di belakang, semua orang baru saja mulai menumpuk di belakangnya dan Anda akan mengendarai momentum itu dan Anda mendapatkan penilaian masuk terbaik.
Anda mendapatkan parit yang indah mengingat bahwa Anda memiliki satu atau dua tahun awal. Anda berada di salah satu model yang digerakkan TAM ini. Jangan salah paham pada tahap akhir dan tahap awal, Anda akan melanjutkan 80%... jangan mengatakan mungkin itu bukan pemenang mengambil semua dan mungkin akan ada dua hingga tiga pemenang, tapi itu sangat, sangat berisiko. Anda mendapatkan permainan yang sangat berisiko ini, saya menyebutnya, seperti kompresi margin di mana Anda melihat semua bisnis non-konsensus lainnya. Maksud saya, karena kami satu -satunya permainan di kota, kami tidak menang berdasarkan harga. Kami menang berdasarkan ketergantungan operasional pada produk kami. Tidak semua pendapatan dibuat secara merata.
Jeremy Au: (47:19)
Itu sangat benar. Dan saya yakin Anda ditanya pertanyaan ini sepanjang waktu, benar, oleh pendiri yang bercita -cita tinggi, oleh siswa, dengan bakat. Sepertinya mereka meminta VC sepanjang waktu atau bertanya kepada VC tentang apa saja polanya? Apa yang panas? Apa yang Anda cium di udara yang membuat Anda bersemangat?
Eddy Chan: (47:33)
Ya, maksud saya, jujur, mengingat strategi negara tunggal kami, hanya Indonesia, itu sudah menyempit dengan sendirinya. Kami telah memusnahkan 70% perusahaan yang memulai di Asia Tenggara. Mengingat fakta bahwa kami sangat sempit di atas panggung, saya tahu banyak dana telah menjadi strategi multi-tahap, yang saya dukung. Saya pikir itu hebat, tapi saya pikir ada penemuan yang kurang untuk mengetahui di mana Anda berdiri di masyarakat. Jika Anda ingin bermain pertumbuhan melawan Global Big Boys, maksud saya, jalankan beberapa dana dengan sukses dan dapatkan merek itu dan mulai.
Saya pikir kita tahu di mana kita duduk. Seri A, saya tidak akan masuk ke zona Frenemy dengan banyak teman saya yang telah mengerahkan modal, yaitu pemain global. Mereka melangkah ke Asia Tenggara, benar, menulis cek Seri B. Saya pikir beberapa dana akan berhasil melintasi jurang dan menang. Saya memuji mereka, tetapi saya pikir saya lebih percaya pada langkah bayi, merangkak sebelum Anda bisa berjalan dan berlari, dan ketika Anda bisa berlari, lalu ya. Pergi ke Olimpiade, tetapi saya skeptis banyak manajer menyadari bahwa, bahwa permainan AUM sangat menarik, tetapi saya pikir itu benar -benar dapat menjadi bumerang dalam hal itu, Anda mengangkat ibukota, Anda mungkin tidak dapat menyebarkannya.
Apa yang akan Anda tawarkan kepada pendiri ketika mereka dapat memilih nama merek global yang dapat menawarkan wawasan global itu, jadi Anda bertanya kepada saya apa yang panas. Maksud saya, kami sangat sempit untuk geografi dan kami sangat sempit untuk panggung. Dalam hal panas, saya menggambarkannya sebagai riak ekosistem usaha, jadi 2011 hingga 2016, maksud saya, saya tidak perlu memberi tahu Anda. Setiap ekosistem utama benar -benar Internet 1.0, banyak pasar umum menangkap Gojek, Traveloka, Tokopedia.
Saya merasa 2017 hingga 2020 ketika Intudo datang online, benar -benar masuk ke pasar, kami memang melihat lebih banyak bisnis pick dan sekop, menyebutnya gateway pembayaran. Lihatlah Xendit, itu berkinerja luar biasa di ruang gateway pembayaran di mana angka kami baru saja pulih kembali. Ini bukan rahasia terbuka yang melakukan miliaran dolar, memproses jenis, jika Anda mau, saya akan mengatakan riel independen terakhir di Indonesia. Saya pikir itu dilakukan dengan sangat baik.
Saya pikir pemenang kategori kami yang tak terbantahkan, kami berada dalam asuransi dengan Pasarpolis di mana, bukan rahasia, kami melakukan 11% dari Indonesia telah membeli, yah, kebijakan dengan kami, di mana kami melakukan 75 juta kebijakan sebulan, di mana kami baru saja mengumumkan secara publik IFC yang datang untuk mendukung kami. Secara historis kami memiliki Gojek, Traveloka, Tokopedia adalah mitra distribusi yang luar biasa. Sekarang dengan Xiaomi juga, melakukan layar Xiaomi, saya pikir asuransi, tetapi jika ada perusahaan baru seperti "Oh, karena gateway pembayaran dan asuransi panas, saya akan kembali ke perusahaan benih," tidak mungkin.
Maksudku, permainan sudah dimenangkan. Sepertinya saya berkata, "Naik Hailing adalah hothot." Tidak, permainan sudah berakhir. Itu disebut gojek. Anda mengatakan perjalanan, permainan sudah berakhir. Jadi saya merasa 2011 hingga 2016 adalah apa yang saya sebut Internet 1.0. Saya pikir 2017 hingga 2020 benar -benar banyak, Anda dapat menyebut pick tambahan dan bisnis sekop. Di mana kami menjual persenjataan itu, sebut saja TSMC di mana, tanpa TSMC tidak ada ... nvidia tidak dapat mengirim, Apple tidak dapat mengirim, jadi kami menyukai bisnis itu. Sebut saja xendit.
Kami menyukai Pasarpolis di mana itu distribusi pada asuransi di mana, tentu saja, sekarang setelah kami mengangkat modal ini, apakah kami akhirnya menanggung kebijakan? Ya. Tentu saja, tapi saya tidak suka bisnis jujur jika Anda mau. Saya tidak suka kata gangguan. Saya berpendapat bahwa semua bisnis kami benar -benar lebih pelengkap dan benar -benar berpasangan dengan itu, menyebutnya 50 hingga 100 konglomerat top di Indonesia, 25 di antaranya adalah piringan hitam dalam dana kami, di mana kami bekerja beriringan.
Dan sungguh, perusahaan-perusahaan itu, para konglomerat itu jika Anda mau, 2017-18-19, oh, digitalisasi, menyenangkan untuk dimiliki. Saya berpendapat setelah Covid, itu menjadi suatu keharusan, dan itu adalah pemilik generasi ketiga yang telah ditugaskan oleh ibu, ayah atau paman mereka dengan, jika Anda mau, apa yang Anda sebut? Digitalisasi platform milik keluarga Anda, yang benar-benar rusak dalam penurunan, jadi saya pikir 2017 hingga 2020 benar-benar banyak picks dan sekop bisnis untuk mendukung bisnis internet ini.
Jadi, itu bukan hanya dalam pembayaran, itu dalam asuransi. Itu juga dalam apa Anda menyebutnya? Logistik panas dan portofolio kami tentu saja memiliki Kargo. Itulah salah satu pemimpin pasar dalam logistik truk yang sangat kami sukai, jadi logistik. Juga, kita tentu telah melihat setelah lebih banyak Internet 1.0, eCommerce. Sebut saja naik-naik. Saya pikir kita telah melihat munculnya banyak digitalisasi dari banyak industri lini lama di mana saya berpendapat bahwa kami memiliki pemenang kategori, kategori yang tidak perlu dipersoalkan di Tanihub, di mana kami telah menumbuhkan garis teratas lebih dari 10x tahun ke tahun, angka astronomi.
Kita tentu telah melihat bahwa dalam kesehatan di mana Halodoc, di mana hari ini 10% negara jika tidak lebih menggunakan produk kami untuk melakukan telehealth, di mana Bill Gates telah datang dan itu berarti investor besar seperti Gojek serta PDB, yang merupakan keluarga Hartono, tentu saja.
Jadi, hari pertama adalah pasar yang lebih umum, '11 hingga '16. '17 hingga '20 adalah industri digitalisasi, jika Anda mau. Asuransi seperti Pasarpolis, Kesehatan seperti halodoc, pertanian seperti, menyebutnya Tanihub jenis lain. Logistik seperti Kargo, kami ke -6. Mungkin perusahaan portofolio Anda meluncurkannya, benar, dan itulah yang kami lihat. Saya pikir riak berikutnya, jika Anda mau, sebut saja 2021, di mana mungkin kita akan melihat bahwa generasi perusahaan berikutnya yang akan berlanjut di setiap langkah.
Ada ini, jika Anda mau, memilih dan sekop bisnis yang mungkin secara tangensial terkait dengan Internet 1.0 asli, maka digitalisasi 2.0, kemudian menyebutnya 3.0 Indonesia, jika Anda mau, adalah semacam cara kami membayangkannya jadi saya tidak percaya pada konsep sektor panas. Maksud saya, ini adalah permainan dari banyak investor berbakat seperti Peter dan orang lain di mana mereka benar -benar membicarakannya, bukan karena tren membuat perusahaan. Tentu saja perusahaan yang membuat tren, dalam pandangan kami, dan itu bukan metodologi unik saya. Ini lebih hanya mengambil dari banyak orang yang benar -benar pintar yang saya adopsi, dan bukan untuk mengatakan kinerja masa lalu menunjukkan keberhasilan di masa depan, tetapi setidaknya saya pikir model mental penting. Itulah yang kami bangun di Intudo di mana saya berpikir di Seri A, ya, Tam penting. Kami selalu mencoba berinvestasi di kelas terbaik di mana kami menjalankan semuanya melalui analisis saluran bottom-up. Demikian pula di Seri B, bottoms-up tetapi sedikit analisis top-down, karena TAM penting meskipun Anda dapat pergi pasar tangensial.
Dan kemudian di pra-A yang sangat enggan untuk tidur dengan bisnis yang merupakan sektor yang sangat digerakkan TAM dan bahwa kami tidak cukup pintar. Jika kita memiliki kemampuan untuk benar-benar menulis cek di babak selanjutnya dan mengendalikan putaran di mana saya merasa kami lakukan, setidaknya di Seri A jika bukan Seri B, saya sangat di muka dengan para pendiri bahwa kami tidak cukup pintar untuk membuat keputusan itu dan kami sangat berpikiran terbuka untuk membayar penilaian yang lebih tinggi, dan kami berharap para pendiri membuktikan kami salah dalam kasus-kasus tersebut.
Jeremy Au: (53:33)
Ada begitu banyak. Maksud saya, saya pikir sedikit terakhir tentang apa yang Anda katakan tentang 1.0, 2.0 dan kemudian sekarang, saya pikir kita melihat munculnya startup yang membangun prestasi itu. Mereka adalah sistem dan struktur yang dibangun oleh startup 1.0, 2.0 ini akan menjadi apa yang benar -benar menarik dan di situlah banyak titik infleksi ini, muncul di mana -mana di sektor -sektor tertentu.
Eddy Chan: (53:55)
Sebenarnya, sangat cepat, saya benar -benar terdorong bahwa saya pikir banyak investor, setidaknya di Asia, benar -benar berbicara tentang kisah konsumen. Dan apa yang paling saya sukai, jika saya melihat dalam jenis pra-A kami, atau bahkan A kami, banyak perusahaan kami adalah B2B2C, setidaknya di Internet 1.0, dan kemudian 2017, tetapi saya sangat terdorong sejak 2018, banyak bisnis saya yang tidak benar-benar adalah monik yang sama dengan Anda, dengan m-margin yang tidak ada, dengan mon-margin yang tidak ada, dengan m-margin yang tidak ada, yang tidak ada yang lebih baik, dengan m-margin, yang tidak ada yang lebih baik, dengan m-margin, yang tidak ada, dengan Margin, yang tidak ada, dengan m-margin, yang tidak ada yang sama dengan mongin, yang tidak ada yang sama, dengan m-margin, yang tidak ada, dengan mon-margin, yang tidak ada yang sama, dengan m-margin, yang tidak ada yang sama, dengan mon-margin, dengan Margin, dengan Margin, yang tidak ada yang sama, dengan Margin Margin, dengan Margin, dengan Margin, dengan Margin, dengan mon-margin yang tidak benar, dengan Margin, yang tidak ada, dengan Margin, dengan Margin, yang tidak ada yang sangat kuat, dengan Margin Margin. Mengecewakan sampai Anda melapisi, tentu saja, bagian yang menarik.
Jeremy Au: (54:26)
Ya. Sangat benar. Yah, saya berharap Anda bisa masuk selama satu jam lagi dan menggali ini, tetapi saya pikir membungkus semuanya di sini untuk begitu banyak pendengar. Jelas mereka berkisar dari yang berpengalaman, yang merupakan pendiri dan investor dan eksekutif, tetapi mari kita pikirkan generasi berikutnya, benar, karena saya pikir di situlah fokus pada orang -orang teknologi, penyu, siswa, orang -orang yang mulai membungkus kepala mereka di sekitar hal indah yang disebut teknologi dan semua yang dapat Anda lakukan untuk Indonesia.
Saya agak penasaran. Apa saran yang akan Anda berikan kepada seseorang di perguruan tinggi saat ini, benar, dan hanya mencoba mencari karier, mencoba memikirkan apakah mereka harus kembali ke Indonesia atau apakah mereka harus tinggal di Indonesia, apakah mereka harus bepergian, apa yang harus mereka lakukan dengan hidup mereka, berapa banyak risiko yang harus diambil? Apa saran yang akan Anda berikan kepada mereka dari Eddy kepada orang tersebut, seolah -olah kami berada di sekitar meja makan?
Eddy Chan: (55:13)
Tidak, sangat menghargai itu dan ini adalah percakapan yang sangat panjang jadi saya akan mencoba untuk bersikap ringkas. Faktanya, kemarin saya mendapat pesan dari seorang wanita muda di USC, seorang wanita Indonesia yang ingin melakukan wawancara untuk kursusnya tentang kewirausahaan serta melacak, jadi saya berpikir bahwa hal yang paling menarik, setidaknya bagi saya, adalah benar -benar bekerja dengan orang -orang di perguruan tinggi. Banyak orang pergi, "Bagaimana Anda punya waktu untuk melakukan itu?" Dan saya benar -benar berpikir kita harus berinvestasi dalam bakat, apakah itu intudo atau generasi berikutnya.
Dan baris nomor satu saya, saya pikir saya menyebutnya dua HS. Saya benar -benar berpikir bahwa kami benar -benar ingin terlibat dan bekerja dengan orang -orang yang sangat rendah hati dan sangat lapar. Dan ketika saya mengatakan rendah hati, rendah hati/kerendahan hati, jadi saya akan mendorong semua anak muda hanya untuk ... Saya pikir orang -orang sangat menghargai bahwa Anda tidak perlu tahu segalanya dan tidak apa -apa untuk mengatakan bahwa Anda tidak tahu, dan benar -benar nyaman meminta nasihat itu.
Saya memikirkan kembali karier saya, bukan untuk mengatakan bahwa saya telah mencapai banyak hal, tetapi semua yang pernah saya dapatkan adalah fungsi dari seseorang secara membabi buta, karena beberapa alasan yang tidak diketahui, hanya memberi saya kesempatan. Dan saya pikir untuk mendapatkan kesempatan itu, Anda harus lapar, tetapi tidak pernah merugikan orang lain. Saya tidak mengatakan pergi ke perpustakaan dan mencuri, merobek halaman yang merugikan orang lain. Benar -benar menunjukkan kerendahan hati dan tahu apa yang Anda ketahui dan apa yang tidak Anda ketahui, dan merasa nyaman tidak tahu dan pergi dalam hal yang tidak diketahui, jika Anda mau.
Setidaknya jika Anda pergi ke kiri, saya selalu ingin mengatakan, dan itu tidak benar di jalan Anda, selama itu adalah bobot cahaya yang tersisa, Anda selalu bisa pergi ke kanan dan tentu saja benar, tetapi jika Anda berdiri di sana, Anda hanya akan mati di gunung, jadi saya selalu melihat itu semua tentang momentum dan hanya mencoba, dan dunia tidak statis. Maksud saya, ketika Anda berpikir Anda benar -benar seksi, Anda mungkin tidak panas.
Itu kesalahan yang saya buat, pendiri saya membuat dan segalanya. Ketika itu buruk, itu benar -benar tidak seburuk itu, dan ini benar -benar tentang mencoba mengadopsi bahkan lunas itu. Pikiran manusia tidak dibangun seperti itu. Setidaknya, saya pikir banyak orang terbaik, Anda mungkin mengatakan mereka autis, tetapi Anda tahu apa? Mereka bahkan lunas dan mereka membuat keputusan yang sangat tenang. Saya tidak bisa mengatakan saya melakukannya sepanjang waktu. Saya telah berlatih dan berusaha meningkatkan, jadi saya pikir untuk setiap anak muda, itu benar -benar terbuka untuk bertanya dan benar -benar sangat rendah hati, sangat lapar untuk dipelajari.
Berpikiran terbuka. Maksud saya, jalan saya, saya tidak pernah berpikir ... saya mulai melakukan investasi karena saya berada di tempat yang tepat. Saya melakukan perbankan, saya melakukan hukum, kemudian saya adalah seorang pendiri dan kemudian membawa saya kembali lingkaran penuh, tetapi berpikiran terbuka dan mencoba banyak hal. Ketika Anda benar -benar muda, saya selalu mengatakan ketika saya bertemu dengan seorang anak muda, jika mereka tahu apa yang akan mereka lakukan, itu sebenarnya membuat saya semakin gugup. Saya pikir mereka belum benar -benar memberikannya kesempatan dan saya akan mendorong Anda, jika Anda memiliki magang musim panas, mungkin membaginya dan melakukan dua.
Banyak mahasiswa, jika ada yang mendengar ini, mereka dipersilakan untuk menjangkau saya. Intudo membutuhkan cukup banyak magang. Sebagian besar pekerja magang kami, kami mencoba untuk memungkinkan mereka untuk berpisah sehingga mereka dapat bekerja setengah musim panas dengan perusahaan portofolio kami, serta dalam intudo. Baris nomor satu adalah bahwa, jika Anda seorang teman Indonesia yang sangat berbakat dan Anda ingin mendapatkan paparan ke Asia Tenggara atau Indonesia, saya sangat mendorong Anda untuk menjangkau langsung kepada diri saya sendiri. Saya tidak memiliki admin, atau tidak ada orang di tim kami yang memiliki admin. Intudo Ventures Orang -orang berkata, "Hei, bung, apa timmu?" Saya seperti, "Ini enam rekan."
Mereka "hei, tim lain di pasar memiliki lebih banyak admin daripada seluruh tim investasi Anda." Saya seperti, "Itu benar. Ketika Anda menjadwalkan dengan saya, Anda menjadwalkan dengan saya," jadi ya. Jadi saya akan mendorong Anda, siapa pun menulis email kepada saya. Yakinlah saya akan menghubungi Anda kembali.
Jeremy Au: (58:13)
Luar biasa. Nah, Anda ingin melanjutkan percakapan ini, kunjungi jeremyau.com, akan ada utas diskusi tentang episode podcast ini. Rincian cara mencapai Eddy juga akan ada di situs web, tetapi bagi mereka yang hanya ingin mendengar adalah mendengarkan, bagaimana kami bisa menjangkau Anda? Re LinkedIn, Twitter, Email? Bagaimana Anda ingin membagikannya?
Eddy Chan: (58:29)
Rekomendasi saya pasti, jangan ragu untuk menambahkan saya di LinkedIn. Secara umum, jika Anda bisa menulis notasi, satu atau dua kalimat konteks, supaya saya tahu itu orang sungguhan, dan jika tidak, Anda dipersilakan untuk menghubungi saya melalui email. Ini hanya Eddy, Eddy, @intudovc.com dan tentu saja merujuk podcast teman saya Jeremy dan komitmen saya kepada Anda, saya pasti akan kembali berhubungan.
Jeremy Au: (58:49)
Luar biasa! Terima kasih banyak, Eddy. Ini adalah kesenangan mutlak dan saya hanya ingin mengatakan, saya mengagumi tiga hal yang benar -benar Anda katakan, itu benar -benar merangkumnya. Ini seperti Indonesia adalah pasar dengan sendirinya dan kedalaman pemahaman Anda di sana. Dan kemudian, tentu saja, ada pemahaman Anda tentang apa yang diperlukan untuk menang sebagai startup, tetapi juga sebagai VC. Dan bagaimana pendekatan Anda berbeda dan bagaimana hal itu menarik bagi orang yang berbeda, terutama pendiri.
Dan ketiga, saya pikir Anda memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang perlu dipikirkan dan diperhatikan oleh bakat sebelum pulang atau sebelum mereka mengatur karier teknologi mereka, jadi terima kasih banyak, Eddy.