Leanne Robers: She Loves Tech, Founder -VC Gender Feedback Dynamics & Entrepreneur Psychology - E312
Begitu banyak VC laki -laki mendatangi saya dan sering kali, mereka mengatakan mereka berusaha menemukan keseimbangan. Mereka akhirnya memberikan nasihat yang kurang langsung dan kurang bermanfaat bagi startup karena mereka takut akan dampaknya. Ini adalah dua cara. Kita harus dapat membuat ekosistem yang tidak dapat dilakukan oleh VC, dan tidak ada yang dapat diberikan oleh VC, dan tidak ada yang dapat memberikan gaji, dan tidak ada yang dapat memberi gaji, dan tidak ada gaji yang tidak dapat diuntungkan oleh para pendiri dan tech. Secara pribadi. - Leanne Robers
Salah satu hal yang kami perhatikan setelah mengumpulkan data dari dia mencintai pengusaha teknologi adalah bahwa mayoritas pendiri kami mengatakan mereka akan meletakkan kepala mereka dan melakukan pekerjaan yang baik, dan berkonsentrasi pada pembangunan produk. Kadang -kadang, dengan itu pada fokus, sementara Anda mendapatkan daya tarik, banyak hal yang kami sadari, Anda juga dapat menghabiskan waktu untuk melakukan hal -hal yang diperlukan untuk melakukan hal -hal yang diwujudkan dan dapat dihabiskan untuk melakukan hal -hal yang diwujudkan dan dapat dihabiskan untuk melakukan hal -hal yang diwujudkan dan dapat dihabiskan untuk melakukan hal -hal yang diperlukan untuk melakukan hal -hal yang diwujudkan dan dapat dihabiskan untuk melakukan hal -hal yang diperlukan untuk melakukan hal -hal yang diperlukan untuk melakukan hal -hal yang diperlukan untuk melakukan hal -hal yang diperlukan untuk melakukan hal -hal yang diperlukan untuk melakukan hal -hal yang diperlukan untuk melakukan hal -hal yang diperlukan. Kemitraan dengan orang yang berbeda. - Leanne Robers
Kami melihat berapa banyak pengusaha yang memiliki keyakinan yang membatasi tentang diri mereka sendiri dan mereka tidak melempar atau dapat tumbuh dengan kemampuan terbaik mereka. Kemudian, saya berpikir untuk menyatukan psikologi dan kewirausahaan. Kami mulai memperkenalkan psikologi yang paling penting bagi para pendiri kami. diri kita menempatkan begitu banyak dari diri kita sendiri ke dalam startup kita. - Leanne Robers
Leanne Robers , salah satu pendiri She Loves Tech , dan Jeremy Au berbicara tentang tiga sorotan utama:
1. Foundational Journey: Leanne berbagi perjalanan pribadinya dari bekerja di Siemens, hingga membangun banyak usaha seperti Hedge Club dan Comish, dan bagaimana pengalaman kumulatif itu membantu membangun dia mencintai teknologi, pertama sebagai proyek gairah, dan akhirnya menjadi kompetisi startup dan program akselerasi terbesar di dunia untuk wanita di bidang teknologi. Dia bertujuan untuk mengatasi tantangan unik yang dihadapi para pendiri teknologi wanita dengan menyediakan mereka dengan alat, sumber daya, dan paparan terhadap tokoh -tokoh berpengaruh seperti Arianna Huffington, Reid Hoffman, dan Tim Draper.
2. Gender Dynamics & Supporttif VC Hubungan: Mereka berbicara tentang nuansa dinamika gender di ekosistem startup, menyoroti tantangan yang sering dihadapi oleh para pendiri wanita ketika mencari dan menginternalisasi umpan balik dari VC. Leanne menyarankan pendiri wanita untuk secara proaktif mencari umpan balik, tidak meminumnya secara pribadi, dan menggunakannya secara positif. Dia juga menggarisbawahi tanggung jawab VC pria untuk berempati dan bijaksana dalam pendekatan mereka, memastikan umpan balik mereka konstruktif dan memberdayakan.
3. Mengintegrasikan Psikologi ke dalam Kewirausahaan: Menggambar dari rasa hormatnya yang mendalam terhadap psikologi dan panutan dalam hidupnya, terutama ayahnya, Leanne menjelaskan bagaimana pemahaman konsep psikologis dapat menjadi pengubah permainan dalam kewirausahaan. Dia mengatakan bahwa memahami perilaku manusia, motivasi, dan kognisi telah melengkapi dia dengan wawasan unik tentang tantangan dan peluang yang dihadapi wanita dalam kewirausahaan teknologi. Mengintegrasikan prinsip -prinsip ini telah membantu penjahitnya, ia menyukai inisiatif Tech, memastikan mereka beresonansi pada tingkat yang lebih dalam dengan pendiri wanita, dan memberikan mereka tidak hanya dengan wawasan bisnis, tetapi juga dengan alat dan strategi pertumbuhan pribadi.
Mereka juga menyentuh pentingnya kesejahteraan mental bagi para pendiri, pentingnya membangun hubungan dalam ekosistem wirausaha, keberanian untuk meninggalkan pekerjaan yang stabil untuk mengejar proyek gairah, dan peran masyarakat dalam menumbuhkan inovasi dan pertumbuhan.
Tentu?
Didukung oleh Ringkas
Ringkas adalah platform hipotek digital yang bertujuan untuk menyelesaikan akses ke masalah pembiayaan bagi para pencari rumah di Indonesia dan Asia Tenggara. Ringkas saat ini berkolaborasi dengan semua bank besar di Indonesia dan pengembang properti terbesar di lebih dari 15 kota. Visi Ringkas adalah untuk mendemokratisasi kepemilikan rumah dan menciptakan lebih dari 100 juta pemilik rumah. Jangan hanya bermimpi memiliki rumah. Mewujudkannya. Jelajahi lebih lanjut di www.ringkas.co.id
Tentu?
Jeremy AU: (01:17)
Pagi, Leanne, sangat senang memiliki Anda di acara itu. Anda adalah salah satu pendiri She Loves Tech, dan saya telah mengenal Anda selama bertahun-tahun, Anda memiliki perjalanan yang luar biasa untuk berbagi tentang kewirausahaan dan psikologi. Sangat bersemangat untuk berbagi perjalanan Anda. Bisakah Anda berbagi sedikit tentang diri Anda?
Leanne Robers: (01:31)
Pertama, Hai Jeremy. Senang sekali berada di sini. Ya, kami telah berteman selama bertahun -tahun dan, melakukan perjalanan bersama dalam berbagai usaha, jadi itu benar -benar menyenangkan. Terima kasih banyak telah menerima saya.
Jeremy AU: (01:44)
Ya. Jadi bisakah Anda berbagi sedikit tentang, apa dan siapa Anda sebagai pribadi dalam hal biografi Anda, dan prestasi? Dan tentu saja kita akan membicarakan sedikit tentang hari -hari awal Anda dari sana.
Leanne Robers: (01:57)
Yah, saya kira saya akan mulai dari awal. Saya Leanne. Saya mendirikan empat perusahaan. Masa terakhir saya, dia mencintai teknologi. Dan sebelum itu, saya benar -benar memulai karir saya di Inggris, dengan konglomerat Jerman bernama Siemens dan saya sedang melakukan pengembangan bisnis internasional. Saya melakukan itu selama sekitar empat tahun sebelum pindah kembali ke Singapura. Ketika saya pindah kembali ke Singapura, saya melihat semua pekerjaan di sekitar dan saya berkata, Anda tahu apa? Tidak ada yang benar -benar menarik minat saya. Biarkan saya memulai bisnis saya sendiri. Pada saat itu, tidak ada yang namanya startup. Itu benar -benar hanya bisnis menengah kecil. Jadi saya bermitra bersama dengan orang lain yang datang sangat direkomendasikan melalui teman -teman dan berkata, Oke, mari kita lakukan sesuatu bersama. Jadi kami memulai bisnis perhotelan dan real estat di mana kami memperoleh butik kecil, lokasi dan mengubahnya menjadi hotel. Jadi kami memiliki ini putus -putus di sekitar Asia Tenggara di Bintan dan Bali dan Krabby di Chiang Mai.#
Leanne Robers: (03:05)
Dan, kami melakukan beberapa hal. Kami melakukan kartel butik kecil kami. Kami juga melakukan lengan anggur juga, dan terakhir, kami melakukan restoran. Jadi itu adalah usaha pertama saya dalam kewirausahaan. Dan Jeremy, saya bisa memberi tahu Anda, itu sulit, bukan? Saya tidak menyadari apa yang saya hadapi dan dua tahun kemudian, saya telah pergi dan saya telah berkata, Anda tahu apa? Ini sangat sulit. Saya tidak akan pernah pergi ke kewirausahaan lagi. Kewirausahaan sama sekali bukan untuk saya. Kemudian saya pergi ke konsultasi, khususnya konsultasi kepemimpinan, bekerja sama dengan manajemen, dan manajemen senior di MNC besar dan membantu mereka untuk memenuhi beberapa KPI strategi mereka.
Jadi saya melakukan itu selama dua tahun lagi, pindah ke AS untuk melakukan tuan saya, dan ketika saya melakukan tuan saya di Penn, saya menemukan sekelompok orang di Wharton dan mereka sangat bersemangat tentang kewirausahaan dan begitu banyak orang memulai usaha baru dan terus -menerus mengatakan, Leanne, Leanne, bergabung dengan tim kami, dan saya agak terbakar. Saya harus mengakui Jeremy dari perjalanan kewirausahaan yang saya miliki di masa lalu. Dan saya seperti, tidak, mengapa saya tidak berkonsultasi untuk Anda? Tapi saya tidak benar-benar ingin bergabung sebagai co-founder. Saya senang melakukan ini secara sementara. Dan saya sangat menikmatinya, brainstorming, penciptaan produk baru dari nol ke satu. Dan itu benar-benar memberi energi kepada saya dan kemudian saya menyadari bahwa bukan karena saya membenci kewirausahaan, saya hanya perlu menemukan yang tepat cocok dengan rekan pendiri saya, dan ketika Anda memiliki tim pendiri yang tepat, hal-hal terjadi dan hal-hal bergerak begitu lancar, dan ketika Anda selaras dengan hasrat yang sama, itu benar-benar membawa begitu banyak energi ke dalam tim.
Jadi saya kembali ke kewirausahaan. Saya memulai perusahaan kedua saya bernama The Hedge Club. Dan bersama dengan orang -orang yang saya temui di Wharton dan itu adalah platform perdagangan sosial yang kami lakukan di New York. Namun, satu setengah tahun ke dalamnya, saya sebenarnya memiliki sedikit masalah medis dan keluarga saya ada di Singapura dan saya benar -benar ingin berada di dekat keluarga saya. Saya juga ingin berada di sekitar perawatan medis yang saya kenal. Maka saya pindah kembali ke Singapura dan masuk dan keluar dari rumah sakit selama sekitar enam bulan. Dan semacam itu berakhir dengan operasi besar pada akhirnya. Tetapi sementara itu, gatal wirausaha itu masih ada di sana. Jadi saya terus mencari cara untuk membangun sesuatu. Dan saya bertemu orang ini ketika saya berada di Indonesia dan kami berkata, hei, ada begitu banyak seniman yang sangat berbakat di Asia Tenggara. Tapi, bagaimana seluruh dunia menemukan mereka? Dan begitu banyak dari mereka yang berjuang. Jadi kami menciptakan Comish untuk memberi mereka platform bagi mereka untuk ditemukan oleh orang -orang dari seluruh dunia, tetapi juga platform commissioning untuk membantu mereka menciptakan seni yang ditugaskan, dan dengan cara yang cerdas, dan dengan cara yang benar -benar membantu menjembatani kesenjangan antara artis dan pembeli.
Jeremy AU: (06:28)
Ya. Jadi di sinilah Anda dan kemudian, Anda melanjutkan untuk membangun dia mencintai teknologi, bukan? Yang merupakan platform bagi pendiri wanita di seluruh dunia dan Asia. Bisakah Anda berbagi sedikit lebih banyak tentang itu?
Leanne Robers: (06:41)
Jadi menjadi pengusaha tiga kali, saya menyadari bahwa, hei, pertama, kewirausahaan benar -benar tidak seksi sama sekali, bukan? Ini adalah perjalanan yang sangat sulit, sulit, dan panjang. Dan sebagai pengusaha teknologi, terutama di masa -masa awal, saya biasanya adalah satu -satunya wanita di ruangan itu, satu -satunya wanita dalam konferensi teknologi. Itu sangat sulit. Itu sangat menantang. Saya tahu bahwa ada banyak investor yang kami hadapi dan, mereka jauh lebih nyaman berbicara dengan salah satu pendiri pria saya daripada berbicara kepada saya ketika saya menjadi CEO perusahaan. Jadi saya berkata, oke, bagaimana kita bisa mengubahnya? Maka, kami bertiga, sepertinya, memiliki tiga pendiri. Jadi kami bertiga, benar -benar datang bersama untuk dapat membuat platform untuk membantu para pendiri teknologi wanita untuk pertama -tama, dipamerkan, tetapi kedua, memberi mereka alat dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk mengatasi beberapa tantangan unik yang mereka hadapi.
Dan Jeremy, ini adalah tahun kesembilan kami dalam melakukan dia mencintai teknologi dan saya tidak percaya sudah berapa lama. Tetapi ketika kami pertama kali memulai, dia mencintai Tech, itu benar -benar proyek gairah. Kami semua memiliki pekerjaan penuh waktu yang berbeda dan kami menyadari bahwa itu dengan cepat mendapatkan begitu banyak momentum sehingga kami semua harus membuat pilihan. Apakah kita tetap dalam pekerjaan penuh waktu atau kita melakukan ini? Yang mana kita tidak tahu model bisnis apa, bukan? Bagaimanapun, itu adalah proyek gairah, jadi tidak tahu bagaimana menghasilkan uang dari hal ini, tetapi melepas momentum seperti itu dan kami bertiga memutuskan secara individual bahwa ada sesuatu di sini.
Jadi saya meninggalkan perusahaan saya, untuk mengatakan, Anda tahu apa? Saya akan mengambil risiko dan apakah dia suka teknologi. Maka sudah sembilan tahun, dan sekarang kita adalah program startup, kompetisi, dan akselerasi terbesar di dunia untuk wanita dalam teknologi. Kami beroperasi di 72 negara di seluruh dunia, dan kami memiliki lebih dari 13.000 startup yang datang di She Loves Tech. Kami juga menyelenggarakan Konferensi Unggulan Asia untuk Women in Technology dan kami baru saja berbicara di konferensi kami, termasuk orang -orang seperti Ariana Huffington, Reid Hoffman, pendiri LinkedIn, pemenang Hadiah Nobel Perdamaian, menteri, Tim Draper.###
Leanne Robers: (08:54)
Kami memiliki putrinya Jesse Draper dan banyak lagi.
Jeremy AU: (08:59)
Besar. Jadi saya pikir banyak orang telah berbicara tentang apa tantangan dan peluang yang membuka peluang bagi pendiri wanita. Saya penasaran. Seperti apa dari sudut pandang Anda sebagai pembangun platform? Bagaimana rasanya fokus pada misi ini? Hal -hal apa yang harus Anda lakukan secara berbeda dan hal -hal apa yang harus Anda lakukan hal yang sama dari inkubator dan akselerator lain dari sudut pandang Anda?
Leanne Robers: (09:22)
Nah, pertama, semua yang kami lakukan dari She Loves Tech berasal dari tempat yang dibutuhkan. Itu datang dari tempat yang, hei, tidak ada orang lain yang melakukan, jadi mari kita lakukan sendiri. Kami mulai dia mencintai teknologi. Dia mencintai Tech benar -benar salah satu orang pertama yang benar -benar membentuk seluruh wanita dalam gerakan teknologi bersama dengan organisasi lain. Maju cepat sembilan tahun kemudian, kami menjadi pemimpin dalam banyak hal, pemimpin dalam kompetisi startup kami di mana kami adalah yang terbesar di dunia, pemimpin dalam program akselerasi kami, dan pemimpin dalam konferensi yang kami jalankan. Dan karena semua hal ini, kami juga sekarang dapat memiliki database dan pipa terbesar di dunia untuk pendiri teknologi wanita.
Jadi karena semua kegiatan yang kami lihat karena dia mencintai teknologi, semua yang kami tambahkan keluar dari kebutuhan, datang karena kami melihat bahwa ada celah besar ini, apakah itu masyarakat, apakah itu ekosistem, dan tidak ada orang lain yang menyelesaikannya. Jadi kami berkata, mari kita selesaikan. Jadi misalnya, pendiri teknologi wanita, pada saat itu ketika kami pertama kali memulai, ada kompetisi startup. Tetapi ketika Anda pergi, pertama, sering kali tidak ada pendiri teknologi wanita. Kedua, ketika ada seorang pendiri teknologi token, dan dia memiliki benteng yang besar, kadang -kadang membedakan antara laki -laki dan perempuan. Dan kemudian ketiga, orang -orang yang mengorganisir biasanya adalah penyelenggara pria atau hakim pria, dan dunia VC juga semuanya adalah VC laki -laki. Jadi kami berkata, oke, bagaimana kami bisa mengubah persamaan ini? Jadi Sheila berkata, ketika kami memulai kompetisi startup kami, kami mengatakan, oke, kami akan melakukan pendiri teknologi dampak wanita yang dipimpin wanita. Jadi sekitar 90% dari wanita kami dari pendiri kami adalah pendiri teknologi wanita, bukan?
Jadi, setidaknya satu pendiri teknologi wanita di perusahaan. Dan paling tidak 10% adalah teknologi yang dibangun yang menggunakan teknologi secara positif untuk membantu wanita. Jadi misalnya, itu akan menjadi solusi MedTech, solusi femtech, dan lain -lain. Jadi, kami berkata, dan kemudian ketika kami melihat, misalnya, untuk hakim, kami menyadari, hei, para hakim mengajukan pertanyaan yang berbeda apakah mereka hakim pria atau wanita. Jadi kami bilang, oke, mari kita seimbang. Jadi karena dia mencintai teknologi, kami melakukan 50%. Jadi kami benar -benar mencoba menciptakan saldo 50% hakim wanita dan 50% hakim laki -laki. Sama dengan pembicara kami. Ketika kita berpikir tentang kepemimpinan pemikiran, kita bukan jenis organisasi atau konferensi yang mengatakan, Anda tahu apa, itu harus semua pembicara wanita. Kami berkata, hei jika kami ingin membuat lebih banyak inklusi ke dalam ekosistem, kami benar -benar harus melibatkan semua suara ini. Dan sekali lagi, kami benar-benar berjuang untuk 50-50 dalam hal perwakilan perempuan dan juga perwakilan pria untuk penutur kami.
Dan terakhir, itu benar -benar tantangan yang dihadapi para pendiri teknologi wanita. Jadi yang kita lihat adalah bahwa pengusaha wanita, hanya memiliki perjalanan yang berbeda. Secara biologis, kami berbeda. Cara pitch wanita juga berbeda. Jadi, misalnya, pendiri pria cenderung mengatakan, Anda tahu apa? Saya akan memberi tahu Anda di pertemuan pertama saya bagaimana saya akan mencapai status unicorn. Pendiri Teknologi Wanita, apa yang mereka lakukan adalah mereka memberi tahu Anda apa yang telah mereka lakukan dengan benar? Jadi, mereka melihat ke masa lalu, sedangkan pendiri teknologi pria berharap. Jadi pertama -tama, dikatakan, hei, bagaimana kita pertama -tama dapat mendidik investor pria untuk menyadari bahwa ini adalah jenis konteks dan ini adalah jenis jawaban yang akan diberikan wanita?
Ini adalah cara yang akan dilakukan wanita dan juga untuk membantu para investor benar -benar mencoba mengajukan pertanyaan untuk menarik beberapa jawaban itu, tetapi kemudian juga bagi para pendiri teknologi wanita untuk mengajari mereka cara melempar dengan cara yang paling berdampak. Kami memiliki begitu banyak mentor yang datang karena program bimbingan kami yang melihat pengusaha kami dan mereka berkata, wow, Anda memiliki pengusaha luar biasa yang membangun solusi inovatif. Saya hanya berharap mereka semua tahu betapa menakjubkannya mereka. Saya hanya berharap mereka melempar betapa menakjubkannya mereka. Jadi bagi kami, ini juga membantu para pendiri teknologi wanita ini mengatakan, hei, pitch ke cara yang tidak meremehkan kesuksesan Anda, itu tidak meremehkan pencapaian Anda. Itu benar -benar hanya menampilkan, bahwa Anda tidak membual, Anda hanya menyatakan fakta dan menampilkan semua hal hebat yang Anda lakukan.
Jeremy Au: (13:57)
Ya. Karena, jadi, saya pikir Anda mulai berbagi tentang beberapa saran yang Anda berikan kepada pendiri wanita, kan? Misalnya, bagaimana mereka melempar dan cara menggalang dana. Apa saran lain yang menurut Anda sangat penting bagi pendiri wanita untuk benar -benar dibawa?
Leanne Robers: (14:13)
Saya pikir kadang -kadang, salah satu hal yang kami perhatikan setelah mengumpulkan ribuan data dari pengusaha kami adalah bahwa pendiri teknologi wanita, atau setidaknya yang datang melalui ia mencintai teknologi, jadi saya hanya melihat 13.000 yang kami miliki akses ke data. Tetapi kami benar -benar menemukan bahwa mayoritas pendiri kami berkata, Anda tahu, saya akan menundukkan kepala dan melakukan pekerjaan yang baik, bukan? Saya akan berkonsentrasi pada produk pembangunan. Dan kadang -kadang dengan fokus itu, saat Anda mendapatkan daya tarik, banyak daya tarik pada tahap awal, Anda juga tidak menghabiskan waktu membangun hubungan di ekosistem yang kami sadari sangat diperlukan bagi Anda untuk dapat menggalang dana, untuk dapat melakukan kolaborasi dan kemitraan dengan orang yang berbeda, bahkan bagian visibilitas. Maka visibilitas pendiri teknologi wanita benar -benar perlu meningkat.
Kedua, jaringan pendiri teknologi wanita benar -benar perlu meningkat, jadi kami benar -benar mendorong pendiri teknologi kami untuk mengatakan hei, pergi dan lebih banyak jaringan. Kami menyadari bahwa mungkin sekitar 40 hingga 50% dari mereka yang datang ke She Love Tech Say, saya hanya datang ke She Loves Tech. Saya tidak pernah melamar ke hal lain. Saya hanya melakukan dia mencintai teknologi karena karena alasan apa pun, karena, dari kredibilitas yang kami bangun dengan nama merek kami, tetapi juga karena mereka tahu bahwa kami memiliki minat terbaik mereka. Jadi mereka berkata, Anda tahu apa, saya tidak melakukan program akselerasi lainnya. Saya tidak melakukan kompetisi startup lainnya. Aku hanya akan dia mencintai teknologi dan kami berkata, hei, kamu harus berbuat lebih banyak. Anda harus berada di luar sana, Anda harus terlihat. Dia mencintai teknologi dapat membantu membawa Anda ke sini, tetapi Anda benar -benar harus terus terlihat di ekosistem. Jadi kami terus mendorong mereka.
Kami juga menyatukan jaringan kami sendiri serta alumni kami sendiri untuk membantu meningkatkan jaringan mereka, tetapi kami benar -benar mendorong mereka untuk melakukan hal yang sama di negara mereka sendiri, di ekosistem mereka sendiri untuk benar -benar membangunnya.
Jeremy Au: (16:21)
Ya. Jadi, ketika Anda mengatakan visibilitas, apa artinya itu? Apakah itu berarti kopi dan makan siang, atau apakah itu berarti branding pribadi seperti LinkedIn dan podcast? Jadi apa artinya dari sudut pandang Anda, untuk visibilitas?
Leanne Robers: (16:36)
Ada banyak hal. Visibilitas benar -benar berarti pertama kali terlihat dalam acara. Jadi, yang kami perhatikan adalah bahwa pendiri teknologi wanita jauh lebih, lebih kecil kemungkinannya, Anda tahu apa, saya akan membayar jumlah X untuk konferensi teknologi. Sedangkan pendiri teknologi pria mengatakan, hei, ini adalah investasi karena untuk $ 100 ini yang saya bayar untuk konferensi teknologi ini, saya akan membawa kembali 10 kali, 20 kali nilai itu dalam akuisisi pelanggan atau bahkan dalam penggalangan dana. Jadi kami melihat lebih sedikit pendiri teknologi wanita di acara -acara, bukan karena mereka tidak ada. Dia mencintai Tech memiliki saluran pipa yang begitu besar sehingga kami sadari, hei, Anda tahu apa, ada cukup banyak pendiri teknologi wanita, jadi mereka ada di dunia, tetapi kami tidak melihatnya karena sering kali mereka tidak melihat nilai dalam hal itu, dan berada dalam konferensi teknologi tersebut. Jadi itu benar -benar berada di ekosistem, berada di acara tersebut.
Kedua, dalam apa yang Anda sebutkan visibilitas dalam hal podcast, dalam hal media, mereka cenderung mengatakan, hei, dapatkah Anda memperkenalkan saya pada teknologi di Asia? Bisakah Anda memperkenalkan saya kepada Ash Lauren? Saya salah satu pendiri She Loves Tech, tetapi tetap saja, jumlah pendiri pria dari ekosistem yang mengatakan, hei, dapatkah Anda memperkenalkan saya kepada E27, kepada teknologi di Asia, kepada Bloomberg, kepada semua orang ini versus jumlah pendiri teknologi wanita, meskipun kami memiliki 13.000 datang melalui dia mencintai teknologi. Maksud saya keseimbangan yang mengatakan, hei, saya hanya perlu visibilitas media. Saya perlu menggunakan media untuk membuat pengumuman ini bahwa saya baru saja mengumpulkan rute penggalangan dana. Saya ingin menggunakan media untuk membuat pengumuman ini bahwa saya baru saja meluncurkan produk baru. Dan masalahnya adalah jika Anda tidak terlihat di ekosistem, orang tidak tahu tentang Anda.
Anda dapat memiliki produk terbaik di dunia, tetapi jika orang tidak tahu apa yang Anda bangun, sayangnya, itu benar -benar tidak terlihat, tidak ada dalam pikiran. Mereka tidak akan menjadi pelanggan Anda, Anda tidak akan mendapatkan penggalangan dana. Jadi Anda benar -benar perlu terlihat di banyak bidang. Jadi itu benar -benar mengambil langkah itu. Dan itu adalah langkah yang sulit. Pendiri tipe wanita. Bahkan untuk diri saya sendiri, sulit bagi saya untuk berbicara tentang diri saya sendiri. Itu adalah sesuatu yang harus saya pelajari, tetapi saya ingat hanya merasa sangat sulit pada tahap awal untuk hanya memberi tahu orang -orang apa yang telah saya lakukan.
Dan sebenarnya, ini terjadi pada saya baru -baru ini, mungkin sekitar sebulan yang lalu. Kami benar -benar meluncurkan produk baru dan jadi kami pergi ke VC yang telah kami ketahui selama bertahun -tahun, dan sebenarnya memiliki dua dokter pria. Dan kami berkata, hei, bisakah kami memberikan ini kepada Anda? Dan bisakah Anda memberi kami umpan balik saja? Jadi, kami melempar ke mereka. Mereka berkata, oke, lihat, kita tahu dia mencintai teknologi selama bertahun -tahun. Anda tidak melakukan keadilan. Pertama, tim Anda meluncur, Anda baru saja melewatinya dalam 10 detik. Dan mereka berkata, setelah pitch itu, saya tidak tahu apa -apa tentang tim. Dan saya berkata, oh, yah, tapi Anda tahu kami, kan? Jadi kami tidak berpikir bahwa Anda perlu mendengar tentang itu. Jadi mereka berkata, oke, taruh itu padaku. Jadi saya katakan, oke, ini tim, inilah co-founder, ini adalah prestasi kami. Dan saya mendaftarkannya seperti yang akan saya lakukan di CV saya, atau melalui LinkedIn. Oke. Inilah yang telah kita capai, bla, bla, bla. Dan mereka berkata, wow. Mereka berkata, oke, ini tidak akan menjadi PC sama sekali, tetapi bisakah Anda menyalakan kembali ini kepada saya dan berpura-pura bahwa Anda adalah pendiri teknologi pria? Dan saya berkata, apa? Dan saya bilang saya tidak tahu apa yang Anda maksud. Saya pikir saya tahu tentang itu secara kognitif, saya hanya tidak tahu bagaimana melakukannya. Jadi mereka berkata, oke, izinkan kami memberi tahu Anda bagaimana kami akan melempar Anda.
Dan mereka akan berkata, oh, rober Leanne, pengusaha serial, dan karena ini mendapatkan begitu banyak wawasan tentang seluruh seluk beluk dari seluruh ekosistem teknologi, dan lain -lain. Dan saya seperti, wow. Saya benar -benar baru saja mendaftarkan semua pencapaian saya seperti yang akan saya lakukan pada CV tanpa, memperindah atau apa pun. Dan itu tidak terlalu memperindah atau membual. Benar -benar hanya mengatakan, hei, bagaimana kami bisa menyajikan ini kepada Anda? Dengan cara yang hanya menjadi sesuatu yang tidak hanya menyatakannya seperti profil LinkedIn. Bagaimana kami bisa memberikan ini kepada Anda dengan cara yang menarik, dengan cara yang menceritakan kisah yang sangat kuat ini? Jadi saya pikir, sebagai pendiri karena dia mencintai teknologi, kadang -kadang, kami tahu ini dan kami memberi tahu pendiri teknologi kami, tetapi kami juga jatuh ke dalam perangkap yang sama, hei, bahkan untuk diri kami sendiri, kami perlu belajar untuk dapat melempar diri kami dengan lebih baik.
Jeremy Au: (21:24)
Wow, cerita yang luar biasa. Terima kasih telah berbagi saran yang Anda berikan kepada orang lain, tetapi juga saran yang Anda terima dan bagaimana menggabungkannya. Yang menarik adalah mengingatkan saya pada percakapan yang saya lakukan dengan VC. Dan sebagai VC pria, saya pikir dia berbagi tentang bagaimana dia khawatir memberikan umpan balik kepada pendiri wanita karena, dia tidak tahu apakah dia terlalu langsung, dalam hal ini dia akan dilihat karena saya pikir kekhawatirannya terlihat sebagai patriarkal atau dengan cara negatif. Maka dia memutuskan, pada akhirnya, untuk bersandar dan saya akan mengatakan mengenakan sarung tangan anak sedikit dalam hal umpan balik. Jadi dia tidak akan memberikan tingkat umpan balik atau keterusterangan yang sama dengan yang dia lakukan kepada pendiri pria. Dan saya pikir itu adalah percakapan yang sangat menarik karena hampir dua langkah. Sepertinya dia ingin melakukan hal yang benar, tapi dia takut melakukan hal yang salah. Jadi akhirnya melakukan hal yang sedikit salah. Tapi baginya, ini adalah yang paling buruk dari semua pilihan. Dan saya pikir itu hanya dinamika yang menarik.
Leanne Robers: (22:10)
Tapi Jeremy, saya sudah sering mendengar cerita ini. Begitu banyak VC laki -laki mendatangi saya dan mengatakan hal yang sama dan mereka benar -benar berjuang dengan itu. Sering kali, kata mereka, saya mencoba menemukan keseimbangan ini, dan Anda benar. Mereka akhirnya memberikan nasihat yang kurang langsung, dan kurang bermanfaat bagi startup karena mereka takut. Mereka takut akan dampak apa pun. Dan saya pikir ini adalah dua arah, jadi kita benar -benar harus dapat membangun ekosistem yang mengatakan, hei, Anda tahu apa? Saya akan dapat memberikan umpan balik terbaik kepada Anda karena itu akan menguntungkan Anda, dan kedua, itu juga kepada para pendiri teknologi, pria atau wanita, kepada para pendiri teknologi yang mengatakan, hei, setiap kali saya mendapat umpan balik, saya harus memastikan bahwa saya tahu bahwa saya tidak mengambil ini secara pribadi. Saya harus memastikan bahwa saya tahu bahwa orang yang saya minta umpan balik melakukan ini dari minat terbaik saya, dan melakukan ini untuk membantu saya.
Hei, umpan balik tidak menyenangkan dan tidak selalu mudah ditelan. Tapi bagaimana kita bisa mundur selangkah dan berkata, oke, Anda tahu apa, ada dua bagian otak? Di sinilah psikologi saya masuk, kan? Ada dua bagian otak. Ada sisi kognitif, dan ada sisi emosionalnya. Bagaimana kita bisa mengatakan, hei, sisi emosional terasa lebih dulu sebelum kita bisa berpikir, tetapi bagaimana kita bisa mundur selangkah dan berkata, saya segera merasakannya jika ini terasa buruk, tetapi saya akan membiarkan sisi kognitif masuk dan berkata, hei, ini sesuatu? Pertama, saya meminta umpan balik, saya meminta umpan balik langsung. Dan kedua, ini adalah kepentingan terbaik saya dan untuk perusahaan. Kami telah melihat kasus di mana pendiri atau VC secara terang -terangan mengatakan hal -hal yang salah pada saat yang sama. Saya pikir itu bisa mengatakan, bagaimana kita bisa membedakannya? Bagaimana kita bisa membedakan, apakah orang ini mengatakan sesuatu yang benar yang bermanfaat bagi saya versus mengatakan sesuatu yang ada di sana untuk mendiskriminasi saya? Dan saya pikir kedua hal ini sangat berbeda.
Jeremy AU: (24:28)
Ya, saya juga mendengar cerita horor, hal -hal buruk yang telah dikatakan, dan saya seperti terkejut tentang itu. Saya pikir bagian rumit untuk VC pria adalah bahwa ada aktor itikad baik dan aktor itikad buruk. Dan Anda tidak ingin disatukan tetapi itu bisa terasa seperti sebuah kontinum daripada kejelasan biner. Jadi saya pikir orang sangat khawatir tentang itu. Tapi ya, saya pasti mendengar cerita buruk yang saya sukai, whoa, tidak bagus. Dan saya pikir juga, ada dinamika yang menarik juga.
Leanne Robers: (24:55)
Dan cerita buruk harus keluar, bukan? Maksudku, kita seharusnya tidak takut juga. Tapi saya pikir kita benar -benar harus membedakan tentang, cerita apa yang buruk dan apa saja cerita yang, hei, Anda tahu, hanya karena Anda memiliki umpan balik yang tidak mudah ditelan bukan berarti itu adalah interaksi yang buruk, dan seharusnya tidak berubah menjadi itu. Dan sekali lagi, saya pikir, jika Anda meminta umpan balik dari orang -orang, saya juga berpikir, Anda harus melakukan sedikit uji tuntas, seperti mengatakan, hei saya percaya Anda, dan saya tahu tentang Anda, saya telah melakukan sedikit uji tuntas pada Anda, dan saya tahu bahwa Anda tidak akan menjadi seseorang yang akan ada di dalam, misalnya, membuat mitra.
Jeremy AU: (25:43)
Saya ingat, ketika saya menjadi pendiri dan saya memiliki salah satu pendiri wanita, dan saya ingat dia Kaukasia. Saya juga orang Asia. Dan VC seperti, oh, itu bagus. Kami akan dapat menghitung Anda dua kali dalam metrik keberlanjutan kami. Dan saya seperti, itu adalah lelucon. Agak lucu dengan cara yang sangat gelap, tapi saya seperti, kita akan melewatkan komentar itu.
Leanne Robers: (26:01)
Saya tahu, saya tahu.
Jeremy Au: (26:03)
Ya.
Leanne Robers: (26:03)
Saya juga berada di akhir komentar semacam itu, dan saya memiliki investor mengatakan, hei, Anda benar -benar bersemangat, saya tidak ingin berada di sisi yang berlawanan dari Anda di meja perundingan. Saya sangat senang saya berada di sisi yang sama dengan Anda. Dan kemudian saya kembali ke rumah dan saya ingat mengatakan, maksud saya, ini bertahun -tahun yang lalu, saya ingat memberi tahu pacar saya, yang sekarang menjadi suami saya, dan saya berkata, hei, orang ini mengatakan ini. Saya sebenarnya tidak terlalu memikirkannya. Dan dia berkata, oh, mengapa mereka menggunakan istilah ini? Jika itu adalah pendiri pria, mereka hanya akan mengatakan, hei, Anda adalah pendiri yang hebat. Anda adalah pendiri yang kuat, Anda adalah pendiri yang percaya diri. Seperti, mengapa mereka mengatakan istilah -istilah tertentu ini, seperti Feisty? Dan saya kemudian mulai memperhatikannya lebih banyak dan saya berkata, oke, Anda tahu apa? Saya mengerti dari mana asalnya dan dia tidak bermaksud dengan cara yang negatif. Dan saya punya pilihan.
Saya punya pilihan yang akan saya katakan, hei, saya akan memilikinya, saya dapat melakukan percakapan gelap dengannya, tidak mungkin pada saat itu. Tetapi ketika hal -hal tidak terasa buruk, hei, sebenarnya mungkin saya benar -benar lebih suka jika Anda tidak menggunakan kata ini, dan inilah alasan mengapa. Baiklah. Sebenarnya, saya tahu bahwa dia tidak bermaksud buruk, dan dia tidak pernah mengangkatnya lagi. Jadi mungkin saya hanya akan mengatakan, hei, ini sesuatu, tidak apa -apa. Dan saya tidak akan mengambilnya secara pribadi.
Jeremy Au: (27:26)
Jadi kamu ada. Jelas, saya pikir ada aktor itikad baik pada pria dan wanita untuk VC dan pendiri. Dan saya pikir Anda juga menyebutkan sedikit tentang psikologi. Dan saya tahu bahwa Anda belajar psikologi. Anda berlatih sebagai psikolog. Jadi saya hanya ingin mendengar sedikit tentang, sisi lain dari Anda, karena saya pikir itu kurang dihargai. Semua orang melihat pendiri She Loves Tech, tetapi saya hanya mengatakan Anda memiliki psikologi ini, cinta untuk itu sebagai hobi dan latihan. Jadi ceritakan lebih banyak tentang itu.
Leanne Robers: (27:53)
Pertama, saya berasal dari keluarga psikolog, jadi semua orang mempelajari psikologi, bukan? Ayah saya adalah seorang psikolog. Ibuku melakukan psikologi, kakakku dan aku. Jadi kami berempat belajar psikologi dan saya selalu melihatnya dan saya melihat dampak yang diciptakan ayah saya, dan ayah saya adalah orang yang paling bijaksana. Anda harus menjadi seorang psikolog dan meskipun ada begitu banyak teman yang saya kenal, atau bahkan orang -orang, kadang -kadang saya di acara, ada orang yang mendatangi saya dan berkata, hei, Anda, nama belakang Anda adalah Robers. Apakah Anda tahu Dr. Harold Robers? Dan saya katakan, ya, dia ayah saya.
Dan mereka akan seperti, ya ampun. Aku pergi dan melihat ayahmu. Dia luar biasa. Jadi saya pergi dan saya berkata, hei ayah, saya telah bertemu X, Y, Z. Dia menatap saya. Dia seperti, siapa? Dan saya katakan, dia atau dia mengatakan kepada saya bahwa mereka melihat Anda. Dan dia akan seperti, saya tidak tahu siapa yang Anda bicarakan, dan jelas, saya tahu bahwa dia tahu, tetapi dia hanya sangat bijaksana tentang hal itu. Jadi saya selalu memiliki orang -orang mendatangi saya dan hanya karena dia tidak membicarakannya, tetapi saya telah menyadari hanya dari jumlah orang yang berbicara kepada saya tentang hal ini dan tentang perjalanan mereka dan bagaimana ayah saya telah membantu mereka, dampak yang dia buat dan bertransformasi dalam kehidupan orang. Jadi kedua orang tua saya memiliki hati yang sangat besar, jadi saya berkata, oke, bagaimana saya bisa membuat dampak seperti itu? Saya benar -benar terdorong untuk mengatakan, dampaknya adalah nilai yang sangat besar bagi saya tumbuh dan membantu orang lain. Dan saya berkata, bagaimana saya bisa membantu orang lain? Tapi tidak satu per satu dalam skala. Jadi saya pikir untuk saya, dia mencintai teknologi membantu saya melakukan itu.
Tetapi saya juga menyadari bahwa di masa lalu, karena saya belajar psikologi, saya masuk, terutama sebagai pengusaha, bagi Anda yang bukan pengusaha, beberapa tahun pertama sangat sulit karena Anda tidak akan membayar sendiri. Anda akan mengeringkan banyak tabungan Anda ke perusahaan Anda. Dan saya ingat selalu berada pada tahap dan mengatakan, oke, bagaimana, apa yang bisa saya lakukan yang memakan waktu 10 hingga 20, 30% maksimum waktu saya. Tapi kemudian itu benar -benar membantu saya untuk mendanai kegiatan kewirausahaan saya, bukan? Jadi saya akan kembali dan bekerja di klinik. Jadi saya sudah bekerja di klinik sekarang untuk dekat, sebenarnya lebih dari satu dekade. Dan uang itu membantu pada tahap awal kewirausahaan, membantu saya untuk mendanai saya, baik hanya untuk memberi saya makan.
Saya selalu membuatnya sangat terpisah karena saya selalu berpikir psikologi, kewirausahaan tidak bercampur. Dan kemudian ketika kami melihat para pendiri datang melalui dia mencintai teknologi dan melihat tantangan yang mereka hadapi, dan saya berkata, hei, misalnya, kami melihat berapa banyak pengusaha yang memiliki keyakinan yang membatasi tentang diri mereka sendiri dan karenanya mereka tidak melempar atau mampu tumbuh dengan kemampuan terbaik mereka. Dan saya berkata, sebenarnya, mungkin saya bisa membawa semua hal yang saya lakukan di klinik dan menyatukannya, dan benar -benar mengatakan, oke, menyatukan psikologi dan kewirausahaan. Jadi kami memulai ini, melakukan ini, memperkenalkan psikologi kursus pendiri kami kepada pengusaha kami selama program akselerasi kami dan kamp pelatihan kami kembali, saya akan mengatakan mungkin, 2018, 2019, dan ini jauh sebelum kesehatan mental bagi para pendiri bahkan adalah suatu hal, dan kami menyadari betapa pentingnya hal ini, betapa pentingnya bagi para pendiri. Kami mengambil begitu banyak dari diri kami sendiri sehingga kami menempatkan begitu banyak dari diri kami ke dalam startup kami, dan ekosistem startup cukup positif, bukan? Jadi semua orang bergegas, tetapi semua orang sangat periang dan tampak cukup bahagia.
Tetapi ketika Anda menggali lebih dalam sebagai pendiri startup, itu adalah perjalanan yang sulit dan kadang -kadang kami tidak dapat berbicara sebanyak itu tentang itu. Dan, kami adalah manusia dan kami harus dapat memproses banyak tantangan yang datang, identitas Anda sangat terikat dalam bisnis Anda dan memisahkan itu atau bahkan Anda hidup dan menghirup perusahaan Anda dan sangat sulit bagi Anda untuk memisahkannya. Dan begitu banyak pendiri, termasuk saya, telah terbakar dengan buruk. Dan bagaimana kita bisa menggunakan banyak alat dan sumber daya ilmu saraf dan psikologi untuk membantu mereka mencegah kelelahan, untuk membantu mereka benar -benar menjadi diri mereka yang terbaik?
Jadi saya pikir di situlah kami mulai memperkenalkan banyak alat psikologi dan sumber daya dan alat ilmu saraf yang saya gunakan di klinik ke dalam program kami dengan pendiri kami. Dan itu benar -benar memiliki, bahkan yang telah saya lakukan bertahun -tahun yang lalu dan saya bertemu para pendiri lagi dan mereka berkata, hei, kursus yang Anda lakukan dengan kami adalah salah satu yang tidak akan pernah saya lupakan.
Pertama, saya belum pernah ke sesuatu seperti itu. Dan kedua, itu benar -benar membantu saya menghadapi banyak tantangan yang saya hadapi yang ingin saya uban dan itu membantu saya memiliki alat yang tepat dan mekanisme koping untuk mengatakan, hei, saya akan menghadapinya dan saya akan dapat melepaskan beberapa stres yang terkait dengan tantangan itu.
Jeremy AU: (33:29)
Besar. Dan dengan catatan pribadi, bisakah Anda membagikan kisah pribadi tentang saat Anda berani?
Leanne Robers: (33:38)
Oh, saya merasa seperti saya berani setiap hari, tapi saya pikir itu benar -benar pada tahap awal dia mencintai teknologi. Kami tidak tahu ke mana perusahaan ini pergi. Seperti yang kami katakan, itu adalah proyek gairah dan kami semua mengambil risiko besar untuk melakukan ini penuh waktu. Tetapi di luar menjadi berani untuk mengambil risiko itu, kami tahu peluang yang ada di sana, tetapi kami juga tahu bahwa sisa ekosistem tidak memahami nilai yang disukai organisasi, ia mencintai Tech, harus dapat mengubah seluruh ekosistem.
Dan kami memiliki begitu banyak orang mendatangi kami karena perhatian murni, hanya seperti, hei, apakah Anda yakin ingin melakukan ini penuh waktu? Mungkin Anda harus melakukan ini lagi sebagai hal paruh waktu. Dan begitu banyak orang berkata, hei, ini sangat ceruk, apakah ada cukup banyak pendiri teknologi wanita? Apakah Anda benar -benar ingin mendedikasikan karier Anda untuk ini?
Ini benar -benar, pasar yang sangat, sangat niche yang Anda fokuskan. Kami benar -benar terus berjalan karena kami memiliki keyakinan itu dan keyakinan yang sangat kuat bahwa ada begitu banyak pendiri teknologi wanita di luar sana yang membangun solusi yang luar biasa. Hanya saja banyak komunitas ini tidak memilikinya di ekosistem mereka. Jadi kami berkata, oke, mari kita bangun kembali seluruh komunitas dan seluruh ekosistem. Dan melalui itu, kami menemukan ribuan dan ribuan pendiri teknologi wanita. Orang -orang masih kagum pada negara bagian bahwa kami memiliki sekitar 4.000 hingga 5.000 startup datang melalui dia mencintai teknologi setiap tahun. Ya, ini adalah angka global, tetapi angka itu saja memberi tahu kita bahwa ada pendiri teknologi wanita dan itu bukan masalah pipa. Jadi saya pikir bagi saya, menjadi pemberani benar -benar bermaksud untuk mengatakan, hei, meskipun ekosistemnya, atau meskipun masyarakat tidak cukup mengerti apa yang kami lakukan, kami lakukan dan kami melihat nilainya dan kami mengatakan, ini adalah sesuatu yang kami perlukan untuk dapat mengubah dunia, untuk dapat mengubah seluruh ekosistem teknologi menjadi satu yang lebih baik karena itu termasuk, bukan? Jadi, bahkan untuk pendiri kami, jika kami memiliki pendiri teknologi wanita yang memiliki tim pendiri wanita teknologi wanita, kami katakan, hei, membawa inklusivitas itu dan kami melakukan hal yang sama dengan pendiri teknologi pria.
Kami berkata, hei, membawa pendiri teknologi wanita dan karena beragam tim hanya menjadi lebih baik, mereka membangun produk yang lebih baik, mereka membuat keputusan yang lebih baik, dan saya benar -benar percaya bahwa keragaman akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.
Jeremy Au: (36:33)
Wow. Terima kasih banyak. Saya ingin merangkum tiga tema besar yang saya dapatkan dari ini. Pertama -tama, terima kasih banyak telah berbagi tentang perjalanan pribadi Anda tentang membangun banyak perusahaan, dengan akhirnya membangun dia menyukai teknologi ke dalam platform yang bagi begitu banyak pendiri wanita, serta ekosistem yang lebih luas. Jadi sangat menarik untuk mendengar tentang beberapa masa -masa sulit, tetapi juga beberapa kegembiraan dan gairah yang membawa Anda ke sana.
Kedua, terima kasih banyak telah berbagi banyak, saya akan mengatakan taktis, tetapi sebenarnya mungkin lebih banyak saran relasional tentang bagaimana kedua pendiri wanita dapat meminta umpan balik yang lebih baik tetapi juga menerimanya dalam kerangka yang lebih baik. Tetapi juga bagaimana orang -orang VC dapat menjadi mitra yang lebih baik dan menjadi bijaksana tentang bagaimana mereka memberikan umpan balik dan juga mendukung pendiri. Jadi saya pikir itu menarik untuk melakukan percakapan jujur tentang bagaimana kita dapat saling membantu membangun perusahaan hebat.
Terakhir, terima kasih banyak telah berbagi sedikit tentang psikologi, sedikit tentang siapa panutan Anda, keluarga Anda, dan ayah Anda juga saya pikir bagaimana di seluruh percakapan Anda telah menjalin rasa kehangatan, tetapi juga saya pikir ketepatan istilah seputar hubungan dan kesadaran diri pribadi yang saya temukan sangat menarik. Jadi, pada catatan itu, terima kasih banyak telah datang di acara itu.
Leanne Robers: (37:49)
Terima kasih banyak telah menerima saya, Jeremy.