Shao -Wing Huang: Malaikat Investor Ekonomi & Kesalahan, Pendiri Wanita & Representasi Investor & Potong Hubungan Beracun - E267
“Saya berinvestasi karena saya percaya pada pendiri, dan saya ingin percaya bahwa bisnis akan membuat perbedaan dalam ekosistem dan ekonomi di masa depan. Ada banyak masalah di ruang angkasa, dalam kehidupan, bisnis, ekonomi, teknologi keuangan, dan segalanya. Jika kita tidak mendukung ide -ide baru untuk mengganggu, mendukung, dan meningkatkan, maka kita tidak akan pernah maju” - Shao -an Huang tidak akan mengganggu, mendukung, dan meningkatkan, maka kita tidak akan maju ” - Shao -weo -an Huang Huang untuk mengganggu, mendukung, dan meningkatkan, maka kita tidak akan kemajuan” - Shao -wnt Huang Huang tidak akan mengganggu, mendukung, dan meningkatkan, maka kita tidak akan maju ” - Shao -weo -wnt Huang Huang tidak akan mengganggu, mendukung, dan meningkatkan, maka kita tidak akan maju” - Shao -weo -wnt Huang Huang tidak akan mengganggu, mendukung, dan meningkatkan, maka kita tidak akan maju ” - Shao -weo -wnt Huang Huang tidak akan mengganggu, mendukung, dan meningkatkan, maka kita tidak akan maju” - Shao -weo -wning Huang Huang tidak akan mengalami kemajuan, Huang
Saya tidak mendukung para malaikat yang berinvestasi semata -mata karena itu adalah ruang yang panas atau karena teman -teman mereka berinvestasi di dalamnya. Ruang yang Anda investasikan haruslah sesuatu yang Anda miliki afinitas pribadi dan yang Anda rasa relevan bagi Anda. Ini semua tentang bagaimana Anda membaca pendiri, yang mengingkari bagian itu, dan menerapkan pemahaman pribadi Anda tentang ruang atau pasar. Sementara seorang pendiri yang baik, yang sangat merefleksikan diri mereka sendiri, dan dalam diri sendiri. - Shao-Wing Huang
1. Dia menyarankan investor malaikat baru untuk mendengarkan setidaknya tiga hingga lima pitch dan menganalisis pendiri sebelum berinvestasi. Dia menekankan pentingnya berinvestasi di ruang yang selaras dengan nilai -nilai dan minat pribadi seseorang daripada berinvestasi dalam "ruang panas." Dia berbagi kesalahan investasi pribadinya sendiri.
2. Shao-In percaya bahwa dunia bisnis adalah lingkungan berbahasa maskulin dan wanita yang tidak beradaptasi mungkin salah menilai dan dipandang kurang percaya diri. Beberapa investor perempuan lebih tertarik untuk berinvestasi dalam bisnis yang memiliki dampak positif, di luar P&L, seperti penciptaan lapangan kerja atau berdampak positif terhadap kehidupan orang. Dia mencakup banyak contoh yang telah dia lihat sebagai pemimpin sindikat malaikat yang bekerja dengan kedua sisi meja.
3. Dia juga menyoroti pentingnya mendukung ide -ide baru untuk mengganggu, mendukung, dan memperbaiki ekosistem, ekonomi, dan masyarakat. Kami membahas dampak potensial dari investasi tahap awal dalam teknologi iklim dan jejak karbon.
Tonton, dengarkan, atau baca wawasan lengkapnya termasuk memotong hubungan beracun, tas Hermes, dan dinamika mayoritas-penonton di https://www.bravesea.com/blog/shao-ning-huang
Harap teruskan pesan ini atau undang teman di h ttps: //chat.whatsapp.com/cel3ywi7yowfd8htto6yzde
Tentu?
Didukung oleh Esevel
Apakah Anda mengelola sendiri untuk tim terdistribusi di Asia? Anda tahu betapa menyakitkannya itu. Esevel membantu tim in-house Anda dengan mengambil tugas-tugas sulit dari tangan mereka dan memberi mereka alat untuk mengelolanya secara efektif. Dapatkan bantuan di delapan negara di Asia Pasifik, yang meliputi onboarding, pengadaan, manajemen perangkat, dukungan TI real-time, offboarding, dan banyak lagi. Dapatkan kendali penuh atas semua infrastruktur TI Anda di satu tempat dengan platform canggih kami. Lihat Esevel.com dan dapatkan demo hari ini. Gunakan kode rujukan kami, "berani" selama tiga bulan, gratis. Syarat dan ketentuan berlaku.
Tentu?
Jeremy Au: (01:43)
Hei, shao-ning, sangat senang memiliki Anda di acara itu. Saya masih ingat percakapan pertama kami di mana saya menjadi calon pendiri dan Anda adalah calon malaikat. Dan saya benar -benar terkejut oleh kehangatan Anda dan juga melakukan brainstorming pada saat itu. Jadi, bersemangat setelah beberapa tahun untuk membawa Anda ke acara itu. Dan bagikan sedikit tentang perjalanan dan pemikiran Anda.
Shao-Wing Huang: (02:02)
Terima kasih, Jeremy. Terima kasih telah mengundang saya ke program ini dan terima kasih telah melakukan ini untuk membawa malaikat dan malaikat baru, dan kemudian mendukung pendiri bersama.
Jeremy Au: (02:12)
Ya, jadi bisakah Anda memperkenalkan diri dengan cepat?
Shao-Wing Huang: (02:16)
Oke, sangat cepat, saya mulai sebagai pendiri pertama di tahun 2000. Singkat cerita pendek, maju cepat dalam arti tertentu. Jadi 2000 sebenarnya adalah era di Asia Tenggara di mana tidak ada banyak startup per se. Tapi kami beruntung. Kami memilih bisnis yang ternyata menjadi pilihan yang baik sebagai portal pekerjaan yang kasual positif, jadi, bukan karena pilihan, tetapi kami tidak punya dana. Jadi kami belajar untuk mendanai bisnis kami melalui penjualan, melalui arus kas, melalui benar -benar berjalan untuk menjual produk. Dan maju cepat ke 2012, kami didekati oleh para pemimpin di AS dan kami dibeli dan kami melakukannya dua tahun. Sekarang, setelah dua tahun itu, kami meninggalkan bisnis secara teknis, secara resmi kebebasan finansial.
Jadi dengan itu dan kemudian. Saya akan mengatakan dua terakhir, atau tiga tahun menjalankan pekerjaan pusat, kami menemukannya dalam diri kami bagaimana kami dapat mendukung lebih lanjut ekosistem kami, bukan? Jadi 2009, 2010, periode waktu kami memulai investasi Angel, mulai bekerja, tidak dimulai sebagai malaikat berinvestasi, tetapi saya akan mengatakan lebih banyak dimulai sebagai penasihat dan mentor untuk berbagi dengan ekosistem apa yang terjadi di ruang ini. Dan kemudian saya pikir setelah kami mendapatkan pekerjaan penuh waktu pada tahun 2014. Saya berada dalam fase kedua kehidupan saya tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan diri saya sendiri. Jadi 14, 15, 16, saya pikir apa yang disebut kehidupan portofolio di mana Anda melakukan sedikit segalanya, pekerjaan sosial dan segalanya, dan saya hanya merasa tidak ada gigitan dalam hidup. Jadi 2017, dan 2018, kami memutuskan bahwa kami perlu menemukan jangkar lagi. Dan saya menyadari secara pribadi kami melakukan banyak investasi saat itu. Dan kemudian saya menyadari apa yang benar -benar saya nikmati adalah berinteraksi dengan para pendiri, dan bagaimana saya benar -benar dapat mendukung mereka. Jadi saat itu kami sudah memiliki 20 plus investasi langsung dan juga berinvestasi di BC. Tetapi kemudian saya juga menyadari bahwa untuk mendukung para pendiri dengan lebih baik, saya harus membawa lebih banyak orang ke dalam hal ini karena pada tingkat pribadi, tidak peduli seberapa besar pot Anda, itu adalah peluru terbatas, bukan?
Jadi, jika saya bisa memasukkan lebih banyak orang ke ruang angkasa, saya dapat mendukung lebih banyak pendiri dan saya dapat membawa lebih banyak malaikat yang memiliki keterampilan yang lebih luas untuk mendukung ekosistem itu sebabnya saya mendirikan Angel Central pada tahun 2018 dan kemudian saya menjadi lebih seperti malaikat profesional dalam pengertian itu, dan juga di luar yang berbicara di luar, jadi saya berinvestasi bersama dengan suami saya, dan juga menyadari hal itu, dan juga di luar yang berbicara di luar ke luar, dan juga berbicara di luar ke luar, dan juga berbicara di luar ke luar, dan juga berbicara di luar ke luar, dan juga berbicara di luar. untuk anak -anak. Hidup jauh lebih menarik setelah itu. Ya, itu lebih dari satu menit saya pikir.
Jeremy AU: (05:03)
Sebanyak waktu yang Anda butuhkan. Jadi, Anda tahu yang menarik adalah bahwa Anda, menjadi tertarik pada startup melalui pendiri dan akhirnya sebagai investor malaikat. Jadi apa yang menarik Anda untuk startup? Versus, ada begitu banyak profesi, bukan? Dalam bisnis di Asia Tenggara. Apa yang membuat Anda di dalamnya? Ya. Mungkin mengapa Anda mulai dan mengapa Anda melanjutkan. Ya.
Shao-Wing Huang: (05:24)
Apakah maksud Anda mengapa saya menjadi pendiri? Oke. Jadi saya menjadi pendiri sebagai lulusan baru dan dalam diri saya, jadi saya tumbuh dalam, saya seorang Taiwan, sejak lahir, jadi dalam arti sebenarnya, hampir semua orang Taiwan memiliki keyakinan bahwa mereka dapat menjadi pemilik bisnis dan karenanya saya tumbuh di lingkungan itu dan berpikir, dan saya selalu berpikir bahwa saya akan bergabung dengan ayah saya dalam bisnis ini dan segala sesuatu ketika saya tumbuh atau ketika saya riset. Itu tidak terjadi, tetapi gagasan menjalankan barang -barang saya sendiri tidak pernah hilang. Jadi itu sebabnya saya belajar bisnis, dan itulah sebabnya saya selalu berpikir saya akan melakukannya, tetapi saya sebenarnya tidak memiliki garis waktu dan kemudian ketika peluang datang itu terjadi begitu saja dan itu tidak membantu ketika saya berada di AS antara 96 dan 99, Anda melihat begitu banyak cerita di dunia. Anda dapat melakukan sesuatu yang Anda inginkan, bukan?
Jadi ketika kesempatan datang dan saya hanya merasakan itu, saya harus mencobanya dan kemudian saya menyadari betapa sedikit yang saya ketahui tentang segala sesuatu di dunia ini dan kemudian Anda menyadari kekuatan uang, kemudian Anda menyadari kekuatan belajar. Ya. Begitulah cara saya menjadi pendiri, dan juga ada kebenaran bahwa kami meluncurkan bisnis pada Maret 2000. Nastac jatuh pada April 2000. Jadi tidak ada yang akan mendanai Anda. Benar? Tapi saya hanya tidak percaya bahwa kami tidak bisa berhasil. Jadi saya pikir itu, itu keras kepala, dan Anda bisa menyebutnya ketahanan, tetapi saya tidak percaya bahwa kita tidak bisa melakukannya. Jadi kami hanya keluar dan menjual.
Jeremy AU: (07:07)
Dan apa yang menarik adalah Anda bisa, seperti yang Anda katakan, uang tunai dan kemudian Anda memutuskan untuk Angel Invest, bukan hanya berinvestasi, bukan? Maksudku, ayolah. Seperti yang baru saja Anda sebutkan, Dot Com jatuh. Maksudku, banyak orang kehilangan kemeja mereka. Benar. Jadi, ada banyak stok konservatif yang harus dilakukan. Ada ikatan, membosankan, sangat bagus. Hanya real estat.
Shao-Wing Huang: (07:27)
Sebagian besar melakukannya dengan sangat baik sekarang.
Jeremy Au: (07:28)
Ya, benar. Jadi, Anda memutuskan untuk melakukan investasi malaikat. Jadi bisakah bagaimana, bagaimana Anda mulai memasuki malaikat berinvestasi sebagai kategori dan kelas aset, secara pribadi?
Shao-Wing Huang: (07:37)
Saya pikir dengan cara yang sangat benar, saya tidak berpikir bahwa saya ingin melakukan investasi malaikat, dan itu benar -benar, saya pikir pada tahun 2014, 15, periode waktu itu. Okay, 14, I was busy doing with my confinement, so I had my fourth kid then 15, 16, really having a lot of coffee because there's so much time on your hand and I was just very happy sharing the journey, helping the founders, but it was true that journey I realized so the founders need your first dollar of investment, first hire, and first sales dollar and it's true, those interactions, I realized how acute three are lacking in the ecosystem and so I could support mereka. Saya dapat mendukung mereka dengan berbicara dengan mereka, menyesuaikan pola pikir mereka, berbagi cerita, dan apa yang tidak berhasil.
Tapi saya menyadari dolar pertama investasi, seperti yang saya katakan, bahkan jika saya akan mendukung semua orang, itu tidak akan masuk akal. Jadi bagaimana cara mendukung mereka dengan lebih baik? Jadi pada awalnya itu benar -benar dimulai dengan berbagi cerita, membantu mereka memperpendek kurva belajar mereka. Tetapi di sepanjang jalan Anda menyadari bahwa menyatukan dolar adalah cara yang baik untuk, berinvestasi adalah cara yang baik untuk mendukung, terutama penyedia, sehingga Anda benar -benar percaya pada ceritanya sehingga bagi saya secara pribadi, investasi dilakukan. Saya bukan dampak per se investor, tetapi saya ingin startup yang memiliki overlay membantu umat manusia membantu dengan cara tertentu. Dan kemudian Der Shing, yang merupakan orang yang sangat sensitif terhadap angka finansial. Jadi kami berdua suka bekerja bersama untuk membangun portofolio. Tetapi ketika kita membangun pusat, itu benar-benar karena kita, kita melihat mereka, dalam arti tertentu, adalah hype dan kemudian kita, orang-orang di sekitar kita mulai melihat apa yang kita lakukan, dan mereka penasaran dan banyak teman kita adalah mid-career atau mereka adalah target bisnis.
Mereka punya uang, tetapi mereka hanya bagaimana memasuki ruang ini. Benar? Jadi kami mulai menjalankan lokakarya dan mulai memiliki komunitas biasa dan hal itu terjadi, tetapi saya pikir itu adalah kepuasan melihat percikan di mata pendiri ketika sesuatu yang berhasil, ketika sesuatu yang saya katakan bekerja untuk mereka dan kemudian ketika Anda melihat pemilik bisnis atau profesional, mereka datang dan mengatakan bahwa ini adalah sesuatu yang sebenarnya saya pikir di luar dolar saya, saya bisa menghabiskan waktu untuk membantu. Jadi kami tidak mendorong anggota kami untuk berada di dalam semua, tetapi kami akan menyarankan itu dengan lambat, tetapi kuncinya adalah itu harus menjadi bisnis yang Anda dukung dan harus menjadi pendiri yang dapat Anda lihat sendiri berbicara dengan setidaknya berdasarkan uang.
Cobalah untuk tidak menjadi pasif, tetapi jangan juga berpikir bahwa Anda ingin memikirkan roda dan menjadi pengemudi. Ini adalah keseimbangan, tapi saya pikir itulah sebenarnya bagaimana kita dapat mendukung para pendiri lebih banyak karena terutama para pendiri muda kadang -kadang mereka tidak memiliki penjualan atau mereka tidak tahu bagaimana mengelola hubungan karena saya akan mengatakan, saya akan mengatakan, bertahun -tahun untuk belajar bagaimana mengelola tim. Benar? Ya. Jadi itu adalah hal -hal yang sebenarnya kita bisa berbagi pengalaman untuk memotong kurva belajar yang lebih pendek. Ya.
Jeremy AU: (10:48)
Jadi Anda mulai berbagi tentang beberapa pelajaran yang telah dipelajari orang sebagai investor malaikat dan bahwa Anda secara pribadi membantu pelatih, sindikat anggota untuk melakukannya. Adakah pelajaran pribadi tertentu yang Anda pelajari? Karena, Anda telah melakukan lebih dari 44 startup, dan investasi, bukan? Jadi bagaimana, pelajaran apa yang telah Anda pelajari secara pribadi sebagai investor malaikat selama itu?
Shao-Wing Huang: (11:08)
Saya telah belajar untuk tidak menjadi emosional dan saya telah belajar begitu, jadi satu data yang ingin saya teriakan adalah saya pikir karena sebagai investor wanita dan saya berinvestasi bersama dengan suami saya, saya akan mengatakan, karena kehadiran dan keterlibatan saya, sekitar 35 hingga 38% dari portofolio saya adalah pendiri CEO wanita, dan hampir setengah dari perusahaan saya memiliki cofounder wanita. Jadi CEO wanita atau pendiri solo wanita, maksud saya, adalah kategori yang dihindarkan oleh investor tertentu dan secara pribadi ketika saya mulai, saya sedikit emosional tentang ini dan ada kasus di mana saya akan mengatakan bahwa saya sebenarnya, kami dulu memiliki aturan peluru perak antara Der Shing dan saya. Kami memiliki satu peluru perak setiap per tahun, dan sebenarnya ada satu kasus di mana saya emosional tentang hal itu dan kemudian saya berinvestasi dalam pendiri solo wanita itu.
Ternyata menjadi bencana. Jadi saya belajar apa yang ingin saya dengarkan, dengan mendorong, mendengarkan, dan berinvestasi. Saya seharusnya tidak pernah menggunakan peluru perak saya hanya karena suami saya memberikan data objektif untuk mengatakan mengapa itu tidak terjadi. Tapi saya memiliki dua kasus pendiri wanita solo lainnya yang baik. Jadi itu bukan pepatah bahwa pendiri wanita tidak bekerja, tetapi lebih, saya harus ingat bahwa saya akan mendengarkan mereka, tetapi saya masih harus mengevaluasi penggunaan data keras dan dukungan karena ini adalah kasus yang bagus, bukan karena itu adalah pendiri solo wanita, tetapi tidak boleh menghindar dari percakapan itu di tempat pertama.
Jeremy AU: (12:55)
Jadi itu masalah intersectional yang menarik, bukan? Jelas, wanita menahan setengah langit. Jadi jelas saya pikir dalam bisnis dan di mana pun, saya pikir ada dalam hal bakat dan peluang, cukup banyak itu harus setengah rata -rata. Dan jelas wanita juga membeli banyak barang, bukan? Mereka membeli, misalnya, mereka membuat keputusan rumah tangga, mereka membuat keputusan bisnis, dan mereka membuat banyak pengeluaran konsumen didorong oleh wanita. Jadi saya akan mengatakan setidaknya setengah dari ekonomi adalah, juga didorong oleh wanita juga, bukan? Dari bagian pembelian.
Tetapi juga, seperti yang Anda katakan ada konsepsi bahwa pendiri wanita, sayangnya, berkinerja buruk di pasar, bukan? Seperti yang Anda katakan. Jadi orang -orang menghindar dari itu. Dan kemudian juga ada Anda yang ingin mendukung pendiri wanita, kan? Jadi menurut Anda apa kenyataan itu? Ada, apakah ada alasan untuk kinerja yang kurang, apakah ada, atau apakah seperti pasar, apakah ini benar -benar underpricing atau salah mengartikan peluang di sini? Apa yang kamu lihat?
Shao-Wing Huang: (13:49)
Untuk pembicaraan kami empat tahun pada hari ini tetapi mungkin, hanya dengan ringkas menyatakan bahwa ini adalah pandangan saya. Saya pikir dunia bisnis adalah lingkungan yang sangat maskulin. Pilihan bahasa. Gaya bahasa, cara Anda membawa diri Anda sendiri, itu adalah lingkungan yang sangat maskulin dan pria telah mendominasi dunia bisnis untuk industri sampai sekarang, bukan? Jadi karena itu, itu sudah mengakar dan orang -orang tidak menyadari bahwa dalam arti tertentu saya pikir untuk wanita yang memiliki baik, Anda akan melihat bahwa ada sifat -sifat tertentu tentang mereka, tidak tahu, secara sadar atau tidak sadar. Mereka telah melakukannya dengan baik di sudut mereka sendiri. Mereka sangat maskulin dalam maskulin, bukan dalam penampilan, tetapi maskulin dengan cara yang dipikirkan dan cara mereka memproyeksikan.
Jadi untuk pendiri baru atau untuk wanita yang memasuki ruang dan menjaga gaya bahasa mereka adalah feminin. Akan ada miskomunikasi karena lingkungan yang ada akan menilai pendiri menggunakan gaya bahasa yang biasa mereka lakukan. Jadi biasanya wanita suka mengakhiri kalimat, dan wanita membuat pernyataan menggunakan tanda tanya. Jadi wanita akan memberi tahu Anda, saya pikir saya bisa melakukan ini. Ya, kami bisa. Benar? Tapi pendiri pria itu akan seperti, ya, kita bisa melakukan ini. Beginilah cara kita melakukannya. Jadi Anda melihat cara yang pasti versus wanita lebih, Anda dapat mengatakan itu tidak langsung, tetapi karena kita tidak terbiasa dengan konfrontatif. Jadi bayangkan dua gaya ini terlihat dalam pertemuan IC dan setengah lebih dari setengah ruangan, bahkan jika ada seorang wanita yang duduk di sisi lain meja, mereka akan menilai itu seperti yang biasa mereka lakukan di lingkungan bisnis.
Jadi Anda akan melihat wanita itu kurang percaya diri. Jadi satu hal yang saya bagikan dengan pendiri wanita yang akan menggalang dana atau dalam tahap negosiasi adalah selalu melakukan kalimat Anda. Dan itu tidak berakhir dengan pertanyaan, intonasi, cara Anda berbicara, cara Anda membawa, tidak sejauh mengatakan bahwa tolong pakai celana dan jangan memakai rok. Sebenarnya, beberapa orang benar -benar menyarankan itu karena itu adalah penampilan luar yang Anda lakukan. Tetapi bagi saya, itu hanya gaya, kepercayaan diri dan Anda juga tidak, ada garis yang terbatas antara agresi dan ketegasan tegas. Jadi Anda harus tahu cara menyeimbangkannya.
Hal lain secara harfiah adalah Anda harus sedikit menekan suara Anda sehingga Anda menjadi jenis rasa dan saya pikir banyak orang, pria, wanita, tidak menyadari bagian ini tentang wanita. Saya akan mengatakan wanita itu mampu, tetapi ketika Anda tidak benar -benar ketika Anda tidak terbiasa dengan lingkungan tempat Anda berperilaku, Anda membawa gaya alami Anda. Jadi itu adalah sesuatu yang saya rasakan adalah, dalam arti tertentu, itu dangkal, tetapi dapat dengan mudah dan cepat ditangani.
Jeremy AU: (16:50)
Yang menarik adalah Anda mengatakan bahwa Anda juga melatih investor wanita, bukan? Dan mereka mengatakan mereka sendiri menafsirkannya dengan lensa itu. Jadi itu menarik, kan?
Shao-Wing Huang: (17:02)
Saya tidak akan mengatakan saya melatih. Di sisi investor, saya sangat sadar bahwa setiap orang memiliki gaya checklist yang berbeda, dan pra-preferensi di sana untuk investasi. Jadi saya tidak melatih, pelatih per se, tetapi saya akan membagikan apa yang saya pikirkan, apa yang memicu saya untuk berinvestasi dan kemudian apa yang memicu mereka untuk berinvestasi, itu bisa sangat berbeda, tetapi saya akan mengatakan banyak wanita ketika Anda sampai ke tingkat ketika Anda dapat berinvestasi dan Anda berinvestasi dari rekening bank Anda sendiri, ini adalah wanita yang telah bertahan dalam lingkungan bisnis untuk waktu yang lama, jadi mereka benar -benar maskulin. Jadi, jadilah, itu lebih mengingatkan agar mereka memperhatikan apa yang dilihat oleh para wanita di meja sel lain dan tidak membacanya dalam konvensional. Tapi yang mengatakan, saya akan mengatakan banyak wanita menemukan bagian ini. Saya pikir saya mungkin terbunuh setelah mengatakan ini. Saya tidak tahu apakah, saya melakukan ini, saya memang melakukan percakapan ini dengan dua investor wanita lain, wanita malaikat yang telah berinvestasi sejak lama. Banyak wanita menemukan ini, terutama pendiri solo.
Mereka memiliki kedua pola pikir korban ditambah set pola pikir pahlawan. Mereka merasa bahwa mereka harus melakukan segalanya dan kemudian tidak ada yang menghargainya sama sekali. Tetapi saya tidak pernah mendengar keluhan ini dari pendiri pria mana pun. Banyak pendiri wanita mereka menganggapnya sangat pribadi, tetapi mereka merasa bahwa mereka harus menyelamatkan dunia, dan itu sangat sulit untuk ditangani.
Jeremy Au: (18:33)
Ya, maksud saya, ya, saya memahaminya sampai batas tertentu. Saya ingat saya menggalang dana di AS dan saya adalah seorang pria Asia. Pendiri saya adalah wanita Kaukasia dan saya pasti ingat seorang investor di beberapa titik, yang berkata kepada kami seperti, oh, itu bagus. Kami dapat memeriksa Anda dua kali di bawah keragaman. Dan saya seperti baik -baik saja. Dan saya, saya merasakan kedua dinamika itu. Benar.
Shao-Wing Huang: (19:00)
Ya, saya sangat tertarik bahwa Anda menyebutkan ini. Tidak, karena di AS saya sebenarnya diundang untuk bergabung dengan konferensi, dialog di mana saya telah menempatkan investor minoritas dan pendiri minoritas Slash Investor. Saya terkejut karenanya karena saya tidak pernah merasakan itu, tetapi saya pikir lingkungan di AS saya pikir itu benar -benar sangat rumit.
Jeremy Au: (19:23)
Ya, jadi saya pikir itu benar -benar kurang, tidak harus hanya hal wanita, tapi itu benar -benar lebih seperti orang luar, orang dalam, bukan? Ketika Anda seorang minoritas, mayoritas adil, ketika Anda berada di luar, Anda berdua pahlawan dan korban, kan? Yang mana, saya pikir, benar, kan? Saya melihatnya sebagai hal yang lebih seperti itu adalah itulah yang saya pikir saya punya perasaan itu sendiri secara pribadi. Benar? Jadi, saya melakukan pendidikan, bukan? Jadi orang -orang seperti, oh yeah, masuk akal bagi Anda untuk melakukan pendidikan dan saya hanya saya hanya melihat, saya sama seperti, saya bahkan tidak bisa. Ya. Jadi saya pikir, saya pikir itu poin yang adil, bukan? Dan saya pikir yang menarik sebenarnya adalah bahwa yang saya perhatikan adalah, saya bertemu, jelas, sekitar setengah portofolio saya atau juga pendiri wanita. Tapi saya pikir satu hal yang saya perhatikan adalah bahwa jelas mereka, kita bertemu dan kemudian jelas saya pikir mereka sering bertanya kepada saya setelah itu seperti, hei, apakah ada malaikat wanita yang bisa datang? Benar. Saya pikir, dan satu hal yang saya sadari adalah bahwa pendiri pria yang saya temui mereka seperti, siapa yang punya uang? Ayo pergi. Benar?
Tidak masalah, Anda seperti, pria, wanita, putih, hijau, ya. Ungu, ayo pergi. Benar. Sedangkan saya pikir yang saya perhatikan dengan pasti adalah bahwa saya pikir ada banyak pendiri wanita yang mencari atau merasa seperti mereka, tidak ada banyak malaikat wanita, bukan? Wanita yang mereka sukai. Dan saya pikir itu sangat penting bagi mereka, dan saya pikir itu masuk akal, bukan? Itu adalah dinamika afinitas di sana.
Shao-Wing Huang: (20:43)
Jadi untuk Angel Central, kami memiliki 140 anggota. Seratus 20 orang plus. Keseimbangannya adalah petugas keluarga. Ya, anggota individu, kurang dari 80 per delapan 8% adalah wanita. Tetapi yang menarik pada petugas keluarga, perwakilan lebih dari setengahnya adalah wanita, jadi mereka adalah wanita di ruang angkasa, mungkin mereka yang membuat keputusan terkait investasi langsung jauh lebih rendah dan saya pikir dalam ekosistem yang kita tahu, maksud saya, saya tahu tiga, dua hingga tiga dana, mereka memiliki proses pengambilan keputusan wanita yang sangat langsung. Pertemuan IC yang dipimpin wanita dan tapi saya pikir bukan angka besar.
Jeremy AU: (21:30)
Jadi apa yang mendorong itu dari sudut pandang Anda?
Shao-Wing Huang: (21:39)
Apa yang mengemudi itu? Saya pikir pertama -tama, banyak, maksud saya jika, katakanlah kita berbicara tentang sisi manajemen dana dana investasi institusional, mungkin banyak wanita terlibat dalam ruang ini dari apa yang bisa saya lihat saat ini. Banyak dari mereka berada dalam kepatuhan keuangan, dan situs hukum. Kurang dari 10% yang saya tahu sebenarnya ada di situs operasi yang saya jalankan selain, mereka berada dalam sumber kesepakatan. Tapi saya pikir saya tidak melihat banyak dalam proses pengambilan keputusan dalam proses IC. Ini bisa jadi karena mungkin lebih sedikit wanita yang mau melangkah maju dan maksud saya, kami memiliki satu kasus baru -baru ini di mana para wanita melangkah mundur. Dia sebenarnya berada di garis depan, tetapi karena komitmen keluarga, dia harus menarik sedikit. Benar? Saya kira wanita harus berlindung, maksud saya, untuk memastikan mereka menyeimbangkan hidup mereka. Ini keputusan yang sangat pribadi. Tidak ada yang salah dengan itu, tetapi hasilnya hanya ini.
Jeremy AU: (22:58)
Jadi, saya pikir Anda selalu menjadi suara besar, bukan? Untuk lebih banyak profesional wanita untuk bergabung dengan Angel Investting. Saya pernah mendengar Anda berbicara tentang itu di panel. Anda juga telah berbicara tentang hal itu secara pribadi. Dari sudut pandang Anda, mengapa lebih banyak profesional wanita, mengapa mereka harus keluar dan malaikat berinvestasi?
Shao-Wing Huang: (23:15)
Mengapa mereka harus melakukannya? Saya akan mengatakan untuk beberapa tingkatan. Jadi satu hal tentang. Wanita, saya tidak akan mengatakan semua wanita, tetapi saya akan mengatakan beberapa wanita yang saya temui, mereka sangat peduli tentang hasil dan hasil bisnis berbasis dampak. Jadi itu di luar P&L. Ini adalah berapa banyak pekerjaan yang Anda ciptakan, berapa banyak kehidupan yang Anda lakukan, dan jika Anda ingin membicarakan amal yang benar ini, maka itulah salah satu cara untuk melakukannya. Tetapi cara lain adalah jika Anda dapat terlibat dengan startup dari hari-hari sebelumnya, itu tidak harus menjadi dampak berbasis bisnis berbasis properti dalam pengertian itu, tetapi Anda dapat mendorong para pendiri untuk melakukan hal-hal dengan cara tertentu, untuk membuat mereka lebih berpikiran terbuka, agar mereka menjadi lebih sadar dan sadar akan perilaku tertentu.
Jadi untuk satu hal, maksud saya kata sandi saat ini adalah jejak karbon. Jadi, jika Anda bekerja dengan pendiri yang berada dalam konsumsi energi ruang angkasa, dan kemudian staf, Anda dapat mendorong mereka untuk berperilaku dengan cara tertentu, untuk memperluas dengan cara tertentu. Jadi sebenarnya, bagi saya pribadi, saya percaya bahwa tidak benar bahwa startup tidak dapat disadari ESG. Sebenarnya, sebuah fakta, banyak startup dapat didorong oleh SD, tetapi tentu saja tidak semua 17 dari mereka. Tetapi Anda harus sehingga target tertentu semuanya berada di tingkat tingkat kedua bagaimana memperbaikinya sehingga itu bisa terjadi. Jadi saya pikir wanita dapat mewujudkan hal ini dan kadang -kadang, tentu saja, pada tingkat awal, kami sangat sadar tentang bagaimana tuntutan tambahan memunculkan biaya yang dapat dikenakan biaya, tetapi kami dapat berhati -hati dan mendorong pola pikir, dan itu memiliki efek jangka panjang.
Jeremy AU: (25:07)
Ya, saya pikir bagian dampaknya sangat penting dan saya pikir satu dinamika yang menarik, dan kami telah membicarakan hal ini di masa lalu, benar -benar tentang, investor baru dan keuangan yang juga melihatnya dari perspektif pengembalian. Benar. Jadi bisakah Anda berbagi sedikit lebih banyak tentang apa, katakanlah, hambatan umum memangkas hal -hal yang perlu mereka pahami yang mencakup investor keuangan maupun profesional wanita, bukan? Dalam hal tarif pengembalian dan apa yang bisa mereka dapatkan.
Shao-Wing Huang: (25:30)
Ya, jadi saya akan mengatakan, jadi hal pertama di antara pria dan wanita yang berinvestasi, satu hal kunci yang tentu saja, kami sadar adalah pengembalian dan apakah portofolio dapat, adalah portofolio terstruktur dengan cara untuk memberi Anda pengembalian rutin atau hanya pengembalian persentase pada akhir siklus? Benar. Jadi biasanya obligasi Anda dan ekuitas Anda masih memberi Anda persentase pengembalian. Anda bertujuan, idealnya portofolio yang seimbang antara tujuh dan 8% per tahunan. Tetapi investasi tahap awal, apa yang secara pribadi saya pikirkan sebagai ember warisan adalah tempat saya ingin mendapatkannya. Jadi pada tingkat pribadi, saya memiliki ember hari hujan.
Saya memiliki uang tunai harian yang membutuhkan ember, dan kemudian saya memiliki ember warisan saya. Apa yang saya inginkan untuk berlipat ganda. Jadi berinvestasi PE, investasi tahap awal harus menjadi bagian dari bagian ini dan seharusnya demikian, seharusnya ini. Proporsi itu harus berdampak pada portofolio keseluruhan Anda sehingga ketika dikalikan dengan tiga x, ia berdampak padanya, tetapi harus menjadi upaya yang konsisten. Jadi satu hal penting tentang manajemen risiko adalah pemikiran portofolio. Jadi Anda, ketika Anda memiliki beberapa kelas aset, itu adalah portofolio kelas aset dalam setiap port, setiap kelas aset itu sendiri. Anda lebih lanjut melakukan diversifikasi, memiliki beberapa titik masuk bukan titik masuk, dan beberapa unit investasi sehingga Anda mengelola risiko Anda, dan hal lain tentang tahap awal adalah Anda harus berpikir vintage. Anda harus melakukannya lebih dari lima, tujuh, idealnya 10 tahun sehingga Anda masuk pada waktu yang berbeda. Maksud saya, jika Anda melakukan semuanya dari 2022 2020 hingga 2022, Anda mungkin memasuki era yang paling mahal.
Tapi tahun ini berbeda. Tahun ini Anda dapat melihatnya turun dan kemudian, Anda memanfaatkan situasi pasar, bukan? Jadi itu sebenarnya salah satu hal utama yang harus dipikirkan oleh investor Cross Bot dan saya akan mengatakan, tentu saja, crypto dapat memberi Anda 20 x 200 x dalam beberapa minggu, tetapi saya tidak tahu apakah hari -hari itu akan kembali. Maksud saya, saya tidak pernah bergabung, saya tidak bergabung. Benar. Saya melewatkannya. Benar. Saya berharap saya cukup berani untuk bergabung sebelumnya. Tapi saya pikir itu sebenarnya satu hal yang harus diingat orang. Datang ke investor wanita, saya tahu wanita, terutama, wanita bernilai tinggi. Dari mereka, saya tahu cara yang mereka habiskan, seperti sekarang, kita berbicara tentang tas MS, masing -masing tas, beberapa tambahan terbatas bahwa harga bank, hampir dua hingga tiga kali lipat dari anggaran investasi pribadi per orang saya. Jadi ini seperti nomor klien setengah pabrik dengan mudah. Saya jadi beberapa orang percaya bahwa barang -barang mewah, ini adalah kelas aset. Ini modal, Anda bisa mendapatkan pengembalian modal di atasnya. Saya sebenarnya tidak ada dalam permainan, jadi saya tidak begitu yakin tentang itu.
Ya, jadi saya merasa ini, dan juga hal lain adalah saat Anda membeli sepeda, Anda tidak memengaruhi siapa pun. Anda memengaruhi komisi tenaga penjualan itu tetapi Anda tidak memengaruhi umat manusia. Anda tidak memengaruhi jumlah pekerjaan yang diciptakan, tidak ada efek mengalikan dalam pengertian itu. Ya. Jadi saya merasa bahwa untuk wanita yang peduli untuk membayar, untuk wanita yang benar -benar percaya bahwa mereka dapat memajukan dampaknya dalam hidup, menikmati keperawatan sebenarnya adalah cara yang baik untuk melakukannya dan Anda tidak perlu melakukannya dengan cara yang besar. Benar. Saya pikir jika Anda memulai dari yang kecil, 20.000, atau 30.000 bisa menjadi satu cek. Kelola lebih dari lima, tujuh tahun untuk mendapatkan portofolio. 20 kasus yang mungkin hanya dua tas MS.
Jeremy Au: (29:14)
Saya selalu ingat sebagai seorang anak, saya selalu bingung tentang tas tangan ini, sepeda motor, kan? Karena mengapa seseorang, naik dan seperti, mungkin, ya, itu dompet di dalamnya? Saya selalu berpikir mereka pikir mencoba mencuri Ford dan dompet di dalam dan kemudian, seperti yang Anda katakan, saya baru saja menyamakannya dengan nilai eceran di mana saya mengatakan setengah miliar dolar per tas dan saya seperti, ya Tuhan, saya bisa, saya bahkan tidak bisa berpikir untuk mengenakan setengah miliar dolar. Dan saya juga kehilangan tas saya. Benar. Jadi saya seperti, saya lupa tas saya, atau saya meninggalkan Anda di tas, dengan laptop saya hanya menyukai, pergi ke kamar kecil. Jadi, ya, saya akan seperti, wow. Sekarang saya mengerti ada ROI yang bagus untuk sepeda motor, kunci bek belakang, kan? Dan seperti yang Anda katakan, benar.
Saya pasti mulai memperhatikan namun saya memiliki beberapa orang seperti yang Anda katakan, saya pikir jelas melihatnya sebagai seni. Mereka melihatnya sebagai, konsumsi karena mereka mendapatkan, dan menikmatinya dan juga mereka melihatnya sebagai konservatif, seperti yang Anda katakan, mereka merasa seperti mereka pasti bisa mendapatkan uang kembali. Akan ada apresiasi dari waktu ke waktu. Jadi saya pikir ada beberapa, seperti yang saya katakan, apresiasi modal konservatif, bahwa mereka melihatnya sebagai investasi yang aman tapi ya, saya pikir satu hal yang saya perhatikan adalah, ya, seseorang memiliki seratus tas. Saya melihat itu di rak. Di kepala saya, saya pikir saya menyadari bahwa sebenarnya kurang seperti dana benih 50 juta. Benar. Itu lebih besar dari beberapa VC di Asia Tenggara dan di dinding. Benar.
Shao-Wing Huang: (30:30)
Saya benar -benar mengenal seseorang yang benar -benar memasang sistem keamanan untuk menjaga kamar tertentu di mana semua tasnya berada, dan ini Singapura. Ini tidak seperti di LA di mana Anda tahu Anda memiliki seluruh rumah pada sistem anti-pencurian. Ini Singapura, kami sebenarnya memiliki rumah darat di sepanjang Sixth Avenue yang tidak memiliki gerbang. Benar. Dan kemudian wanita ini benar -benar memasang, dia memiliki banyak tas yang dia pasang sistem keamanan untuk ruangan itu.
Jeremy AU: (30:58)
Jadi lain kali ketika VC meminta komit LP, kata mereka, hei, ini, cukup berkomentar dua tas, Anda memiliki dua tas. Pindahkan tas. Saya akan melakukan itu, saya akan menangani nilai jual kembali dari sana. Jadi, jangan berikan uang tunai. Jangan makan kawat. Ini adalah dua tas. Ya. Tapi saya pikir, seperti yang Anda katakan, saya pikir itu sangat adil, bukan? Yang mana, saya pikir, ini kurang tentang tas, kan? Tapi itu fakta bahwa setiap juta dolar cek, misalnya, dapat berpotensi, menciptakan ribuan pekerjaan di jalan, kan? Karena bisnis yang Anda bangun, tetapi juga menciptakan masa depan, bukan? Dan, saya pikir satu bagian yang menarik seperti, saya pikir itu sulit karena, saya pikir pasar saham benar, seperti oh 7% tingkat pengembalian, kan? Dan itu konsisten.
Anda dapat meletakkannya pada indeks, Anda tidak perlu menyentuhnya, Anda tidak perlu memikirkannya. Anda mendapatkan 7%, dan kemudian itu adalah, sangat likuid juga versus saya pikir banyak calon investor malaikat benar -benar berjuang karena mereka seperti, oke, jika saya, malaikat berinvestasi terlebih dahulu, mereka harus melakukan banyak pekerjaan, harus muncul, saya harus membuat suara, saya harus membuat keputusan. Saya tidak terlalu baik. Dan jika saya melakukannya dengan benar, maka mungkin saya akan mendapatkan, ya, 10, 20, 30% pengembalian bersih, yang sangat bagus. Mungkin, saya bisa sangat salah dan saya bisa kehilangan semuanya, tetapi bagian terburuknya adalah saya harus menunggu 10 tahun sebelum saya bisa keluar. Benar? Jadi ini sangat tidak likuid sebagai kembalinya dan bagaimana Anda duduk bersama orang -orang dan seperti berjalan melalui hal ini? Ya.
Shao-Wing Huang: (32:12)
Jadi sebenarnya apa pun yang Anda katakan sekarang adalah apa yang saya katakan dan kemudian kuncinya adalah, jadi saya tidak percaya dalam meromantisasi apa yang dimaksud dengan kelas aset ini, jadi saya lebih suka mengeja dan bahwa orang -orang mencerna dan menyaring karena mereka perlu melalui sistem mereka sendiri dan saya sebenarnya akan mencegah anggota yang baru saja bergabung untuk mulai berinvestasi segera. Umpan balik khas saya kepada mereka adalah mendengarkan setidaknya tiga, atau lima pitch. Jadi setiap pitch rata -rata empat perusahaan, Anda setidaknya mendengarkan 20 pitch. Pergi melalui proses analisis, dan berbicara dengan para pendiri sebelum Anda menulis cek pertama Anda. Ada beberapa pendiri yang sangat karismatik, jadi Anda tahu, itu hanya menarik Anda kepada mereka, kan?
Itu akan memicu investasi pertama Anda, baik dan buruk. Karena jika pria itu benar -benar, jadi masih berakhir di luar visi, di luar karisma. Ada kemampuan eksekusi. Jadi itu akan baik saya akan menggunakan kata taruhan yang baik, tetapi saya akan mengatakan itu adalah keputusan yang dipertimbangkan. Ini telah menjadi keputusan yang dipertimbangkan, tetapi ada banyak intuisi itu juga, terutama jika itu adalah ruang yang Anda mengerti bukan untuk malaikat yang berinvestasi karena itu adalah ruang yang panas karena itu adalah ruang yang dikatakan teman -teman saya akan menghasilkan banyak uang, tetapi Anda merasa bahwa Anda merasa seperti yang Anda rasakan secara pribadi, Anda merasa bahwa Anda dapat diinvestasikan secara pribadi, seperti halnya Anda. Banyak data yang Anda lihat jika Anda melakukan post seed, pra A atau bahkan A+ ROUND, Anda memiliki beberapa data untuk kembali. Tetapi jika Anda melakukan pra benih pra -spreadsheet itu, kadang -kadang spreadsheet itu hanya memiliki tiga baris dan kemudian ketika Anda mengebor ke garis pohon, Anda menyadari bahwa itu benar -benar melemparkan dengan baik di udara.
Tidak ada pola, untuk dikenali, dan pola yang juga dibuat oleh para pendiri dibayangkan. Benar. Jadi itu benar -benar bagaimana Anda membaca pendiri, bagaimana Anda menguraikan bagian itu, dan kemudian Anda menerapkan pemahaman pribadi Anda tentang ruang atau pengamatan pribadi Anda terhadap pasar untuk melihat apakah imajinasi semacam itu masuk akal atau tidak. Jadi Anda sangat memahami diri sendiri. Jadi, sementara pendiri yang baik sangat mencerminkan diri mereka sendiri, seorang malaikat harus merefleksikan sistem nilainya sendiri sebelum Anda menetapkan ruang apa yang ingin Anda masuki. Ada beberapa malaikat yang ingin disebut malaikat karena itu adalah dekorasi yang bagus, pikir saya. Benar. Anda melihat beberapa profil LinkedIn. Saya kenal seorang wanita yang memiliki apa, 70, 80 sindikat dan kemudian dia hanya membawanya ke namanya. Saya seperti, wow. Ini adalah dekorasi yang baik, saya akan mengatakan, tapi saya pikir bagi saya, saya berinvestasi karena saya percaya pada pendiri, saya ingin percaya bahwa bisnis akan membuat perbedaan pada ekosistem, untuk ekonomi di ujung jalan karena ada banyak masalah dalam ruang, dalam kehidupan, bisnis, ekonomi, teknologi keuangan dan segala sesuatu dan jika Anda tidak mendukung ide baru ini untuk mengganggu, untuk tidak ada, kemudian, kemudian, kemudian, kami akan dikenakan biaya.
Maksud saya, satu hal yang selalu saya ingat, IBM mungkin merupakan hal yang pasif. Maksud saya, pekerjaan pertama saya adalah dengan IBM. Saya selalu menggunakan IBM. Perusahaan berusia seratus tahun yang melewati hari -hari ini. Tetapi di puncaknya, jumlah pekerjaan dan jumlah teknologi, jenis inovasi yang diberikannya, mereka tidak bisa melakukannya jika tidak ada dukungan. Itu hanya dikatakan selama pendakian untuk IBM. Maksud saya gayanya berbeda. Ini hanya era empat jam saat ini. Pendakian tidak lagi beberapa tahun, tetapi mengambil cara ini dan dengan sumber daya dari ekosistem, kita perlu tahu bahwa jika kita tidak mendukung, hal -hal tidak akan berubah dan kembali ke bagian ESG jika kita tidak mendukung jawaban tag iklim tahap awal, saya pikir kita tidak memiliki tahun 3000. Mungkin itu karena kita tidak memiliki tahun 2,500 tahun. Benar? Kami tidak memilikinya. Dan maksud saya, sci-fi itu adalah tentang topeng dan, dan apa pun, Jupiter dan apa pun yang menetapkan keberadaan, tetapi apakah kita peduli? Jika kita peduli, kita akan melakukan sesuatu.
Jeremy AU: (36:47)
Dan pada catatan itu, jam berapa atau pengalaman Anda berada di tempat Anda berani?
Shao-Wing Huang: (36:54)
Oh, berani. Jadi keputusan keuangan saya biasanya sangat dipertimbangkan, terutama karena saya memiliki suami yang sangat pintar yang sangat, siapa, yang mengatakan kepada saya, kan? Saya pikir hal yang sangat berani adalah lebih merupakan pengalaman pribadi, saya pikir setelah saya berusia 35, 38, diberi periode waktu dan sangat, saya, saya adalah orang yang sangat bernilai Asia. Ini agak pribadi, saya memutuskan untuk berani dan memotong hubungan beracun dalam hidup saya sehingga saya bisa lebih bahagia. Sayangnya, itu berasal dari keluarga dekat saya dan saya harus melakukan itu. Itu sangat sulit, tetapi itu membuat saya menjadi sangat tertekan, dan sangat tidak aman, dan saya harus melakukan panggilan itu. Itu menyakitkan. Saya, saya pikir menyakiti diri saya dalam proses itu juga, tetapi saya merasa bahwa saya datang ke empat puluhan. Saya memiliki 30, 40 tahun yang lalu jika saya terus berkeliaran, saya akan sengsara dan jika saya sengsara, suami saya akan sengsara. Anak -anak saya akan sengsara. Jadi saya harus melakukan hal -hal tertentu. Ya.
Jeremy Au: (38:23)
Ya. Itu sulit, kan? Karena saya pikir, saya telah mengalami hubungan beracun, bukan? Dan. Aku tidak tahu. Saya merasa jika seseorang memberi saya racun, saya akan seperti, ya, saya tidak akan meminumnya. Benar. Itu cukup jelas. Benar. Tapi saya tidak tahu mengapa hubungan, adalah hal yang sama, tetapi Anda hanya minum racun setiap hari, tetapi Anda masih terus minum.
Shao-Wing Huang: (38:46)
Ya, begitu, saya pikir berani tentang itu adalah saya butuh, itu adalah perjuangan yang sangat panjang. Itu adalah perjuangan dari, saya setidaknya berusia 50 hingga 20 tahun, dan kemudian saya memutuskan bahwa saya harus memotongnya. Jadi ketika saya membuat keputusan itu, saya memberi tahu suami saya bahwa saya pikir saya mungkin akan pergi ke neraka. Maksudku, aku Katolik. Saya tumbuh di lingkungan Taiwan, jadi saya akan pergi ke, untuk apa yang saya lakukan, tetapi saya pikir saya perlu menjaga diri saya sendiri selama 30 tahun ke depan, di atas permukaan sehingga saya bisa, terus dilihat dan terus relevan karena inilah yang saya ketahui. Inilah yang saya tahu. Saya tidak tahu apa yang terjadi sesudahnya.
Jeremy Au: (39:37)
Ya, itu terjadi, kan? Dan bagi mereka yang berjuang dengan itu, ada saran yang Anda miliki untuk mereka tentang cara memproses atau memikirkannya atau merasakannya?
Shao-Wing Huang: (39:50)
Saya pikir saya memiliki hadiah maskulin untuk memadukan, jadi Anda harus memotongnya dan sayangnya, di tengah malam ketika semuanya tenang, bagian itu datang dan menjadi semuanya. Jadi Anda harus, maksud saya, saya belajar untuk sangat menyadarinya, dan saya belajar mengekstrak diri sendiri sehingga Anda tidak membiarkannya mengkonsumsi Anda dan hal yang baik tentang itu adalah saya fungsional di pagi hari. Jadi dalam 10 tahun itu, ketika saya menghadapinya di permukaan, tidak ada yang bisa. Tapi di tengah malam, itu juga, suamiku juga, dialah yang bisa memperbaiki pembakarannya. Benar? Ini benar -benar sangat sulit dan kadang -kadang Anda menjadi histeris dan tidak bisa mengelolanya. Jadi kamu. Maksud saya, saya belajar untuk memadukan hidup saya, memadukan perasaan saya, dan kemudian memaksanya keluar dari Anda karena Anda tidak membahasnya sendiri terlebih dahulu.
Anda harus melihatnya sebagai, karena bagian dari pesta ini dan segala sesuatu seperti dalam bahasa Mandarin itu berarti menjaga cara yang dihindari wajib dan ketika Anda tidak wajib, Anda tidak melakukan apa pun yang mereka minta dari Anda. Terkadang itu hal yang sangat tidak masuk akal. Itu hanya membutuhkan korban pada Anda karena kami memiliki sistem nilai yang berbeda juga. Tapi kami diberitahu, kami dibawa untuk menempel sepenuhnya. Karena kalau tidak, Anda bukan putri yang baik, bukan? Maka itu adalah sesuatu yang saya ketahui, untuk mengatakan bahwa itu seratus persen, dua, 2000% salah, tetapi itu membuat saya sangat tidak bahagia, sangat menyedihkan sehingga, itu tidak sepadan. Jadi satu hal yang benar -benar saya pelajari selama proses saya harus terus mengekstraksi diri sendiri, melihatnya apa adanya, dan kemudian belajar mengapa saya merasakan cara tertentu dan kemudian menghadapinya.
Hal lainnya adalah saya pikir saya tidak cukup berani. Saya seharusnya mencari bantuan profesional tentang ini, tetapi saya tidak bisa, entah bagaimana saya tidak bisa melakukannya, dan itu sebabnya, mungkin itu sebabnya butuh bertahun -tahun. Ya. Jadi mungkin mendapatkan bantuan, dan membuat seseorang berbicara dengan Anda akan lebih mudah. Ya.
Jeremy Au: (42:25)
Terima kasih. Saya sangat menghargai Anda berbagi itu, dan saya pikir itu sangat berani bagi Anda untuk menjalani proses itu dan sangat berani untuk Anda bagikan bagi orang -orang yang harus memprosesnya. Benar? Seperti yang Anda katakan, hidup ini panjang. Benar. Dan jika kita memiliki 30, 40, 50 tahun yang lalu, kan?
Shao-Wing Huang: (42:38)
Dan itulah mengapa kita pemerintah meningkatkan kontribusi CPF.
Jeremy Au: (42:43)
Ini seperti pemerintah dan kami bertanggung jawab atas kebahagiaan kami sendiri selama ini.
Shao-Wing Huang: (42:47)
Saya berharap usia pensiun akan segera dibesarkan lagi.
Jeremy Au: (42:57)
Saya pikir saya sedang membaca sesuatu seperti artikel yang mengatakan seperti, generasi kita bisa hidup tentang mungkin 120. Dan saya seperti, oke? Jika kita melakukan semuanya dengan benar, dan aku seperti, oh, oke, benar.
Shao-Wing Huang: (43:07)
Ya. Pengeluaran hidup. Ya. Jadi kemarin saya melihat satu startup. Anda mungkin mengenal mereka. Saya pikir idenya adalah untuk mengelola bantuan sebelum kita jatuh sakit. Begitulah cara kita mengatasinya. Tidak sampai pada tingkat biohacking. Ada satu cerita tentang beberapa pendiri Exit Tech di beberapa pertunjukan yang menghabiskan $ 2 juta tahun lalu bio-hacking dia. Sehingga dia sampai -sampai sekarang dia biologis, dia, saya pikir dia berusia empat puluhan, tetapi usia biologis hatinya berusia tiga puluhan dan ususnya berusia dua puluhan atau, atau sesuatu. Saya tidak ingat.
Jeremy AU: (43:50)
Pada catatan itu, terima kasih banyak telah berbagi. Saya sangat menghargai kejujuran dan kejujuran di sini. Saya pikir tiga hal besar yang saya dapatkan dari ini, tentu saja, adalah yang pertama jelas merupakan pelajaran Ekonomi Investor Malaikat yang telah Anda pelajari secara pribadi dan kesalahan yang Anda lihat pada diri sendiri dan orang lain juga. Saya pikir itu adalah percakapan yang sangat menarik karena, Anda adalah salah satu investor OG Angel di Asia Tenggara, dan jadi saya pikir Anda memiliki sudut pandang yang sangat kuat, tetapi juga Anda memiliki posisi istimewa dari seorang pemimpin sindikat Angel Central juga dan saya pikir itu benar -benar kelas master dalam percakapan ini. Yang kedua tentu saja adalah, menyinari obor pada pendiri wanita dan perwakilan investor. Jadi saya pikir kita berbicara tentang, budaya bisnis.
Kami berbicara tentang pengkodean dan komunikasi maskulin. Bagaimana orang luar harus beradaptasi dan berevolusi untuk dapat meningkatkan modal. Atau langkah ke atas sebagai investor dan juga kita bicarakan, apa yang mendorong beberapa tren tebasan representasi yang mendasarinya, bukan? Di ruang investor tetapi saya juga berpikir bahwa semua investor harus bersemangat untuk memiliki cara yang sangat tidak likuid tetapi kuat untuk kembali.
Shao-Wing Huang: (44:59)
Dan otot kardiovaskular yang kuat dan kuat karena Anda perlu menghapus. 70% dari portofolio Anda.
Jeremy Au: (45:07)
Ya, jadi seperti yang Anda katakan, Anda mengatakan semua hal buruk ini terlebih dahulu yang Anda katakan, dan ada Richard yang lebih tinggi, jika Anda bisa melakukannya dengan benar.
Shao-Wing Huang: (45:13)
Tetapi jika Anda menyukai adrenalin yang kalah dan menang, Anda pergi ke kasino. Jangan melakukan investasi malaikat karena kasino, Anda menghabiskan 12 jam di sana, dan Anda siap dan ke bawah. Tetapi investasi Angel memakan waktu, tetapi itu bermanfaat karena di sepanjang jalan, pembelajaran, bukan hanya tentang pendiri, tetapi juga tentang industri, tetapi juga belajar tentang diri Anda.
Jeremy Au: (45:35)
Ya, itu sangat benar dan saya pikir itu pengingat yang bagus untuk orang -orang juga. Juga, seperti yang Anda katakan, berpotensi, memiliki satu perjalanan terakhir ke kasino, atau seperti yang Anda katakan, menginvestasikan beberapa tas Hermes juga untuk membayarnya ke depan dan menciptakan lapangan kerja dan menciptakan masa depan terakhir, saya pikir terima kasih banyak atas, saya pikir berbagi, bagaimana hal -hal yang dapat dipikirkan oleh orang -orang, tetapi bagaimana cara memperbaiki diri mereka sendiri, tetapi juga membuat keputusan, bagaimana cara memperbaiki diri mereka sendiri, tetapi bagaimana cara membuat Anda sendiri, bagaimana cara memperbaiki diri mereka sendiri, tetapi bagaimana cara membuat Anda sendiri, bagaimana cara meningkatkan kesehatan mereka sendiri, dan seperti yang Anda ambil, dan bagaimana cara memperbaiki diri mereka sendiri, dan seperti yang Anda ucapkan, dan seperti halnya. Benar? Jadi saya sangat menghargai Anda meluangkan waktu untuk berbagi. Terima kasih banyak.
Shao-Wing Huang: (46:08)
Terima kasih, Jeremy. Semoga akhir pekan Anda menyenangkan.