Shuyin Tang: Tanggung Jawab Radikal, Hutang Strategis Sebagai Alat & Konsultan untuk Berlisi Filantropi untuk Dampak Investasi - E411

Saya berharap orang -orang dapat melihat dampak berinvestasi sebagai spektrum. Ada tempat ini untuk pengembalian keuangan yang sangat menarik dan juga dampak yang baik dan terhormat, tetapi jika Anda ingin mengatasi beberapa masalah yang lebih sulit di masyarakat atau di lingkungan, Anda tidak dapat mengharapkan tingkat pengembalian. Saya tidak dapat menyapu dengan banyak hal yang tidak dapat disapu dengan banyak hal. mencapai pengembalian yang berkelanjutan. - Shuying tang

Hutang adalah pilihan yang menarik bagi pengusaha. Ini menghilangkan tekanan itu karena gairah diri. Dalam jangka waktu tiga atau empat tahun, perusahaan dapat membayar hutang itu dan dilakukan. bisnis dengan cara mereka. - Shuying tang

Saya suka VC. Saya suka startup teknologi. Ini adalah bagian besar dari pengalaman formatif saya sebagai investor. Tantangannya adalah bahwa VC hanyalah salah satu instrumen pendanaan dalam toolkit. Jika Anda melihat sebagian besar perusahaan di wilayah kami, mereka adalah UKM, bukanlah startup yang tidak akan ada di bagian utara. Perusahaan yang kurang terlayani yang paling membutuhkannya dan melakukan hal -hal yang sangat menarik. - Shuying tang

Shuyin Tang , CEO Beacon Fund dan Mitra Patamar Capital , dan Jeremy Au berbicara tentang tiga tema utama:

1. Konsultan untuk Venture Philanthropy to Impact Investing: Shuyin awalnya bercita -cita untuk berkarir di Diplomasi tetapi ditolak - mengarah ke pilihannya untuk menjadi konsultan manajemen di Bain & Company. Dia bekerja keras di Bain untuk menggabungkan keterampilan bisnis dengan inisiatif dampak sosial dengan bekerja dengan organisasi nirlaba, misalnya melalui proyek nirlaba dan keterlibatan strategi untuk meningkatkan mata pencaharian petani kecil India. Pengalaman-pengalaman ini membawanya ke filantropi usaha LGT dan berinvestasi yang didorong oleh dampak di Patamar Capital.

2. Hutang Strategis sebagai Alat: Sebagai CEO dari dana utang, Shuyin menekankan keunggulan pembiayaan utang daripada ekuitas untuk bisnis di Asia Tenggara, menyoroti kesesuaiannya untuk perusahaan kecil dan menengah di kawasan ini (UKM). Tidak seperti startup pertumbuhan tinggi tradisional, perusahaan ini mendapat manfaat dari dukungan stabil yang diberikan utang, memungkinkan pertumbuhan bertahap tanpa tekanan penskalaan cepat yang diminta oleh investasi ekuitas. Dia juga membahas keraguan budaya terhadap utang di pasar Asia di mana secara historis dipandang negatif, dan menjelaskan pergeseran persepsi ketika bisnis mengakui bahwa pembiayaan utang dapat menjaga kontrol perusahaan, mencegah pengenceran kepemilikan dan memfasilitasi kemajuan operasional yang lebih halus tanpa tuntutan yang mengganggu dari strategi keluar berbasis ekuitas.

3. Tanggung Jawab Radikal: Shuyin membahas transisi dari peran dalam tim kolaboratif untuk menjadi ujung tombak dana investasinya sendiri, yang menandai perubahan signifikan terhadap mengadopsi pola pikir “tanggung jawab radikal” untuk membuat keputusan investasi yang berdampak dan menumbuhkan pertumbuhan berkelanjutan dalam perusahaan yang mereka dukung. Dia menekankan ruang lingkup tanggung jawab yang diperluas yang datang dengan memimpin dana, yang mencakup tidak hanya membuat keputusan investasi strategis tetapi juga mengelola penggalangan dana, operasi, dan dinamika tim. Dia juga menyoroti tantangan menavigasi kompleksitas ini dan menekankan bahwa memahami dan menerima akuntabilitas penuh untuk keberhasilan dan kemunduran sangat penting.

Jeremy dan Shuyin juga berbicara tentang integrasi pengembalian keuangan dengan dampak sosial dalam strategi investasi, perkembangan VC di ekosistem kawasan, tantangan dalam mengimplementasikan proyek sosial skala besar di pasar negara berkembang, dan kebutuhan akan alat investasi yang selaras dengan berbagai kebutuhan bisnis.

Harap teruskan wawasan ini atau undang teman -teman di https://whatsapp.com/channel/0029vakr55x6bieluevkn02e

Didukung oleh gandum

Grain adalah restoran online yang menyajikan makanan sehat namun lezat sesuai permintaan dan katering. Mereka didukung oleh investor, termasuk kelompok Lo dan Behold, Tee Yih Jia, Openspace dan Centoventures. Makanan mereka dibuat dengan cermat oleh koki dengan bahan -bahan sehat. Untuk bulan April, biji-bijian bekerja sama dengan HJH Maimunah untuk membawakan Anda pengalaman yang unik namun menyenangkan untuk katering pertama yang diilhami Michelin di Singapura. Pelajari lebih lanjut di www.grain.com.sg . Jika Anda perlu memberi makan tim keluarga Anda, periksa gandum.

(01:41) Jeremy AU:

Hei, saya sangat senang memiliki Anda di acara itu. Ini benar -benar menginspirasi apa yang Anda lakukan di wilayah ini, teknologi yang sedikit berbeda dari semua VC di luar sana, tetapi saya ingin Anda memperkenalkan diri.

(01:50) Shuyin Tang:

Halo, Jeremy. Pertama -tama, terima kasih banyak telah mengundang saya untuk berada di acara Anda. Hai semua penonton juga. Sangat menyenangkan berada di sini hari ini. Saya akan menjadi apa yang Anda sebut investor yang tidak disengaja. Jika Anda bertanya kepada saya apa yang saya inginkan ketika saya dibesarkan, ketika saya masih muda, saya akan mengatakan saya ingin menjadi seorang diplomat, berada di PBB, atau ada hubungannya dengan LSM internasional.

Pada saat itu, itu adalah panggilan hidup saya. Karena hal -hal yang sering tidak berjalan seperti yang Anda rencanakan, saya akhirnya bekerja di Bain terlebih dahulu, kemudian menemukan jalan saya ke konsultasi pengembangan, dan kemudian berdampak pada investasi. Secara geografis, perjalanan itu telah membawa saya dari Australia, tempat saya dibesarkan, ke India, dan kemudian ke Vietnam, yang merupakan rumah adopsi saya. Hari ini, saya adalah CEO dan pendiri dana Beacon yang merupakan dana utang swasta tetapi dana utang swasta yang berfokus pada tengah -tengah pengusaha yang hilang di Asia Tenggara.

(02:50) Jeremy AU:

Luar biasa. Kami pasti akan membahasnya. Anda benar -benar menyukai pelayanan masyarakat dan perwakilan nasional, dari apa yang bisa saya katakan. Seperti apa Anda sebagai seorang anak?

(03:00) Shuyin Tang:

Itu pertanyaan yang menarik. Saya memiliki hadiah masa kecil yang sangat stabil. Saya tinggal di rumah yang sama dan pergi ke sekolah yang sama pada dasarnya selama tahun -tahun pembentukan saya. Saya memiliki apa yang Anda sebut orang tua Hippie Asia. Mereka bukan ibu dan ayah harimau yang khas sama sekali. Daripada mengatakan kepada saya bahwa saya perlu belajar lebih banyak dan mendapatkan+, mereka mengatakan kepada saya untuk keluar lebih banyak, berjalan -jalan, dan melihat teman -teman saya. Saya tidak yakin apakah ada pendengar kami di Asia yang dapat berhubungan dengan itu, tetapi saya harus mengatakan, saya sangat diberkati memiliki orang tua yang sangat keren.

Ada dua hal yang perlu diketahui tentang saya ketika saya tumbuh dewasa. Nomor satu adalah bahwa saya bukan kewirausahaan atau berorientasi bisnis sama sekali. Beberapa teman saya memiliki cerita hebat tentang memulai bisnis pertama mereka pada usia 10 dan membuat lebih dari ibu dan ayah mereka. Itu bukan aku. Saya tidak benar -benar memiliki tulang wirausaha di tubuh saya. Mungkin saya melakukannya, tetapi belum ditemukan pada waktu itu. Poin kedua yang menarik sekarang setelah saya melihat kembali adalah itu, orang tua saya selalu menceritakan kisahnya kepada saya. Suatu ketika, kita berada di rumah teman keluarga, dan kemudian mereka memiliki anak seusia saya, dan dia benar -benar akan melambaikan tangannya di depan wajah saya dan bertanya apakah saya berbicara karena saya sepi dan saya selalu berada di cangkang saya sendiri. Itu adalah perjalanan yang menarik karena untuk memulai dana, Anda harus benar -benar berada di luar sana. Dan entah bagaimana saya harus mengeruk dari dalam diri saya jenis ekstroversi dan kualitas penjualan yang perlu dimiliki seseorang.

(04:33) Jeremy AU:

Ya. Dan yang menarik adalah Anda kemudian menjadi konsultan di Bain, yang juga saya kerjakan. Jadi seperti apa pengalaman itu?

(04:39) Shuyin Tang:

Ya. Itu adalah impian saya untuk bergabung dengan Layanan Publik Australia. Banyak hal baik terjadi dalam hidup, sayangnya, ada satu penolakan di sana dan saya tidak mendapatkan pekerjaan. Saya bahkan tidak dipanggil ke wawancara yang bisa menyebabkan pembukaan pintu yang indah lainnya. Dan bagi saya, itu mendapatkan kesempatan di Bain. Itu pasti sedikit baptisan api. Sebelum saya mulai di Bain, saya benar -benar tidak pernah membuka Excel, tetapi dengan tempat seperti Bain, Anda belajar atau Anda tidak bertahan lama di sana. Saya memang belajar dan menantang diri saya sendiri, dan itu naik dengan cepat. Ini adalah perusahaan Australia 15 tahun yang lalu. Saya akan mengatakan, itu agak menantang bagi saya ketika saya tidak melihat banyak pemimpin yang benar -benar terlihat seperti saya, dan memiliki cerita yang sama dengan saya. Jadi saya memang mengajukan beberapa pertanyaan tentang itu, tetapi secara keseluruhan, saya tidak bisa memikirkan tempat yang lebih baik untuk membangun banyak keterampilan mendasar yang masih membantu saya sampai hari ini.

(05:49) Jeremy AU:

Apa yang melompat ke arah saya adalah bahwa Anda benar-benar memimpin Aurora, yang merupakan kelompok konsultan pro-bono. Kemudian Anda kemudian berkonsultasi dengan Technoserve, yang juga merupakan proyek konsultasi strategi pro-bono. Jadi seperti apa pengalaman itu?

(06:02) Shuyin Tang:

Ya, seperti yang saya bagikan, dampak selalu sangat dekat dengan hati saya. Bain adalah batu loncatan untuk sesuatu yang lain, seperti halnya bagi banyak orang. Beberapa orang yang mulai di Bain memang ingin menjadi mitra Bain. Itu adalah tujuan hidup mereka. Banyak orang melihatnya sebagai batu loncatan seperti yang saya lakukan. Jadi bagi saya, bahkan ketika saya berada di Bain, saya memang ingin mendapatkan dampak sebanyak mungkin pada pengalaman nirlaba. Sayangnya, ketika saya berada di Bain, karena jam kerja, sulit untuk mengeksplorasi bahwa sepenuhnya seperti yang saya inginkan, tetapi dengan cara -cara kecil, kami dapat mendukung organisasi nirlaba lokal di Australia dan saya mulai melihat bagaimana keterampilan konsultasi yang lebih umum dapat diterapkan pada masalah yang saya rasa lebih bersemangat tentang, sehingga pertanyaan -pertanyaan tentang dampak sosial ini dan melayani masyarakat yang tidak terlayani. Salah satu hal hebat tentang Bain adalah saya harus mengambil transfer ini dan saya pergi ke New Delhi di India. Dan itu pasti saat ketika saya menyadari ada sisi lain dari pinggiran Sydney yang sangat tenang dan mengantuk tempat saya dibesarkan. Saya jatuh cinta dengan energi pasar yang muncul semacam itu. Dan pada dasarnya, sejak itu, saya telah tinggal di Asia. Itu juga katalis bagi saya untuk mengatakan bahwa Bain adalah pengalaman hebat. Saya telah menggunakannya sebagai batu loncatan itu, tetapi sudah waktunya untuk bercabang dan kembali ke panggilan asli saya. Segera setelah pengalaman transfer di kantor New Delhi Bain, saya memutuskan untuk pergi dan pergi dengan Technoserve. Ini adalah perusahaan konsultan pengembangan. Jadi pada setengah dari perusahaan, Anda memiliki orang -orang dari MBB atau JP Morgan Investment Bankers, dan kemudian di babak lain, Anda memiliki pengembangan luar biasa yang saya inginkan, para profesional pengembangan hardcore yang tahu banyak tentang pertanian atau pengembangan tenaga kerja atau topik seperti itu. Dan itu adalah hal yang indah untuk melihat apa yang terjadi ketika Anda menyatukan kedua kelompok ini atau berbagai jenis orang. Di satu sisi, ada beberapa mantan konsultan dan bankir yang cukup idealis, dan kemudian orang-orang yang terus terang memiliki lebih banyak pengalaman nyata daripada kita, memecahkan masalah yang paling sulit.

(08:13) Shuyin Tang:

Jadi di Technoserve, saya juga tinggal di India, melakukan proyek yang sangat menarik di ruang pertanian, pada dasarnya mengajukan pertanyaan kepada diri kami sendiri, Anda bekerja dengan donor besar, dan bagaimana kita meningkatkan mata pencaharian atau meningkatkan pendapatan, dan meningkatkan mata pencaharian di India. Pembelajaran dari pengalaman di Bain sebenarnya berlaku untuk jenis masalah ini juga. Pemikiran logis itu, kerangka kerja, semua itu cukup berlaku. Dan kemudian saya juga menyadari bahwa saya memiliki banyak hal untuk dipelajari tentang konsultasi, karena itu bisa sangat tinggi, dan menurut definisi, strategis. Jadi saya memang memiliki banyak hal untuk dipelajari tentang apa yang sebenarnya dimaksudkan untuk menjadi organisasi produsen farmasi kecil di Bihar, untuk memberikan pupuk dengan cara yang sangat praktis, dan tidak ada jumlah slide yang indah atau catatan kaki yang selaras yang benar -benar dapat membuat saya keluar dari itu, dan berkontribusi pada dilema itu. Itu adalah panggilan bangun yang baik serta katalis lain untuk memutuskan apa yang ingin saya lakukan selanjutnya.

(09:08) Jeremy AU:

Ya. Dan apa yang Anda lakukan selanjutnya adalah bergabung dengan sisi filantropi ventura modal ventura dengan LGT, dengan en Lee dan orang -orang.

(09:16) Shuyin Tang:

Iya benar sekali. Pada saat itu, saya adalah seorang konsultan. Saya telah melakukan konsultasi strategi dan kemudian saya melakukan konsultasi pengembangan. Kemudian, saya mendengar tentang ide yang sangat menarik ini yang disebut Dampak Investasi. Hari -hari ini, semua orang tahu tentang dampak investasi. Semua orang ingin menjadi investor dampak. Saat itu, itu masih sangat baru dan itu cukup ceruk, tetapi melalui jaringan dan lingkaran tempat saya berada, saya memang mendengarnya dan saya pikir itu sangat keren. Seperti yang kami ketahui, menjadi investor, Anda memiliki lebih banyak kulit dalam permainan daripada menjadi konsultan. Itulah kebenaran masalahnya. Dan itu sangat menarik bagi saya. Saya memang ingin melihat hal -hal dalam periode waktu yang lebih lama. Nilai konsultan, tetapi didorong oleh kasus. Enam bulan, Anda masuk dan kemudian Anda pindah ke yang berikutnya. Sebagai seorang investor, siklus lebih lama, biasanya 10 tahun untuk dana tipe vanilla yang paling polos atau bahkan lebih lama, bisa dibilang. Dan saya berpikir tentang bagaimana hal -hal yang benar -benar bekerja karena itu membutuhkan waktu, terutama di pasar -pasar ini, jadi bagaimana saya memberi diri saya kursi di arena di mana Anda dapat melihat hal -hal ini berkembang dalam periode waktu yang lebih lama? Jadi itu adalah motivasi awal saya untuk berpikir tentang investasi sebagai jalur karier berikutnya bagi saya. Ada masalah besar dengan apa yang saya tidak memiliki pengalaman investasi dan nol pengalaman membuat kesepakatan.

Jadi saya cukup berpikiran terbuka dan fleksibel tentang ke mana saya harus pergi, perusahaan mana yang harus saya kerjakan, dan apa yang harus saya lakukan. Bagian besar lainnya bagi saya adalah aspek dampak, jadi saya selalu sengaja ingin bekerja untuk perusahaan investasi dampak, tidak harus menjadi VC yang lebih utama atau perusahaan ekuitas swasta. Itu memang membatasi opsi sedikit dan begitulah saya berakhir di LGT. Dan ya, saya sangat berterima kasih. Bahwa mereka memberi saya kesempatan itu dan membawa saya ke Vietnam, yang telah menjadi titik balik lain dalam pengalaman saya sendiri. Dan saya mulai dari bawah ke atas, mempelajari dasar -dasar, penawaran, lembar istilah, dan uji tuntas. Seperti yang saya katakan, saya tidak punya pengalaman kesepakatan untuk pekerjaan itu, tetapi itu 11 tahun yang lalu sekarang. Dan sejak itu, saya sangat beruntung dan memiliki hak istimewa untuk melihat ekosistem kewirausahaan tahap awal Vietnam benar-benar muncul hampir dari ketiadaan ke tempat yang sekarang, dan itu adalah perjalanan seumur hidup.

(11:29) Jeremy AU:

Luar biasa. Dan yang menarik adalah bahwa Anda benar -benar berada di permukaan tanah filantropi usaha, karena itu sudah begitu awal. 2013 benar -benar seperti Ground Zero. Saya agak penasaran, apakah ada mitos atau kesalahpahaman tentang filantropi usaha dari sudut pandang Anda? Lapangan ini juga telah berevolusi banyak selama belasan tahun terakhir.

(11:48) Shuyin Tang:

Ya. Izinkan saya berkomentar tentang dampak investasi secara umum karena filantropi usaha adalah perdebatan yang sangat berbeda tentang spektrum modal, tetapi izinkan saya berbicara tentang investasi dampak. Ini sangat menarik. Investor dampak memiliki sedikit chip di pundak mereka dalam beberapa hal karena karena bidang semacam itu dimulai, selalu ada tekanan luar biasa pada dampak investor untuk membuktikan entah bagaimana bahwa mereka dapat memberikan pengembalian yang baik. Apa pengembalian yang bagus? Itu tergantung pada siapa yang Anda minta, tetapi lebih khusus lagi, untuk banyak periode itu, ada banyak tekanan pada dampak investor untuk membuktikan bahwa mereka dapat memberikan tingkat pengembalian pasar yang disesuaikan dengan risiko, untuk menggunakan jargon favorit kami, dan sebagai catatan, saya yakin itu mungkin. Saya percaya bahwa dengan berinvestasi dengan lensa dampak atau lensa keberlanjutan, Anda dapat mencapai jenis hasil secara finansial, tetapi salah satu mitos terbesar dalam hidup adalah bahwa Anda selalu dapat memiliki kue dan memakannya juga. Saya telah melihat Anda berbicara tentang trade-off di versi lain podcast Anda di berbagai pengaturan, baik pribadi maupun profesional. Dengan investasi dampak, ada trade-off juga. Cukup sulit untuk memiliki pengembalian keuangan yang sangat spektakuler, tetapi pada saat yang sama, memberikan dampak terdalam kepada komunitas yang paling kurang terlayani.

Dan saya berharap orang dapat melihat dampak berinvestasi sebagai spektrum. Ada tempat untuk pengembalian keuangan yang sangat menarik dan juga dampak yang baik dan terhormat, tetapi jika Anda ingin mengatasi beberapa masalah yang lebih sulit di masyarakat atau dengan lingkungan, Anda tidak dapat mengharapkan tingkat pengembalian pasar. Dan kedua belah pihak membutuhkan sorotan. Perlu ada sorotan pada banyak solusi yang paling menarik secara komersial, tetapi juga, berasal dari lebih banyak latar belakang yang berfokus pada dampak, kita tidak bisa hanya menyapu di bawah permadani semua masalah dan tantangan lain yang tidak menghasilkan banyak uang hanya karena alasan itu. Masih ada cara untuk mencapai pengembalian yang berkelanjutan. Saya tidak mengatakan bahwa harus semata-mata adalah bidang filantropi atau amal, tetapi orang-orang terkadang memiliki sedikit masalah membayangkan melihat semua ruang di antara amal di satu sisi dan kemudian keluar untuk investasi yang didorong oleh laba. Ada banyak hal indah di Betwen. Mari kita lihat lebih hati -hati.

(13:59) Jeremy AU:

Dan yang menarik adalah bahwa Anda terus mengeksplorasi ini lebih jauh karena Anda kemudian mulai di Patamar Capital, dan sudah sembilan tahun perjalanan Anda juga, dan juga menggandakan Vietnam sebagai geografi. Bisakah Anda berbagi lebih banyak tentang langkah itu?

(14:10) Shuyin Tang:

Ya. Patamar adalah tempat saya menghabiskan sebagian besar karir profesional saya. Dan ya, di sinilah saya sedikit relevan untuk podcast Anda dan saya memang bekerja di Impact VC untuk saat saya fokus pada modal ventura Patamar. Sekali lagi, itu sembilan tahun yang lalu, jadi pada waktu itu, ekosistem modal ventura sangat awal di Vietnam, tetapi juga Asia Tenggara. Saya yakin pembaca tahu itu sangat baik. Itu menarik. Banyak tesis dampak kami pada saat itu difokuskan pada hei, kami mendukung pengusaha yang melayani konsumen berpenghasilan rendah dan rendah. Dan percaya atau tidak, itu sebenarnya ide yang cukup revolusioner saat itu. Saat ini, semua orang menargetkan pasar massal. Hampir semua perusahaan VC menganggap pasar massal Asia Tenggara, di sinilah uangnya, tetapi jujur, sembilan tahun yang lalu ketika kami berbicara tentang konsumen rendah dan lebih rendah, berpenghasilan menengah, orang-orang seperti, ini tidak masuk akal. Bagaimana Anda bisa membangun perusahaan teknologi yang fokus pada segmen jenis ini? Jadi itu adalah salah satu refleksi terbesar saya yang menarik tentang bagaimana pasar telah berkembang. Dan untuk yang lebih baik, karena pada akhirnya, adalah hal yang baik bahwa ada lebih banyak modal yang mengalir ke arah pengusaha yang bertemu pasar di mana itu, dan seperti yang dikatakan semua orang, akhir -akhir ini, mengetuk kelas menengah.

(15:23) Jeremy AU:

Menurut Anda apa tantangan bagi orang -orang untuk memahami itu? Antara orang miskin versus kelas menengah yang muncul, apa kesenjangan dalam pemahaman itu?

(15:31) Shuyin Tang:

Sejujurnya, beberapa di antaranya lebih banyak tentang memposisikan ulang. "Orang miskin", itu juga sedikit istilah yang meremehkan juga. Ini agak ofensif hampir sama sekali. Jadi memposisikannya ke arah yang lebih seperti calon kelas menengah, jadi ia memiliki sedikit masalah branding, tetapi kemudian, orang akhirnya melihat di sinilah pasar berada, dan jika Anda dapat menemukan cara untuk menangkap sebagian dari pangsa dompet kurung konsumen ini atau kekuatan pengeluaran, maka Anda dapat membangun bisnis besar dari itu. Dan kita semua semakin pintar dari waktu ke waktu dan benar -benar melihat bahwa ini adalah peluang bisnis yang komersial dan layak. Sejujurnya, itulah kisah banyak hal dalam dampak investasi ruang, yang memiliki sedikit konotasi negatif. Misalnya, UKM, kita bisa membahasnya nanti tetapi sebenarnya, ada uang di sana juga, dan bagaimana Anda mengembangkan model yang tepat untuk pasar dan segmen itu? Mungkin kita harus berubah.

(16:22) Jeremy AU:

Ya. Dan yang menarik adalah bahwa Anda juga menggandakan dan kemudian Anda juga mendirikan dana suar. Bisakah Anda berbagi lebih banyak tentang itu?

(16:29) Shuyin Tang:

Ya, jangan salah paham. Saya suka VC. Saya suka startup teknologi. Dan seperti yang saya katakan, itu adalah bagian besar dari pengalaman formatif saya sebagai investor. Hal lain menjadi jelas bagi saya, melalui semua percakapan yang saya lakukan dengan pengusaha, dengan investor di seluruh wilayah, dan itu adalah gagasan bahwa startup itu hebat. Mereka memiliki banyak potensi dan saya mendukung semua VC di wilayah ini. Tantangannya adalah VC hanyalah satu alat pendanaan atau instrumen dalam toolkit. Sebenarnya, jika Anda melihat sebagian besar perusahaan di wilayah kami, mereka adalah UKM. Mereka bukan startup. Mereka bukan startup teknologi pertumbuhan tinggi. Dan ini menjadi sangat jelas bagi saya dan juga tim, pada umumnya, karena kita sering menolak investor, bahkan kita sebagai dampak investor. Kami sering menolak perusahaan karena kami pikir ini tidak benar-benar seperti pasar miliaran dolar yang Anda targetkan. Saya tidak melihat potensi untuk ini tumbuh 10x atau dua kali lipat setiap tahun. Ini adalah kerangka kerja atau heuristik yang sangat umum yang digunakan VC untuk menyaring perusahaan. Sekali lagi, saya yakin semua pendengar Anda sangat sadar, jadi itu wawasan yang menarik. Mungkin itu tidak terlalu berwawasan luas, karena itu jelas, tetapi itu adalah prompt yang menarik bagi kita untuk dipikirkan, mengingat sebagian besar bintang utara saya selalu tentang menyediakan modal kepada perusahaan yang kurang terlayani yang lebih membutuhkannya dan paling banyak, atau dan melakukan hal -hal yang sangat menarik. Bagaimana kita bisa berpikir tentang menyiapkan dana yang benar -benar memenuhi kebutuhan mereka? Dan itulah sebabnya kami menetap saat meluncurkan Beacon, yang merupakan dana utang swasta. Anda mungkin bertanya -tanya, mengapa hutang? Kedengarannya buruk. Mengapa melakukannya? Saya tidak mengatakan utang lebih baik daripada ekuitas atau utang lebih baik daripada VC. Itu tergantung pada setiap perusahaan dan setiap situasi. Dan terus terang, seringkali campuran dari keduanya yang dapat membawa perusahaan ke tempat yang mereka inginkan, tetapi tidak ada banyak hutang selain dari pinjaman bank, di ekosistem kita atau di lingkungan kita.

Hutang adalah pilihan yang menarik bagi pengusaha karena menghilangkan tekanan karena cair sendiri. Jadi lebih dari tiga, jangka waktu empat tahun, perusahaan dapat membayar hutang itu dan Anda selesai. Anda berjabat tangan, Anda berjalan pergi. Tidak ada pemikiran tentang tahun sembilan atau sepuluh dari kehidupan dana Anda dan bagaimana Anda perlu keluar, yang, sejujurnya, salah satu tantangan sebagai VC di wilayah ini. Jadi itu nomor satu, yaitu tentang bagian ini di sekitar pintu keluar.

Untuk perusahaan lain atau pengusaha lain, itu ada di sekitar kendali. Mereka ingin menjalankan bisnis mereka dengan cara mereka. Mereka tidak harus ingin terikat pada logika atau formula VC yang menuntut jalur pertumbuhan tertentu, harapan, dan untuk memenuhi komitmen Anda kepada investor VC Anda. Jadi beberapa orang tidak menginginkan itu karena alasan yang berbeda. Dan untuk segmen pendiri ini, dapatkah kita melakukan sesuatu yang benar -benar menghormati pilihan itu?

Bagian ketiga adalah bahwa saya tidak berasal dari latar belakang keuangan, tetapi sekarang saya tahu betul bahwa hutang lebih murah daripada ekuitas. Dan kedengarannya jelas bagi siapa saja yang memiliki gelar MBA atau seseorang yang belajar keuangan, tetapi wawasan itu tidak selalu diterima. Seringkali, respons yang kita dapatkan dari pendiri adalah bahwa ekuitas itu gratis dan utang adalah sesuatu yang harus Anda bayar kembali. Anda mungkin tidak harus memberi tahu VC Anda bahwa ekuitas itu gratis, jadi masih ada banyak berbagi pengetahuan, dan berbagi pengalaman yang perlu dilakukan di sekitar hutang sebagai produk, hanya sebagai pilihan lain. Seperti yang saya katakan, saya tidak mengatakan utang lebih baik atau lebih buruk daripada ekuitas. Ini hanyalah pilihan lain bagi pengusaha tertentu untuk dipertimbangkan saat mereka memetakan nasib mereka sendiri.

(20:07) Jeremy AU:

Ini cukup tepat. Tantangan untuk keluar di Asia Tenggara menyulitkan siklus hidup 10 tahun dan struktur keluar. Jadi saya sangat setuju dengan Anda bahwa kedalaman adalah instrumen yang bagus di sini. Dan saya ingin mengklik dua kali pada apa yang Anda katakan, yang merupakan pendiri memiliki keengganan terhadap hutang. Menurut Anda mengapa itu terjadi?

(20:22) Shuyin Tang:

Itu pertanyaan yang menarik. Beberapa di antaranya agak budaya. Bahkan untuk keluarga saya atau cara saya dibesarkan, ada sedikit stigma yang melekat pada hutang atau mengambil pinjaman. Mungkin itu lebih dalam konteks pribadi, tetapi dalam beberapa hal, itu telah ditransfer ke bisnis karena terus terang, semua perusahaan besar di dunia, seperti Apple, dan Google, semua orang menggunakan hutang. Jadi dalam beberapa hal, mungkin ini sedikit tentang budaya Asia.

Bagian kedua adalah bahwa, ya, itu pasti menegakkan jenis disiplin tertentu atau memang membutuhkan jenis disiplin tertentu di sekitar arus kas, dan manajemen keuangan. Saya tidak akan berbohong. Ketika Anda mengambil hutang, Anda harus membayarnya kembali sesuai dengan jadwal tetap, dan ada konsekuensi jika Anda tidak. Tentu saja, sebagian besar investor utang, saya ingin berpikir, dan bukan meminjamkan hiu, tetapi terus terang itu bahkan beberapa kesenjangan atau keraguan dari beberapa pengusaha. Jadi ya, ini budaya, dan mungkin stigma. Kedua, ada kebutuhan untuk manajemen keuangan yang sangat ekstrem atau sangat disiplin. Dan tiga, ada beberapa aktor buruk di banyak pasar ini di mana pasar gelap yang cukup aktif atau kurang dari pasar informal dalam pinjaman, mungkin telah membuat orang mati lagi. Pada hari -hari awal, kami harus melakukan banyak hal untuk meyakinkan orang bahwa kami sebenarnya dana investasi institusional yang sangat kredibel, bukan sesuatu yang kami jalankan di jalan -jalan belakang. Jadi itu adalah beberapa alasan mengapa itu tidak lepas landas di wilayah kami.

(21:58) Jeremy AU:

Dan ketika Anda mengerahkan semakin banyak utang selama beberapa tahun terakhir ke Asia Tenggara, apa saja prinsip atau hal-hal yang tidak jelas yang Anda cari?

(22:07) Shuyin Tang:

Ya, itu menarik. Salah satunya, cukup sulit untuk menemukan perusahaan dalam sweet spot yang tepat dari apa yang kami cari, dalam arti bahwa Anda menginginkan perusahaan yang memiliki arus kas yang baik, beberapa rekam jejak menghasilkan arus kas tetapi tidak terlalu bagus, karena jika mereka sangat fantastis, maka mereka tidak akan membutuhkan Anda. Di sisi lain, Anda ingin menghindari perusahaan yang lebih membutuhkan atau dalam situasi yang lebih kekurangan uang karena jenis investasi itu lebih untuk pinjaman situasi khusus, yang terus terang sesuatu yang tidak kita lakukan. Pengembalian yang juga bisa sangat menarik, tetapi kami meminjamkan kepada perusahaan yang berkinerja baik. Jadi untuk menemukan perusahaan yang berada dalam sweet spot mereka membutuhkan Anda tetapi kemudian mereka tidak terlalu putus asa adalah keseimbangan menarik yang perlu ditemukan.

Pembelajaran kedua yang kami miliki adalah bahwa tingkat uji tuntas yang diperlukan sebagai investor utang dalam beberapa hal adalah tingkat berikutnya dari apa yang saya lakukan sebagai VC. Anda mencari hal yang berbeda. Saya tidak mengatakan ini untuk mengkritik atau melempar batu, tetapi tingkat uji tuntas dan pengawasan yang harus kami pakai, pada akhirnya, arus kas dari operasi perusahaan -perusahaan ini berada pada tingkat yang sama sekali berbeda dari yang kami lakukan di VC. Dalam VC, kami tidak benar -benar melihat model keuangan. Tentu saja, jika ada sesuatu yang diserahkan kepada kami, kami melihat proyeksi. Mereka menunjukkan tongkat hoki yang bagus naik dan naik, pada titik tertentu perusahaan meremehkan bahkan, tetapi ini lebih banyak tentang pendiri. Ini tentang produk mendasar, inovasi yang terjadi di perusahaan itu. Setidaknya itu dari pengalaman saya sendiri tentang itu. Itu adalah fokus investasi VC, tetapi investasi utang sangat berbeda. Sangat fokus pada orang -orang yang kami dukungan. Sekali lagi, pada akhirnya, Anda ingin bekerja dengan orang yang tepat, apakah itu dalam investasi hutang atau ekuitas, tetapi tingkat pengawasan keuangan berada pada tingkat yang berbeda dari apa yang kami lakukan di VC.

(23:58) Jeremy AU:

Dan bisakah Anda berbagi cerita pribadi tentang waktu yang Anda berani?

(24:02) Shuyin Tang:

Wow. Itulah tema podcast ini. Saya memang memikirkan hal ini, saya tidak menganggap diri saya sebagai orang yang berani, mungkin bahkan sampai hari ini, tetapi kemudian orang selalu memberi tahu saya, "Wow, Anda pindah ke India sendirian ketika Anda berusia 25 tahun? Itu cukup berani"! Dan kemudian, Anda melakukan X, Y, Z. Anda memulai dana Anda sendiri. Ini tampaknya saat Anda berani. Jadi dalam beberapa hal, mungkin saya berani. Waktu saya mengambil lompatan iman terbesar adalah benar -benar memulai dana baru. Saya mengobrol dengan seorang teman di dunia investasi. Dan dia mengatakan sesuatu yang sangat menarik bagi saya dan saya seperti, "Itu benar." Dia mengatakan bahwa menjadi mitra yang baik, di perusahaan VC sangat berbeda dari menjadi mitra pengelola atau CEO perusahaan VC atau perusahaan investasi. Ketika saya merenungkan kembali pengalaman saya sendiri selama 10, 11 tahun terakhir, saya menyadari itu benar karena saya beralih dari menjadi mitra yang cukup baik di Patamar, dan di mana, perannya difokuskan pada perusahaan yang baik, berinvestasi di dalamnya dan hanya itu. Dan pergeseran pola pikir yang terjadi ketika saya memulai Beacon adalah bagian dari pengalaman itu adalah menemukan beberapa perusahaan yang baik dan berinvestasi di dalamnya. Itu hanya satu fraksi kecil dari apa artinya menjalankan dana. Pada tingkat yang sangat mendasar, ada seluruh penggalangan dana. Bagaimana Anda menyimpan uang itu? Bagaimana Anda menjaga lampu menyala? Ada seluruh aspek operasi manajemen dana, membangun tim dengan cara yang berbeda. Jadi saya tidak jujur ​​menyadarinya saat itu. Saya tidak yakin bahwa saya sangat berani pada saat itu, tetapi melihat ke belakang sekarang pada pergeseran dari peran yang nyaman sebagai mitra di perusahaan VC dampak di mana saya mendapatkan gaji saya setiap bulan, untuk mengambil beberapa risiko dari perspektif keuangan pada waktu itu dan mengambil jalur karier yang mungkin tidak berhasil. Mungkin masih tidak berhasil. Itu hidup, tapi itulah lompatan yang telah berani, tetapi juga, di situlah imbalannya datang. Saya juga tumbuh banyak dan saya akan mengatakan dapat berempati dengan pengusaha dengan cara yang sangat berbeda karena saya memiliki tanggung jawab P&L pada akhirnya. Jika Anda menjalankan apa yang saya miliki sekarang? Dan nak, saya sudah dewasa.

(26:16) Jeremy AU:

Apa artinya tumbuh dari sudut pandang Anda?

(26:18) Shuyin Tang:

Bagi saya, itu berarti mengambil tanggung jawab. Gagasan tanggung jawab diri yang hampir radikal inilah. Di masa lalu, saya biasa melakukan parsel. Sekarang, memiliki pengalaman bisnis saya sendiri dengan cara tertentu, meskipun itu adalah dana, semuanya seperti stok uang dengan saya seratus persen dari waktu. Anda tidak dapat mengatakan investasi ini tidak berhasil karena orang lain memimpinnya atau orang lain menyetujuinya. Tidak, hanya itu Anda atau dinamika tim tidak bekerja di area khusus ini. Saya membuat itu. Dan kedengarannya menguasai diri dengan cara tertentu. Semuanya salahmu. Tidak, ini bukan tentang itu. Ini tentang mengenali tanggung jawab Anda. Ada pepatah bagus dari sebuah buku berjudul "Reboot". Pertanyaan yang dia tanyakan adalah, bagaimana Anda terlibat dalam menciptakan semua situasi ini yang Anda katakan tidak Anda inginkan? Dan itu semua situasi yang saya keluhkan atau berantakan. Saya menciptakannya, atau saya membiarkan diri saya duduk dalam situasi itu. Dan itu adalah perjalanan dan saya tidak yakin bahwa Anda pernah lulus dari ini, tetapi menyadari bahwa pada akhirnya saya akan mengubah situasi atau keluar. Ini membantu saya menjadi jauh lebih bahagia dan juga meningkatkan hubungan yang saya miliki karena ini bukan tentang menyalahkan orang lain atau menyalahkan situasi, tetapi itu bekerja melalui hal -hal bersama. (27:50)

Jeremy Au:

Luar biasa. Saya sangat menyukainya. Jadi pada catatan itu, saya ingin meringkas tiga takeaways besar yang saya dapatkan dari percakapan ini. Pertama -tama, terima kasih banyak telah berbagi tentang seperti apa Anda tumbuh dewasa karena Anda ingin menyelamatkan dunia dan benar -benar mengambil langkah -langkah itu di sepanjang jalan dalam pelayanan pemerintah, ditolak dari layanan pemerintah, bekerja di Bain untuk bekerja di perbatasan dan pasar negara berkembang jauh -jauh ke ventura filantropi. Jadi menarik untuk melihat navigasi dan tangga Anda untuk mencari tahu di mana Anda ingin berada dan bagaimana Anda menginginkannya.

Kedua, terima kasih banyak telah berbagi tentang bagaimana Anda berpikir tentang Asia Tenggara, tidak hanya dalam hal modal ventura, tetapi dalam hal utang, pendekatan Anda terhadapnya, bagaimana Anda berpikir tentang pasar keluar, dan bagaimana Anda ingin memainkan peran di dalamnya dalam hal fokus. On, bukan hanya Vietnam, tetapi juga hutang sebagai kendaraan. Saya pikir itu adalah snapshot yang sangat bagus tentang cara berpikir tentang hutang sebagai murah dan ekuitas dalam banyak hal, tetapi ada keengganan budaya dan penghalang jalan untuk itu diadopsi, tetapi itu berubah terutama ketika Anda ingin lebih banyak menggunakan perusahaan yang sesuai dengan tagihan.

Terakhir, terima kasih banyak telah berbagi tentang tanggung jawab radikal. Sungguh luar biasa mendengar tentang bagaimana seseorang terlibat dalam situasi di mana Anda akhirnya berada. Dan sungguh menarik untuk mendengar bahwa Anda benar -benar mencontohkan keberanian itu di setiap tahap karier Anda dalam hal mengubah peran, mengubah geografi, dan menyiapkan dana Anda sendiri juga. Jadi pada catatan itu, terima kasih banyak telah berbagi cerita Anda.

(29:10) Shuyin Tang:

Terima kasih, Jeremy. Sangat menyenangkan.

Sebelumnya
Sebelumnya

51% SE Asia mendukung China (vs USA), Sequoia & GGV VC Decoupling & Mobilitas Teori Game Pesaing dengan Shiyan Koh - E410

Berikutnya
Berikutnya

Charoen Pokphand (CP) $ 85 miliar Konglomerat: Cina ke Thailand ke Dapur Dunia - E412