JX Lye: China vs. Budaya Teknologi AS, Keputusan Karir (Bytedance, Dropbox, Lyft dan EDB) & Membuat Integrasi Bank Cepat & Sederhana dengan Acme - E363
“Pertanyaannya pada diri saya adalah, 'Apa tujuan saya dalam bekerja di bidang teknologi?' Beberapa orang ingin menaiki tangga perusahaan dan menjadi VP produk Pasar dua sisi. - JX Lye
Layanan Keuangan adalah satu -satunya industri di mana Singapura benar -benar merupakan pusat yang meninju di atas berat badan kami. Yang lainnya, masih mungkin, dan orang -orang akan mendatangi saya untuk itu, tetapi itu adalah penilaian saya. Pertanyaannya adalah, di mana di fintech yang ingin Anda mainkan? Saya menganalisis atau menganalisis pasar dan apa yang saya keluarkan adalah bahwa hal itu adalah bahwa hal itu adalah hal yang bisa Anda sukai. Dan hanya ada empat cara utama untuk mensegmentasi pasar yang merupakan siklus hidup uang. - JX Lye
“Ketika orang -orang berpikir tentang layanan keuangan, mereka sebagian besar mengaitkannya dengan, dalam istilah Android, ujung depan, yang merupakan aplikasi seluler atau situs web. Dan orang -orang berpikir bahwa, oh wow, ini adalah pengalaman pengguna yang ramping, Anda membuatnya sangat mudah bagi orang untuk menginvestasikan uang. Apa yang tidak disadari oleh orang -orang, Anda harus melakukan yang paling baik karena itu adalah dua orang yang wawancara, dan sebagai manajer produk yang baik, dan sebagai manajer produk yang baik. Pengguna. Jumlah uang. - JX Lye
JX Lye , pendiri ACME Technology dan mantan Kepala Pejabat Produk Endowus , dan Jeremy Au berbicara tentang tiga topik utama:
1. KARIR AWAL & DESS AKADEMIK: JX menceritakan pilihan akademiknya di seluruh junior College di Singapura, Layanan Militer Wajib, Universitas Pennsylvania dan gelar master di Universitas Stanford. Dia berbicara tentang karir awalnya di Singapore Economic Development Board (EDB) yang menarik investasi teknologi ke Singapura. Dia berbagi apa yang dia pelajari bekerja di AS sebagai manajer produk di startup tahap pertumbuhan Dropbox dan Lyft.
2. Budaya Teknologi China vs US: JX membahas perbedaan antara lingkungan kerja teknologi AS dan China. Dia mencatat fokus konsumen yang serba cepat, kompetitif dan intens, yang mengharuskannya untuk melepaskan pelatihan manajer produk AS-nya. Dia membawa pembelajaran ini ke Endowus sebagai Chief Product Officer dan bekerja untuk meningkatkan pengalaman pengguna front-end untuk pengalaman pelanggan yang mulus dan backend keuangan yang kompleks yang diperlukan untuk kepatuhan.
3. Merevolusi Integrasi Bank: JX berbagi bagaimana wawasannya di Endowus membantunya mengidentifikasi ketidakefisienan yang signifikan dalam integrasi bank dan transaksi keuangan. Dia melihat peluang untuk merampingkan proses keuangan tidak hanya untuk perusahaan fintech tetapi juga di berbagai industri, yang membuatnya membangun teknologi ACME. Dia berbagi tantangan memulai perusahaan baru dan menekankan pentingnya penjualan berkelanjutan, fokus pelanggan, dan beradaptasi dengan kebutuhan pasar.
Jeremy dan JX juga berbicara tentang munculnya peran manajer produk, segmen pasar yang berbeda di FinTech, dan pentingnya memahami masalah dunia nyata alih-alih teori.
Didukung oleh teknologi ACME
Apakah Anda seorang pemilik bisnis, CFO, atau pemimpin teknik yang bosan bergulat dengan proses keuangan yang sudah ketinggalan zaman? Apakah Anda frustrasi dengan biaya tinggi pembayaran kartu atau mendapati diri Anda macet oleh tugas keuangan manual? Saatnya untuk perubahan. Temui Teknologi ACME. Perangkat lunak kami memungkinkan Anda untuk terhubung langsung dengan bank pilihan Anda untuk mengotomatisasi semua proses keuangan dan pembayaran Anda. Nikmati rekonsiliasi waktu nyata dan pembayaran dan pembayaran bank langsung. Tidak ada integrasi yang panjang. Ubah pengalaman perbankan Anda menjadi pengalaman stripe. Semua dengan integrasi yang mudah melalui API yang ramping. Pelajari lebih lanjut di www.tryacme.com .
(01:59) Jeremy AU:
Hei JX, sangat senang memiliki Anda di acara itu. Kami telah berteman selama beberapa tahun sekarang dan sangat senang menjadi investor malaikat di perusahaan Anda, tetapi berharap dapat berbagi perjalanan Anda.
(02:08) JX Lye:
Luar biasa. Senang berada di sini.
(02:09) Jeremy AU:
Bisakah Anda berbagi sedikit tentang diri Anda?
(02:10) JX Lye:
Dingin. Hai semuanya. Saya J X. Saya Singapura. Lahir dan dibesarkan di sini. Perjalanan cepat saya adalah bahwa setelah pergi ke sekolah menengah di sini dan pergi ke militer, saya pergi ke kami untuk kuliah, Penn untuk sarjana, saya berada di Stanford untuk sekolah pascasarjana. Dan setelah itu, saya benar -benar kembali dan memulai pekerjaan pertama saya di Dewan Pengembangan Ekonomi Singapura di mana saya sebagian besar berupaya mencoba mendapatkan perusahaan multinasional asing, kebanyakan perusahaan teknologi, untuk membuat mereka berinvestasi di Singapura dengan imbalan insentif tertentu yang diberikan pemerintah.
Saya bekerja di sana selama beberapa tahun dan kemudian memutuskan untuk benar -benar pindah kembali ke AS ke SF. Ini seperti awal hingga pertengahan 2010 dan saya merasa bahwa Bay Area adalah tempat untuk berada. Di situlah semuanya terjadi. Jadi saya akhirnya bergabung dengan Dropbox, yang mengubah hidup saya. Saya ada di sana selama beberapa tahun, bekerja sebagai manajer produk pada beberapa produk yang berbeda seperti kertas Dropbox, tim Dropbox dan kemudian setelah itu, saya memutuskan untuk melompat ke industri berbagi perjalanan. Ini kembali pada hari ketika semua orang berbicara tentang bagaimana industri berbagi perjalanan, kami akan memiliki mobil yang mengendarai diri dalam dua tahun. Di satu sisi, ini agak mengingatkan pada seluruh hype AI sekarang, dan mungkin kali ini sedikit berbeda, tetapi saat itu, saya tidak bercanda, seperti, kami hanya mengumpulkan banyak uang, semua otonomi ini, mobil yang mengendarai diri sendiri dan semua itu.
Jadi saya bergabung dengan Lyft dan benar -benar mengalami seluruh Uber harian, semuanya tentang seluruh model berbagi perjalanan, ekspansi ke pengiriman, kota yang berbeda, dll. Dan setelah itu, saya merasa saya gatal untuk sesuatu. Anda tahu, saya baru saja menikah, tidak ada kewajiban saat itu, anak -anak. Jadi saya baru saja bangun suatu hari dan memberi tahu istri saya, hei, saya pikir kita harus pindah ke China. Maka pada akhir 2010 -an, sekitar 2018 saya pindah ke Cina, ke Shanghai secara khusus dan bergabung dengan Bytedance yang pada saat itu berada pada titik transit. Kami memiliki aplikasi pembacaan berita populer yang sangat terkenal bernama Jingyue Toutiao, berita utama hari ini. Dan kemudian kami meluncurkan Douyin, yang setara dengan Tiktok versi Cina, didapat secara musik. Menggabungkannya, mengganti namanya menjadi Tiktok dan meluncurkannya. Maka, saya ada di sana di Bytedance untuk sekitar, setengah, dua tahun.
Dan kemudian pada tahun 2019, pindah kembali ke Singapura, bergabung di Dallas sebagai Chief Product Officer. Begitu pula itu selama sekitar tiga hingga empat tahun dan benar -benar mengalami seluruh pertumbuhan di Covid yang benar -benar memberi kami dorongan gila. Maksud saya, kami tumbuh 30% bulan ke bulan untuk solid mungkin 20 bulan berturut -turut. Dan kemudian baru -baru ini di awal tahun ini, memutuskan untuk memulai teknologi ACME berdasarkan pengalaman kolektif masa lalu saya baru -baru ini di Dallas, tentang pergerakan uang, mengoptimalkan integrasi bank dan di sini saya sekarang.
(04:27) Jeremy AU:
Luar biasa. Perjalanan yang luar biasa. Ayo kembali ke awal, kan? Jadi di sanalah Anda di UPENN. Mengapa Anda memilih mayor?
(04:33) JX Lye:
Ya, semua orang membagikan lelucon ini tentang Penn dan seperti itu. Anda tahu, berapa banyak anak dari Harvard yang diperlukan untuk mengganti bola lampu? Jawabannya adalah satu. Orang yang memegang bola lampu di dunia berputar di sekitarnya. Anda tahu, dan kemudian, berapa banyak bola lampu untuk mengubahnya di Princeton? Dan jawabannya adalah 12, karena Anda perlu 4 untuk merencanakan, 4 untuk mengeksekusi, 4 untuk melakukan tinjauan setelah tindakan, dan semua itu. Dan kemudian, berapa banyak anak dari Penn yang dibutuhkan untuk mengganti bola lampu? Dan jawabannya adalah 1 dan mereka memberi Anda 12 kredit untuk itu. Jadi alasan saya membagikan cerita ini adalah karena di Penn, saya benar -benar melakukan dua derajat.
Saya melakukan gelar di bidang teknik. Ini disebut rekayasa sistem. Dan saya juga melakukan gelar di bidang keuangan dari Wharton School of Business dengan konsentrasi dalam peningkatan keuangan dan operasi. Dan Penn hebat karena itu mungkin satu -satunya sekolah yang memungkinkan saya untuk mempelajari dua disiplin ilmu, teknik, dan bisnis yang sangat berbeda namun memungkinkan saya untuk memiliki kehidupan. Dan saya memilihnya secara khusus, saya pikir apa yang tidak banyak orang tahu bahwa saya tidak tahu, saya kira saya tidak benar -benar memiliki kesempatan untuk berbicara tentang, di Singapura, semua warga Singapura harus pergi ke militer. Dan itu membuat kita kembali, atau lebih tepatnya, kita memadukan tiga tahun kemudian. Tapi apa manfaatnya, yang memberi kita tiga opsi untuk diterapkan pada perguruan tinggi AS. Dan saya hanya sampai di Penn pada percobaan ketiga saya, dan untuk dua percobaan pertama saya, saya hanya melamar ke Penn. Dan itu karena Penn adalah satu -satunya sekolah yang saya sebutkan semacam itu memberi Anda dan mengizinkan Anda, maksud saya itu adalah salah satu dari sedikit sekolah di sekolah bisnis sarjana. Maksudku, Berkeley adalah satu lagi. Dan juga, sekolah teknik yang sangat baik. Jadi, saya tidak tahu apa yang ingin saya lakukan, tetapi jelas bagi saya bahwa keduanya adalah disiplin ilmu yang penting. Jadi, saya pergi ke Penn dan itu sangat menyenangkan.
(05:59) Jeremy AU:
Luar biasa. Saya pikir apa yang menarik adalah itulah yang terjadi pada saya juga. Saya tidak melakukannya dengan baik di JC. Jadi, saya pada dasarnya mempelajari SATS saya di Angkatan Darat, mengumpulkan barang -barang saya, dan tahun kedua layanan nasional, saya melamar dan masuk ke UC Berkeley. Jadi, ya itu salah satu manfaatnya adalah, jika Anda mengacaukan hidup Anda sebelum Angkatan Darat, Angkatan Darat memberi Anda dua tahun.
(06:16) JX Lye:
Hei, jika ada yang mendengarkan ini, memikirkan apakah mereka sendiri sebagai seorang anak harus pergi ke NS, Anda tahu, datanglah bicara dengan kami, kawan.
(06:22) Jeremy AU:
Itu benar. Jadi yang menarik adalah itu, Anda pada dasarnya melakukan penguasa cepat di Stanford. Bisakah Anda berbagi lebih banyak tentang itu?
(06:28) JX Lye:
Ya Stanford mengubah hidup saya. Banyak hal mengubah hidup saya, tetapi Stanford khususnya, dan alasan mengapa saya masih mahasiswa tingkat dua, yang merupakan tahun kedua kuliah, ada satu, liburan musim dingin dan bukannya kembali ke Singapura, saya melakukan perjalanan untuk mengunjungi beberapa teman di Stanford. Dan ketika saya berada di sana, itu mengejutkan saya. Dan alasannya adalah karena Penn, bagi mereka yang tidak akrab dengan saya kira sekolah di AS, tetapi Sekolah Bisnis Universitas Pennsylvania Wharton, ini adalah sekolah yang sangat pra -profesional. Dan yang saya maksud dengan itu adalah orang -orang akan pergi ke Penn, mereka keluar melakukan salah satu dari tiga pekerjaan, kan? Anda masuk ke konsultasi, Anda menjadi bankir investasi, atau penjualan dan perdagangan. Itu adalah hal besar di tahun 2010 -an, pada awal 2010 -an. Dan itu sangat, Anda tahu, semua magang Anda berbaris, kunjungan ke Wall Street, Anda pergi ke bank, semua acara perekrutan ini dan segalanya.
Dan ketika saya pergi ke Stanford, itu menghirup udara segar, karena saya baru saja bertemu orang -orang yang hanya ingin melakukan apa pun yang ingin mereka lakukan. Dan saya bertemu ini, yang sekarang menjadi teman saya, yang hanya tertarik menjadi seorang vegan, dan yang dia pedulikan adalah memberi tahu orang -orang mengapa mereka harus menjadi seorang vegan. Dan saya hanya berpikir seperti, wow, itu sangat menyegarkan. Tapi ingat ketika saya pergi ke Stanford, itu seperti 2010, kan? Saya berkunjung pertama pada bulan Mei 2009. Saya memulai master saya pada 2010, 2011. Dan itu adalah masa kejayaan lembah. Aku tidak bercanda. Di mana saya berada di Cooper Cafe, seperti, Travis Cullinan turun, dia merekrut. Dia seperti dua meja di bawah, kan? Orang yang duduk di sebelah saya, mungkin mendiskusikan ide startup yang bernilai, bernilai seperti 10 energi dan begitu banyak, Anda tahu, bahwa saya merasa bahwa, kawan, saya harus berada di sana. Jadi apa yang sebenarnya saya lakukan adalah saya lulus dalam tiga tahun sehingga saya kemudian bisa pergi ke Stanford dan menyelesaikan dan melakukan master di sana. Dan itu mengubah hidup saya.
(07:55) Jeremy AU:
Jadi apa yang menarik adalah Anda pergi untuk memutuskan untuk menjadi manajer produk, bukan? Dan Anda melakukannya beberapa kali. Tetapi bagaimana Anda memutuskan bahwa manajer produk sebagai peran alih -alih, seperti yang Anda katakan, Anda bisa berada dalam pengembangan bisnis, Anda bisa bergabung dengan Anda bisa datang ke konsultasi. Jadi kamu ada.
(08:08) JX Lye:
Ya. Jadi, jadi sebenarnya saya, saya melakukan magang konsultasi dan Anda tahu, saya, saya tahu bahwa saya tidak akan bertahan, kan? Maksud saya, saya melakukan magang perbankan investasi juga dan itu bukan untuk saya, tapi itu pertanyaan yang sangat bagus karena cara saya sampai pada keputusan itu adalah bahwa saya bekerja untuk Singapura EDB. Dan saya sedang memikirkan, oke, apa yang ingin saya lakukan selanjutnya? Hal tentang EDB, EDB adalah salah satu pekerjaan terbesar saya. Saya pikir itu masih pekerjaan saya yang paling bermakna yang pernah saya miliki dalam karier saya. Dan alasannya adalah karena kami menciptakan lapangan kerja untuk orang lain. Tetapi ketika saya berada di EDB, saya sedang bekerja, saya mengawasi beberapa perusahaan teknologi, apakah itu seperti perusahaan seperti Apple, seperti Twitter, et Cetera. Dan bagian besar tentang saya adalah bahwa saya tahu bahwa saya ingin menjadi teknologi karena itu memberi saya rasa seperti apa rasanya, tetapi pertanyaannya adalah, apa yang ingin saya lakukan dalam teknologi? Jadi saya benar -benar memulai karir saya di Dropbox sebagai ilmuwan data. Dan alasan saya melakukannya adalah karena saya mencoba untuk kembali ke AS, ke Bay Area setelah bekerja di pemerintahan Singapura. Dan saat itu, itu sangat sulit karena apa yang tidak disadari orang adalah bahwa ada tiga hal yang bekerja melawan saya.
Hal pertama adalah bahwa saya berbasis di Singapura. Mencoba mendapatkan pekerjaan di AS, dan itu sendiri seperti, Anda bahkan tidak ada di sana. Orang -orang seperti, bung, siapa Anda, kan? Tantangan kedua adalah ketika saya melamar, saya mencoba melamar peran, saya tahu saya tidak, saya tidak bisa menjadi insinyur perangkat lunak. Dan peran lain, ada lebih banyak nuansa budaya, hal -hal semacam itu yang harus Anda tuju. Anda tidak bisa hanya mengikuti tes dan lulus dan hal -hal seperti itu. Dan kemudian hal ketiga adalah bahwa setelah bekerja di pemerintah, seperti bahkan saya pergi ke sekolah yang baik, yang paling dipedulikan orang adalah pengalaman kerja Anda yang relevan. Jadi apa yang bisa Anda bawa ke meja? Dan ilmu data seperti halnya mencetak sweet spot itu bagi saya karena Anda harus teknis, tetapi juga memiliki beberapa intuisi bisnis. Dan itu pada dasarnya hanya memungkinkan saya untuk mendarat di pekerjaan di Dropbox. Dan saya benar -benar melakukan analisis produk sains data untuk mendukung upaya kemitraan kami. Dan saat itu, Dropbox, mitra terbesar kami, adalah Samsung. Dropbox datang dimuat dengan semua ponsel. Jadi, hanya mencari tahu, hei, Anda tahu, bagaimana Anda mengoptimalkan hubungan itu, dll. Tapi dropbox, ketika saya mulai sebagai ilmuwan data, itu menyenangkan, bukan? Anda menghitung semua data, Anda bekerja dengan semua model ini. Ini kembali pada hari itu, kan? Anda tidak memiliki LMS atau apapun. Ini seperti, XGBoost, jenis barang yang Anda lihat. Dan itu menyenangkan.
Tetapi apa yang saya sadari dan yang menghantam saya adalah bahwa sebagai ilmuwan data, pekerjaan terbesar saya adalah bahwa saya akan mengunyah data, menarik semua malam, dan kemudian saya menyajikan semua analisis saya di piring perak, dan siapa orang yang saya sajikan? Saya benar -benar mempresentasikannya kepada manajer produk karena dia memanggil tembakan tentang bagaimana Anda mengemudi bagaimana Anda mengambil langkah selanjutnya. Jadi saya seperti, bung, saya membuka pekerjaan itu, seperti, apa yang saya lakukan? Jadi saya seperti, oke, mari kita lakukan. Dan sebenarnya di dalam Dropbox, sebagai ilmuwan data, saya menemukan jalan saya, diwawancarai dan dialihkan menjadi PM. Dan itulah panggilannya. Tapi itu juga pertanyaan yang sangat menarik yang Anda tanyakan karena apakah saya harus mengembalikan sejarah Lembah Silikon dan Teknologi, teknologi baru, gelombang teknologi kedua. Saya tidak berbicara tentang grafik tertentu dan semua itu. Jika Anda melihat pertengahan 2000 -an, ketika Facebook, Google atau apa pun ditemukan, 10 tahun pertama Silicon Valley, saat itulah, saya akan mengatakan mungkin sekitar tahun 2000 hingga 2010, atau mungkin sedikit lebih, sebenarnya adalah tahun insinyur. 10 tahun pertama itu. Anda harus menjadi insinyur yang solid, Anda membangun, dan lain -lain.
Yang menarik adalah bahwa fase berikutnya sebenarnya adalah tahun -tahun manajer produk. Karena jika Anda memikirkannya, pada tahun 2014 atau 15, saat itulah Harvard Business Review mengatakan bahwa pekerjaan terpanas tahun ini adalah PM. Ini tidak lagi menjadi bankir investasi atau apa pun, itu adalah PM. Dan yang menarik adalah bahwa setelah itu, saya merasa bahwa pekerjaan terpanas sebenarnya, itu adalah tahun seluruh GTM. Anda memiliki semua produk seperti pertumbuhan dan semua itu. Dan seluruh booming AI dan segalanya, sepertinya akan kembali lagi menjadi insinyur muda. Tapi maksud saya, saya membagikannya untuk hanya membagikan konteks era yang kita ikuti, untuk menempatkannya dengan sangat ringkas, saya ingin menjadi PM karena saya ingin mengendalikan takdir kita. Apa yang ingin saya bangun, mengerjakan sesuatu yang saya sukai yang bisa saya kelola dan mengerjakan berbagai hal untuk membangun dan membentuk sesuatu.
(11:40) Jeremy AU:
Luar biasa. Jadi Anda telah melakukan pengalaman ini di Dropbox dan Lyft, dan kemudian Anda memutuskan untuk melintasi dinding di 12 zona waktu dan berada di Cina. Dan juga berada di bytedance, yang merupakan produk yang sangat berbeda juga. Jadi bisakah Anda berbagi sedikit lebih banyak tentang pemikiran Anda di sana?
(11:54) JX Lye:
Yeah, when I was thinking about going to tech, what stood out to me was that when I joined Dropbox, it was my first tech job, and I was literally you call it six to eight years behind everyone else who started tech, because three years in the military, I worked in the government for almost three years, and so by the time I got there, I was way behind, and so when I started my career in tech, I was very intentional about thinking about, okay, what do I want to experience in my journey in tech, because Saya agak memiliki firasat yang ingin saya mulai sesuatu. Saya tidak memiliki kepercayaan diri. Saya tidak memiliki sarana. Saya tidak memiliki pengalaman, tetapi saya tahu saya ingin memulai sesuatu. Dan pertanyaannya pada diri saya adalah, oke, apa tujuan saya dalam bekerja di bidang teknologi. Maksud saya, orang memiliki tujuan yang berbeda. Beberapa orang ingin menaiki tangga perusahaan dan menjadi VP produk. Beberapa orang ingin memulai perusahaan. Tetapi bagi saya, saya sedang memikirkan tentang apa tujuan saya. Sangat jelas bagi saya bahwa saya ingin mengalami semuanya. Dan ketika saya melihat pasar pada saat itu, jelas bagi saya bahwa sebagian besar, ada tiga cara untuk menghasilkan uang di internet. Salah satunya adalah Anda membangun produk SaaS dan kemudian Anda menghasilkan uang dengan memonetisasi, semacam model pendapatan berulang. Hal kedua adalah Anda membangun pasar transaksi. Biasanya ini adalah pasar dua sisi. Yang saya maksud dengan dua sisi adalah Anda memiliki pembeli di satu sisi, Anda memiliki penjual di satu sisi. Anda harus membangun dinamika penjual pembeli untuk menciptakan pasar dan Anda memonetisasi dengan mengambil biaya transaksi, menjadi platform. Itu hal kedua. Dan kemudian cara ketiga untuk menghasilkan uang secara online adalah dengan menjual iklan. Sekarang, apa yang tidak disadari orang tentang ketiga hal ini adalah bahwa model bisnis cukup banyak menentukan jenis perusahaan apa, yang Anda jual, dan budaya perusahaan.
Jadi yang pada dasarnya saya dapatkan adalah bahwa ketiga jenis perusahaan internet yang berbeda ini menghasilkan cara untuk menghasilkan uang benar -benar menentukan bagaimana saya ingin menerapkan karier saya. Dan itulah mengapa saya memulai dengan Dropbox, yang merupakan perusahaan SaaS. Saya pindah ke Lyft, yang merupakan pasar transaksi, dan kemudian saya pindah ke Bytedance, yang menjual iklan. Ini adalah perusahaan konsumen dengan tambahan saya kira, paparan bonus China. Dan alasan saya membagikan ini adalah karena jika Anda adalah perusahaan SaaS, biasanya penjualan adalah bisnis margin tinggi. Anda dibayar untuk menjadi sangat bijaksana. Anda berpikir tentang perusahaan seperti Dropbox. Orang Ibrani kuno mengatakan, mengukur sepuluh kali, dipotong sekali. Kami sangat bijaksana karena itulah cara kerja orang. Kami melakukan banyak penelitian pengguna, dan itu adalah pengalaman yang nyaman dan nyaman. Relatif terhadap model kedua, jika Anda membangun pasar transaksi, kemungkinan besar Anda berada dalam berbagi perjalanan atau perdagangan, dan sangat brutal. Karena di Lyft, jam kami diatur ulang setiap hari. Satu -satunya jumlah yang penting adalah berapa jumlah perjalanan yang Anda lakukan hari itu. Dan, Anda tahu, keesokan harinya, restart, kan? Anda tidak benar -benar mengumpulkan apa pun karena suatu hari Anda bisa bangun, hari berikutnya, jika Anda kekurangan pengemudi, maka, Anda tahu, Uber dilepaskan seperti, saya tidak tahu, insentif senilai 500.000. Jika Anda tidak mencocokkannya, Anda kehilangan pengemudi, dan itu adalah efek spiral karena Anda kehilangan pengendara karena mereka memiliki ETA yang lebih lama, dan kemudian membuat Anda memiliki lebih sedikit pengemudi karena mereka tidak bisa mendapatkan wahana secepat, dan semuanya turun.
Tapi, ini adalah lingkungan yang sangat brutal, dan karenanya, ketika orang berpikir tentang, oh, wow, uber, lyft, mengapa orang bajingan dan segalanya? Itu karena mereka harus melakukan itu. Jika Anda tidak mengirimkannya hari ini, dan Anda tidak memenangkan pasar hari ini, itu hilang. Jadi itu seperti hal kedua. Dan kemudian model bisnis ketiga di pasar konsumen, itu tumbuh dalam arti bahwa kemungkinan besar akan menjual iklan, Anda harus menjadi produk konsumen karena Anda membutuhkan bola mata, Anda perlu perhatian. Jadi ini benar -benar tentang desain yang sangat, didorong oleh produk, Anda perlu memiliki produk hit. Orang ingin menggunakannya seperti setiap masalah gulungan, frekuensi interaksi sangat tinggi. Maka seperti itu seperti didikte atau memengaruhi cara saya memikirkan ketiganya sebelum saya memutuskan untuk memulai sesuatu.
(15:03) Jeremy AU:
Luar biasa. Dan apa yang Anda pelajari dari pengalaman Anda di Bytedance?
(15:07) JX Lye:
Bytedance bertiup dalam banyak hal. Alasan saya benar -benar sampai ke Bytedance adalah karena saya berada di Lyft dan saya pikir orang tidak cukup mengenali ini, tetapi SF, di San Francisco, di mana Lyft berkantor pusat dan berbasis, ini adalah tempat yang sangat beragam. Saya bekerja dengan orang -orang dari semua kebangsaan di berbagai peran, dan di tim teknik saya, saya memiliki beberapa insinyur dari Cina. Maka, sebagai manajer produk, saya bekerja sangat erat dengan mereka dan mereka pindah dari Cina. Beberapa dari mereka pergi ke sekolah di sini, beberapa dari mereka melakukan master di AS tetapi ketika saya berbicara dengan mereka, saya hanya belajar tentang semua hal ini yang terjadi di Cina. Dan jika saya mengambil jalan memutar, jika Anda berpikir tentang apa yang terjadi di Cina, gelombang pertama teknologi Tiongkok, semua orang mengenal mereka sebagai kelelawar, Baidu, Alibaba, dan Tencent. Dan ini seperti saya perusahaan peniru juga. Mereka dimodelkan setelah perusahaan AS. Dan, Anda tahu, mereka mulai sekitar pertengahan 2000 -an, dan dengan, katakanlah, awal 2010 -an, mereka telah mekar dan mekar. Mereka telah go public, mereka pada dasarnya telah memonopoli dan semua itu.
Maka yang terjadi dalam sejarah teknologi Tiongkok adalah bahwa pada awal 2010 -an adalah ketika eksekutif, orang -orang dengan pengalaman melangkah pergi dan memulai gelombang perusahaan Cina berikutnya. Dan saya berbicara tentang perusahaan seperti Didi, seperti Meituan dan Tianping yang bergabung, seperti Pinduoduo yang membunuhnya sekarang. Anda tahu, perusahaan -perusahaan ini benar -benar dimulai sekitar era 2012. Dan jika Anda memberi mereka tiga, empat tahun untuk mekar karena Anda perlu hanya, mereka perlu memberi gestate, sekitar 2015 hingga 2018 adalah ketika mereka benar -benar mekar. Dan saat itu, itu adalah seluruh era Trump, seluruh perbedaan seluruh dunia multi bipolar. Kebanyakan orang tidak menyadari kebangkitan perusahaan Cina. Perusahaan teknologi ini seperti menendang pantat, kawan. Mereka asli. Mereka tidak memiliki sisa -sisa karena mereka memiliki pengalaman dan mereka hanya tumbuh dengan kecepatan tinggi dan orang -orang di AS tidak benar -benar membicarakannya karena pertama -tama Anda tidak benar -benar membaca bahasa Mandarin. Anda tidak terlalu peduli, Anda seperti, oh man, perusahaan -perusahaan ini, mereka semua sudah terbentuk sebelumnya.
Dua gagasan terbesar yang sudah terbentuk sebelumnya, satu adalah, oh man, teknologi Cina adalah teknologi palsu, mereka seperti peniru. Gagasan lain yang sudah terbentuk sebelumnya adalah, oh syuting, ini adalah teknologi Cina saat itu, itu adalah AI Cina, itu sangat besar karena mereka tidak memiliki semua batasan ini, mereka akan mengambil alih dunia, tetapi sangat terpolarisasi. Jadi, itu membuat saya membuat keputusan yang mengatakan bahwa, kawan, saya harus pergi ke sana dan mengalaminya karena ada banyak hal yang terjadi di sana, Anda hanya harus memindahkannya, Anda hanya harus mengalaminya. Hanya ada begitu banyak yang akan Anda alami di sini di Bay Area, jadi itu membuat saya ingin pindah. Tapi pertanyaannya adalah, ke mana saya pindah? Perusahaan mana yang harus saya kunjungi? Maka yang membuat saya benar -benar memutuskan adalah, karena saya berada di Lyft, jadi sangat alami saya bisa bekerja di Didi dan Mobike dan Ofo. Ingat saat itu berbagi sepeda seperti hal terpanas. Dan saya tidak bercanda, saya memiliki penawaran yang sangat menguntungkan.
My ByteDance offer came in, it was actually almost half of my other offers in China, and the interview experience was very humbling because the first thing when I met them, well firstly, everything was in Chinese, so, shout out, my Chinese is actually not great, my wife is Taiwanese, but for those who are Singaporean and who know the Singapore system, I got a C5 or C6 for normal Chinese, and I didn't even take higher Chinese, so, the extent of how shitty my Chinese adalah, tapi, saya berjuang dan saya melewatinya. Tapi, Anda tahu, pada wawancara pertama saya, mereka mengatakan kepada saya, hei, JX, Anda harus mengambil potongan gaji datang ke sini karena kami perlu mengajari Anda untuk melepaskan apa yang telah Anda pelajari di AS untuk unggul sebagai orang produk di Cina. Karena di Cina, ini sangat berbeda. Anda memiliki stereotip tentang bagaimana Anda pergi ke layar Amazon, bersih, Anda memiliki beberapa item, dan kemudian Anda pergi seperti layar dan setiap inci seperti, Anda tahu, semacam informasi asli. Itu hanya ujung gunung es.
Jadi saya merasakan hal itu, tembak, wow, ada banyak pembelajaran. Ini sangat merendahkan. Maka saya bergabung dengan Hytedance, dan itu adalah pikiran yang bertiup dari banyak aspek yang berbeda. Nomor satu, etos kerja itu nyata. Sobat, kami bekerja enam hari seminggu, dan saya pikir itu orang -orang benar -benar menikmatinya? Ini tidak seperti orang mengeluh, seperti, bung, apa -apaan dan segalanya. Maksud saya, setidaknya di Bytedance di tim saya, orang -orang lapar, kawan. Mereka seperti, wow! Kami memiliki semua sumber daya ini. Kami memiliki semua tim yang berbeda ini. Kami memiliki semua pasar ini untuk ditangkap. Kami memiliki semua peluang ini. Ayo lakukan! Itu adalah perasaan yang sebenarnya. Ini tidak seperti, oh man, saya dipaksa untuk bekerja. Tidak, sepertinya, orang -orang lapar, itu salah satunya.
Yang kedua adalah bahwa, karena kami bekerja dengan produk konsumen secara khusus, saya sedang mengerjakan Reso, yang merupakan produk streaming musik, dan hanya orang Cina yang akan memiliki ambisi untuk mengatakan bahwa, hei, saya pikir Apple Music dan Spotify dibangun berdasarkan pada mendengarkan, seperti ini, seperti ini, karena ini, Anda, seperti halnya, Anda, seperti ini, seperti ini, seperti ini, seperti ini, seperti ini, Anda, seperti ini, seperti ini, seperti ini, seperti ini, seperti ini, Anda, seperti ini, seperti ini. itu saja. Tapi kami ingin membuat dan membawa apa yang dilakukan Tiktok ke YouTube ke seluruh layanan streaming musik. Kami berkata, hei, musik harus menjadi pengalaman yang menggugah. Anda ingin melihatnya, Anda ingin berkomentar, Anda ingin suka, menjahit bersama video pendek yang berbeda bersama. Mengapa orang tidak bisa melakukan itu? Dan itu adalah pendekatan yang sangat baru dan asli, jika saya bisa mengatakannya. Tapi yang kedua adalah, dalam cara berpikir Cina, kita seperti, mari kita wujudkan, kan? Saya yakin Anda tidak ada yang akan berpikir untuk mengambil Spotify dan Apple Music. Maksud saya, biaya lisensi musik saja akan membunuh Anda. Tetapi dalam bahasa Cina, mereka tidak memiliki bagasi itu. Anda seperti, bung, ayo pergi untuk itu.
Tetapi hal terakhir dan yang paling penting adalah Anda baru menyadari bahwa Cina adalah tempat yang sangat beragam. Datang dari AS, Anda mungkin memiliki beberapa gagasan yang sudah terbentuk sebelumnya. Datang dari Singapura, Anda memiliki beberapa gagasan yang sudah terbentuk sebelumnya. Tetapi di Cina, saya bertemu dengan beberapa orang yang paling manis, terbaik, dan pekerja keras. Dan hanya bisa bekerja bersama mereka, hanya masuk ke dalam jiwa mereka, oof, mereka benar -benar kekuatan yang harus diperhitungkan WI
(20:11) Jeremy AU:
Apa beberapa perbedaan dari manajemen produk AS versus manajemen produk Cina dari perspektif Anda setelah apa yang mereka sebutkan dalam wawancara.
(20:19) JX Lye:
Ya, Anda tahu, beberapa hal terungkap. Anda tahu, saya yakin orang -orang akan berkomentar dan kami akan mendapatkan pembenci untuk ini, tetapi saya pikir hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah bahwa di AS, dan tahu dan Anda membaca tentang ini dan Elon Musk berbicara tentang woke dan segalanya, dan Anda membaca tentang bagaimana ia menangani apa yang terjadi di Twitter dan segalanya. Ada banyak egaliter, banyak yang membuat semua orang di halaman yang sama, mari kita semua inklusif dan segalanya. Jadi yang terjadi di AS adalah bahwa sebagai manajer produk, Anda menghabiskan banyak waktu bekerja dengan insinyur Anda, desainer Anda, mencoba menjual visi baru dan melihat, karena saya pikir orang tidak menyadari hal ini, seperti, kata manajer dalam manajer produk adalah palsu. Anda tidak mengelola siapa pun atau apa pun. Mereka tidak melapor kepada Anda, bukan? Trinitas suci di perusahaan teknologi mana pun adalah EPD, teknik, produk, dan desain. Anda adalah salah satu dari tiga. Dan manajer produk, ini disebut manajer karena Anda seperti manajer proyek, bekerja dengan teknik Anda dan rekan desain Anda. Dan Anda benar -benar memiliki masing -masing tiga jalur pelaporan yang naik, kepemimpinan senior itu. Dan tentu saja, sebagai PM, Anda mengendarai produk, tetapi mereka tidak melapor kepada Anda. Jadi Anda menghabiskan banyak waktu untuk menjual visi, membuat orang -orang bergabung dan semua itu.
Sekarang di Cina, di Bytedance, saya tidak membuat penilaian panggilan apakah itu baik atau buruk, tetapi faktanya seperti produk dalam hytedance memiliki banyak pengaruh. Dan agar, ketika Anda memimpin tim dan mengendarai tim, seperti mesin, Anda hanya mengatakan, mari kita pergi saja. Mereka hanya bertanya seberapa jauh, jadi Anda tidak benar -benar menghabiskan banyak waktu untuk mencari tahu, oh, bagaimana perasaan Anda, Anda tahu, kisah khas seperti Anda mengatur okr dan kemudian Anda menghabiskan tiga bulan ke depan untuk membahas okr dan pada saat okr berikutnya ada di Cina, Anda pergi, kan? Dan tim sangat bersatu dan sangat selaras, dan Anda pergi. Jadi itu satu. Saya pikir itu sangat, tidak apa -apa, kami hanya melihat, gaya kepemimpinan Cina, Anda hanya melihat ke pemimpin. Jika saya percaya pada seorang pemimpin, saya hanya akan melakukannya. Itu satu.
Saya pikir hal kedua adalah kita berbicara tentang gairah. Kita bicarakan, hei, apa yang ingin kita lakukan? Di AS, sangat selaras dalam hal hei, saya sangat bersemangat tentang x, y, atau z. Saya ingin melakukan itu. Saya pikir Cina sangat berbeda. Ini lebih tentang peluang dan lebih tentara bayaran. Dan lagi, saya tidak membuat penilaian nilai. Itu adalah apa adanya. Jadi, saya berbicara dengan manajer sains data saya di Bytedance. Dia adalah karyawan nomor 100. Jadi pria itu telah memperbaikinya. Dia mungkin membuat kekayaan generasi, Anda tahu, mengingat di mana itu. Dan saya bertanya kepadanya, hei, seperti apa yang membuat Anda bekerja sangat keras setiap hari. Dan dalam delapan tahun terakhir Anda di Bytedance, Anda dengan mudah akan bekerja saya tidak tahu, sebut saja 20 produk yang berbeda. Apakah Anda tidak merasa itu sangat transaksional? Apakah Anda tidak ingin mengerjakan sesuatu? Ini seperti, satu periode Anda akan mengerjakan aplikasi ini, periode lain Anda akan mengerjakan aplikasi yang berbeda karena, di Bytedance atau perusahaan Cina, gaya kami yang baru saja kami lakukan, mengejar kesempatan.
Jadi kami telah meluncurkan begitu banyak aplikasi yang berbeda. Anda menempatkan bytedance, kami memiliki aplikasi mobil, kami memiliki aplikasi pendidikan, kami memiliki aplikasi musik dan semua hal yang berbeda. Saya bertanya, hei, tidakkah Anda merasa itu sangat transaksional? Dan dia memberi tahu saya anekdot ini. Dia bilang hei, JX, yang aku pedulikan hanyalah aku hanya ingin menang. Dan, Anda tahu, bagi saya untuk menyukai sekolah menengah yang saya kalahkan, saya tidak tahu, beberapa ratus ribu orang di desa saya, kan? Bagi saya untuk pergi ke beta dan kemudian untuk sampai ke Bytance, kan? Seperti bagi saya, hanya saja, itulah rasa pencapaian saya. Dan saya pikir Anda tidak bisa mengambilnya dan Anda tidak bisa mengabaikannya juga. Jadi, ya.
(23:01) Jeremy AU:
Luar biasa. Dan di sekitar jangka waktu ini, Anda membuat keputusan untuk kembali ke Singapura dan akhirnya, dan di situlah kami juga melakukan banyak diskusi dan kemudian Anda akhirnya memutuskan untuk mengambil rute lain yang tidak saya ambil, tetapi Anda melanjutkan untuk membangun dan menjadi kepala petugas produk dan kemudian COO untuk Endowus. Bisakah Anda berbagi tentang itu?
(23:17) JX Lye: Ya. Anda tahu, ini lucu. Saya benar -benar ingat pertemuan kami dengan jelas pada tahun 2019 dan Anda baru saja menjual perusahaan Anda. Anda akan kembali, mengobrol di saya pikir Tiong Bahru Bakery atau Tiong Bahru sesuatu. Bagi saya, saya sebenarnya sangat dekat untuk memulai perusahaan saat itu. Dan di sinilah saya ingin berteriak kepada Kai Yuan, yang membangun Rocket Academy. Kai dan saya hampir menempuh jalan membangun Rocket Academy bersama. Dan, saya adalah CEO asli dan dia akan menjadi kepala petugas pendidikan. Dan maksud saya, ini sangat awal. Rocket Academy adalah 100% Kai dan dia melakukan semua itu, tetapi kami bekerja sangat intens selama beberapa bulan memutuskan apakah itu akan berhasil atau tidak. Tetapi bagi saya, saya agak mundur karena saya pikir apa yang saya pedulikan adalah, hei, apakah saya benar -benar bersemangat tentang ruang ini? Dan saya jelas tidak, kan? Maksudku, aku sangat percaya di dalamnya, tapi itu bukan aku. Kai adalah, dan dia melanjutkan untuk melakukannya, tapi saya jujur mengatakan bahwa saya hampir memulai sesuatu dan ada di dalam diri saya.
Tapi bagaimana saya datang ke Endowus adalah itu. Anda tahu, ketika saya kembali setelah mengalami, Bytedacne dan semua perusahaan yang berbeda, sangat jelas bagi saya bahwa hanya ada beberapa kendala yang saya tahu bisa saya pakai sendiri. Salah satunya adalah saya tahu saya ingin berbasis di Singapura karena alasan pribadi. Itu adalah apa adanya. Jadi karena itu, perusahaan apa saya dapat membangun bisnis miliaran dolar? Jawaban saya pada saat itu adalah bahwa ia harus berada dalam layanan keuangan. Karena jika saya ingin melakukan sesuatu yang e-commerce atau sosial atau sesuatu, maka saya harus berada di Indo atau Vietnam. Dan saya benar -benar bertanya kepada istri saya, seperti, hei, bisakah kami pindah ke Indo? Dan dia berkata, sial, kan? Maksudku, itu tidak terjadi. Jadi, Anda tahu, kami punya anak. Dia punya pekerjaan di sini dan segalanya, jadi aku seperti, oke, tidak apa -apa. Dan layanan keuangan adalah ini, karena jasa keuangan adalah satu -satunya industri di mana Singapura benar -benar merupakan pusat yang meninju di atas berat badan kita. Yang lainnya, masih mungkin, dan kebencian akan membenci, orang -orang akan mendatangi saya untuk itu, jangan pada saya, kan? Tapi hei! Itu adalah penilaian saya.
Pertanyaannya adalah di mana di fintech yang ingin Anda mainkan? Jadi saya menganalisis pasar dan apa yang datang kepada saya adalah bahwa itu sangat jelas di Fintech, hanya ada delapan kemungkinan dan cara saya membagi pasar adalah bahwa Anda dapat menjual kepada konsumen atau ke bisnis ke B atau C dan kemudian hanya ada empat cara utama untuk mensegmentasi pasar yang merupakan siklus hidup uang. Pertama, Anda menghabiskan uang, yaitu Paymentstech. Dua, apakah Anda menghemat dan menginvestasikan uang Anda, yaitu WealthTech. Tiga, apakah Anda melindungi diri sendiri, yaitu Insuretech. Dan kemudian yang keempat, adalah Anda meminjam atau meminjamkan uang, yaitu teknologi pinjaman. Dan saat itu pada tahun 2019, penilaian saya adalah WealthTech adalah tempatnya. Mengapa? Paymentstech hilang. Man, saat itu Stripe seperti, gorila seratus pon, kan? Anda tahu, saya tidak ingin bersaing di sana. Intro Tech and Landing Tech, penilaian saya saat itu adalah bahwa sebagai seorang teknolog, OOF, sulit untuk melakukan. Sulit untuk dieksekusi karena selain UI yang cantik, Anda memiliki semua hal di belakangnya dan saya tidak merasa bisa melakukannya. Teknologi kekayaan di sisi lain sangat menarik karena seluruh tujuan teknologi kekayaan adalah untuk menambah atau hampir pada dasarnya skala RM. Dan itu semua teknologi. Tetapi juga ingat, 2019 juga waktu di mana Anda memiliki delapan penasihat Roper yang muncul dalam rentang satu tahun, kan? Anda memiliki Stashua, Scythe, dan Dallas Anda, dan semua perusahaan berbeda yang akan datang.
Dan bagi orang -orang seperti kami atau orang -orang dengan paparan AS, pada tahun 2019, hal pertama yang Anda pikirkan, saya seperti, bung, apa saja pelawak ini merokok? Karena kita telah melihat contoh Wolfram, perbaikan, tentang bagaimana mereka semua mati di AS dan AS sudah menjadi pasar terbaik di dunia, negara terkaya di dunia, dan itu tidak berhasil. Jadi, apa lagi? Bagaimana bisa membuktikan bahwa itu akan berhasil di Singapura? Dan apa lagi ketika Anda memiliki tujuh pesaing lain di ruang kecil? Tapi saya benar -benar percaya itu adalah bidang yang dapat saya manfaatkan teknologi, itulah yang saya maksudkan. Jadi saya benar -benar berbicara dengan delapan pendiri, dan Dallas adalah kuda saya yang menang. Dia memiliki tim yang hebat, filosofi hebat, saya benar -benar mengidentifikasi tim. Jadi saya masuk dan mengatakan bahwa, hei, kalian sudah mulai, tapi, Anda tahu, semacam membuat saya hampir seperti pendiri rekan dan mari kita lakukan bersama. Jadi, saya baru saja melompat dan kami tidak pernah melihat ke belakang. Kami baru saja terampil kembali.
(26:48) Jeremy AU:
Luar biasa. Perjalanan yang luar biasa. Dan apa pengalamannya? Maksudku, ada tiga tahun dan aku tumbuh seperti orang gila selama jangka waktu ini. Saya juga tahu Gregory. Dia juga menjual saya. Dan itulah cara saya menjadi klien Gregor dan Dallas juga. Jadi saya agak penasaran, seperti apa yang harus Anda lakukan apa yang Anda rasa harus terjadi?
(27:02) JX Lye:
Saya pikir ketika orang -orang berpikir tentang jasa keuangan apa yang sebagian besar dikaitkan orang dengan itulah yang pada dasarnya, dalam istilah Android, kita akan menelepon ke depan, yaitu aplikasi seluler atau situs web. Dan orang -orang berpikir bahwa, oh wow, ini adalah pengalaman pengguna yang ramping, Anda membuatnya sangat mudah bagi orang untuk menginvestasikan uang. Apa yang tidak disadari orang adalah sebenarnya bagian termudah, karena itu manajemen produk klasik, bukan? Dan sebagai manajer produk yang baik, Anda harus dapat melakukannya hampir dengan kedua mata Anda tertutup. Wawancarai orang -orang, sewa perancang yang baik, bekerja, terobsesi dengan pengguna Anda. Apa yang tidak disadari orang adalah bahwa bagian yang paling sulit tentang layanan keuangan sebenarnya adalah platform dan infrastruktur yang mendukungnya. Jadi mengambil kekayaan apa pun secara khusus, sebagai contoh, dua integrasi backend yang paling sulit yang harus dihadapi oleh WealthTag, satu sebenarnya adalah integrasi Anda dengan broker Anda, karena Anda harus melaksanakan perdagangan Anda, dan dua adalah integrasi dengan bank untuk pergerakan uang, karena pada akhirnya, sebagai korek api kekayaan atau pialang mana pun, pekerjaan Anda adalah untuk menukar keamanan uang. Dan saat itulah Anda berinvestasi, dan kemudian ketika Anda menarik atau menebus, itu sebaliknya.
Tetapi yang tidak disadari orang adalah bahwa tindakan sederhana seperti, jika saya pemain WealthTech, dan Anda menyetor uang ke rekening bank saya, uang itu datang ke rekening bank saya, tetapi bank saya sebenarnya tidak terintegrasi dengan cara apa pun ke backend saya, itu hampir kotak hitam. Ini seperti, pikirkan, Anda memiliki rekening pribadi Citibank atau rekening bank DBS Anda, uang apa pun yang masuk atau keluar, yang paling Anda dapatkan adalah pemberitahuan push di ponsel Anda. Tapi Anda tidak bisa mengatakan itu, hei, jika saya mendapatkan 10, dapatkah Anda mencerminkannya di aplikasi Excel saya, di aplikasi penganggaran saya? Pada dasarnya itulah yang kami tiru di sisi B2B sekarang di Dallas. Dan yang tidak disadari orang adalah bahwa membangun fintech sangat sulit karena semua infrastruktur yang mendukungnya. Dan terutama di suatu tempat di Asia Tenggara, di mana infrastrukturnya hampir lebih baru, itu tidak matang, dan berbeda. Jadi diluncurkan di AS, ini sangat keren. Anda memiliki ACH. Itu semacam standar. Anda memilikinya. Bahkan jika Anda mencari tahu di Singapura, di Hong Kong, di Indonesia, di Malaysia, itu hampir bisa sepenuhnya berbeda. Jadi saya pikir banyak pembelajaran adalah bahwa banyak mengapa WealthTech baik bukan hanya karena ujung depan, UI, dan apa yang Anda lihat di layar. Ini benar -benar di belakang layar. Apakah uang Anda benar -benar aman? Bagaimana Anda menyalakan uang? Bagaimana Anda mendapatkan pemberitahuan? Bagaimana Anda memberi tahu pengguna? Apa yang terjadi saat ada kesalahan? Bagaimana Anda benar -benar memastikan bahwa setiap sen dicatat dan benar -benar mengalir melalui pipa? Anda tahu, berintegrasi dengan mesin faks bahkan bukan hal yang tidak pernah terjadi karena ada hal -hal tertentu yang hanya berjalan melalui perdagangan tertentu yang hanya berjalan melalui mesin faks.
(29:22) Jeremy AU:
Waktu yang sangat gila. Dan, Anda tahu, Gregory adalah tamu sebelumnya dari The Brave Podcast, jadi sebagai Kai Yuan dari Rocket Academy. Tapi saya tahu, ingat Anda dan saya sedang mendiskusikan tentang ini, tetapi beberapa pengalaman tentang apa yang Anda alami di Endowus nantinya akan menjadi inspirasi bagi ACME. Jadi saya ingin Anda berbagi lebih banyak tentang itu.
(29:38) JX Lye:
Itu benar. Anda tahu, di Dallas, ketika saya masuk, saya berbagi sekarang saya berpikir bahwa pekerjaan saya adalah pria itu, saya akan menjadi chief product officer yang megah yang terobsesi dengan UI, tentang bagaimana orang akan berinvestasi dan membuatnya begitu mudah. Anda tidak memerlukan agen dan berbicara dengan siapa pun, dan semua itu. Dan itu benar. Kami mencapai banyak hal itu, tetapi area tempat saya menghabiskan sebagian besar waktu saya sebenarnya adalah semua hal operasional infrastruktur yang saya bagikan sekarang. Dan khususnya, seperti, mari kita bicara tentang integrasi bank, pilih bank apa pun yang Anda inginkan. Kembali pada tahun 2019, orang tidak menyadari bahwa mengambil Singapura, misalnya, API perbankan adalah jenis hal baru, seperti DBS, yang merupakan pemimpin di banyak bidang ini, mereka menyebut API mereka ditetapkan dengan cepat, bukan? DBS Rapid API tidak cepat. Bukan yang dengan perusahaan teknologi itu, tetapi rap ID DBS Rapid API mungkin keluar, saya tidak tahu, 2015, 2016, 2017. Dan ketika semua bank lain datang, transisi dari tuan rumah ke API benar -benar hanya terjadi pada akhir 2010 -an.
Dan saat itulah pertama kali keluar. Pada saat itu menjadi sedikit lebih populer, bank sedikit lebih terbuka, itu seperti awal tahun 2020 -an, jadi ini adalah hal yang sangat baru. Maka ketika kami pertama kali memulai, semuanya manual. Ketika seseorang menyetor uang masuk, tentu saja, bagaimana kita semua mulai adalah yang Anda lihat, Anda membuka portal bank Anda, Anda mengklik Refresh, Anda melihat siapa itu. Setelah Anda mengunduh CSV, Anda melakukan semua operasi manual ini, dan saya menghabiskan banyak waktu untuk itu. Dan saya melakukan itu karena tiga alasan. Yang pertama adalah ketika Anda berinvestasi di perusahaan WealthTech, langkah terpenting yang dapat Anda lakukan, yang perlu kami lakukan setelah Anda mendaftar, adalah pada dasarnya mendapatkan uang Anda. Karena jika Anda tidak menyetor, lupakan ETF mewah apa atau reksa dana atau saham. Jika Anda tidak mendapatkan uang Anda, Anda tidak dapat berinvestasi, bukan? Jadi sangat penting untuk memastikan bahwa pengalaman dan jika Anda pergi ke Endowus sekarang, saat Anda menyetor uang, dalam waktu 20 detik, kami menyadari uang itu dan memberi tahu Anda, Push Notification Endowers App dan berkata, hei, kami menerima uang Anda, kami telah melalui KYC dan segalanya, semua cek dilakukan. Kami siap untuk Anda berinvestasi. Dan itu adalah pengalaman penting karena jika Anda tidak memilikinya, jika Anda harus menunggu seperti satu hari kerja atau dua hari kerja, Anda telah kehilangan semua kepercayaan. Dan cara untuk membangunnya, tidak seperti jika bank akan memiliki API mewah untuk Anda tangani, ini tidak seperti garis atau integrasi stripe connect. Ini benar -benar turun logam telanjang, tulang telanjang untuk mencari tahu cara kerjanya, dan itu saja.
Tetapi hal kedua adalah bahwa dalam jasa keuangan, terutama jika Anda berlisensi, Anda harus menganggap lisensi itu dengan sangat serius dan auditabilitas itu. Fakta bahwa tidak ada perubahan uang berarti Anda harus terhubung ke rekening bank. Anda tidak dapat menambahkan proses manual karena Anda tidak ingin seseorang mengunduh lembar excel, menambahkan item baris tambahan, menyalin kesalahan tempel, Anda tidak menginginkan semua itu. Jadi kedua hal ini benar -benar mengendarainya. Jadi saya menghabiskan begitu banyak waktu terobsesi, menyakitkan karena nomor satu, itu adalah kunci untuk pengalaman klien dan orang -orang, sangat diremehkan jika Anda ingin membicarakannya. Tapi nomor dua, itu adalah kunci lisensi, mempertahankan lisensi dan mendapatkan lisensi. Jadi, itu datang secara alami bagi saya, hampir seperti saya pergi tidur suatu hari, saya bangun keesokan harinya, saya memikirkan, hei saya pikir sudah waktunya bagi saya untuk memulai sesuatu. Dan saya tahu bahwa inilah yang akan saya kerjakan, yaitu bagaimana kita memudahkan orang untuk berintegrasi dengan rekening bank mereka? Karena ada begitu banyak kasus penggunaan untuk berintegrasi dengan rekening bank sekarang.
(32:26) Jeremy AU:
Jadi sudah setahun dari Anda membangun ini dan Anda memiliki gagasan yang jelas tentang masalah ini dan sekarang Anda benar -benar memiliki tahun kenyataan, benar -benar membangun hak ini dan menjual ini juga. Dan kami sedikit membicarakan hal ini. Jadi mengapa Anda belajar sepanjang tahun yang terakhir ini benar -benar membangunnya?
(32:40) JX Lye:
Saya pikir saya bisa meringkasnya menjadi tiga hal. Hal pertama yang mengejutkan bagi saya adalah ABC. Itu adalah singkatan dari selalu ditutup. Dalam hal itu, saya tidak pernah berpikir saya akan menjadi tenaga penjualan. Saya selalu seperti sebagian orang, seperti, hei, Anda tahu, mari kita bicara dengan pengguna. Mari kita cari tahu cara membangun ini. Tetapi ketika Anda memulai sebuah perusahaan, sebagai pendiri, orang -orang telah banyak membicarakan hal ini, ini benar -benar tentang menjual. Saya berkata pada diri sendiri bahwa saya perlu mengambil pada satu titik waktu, setidaknya lima pertemuan sehari dengan lima perusahaan, Anda hanya harus dijual di luar sana. Jadi ketika saya mulai, saya pikir saya akan membangun suite API tendangan ini, Anda akan datang dan terhubung dan itu akan menjual dan bagian menjual dirinya sendiri, bung, tidak, pria itu BS lainnya. Jadi nomor satu, ini saya harus menjual. Hanya itu yang saya lakukan terutama. Terutama berbicara dengan pelanggan dan sangat memuaskan. Dan saya merasa orang tidak cukup mengenali ini, tetapi saya akan pergi ke sana dan mengatakan ini. Singapura adalah pasar terbaik untuk membangun produk B2B karena Anda hanya mendapatkan banyak siklus berulang dan berbicara dengan perusahaan karena seluruh kota sangat kompak. Jika saya berada di SF, mengemudi ke Redwood City, itu satu jam di sana dan kembali, saya paling banyak berbicara dengan saya tidak tahu, satu atau dua perusahaan sehari. Di Singapura, catatan saya adalah saya telah berbicara dengan 12 perusahaan sehari, slot 30 menit. Sepanjang jalan, Anda mulai jam 7:30 pagi, sampai 11:30. Dan semua orang ada di sekitar. Dan keindahan tentang penjualan adalah bahwa ketika Anda melakukannya secara langsung, itu benar -benar membuat perbedaan. Anda tahu Zoom atas demo Anda hanya kehilangannya secara langsung yang terhubung, Anda tahu dengan kehidupan orang itu, itu hebat dan jadi saya pikir Singapura Anda terutama tahap awal ketika Anda perlu mengulangi saya maksud saya, tentu saja, ada kendala ukuran pasar atau apa pun, tetapi saya telah bertemu lebih dari 200 bisnis, CEO, talai di Singapura, dan itu bagus. Saya telah belajar banyak dan sangat menginspirasi untuk melihat cara membangun ini. Jadi itu satu hal.
Hal kedua adalah ketika saya memulai bisnis ini dengan integrasi bank, Anda tahu kebanyakan orang menggunakan saya untuk mengumpulkan pembayaran berbasis transfer bank, orang menggunakan saya untuk rekonsiliasi untuk pembayaran untuk FX. Saya pikir kasus penggunaan saya semua pelanggan saya akan menjadi fintech dan itu tidak benar lima pelanggan pertama saya adalah nol perusahaan fintech. Ini seperti pendidikan Anda, pusat kuliah. Anda tahu, Anda memiliki 10.000 siswa yang perlu Anda kumpulkan secara berulang alih -alih menggunakan kartu kredit. Mengapa Anda tidak menggunakan Egyro atau Gyro untuk menarik uang dari rekening bank Anda? Ini seperti perusahaan bersih kantor, Anda tahu, menerima 200 faktur sehari. Anda tahu, berteriak untuk kehilangan. Kami membuat cerita pelanggan tentang mereka. Mereka membutuhkan rekonsiliasi otomatis. Tanpa kami, mereka membutuhkan waktu seminggu untuk berdamai. Mereka kembali dan berkata, hei, kami menerima pembayaran Anda. Ini tanda terima dengan API kami.
Mereka langsung melakukannya. Mereka mengirim tanda terima. Itu sudah selesai. Jadi apa yang mengejutkan saya seperti pasar, bukan? Jadi itu hal kedua. Dan yang ketiga adalah kami benar -benar merasakan tarikan di pasar berkembang. Salah satu alasan besarnya adalah bahwa jika Anda mundur selangkah dan mengamati pembayaran, Anda tahu, kami tidak menganggap diri kami sebagai perusahaan pembayaran.
Kami hanya perbankan. Pembayaran hanyalah satu aplikasi dari itu. Tetapi perhatikan berapa banyak pembayaran berbasis transfer bank yang hampir mengambil alih Singapura. Anda pergi ke pusat jajanan, mereka meminta kode QR. Anda pergi ke Shopee, Lazada. Anda tahu, apa yang dikatakan Shopee adalah bahwa menggunakan Paynow, itu memberi Anda diskon 0. 5 persen, dan Anda mengklik opsi pembayaran, Anda memiliki Payby, menautkan rekening bank Anda, Anda memiliki Payla, Anda telah membayar, Anda memiliki Shopeepay.
Ini semua transfer bank, bukan kartu kredit. Jadi, sangat bagus untuk mengalami tarikan pasar ketika Anda sedang membangun sesuatu, karena kombinasi peningkatan ketergantungan pada bank, dan juga sayangnya, tumpukan bank itu belum mengikuti. Kami melihat kegagalan bank, Anda tahu, mulai dari SVB Signature Bank, tetapi lebih dekat ke Singapura.
Citibank, DBS, dan semua itu, dan dengan demikian pertemuan itu hanya menempatkan kita di ruang di mana kita benar -benar dapat berada di garis depan hei, bagaimana kita menciptakan keandalan, bagaimana kita menciptakan multi bank, Anda tahu, bagaimana kita berpikir tentang semua transfer bank dan itu, dan itu hanya benar -benar hebat dan menyenangkan, Anda tahu, berada di tengahnya.
(36:02) Jeremy AU:
API Keuangan bukan hanya masalah Singapura, bukan? Ini masalah regional. Ini adalah pasar multi. Tetapi Anda juga dapat mengatakan itu multi -bank, jenis jenis transaksi jenis masalah juga. Bagaimana Anda melihat diri Anda meliput semua itu? Atau apakah Anda melihat diri Anda berfokus pada beberapa bidang prioritas? Bagaimana pendapat Anda tentang infrastruktur itu?
(36:18) JX Lye:
Filosofi kami dalam membangun perusahaan dan membangun integrasi bank kami adalah bahwa kami mengambil pendekatan luar dalam sebagai lawan dari luar dalam pendekatan. Artinya adalah bahwa bagian luar dalam pendekatan dipopulerkan oleh perusahaan di AS, Anda memiliki perusahaan seperti Platt, yang jika Anda berada di ruang ini, Anda mungkin pernah mendengar tentang Yardley.
Dan apa yang mereka lakukan dan bagaimana mereka memulai adalah itu, Anda tahu, mereka seperti layar seperti mengikis dan mencari tahu, hei, ini adalah HTML Anda, jadi mengapa Anda tidak masuk dengan nama pengguna dan kata sandi Anda, dan kemudian kami akan mengambilnya, masuk atas nama Anda, menghafal pernyataan bank, mengunduh tombol, mengunduhnya, dan mentranskripsikannya.
Itu bagian luar dalam pendekatan. Pendekatan luar luar bekerja erat dengan bank dan berkata, hei, bank, Anda tahu, saya hampir seperti integrator sistem. Mari kita bekerja dengan Anda, Anda tahu, beri saya kepercayaan Anda. Mari kita bangun semua itu. Jadi cara kita melihat diri kita sendiri adalah bahwa kita ingin menjadi enabler bank, bukan? Kami ingin membantu bank dan mengatakan itu, hei, bagaimana kami membantu Anda mendapatkan dan membuat API Anda serupa dan mulus seperti stripe?
Stripe memiliki revolusi di sana untuk kartu kredit. Sebelum Stripe masuk, oof, itu menyakitkan. Anda tahu, kartu kredit, Anda harus menemukan prosesor Anda sendiri, pertukaran Anda sendiri, dll. Saya pikir transfer bank berada di ruang sekarang, dan saya pikir kami berada di sweet spot. Jadi, jika Anda bertanya kepada saya, bagaimana saya berpikir tentang bisnis, saya akan mengatakan bahwa kami mulai dengan memikirkan, oke, kami ingin berintegrasi dengan bank yang berbeda terlebih dahulu.
Dan fokus kami sebenarnya adalah bank dan bukan geografi, karena begitu Anda mendapatkan bank yang mengatakan, jika saya suka, katakanlah bank multinasional, seperti Citi, SCB atau HSBC, Anda secara efektif dapat mendukung mereka di 50 negara yang berbeda karena mereka ingin tetap sama. Tapi kami merasa itu hanya dasar dari ambisi kami, bukan?
Ambisi kami adalah bahwa lapisan dasar, semua integrasi bank di berbagai bank, berbagai negara. Tapi saya pikir ada begitu banyak hal yang harus dibangun di atas itu, kan? Anda memiliki semua dari keseluruhan, Anda tahu, saya memperkirakan bahwa penipuan dengan transfer bank akan menjadi industri multi miliar dolar.
Multi miliar, karena saat ini banyak penipuan difokuskan pada penipuan kartu kredit. Tetapi ketika masuk ke transfer bank, lihat semua penipuan payLast Anda, Anda tahu, banyak penipuan. Ini adalah keahlian yang sangat berbeda karena vektornya sangat berbeda dan kami ingin berada di garis depan untuk itu, bukan?
Ada juga semua hal ini tentang, Anda tahu, AR, AP, Anda tahu, piutang, hutang. Inti dari itu adalah bank Anda untuk menerima uang dan membayar uang. Saya pikir ada seluruh kesempatan di sana. Pemantauan Transaksi. Itu adalah peluang besar dan kemudian pada akhirnya bagaimana Anda mendukung pinjaman dengan lebih efisien?
Anda tahu, ada semua aspek yang berbeda ini tetapi hal tentang membangun startup yang saya sadari adalah bahwa era suka mengatakan bahwa saya akan menjadi seperti 10 miliar perusahaan ketika semua itu berakhir, kan? Saya pikir tujuannya adalah agar kita benar -benar menuju ke bawah membangun fondasi, kan?
Dan menilai peluang saat mereka datang tetapi untuk saat ini, kami sangat fokus kami hanya ingin menjadi cara terbaik bagi Anda untuk berintegrasi dengan punggung agar Anda mendapatkan nilai maksimum dari punggung Anda.
(38:45) Jeremy AU:
Luar biasa. Pada catatan itu, dapatkah Anda berbagi tentang waktu yang secara pribadi Anda berani?
(38:49) JX Lye:
Saya pikir jenis pemberani terbesar, maksud saya, saya pikir saya tidak terlalu berani. Maksud saya, misalnya saya berpikir bahwa, Anda tahu, saya, istri saya melahirkan anak -anak kami. Saya pikir itu, Anda tahu, satu kilo beban seperti lebih besar dari apa pun yang saya lakukan. Tapi saya pikir satu hal pasti akan seperti melangkah keluar dari endowmen untuk memulai AGME.
Dan alasan mengapa karena apa yang tidak Anda sadari adalah, Anda tahu, saya hanya bekerja untuk, seperti, perusahaan yang sangat baik. Saya sangat beruntung bekerja, seperti, Anda tahu, kotak sampah atau lyft atau sepeda di Dallas. Ada kemilau tertentu ketika Anda mengerjakannya, benar, bahwa identitas Anda adalah bagian dari, seperti, oh, JX, Anda tahu, manajer produk grup di Brighton, JX adalah kepala produk produk di COO di Endowers.
Tapi, apa yang benar -benar berbeda adalah ketika Anda memulai sesuatu, Anda bukan apa -apa, bukan? Orang tidak peduli dengan Anda, Anda tidak diundang ke konferensi apa pun, pertemuan apa pun, atau apa pun. Jadi bagi saya, Anda tahu, saya punya anak dan segalanya, dan ajaib, saya baik -baik saja, kan? Hei, apakah itu titik waktu yang ingin saya tingkatkan, keluar, dan berikan semua itu?
Anda tahu, dengan cara yang lebih tinggi dan itu sangat sulit karena ketika Anda bergabung dengan startup dan Anda melakukan startup dan Anda berada di Endowments selama tiga, tiga setengah tahun, Anda benar -benar hanya mendapatkan manfaat setelah itu karena beberapa tahun pertama Anda hanya berjuang, kan? Tidak ada yang tahu dana abadi dan segalanya.
Itu semacam pertanyaan seperti, kawan, apakah saya ingin pergi dan melakukannya lagi? Dan maksud saya, hal terakhir juga sangat pribadi, yang seperti keluarga dan keadaan pribadi Anda, bukan? Menyukai. Keterasingan terbesar, ketika Anda memulai sebuah perusahaan, karena banyak dari kita yang mendengarkan podcast ini tahu, adalah keluarga Anda.
Dan setelah baru saja melewati itu, terutama dengan Covid, rasanya, Anda kemudian hanya ingin melakukannya lagi. Apakah terlalu cepat? Benar? Tetapi bagi saya, saya pikir hanya ada keinginan yang tak pernah puas dan bahwa ketika Anda melihat dan melihat peluang yang Anda sukai, Anda tidak dapat melihatnya. Dan jenis terbesar, saya kira, hal terbesar yang harus saya lakukan adalah mengatakan pada diri sendiri, oke, bagaimana saya mengubah semua, semacam, kelemahan hal -hal ini dan melihatnya sebagai peluang.
Misalnya, saya benci bertemu orang. Aku benci, seperti, menghabiskan seluruh hariku. Bagaimana cara melihatnya sebagai sesuatu yang akan menarik? Seperti, belajar tentang cerita yang berbeda ini alih -alih, seperti, sesuatu yang menyakitkan. Bagaimana saya bisa mengambil kesempatan untuk menempatkan diri di luar sana? Karena saya benar -benar menempatkan diri di luar sana.
Anda tahu, berapa kali orang bertanya kepada saya, hei, JX, Anda tahu, saya pikir Anda memiliki latar belakang yang bagus. Saya percaya Anda dapat membangun ini. Tapi seperti saya mungkin mati besok. Mengapa saya harus mempercayai Anda? Benar? Ini sangat pribadi, Anda tahu, rasanya seperti oh man, benar -benar seperti, Anda tahu, saya tidak akan mengatakan menyerang tetapi hampir seperti menyerang Anda tahu siapa Anda sebagai pribadi dan berapa kali Anda pergi melalui orang -orang bilang hei lakukan yang ini berhasil, bukan?
Anda tahu, Anda tahu, kami ingin bekerja dengan bank mengambil nomor antrian, bukan? Ini akan menjadi tiga tahun sebelumnya dan semua itu jadi memperdagangkannya untuk ini, saya pikir Anda tahu, saya akan mengatakan bahwa mungkin akan menjadi yang paling pribadi
(41:11) Jeremy AU:
Luar biasa.
Ya, saya sangat setuju dengan Anda. Dan saya pikir itu keputusan yang sulit untuk dibuat. Saya kira pertanyaan terakhir saya yang saya miliki untuk Anda adalah bagaimana Anda akhirnya membuat keputusan? Apakah Anda berkonsultasi dengan teman Anda? Apakah Anda memikirkannya? Anda tahu, bagaimana Anda akhirnya memutuskan?
(41:23) JX Lye:
Seperti yang telah saya bagikan, Anda tahu, itu adalah sesuatu yang sudah lama saya pikirkan dan itu saat -saat, kan? Seperti, Anda tahu Thanksgiving selama periode liburan saat Anda bepergian seperti, oh man, bagaimana jika saya melakukan ini? Saya pikir ketika Anda berada di dalam keramaian dan hiruk pikuk seperti mencoba membuat hal -hal yang Anda perbaiki setiap hari.
It's really hard I think for me what helped was that before I stepped out, so I stepped away at the end of last year, early this year, first gen I had my kid I had, you know, one of my kids was born sort of in the middle to late last year and I went on paternity for the first time, you know, that was my third kid I, I've never taken paternity, right, you know, while I've been working and everything, I'm not proud of it, but, you know, Sama seperti apa itu.
Dan anak ketiga saya yang saya ambil, saya tidak ingat, saya pikir itu adalah sesuatu seperti, seperti dua atau tiga minggu, jadi empat minggu libur. Ya. Dan itu memberi saya kesempatan untuk benar -benar mengevaluasi dan memikirkan, hei, apa yang benar -benar saya inginkan, Anda tahu, dan, Anda tahu, saya merasa berusia akhir tiga puluhan, tidak apa -apa, Anda tahu, apakah Anda ingin memiliki energi untuk melakukannya dan semua itu?
Jadi ketika saya masuk dari banyak, saya tidak berharap untuk melakukan apa pun, tetapi saya pikir itu memberi saya banyak jenis dasar, seperti, seperti kekuatan, Anda tahu, dan bahwa saya cukup jelas. Jadi ketika saya benar -benar memutuskan, tentu saja, Anda tahu, Anda berbicara dengan orang dan segalanya. Tetapi pada akhirnya, saya akan mengatakan bahwa itu benar -benar keputusan yang Anda buat.
Saya berbicara dengan istri saya, berkata seperti, hei, Anda tahu, ini sesuatu, apakah saya memiliki berkah untuk melakukan itu? Dan saya pikir ketika itu jelas, saya pikir hal -hal melambat sebenarnya. Tapi saya akan mengatakan hal terbesar adalah tarikannya. Anda tahu, tarikan, man, hanya ada sepotong waktu di mana seluruh integrasi bank ini bisa bekerja.
Dan saya merasa bahwa Anda selalu dapat kembali ke semua pekerjaan lain ini. Jadi kami hanya melakukannya dan gila bahwa sudah 11 bulan, tetapi Anda tahu, saya pikir kami adalah tempat yang baik kami adalah tim yang hebat dan hanya setiap hari yang bangun, Anda tahu saya merasa bahwa Anda tidak seperti Anda yang tahu bahwa Anda begitu banyak yang tahu bahwa mungkin begitu banyak hal itu dan mungkin begitu banyak hal yang membuat Anda sangat bersemangat.
(43:11) Jeremy AU:
Luar biasa. Pada catatan itu, saya ingin meringkas tiga takeaways besar yang saya dapatkan dari percakapan ini. Pertama -tama, terima kasih banyak telah berbagi tentang perjalanan awal Anda sebagai siswa dan bagaimana Anda memilih berbagai gelar, tetapi juga seperti apa Anda sebagai siswa dan bagaimana Anda akhirnya, Anda tahu, mengambil peran pertama Anda dengan EDB dan sebagai manajer produk.
Jadi saya pikir itu benar -benar menarik untuk mendengar tentang aspirasi awal itu, tetapi juga bagaimana Anda memikirkan masa depan Anda sendiri pada saat itu. Kedua, terima kasih banyak telah berbagi tentang kontras pengalaman belajar mendadak yang Anda miliki, bukan? Jadi AS adalah China, pengalaman gigitan Anda tentang bagaimana Anda sebagai manajer produk harus belajar hal -hal yang berbeda, tetapi juga melepaskan hal -hal berbeda yang telah Anda ambil di sepanjang jalan.
Saya pikir itu menyenangkan memiliki eksplorasi kontras. Dari semua itu dan bagaimana Anda akhirnya membawa semua itu untuk ditanggung pada pekerjaan Anda di Endowers, di mana Anda bekerja sangat keras untuk memastikan bahwa Anda dapat mempercepat, bukan hanya ujung depan, tetapi juga banyak infrastruktur dan transaksi yang harus terjadi. Terakhir, begitu banyak untuk berbagi tentang ACME. Sangat menyenangkan mendengar mengapa Anda merasakan tarikan untuk membangun sesuatu tetapi juga untuk membangun di ruang keuangan. Dan sebenarnya itu adalah enkapsulasi yang hebat sebenarnya dari proses pencarian Anda, yang saya ingat dan saya diskusikan. Itu bukan hanya apa yang Anda sukai, tetapi juga proses pencarian yang sangat disengaja untuk dicari, Anda tahu, sektor yang hebat, ide yang bagus dan meluangkan waktu dan kesabaran untuk, ya, mengambil pekerjaan di Endowers sebagai chief product officer, tetapi akhirnya menghadapi masalah yang Anda rasakan benar -benar bahwa Anda dapat membawa semua bakat dan pengalaman dan pengalaman Anda sebelumnya.
Jadi sangat menarik untuk mendengar tentang visi untuk ACME dan bagaimana Anda cenderung membangunnya. Tidak hanya di seluruh transfer bank, tetapi juga di seluruh wilayah dan di seberang persona pelanggan yang berbeda juga. Pada catatan itu, terima kasih banyak JX telah berbagi.
(44:44) JX Lye:
Luar biasa. Terima kasih telah menerima saya. Keren, kawan.