Brent Liang dalam pendirian bersama dengan Justin Kan, moonshots mingguan, dan kerentanan dalam kepemimpinan - E42

"Hal tentang Moonshots adalah, apa pun yang Anda lakukan, jika Anda melakukannya cukup lama, Anda akan selalu mendarat di tempat yang lebih tinggi dari tempat Anda semula. Anda hanya meningkatkan lintasan Anda, dan itu sangat penting. Saya berharap bahwa mencoba melakukan sesuatu yang berada di luar zona nyaman Anda setiap hari adalah tujuan pengembangan pribadi untuk semua orang juga." - Brent Liang

Brent Liang adalah pendiri 3X ($ 1 juta ARR), artis rekaman, dan co-founder & produser eksekutif Quest bersama dengan Justin Kan , salah satu pendiri Twitch .

Lahir di Selandia Baru, dibesarkan di Shanghai dan saat ini menyelesaikan studi hukumnya di Australia, Brent memulai perjalanan wirausaha di 18 membuat podcast mini. Dia membangun perusahaan pertamanya yang memfasilitasi bantuan jaminan untuk pemuda Aborigin dan Torres Strait Islander pada tahun 2018, melalui LawWithoutWalls . Dia kemudian ikut mendirikan Chance Myanmar , platform MOOC yang dipimpin influencer di Myanmar, dan menumbuhkannya menjadi $ 1 juta ARR dalam 1,5 tahun. Pada tahun 2019, Brent memulai perusahaan ketiganya Logieq untuk membantu para pendiri mempekerjakan lebih cerdas, dan memimpin tim Australia pertama dalam 10 tahun untuk masuk ke Hult Prize Accelerator melalui Dubai, London dan New York untuk bertemu dengan Presiden Bill Clinton di kantor pusat PBB. Brent sekarang bekerja bersama Justin Kan di podcast -nya pencarian untuk menceritakan kisah perjalanan manusia di belakang perintis seperti Chainsmokers , Mark Cuban , Steve Huffman dan Bryce Hall .

Berikut adalah beberapa pemikiran Brent tentang podcasting , tanpa kode dan pendiri . Anda dapat menemukan Brent di LinkedIn dan Twitter .

Harap teruskan wawasan ini atau undang teman -teman di https://whatsapp.com/channel/0029vakr55x6bieluevkn02e


Jeremy AU: (00:30)

Hei untukmu lagi.

Brent Liang: (00:32)

Senang melihatmu, Jeremy.

Jeremy AU: (00:34)

Saya sangat bersemangat untuk berbagi perjalanan Anda, semua yang naik, turun, menyamping, bagian dari kehidupan. Saya akan menjadi obrolan yang menyenangkan.

Brent Liang: (00:41)

Ya, 100%.

Jeremy Au: (00:43)

Pertanyaan besar dalam pikiran semua orang adalah, siapa Anda?

Brent Liang: (00:46)

Saya Brent Liang. Saya berusia 23 tahun. Saya putus sekolah. Saat ini saya sedang bekerja sebagai co-founder dan produser eksekutif di Quest. Yang merupakan proyek podcast dengan Justin Kan, salah satu pendiri Twitch. Sebelum itu, saya mendirikan tiga perusahaan yang berbeda dan saya juga seorang seniman rekaman dan saya mencoba melukis gambar di waktu luang saya. Saya kira itu sedikit rundown tentang siapa saya.

Jeremy AU: (01:11)

Mari kita berjalan di awal. Di mana awal perjalanan profesional Anda dimulai dan semacam memandu kami melalui secara kronologis ke tempat Anda sekarang?

Brent Liang: (01:20)

Ya, pasti. Saya pikir awal dari perjalanan profesional saya mungkin setelah saya selesai sekolah menengah dan memulai tahun pertama saya di universitas. Saya memilih untuk melakukan hukum karena saya ingin menjadi lebih baik dalam bahasa Inggris. Saya pikir melewati sekolah hukum enam tahun akan membantu saya dapat berbicara bahasa Inggris dan menggunakan bahasa dengan cara yang sangat bagus ini. Karena saya tinggal di Cina selama 18 tahun, jadi Mandarin adalah apa yang telah saya bicarakan selama 18 tahun. Saya ingin menjadi pengacara. Saya pikir itulah yang saya pikirkan ketika saya masuk ke sekolah hukum. Tapi dengan sangat cepat, saya melihat beberapa mitra firma hukum dan saya memiliki beberapa magang dan saya seperti, "Saya tidak tahu apakah saya ingin menjadi pengacara." Itu akan menjadi awal dari perjalanan profesional saya, tetapi saya pikir saya mengambil giliran yang sangat cepat setelah setahun. Saya membangun proyek podcast mini saya di tahun pertama sekolah hukum saya. Itu sebenarnya tentang gugatan, yang merupakan subjek yang kami pelajari tentang kesalahan sipil.

Misalnya, jika Anda keluar, jika mobil Anda didongkrak oleh seseorang, atau jika sepeda Anda dicuri oleh seseorang, itu adalah pelanggaran gugatan dan Anda dapat membawa orang tersebut ke pengadilan. Saya pikir hal itu menarik. Saya tidak tahu mengapa saya pikir itu menarik, tetapi saya mencoba membuat podcast dari itu. Punya beberapa teman, punya beberapa dosen atau tutor untuk ikut serta. Saya tidak tahu bagaimana membuat apa pun, saya tidak tahu bagaimana melakukan apa pun. Saya pada dasarnya hanya menonton banyak tutorial YouTube, belajar cara menggunakan GarageBand, dan saya mulai menghasilkan seri podcast mini ini. Itu berjalan sangat baik. Saya pikir mulai dari sana, saya seperti, yah, startup tampaknya cukup menarik karena kami juga mencoba mencari tahu, proyek yang dapat Anda bangun. Ya, saya pikir itulah awalnya. Calon, saya kira, kekecewaan mahasiswa hukum tentang dunia, dan jadi saya menemukan diri saya di startup bangunan yang dalam.

Jeremy AU: (03:06)

Luar biasa. Bagaimana rasanya membangun set startup pertama Anda?

Brent Liang: (03:08)

Itu cerita yang panjang. Maksud saya, tahun kedua setelah membangun proyek podcast mini saya, saya meluncurkan proyek yang saya tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan itu. Saya pikir kami sampai pada pasangan K mendengarkan/melihat di SoundCloud, tetapi itu meninggalkan di sana. Saya sebenarnya tidak tahu apa arti startup pada saat itu, jadi saya mendaftar dalam kompetisi ini yang disebut LawWithoutwalls. Yang merupakan program konferensi internasional ini yang menyatukan pengacara, mahasiswa hukum, VC untuk membangun apa yang mereka sebut proyek bernilai. Ini seperti jenis ide semi startup. Startup pertama kami disebut layang -layang. Itu di industri teknologi hukum. Idenya adalah kami dapat membangun sesuatu alat teknologi untuk penduduk asli Aborigin dan Torres Strait. Ketika beberapa pelanggar remaja, ketika mereka duduk dengan jaminan, kami akan dapat membantu, menghubungkan mereka dengan jaringan komunitas dan membantu mereka mendapatkan sistem pendukung yang lebih baik daripada mereka mendapat masalah ketika mereka duduk di dalam.

Itulah yang kami ditugaskan sebagai proyek nilai. Maksud saya, saya melihatnya sebagai startup, ternyata itu sedikit berbeda dan ketika Anda pergi untuk kompetisi. Saya pikir itu empat hingga lima bulan hanya meneliti dan berbicara dengan orang. Itu sangat sulit bagi kami karena ini sangat berbeda, saya kira, segmen audiens yang kami berinteraksi. Sejauh ini, kami tidak mengenal pelanggan kami dengan baik. Ini tidak seperti Anda sedang membangun startup, katakanlah, mengirimkan makanan atau saya bahkan tidak tahu, seperti e-commerce di mana Anda benar-benar dapat mengambil Uber dan mengobrol dengan pelanggan Anda atau mengangkat telepon dan menelepon mereka. Bagi kami, audiens akhir kami sangat mirip dengan segmen masyarakat lain yang harus secara sadar menjangkau dan mengobrol, dan itu sangat sulit. Kami menghabiskan banyak waktu mencoba melakukan semua itu, wawancara penjangkauan. Saya pikir kami melakukan 40, 60 wawancara sebelum kami benar -benar mulai membangun barang kami. Tapi bahkan dengan semua itu ...

Maksud saya, saya memiliki mentor luar biasa yang dapat membimbing saya melalui setiap langkah perjalanan, tetapi saya hanyalah pendiri yang mengerikan saat itu. Saya tidak tahu lebih baik. Saya tidak tahu cara membangun produk. Saya tidak tahu apa artinya mendapatkan pelanggan. Saya pikir Anda bisa bertahan tanpa memiliki pelanggan. Saya tidak tahu bagaimana pemikiran itu terlintas dalam pikiran saya, tetapi saya pikir saya sangat keras kepala dalam berpikir bahwa startup cukup banyak tentang membangun sesuatu. Bukan itu. Anda memecahkan masalah, Anda tidak membangun sesuatu. Menjelang paruh kedua tahun ini, kami mulai melihat masalah. Kami memiliki ide singkat untuk MVP, tetapi kami tidak dapat benar -benar berada di atas pelanggan. Pada saat yang sama, semua masalah yang saya sebutkan tentang tidak dapat mengobrol dengan pelanggan kami mulai muncul. Jadi kami memiliki beberapa masalah miskomunikasi. Saya memiliki banyak beban kerja di piring saya dan saya benar -benar stres olehnya.

Saya mendapat tim sukarelawan dan ternyata bukan pilihan yang sangat cerdas karena pekerjaan yang saya lakukan hanyalah pekerjaan demi itu. Anda benar -benar menghabiskan lebih banyak waktu mengelola orang daripada hanya menyelesaikan pekerjaan itu. Saya bukan pemimpin yang sangat efektif saat itu dan menjelang akhir tahun atau sesuatu, kami memiliki miskomunikasi ini dengan pemangku kepentingan yang sangat besar. Yang merupakan pengadilan dan semuanya baru saja mendidih, itu benar -benar jelek di mana ada banyak email yang mengancam atau dikirim. Itu membawa saya ke tempat di mana saya benar-benar berkonflik tentang apakah saya harus mengejar startup atau tidak, karena saya merasa ingin mengejar itu berarti menangani salah satu hal secara langsung. Sebenarnya, itu akan mengakibatkan kerugian bagi masyarakat yang kami coba layani karena kami tidak dapat menavigasi lanskap tersebut secara terampil. Jika kami menutupnya, jelas itu sesuatu yang saya kerjakan selama hampir setahun, saya merasa tidak enak dan tim juga merasa tidak enak.

Jadi seperti Anda terjebak di antara batu dan tempat yang sulit. Akhirnya, kami memang menutupnya setelah setahun. Ada hari -hari itu, saya pikir kami membicarakan hal ini sebelumnya sebelum datang ke pertunjukan, tetapi ada hari -hari di mana saya merasa sangat buruk bahwa saya akan bangun tidak memiliki kekuatan secara fisik, mental bahkan untuk memeriksa kotak masuk email. Saya akan keluar, berjalan -jalan, berlari, kembali, melakukan push -up, pergi mandi, dan kemudian klik buka kotak masuk email. Tetapi meskipun begitu, Anda masih mendapatkan paku kecemasan mini itu. Itu adalah sesuatu yang cenderung khas bagi pengacara. Tapi saya pikir untuk saya, itu terjadi pada usia yang jauh lebih muda. Jadi saya agak merasakan bagaimana rasanya dikendalikan atau startup Anda berubah menjadi sesuatu yang terasa seperti monster. Rasanya seperti pekerjaan harian yang sangat buruk. Saya hanya sadar bahwa nanti, itu tidak seharusnya bagaimana rasanya. Tapi saya berpikir pada saat itu, ketika Anda berbicara tentang Startup Hustle, begitulah rasanya.

Saya senang kami menutupnya setelah setahun. Saya pikir itu adalah pilihan yang cerdas untuk dibuat, dan saya pikir saya membuat banyak koneksi manusia pribadi yang sangat baik di seluruh pengalaman itu. Saya pikir itu benar -benar mendasarkan saya pada usia yang begitu muda berpikir saya bisa melakukan apa saja di dunia. Sedangkan membangun startup sebenarnya cukup sulit, Anda harus memecahkan masalah nyata. Tidak masalah apa yang Anda akui ahli.

Jeremy Au: (08:06)

Wow. Maksudku, itu salah satu perjalanan. Saya pikir Anda mengatakan beberapa hal yang sangat menarik, yaitu, menjadi pendiri pertama kali sulit. Itu satu. Kemudian dua, hampir terdengar seperti Anda mendapatkan kesadaran diri tentang apa yang normal dan kemudian apa yang abnormal atau sulit hanya setelah pertama kali juga. Itu, saya pikir perjalanan yang sangat umum bagi banyak pendiri pertama kali. Sepertinya, mereka tahu mereka sedang berjuang. Nah, mereka berjuang. Mereka tidak tahu mereka berjuang. Mereka berpikir berjuang itu normal. Kemudian ketika mereka keluar dari itu, mereka seperti, "Tunggu sebentar, itu berbeda. Pendekatan yang bisa saya ambil bisa berbeda." Saya pribadi membagikan hal itu. Maksud saya, ada begitu banyak kali di dua perusahaan saya yang terakhir di mana, saya sebenarnya juga tidak bisa melakukan email dan saya hanya akan memberikan telepon saya kepada istri atau saudara perempuan saya dan saya hanya seperti, "Bisakah Anda membaca email kepada saya?" Karena saya seperti, "Oke."

Brent Liang: (08:57)

Saya berharap saya bisa melakukan itu. Saya tidak berpikir orang tua saya telah membaca email saya, tetapi mungkin saya seharusnya mencoba saudara saya.

Jeremy AU: (09:03)

Anda bisa mencobanya. Ada trik yang berguna adalah, karena Anda ingin membacanya, tetapi Anda seperti, saya hanya akan memberikannya kepada istri saya dan itu seperti, "Oke. Saya seharusnya membaca ini satu jam yang lalu, jadi itu tidak terlalu buruk, tetapi saya tahu saya menunda -nunda. Jika Anda bisa membacanya kepada saya dan memberi saya gist tentang itu dan kemudian saya akan memberi tahu Anda apa yang akan saya balas." " Itu cukup bagus karena saya khawatir tentang nadanya, saya khawatir tentang semua barang. Ketika orang lain merangkumnya untuk saya nanti, saya seperti, "Oke, saya tahu apa yang perlu saya katakan." Tapi saya bisa ... Saya pikir salah satu realisasi saya hanya setelah perusahaan pertama saya adalah, saya benar -benar perlu memindahkan banyak keputusan sulit ke dalam pertemuan verbal. Itu seperti, hanya ada cara untuk membuat email sulit yang adil, saya merasa tidak mungkin untuk menyelesaikan melalui email.

Sebenarnya, hampir tidak mungkin untuk menyelesaikan email karena masalah pribadi, itu bukan logika atau masalah pajak. Jadi saya menunda -nunda dan saya memperburuk keadaan. Padahal, saya perlu memindahkannya ke domain pribadi. Ini adalah keputusan pribadi, Anda harus masuk ke domain pribadi. Semua itu, saya hanya menyadari setelah perusahaan pertama saya. Itu seperti, "Ya ampun, kuharap aku tahu itu sebelumnya."

Brent Liang: (10:02)

Perusahaan pertama Anda selalu mengajari Anda begitu banyak. Di satu sisi hampir seperti itu bagus jika gagal karena Anda belajar lebih banyak. Saya pikir kecuraman semacam itu dari kurva belajar sulit untuk direplikasi jika Anda melakukannya untuk kedua atau ketiga Anda, karena Anda akan kehilangan banyak hal. Jadi Anda tidak akan bisa melakukan pembelajaran itu dengan cepat.

Jeremy Au: (10:21)

Ya, saya sangat setuju. Maksud saya, saya pikir ada hal klasik di mana startup seharusnya menjadi bentuk hoki dalam hal pertumbuhan. Maka manusia tidak memiliki bentuk hoki dalam hal kurva belajar. Mereka sebagian besar linier atau rata. Maksud saya, saya selalu memberi tahu orang -orang, saya seperti, ketika saya masih di sekolah menengah, setiap tahun saya melakukan satu tahun matematika. Jadi tahun pertama, Anda mendapat satu tahun matematika. Tahun kedua, Anda melakukan tahun kedua matematika Anda. Tahun ketiga, Anda melakukan satu tahun matematika. Ya empat, Anda melakukan satu tahun matematika. Tetapi jika Anda seharusnya berhasil sebagai startup, adalah tahun yang Anda lakukan satu tahun matematika. Tahun kedua, Anda melakukan dua tahun matematika. Tahun ketiga, Anda melakukan empat tahun matematika dan kemudian tahun keempat, Anda melakukan delapan tahun matematika. Tapi tidak ada yang melakukan itu.

Kami akan menjadi, jika kami adalah guru dan mencoba mengajar anak -anak Anda, mereka akan seperti, seperti kepala sekolah atau guru, "Ini adalah cara yang berantakan untuk mengajar anak -anak karena mereka semua akan rusak pada tahun kedua atau tahun ketiga." Saya pikir satu hal yang Anda katakan itu sangat benar, yaitu jika Anda gagal, setidaknya Anda mungkin tidak belajar tentang bisnis itu sendiri, tetapi setidaknya Anda belajar tentang tingkat pembelajaran Anda sendiri. Yang sebenarnya jauh lebih penting karena apa pun yang Anda lakukan di startup Anda berikutnya, satu -satunya hal yang Anda bawa adalah diri Anda sendiri. Benar?

Brent Liang: (11:29)

Tepat. Sekarang, itu kutipan yang bagus.

Jeremy Au: (11:32)

Apa yang Anda bawa ke usaha kedua Anda?

Brent Liang: (11:35)

Apa yang saya pastikan untuk dilakukan dalam usaha kedua adalah, kami ingin mulai memikirkan pelanggan sejak hari pertama. Kami ingin memiliki visi yang sangat jelas tentang siapa yang akan membayar sejak hari pertama. Saya mencoba memastikan bahwa kami mendapatkan produk produk kami jauh lebih cepat dari yang biasanya saya lakukan. Sedikit latar belakang tentang startup kedua. Saya dapat bertemu seseorang yang sangat beruntung ketika saya berada di Sydney, dan orang ini berasal dari Myanmar dan dia akan memulai beberapa pekerjaan influencer sosial. Dia ingin membuat konten. Dia ingin menjadi pembuat konten. Jadi saya memiliki kesempatan untuk bepergian ke Myanmar di mana saya dapat memahami lebih banyak kondisi pasar, berbicara dengan orang -orang, mengenal orang. Kami membangun bisnis ini yang merupakan merek pribadinya. Yang sebenarnya berjalan sangat baik dan dia bisa mendapatkan 1 juta pengikut di Facebook dengan relatif cepat. Kami membangun bisnis ini yang pada dasarnya seperti ... visi untuk itu adalah kami ingin menjadi MOOC terbesar dari Myanmar.

Saya pikir satu hal yang kami ikuti dengan sangat baik, yang membantu kami mendapatkan pasar yang sesuai adalah bahwa kami telah memiliki format pelatihan soft skill LED influencer ini. Kelas -kelas tidak hanya diajarkan oleh instruktur, mereka diajarkan tentang orang -orang yang memiliki merek di negara ini. Satu hal tentang Myanmar adalah, setiap kali Anda ingin menjual sesuatu, karena mereka layanan, jauh lebih baik jika Anda dapat mengikatnya dengan seseorang yang benar -benar dipercaya orang. Itu bekerja dengan sangat baik dengan itu di Myanmar. Saya tidak tahu apakah Anda dapat meniru itu ke negara lain di Asia, tetapi paling tidak, yang kita tahu adalah itu akan benar -benar bekerja di Myanmar. Kami menjual kursus tentang soft skill pada dasarnya hal -hal yang Anda tidak akan dapat belajar sebanyak itu di universitas. Kami tidak mengajar kursus fisika atau apapun yang sulit sains. Itu lebih seperti bahasa, keterampilan bisnis, hal -hal yang sebenarnya praktis dan berguna bagi orang -orang. Karena banyak dari mereka sebenarnya belum pergi ke universitas dan kami tidak ingin mengambilnya ...

Kami tidak ingin menjadi semacam program pendidikan alternatif ini untuk mereka. Terlalu banyak risiko bagi kita. Tapi kami melakukan semua kursus itu dan itu bekerja dengan sangat baik. Saya pikir salah satu alasan mengapa kami sampai di sana dengan cepat, itu seperti yang saya katakan, ketika Anda memiliki influencer, dengan cara saluran akuisisi pelanggan Anda jauh lebih lancar. Banyak orang yang datang atau dikonversi melalui merek co-founder saya. Kami dapat mengenakan biaya untuk kelas dengan relatif cepat. Saya pikir salah satu momen penting bagi saya adalah saya selalu berpikir bahwa ini harus menjadi situs web MOOC, jadi kita harus membangun sesuatu. Jadi saya harus belajar cara kode. Saya belajar Python selama sebulan. Saya bahkan tidak tahu mengapa saya belajar Python untuk dimasukkan ke dalam situs web. Tapi bagaimanapun, pada satu titik saya seperti, "Anda tidak harus melakukan semua itu." Semua orang ada di Facebook di Myanmar, jadi mengapa kita tidak bisa membangun sesuatu, memanfaatkan set alat yang kita dapatkan dari Facebook? Kami membutuhkan waktu beberapa hari dan kami meluncurkan sesuatu.

Ini sangat sederhana. Begitu seseorang ingin membayar kursus, mereka hanya akan mentransfer uang ke rekening bank kami dan kemudian mereka akan melakukan tangkapan layar, dan kemudian mereka akan mengirimkan tangkapan layar itu kepada kami. Kemudian begitu kami memeriksanya, kami hanya akan menambahkannya ke dalam grup Facebook rahasia kecil dan kemudian kami akan mendorong semua video dari sana. Sangat masuk akal jika Anda memikirkannya, tetapi sepertinya, kita bisa melakukannya dalam seminggu dan menjalankan seluruh bisnis. Mungkin tidak akan dapat skala dengan sangat baik setelah kita mencapai 40, 500 K atau sesuatu. Itu sebenarnya terbukti menjadi asumsi yang salah. Itu bekerja dengan baik setelah kami mencapai volume itu juga. Tapi kami meluncurkannya dan pada dasarnya kami ... itu adalah MVP kami dan kami tidak pernah benar -benar meningkatkan MVP kami. Kami hanya membuatnya berjalan selama hampir dua tahun berturut -turut dan kami mencapai 40 K MRR dalam setahun.

Satu mil arr pada satu setengah tahun. Kami meningkatkan tim kami menjadi 15, 20 orang. Saya harus memberikan kredit kepada co-founder saya di sini karena saya sebenarnya ... Saya kembali ke Sydney. Saya berada di Myanmar selama istirahat universitas, jadi saya kembali ke Sydney hampir sepanjang waktu melakukan studi saya. Dia membuat semuanya terjadi di tanah, dan dia luar biasa. Saya sangat senang betapa banyak kemajuan yang dapat kami lakukan dalam waktu yang singkat. Apa artinya bagi saya, saya pikir, hanya untuk menjawab pertanyaan Anda dalam hal pembelajaran dan hal-hal baru, adalah, pertama-tama, serangkaian masalah yang Anda tangani sebagai pendiri, mulai menemukan pasar produk yang sangat berbeda dari masalah yang Anda hadapi setelah Anda menemukan pasar produk yang cocok. Saya pikir salah satu hal yang saya perjuangkan sebelumnya adalah membangun, berbicara dengan pelanggan dan membangun hal yang sebenarnya mereka inginkan. Ini seperti seni.

Anda harus benar -benar menghapus ego Anda dari persamaan dan secara harfiah hanya mengambil peran sebagai desainer ini. Anda harus merancang apa pun yang masuk akal bagi mereka meskipun itu bukan sesuatu yang terdengar sangat seksi untuk diri sendiri. Itu adalah saat -saat saya harus melupakan diri sendiri sebelum EMF. Tetapi setelah itu, setelah kami mulai mendapatkan pendapatan dan Anda mulai meminta anggota tim dan barang -barang, bagi saya, salah satu tantangan yang lebih besar adalah mempekerjakan. Saya tidak tahu seperti apa orang yang akan kami bawa ke dalam tim. Desainer, tidak tahu bagaimana mempekerjakan mereka. Coders, pengembang, tidak tahu. Saya akan membaca banyak artikel, saya pikir budaya cocok. Maksudnya itu apa? Panggilan Zoom. Jika saya mengobrol dengan mereka, saya suka mereka, hebat, mereka masuk. Terkadang mereka gagal total. Mereka tidak tahu bagaimana membuat pekerjaan desain sederhana atau mereka tidak tahu bagaimana melakukan hal -hal di spesifikasi yang saya inginkan. Yang saya tidak benar -benar berkomunikasi dengan baik kepada mereka sebelumnya. Banyak dari masalah itu mulai muncul.

Kemudian ketika datang ke tim, saya pikir 80%, 90% waktu berasal dari komunikasi. Kami tidak dapat melakukan komunikasi kami dengan baik. Begitu banyak pertemuan yang tidak efisien, banyak orang yang masuk ke argumen mini dengan hal -hal yang tidak transparan dan hanya emosi dan kebencian yang datang dari tidak bisa mengekspresikan hal -hal dengan baik. Saya pikir salah satu hal yang saya sadari adalah ketika Anda memiliki masalah itu di startup Anda, tidak masuk akal untuk menyalahkan siapa pun karena semua itu hanya bermanifestasi dari pendiri. Ini hampir seperti startup adalah cerminan dari diri Anda. Jika Anda dapat membangun ... jika Anda tidak nyaman dengan semua pertemuan tangan, maka Anda akan cenderung lebih sedikit dari itu. Kemudian ketika Anda akan menjalankannya lebih sedikit, orang akan merasa seperti tidak ada banyak kebutuhan untuk berkomunikasi. Atau jika mereka mengerjakan suatu proyek, itu tidak benar -benar layak untuk memastikan orang lain mengerti. Di satu sisi, Anda menetapkan budaya itu dan yang bermanifestasi dari preferensi Anda untuk tidak terlalu sering melakukan pertemuan itu.

Yang merupakan akar penyebabnya adalah bahwa Anda hanya perlu melatih diri Anda untuk lebih percaya diri. Hal -hal kecil seperti itu, selalu kembali berpikir, "Apa yang saya lakukan untuk mewujudkannya? Oke, inilah cacat karakter saya." Ini seperti cermin. Anda berpegangan pada cermin dan itu menunjukkan semua kekurangan karakter di dalam diri Anda. Jadi saya belajar banyak dari itu dan saya pikir itu benar-benar membutuhkan hampir co-founder Anda atau orang lain, mentor untuk membuat Anda sadar akan hal-hal itu dan memberi Anda langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan. Jadi itu adalah salah satu pembelajaran terbesar saya untuk startup kedua saya, mengelola tim dan memastikan bahwa tim memiliki komunikasi yang jelas. Saya tidak berpikir saya melakukan pekerjaan yang sangat baik pada titik di mana saya pergi, tetapi saya merasa seperti itu adalah pertumbuhan yang paling saya alami maksud saya, dalam hal bagaimana saya melihat diri saya tumbuh sebagai pendiri.

Jeremy Au: (18:44)

Saya hanya ingin menggarisbawahi kepada hadirin betapa pentingnya apa yang baru saja Anda katakan, tentang perusahaan dan startup sebagai cerminan dari pendiri. Ketika ada masalah di startup, seringkali merupakan manifestasi dari masalah Anda yang tidak harus Anda, tetapi siapa Anda dan bagaimana Anda memilih untuk melakukan tindakan Anda. Saya pikir itu adalah komentar yang sangat diremehkan karena itu adalah hal yang sangat sulit untuk dikatakan. Maksudku, kita selalu bergaul dengan pendiri lain dan pendiri seperti ... Aku ingat teman ini dan orang ini seperti, "Aku tidak mengerti mengapa semua orang menjual begitu keras. Kita membutuhkan pemasaran yang lebih baik, kita perlu ... semua orang terlalu penjualan secara internal." Saya menatapnya dan dia adalah pria paling sales yang saya kenal dan saya hanya seperti, "yah ..." sebagai teman, itu adalah hal yang canggung untuk dikatakan. Maka Anda seperti, karena dia tidak mempercayai persahabatan dan hubungan Anda dan kemudian berkata, "Lihat, Anda berasal dari latar belakang penjualan, Anda akan membangun perusahaan dalam penjualan. Anda mempekerjakan banyak perwakilan penjualan. Ya, semua orang akan lebih sales.

Sekarang apa yang Anda katakan adalah Anda ingin melengkapi tim. "Tapi itu adalah pengakuan yang valid yang, Anda tidak dapat membangun perusahaan penjualan dengan penjualan yang adil. Anda harus melakukan hal -hal lain seperti kepemimpinan top, pemasaran, kepemimpinan orang, semua jenis hal yang berbeda, dan kemudian Anda tidak ingin ada hal yang buruk. Ini bukan hal yang buruk. Komentar apa yang baru saja Anda katakan.

Brent Liang: (20:25)

Itu seperti hal -hal yang hanya pecah setiap hari dan selalu ada masalah yang terjadi. Saya pikir ini benar -benar lucu karena bagi kami, kami tidak pernah benar -benar mengangkat putaran, jika itu masuk akal. Saya pikir itu sangat beruntung bahwa kami tidak harus melakukan semua itu karena saya pikir banyak kali orang lebih khawatir tentang mengumpulkan uang daripada membuat produk mereka bekerja. Yang merupakan mitos yang sangat besar di seluruh industri ini. Saya pikir bagi kita untuk bootstrap dan pergi jauh ke 1 juta ARR, itu adalah sesuatu yang sangat saya banggakan. Tetapi pada saat yang sama, rasanya tidak ada banyak jaringan pendukung. Saya cukup yakin jika kami memiliki lebih banyak malaikat, katakanlah duduk di papan kami, kami pada dasarnya dapat meminta dukungan. Kami tidak benar -benar memiliki apa pun untuk itu terjadi. Bagi kami, itu hanya menanganinya secara langsung dan baik -baik saja dengan hal -hal yang pecah setiap hari. Saya pikir banyak pendiri akan mengatakan bahwa bahkan ketika Anda mulai mendapatkan pendapatan, itu hanya awal dari perjalanan baru dan hal -hal masih akan terasa menyebalkan.

Saya sebenarnya cenderung tidak setuju. Saya pikir hal -hal terasa menyebalkan, tetapi Anda tahu Anda aman, dan itu perasaan yang sangat bagus. Ketika Anda mendapatkan uang datang setiap minggu, ketika Anda mendapatkan pelanggan membayar dan mereka senang dalam beberapa cara, Anda berurusan dengan masalah, tetapi kemudian tidak benar -benar ... itu tidak eksistensial. Saya pikir pra-peluncuran, sebelum Anda sampai ke PMF, segalanya cukup serius. Jika ada sesuatu yang tidak berhasil, jika Anda meluncurkan percobaan dan sepertinya tidak berhasil, itu akan sampai kepada saya dan saya akan seperti, "Oke, saya perlu bekerja 10 kali lebih keras. Saya tidak tahu kapan ini akan berhasil. Saya tidak tahu kapan ini akan mencapai tanda itu." Tapi begitu Anda memukulnya, begitu Anda sampai di PMF, ini tentang seberapa cepat Anda bisa tumbuh. Tantangan itu terasa lebih, saya pikir, mendesak, tetapi kurang intens, jika itu masuk akal.

Jeremy AU: (22:04)

Ya, itu masuk akal. Saya pikir pendiri mengatakan itu lebih sulit karena mereka tidak benar -benar memiliki bahasa untuk dikatakan, ini baru. Anda tahu apa yang saya katakan? Ini tidak lebih sulit karena Anda dan saya sama -sama tahu itu jauh lebih sulit untuk tidak memiliki uang dan hanya membakar semua tabungan Anda saat mencoba memotong pengeluaran Anda menjadi nol. Itu sangat sulit dan saya pikir begitu banyak pendiri terkadang menggunakan bahasa yang salah untuk mengatakan mengangkat putaran benih atau menaikkan seri A itu sulit. Jangan salah paham, itu sulit, tapi tidak sulit karena sulit. Sulit karena ini baru. Terkadang bahasa sangat penting. Ini seperti dolar pertama, pelanggan pertama, mereka tidak sulit, mereka senang, mereka memberi Anda uang. Maka Anda seperti, "Anda memberi saya nilai jauh lebih banyak daripada yang saya kira. Karena dukungan pelanggan Anda,"

Saya ingat saya membeli beberapa layanan dan saya berhasil melanggar layanan mereka. Saya mengenalnya dari waktu yang lalu sebagai teman. Saya mengirim pesan kepadanya dan saya berkata, "Hei, saya menandatangani terlalu banyak pengguna untuk kasus ini dan saya pikir saya merusak produk Anda." Lalu dia seperti, dia secara pribadi, pendiri secara pribadi menanggapi saya dan berkata, "Oke, izinkan saya memperbaikinya." Saya berpikir pada diri saya sendiri, "Anda tahu, saya membayar apa, lima, 10 dolar sebulan? Saya benar -benar mendapatkan uang saya. Saya mendapatkan pendiri. Seorang mantan pria YC untuk memperbaiki dukungan pelanggan saya untuk saya, masalah saya untuk saya. Ini bagus. Saya pikir ini adalah hal yang sangat sulit." Begitu seperti halnya, "ini seperti halnya."

Brent Liang: (23:35)

Saya suka membingkai ulang. Saya pikir itu sangat membantu.

Jeremy AU: (23:37)

Apa yang baru untukmu? Maksud saya, jelas, well, saya pikir apa yang juga bukan baru bukan hanya industri, tetapi juga geografinya. Yang merupakan sesuatu yang saya perhatikan sangat istimewa tentang Anda sejauh ini, rasanya seperti Anda telah menjadi industri yang cukup ambidextrous dan Anda juga sangat ambidextrous dalam hal geografi. Saya agak ingin tahu tentang bagaimana Anda berpikir tentang itu.

Brent Liang: (23:57)

Ya, pasti. Saya tidak tahu apakah saya memenuhi syarat sebagai gen z, mungkin tidak. Sedikit kecil. Saya melewatkan kereta itu. Tapi saya pikir saya beruntung dilahirkan di zaman di mana saya benar -benar berpikir geografi tidak terlalu penting. Saya lahir di Selandia Baru. Saya pindah ke China ketika saya berusia enam bulan. Secara teknis, saya seorang kiwi, tapi sebenarnya saya tidak. Maka secara teknis saya orang Cina, tetapi saya tidak memiliki paspor atau ID. Kemudian ketika kami membangun bisnis kami di Australia, semua orang akan memandang saya sebagai orang Australia dan itu juga tidak benar secara teknis. Di satu sisi, hampir seperti saya dibesarkan di dunia di mana label -label itu tidak cenderung menerapkan sebanyak itu kepada saya. Maksud saya, itu jelas mengakibatkan masalahnya sendiri di mana saya pikir saya pindah ke lima, enam sekolah menengah yang berbeda tumbuh. Mampu membentuk persahabatan atau membangun hubungan dengan cepat dengan orang -orang adalah keterampilan hidup yang harus saya pelajari, kalau tidak saya hanya tidak ada teman atau keterikatan jangka panjang karena saya hanya bergerak terlalu banyak.

Tetapi ketika Anda dapat menyadari semua itu, itu membuat Anda merasa tidak masalah di mana Anda dibesarkan dan sebagainya. Dua pendiri untuk startup pertama saya, mereka berasal dari AS dan Afrika Selatan. Pekerjaan jarak jauh adalah sesuatu yang telah didorong oleh program LawwithoutWalls sejak awal. Ini sangat inovatif, tetapi kami terbiasa dengan gaya kerja seluruh sebelum semua hal ini dengan Covid terjadi. Sepanjang tahun kami bekerja hanya murni melalui panggilan nongkrong Google dan saya pikir itu adalah cara yang alami untuk bekerja karena saya masuk ke tahun kedua universitas saya. Saya pikir itu norma. Ketika saya terbiasa, tidak masalah jika co-founder kedua saya tinggal di Myanmar dan kami mengobrol di atas FaceTime. Tidak masalah bahwa untuk startup pertama saya, kami benar -benar melakukan perjalanan ke Inggris dan kami datang ke AS, bertemu dengan Bill Clinton. Semua hal itu seperti, di mana pun peluang berada, jika kita bisa mendapatkan tiket, katakanlah untuk pergi ke sana untuk berbicara dengan orang -orang yang mungkin berguna bagi perusahaan kita, mari kita lakukan itu.

Saya pikir dengan Covid, semua orang melihat itu terjadi dalam aksi langsung. Saya masuk ke proyek saat ini dengan Justin Kan ketika kami tidak memiliki hubungan satu sama lain. Saya hanya anak acak di Australia. Dia tinggal di suatu tempat di negara bagian dan kita tidak akan bisa mengenal satu sama lain selama hidup kita. Tetapi begitu Anda memiliki saluran yang tepat di internet dan Anda dapat mempercayai orang lain dan Anda dapat membangun sesuatu dengan mereka dan sering berkomunikasi, apa pun bisa terjadi. Saya pikir Anda dapat membangun startup, Anda dapat membangun apa pun. Saya bahkan tahu Anda mungkin dapat membangun banyak hal lain juga. Anda mungkin dapat memulai acara TV atau semacamnya. Seperti Anda akan melakukan podcast ini. Ini gila. Ini adalah contoh yang sangat bagus. Saya tidak mengenal Anda, tetapi kami bertemu melalui OnDeck dan sekarang kami sedang melakukan podcast bersama. Saya merasa seperti melakukan percakapan yang sangat otentik dan dalam. Ini hampir seperti saya berbicara dengan seseorang yang saya kenal selama beberapa tahun.

Jadi saya pikir itu adalah sesuatu yang kami lihat lebih banyak di zaman baru ini. Kita baru saja terbiasa. Saya bahkan tidak memikirkan geografi. Mungkin beberapa investor akan peduli dengan beberapa hal itu, tetapi bagi saya, ini tentang orangnya, ini tentang di mana kita dapat membuat produk bekerja, dan ini tentang apakah pasar baik atau tidak.

Jeremy Au: (27:14)

Ya. Itu sangat masuk akal. Saya yakin pertanyaan yang dipikirkan semua orang pada diri mereka sendiri, bagaimana Anda memulai satu, startup dua, startup tiga, dan sekarang Anda bersama Justin Kan. Maksud saya, orang ini membuat pendiri berbicara dengannya, atau mencoba mengirim email kepadanya di Wazoo. Dia yc. Salah satu pendiri terakhir saya Tatyana dan saya, kami akan mengikutinya di Snapchat dan kami akan menertawakannya mengendarai ATV ke pernikahannya di California. Saya juga secara pribadi bertemu dengannya beberapa kali, sebenarnya di perusahaan terakhir, Atrium Services. Saya telah bekerja dengan eksekutif lain yang telah dilaporkan kepadanya. Tapi saya agak penasaran, itu sangat berbeda dari Anda menjadi klien untuk melempar atau mengonsumsi Anda bekerja dengannya. Bagaimana Anda melakukannya dari tengah -tengah dari mana, saya kira, versus pusat alam semesta adalah Amerika?

Brent Liang: (28:02)

Biarkan saya dengan cepat menjalankan bagaimana saya sampai di sana. Saya pikir saya ingin berbicara sedikit tentang startup pertama saya, karena itulah yang membawa saya ke jalan ini dan lebih banyak koneksi dengan AS juga. Tetapi pada dasarnya ketika saya datang, satu atau dua tahun setelah kami mengatur kesempatan Myanmar, bisnis Myanmar dan kami membuat sedikit pendapatan, saya pikir saya tidak bisa melihat diri saya melakukan ini selama sisa hidup saya. Saya mundur selangkah, saya menjadi lebih dari penasihat di perusahaan dan saya ingin membangun sesuatu yang jauh lebih diskalakan, sesuatu yang ada di tingkat global seperti YC, Ready, sesuatu yang akan mengubah dunia. Saya pikir itulah yang biasanya dipikirkan anak -anak muda ketika mereka mencoba menjadi besar. Saya ingin menyelesaikan masalah seperti yang saya katakan sebelumnya dengan saya mempekerjakan. Saya melihat banyak teman pendiri saya yang masih sangat muda yang mampu mengumpulkan banyak uang yang mengalami kesulitan mempekerjakan. Jadi kami ingin membangun platform ini yang dapat mendistribusikan tantangan perekrutan ini untuk mereka.

Jika Anda ingin membawa seorang desainer, kami akan bersama-sama membuat beberapa jenis tantangan desain yang pada dasarnya akan memungkinkan Anda menguji seperti apa penampilannya. Anda akan mengirimkan tantangan itu kepada seorang desainer sebelum Anda ingin membawanya ke tim. Mereka akan menyelesaikan tantangan dan kami sebuah platform, kami akan menilai tantangan dalam beberapa cara melalui algoritma kami. Jadi itu memberi Anda pointer atau indikator tentang seberapa baik orang tersebut sebelum Anda masuk. Kami membangun web itu untuk kompetisi yang disebut Hult Prize, yang merupakan kompetisi pitching. Kami diundang untuk pergi ke Pitch di Dubai dan kami memenangkan putaran itu. Kami sampai di Inggris, tinggal selama dua bulan di sebuah kastil, kami membangun bisnis. Kemudian kami pergi ke AS, bertemu dengan Bill Clinton bernada, tetapi tidak benar -benar mendapatkan $ 1 juta yang datang. Kemudian saya tinggal di Silicon Valley selama dua bulan. Saya pikir ketika saya berselingkuh di AS, saya tidak punya uang pada saya pada saat itu, dan saya tinggal dengan teman-teman baik di rumah selama dua bulan.

Seluruh periode itu baru saja mengubah perspektif saya. Itu mengubah perspektif saya tentang apa yang mungkin. Ketika saya berada di AS di Silicon Valley, saya pikir saya akan pergi setelah beberapa minggu. Saya seperti, "Tempat ini memiliki beberapa orang terbaik dan paling cemerlang dalam usaha, di startup di seluruh dunia. Saya perlu bertemu mereka. Saya tidak tahu bagaimana saya akan sampai ke mereka, tetapi saya perlu bertemu mereka. Kalau tidak, saya hanya akan bertengkar kembali ke Australia dalam 20 jam plus." Kedengarannya sangat buruk. Jadi saya seperti, "Apa yang bisa saya lakukan untuk bertemu mereka?" Saya terjebak. Saya mencoba mencari tahu email dan saya mengirim banyak dari mereka. Saya mendengar dari beberapa, saya tidak benar -benar mendengar dari orang lain dan saya seperti, "Saya tidak tahu bagaimana melakukannya." Tapi suatu hari saya berbicara dengan salah satu teman saya dan mereka seperti, "Ambil saja uber. Muncul di rumah mereka dan berbicara dengan mereka." Saya seperti, "Apa? Saya tidak bisa membayangkan bagaimana Anda akan mengatakan itu."

Tapi kemudian saya memikirkannya. Saya seperti, jika saya bisa memproduksi kesempatan ini untuk bertemu mereka atau membuat kesan, tidak ada yang salah dengan itu. Jadi saya benar -benar melakukan itu. Saya akan menyusun catatan tulisan tangan tentang apa yang ingin saya dapatkan dari setiap percakapan dan saya akan memasukkan catatan itu di dalam amplop dan saya akan pergi ke beberapa tempat tinggal VC itu. Yang dapat saya temukan dengan benar -benar menggunakan salah satu kredensial firma hukum lama saya dan memeriksa pengajuan SEC mereka, apa pun. Lalu saya akan pergi ke sana, coba lihat apakah ada tanda -tanda di luar yang mengatakan tidak ada pelanggaran, apa pun. Saya akan melewati catatan di bawah pintu. Setiap kali saya melakukan itu, saya akan menyelesaikan percakapan. Ini sangat lucu, tetapi ketika saya bertemu mereka secara langsung, mereka akan seperti, "Saya membingkai catatan itu di rumah saya. Saya sangat senang Anda melakukan itu dan mari kita mengobrol."

Ini lucu karena kami tidak berada di tingkat di mana kami dapat meningkatkan, banyak dari percakapan itu tidak benar -benar terwujud menjadi investor seri A atau semacamnya. Tetapi hanya bisa melakukan itu membuat saya mengerti bahwa tidak perlu memuliakan seseorang dan berkata, Anda tidak akan bisa bertemu mereka sampai Anda mendapatkan intro. Anda tidak perlu menunggu intro terjadi. Jika Anda hanya bertemu mereka, jika Anda mengambil inisiatif dan hanya melakukan banyak hal, hal -hal akan menghampiri Anda. Ketika saya kembali ke Australia, saya sedang mengerjakan startup kami selama hampir sepanjang tahun, mendapatkan tarif pembakaran pribadi saya ke nol. Saya memiliki mie ramen setiap hari. Kemudian menjelang akhir tahun, kami meminta pelanggan pertama kami bergabung. Hanya dalam satu minggu saya berada di server yang disebut ... teriakan untuk Gen Z Mafia, itu adalah salah satu server terbaik di dunia di luar sana. Justin jelas dia mengirim pesan yang mengatakan bahwa dia membutuhkan bantuan dengan podcast dan buku yang akan datang ini dan dia ingin seseorang pada dasarnya membantu dalam hal -hal.

Saya pikir itu peluang kerja paruh waktu yang sangat bagus. Saya seperti, "Saya mungkin bisa terus berjalan. Dengan sedikit uang dari sini saya dapat mendanai startup saya dan apa pun." Jadi saya melakukannya, mengiriminya semua sampel desain saya dengan 30 file plus. Setiap pesan dikirim sebagai pesan individual. Yang gila karena saya hanya mengirim spam padanya entah dari mana. Anak acak dari Australia ini mengiriminya dengan semua grafik itu. Kemudian, saya tahu bahwa itu sebenarnya dia ... dia tidak mencari semua itu. Dia mencari orang -orang yang jauh lebih baik dalam memproduksi barang -barang dan saya mengirim desain grafis atau apa pun. Tapi di tengah jalan, seperti 50 pesan, dia seperti, "Aku menyukainya." Saya seperti, "Oh sial, biarkan saya terus mengirim." Saya mengirim 15 lagi atau sesuatu dan kemudian dia seperti, "Ayo mengobrol dalam dua jam." Jadi saya sangat gugup sehingga saya menelepon semua orang yang saya kenal. Saya menelepon co-founder saya. Saya berbicara dengan orang tua saya. Saya mencoba rakit untuk menyiapkan diri dan semua itu.

Saya menelepon. Dia duduk di seberang layar. Dia seperti pria Yesus Asia ini. Saya adalah pengikut besar Justin untuk waktu yang lama juga. Jadi melihatnya di semua rambut megah itu mengalir ke bawah, itu nyata. Saya berbicara dengannya dan satu hal yang saya sadari, beberapa momen pertama dalam percakapan adalah betapa rentannya dia dengan saya. Dia berbicara kepada saya tentang semua hal yang dia pikirkan untuk dilakukan dan dia berbicara kepada saya tentang semua hal yang dia tidak yakin. Sepertinya dia tidak yakin tentang katakanlah jika kita bisa membuat podcast ini menjadi besar. Dia tidak yakin tentang bantuan seperti apa yang sebenarnya dia butuhkan. Dia tidak yakin tentang strategi seperti apa dalam hal promosi yang kita butuhkan. Jadi dia meminta bantuan saya. Saya pikir ketika Anda datang ke seseorang untuk meminta bantuan, jauh lebih mudah bagi orang lain untuk melempar dan ... itu membuat saya sedih dan itu membuat saya jauh lebih mudah untuk terlibat dengannya sebagai pribadi.

Saya pikir obrolan pertama berjalan cukup baik. Saya menyusun rencana atau sesuatu dan mengirimkannya kepadanya. Seminggu kemudian, saya masuk sebagai pendiri dan produser eksekutif untuk podcast. Salah satu penglihatan yang saya lewati adalah, saya melihat banyak hal yang istimewa dengan Justin dan dengan podcast -nya. Saya pikir itu hanya masalah waktu kita menjadi lebih besar dari Joe Rogan dan terlebih lagi bukan itu. Kami bahkan tidak berkompetisi di arena yang sama. Kami sedang membangun produk budaya, perusahaan media, yang akan melampaui hanya layanan audio. Ini adalah sesuatu yang bisa menjadi salah satu hal paling menarik dari produk budaya seperti audio yang akan dapat dilihat sebagai proyek paling menarik bagi para pendiri dan pencipta di seluruh dunia. Justin adalah satu -satunya orang di dunia di mana ia dapat membawa orang -orang seperti Michael Seibel dan kemudian mengobrol dengan perokok chains pada hari berikutnya. Dia memiliki kemampuan untuk menjembatani industri seperti itu, dan saya pikir itu sangat istimewa. Saya melemparkannya semua visi itu dan dia berada di kapal sejak hari pertama.

Kami juga ingin mencoba sesuatu yang berbeda di mana kami mencoba seluruh konsep membangun komunitas di sekitar podcast. Yang sejak itu berhasil, sangat baik. Begitulah caranya. Seminggu setelah saya masuk, saya mengobrol dengan co-founder saya lagi dan kami seperti, "Oke, yah, itu tidak masuk akal jika kami ingin menjaga kedua hal berjalan karena saya tidak ingin gagal di keduanya." Jadi kami benar -benar menutup startup, kami beralih ke ... kami benar -benar memberikan produk kami ke startup lain yang merupakan dua teman saya, pendiri yang sangat baik. Tidak ada yang kami bangun telah terbuang sia -sia dan rasanya menyenangkan untuk mengatakan itu. Pada dasarnya sejak itu saya telah mendedikasikan waktu penuh untuk menumbuhkan podcast dan semua inisiatif merek pribadi lainnya untuk Justin.

Jeremy Au: (35:52)

Wow. Sungguh menakjubkan ... Saya tidak tahu apa kata itu. Petualangan dan sangat berani. Maksud saya, banyak keberanian di sana di setiap tahap dan setiap hari untuk melakukan apa yang harus Anda lakukan. Saya pikir hal yang melompat ke saya adalah bagian di mana Anda selalu mendorong diri Anda untuk melakukan sesuatu yang gila. Saya hanya mengatakan, itu seperti, saya pikir semua orang tahu mereka harus bekerja keras dan orang -orang bekerja keras. Itu akan memberi Anda hasil yang bagus. Tapi terkadang Anda harus melakukan omong kosong gila. Entah Anda mendapatkan nol dari pasar, kadang -kadang Anda mendapatkan dampak negatif, tetapi sebagian besar waktu Anda mendapatkan nol. Tetapi kadang -kadang saat berhasil, itu berhasil. Sangat menarik di mana, saya suka bagian di mana Anda seperti, "Ya. Skenario terburuk, mereka hanya akan mengabaikan surat di bawah pintu." Kemudian skenario keranjang adalah mereka benar -benar mengambilnya. Skenario terburuk dari pesan langsung Justin, dia hanya akan mengabaikan Anda atau memberi tahu Anda itu buruk.

Brent Liang: (36:51)

Saya tidak kehilangan apapun. Itu tidak ada di papan saya. Dia bukan seseorang yang ingin kami bawa ke perusahaan kami atau apa pun. Jadi, bahkan jika saya tidak mendapat balasan, itu seperti, "Oke, yah, itu tidak akan ... Saya masih bisa menjalani hari saya dan melakukan apa pun yang saya lakukan setiap hari." Jika ada sesuatu yang terjadi, itu hanya akan mengubah hidup saya dengan cara tertentu, dan itu terjadi. Saya pikir itu sangat penting. Sebenarnya salah satu hal yang biasa kami lakukan di startup ketiga kami adalah, kami akan menyisihkan waktu yang disebut Moonshots, dan setiap hari kami mencoba menghabiskan 20% dari waktu. Yang biasanya dibulatkan hingga satu jam hanya melakukan hal -hal yang benar -benar mustahil. Kami akan mengirim email ke Elon Musk, kami akan mengirim email, katakanlah Sam Altman berkata, "Bisakah kami melakukan panggilan zoom?" Kirim email ke pendiri Canva, siapa orang Australia dan siapa dia membunuhnya, Melanie, dan berkata, "Bisakah kita pergi dan mengambil kopi?" Hal -hal seperti itu. Kami tidak pernah benar -benar mendapat respons yang tepat. Maksud saya, ada banyak orang menarik yang datang, tetapi kami terus melakukannya.

Saya pikir itu menumbuhkan kebiasaan ini di mana ketika kita melihat sesuatu ... itu membuat saya untuk wawancara persekutuan, tingkat semacam itu. Saya pikir itu benar -benar hebat karena jika kita tidak memiliki kebiasaan itu, pola pikir semacam itu, tidak ada hal ini yang benar -benar akan terjadi. Kami mungkin bahkan tidak akan sampai ke pelanggan pertama kami. Hal tentang Moonshots adalah, apa pun yang Anda lakukan, jika Anda melakukannya cukup lama, Anda akan selalu mendarat di tempat yang lebih tinggi dari seperti apa yang seharusnya. Anda pada dasarnya meningkatkan lintasan Anda, dan saya pikir ini sangat penting. Saya agak berharap, itu juga tujuan pengembangan pribadi bagi orang -orang. Hanya setiap hari, cobalah melakukan sesuatu yang berada di luar zona nyaman Anda. Itu sangat, sangat, sangat, ada persentase kecil dari itu berhasil, tetapi jika itu terjadi, itu hanya akan membalik hidup Anda. Saya pikir itu cara yang sangat sehat hanya mencoba memastikan bahwa Anda pergi ke suatu tempat setiap hari.

Jeremy Au: (38:32)

Ya. Saya suka framing bahwa Anda menggunakan kata Moonshots. Saya tidak pernah memikirkannya seperti itu. Ini cara yang baik untuk membingkai cara negatif untuk mengatakannya yang melakukan sesuatu yang gila. Nah, cara Anda membingkai itu adalah ... Saya pikir gila masih netral di dunia startup. Saya pikir melakukan sesuatu yang menurut saya negatif, orang mengatakan bahwa Anda melakukan sesuatu yang bodoh atau tidak sepadan dengan waktu Anda. Saya pikir itu bingkai negatif. Tapi saya pikir Moonshots membuatnya memiliki kerangka positif untuk menjadi seperti ... Saya benar -benar menyukainya. Saya pikir ini cara yang baik dan saya harus menuliskannya di vocab saya sendiri. Yang tidak Anda ketahui tidak setiap hari, tapi saya pikir setiap minggu saya bisa melakukan moonshot. Saya akan seperti, hari ini, saya akan memiliki raspberry dengan es krim Nutella. Mungkin itu masih menjadi moonshot saya.

Brent Liang: (39:13)

Bukan itu yang saya maksud, tapi saya akan mengambilnya.

Jeremy Au: (39:16)

Saya ingin mengklik dua kali pada sesuatu yang Anda katakan itu menarik. Yang merupakan kesadaran bahwa dewa ini, Yesus Asia ini juga manusia dan meminta bantuan dan bersikap terbuka dan rentan terhadap Anda. Bagaimana rasanya melalui itu? Apakah Anda terkejut? Apakah Anda kecewa? Lebih menerima? Apakah Anda merasakan semua hal itu? Bagaimana rasanya merasakan kecelakaan ilusi, panggung dan kenyataan seseorang pada panggilan video dengan Anda?

Brent Liang: (39:45)

Saya pikir itu pertanyaan yang sangat bagus. Itu adalah sesuatu yang terus saya tanyakan pada diri saya sendiri karena saya mencoba untuk mengamati bagaimana keadaan telah berubah dan bagaimana saya merasakan dinamika antara saya dan Justin. Saya pikir salah satu hal yang pasti bisa saya katakan, dan Anda dapat melihat banyak ini dalam pencarian, itu adalah salah satu pesan pusat yang ingin kami kendarai ke depan dalam pencarian. Orang adalah manusia. Akhirnya ketika Anda berbicara tentang beberapa masalah mendasar yang kita semua lakukan untuk menyelesaikan kesejahteraan pribadi kita dengan benar, atau mencoba mengejar salah satu tujuan kita atau mencoba mengejar sesuatu yang benar -benar ingin Anda lakukan, dan untuk itu Anda harus merangkak melalui bermil -mil, semua orang terhubung pada tingkat tertentu. Semua masalah yang dihasilkan dari orang yang tidak dapat terhubung adalah karena miskomunikasi dan orang yang tidak mau membagikan bahwa karena ancaman yang dirasakan bahwa mereka akan kehilangan semacam citra pribadi di mata orang lain.

Saya pikir apa yang dilakukan Justin dengan sangat baik adalah ... Maksud saya, ada sisi dia yang menurut saya adalah eksekutif yang sangat kuat dan itu adalah sesuatu yang sangat terbuka juga. Ada aspek -aspek dari yang dibuat, saya pikir semua perusahaannya berhasil, yang mendorong saya untuk menjadi versi terbaik saya dan yang mendorong proyek dan semua hal yang saya kerjakan ... kami memukul target dan angka di sebelah kiri dan kanan. Tapi ada juga sisi yang sangat manusiawi darinya dan saya pikir itu adalah sesuatu yang sangat beruntung saya bisa lihat. Dia membuatnya menemukan dengan sangat jelas dari pertemuan pertama kami. Secara harfiah dari hal pertama yang dia katakan, saya merasa dia sangat rentan dan dia membutuhkan bantuan dengan beberapa hal ini. Dia sebenarnya tidak membutuhkan banyak bantuan, tetapi dia membuat saya merasa bahwa dia sangat ramah. Sangat lucu, sejak saya datang ke podcast, kami berada di Ground Zero. Jadi kami harus mengatur banyak hal.

Jadi saya mengirim SMS Justin hampir setiap hari. Setiap hari, seperti 50 pesan teks plus. Saya bahkan tidak memikirkannya, tetapi seminggu kemudian saya seperti, "Yo, apakah saya mengirim SMS kepada salah satu pendiri Twitch 50 Plus pesan setiap hari? Siapa lagi di dunia ini? Haruskah saya membayar uang untuk ini?" Itu hanya gila. Kadang -kadang dia hanya menelepon saya, FaceTime saya entah dari mana dan saya sangat bersemangat setiap kali itu terjadi. Tapi kemudian sampai pada titik di mana saya seperti, ya, dia tidak memalsukan hal -hal ini dan dia tidak mencoba membantu saya atau apa pun juga. Kami hanya dua orang yang mencoba membangun sesuatu yang hebat dan mencoba membuat sesuatu terjadi, dan dalam proses itu, saling mengenal lebih baik. Kenali tujuan masing -masing dengan lebih baik, semua masalah kita juga. Ini secara harfiah seperti hubungan co-founder. Maksud saya, itu salah satu yang terbaik yang pernah saya miliki. Saya pikir ketika kami membangun kepercayaan itu, kami akan mengatur panggilan sinkronisasi mingguan.

Tetapi ketika dia akan sibuk dan kami tidak akan berbicara untuk sementara waktu, dan saya tidak akan merasakan apa -apa. Saya tidak akan seperti, "Oke, saya tidak tahu, kami belum mendapat kontrak atau sesuatu. Haruskah saya khawatir akan dijatuhkan dari semua ini? Haruskah saya menemukan pekerjaan lain sebagai cadangan?" Saya tidak pernah khawatir tentang semua itu, karena kepercayaan itu begitu kuat dan saya tahu bahwa pada dasarnya kami saling peduli sebagai pribadi. Saya tidak bisa menekankan betapa pentingnya itu atau keterampilan seperti apa yang harus Anda lakukan untuk membangun ikatan semacam itu dengan seseorang yang 10, 20 tahun lebih muda dari Anda. Justin berada pada usia di mana dia mungkin bisa menjadi ayahku. Saya pikir hanya bisa memalsukan hubungan semacam itu dengan seseorang yang merupakan Gen Z ... banyak kali kami banyak berdebat. Ada hal -hal yang ingin saya lakukan yang tidak dia setujui. Ada hal -hal yang dia ... Ketika saya mengusulkan sesuatu, dia akan menyodok lubang saya. Jika saya adalah saya dua, tiga tahun yang lalu, saya akan sangat tersinggung atau saya mungkin menderita.

Saya mungkin defensif. Dengan semua ini, dengan kepercayaan mendasar yang ada, banyak hal ini menjadi produktif. Saat produktif, rasanya enak. Bahkan jika ide -ide kami semacam konflik dan bahkan jika kami berdebat, bahkan jika kami melakukan semua itu, seperti yang saya katakan, itu benar -benar sehat. Saya dapat melihat bahwa kemampuannya untuk melakukan itu jelas datang melalui banyak coba -coba dan dia memiliki kesuksesan yang adil dan katakanlah kegagalan dalam karier profesionalnya. Tapi saya pikir kemampuan untuk terhubung dengan orang-orang adalah apa yang membuat Justin Kan sangat istimewa dan salah satu mentor/rekan pendiri/selebritas terbaik yang harus saya kenal.

Jeremy Au: (44:00)

Itu luar biasa. Ini menarik karena Anda benar -benar melihat evolusi hubungan Anda dari orang asing, menjadi spam, untuk membangun bersama, untuk menyerbu norma -norma dan di mana Anda berada hari ini. Jelas perjalanannya baru saja memulai. Saya pikir Anda mengatakan sesuatu yang sangat istimewa, yang Anda sukai, sepertinya, Anda masih muda, tetapi Anda tidak tidak berpengalaman. Anda baru saja berpengalaman dengan cara yang berbeda. Apakah itu masuk akal? Anda lebih muda, tetapi Anda tidak muda. Maksud saya, Anda tidak memakai popok atau apapun. Anda lebih muda, tapi itu kekuatannya sendiri. Karena ada energi untuk menyelesaikan barang, keterbukaan. Media dikonsumsi oleh Gen Z, meskipun kita bukan Gen Z, tetapi segalanya bergerak cepat. Kita harus menyadari media bergerak cepat. Saya pikir banyak orang yang menduga diri sendiri sebagai pendiri atau pendiri dan mereka seperti, "Saya tidak bisa melakukan ini atau itu karena saya terlalu muda."

Saya seperti, yah, ini kurang tentang apakah Anda terlalu muda. Ini benar -benar tentang bagaimana pengalaman Anda telah membawa Anda ke sana. Jika Anda masih muda dan Anda cukup berpengalaman untuk mengatasi masalah ini, mungkin karena beberapa orang seperti, "Ya, keluarga saya biasa melakukan bisnis di pertanian dan jadi saya tahu semua tentang pertanian." Saya seperti, "Ya, Anda tahu lebih banyak tentang pertanian daripada seseorang 10 tahun senior Anda." Heck, saya bisa 20 tahun senior Anda dan Anda mungkin tahu lebih banyak tentang pertanian daripada saya. Karena saya telah melakukan pekerjaan nol dan saya hanya mengonsumsi sayuran. Itu tidak berarti saya tahu apa -apa tentang sayuran, tetapi Anda tumbuh hidup, bernapas di pertanian, di perkebunan. Saya suka apa yang Anda katakan, saya pikir Anda mulai berbagi sedikit tentang kekuatan yang Anda bawa ke tim tentang percakapan yang Anda miliki. Bagi saya, saya kira pertanyaan yang saya miliki adalah, bagaimana Anda tetap di atas semua hal ini? Bagaimana Anda belajar? Karena suka atau tidak, meskipun ini belum tentu startup startup, itu masih, saya pikir ...

Saya benar -benar merasa setiap perusahaan yang Anda lakukan adalah sekali lagi, sedikit terkait satu sama lain dalam hal keterampilan individu, tetapi sangat berbeda dalam hal industri, dalam hukum, MOOC, perekrutan, dan sekarang podcast. Itu benar -benar empat industri yang berbeda dari pendekatan pena dan kertas. Satu -satunya konstan adalah diri Anda sendiri dan Anda belajar dengan cepat dan segalanya. Dengan cara apa Anda belajar dengan cepat dan dengan cara apa Anda merasa seperti Anda belajar lambat atau perlu meningkatkan?

Brent Liang: (46:22)

Saya pikir saya cenderung belajar sangat cepat ketika saya merasa seperti saya keluar dari kedalaman saya, yang menakutkan. Itu adalah sesuatu yang sebenarnya saya coba optimalkan dan tingkatkan. Karena saya pikir ketika Anda melakukan sesuatu yang didorong oleh rasa takut, itu mungkin bekerja dengan sangat baik, tetapi itu tidak terlalu berkelanjutan. Tetapi jika saya melihat semua hal yang terjadi di masa lalu, ketika saya merasa seperti saya keluar dari kedalaman saya dan sesuatu perlu dilakukan, dan tidak ada orang lain yang dapat saya masukkan ke tugas itu di mana saya perlu memilikinya, maka saya akan belajar dengan cepat. Misalnya, ketika saya mengadakan proyek Justin, salah satu hal pertama yang harus saya lakukan adalah, bagaimana kita 10 kali pendengar kita dalam sebulan? Saya ingin membuktikan diri kepadanya bahwa kita dapat melakukannya dalam satu atau dua bulan. Tetapi satu -satunya pengalaman yang pernah saya miliki, pengalaman saya terutama dengan perusahaan membangun. Saya pikir saya tahu sedikit tentang apa yang akan melibatkannya.

Tetapi ketika datang untuk membangun podcast atau mengikuti semua jenis proyek media, seperti yang saya katakan, satu -satunya hal yang saya lakukan adalah kembali di tahun pertama sekolah hukum ketika saya membuat podcast mini itu dan itu tidak terlalu mengesankan. Saya tidak benar -benar menindaklanjuti. Tetapi saya merasa seperti saya keluar dari kedalaman saya dan saya seperti, "Saya mendaftar untuk pekerjaan sebagai produser, tetapi saya tidak tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan pekerjaan ini dan saya tidak tahu apakah saya memenuhi syarat." Itu perasaan yang sangat sulit untuk dimiliki, karena saya telah mendaratkan salah satu pekerjaan terbaik di dunia dan saya tidak yakin apakah saya hidup dengan itu. Dengan itu, itu hanya menempel di dada saya setiap hari, saya hanya akan mengonsumsi artikel, mengonsumsi podcast, mengkonsumsi semua pertumbuhan meretas artikel medium apa pun di luar sana, setiap hari. Saya mencoba untuk mewariskan diri kepadanya, yang akhirnya saya sadari bukan cara yang tepat untuk melakukannya, tetapi saya mewariskan diri kepadanya seperti saya tahu apa yang saya lakukan.

Saya seperti, "Mari kita coba ini. Jika tidak berhasil, mari kita coba sekali lagi." Itu membuat saya belajar sangat cepat, tetapi sesuatu yang saya dapatkan, saya pikir jauh lebih baik saat ini, ketika datang ke pembelajaran itu, menjadi sangat transparan tentang jenis bantuan apa yang perlu Anda pelajari dalam suatu industri. Misalnya, saya tahu saat ini saya mencoba menjadi lebih baik dalam memahami media baru. Saya terdengar seperti boomer yang mengatakan ini, tetapi saya akan mengerti, katakanlah bagaimana Twitter bekerja atau bagaimana LinkedIn dan semua platform itu bekerja karena saya menggunakan platform itu sejak saya berusia 18 tahun. Tetapi ketika datang ke Tiktok dan YouTube, itu adalah hal -hal yang cukup baru. Untuk seseorang seperti saya, saya bahkan tidak merasa memiliki pemahaman penuh tentang itu. Saya akan mencoba untuk menjadi lebih baik dalam hal itu, tetapi saya tidak akan mencoba berpura -pura seperti saya seorang ahli dan kemudian mencoba untuk menggenangi dengan gila -gilaan untuk mencapai level itu. Seperti palsu sampai Anda berhasil. Saya tidak berpikir itu cara yang sangat sehat.

Sebaliknya yang akan saya lakukan adalah mencari tahu siapa di lingkaran teman saya yang hebat dengan hal -hal itu dan hanya DM mereka dan berkata, "Saya butuh bantuan dengan ini. Saya mencoba untuk menjadi lebih baik dalam hal ini. Dapatkah saya belajar dari Anda? Dapatkah kami menelepon di mana Anda dapat memberi tahu saya setidaknya di mana saya harus mencari sumber belajar dan materi?" Itulah salah satu hal yang telah saya coba lakukan dengan Ondeck Fellows, menghubungkan dan belajar dari kekuatan satu sama lain. Saya kira itu mengikat kembali menjadi rentan dengan apa yang Anda inginkan juga. Itu hanya berjalan jauh menuju belajar karena kita meretas sesuatu. Ya, Anda mungkin dapat belajar dengan sangat cepat, tetapi jika Anda ditetapkan pada arah yang salah, Anda benar -benar belajar banyak hal yang tidak berguna bahwa Anda harus nanti ... hampir nanti, mereka menjadi barang lama. Anda mengkonsumsi banyak jenis tutorial yang kaya cepat, yang mungkin berhasil dalam sekejap tetapi pada akhirnya itu tidak benar -benar membantu Anda mempelajari sesuatu yang nyata.

Jika Anda bisa mendapatkan pakar industri untuk mengarahkan Anda ke arah yang benar dan jika Anda dapat dengan cepat memilah -milah materi, Anda dapat mengkonsumsi semua hal ini yang akan membantu Anda mencapai pos pemeriksaan berikutnya. Itu kurva pertumbuhan yang jauh lebih solid. Jika Anda berbicara dengan cukup banyak orang, Anda pada dasarnya dapat mencapai tingkat pertumbuhan yang sama tanpa harus meretas seluruh proses. Saya pikir bagi saya, telah menjadi penemuan yang sangat hebat. Percakapan yang akan saya lakukan dengan Justin atau siapa pun di tim saat ini akan seperti, "Oke, mari kita lakukan ini. Saya sebenarnya bukan ahli tentang bagaimana melakukannya, tetapi inilah cara saya belajar. Saya akan sangat menghargainya jika kalian bisa mengarahkan saya ke arah ini atau arah itu." Itu semacam percakapan yang kami coba lakukan untuk semua orang. Penulis kami mungkin bertanya dalam percakapan tentang cara memonetisasi buletin Substack. Perancang kami mungkin menanyakan pertanyaan itu untuk melihat bagaimana kami dapat mengemudi, katakanlah kesan untuk klip asli di Tiktok.

Produksi kami mungkin bertanya bagaimana kami bisa melakukan itu untuk tumpukan teknologi terbaik untuk merekam podcast. Semua orang rentan dan meminta bantuan, tetapi kemudian kita semua tahu apa yang sedang dikerjakan satu sama lain. Maka itu menjadi hubungan yang jauh lebih simbiosis, saya pikir, di antara seluruh tim. Saya pikir itu lebih baik daripada hanya meretas sesuatu dan memastikan bahwa orang melihat saya sebagai seseorang yang mampu, sedangkan semua orang super stres di bawah permukaan.

Jeremy Au: (50:55)

Ya. Itu sangat benar. Ini adalah keterampilan yang sulit untuk belajar jujur. Maksud saya, saya pikir saya, saya sendiri, saya masih belajar itu sekarang. Karena semua orang memberi tahu Anda bahwa Anda ahli dalam A atau B atau C dan karena Anda telah mencapai X atau Y. Sepertinya begitu banyak orang seperti, "Anda memahami bisnis karena Anda pergi ke Harvard Business School." Saya seperti, "Apa yang kamu bicarakan? Ada banyak perusahaan yang benar -benar kacau oleh Harvard MBAS." Ya, semua perusahaan teknologi besar sekarang sedang dijalankan oleh MBAS sekarang, tapi itu masih merupakan hal yang berbeda. Saya pikir sulit untuk menjadi rentan sambil tetap bekerja untuk berbagi keahlian Anda dan menjadi pemimpin karena itu adalah diagram Venn yang sulit untuk menjadi bagian dari. Jadilah seorang ahli, jadilah pemimpin dan rentan. Kemudian berada di tengah mungkin adalah sweet spot di mana semua orang mencintai Anda atau semua orang menghormati Anda dan memahami cara bekerja dengan Anda. Ini adalah target yang bergerak, seperti tempat itu berbeda minggu ini dan tempat itu berbeda minggu depan.

Brent Liang: (51:55)

Salah satu hal yang saya temukan adalah saya pikir pemimpin yang lebih efektif yang saya lihat adalah orang -orang yang tidak perlu menyatakan diri sebagai pemimpin. Tetapi jika Anda bertanya kepada orang lain di tim, kehadiran mereka sangat besar dan sangat terasa di seluruh tim. Saya ingat ketika saya sedang membangun startup pertama saya, saya sangat peduli tentang menjadi CEO dan berada di kertas. Jika ada pers yang dilakukan tentang pengaturan kami, saya ingin berada di halaman itu, di gambar karena saya merasa seperti itu adalah validasi untuk semua kerja keras saya, yang pantas. Ketika kami memiliki tim, saya akan sangat kuat dalam hal mengerahkan kehadiran kepemimpinan saya di seluruh tim. Saya akan seperti, "Mari kita atur panggilan sinkronisasi mingguan. Begini cara saya akan mendelegasikan. Anda bertanggung jawab atas ini, Anda bertanggung jawab atas ini dan Anda melapor kepada saya." Semua itu. Itu dalam retrospeksi, banyak hal seperti mengukir peran dan tanggung jawab adalah hal yang benar untuk dilakukan.

Anda tidak dapat berfungsi tanpa mengatur harapan itu, tetapi Anda dapat mengomunikasikan semua hal itu dengan cara yang jauh lebih baik. Saya pikir kepemimpinan adalah 50% tentang komunikasi. 50% lainnya mungkin ... bahkan tidak ... tidak, mungkin saya pikir itu seperti 80% komunikasi, jujur ​​saja. Saya pikir ini hanya tentang bagaimana Anda membicarakan hal -hal dan bagaimana Anda berkomunikasi dengan setiap orang di tim. Sepanjang seluruh perjalanan, melalui startup dan saya pikir bekerja dengan Justin Kan juga, sepertinya, saya telah belajar menjadi ... masih, sekarang, saya tidak menganggap diri saya sebagai pemimpin. Saya menganggap peran saya sebagai ... Anda tahu pria itu yang tidak menyumbat toilet, begitulah cara saya menganggap diri saya. Setiap kali seseorang, jika seseorang bertanggung jawab atas desain atau produksi dan suatu hari mereka tidak dapat melakukan pekerjaan mereka, mereka harus ... ada hal -hal yang terjebak di toilet. Apa pekerjaan saya, adalah saya hanya akan masuk dan memastikan bahwa seluruh saluran itu selesai, itu tidak terjebak. Saya harus membersihkan semua barang itu sehingga semuanya mengalir.

Lalu siapa pun yang melakukan pekerjaan itu hanya bisa mengelola semuanya sendiri. Itulah yang saya pikirkan tentang diri saya sendiri. Ini adalah keahlian lucu yang harus Anda pelajari. Ini seperti pemecahan masalah. Ini tidak seperti kepemimpinan semata. Tapi saya pikir itulah yang saya coba menjadi jauh lebih baik. Juga jauh lebih baik dalam mengkomunikasikan apa yang perlu dilakukan dan apa yang kita semua ingin dapatkan juga sebagai sebuah tim. Keterampilan semacam itu, saya pikir membantu saya benar -benar membangun tim yang jauh lebih kuat tanpa harus berada di garis depan. Jika saya menghilang selama sebulan, semoga seperti satu tahun, saya merasa seperti untuk startup ketiga saya atau bahkan untuk proyek saat ini, kami memiliki tim yang hebat sehingga jika itu terjadi, tidak ada yang akan berubah. Saya pikir jika itu adalah perasaan yang Anda dapatkan sebagai pemimpin, itu sangat memuaskan. Ketika Anda memerintah sebagai pemimpin, pemimpin yang sangat kuat, pada akhirnya itu menyedot hidup Anda dan Anda tidak akan pernah bisa melepaskan diri dari perusahaan. Ini sangat menakutkan.

Sedangkan jika Anda lebih menyukai kepemimpinan transformasional, di mana Anda membangun orang untuk menjadi pemimpin masa depan dari apa pun yang mereka kuasai, pada akhirnya hampir seperti Anda melakukan pensiun dini. Saya hanya merasa ini cara yang jauh lebih baik untuk memastikan hal -hal dilakukan dan orang -orang benar -benar bersemangat tentang apa yang mereka lakukan.

Jeremy AU: (54:50)

Nah, aku mencintai semua yang kamu katakan. Aku baru saja mendorongmu sedikit di sini. Maksud saya, Anda adalah tukang ledeng tempat Anda memecahkan masalah. Saya pikir Anda sedikit menjual diri Anda sedikit di sini berdasarkan apa yang baru saja kami diskusikan dan apa yang saya ketahui tentang Anda. Setidaknya ada dua identitas lagi yang saya lihat seperti yang ingin saya katakan di luar sana. Maksud saya, saya pikir identitas pertama yang saya lihat adalah bahwa Anda pasti seorang penjelajah karena Anda melakukan moonshots, Anda akan pergi ke geografi baru, Anda akan pergi ke vertikal baru. Minimal, selain menjadi tukang ledeng, Anda juga seorang penjelajah dan Anda hanya mencari tahu hal -hal baru, belajar ketika semuanya tidak pasti. Itu satu. Hal kedua yang saya lihat, saya pikir sangat menarik adalah, saya pikir Anda memiliki pandangan editor yang sangat kuat. Saya tidak tahu apakah Anda ingin menyebutnya editorial. Saya pikir jelas kebanyakan orang menganggap editor sebagai orang -orang besar, jahat, dan jahat yang menghilangkan suara para seniman, dan lain -lain.

Tapi saya pikir editor terbaik dicintai oleh penulis dan penerbit, karena ini adalah mitra pemikiran. Ini adalah kemitraan. Ini tentang mencari tahu esensi dan menulis esensi dari itu. Saya pasti dapat mendengar nada editorial di mana Anda dapat meringkas dalam banyak hal pengalaman Anda sendiri, tetapi juga pengalaman orang -orang yang Anda temui di sepanjang jalan. Saya pikir Anda mendidih di co-founder pertama Anda dengan cukup baik, sebenarnya. Kemudian Anda mendidihkan co-founder kedua Anda juga cukup baik. Justin juga, saya pikir Anda benar -benar menangkap esensi Justin lebih banyak. Karena jika Anda meminta saya untuk menggambarkan Justin, saya akan memberi Anda banyak anekdot, tetapi saya tidak akan memberi Anda esensi siapa dia sebagai pribadi. Saya pikir Anda melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik dalam lima menit daripada lebih dari satu jam makan malam. Saya pikir Anda lebih dari tukang ledeng, saya pikir Anda juga seorang editor dan penjelajah.

Brent Liang: (56:37)

Saya menghargainya. Saya berkata pada diri sendiri setelah saya gagal di startup pertama saya, saya seperti, "Komunikasi akan menjadi salah satu lintasan pertumbuhan saya selama lima atau 10 tahun ke depan." Saya ingin menjadi ... Saya menonton salah satu video di mana Michael Seibel berbicara untuk YC, dan itu sebenarnya pertama kalinya saya mempelajari beberapa hal YC itu. Dia adalah komunikator yang hebat. Saya seperti, "Saya hanya ingin berbicara seperti dia." Sejujurnya, ketika dia mengatakan sesuatu, itu sangat ringkas dan itu sangat efektif dan dia tidak menyia -nyiakan kata -kata apa pun. Kemudian, saya benar -benar tahu dia hebat, tetapi semua pendiri startup yang berpengalaman hebat dalam hal mengkomunikasikan ide bisnis mereka, tesis mereka, bagaimana tim berfungsi, jenis bantuan apa yang mereka butuhkan. Saya pikir ini seperti produk dengan sengaja mencoba mengerjakan kerajinan ini. Saya tahu bahwa saya harus sampai di sana akhirnya suatu hari atau yang lain dan lebih baik untuk memulai lebih awal daripada terlambat.

Saya pikir komunikasi dan baik, menjadi lebih baik dalam mengedit beberapa barang Anda dan dapat mengomunikasikan hal -hal dengan cara yang jauh lebih ringkas yang menyampaikan beberapa ide itu, terutama bagaimana dengan orang -orang, itu 100% dari saya, saya sendiri, saya mencoba untuk tumbuh. Saya pikir kembali ke poin Anda sebelumnya oleh orang -orang yang ada di luar orang yang dilakukan oleh orang -orang. Saya pikir kami memiliki editor yang sangat hebat. Kami memiliki desainer yang sangat hebat di tim. Apa yang saya pikir saya dapat menambahkan kualifikasi sedikit ke pernyataan saya sebelumnya adalah, sebagian besar pekerjaan saya adalah pipa ledeng, saya membuka blokir mereka. Tetapi ketika ada inisiatif baru yang perlu diambil, biasanya yang terjadi, semua orang begitu terjebak dalam melakukan pekerjaan mereka sehingga Anda harus menjadi orang yang katakanlah dua langkah di depan. Bagi saya, ketika semua orang ... jika kami pindah untuk katakan YouTube, kami akan menghabiskan beberapa minggu ... Maksud saya, sebenarnya tidak banyak waktu.

Kami akan menghabiskan beberapa hari untuk mendapatkan barang -barang seni sampul kami dengan benar dan kemudian kami akan mengatur thumbnail. Sebelum kami meluncurkan, saya sudah mencari hal berikutnya. Saya berpikir, "Oke, setelah ini selesai, apa yang akan terjadi selanjutnya." Saya akan melihat ke dalam, katakanlah Tiktok atau semacam peretasan pertumbuhan, katakanlah terintegrasi dengan semacam buletin atau apakah kita membutuhkan kemitraan? Ketika semua orang mencoba membuat satu hal itu berjalan dengan baik, saya akan mulai menguji saluran lain ini. Lalu sekali ... itu cukup menakutkan ketika Anda menempatkan diri pada posisi itu. Karena ketika saya masuk ke saluran baru ini, percobaan baru ini, saya tidak mendapat dukungan. Saya harus mencari tahu apa yang perlu terjadi. Saya harus mencari tahu dengan siapa kita harus berbicara. Jenis email apa yang harus dikirim? Semua itu. Saya pikir ada semacam keahlian yang perlu saya kuasai untuk, pertama -tama, melihat di mana peluang itu berada.

Kemudian kedua, ikuti beberapa hal sebelumnya yang dapat Anda lakukan, seperti membangun kerangka dasar tentang bagaimana hal -hal bisa bekerja. Kemudian begitu segalanya mulai bekerja, begitu Anda memiliki lebih banyak orang yang dapat Anda dedikasikan, maka itu seperti, "Oke, bagaimana cara saya berada di atas kapal sehingga mereka dapat melakukan semua hal ini 10 kali lebih baik daripada yang saya bisa dan pada dasarnya tidak mengalami masalah apa pun setiap hari?" Saya merasa salah satu pekerjaan saya adalah, ya, saya tukang ledeng, tapi saya hampir bermunculan di antara jaringan pipa yang berbeda. Jika itu masuk akal. Ini mencari tahu apa pipa baru itu, bermunculan dan kemudian mencoba menjelajah sebentar. Buat itu bekerja, letakkan seseorang di atasnya, lalu pergi ke tempat lain. Tetapi jika saya tinggal di satu tempat terlalu lama, saya merasa seperti ... Saya ingin sekali. Beberapa hal yang sebenarnya saya suka lakukan. Seperti membangun komunitas, saya menyukainya. Tetapi jika saya tinggal di satu tempat terlalu lama, itu merugikan seluruh tim karena peran saya adalah tidak terjebak di satu tempat terlalu lama.

Jika saya melakukan itu, kami kehilangan peluang dan eksperimen yang dapat kami jalankan. Tapi saya pikir itu salah satu pembelajaran saya, saya kira, sebagai seseorang yang membangun tim. Dengan menggunakan analogi tukang ledeng itu, diri Anda bisa terjebak di tempat itu juga tetapi Anda hanya harus terus bergerak.

Jeremy Au: (01:14)

Ya. Maksud saya, saya pikir tukang ledeng adalah basisnya. Saya hanya mengatakan, Anda memiliki penjelajah dan sudut pandang editor yang sangat besar. Klik dua kali pada sesuatu di sini. Anda menyebutkan ini sebelumnya. Berapa usiamu?

Brent Liang: (01:23)

23.

Jeremy Au: (01:23)

Oke. Kapan startup pertama Anda? Yang gagal. Ketika Anda pertama kali mendirikannya, berapa umur Anda?

Brent Liang: (01:30)

Saya pikir 18.

Jeremy Au: (01:31)

18. Sudah secara efektif, lima tahun?

Brent Liang: (01:37)

Lima tahun, ya.

Jeremy Au: (01:38)

Lima tahun. Jika Anda berhasil mendapatkan dari sana dari 18 hingga 23, dapatkah Anda membayangkan di mana Anda akan berada di antara 23 hingga 28? Saya tahu sulit untuk berpikir, tetapi dari titik pendengar, saya hanya menunjukkan ini adalah ... Saya pikir Anda berbicara dengan kecanggihan kedewasaan seseorang di usia akhir 20 -an, bahkan awal usia 30 -an, tentang bagaimana mereka melihat peran mereka, tentang hal -hal apa yang ada di sana. Saya pikir ada banyak lintasan menarik yang akan Anda miliki. Saya tidak tahu apakah Anda melihat diri Anda sendiri, tetapi sebagai seseorang yang berada di atas bukit, menuju ke padang rumput sebagai orang berusia 33 tahun, saya melihatnya. Sebagai perbandingan, saya dapat memberi tahu Anda, pada usia 23, saya telah jatuh di sekolah menengah karena pacar saya meninggal dunia dan jadi saya berduka. Saya berada di militer selama dua tahun.

Saya bergabung dengan sarjana ketika saya berusia 21 dan saya lulus dari universitas ketika saya berusia 23 tahun. Saya baru saja masuk, saya kira pekerjaan kedua saya, saya kira. Anda dapat mengatakan bahwa militer adalah pekerjaan pertama. Saya tidak berpikir bahwa Anda bisa meminta saya untuk mengartikulasikan filosofi kepemimpinan. Maksud saya, ini bukan perlombaan atau kompetisi untuk melihat siapa yang lebih bijak lebih dewasa pada usia berapa, tetapi saya hanya ingin menunjukkan hal itu.

Brent Liang: (01:01:52)

Saya yakin ada banyak hal yang perlu saya pelajari. Saya tidak tahu bagaimana para pemimpin dapat ... jika Anda memikirkan beberapa perusahaan lain, ketika Anda menjalankan 150, 160 orang di seluruh papan, atau jika Anda harus menyeimbangkan iterasi dari ... katakanlah kami melakukan wawancara dengan Emmett Shear minggu lalu kami meluncurkan. Mampu mengelola perusahaan seperti berkedut dan mengelola, bukan hanya karyawan Anda, tetapi harapan dari masyarakat dan hal -hal dan investor Anda, itu adalah pekerjaan yang saya pikir akan sangat sulit. Hal yang sama dengan politisi yang mengelola pemilih Anda, mengelola orang -orang yang memilih Anda, yang memiliki harapan untuk Anda. Saya pikir itu banyak ... ada banyak pelajaran kepemimpinan yang lebih besar di luar sana. Bagi saya, pada dasarnya saya bekerja dengan sekelompok teman yang saya sukai dan kami hanya membuat beberapa klip di sana -sini. Tidak terlalu banyak filosofi kepemimpinan yang terlibat.

Saya pikir lima, 10 tahun kemudian, saya tidak akan berada pada tingkat di mana saya lengkap, pernah. Ini hanya lebih banyak tentang, bagaimana saya sampai ke tempat -tempat di mana saya dapat melihat dan mungkin belajar dari melakukan beberapa hal yang lebih berorientasi kepemimpinan itu. Jika Anda berpikir tentang perusahaan seperti Coca-Cola dan kemudian memiliki kantor di seluruh dunia dan mampu mengoordinasikan jenis kegiatan dari markas besar itu, itulah beberapa keterampilan luar biasa yang terlibat. Saya bahkan tidak berpikir itu adalah sesuatu yang bisa Anda pelajari dari gelar MBA. Itu harus datang dari kegagalan dan latihan berulang.

Jeremy AU: (01:03:19)

Ya. Maksud saya, sebagai teman, saya akan mengatakan, saya pikir Anda menempatkan Coca-Cola di atas alas. Maksud saya, Coca-Cola adalah ... Saya pikir hal terbesar ... kelas favorit saya ketika saya berada di Harvard MBA adalah saya mengambil kelas dalam sejarah kewirausahaan. Saya suka sejarah dan saya menonton kredit tambahan dan semua hal sejarah ini, saya membaca Wikipedia di malam hari. Saya pikir saya mengambil sejarah wirausaha kelas ini. Saya pikir bagian yang sangat menarik bagi saya adalah bagaimana setiap perusahaan didirikan. Coca-Cola adalah konglomerat besar sekarang dan sebagai fallback, itu didirikan oleh seorang pendiri dan ada karyawan sebelumnya yang membuatnya seperti sekarang ini. Mitsubishi, logo, dia adalah seorang samurai yang dipermalukan yang rumahnya ada di bebatuan. Dia harus mencari rute baru di Jepang baru, memodernisasi Jepang dan dia berhasil menjadi Mitsubishi. Chanel adalah seseorang, kepribadian dan seseorang yang berpesta dan dia mengubah namanya menjadi merek dan perusahaan ...

Aku tidak tahu. Saya merasakan filmnya, saya pikir kami cepat maju ke bagian akhir yang terlalu cepat. Saya pikir itu semacam kembali ke hal pertama yang pernah Anda katakan, yang merupakan masalah perusahaan yang mengalami masa -masa sulit adalah cerminan dari pendiri dan tim pendiri. Saya cukup yakin, maksud saya, karena ketika ini terus tumbuh lebih besar dan lebih besar, saya pikir itu akan berhasil dan kemudian orang akan seperti, "Bagaimana Anda mengelolanya?" Anda hanya akan seperti, "Saya baru saja membangunnya di sekitar cara saya suka bekerja." Ini bukan hanya bayangan, tetapi sisi positifnya juga akan terjadi.

Brent Liang: (01:04:50)

Ya. Nah, itulah impiannya.

Jeremy AU: (01:04:51)

Saya pikir dalam lima tahun ke depan Anda akan membangun ini untuk sesuatu yang luar biasa dan itu akan dibangun di sekitar cara Anda ingin membangunnya. Itu saja. Semua orang akan seperti, "Yah, sangat sulit untuk memimpin dengan cara ini." Anda seperti, "Tidak, inilah yang saya sukai."

Brent Liang: (01:05:06)

Semoga itu terjadi. Saya berusaha bekerja keras setiap hari agar layak mendapatkan mimpi itu, saya pikir.

Jeremy AU: (01:05:11)

Ya. Saya pikir, yah, datang tepat waktu di sini, hanya datang ke pertanyaan terakhir di sini hanya, ada banyak pendiri yang berjuang di luar sana. Saya baru saja bertemu satu dan dia memiliki masa -masa sulit. Tapi saya merasa seperti setiap hari saya bertemu pendiri yang berjuang lain menjangkau kami. Maksud saya, jelas itu salah satu bagian jenis teknis, bagaimana cara menyelesaikan x? Lalu satu bagian adalah psikologi, yang seperti, bagaimana saya melakukannya dengan ini? Ini seperti, ini bukan bagaimana melakukan ini, dan bagaimana saya melakukan ini? Ketika Anda berada di startup pertama Anda berjuang, Anda berpikir untuk menutup, Anda ada di kartu, dan jika Anda bisa melakukan perjalanan kembali ke mesin waktu, kembali ke orang itu, saya hanya ingin tahu apa yang akan Anda katakan? Kemana kamu akan mengambil orang itu? Apa yang akan Anda tunjukkan?

Brent Liang: (01:06:00)

Ya. Nah, ya ampun, itu pertanyaan yang bagus. Dalam hal hal -hal yang bisa saya lakukan secara berbeda, saya berharap saya menutupnya sebelumnya. Saya pikir saya terlalu terikat pada mentalitas pendiri saya harus melihat sesuatu. Saya pikir jika saya berhenti di tengah jalan, itu berarti saya tidak cukup berdedikasi sebagai pendiri dan saya tidak akan dapat mencapai sesuatu yang jangka panjang dalam hidup saya. Itu salah dan saya seharusnya tidak melakukan itu. Ketika produk tidak berfungsi dan kami tahu percakapan kami dengan pelanggan semakin sulit, itu pertanda yang sangat bagus bahwa segalanya tidak akan berhasil. Saya pikir saya seharusnya mempercayai perasaan usus saya lebih awal untuk menarik kartu lebih cepat dan kemudian beralih ke hal lain lebih cepat juga. Tapi saya pikir dalam hal saran pribadi yang akan saya berikan kepada diri saya sendiri saat itu, itu akan terjadi, Anda tidak perlu membalas setiap email dalam waktu lima hingga 10 menit setelah mendapatkannya, karena orang dapat melihat bahwa Anda telah melihatnya. Yah, semoga ... sekarang mereka bisa dengan manusia super dan semacamnya, tapi saat itu, saya tidak berpikir mereka bisa.

Saya khawatir. Saya khawatir karena saya merasa seperti, dan ini adalah sesuatu yang banyak orang bicarakan, tetapi segala sesuatu yang gagal atas nama startup hampir merupakan kegagalan pribadi. Ini hampir seperti Anda gagal dalam tes atau semacamnya. Jika ada percakapan dengan orang ini dan saya mengirim banyak email dan orang ini tidak membalas, saya merasa seperti saya gagal pada sesuatu. Saya merasa ada sesuatu yang tidak saya kuasai dan itu adalah cerminan dari saya. Ini seperti dakwaan karakter saya hampir. Saya pikir itu adalah motivator di balik banyak hal yang telah saya lakukan, yang menempatkan saya di tempat di mana saya menarik napas. Saya akan mengalami kecemasan dan serangan panik. Saya pikir itu adalah kekuatan pendorong di balik semua itu. Ketidakmampuan untuk memisahkan diri dari startup dan memiliki kehidupan konsumen dengan cara itu. Saya akan mengatakan ... Saya tidak tahu bagaimana Anda bisa melakukan itu.

Mungkin yang saya temukan bermanfaat bagi saya adalah meditasi dan dengan paksa menarik diri dari pekerjaan beberapa kali di siang hari. Saya akan membalas banyak email, tetapi tepat sebelum kepala saya mulai berputar, saya hanya akan mandi, atau berjalan -jalan. Saya akan mencoba mendapatkan sedikit latihan fisik, waktu keringat setiap hari. Hal -hal yang mereka akan membantu Anda kembali menjadi kenyataan dan membantu Anda melihat hari Anda berjalan dengan baik terlepas dari apa pun yang perlu Anda tangani di sisi bisnis. Pertama -tama saya akan mengatakan itu. Kedua, saya pikir sangat penting bagi Anda untuk memiliki banyak teman yang dapat Anda ajak ngobrol atau bicarakan ... itu bisa menjadi orang tua Anda jika Anda beruntung. Memiliki jaringan dukungan di mana Anda mengalami minggu yang mengerikan, dan kemudian Anda dapat pergi ke rumah seseorang, menabrak, makan makanan, bersantai, kembali dan mengambil seminggu lagi. Itu sangat berguna. Saya tidak memilikinya di tahun kedua.

Saya benar -benar melakukan sebaliknya. Karena startup, saya akan pergi dari semua teman saya karena saya berpikir, setiap kali saya bertemu mereka, mereka akan bertanya kepada Anda bagaimana startupnya. Dan saya tidak ingin menjawab pertanyaan itu. Saya bahkan tidak ingin bertemu mereka. Saya akan berpikir saya hanya harus bergegas lebih banyak dan jadi saya sangat terisolasi. Saya pikir ketika Anda terisolasi, Anda menjadi jauh lebih rapuh dan rapuh. Jika sesuatu mengguncang foundation Anda, Anda baru saja rusak. Saya pikir penting untuk memiliki beberapa teman itu setidaknya, lebih disukai pendiri yang dapat mendukung Anda melalui proses itu. Itu sangat penting. Saya pikir ketiga, saya terlalu terjebak dalam melaksanakan hal -hal. Jika saya perlu menyelesaikan sesuatu, saya hanya akan menyelesaikannya tanpa memikirkan mengapa. Apa yang bisa saya lakukan adalah belajar lebih banyak. Saya bisa saja menonton banyak video YC lebih awal, mengetahui apa sebenarnya pertumbuhan itu. Saya bisa saja berkeliling ke platform tanpa kode.

Tetapi saya tidak pernah benar -benar punya waktu untuk mempelajari sesuatu karena saya merasakan urgensi ini untuk menyelesaikan sesuatu. Jika saya perlu mengirim 10 email besok, saya seperti, "Oke. Saya harus bangun jam 8:00. Saya harus menganggarkan pada saat ini." Saya bahkan tidak memikirkan apa cara terbaik untuk mengirim email secara massal. Mungkin ada alat yang membantu saya melakukan itu. Saya pikir pendiri terkadang terjebak dalam lingkaran eksekusi yang sangat mengerikan ini di mana mereka selalu mengoptimalkan waktu untuk menyelesaikan sesuatu. Ini seperti ... co-founder kedua saya benar-benar mengajari saya banyak hal tentang itu. Dia akan seperti, "Mengapa kita melakukan ini?" Hanya ketika kita memiliki alasan yang kuat, maka kita bisa seperti, "Oke, mari kita cari tahu bagaimana kita bisa menyelesaikan ini sesegera mungkin." Tetapi sebaliknya, Anda tidak perlu melakukan banyak hal yang Anda lakukan. Saya pikir ketika startup bekerja dengan sangat baik, dan itu adalah sesuatu yang biasanya Anda temukan di kemudian hari dengan beberapa pendiri yang paling sukses, mereka hanya melakukan satu atau dua hal dan hanya itu.

Mereka tidak peduli dengan ke mana -mana. Pemasaran, tidak, tidak ada pemasaran. Semuanya berbicara dengan pelanggan. Bahkan sebelum Anda sampai ke produk, Anda bahkan tidak perlu membangun apa pun, Anda bahkan tidak memiliki kode. Bicaralah dengan pelanggan, habiskan waktu Anda di telepon, itu saja. Setelah Anda mencapai kecocokan pasar produk, itu seperti kode dan peretasan pertumbuhan. Cobalah untuk menemukan saluran di mana Anda dapat memiliki mesin pertumbuhan yang berkelanjutan. Itu menjatuhkan yang lainnya. Jangan bicara dengan VCS. Jangan lakukan pemasaran. Jangan khawatir tentang kompetisi. Jangan keluar untuk Catch Ups Pendiri. Mari kita lakukan itu. Saya pikir begitu Anda sampai di tempat di mana Anda dapat mengkristal semua barang Anda menjadi satu ember, segalanya menjadi jauh lebih mudah dan menghilangkan banyak bagasi mental yang biasanya dimiliki para pendiri. Itulah yang menurut saya bekerja dengan sangat baik untuk saya. Ketika semuanya berjalan dengan baik, saya melakukan jauh lebih sedikit, tetapi saya merasa jauh lebih bahagia dan saya merasa seperti melihat arah untuk itu.

Jeremy AU: (01:11:10)

Ya. Jelas Anda banyak berbicara tentang apa yang akan Anda katakan pada diri Anda yang berusia 18 tahun. Seperti apa yang harus dilakukan, apa yang harus ditanggapi jika saya hanya ingin tahu, bagaimana Anda bisa berbicara dengan diri Anda yang lebih muda? Apa yang akan menjadi nadanya? Maksud saya, Anda mengenal diri Anda sebagai penerima, Anda tahu diri Anda sekarang bagaimana Anda mendapatkan umpan balik. Apakah Anda akan lebih langsung? Apakah Anda akan lebih baik? Apakah Anda akan lebih Sokrates? Apakah Anda akan melakukannya dengan bir? Maukah Anda membawa beberapa.

Brent Liang: (01:11:41)

Saya tidak minum bir. Saya mungkin akan melakukannya sambil minum teh, saya pikir.

Jeremy AU: (01:11:43)

Lakukan dengan teh. Bagaimana Anda akan mengirimkan umpan balik itu dengan cara yang Anda pikir akan diterima dengan baik?

Brent Liang: (01:11:50)

Saya akan sangat lembut. Saya pikir itulah kesalahan yang biasanya dilakukan orang dengan berbicara dengan beberapa orang Gen Z. Semua pendiri Gen Z yang saya temui sangat menakjubkan. Mereka menarik, dan saya tidak bisa menunggu sampai lima, 10 tahun kemudian, hal -hal seperti apa yang sebenarnya dapat mereka bangun? Apa yang orang cenderung tidak sadari adalah, untuk generasi Gen Z saat ini, mereka tumbuh dengan banyak chip di pundak mereka. Bahkan dengan media sosial, jika saya seorang gadis, saya harus bersaing dengan seseorang seperti Charlie di mana saya bahkan tidak tahu dari mana asalnya. Tapi fotonya, video Tiktok -nya terus muncul di layar saya. Ada banyak kompetisi, ada banyak kerapuhan, yang dibangun di dalam kain masyarakat Gen Z kita. Karena itu, saya pikir salah satu hasil yang sebenarnya Anda dapat melihat kesehatan mental meningkat, banyak masalah naik. Dinamika cenderung menjadi masalah besar dalam hal keluarga dengan anak Gen Z.

Ketika datang untuk memberikan umpan balik, saya pikir Anda harus mempertimbangkan juga beberapa hal. Cara Boomer yang khas untuk mengatakan, "Oke, ini hanya apa adanya. Ambil atau tinggalkan." Ini umpan balik langsung dan hanya bagaimana kami melakukan hal -hal di sini dan tidak menganggapnya pribadi. Barang itu tidak berhasil. Ini niat baik, tetapi dieksekusi dengan buruk. Umpan balik langsung masih sangat penting. Saya memberikan umpan balik langsung kepada setiap orang yang ada di dalam tim. Ketika hal -hal tidak berhasil, saya berbicara dengan mereka. Tetapi harus ada beberapa seni dalam cara Anda menyampaikannya, terutama dengan seseorang yang masih muda, seperti 18, katakanlah sekarang. Tapi apa yang akan saya lakukan, adalah saya akan membingkainya dengan cara di mana saya akan menjelaskan motivasi dari mana ini berasal. Saya akan berbicara tentang bagaimana perasaan saya. Misalnya, katakanlah, jika Anda seorang desainer di tim dan Anda berusia 18 tahun, atau jika Anda seorang pendiri di mana perusahaan Anda gagal atau apa pun dan saya seorang investor.

Saya akan mengatakan seperti, "Ketika Anda melakukan ini, saya perhatikan diri saya merasa seperti ini." Alih -alih mengatakan, "Saya ini, karena Anda telah melakukannya." Saya pikir bisa menarik diri dari pengamatan itu, berikan saja deskripsi yang sangat jelas tentang apa yang terjadi pada Anda melalui Anda. Memberitahu itu kepada seseorang yang masih muda dan benar -benar memberi mereka banyak pilihan untuk meningkatkan, mengubah, atau bahkan memberi mereka tempat untuk mendapatkan bantuan atau apa pun, semua itu, saya akan ... jika saya memiliki seseorang yang gagal dalam pekerjaan desainer, saya akan seperti, "Saya dapat merujuk Anda untuk pergi ke Ondeck untuk mengambil fellowship desainer. Itu adalah sesuatu yang akan membuat orang -orang itu bersemangat. Mereka ingin tumbuh karena itulah hal pertama yang membuat mereka masuk ke startup dan apa pun di tempat pertama. Saya pikir itu, hapus diri Anda dari persamaan, mengkomunikasikan hal -hal dengan cara yang jauh lebih lembut, dan juga hanya menguraikan pertumbuhan pribadi tanpa henti, langkah selanjutnya.

Apa pun yang dapat Anda lakukan untuk membantu orang itu berhasil, yang saya pikir membalas ketika tampil dengan cara yang sangat otentik ketika Anda berkomunikasi dengan audiens Gen Z.

Jeremy AU: (01:14:48)

Wow. Itu luar biasa dan, wow, saya tidak pernah memikirkannya seperti itu. Saya pikir Anda benar, media sosial itu membuat semua orang rapuh karena ada begitu banyak kompetisi. Kemudian ditambah Anda berusia 18 tahun. Saya pikir itu adalah sesuatu yang harus saya renungkan juga. Ya.

Brent Liang: (01:15:03)

Itu sebenarnya salah satu kritik umum tentang orang -orang Gen Z, orang -orang Gen Z, adalah mereka sangat mudah dipicu. Maksud saya, saya tidak ingin mengatakan itu benar, tetapi mereka mudah dipicu. Tapi Anda harus mengerti mengapa. Mengapa kita begitu rapuh? Mungkin bagi saya, saya juga mudah dipicu. Mengapa itu masalahnya? Karena kami sudah mengkonsumsi ... ini adalah informasi yang berlebihan sejak hari pertama. Kami tumbuh dengan ponsel dan kami terus -menerus bersaing dengan orang -orang. Saya mengatur LinkedIn saya ketika saya berusia 14 dan saya telah terus memperbarui itu sejak saat itu. Bayangkan bisa bersaing dengan suka dan apa pun yang Anda butuhkan untuk mendapatkan platform seperti Anda berusia 14 tahun? Itu hanya banyak tekanan yang membangun untuk Anda.

Saya dulu memiliki masalah kecemasan juga dan saya pikir saya bisa berhubungan dengan banyak hal yang sedang diproses orang saat ini. Umpan balik yang sulit diberikan dengan cara yang benar-benar top-down itu, mengharapkan seseorang untuk tidak menganggapnya pribadi, itu bukan cara untuk maju dengan penonton Gen Z ini, 100%.

Jeremy AU: (01:16:03)

Itu sangat membantu. Yah, saya pikir itu tepat waktu. Saya hanya ingin mengatakan untuk mereka yang ingin melakukan percakapan, Anda dapat pergi ke jeremyau.com. Ada klub untuk membahas episode ini. Tapi saya ingin rekap, saya pikir bagi saya, saya pikir tiga bagian terpenting yang saya pikir dari percakapan ini. Saya pikir bagi saya, itu benar -benar selaras bagi saya nomor satu bukan tentang kegagalan atau keberhasilannya bahkan, tetapi saya pikir itu adalah tingkat pembelajaran pribadi Anda. Apa yang Anda ambil dari setiap waktu dan menjadi sangat disengaja tentang hal itu, benar -benar yang menonjol bagi saya. Itu satu. Hal kedua yang menonjol bagi saya adalah Anda melakukan moonshots dan bertemu dewa. Saya pikir ini adalah cerita yang menyenangkan, tetapi juga cara yang bagus untuk memikirkannya. Karena saya pikir orang -orang terbaik berusaha mendapatkan A atau meningkatkan 5% setiap minggu.

Saya pikir saya menyukai apa yang Anda katakan tentang Moonshots sebagai pendekatan yang sangat berbeda. Saya pikir hal ketiga yang saya sukai dari apa yang Anda katakan, saya pikir Anda sering berbicara bukan hanya apa yang Anda lakukan, tetapi juga bagaimana Anda akan melakukannya. Bukan tentang memperbaiki masalah, tetapi pendekatan Anda sebagai tukang ledeng dan tentu saja pertengkaran saya, serta penjelajah dan editor. Tetapi Anda berbicara tentang umpan balik Anda tentang bagaimana Anda akan membantu diri sendiri sebagai pendiri pertama kali, sebagai anak muda, versus bagaimana Anda mendekatinya. Saya pikir itu adalah sesuatu yang banyak orang pikirkan adalah, mereka tidak memikirkan bagaimana mereka memberikan umpan balik, mereka memikirkan tentang umpan balik apa yang harus diberikan. Tapi bagaimana jauh lebih penting daripada apa. Saya selalu memberi tahu orang -orang, seperti, "Tidak ada yang peduli kata -kata apa pun dari mulut Anda selama umpan balik. Ini positif atau negatif. Tapi bagaimana Anda mengirimkannya adalah 99% dari apa yang akan mereka ingat." Luar biasa. Terima kasih banyak. Senang sekali Anda ada di sini.

Brent Liang: (01:17:48)

Saya menghargainya, Jeremy. Saya sangat menghargainya.

Sebelumnya
Sebelumnya

Chris SirisereEpaph tentang dinamika SE Asia VC, kepemimpinan pemikiran melalui tesis investasi & berbagi saus rahasia Anda - E41

Berikutnya
Berikutnya

Teknologi Asia Tenggara: Bangkitnya Perjalanan Domestik, Masa Depan Pekerjaan dan Transformasi Industri Tikus - E43