Dinamika Pertemuan Pertama Pendiri -Investor, Pitching Persiapan & Menavigasi Kerangka Percakapan - E317

Pikirkan tentang apa yang Anda coba capai dan pikirkan tentang apa yang orang lain coba capai dalam rapat dan menyesuaikan komentar Anda untuk memenuhi kebutuhan dan latihan itu. Karena kadang -kadang saya pikir ketika Anda terlalu menuju ke bawah, Anda agak lupa bahwa apa yang menurut Anda benar -benar jelas tentang bisnis Anda mungkin tidak terlalu jelas bagi orang lain. Jadi, hal itu tidak ada yang di dalamnya, tetapi tidak ada yang lebih tinggi, tetapi tidak ada yang lebih tinggi. kesempatan. - Shiyan Koh

Orang-orang kadang-kadang meremehkan berapa banyak energi yang perlu Anda tunjukkan secara online relatif untuk berada secara langsung. Mereka tampil sebagai super datar dan energi rendah, meskipun mereka tidak harus seperti itu dalam kehidupan nyata. Mereka bahkan mungkin tidak menganggap diri mereka seperti itu. Online, Anda perlu mengarahkan ke mana-mana dengan Anda dan memikirkan bagaimana hal itu menghubungkan orang itu. Di mana orang itu menghubungkan orang lain. Ada yang ada di mana Anda melakukan hal-hal di mana Anda melakukan apa yang Anda lakukan di mana Anda melakukan apa yang Anda lakukan. Isyarat bawah tanah kepada orang lain. Slide Anda menjadi baik dan ketat. - Shiyan Koh

“Salah satu dasarnya adalah memastikan bahwa Anda sedang diatur dalam lingkungan yang Anda sukai. Jika perlu, jangan ragu untuk menjadwal ulang atau menemukan waktu lain yang akan Anda sukai karena Anda mendapatkan satu pertemuan pertama dan kemudian Anda tidak pernah memiliki pertemuan pertama dengan orang itu lagi. Kesan pertama Anda memiliki satu -satunya yang telah Anda lakukan. Berlari dengan Anda. - Jeremy Au

Shiyan Koh , mitra pengelola Hustle Fund , dan Jeremy Au membedah dinamika rumit dari interaksi pendiri-investor awal. Berikut adalah tiga tema utama:

1. Keterlibatan awal & dinamika pengambilan keputusan: Shiyan dan Jeremy menekankan nilai pertemuan pertama. Bagi investor, ini adalah kesempatan untuk melihat kelayakan kemitraan, mengukur tidak hanya potensi bisnis tetapi juga visi dan kemampuan beradaptasi pendiri. Bagi pendiri, ini adalah kesempatan untuk memahami proses pengambilan keputusan investor. Mereka berbagi bahwa kedua belah pihak harus memiliki serangkaian harapan yang jelas dan pemahaman tentang langkah -langkah selanjutnya. Mereka juga melihat pertemuan pertama sebagai cara yang bermanfaat untuk membangun kepercayaan, menyelaraskan visi, dan memastikan bahwa baik pendiri dan investor berada pada lintasan yang sama menuju kolaborasi jangka panjang yang potensial.

2. Aspek teknis pitching: Mereka membahas pentingnya persiapan untuk pitch. Melatih nada mereka, menguji pengaturan teknologi mereka, dan bahkan merekam diri mereka sendiri untuk memeriksa masalah apa pun dapat membuat perbedaan besar. Pertemuan yang lancar memancarkan profesionalisme dan rasa hormat terhadap waktu.

3. Menavigasi Kerangka Kerja Percakapan: Jeremy dan Shiyan berbicara tentang bagaimana percakapan antara investor dan pendiri dapat fokus pada berbagai topik seperti model bisnis, strategi menyeluruhnya, industri spesifik atau vertikal, atau bahkan kualitas pribadi yang mungkin terjadi pada pemujaan ke bawah, apakah ada dua hal yang ada di bawah. Percakapan yang ada di bawah ini. Mereka menunjukkan bahwa berbagai pertanyaan sementara berbagai pertanyaan mungkin muncul di bawah ini untuk mengetahui bahwa pemujaan yang ada di dalamnya. Mereka menunjukkan bahwa berbagai pertanyaan mungkin muncul, di bawah ini untuk mengetahui "kerangka" yang tersisa. Mereka menunjukkan bahwa berbagai pertanyaan mungkin muncul di bawahnya untuk mengetahui "kerangka" yang ada di dalamnya. Mereka menunjukkan bahwa berbagai pertanyaan mungkin muncul di bawah ini untuk mengetahui "kerangka" yang ada di dalamnya. Mereka menunjukkan bahwa berbagai pertanyaan mungkin muncul di bawah ini untuk mengetahui "kerangka" yang tersisa. Mereka menunjukkan bahwa berbagai pertanyaan mungkin muncul di bawah ini untuk diketahui di bawah untuk menguasai "Percakapan TERLALU. untuk membangun perusahaan yang sukses.

Mereka juga berbicara tentang pitching cerita horor yang terkait dengan pengaturan teknis yang buruk dan seberapa buruk audio dapat merusak nada yang baik, seni menyerang keseimbangan antara ikhtisar tingkat tinggi dan diskusi mendalam selama pitch, dan nilai membangun hubungan dalam pertemuan pertama.

Didukung oleh Ringkas

Ringkas adalah platform hipotek digital yang bertujuan untuk menyelesaikan akses ke masalah pembiayaan bagi para pencari rumah di Indonesia dan Asia Tenggara. Ringkas saat ini berkolaborasi dengan semua bank besar di Indonesia dan pengembang properti terbesar di lebih dari 15 kota. Visi Ringkas adalah untuk mendemokratisasi kepemilikan rumah dan menciptakan lebih dari 100 juta pemilik rumah. Jangan hanya bermimpi memiliki rumah. Mewujudkannya. Jelajahi lebih lanjut di www.ringkas.co.id

Jeremy AU: (01:44)

Pagi, Shiyan!

Shiyan Koh: (01:45)

Pagi, Jeremy. Bagaimana kabarmu?

Jeremy Au: (01:47)

Hanya harus mengonsumsi air pagi saya, hidrasi, ritual energi, apa pun yang Anda sebut, jadi inilah saya. Bagaimana denganmu, Shiyan?

Shiyan Koh: (01:54)

Apakah ini seperti air ajaib PM? Anda tahu, ketika Anda menyesap dari cangkir, tiba -tiba Anda bisa menjadi multibahasa.

Jeremy AU: (02:00)

Saya berharap itu benar. Saya terutama baik -baik saja dengan bahasa Inggris dan saya akan mengatakan percakapan dalam bahasa Cina. Jadi tidak ada switching bahasa yang mungkin. Shiyan, saya mengerti bahwa hari ini kami ingin berbicara sedikit tentang percakapan tentang apa yang Anda lihat dengan pendiri dan bagaimana melatih mereka. Bisakah Anda berbagi sedikit lebih banyak tentang apa yang Anda pikirkan?

Shiyan Koh: (02:16)

Ya. Saya melakukan sejumlah percakapan selama seminggu terakhir ini yang membuat saya berpikir ini bisa menjadi topik yang berguna, dan itu benar -benar berpusat di sekitar bagaimana Anda menjalankan pertemuan ketika Anda masuk ke nada. Dan saya pikir ada banyak komponen pertemuan yang berbeda, bukan? Bagaimana Anda membuka? Bagaimana Anda menjaga semua orang di jalurnya? Bagaimana Anda menutup? Tetapi mungkin bermanfaat untuk memulai, apa yang masing -masing pihak berusaha keluar dari pertemuan. Karena saya pikir konteks itu berguna untuk memikirkan bagaimana orang lain berperilaku dalam pertemuan tersebut. Dan kebanyakan, saya pikir.

Ini semacam mistik atau misterius seperti mengapa VC ini mengajukan semua pertanyaan ini? Saya akan sampai nanti di geladak. Seperti mengapa mereka tidak membiarkan saya sampai ke slide saya? Atau Anda tahu, bagaimana cara saya mendapatkannya di jalur ketika sepertinya kita tidak terlalu selaras dengan apa yang sedang kita bicarakan? Dan oh, tidak, ini pertemuan 30 menit dan jam terus berdetak. Dan saya merasa kesempatan saya untuk mengomunikasikan apa yang ingin saya komunikasikan adalah menyelinap pergi.

Jadi, kami baru saja melakukan sesi pelatihan untuk portofolio kami, dan saya memainkan pengusaha, pengusaha yang malang, dan pasangan saya, Elizabeth, memainkan VC yang menjengkelkan, dan, dia suka, melompat ke seluruh diri saya dan mengajukan pertanyaan, tidak membiarkan saya melewati slide saya.

Saya pikir konteksnya adalah, sebagai investor, ketika Anda pergi ke pertemuan lapangan, apa yang Anda coba cari tahu, apakah saya ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk kesempatan ini? Itulah yang Anda coba cari tahu. Jadi, jika Anda memiliki slot 30 menit dan rasanya seperti pendiri terlalu lama dengan slide bulu di depan, Anda hanya ingin mendapatkan pertanyaan pertanyaan Anda. Jadi Anda hanya mulai bertanya kepada mereka karena, pada akhir pertemuan, Anda ingin membuat keputusan seperti, hei, apakah saya meminta lebih banyak materi? Apakah saya menindaklanjuti? Atau apakah Anda mengatakan seperti, hei, terima kasih. Mungkin bukan untuk kita. Jadi, bagaimana menurut Anda ini sebagai pendiri yang masuk ke nada? Mana seperti, bagaimana cara mendapatkan informasi orang yang mereka inginkan? Tetapi bagaimana saya juga mengomunikasikan cerita saya seperti yang saya inginkan untuk mengomunikasikannya?

Jeremy AU: (04:09)

Ya.

Shiyan Koh: (04:10)

Jadi, saya pikir dari sudut pandang pendiri, berpikir tentang Anda tidak akan meyakinkan seseorang untuk berinvestasi dalam pertemuan pertama. Tidak, seseorang akan mengeluarkan buku cek mereka dan seperti, oke, saya siap. Jadi itu bukan tujuan Anda di pertemuan pertama. Tujuan Anda di pertemuan pertama adalah membuat seseorang berpikir, hei, ini cukup menarik. Saya ingin menggali. Dan saya ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk mempelajarinya. Jadi bagaimana Anda mendapatkannya ke titik itu? Jadi jika Anda tahu itu tujuan eksplisit Anda, bagaimana Anda mendapatkannya ke titik itu? Saya akan berhenti di sana. Jeremy, Setuju? Tidak setuju?

Jeremy AU: (04:33)

Ya saya pikir yang paling saya sukai adalah sudut pandang itu, yang saya pikir investor berpikir untuk diri mereka sendiri, apakah mereka ingin menghabiskan lebih banyak waktu karena pada akhir diskusi investasi ini dan sebagainya, di berbagai pertemuan. Kami percaya bahwa kami akan membuat tim yang efektif bersama dan kami akan keluar dan mencoba membangun unicorn atau 100 juta perusahaan bersama selama 10 tahun ke depan, kan? Dan itu proposisi yang sangat sulit. Jadi saya pikir pertemuan pertama sangat penting, dan saya setuju dengan Anda bahwa banyak pendiri yang benar-benar kurang siap untuk pentingnya pertemuan pertama itu dalam hal menjadi sangat jelas, sangat langsung, dan juga membangun kepercayaan yang diperlukan untuk memulai awal dari apa yang bisa menjadi hubungan yang indah atau dapatkah akhir dari satu kali panggilan yang tidak benar-benar pergi ke mana pun.

Shiyan Koh: (05:15)

Tepat. Jadi saya kira kita baru saja mulai dari konteks yang seperti itu, apakah saya ingin menghabiskan lebih banyak waktu menggali kesempatan ini? Apakah saya tertarik? Semua hal semacam ini. Ada banyak hal yang membangun itu, jadi saya pikir satu seperti, hanya bisnis. Apakah saya memahami bisnis ini? Dan saya merasa mengejutkan berapa banyak pertemuan yang saya ambil di mana saya harus berulang kali bertanya, siapa pembeli? Apa masalahnya? Saya merasa seperti kita harus sampai ke depan. Saya harus mencoba memahami masalah siapa yang Anda selesaikan di awal. Dan ketika orang berkata, "Semua orang", itu selalu sangat menyusahkan bagi saya karena sangat mahal untuk melayani semua orang.

Jadi hanya memiliki semacam cuplikan yang benar -benar ringkas seperti, hei, pelanggan saya adalah CIO dari perusahaan yang melakukan setidaknya 50 juta pendapatan dan memiliki 2000 karyawan atau lebih. Maka Anda seperti, oke, saya mengerti segmen Anda. Ini masalah mereka. Ini adalah opsi solusi mereka saat ini. Inilah mengapa itu tidak bagus. Inilah mengapa milik kita lebih baik. Ini buktinya. Itu sebabnya kita bisa melakukan ini. Anda telah mengatakan semua hal ini dalam waktu kurang dari 60 detik dan Anda masih memiliki 29 menit lagi. Jadi saya pikir Anda mencoba membantu seseorang membangun di kepala mereka gambar tentang apa yang terjadi. Dan Anda mungkin berkata, oh, well, saya sudah mengirimi mereka dek saya. Kenapa mereka tidak membacanya? Mungkin Anda sudah mengirimi mereka dek mereka, tetapi dek Anda tidak dijelaskan. Jadi, bahkan ketika mereka telah membacanya, atau dek Anda adalah salah satu dari 100 deck yang telah mereka baca. Dan pertemuan dijadwalkan 10 hari yang lalu dan. Mereka tidak ingat, kan?

Jadi saya pikir Anda hanya perlu memikirkan audiens Anda dan bagaimana mencapai poin -poin itu. Jadi siapa yang saya jual? Bagaimana saya akan menghasilkan uang? Bahkan jika Anda tidak menghasilkan uang sekarang, apa teori saya menghasilkan uang? Apa unit ekonomi itu? Dan hal -hal apa yang benar -benar Anda sukai atau bekerja dengan baik dan, apa risiko yang diketahui yang akan Anda lalui? Saya pikir memiliki gambar seimbang yang baik bermanfaat, tetapi saya pikir poin menarik yang Anda buat, Jeremy, berbicara tentang membangun hubungan.

Jeremy AU: (07:03)

Ya.

Shiyan Koh: (07:03)

Bagaimana pendapat Anda tentang membangun hubungan? dalam pertemuan pertama?

Jeremy AU: (07:06)

Saya pikir kebenarannya adalah sebelum pertemuan pertama, Anda adalah siapa Anda, bukan? Anda telah membangun pengalaman hidup Anda lebih dari 20, 30 tahun, 40 tahun, garis waktu yang Anda miliki telah membangun ide perusahaan ini selama setahun, dua tahun. Di belakang kepala, Anda memiliki beberapa pengalaman profesional. Anda membawa ini ke dalam ini. Jadi saya pikir Anda datang sebagai siapa Anda dan tidak apa -apa. Dan saya pikir hubungan adalah fungsi dari siapa Anda sebagai pribadi. Itu satu. Dua adalah strategi Anda, dan itulah pendekatan Anda yang sebenarnya. Yang ketiga adalah seperti apa yang Anda katakan, itulah cara Anda melakukan pertemuan dalam hal pitch dan bahan apa yang Anda persiapkan.

Dan saya pikir satu hal yang saya perhatikan dalam percakapan itu adalah bahwa jelas jika Anda memiliki nada yang hebat, itu menyiratkan bahwa sebenarnya, Anda memiliki strategi yang cukup bagus, hebat, jika itu masuk akal, yang menyiratkan bahwa Anda adalah pendiri yang kuat yang mampu memikirkan tentang apa yang diinginkan oleh rekan kerja, tetapi juga apa kejelasan atau pertukaran yang sulit dari keputusan mereka juga.

Jadi saya pikir nada yang baik seperti kombinasi dari tiga dinamika yang sangat disengaja. Bagian yang sulit adalah bahwa ketika pitch tidak berjalan dengan baik, dengan kata lain, hubungan tidak dibangun, kepercayaan tidak dibangun sebagai fungsi dari apa yang Anda katakan, pertemuan itu sendiri tidak dioptimalkan, atau apakah strateginya buruk atau membutuhkan pekerjaan lebih lanjut, atau apakah pendiri itu sendiri mungkin tidak menemukan pasar yang kuat, atau mereka mungkin bukan orang yang tepat, atau mereka tidak berpikir dengan jelas, atau terus terang, mereka tidak.

Jadi saya pikir itu adalah dinamika yang menarik tentang apa yang diperlukan untuk membangun hubungan. Bagi saya, saya sering berpikir sedikit pada diri saya sendiri, yaitu, setidaknya dari perspektif pribadi saya jika saya mengadakan pertemuan 30 menit pertama, saya mencoba mengoptimalkan sedikit lebih sedikit untuk geladak pitch itu sendiri. Saya benar -benar mencoba memahami siapa mereka dan apa strateginya, dan saya pikir saya memiliki contoh di mana jujur ​​dek pitch buruk, atau presentasinya tidak terlalu kuat, tetapi saya akan duduk dan benar -benar memikirkannya. Itu lebih masuk akal bagi saya karena saya mendengarkan apa yang dikatakan seseorang. Dan satu hal yang sering saya katakan adalah sesuatu seperti, apa yang Anda katakan bukanlah apa yang ada di geladak, atau bukan alur cerita yang Anda persiapkan. Dan saya pikir Anda harus pergi dengan apa yang Anda katakan secara verbal dalam menanggapi pertanyaan saya daripada cara Anda pikir itu harus pergi dan itu tidak ada hubungannya dengan hanya banyak umpan balik. Jadi saya pikir mencoba mendengarkan di mana saya menemukan paling banyak hubungan adalah ketika saya merasakan bahwa pendiri adalah pendiri yang kuat yang memahami strategi atau pertukaran yang harus mereka buat. Mereka mengerti dengan jelas siapa pelanggan dan seterusnya dan sebagainya. Dan kemudian saya dapat menutup satu mata karena pada tahap awal, Anda tahu, Anda tidak selalu akan memiliki dek yang kuat selalu. Jadi saya pikir itulah yang saya pikir membangun hubungan sangat penting.

Shiyan Koh: (09:23)

Ya. Jadi saya pikir itu benar. Semakin ketat presentasi Anda, semakin mudah. Tapi saya sebenarnya bahkan memikirkan hal -hal super mendasar di depan, yang seperti jika Anda melempar di zoom, saya pikir orang -orang terkadang meremehkan berapa banyak energi yang Anda butuhkan untuk menunjukkan secara online relatif untuk berada secara langsung. Dan kadang -kadang orang tampil sebagai energi super datar dan rendah, meskipun mereka tidak harus seperti itu dalam kehidupan nyata, dan mereka bahkan mungkin tidak menganggap diri mereka seperti itu. Dan Anda mungkin seperti, mengapa ini penting? Dan itu seperti, oh, saya berbicara dengan pendiri ini dan dia tampak aneh tanpa antusias tentang bisnisnya dan benar -benar energi sepanjang pertemuan.

Jadi saya pikir secara taktis. Saya pikir online, ada satu hal, yang adil, bahwa Anda perlu meningkatkan energi Anda di awal dan memikirkan bagaimana hal itu muncul. Juga, saya pikir hanya ada inisial semacam itu, 1, 2 menit di mana Anda melakukan intro dan mencoba untuk terhubung dengan orang lain di mana Anda, bahasa tubuh Anda bagaimana Anda mengarah ke percakapan semua dapat mengirim semacam isyarat bawah sadar kepada orang lain. Jadi saya pikir kadang -kadang orang terlihat sangat tentatif seperti mereka sangat tertutup pada diri mereka sendiri. Dan mereka dengan gugup seperti, silakan merujuk ke Slide 1 dan kemudian mereka cukup klik klik, mulailah melewatinya.

Dan saya pikir itu adalah sesuatu yang hanya untuk dipraktikkan, seperti bagaimana melakukan itu mengarah dan cara yang lebih santai dan alami dan membuat orang lain merasa nyaman dan menjadi seperti, hei, apakah Anda ingin melakukan percakapan ini? Apakah Anda lebih suka melewati geladak? Dan Anda sebagai pendiri, saya pikir Anda ingin preferensi Anda untuk apa pun yang Anda miliki, apakah Anda baik di kaki Anda dan Anda ingin melakukannya secara percakapan, atau Anda lebih suka struktur slide. Tapi kemudian, Anda ingin slide Anda menjadi baik dan kencang. Saya pikir semua hal yang ingin Anda pikirkan dalam merencanakan pertemuan penggalangan dana Anda.

Jeremy Au: (11:01)

Ya, saya setuju dengan Anda. Saya pikir banyak orang jelas gugup tentang penggalangan dana dan bangun waktu yang diatur ke pitch dan sebagainya, sebagainya. Penting untuk mengatur semuanya. Sehingga pertemuan zoom, pertemuan 30 menit pertama yang Anda miliki, saya pikir Anda memberikan batas waktu. Ini sangat ketat, jelas, tetapi ini bukan persyaratan untuk melewati seluruh dek jika itu masuk akal, tetapi benar -benar mendapatkan kejelasan tentang apa masalahnya, apa solusinya mengapa Anda dapat mempercayai pendiri, mengapa Anda sebagai pribadi, dapat dipercaya untuk menjalankan pendekatan ini. Dan saya pikir beberapa dasar, misalnya, adalah memastikan bahwa Anda sedang diatur di lingkungan yang Anda sukai. Kedai kopi, tidak berjalan di sana -sini, dan ya, jika ternyata itu satu -satunya waktu yang tersedia, jangan ragu untuk menjadwal ulang atau menemukan waktu lain yang akan Anda sukai karena Anda mendapatkan satu pertemuan pertama dan kemudian Anda tidak pernah mengadakan pertemuan pertama dengan orang itu lagi.

Dan kesan pertama itu sangat penting. Manusia secara psikologis terhubung untuk kesan pertama. Jadi memang begitu, dan kemudian memastikan bahwa Anda memiliki peralatan audio yang baik, memastikan bahwa Anda setidaknya telah melakukan beberapa sesi latihan dan Anda telah merekam diri sendiri. Bagaimana dengan penampilan Anda? Saya pikir itu hal yang baik dan penting. Mintalah seseorang hanya melakukan beberapa lari kering dengan seseorang. Katakan saja, mari kita catat hal ini. Saya akan melempar Anda dan kemudian, saya pikir itu bisa menjadi pendiri lain. Itu bisa menjadi teman. Ini bisa menjadi salah satu pendiri. Ini bisa menjadi rekan setim. Tetapi tujuannya hanya untuk seseorang untuk memiliki benda itu, hal 30 menit itu terpecahkan dan itu sangat dapat dipecahkan karena 30 menit sebenarnya, saya tidak tahu, bagi saya, saya pikir itu seperti wawancara. Ini, Anda dapat melakukan apa saja dalam 30 menit, Anda tahu, jadi, Anda dapat mempersiapkan apa pun yang panjangnya 30 menit.

Apa saja pitches yang Anda rasa bisa dilakukan lebih baik jika bukan karena sesuatu seperti kesalahan teknis atau yang dapat dihindari?

Shiyan Koh: (12:32)

Ya, yang terlintas dalam pikiran kadang-kadang investor datang dengan beberapa pra-pengetahuan, seperti mereka tahu sesuatu tentang industri atau mereka memiliki investasi atau investasi yang gagal di ruang angkasa. Jadi mereka benar -benar memiliki pandangan yang sangat spesifik tentang dunia tempat Anda tinggal, dan mereka ingin pertanyaan -pertanyaan itu dijawab dan mereka mungkin terbuka dengan pertanyaan -pertanyaan itu, yang seperti, hei, senang bertemu, bla, bla, bla. Anda tahu, saya cukup akrab dengan ini. Hal -hal yang paling saya minati adalah A, B, dan C.

Jeremy Au: (12:58)

Ya.

Shiyan Koh: (12:58)

Dan tidak menjawab pertanyaan secara langsung, dan kemudian hanya mencoba untuk melakukan railroad pertemuan di format slide, saya pikir bisa sangat tidak menyenangkan. Karena itu membuang -buang waktu semua orang, kan? Orang itu sudah berkata, saya ingin membicarakan hal -hal ini, dan Anda seperti, ya, dan kemudian saya pergi dan melakukan sesuatu yang lain. Jadi saya pikir meta point sedang mendengarkan apa itu dan mencoba untuk disukai, Anda dapat menjawabnya dalam waktu singkat, katakan seperti, hei, inilah jawaban cepatnya. Dan saya sebenarnya memiliki slide yang membahas poin ini secara lebih rinci. Setidaknya jawab pertanyaan pertama, sebelum Anda mencoba masuk ke hal terperinci. Jadi saya pikir mendengarkan adalah hal penting yang membantu Anda menghindari tergelincir.

Dan kemudian saya pikir hal lain adalah ketika Anda berpikir tentang apa yang diinginkan orang lain, Anda pada dasarnya mencoba membuat mereka menyelaraskan beberapa asumsi utama bisnis Anda. Dan jika Anda tidak selaras dengan asumsi utama, Anda tidak akan melakukan percakapan yang baik. Jadi slide -slide di mana itu seperti, "Dan itu triliunan dolar. Dan saya telah memproyeksikan semua hal ini yang akan terjadi." Oke, bagus, tetapi tidak bermanfaat karena proyeksi Anda adalah karya fiksi umumnya pada tahap awal, dan itu tidak terlalu penting. Seperti apa inti dari, apakah kita percaya masalah ini ada? Ya atau tidak? Apakah kita percaya ini masalah besar? Apakah kita percaya bahwa orang akan membayar masalah ini? Apakah kami percaya bahwa Anda dapat membuat produk yang memperbaiki masalah ini? Itu adalah hal -hal yang Anda coba cari tahu, bukan? Dan setiap industri memiliki keanehan khusus untuk itu, seperti, oh, industri ini sangat terfragmentasi, dan berikut adalah tantangan yang dihadapi orang lain di ruang ini, atau, orang -orang ini sangat lengket karena beberapa alasan struktural yang aneh, dan inilah mengapa orang -orang begitu suka, bagaimana Anda berencana untuk menyelesaikan hal -hal itu? Di situlah Anda ingin memfokuskan percakapan. Anda perlu menggoda apa yang orang lain pikirkan tentang asumsi Anda sehingga Anda dapat mengendarai percakapan dengan cara yang lebih bermanfaat. Dan jika mereka tidak mengatakan apa -apa, saya pikir Anda ingin mencoba mendapatkan beberapa respons karena dengan begitu, Anda tidak benar -benar tahu apa yang mereka pikirkan. Dan di situlah aspek percakapan datang, seperti yang seperti yang kita lihat. Ini mungkin berhubungan dengan perusahaan dalam portofolio Anda dengan cara ini, bla, bla, bla. Ini juga menunjukkan bahwa Anda telah melakukan penelitian tentang portofolio mereka dan, preferensi investasi mereka, hal -hal seperti itu. Saya pikir Anda ingin memikirkannya sebagai siaran sepihak dan lebih sebagai cara untuk mencari tahu apakah orang ini akan menjadi mitra potensial yang baik bagi saya karena kami selaras dengan peluang dan asumsi.

Jeremy AU: (15:12)

Ya, saya pikir itu kembali ke bagian tentang, apakah kita saling percaya untuk memiliki pertanyaan strategis yang mendalam tentang pendekatan model bisnis yang mendasari perusahaan? Dan saya pikir itu terjadi karena pendiri terlalu lengket dengan format. Tidak berpikir itu terlalu dilatih, tetapi mereka rapuh dalam arti bahwa mereka memiliki narasi tertentu tentang bagaimana pertemuan itu harus dilakukan versus apa pertemuan itu sekarang, kan? Dan saya pikir itu adalah momen diskusi yang sangat penting. Dan seperti yang saya katakan, 30 menit, ini sangat dapat dipecahkan. Ini sangat bisa dipersiapkan. Dan pertanyaan -pertanyaan yang akan diajukan para investor, bahkan jika mereka sudah tahu ruang sebelumnya, itu akan sangat mudah. Hei, saya percaya bahwa margin ruangnya sangat sulit. Misalnya, bagaimana pendapat Anda tentang mempertahankan dan membangun margin dan memiliki bisnis yang menguntungkan di ruang angkasa? Itu akan menjadi pertanyaan yang tidak perlu dipikirkan yang mudah-mudahan Anda pikirkan. Bagaimana Anda tampil sebagai seseorang yang dewasa? Siapa yang memahami ruang, tetapi juga menyadari eksperimen dan pembelajaran apa yang perlu dilakukan agar Anda berhasil? Berarti, ini bisa menjadi momen kebenaran yang indah untuk kedua belah pihak, saya pikir satu percakapan menarik yang sering saya miliki, dan kadang-kadang saya mengakhiri percakapan 30 menit itu seperti, hei, ini adalah bagaimana saya akan meningkatkan nada. Tetapi pertanyaan yang lebih penting adalah, ini adalah pertanyaan yang kami miliki tentang bisnis ini. Anda memiliki bisnis dan saya memiliki tentang bisnis.

Jadi pertanyaannya kemudian menjadi seperti, bagaimana kita membuktikan, tidak harus siapa yang benar, meskipun bisa tampak seperti itu, tapi apa yang benar? Apa jalan yang benar? Apa asumsi yang tepat? Dan saya pikir itu juga cara yang baik untuk menyelesaikan 30 menit adalah semacam mengatakan seperti, hei, Jeremy, saya mengerti bahwa Anda berpikir bahwa margin, katakanlah, sulit di ruang ini. Dan Anda skeptis tentang hal itu karena kegagalan masa lalu di ruang yang belum bisa melakukannya dengan pendekatan ini. Apa yang akan saya lakukan adalah, mengapa kita tidak membahas ini? Misalnya, izinkan saya kembali bersamamu. Dan izinkan saya berbicara dengan Anda tentang bagaimana saya pikir margin dapat meningkat selama enam bulan ke depan dan kemudian mari kita bahas lebih lanjut tentang hal itu. Tapi saya pikir menyelesaikan pertemuan itu dengan perasaan yang kuat bahwa tidak apa -apa memiliki pertanyaan. Tidak apa -apa bagi VC untuk memiliki pertanyaan, pertanyaan luar biasa karena Anda tidak dapat menyelesaikan pertanyaan dalam 30 menit, tetapi juga tidak dapat menyelesaikannya juga. Jadi bagaimana kita menjaga langkah selanjutnya sebenarnya adalah cara kunci untuk mengikat 30 menit juga.

Shiyan Koh: (17:07)

Saya pikir itu benar. Hal lain juga, saya pikir dari sudut pandang pendiri, Anda ingin mendapatkan kejelasan tentang proses investor. Jadi pastikan Anda mengajukan pertanyaan di akhir, yang, seperti yang dikatakan Jeremy, hei, sepertinya di sini adalah pertanyaan luar biasa Anda. Inilah item tindak lanjut saya. Dan kemudian pertanyaan saya kepada Anda adalah, seperti apa proses Anda? Apa langkah selanjutnya? Bagaimana kalian bisa mengambil keputusan? Dan informasi lain apa yang mungkin Anda butuhkan dari sisi saya? Sehingga Anda memiliki serangkaian tindak lanjut yang benar-benar konkret setelah Anda menelepon.

Jeremy AU: (17:30)

Ya. Ya.

Shiyan Koh: (17:31)

Adakah horor dari sisi Anda, Jeremy?

Jeremy Au: (17:34)

Ya. Saya pikir kisah horor di pihak saya hanya akan menjadi pengaturan audio yang buruk. Ini hanya kesalahan yang bisa dicegah dan memalukan. Tetapi Anda tahu, jika Anda memiliki penggemar di latar belakang dan Anda memiliki banyak orang berlari di sekitar latar belakang, kadang -kadang itu tidak dapat dihindari, tetapi saya pikir jika Anda mengambil langkah raksasa di sini, Anda mencoba membuat kesan pertama pada seseorang. Jadi Anda ingin memastikan bahwa Anda dapat mengendalikan lingkungan sebanyak mungkin. Jadi, Anda bisa menjadi pelempar terbaik di dunia, tetapi jika orang lain tidak dapat benar -benar mendengar Anda dan itu terlalu mengganggu di latar belakang tentang apa yang terjadi, maka sayangnya, seseorang yang dapat dipahami dalam percakapan, itu akan memiliki kesempatan yang lebih baik, bukan? Saya pikir itu sangat penting untuk benar -benar berinvestasi, hanya komputer dan peralatan audio.

Shiyan Koh: (18:14)

Komputer.

Jeremy Au: (18:15)

Dan saya tidak, maksud saya, saya telah melihat Anda tahu, orang -orang yang komputernya tidak bisa benar -benar berjalan. Sekali lagi, saya hanya mengatakan seperti, bahwa itu bisa menjadi masalah karena, contoh yang saya pikir saya lihat, seperti yang klasik adalah saya memiliki browser baru, saya memiliki zoom, oh, saya tidak bisa mendapatkan tangkapan layar saya untuk bekerja, saya tidak dapat menyajikan slide saya dan dikirim lima menit. Anda tahu, menonton Anda mencari tahu dan berbagi slide Anda. Dan saya seperti, saya melakukan rasa malu, jujur, karena waktunya sangat berharga. Jadi, dapat dimengerti ketika itu terjadi, tetapi saya pikir kita harus mencoba meminimalkannya. Dan di situlah latihan, seperti yang Anda katakan, sangat membantu. Uh, kata nasihat terakhir dari sudut pandang Anda?

Shiyan Koh: (18:48)

Tidak, saya pikir kami membahasnya yang sama seperti, pikirkan apa yang Anda coba capai dan pikirkan tentang apa yang orang lain coba capai dalam rapat dan menyesuaikan komentar Anda untuk memenuhi kebutuhan dan latihan tersebut. Karena saya pikir kadang -kadang ketika Anda terlalu menuju ke bawah, Anda agak lupa bahwa apa yang menurut Anda sangat jelas tentang bisnis Anda mungkin tidak begitu jelas bagi orang lain. Dan itu menemukan level yang tepat untuk melakukan percakapan. Level tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu runcing, tetapi semacam menyerang keseimbangan antara, hei, inilah asumsi intinya tentang mengapa ini adalah kesempatan yang luar biasa. Dan kemudian ada seperti menyelam dalam semua pekerjaan hebat yang telah kami lakukan dan mengapa kami pikir kami memiliki masa depan yang indah di masa depan.

Jeremy Au: (19:22)

Ya. Pada akhirnya, kata -kata pemisahan saya adalah berlatih dan merekam diri Anda karena saya pikir sering ada banyak latihan yang Anda buat di depan, tetapi saya ingat bahwa ketika saya menjadi pendiri di penggalangan dana, saya pikir perbedaan antara, seseorang akan mengembalikan camcorder pada hari itu dan hanya seperti, merekam saya melempar. Dan itu adalah perjuangan besar karena Anda mulai melihat sendiri, saya tidak tahu, bahasa tubuh, alis saya berkedut. Ini adalah pengalaman yang sangat mengecewakan karena saya seperti menawan dan menyajikan poin saya dan kemudian Anda menonton diri sendiri, Anda seperti, bip, bip, boop, seperti badut yang Anda lakukan. Dan saya pikir kesenjangan adalah sesuatu yang harus Anda tutup sebanyak mungkin. Sekali lagi, tidak ada yang mengharapkan Anda menjadi seperti orang super dalam menyajikan nada Anda, tetapi ada begitu banyak hal yang jauh lebih jelas ketika Anda mengawasi diri Anda sendiri, yang bisa sangat sulit untuk diproses.

Pada catatan itu, saya ingin meringkas tiga takeaways besar yang saya dapatkan dari percakapan ini. Pertama -tama terima kasih banyak telah berbagi perspektif Anda tentang pertemuan pertama dan bagaimana hal itu sangat penting dari perspektif investor untuk membuat keputusan tentang apakah akan terus berjalan dan terus menyelidiki dan mengeksplorasi apakah akan bekerja bersama sebagai sebuah tim. Dan sangat penting untuk menjadi bijaksana tentang bagaimana para pendiri harus menyusun waktu mereka.

Kedua, terima kasih banyak telah berbagi sudut pandang teknis, yang harus dipersiapkan oleh para pendiri dalam hal praktik dan merekam diri kita sendiri, dan memastikan bahwa ada rasa pemahaman yang kuat tentang apa yang mungkin diminta atau dapat diminta oleh investor.

Dan terakhir, saya pikir kami sangat banyak membahas tentang apa bingkai yang berbeda. Apakah kita berbicara tentang bisnis ini? Apakah kita berbicara tentang strategi? Apakah kita berbicara tentang vertikal? Apakah kami berbicara tentang Anda sebagai pendiri? Jadi saya pikir ada banyak jenis pertanyaan yang bisa ditanyakan, tetapi pada akhirnya, sepertinya, apakah kita akan bekerja dengan baik bersama, dan haruskah kita menghabiskan banyak waktu bersama dalam 10 tahun ke depan untuk membangun banyak perusahaan bersama? Pada catatan itu, terima kasih banyak. Baiklah. Sampai jumpa, Shiyan!

Sebelumnya
Sebelumnya

Dinamika Pasar Kamboja, Nuansa Kemitraan Lokal & Populasi dan Industri Khmer - E318

Berikutnya
Berikutnya

Ilya Kravtsov: Pasar Properti Indonesia, Asimilasi Budaya & Navigasi Transisi Startup - E316