Jeremy Tan: Cambridge Engineer & Harvard MBA, Founding Tin Men Capital & Fathood Insights - E456
"Menjadi orang tua telah membuat saya menjadi investor yang lebih baik. Ada paralel antara berkomunikasi dengan anak -anak dan terlibat dengan pendiri. Anda tidak bisa hanya mendikte tindakan kepada anak -anak. Demikian pula, pendiri didorong oleh keyakinan dan menolak pendekatan arahan. Saya telah menyesuaikan gaya komunikasi saya untuk menyampaikan pesan sehingga mendarat dengan baik. Ini berbicara kepada para pendiri dan menjadi hubungan yang lebih kolaborasi. - Jeremy Tan
"Sebelum kami mulai penggalangan dana, masing -masing dari kami menuliskan apa yang kami pikir kami dapat berkontribusi secara finansial, dan ketika saya menghitungnya, itu kurang dari 10 juta - jelas bukan awal yang kami harapkan. Mengumpulkan dana pertama kami menantang, terutama di wilayah seperti di sini, di sini, di sini. Diwujudkan kami perlu memperpanjang pencarian kami di luar Singapura, dan untungnya, Harvard Network kami terbukti sangat berharga. - Jeremy Tan
"Aku masih menguasai seni menyulap tuntutan kehidupan, tetapi aku menemukan bahwa jurnal setiap pagi sangat membantu. Aku membutuhkan waktu beberapa menit untuk menuliskan pikiranku dan apa yang aku syukuri, yang membuat aku tidak memikirkan hal -hal yang negatif. Latihan ini benar -benar membingkai pikiranku, aku tetap hidup. Juga mengukir beberapa jam untuk diri saya sendiri - seperti Sabtu pagi ketika saya pergi memancing sebelum membawa anak -anak berenang. - Jeremy Tan
Jeremy Tan , mitra pelaksana dan pendiri Tin Men Capital , dan Jeremy Au berbicara tentang tiga poin utama:
1. Cambridge Engineer & Harvard MBA: Jeremy Tan berbagi perjalanannya dari seorang siswa yang menyenangkan untuk masuk ke pendidikan yang mengubah hidup di Cambridge. Tujuan kehidupan awalnya menjadi insinyur kimia kilang bergeser setelah magang yang sangat penting, yang mendorongnya ke keuangan dengan Morgan Stanley Investment Banking dan kemudian ekuitas swasta. Mendapatkan gelar MBA di Harvard Business School membuka banyak pintu untuknya, terutama dalam membangun jaringan alumni global yang kemudian memungkinkannya untuk mengamankan pendanaan LP awal yang penting untuk dana VC -nya.
2. Modal Pendirian Tin: Jeremy berbagi apa yang mengkatalisasi inspirasinya untuk akhirnya membuat lompatan iman dan meluncurkan dana VC yang berfokus pada startup teknologi B2B di Asia Tenggara. Mengumpulkan dana pertama di pasar VC yang baru lahir sangat menantang, dan ia berbagi perspektifnya tentang bagaimana menjadi sukses sebagai manajer yang muncul. Dia juga berbagi pentingnya memahami industri lokal dan mempertahankan portofolio selektif yang ketat.
3. Wawasan Ayah: Jeremy merefleksikan bagaimana menjadi orang tua memengaruhi bagaimana ia sekarang mengelola kemitraan dalam bisnis. Dia mencatat pentingnya komunikasi dan empati, dan mengadvokasi keseimbangan antara aspirasi pribadi dan profesional. Sama seperti yang terjadi dalam perjalanan transformasi pribadinya dan hubungannya dengan anak -anaknya, pendekatan arahan sering gagal ketika berkolaborasi dengan pendiri.
Mereka juga membahas tantangan awal penyelesaiannya di Cambridge, pengaruh pengalaman masa kecil pada gaya kepemimpinan, dan mekanisme koping pribadinya untuk stres.
Harap teruskan wawasan ini atau undang teman -teman di https://whatsapp.com/channel/0029vakr55x6bieluevkn02e
Didukung oleh Evo Commerce!
Evo Commerce menjual suplemen premium yang terjangkau dan elektronik perawatan pribadi, yang beroperasi di Singapura, Malaysia dan Hong Kong. Stryv Brand menjual produk berkualitas tingkat salon untuk penggunaan di rumah dan menggunakan saluran langsung ke konsumen melalui saluran ritel online dan toko fisik. Bback adalah pemimpin dalam obat mabuk di lebih dari 2.000 outlet ritel di seluruh wilayah. Pelajari lebih lanjut di bback.co dan stryv.co
(01:36) Jeremy AU:
Hei Jeremy, sangat senang memiliki Anda di acara itu.
(01:38) Jeremy Tan:
Hai Jeremy Terima kasih telah menyuruh saya aktif. Senang bisa berada di.
(01:40) Jeremy AU:
Apa yang saya sadari adalah bahwa selama bertahun -tahun, banyak orang telah membingungkan saya untuk Anda, karena kami berdua memiliki Jeremy, kami berdua di VC. Kami berdua pergi ke Harvard untuk sekolah bisnis. Jadi saya pasti mengalami beberapa identitas yang salah.
(01:51) Jeremy Tan:
Astaga. Maksud saya, saya kira itu menyanjung bagi saya kemudian mengingat bahwa saya jauh lebih tua dari Anda. Jadi.
(01:58) Jeremy AU:
Bisakah Anda berbagi sedikit sendirian?
(02:00) Jeremy Tan:
Jadi seperti yang saya katakan, nama saya Jeremy. Saya adalah pendiri dan mitra pelaksana di Tin Men Capital. Modal Tin Men bagi mereka yang tidak mengenal kami, kami fokus secara eksklusif pada B2B Tech. Kami berinvestasi sebagai pra-seri A, Seri A perusahaan yang mereka targetkan industri warisan sebagai pelanggan. Kami berinvestasi dalam bisnis yang sangat efisien modal dan tidak bergantung pada Unicorn untuk mengembalikan dana tersebut. Kami menjalankan portofolio yang terfokus, jadi beberapa orang meminta kami pendekatan PE ke VC. Idenya adalah menjaga portofolio ketat, sangat selektif. Bekerja dengan para pendiri karena ini adalah portofolio yang ketat. Kami mampu melakukannya setelah waktu dan sumber daya. Semuanya sangat penting untuk pasar yang terfragmentasi seperti Asia Tenggara. Secara pribadi, menikah masih menikah, yang merupakan kabar baik. Saya punya dua anak muda dan saya berasal dari Singapura.
(02:45) Jeremy AU:
Anda dan saya, sebelumnya, podcast dimulai dengan menukar catatan pengasuhan anak dan Anda tahu, mendengar bahwa Anda memiliki satu anak, akan melalui seluruh PSLE. Jadi saya harus bertanya kepada Anda, Jeremy, seperti apa Anda di sekolah menengah dan sekolah dasar, sekitar waktu PSLE Anda?
(02:57) Jeremy Tan:
Saya akan mengatakan bahwa guru saya tidak terlalu memikirkan saya. Saya tidak berpikir mereka berpikir bahwa saya akan membuatnya terlalu jauh secara akademis. Sejujurnya, saya main -main. Saya bermain sepak bola. Saya sangat aktif di sekolah. Saya pikir saya benar -benar serius belajar ketika saya mendapat peringatan keras dari ayah saya di primer tiga. Dia, maksud saya, anak -anak hari ini tidak bermain kelereng, kan? Saya bermain kelereng dan saya ketahuan bermain dan kemudian dia memberi saya peringatan keras dan saat itulah saya memutuskan, oke, saya harus sedikit fokus. Maksud saya, untungnya, saya lulus, skor PSLE yang layak dan sampai di sekolah pilihan saya berakhir di sekolah Victoria, tapi saya kira saya tidak belajar pelajaran saya saat itu. Saya terus bermain. Saya bermain dan saya bermain. Saya sangat aktif di sekolah. Saya bersenang -senang. Sekunder 4, pertengahan tahun, saya memiliki 24 poin. Itu adalah subjek dasar. Jadi guru saya mengesampingkan saya dan berkata, lihat, Anda tidak bisa pergi ke JC dengan skor itu. Jadi saya seperti, oke jadi saya pikir saya berjongkok dan mulai bekerja.
Syukurlah mencukur bahwa setengahnya di prelim, tanggal 12, dan dengan afiliasi, dikeluarkan ke VJC dan kemudian untungnya mendapat sembilan poin dan memungkinkan saya untuk tetap bertahan, dan itu sebenarnya benar -benar menggosok karena saya memiliki dua humaniora, satu adalah sejarah dan geografi. Saya kira saya tidak punya waktu untuk mempelajari seluruh buku teks, jadi saya berjudi dan mengambil risiko untuk menemukan pertanyaan yang mungkin keluar. Lakukan itu benar -benar salah untuk sejarah, yang merupakan subjek terbaik saya, mendapat C untuk itu. Dan untungnya, geografi subjek terlemah saya, ternyata A. Saya harus berterima kasih kepada bintang keberuntungan saya. Jadi begitulah.
(04:20) Jeremy AU:
Dan, Anda tahu, Anda membagikan ini, Anda tahu, saya beresonansi banyak dari itu, saya ingin pergi ke Victoria Junior College juga pada hari itu tetapi Anda agak suka membalikkan keadaan, kan? Karena Anda akhirnya pergi ke universitas. Anda juga pergi ke Cambridge pada akhirnya. Jadi bagaimana itu bisa terjadi?
(04:33) Jeremy Tan:
Saya pikir dalam JC, lebih banyak dari melanjutkan, saya masih ingin aktif. Saya adalah penasihat siswa. Saya mendorong pengaturan tim sepak bola pertama, kan? Olahraga yang masih saya mainkan hari ini pada usia 48 tahun, meskipun ada dua operasi, tetapi kami akan membahasnya nanti. Tapi saya tidak suka pengalaman di sekolah menengah di mana saya harus menjejalkan pada menit terakhir.
Jadi saya katakan, saya perlu melakukan beberapa pekerjaan rutin. Jadi saya melakukan cukup banyak untuk tidak harus terjebak dengan kepala sekolah, tetapi pada saat itu, saya juga menyadari bahwa saya ingin keluar dari Singapura dan saya pikir itu adalah fungsi, saya merasa sedikit seperti ketidakcocokan, mengingat pengalaman yang saya miliki di sekolah dan sebagainya. Dan mari kita katakan seperti ini. Saya bukan siswa biasa yang akan duduk di sana dan hanya mendengarkan instruksi. Jadi, melakukan penelitian, jelas nilai penting, bahkan diterapkan pada universitas luar negeri yang baik. Belajar, saya mendapat nilai yang layak. Saya adalah seorang siswa bintang. Saya tidak mendapatkan makalah dan sebagainya, jadi dua setengah tahun di Angkatan Darat, saya menghabiskan banyak waktu untuk mencoba meneliti, berlaku untuk universitas dan sebagainya. Dan benar -benar kebetulan saya masuk ke Cambridge. Saya mengatakan itu karena itu adalah tahun terakhir saya di Angkatan Darat dan seseorang yang saya tidak tahu berjalan di kantin kamp tentara dan berkata hei, tenggat waktu akan jatuh tempo dalam beberapa hari. Mengapa Anda tidak melamar? Saya seperti, oke, Anda tahu, seperti Happy Go Lucky dan diterapkan, ambil -buang rekomendasi, dipanggil untuk ujian masuk dan memikirkan Anda, ketika saya berjalan ke, itu diadakan di Huaqiang Junior College, ketika saya berjalan ke aula, itu semua siswa di puncak persiapan mereka untuk level. Saya menghabiskan dua tahun terakhir dalam kamuflase berlari naik turun bukit. Saya benar -benar lupa semua konsep fisika dan matematika saya. Jadi saya melakukan apa yang bisa saya lakukan, mengeluarkan catatan saya dari JC, sekali lagi mencoba menemukan pertanyaan, dan untungnya melakukan cukup baik untuk melewati, wawancara Warren, dalam wawancara yang bisa saya dengar, itu diadakan di lapangan basket, dan salah satu rekan saya yang cukup menonjol, saya tidak akan menyebutkan nama dia, ada di sisi lain pengadilan bola basket.
Dia ditanya, bagaimana manuver pesawat ulang -alik di luar angkasa, saya dengan cepat mencoba melakukan manuver percakapan dengan pewawancara ke masa -masa tentara saya, dan untungnya dia mengambil umpan dan lebih tertarik pada pengalaman tentara saya dan bertanya kepada saya tentang apa pun tentang teknik kimia, yang merupakan apa yang saya lamar. Singkat cerita, saya masuk tetapi kemudian ada pertanyaan kedua, yaitu, bisakah kita membelinya? Orang tua saya tidak datang, saya tidak datang dari cara dan pada saat itu, pound sangat kuat, bukan? Jadi tanpa beasiswa, saya tidak bisa masuk. Jadi saya bergegas, saya melamar, jelas saya tidak beruntung dengan beasiswa Singapura kecuali untuk satu beasiswa Angkatan Darat, tetapi untungnya, pemerintah Inggris memberi saya beasiswa parsial yang membayar sebagian besar biaya dan ayah saya melangkah dan dengan itu, saya memiliki hak istimewa untuk menghadiri Cambridge dan saya akan mengatakan bahwa saya akan berubah.
(06:59) Jeremy AU:
Luar biasa. Bagaimana Cambridge mengubah hidup Anda?
(07:01) Jeremy Tan:
Saya berpikir dalam banyak hal. Pertama -tama, pertama kali saya bepergian dengan pesawat sebenarnya adalah di pesawat di Angkatan Darat ke Brunei dan pertama kali tinggal di luar negeri dengan benar benar -benar pergi ke Cambridge. Sejujurnya, ini adalah kejutan budaya, jujur saja. Saya ingat berjalan, menemukan jalan ke London dan dari London, ke Cambridge dan kemudian menemukan kuliah saya dan berjalan, kemudian mencoba meminta petunjuk arah dari kantor penerimaan dan sebagainya.
Ada wanita Inggris yang baik di sana. Dan dia berkata kepadaku, pemuda, pemuda, melambat. Saya tidak mengerti apa yang Anda katakan. Saya tidak melakukannya, itu menyadarinya berkali -kali, kami orang Singapura umumnya berbicara dengan sangat cepat dan tidak mengucapkan kata -kata kami. Itu sendiri merupakan kejutan budaya bagi saya. Dan cuaca, maksud saya, keluar jam 4 sore dan gelap. Hanya saja tidak, sebagai anak laki -laki yang tumbuh di Singapura yang cerah, saya hanya depresi, kan? Hal -hal sederhana seperti makanan, sayuran, umumnya matang, kuning, bukan hijau, bukan? Jadi saya sering kehilangan rumah dan dengan cuaca dingin mengaturnya, saya sering kehilangan rumah. Dan itu tidak membantu ketika saya membuat keputusan juga, ada populasi besar warga Singapura dan Malaysia di Cambridge. Saya telah membuat keputusan bahwa saya datang jauh -jauh ke sana. Aku tidak hanya akan bergaul dengan mereka. Apa gunanya? Jadi saya awalnya mengalami kesulitan untuk menemukan, untuk mengintegrasikan diri saya.
Dan kemudian bagian kedua juga, itu adalah akademisi, kan? Saya ingat ujian pertama saya, saya melihat, saya menatap kertas selama 45 menit karena tumbuh di Singapura, pada saat Anda mengikuti ujian besar, Anda selesai seri 10 tahun, kan? Pertanyaan 5, apa yang akan muncul, kan? Cara mereka mengatur kertas Cambridge, pertanyaan -pertanyaan itu, mereka tidak mengulangi. Mereka tidak terlihat sama. Jadi saya terkejut, kan? Saya tidak melakukannya dengan baik di tahun pertama. Saya mendapat komentar yang sangat sarkastik dari profesor saya. Jadi semua itu membentuk tahun pertama saya. Itu sulit. Jadi apa yang saya lakukan? Maksud saya, untungnya, saya cukup pandai sepakbola saat itu dan bahwa saya bermain untuk kuliah, dan itu memungkinkan saya jalan melalui olahraga sebagai bahasa umum untuk diintegrasikan dengan penduduk setempat, kan? Mereka senang mereka memiliki pemain yang bagus. Kami nongkrong, setelah pertandingan, sambil minum dan bir. Apa yang tidak pernah bisa saya lakukan adalah minum bir, bir hangat dengan makanan dan kari India. Itu sesuatu yang sangat bahasa Inggris, tetapi saya tidak pernah bisa mengerti itu, tetapi itu benar -benar membantu saya berintegrasi. Jadi itu bagus.
(09:03) Jeremy Tan:
Saya pikir kemudian, Cambridge dari sudut pandang akademik mengubah hidup saya dalam beberapa cara. Satu, cara mereka pergi tentang pengaturan kertas, mereka tahu pada saat Anda meninggalkan uni, teknologi akan berubah, tetapi apa yang tidak akan berubah adalah prinsip pertama. Jadi pertanyaan -pertanyaan itu diatur sehingga Anda bisa, meskipun pertanyaannya terlihat berbeda, Anda dapat kembali pada prinsip -prinsip pertama. Dan bagi saya telah melayani saya dengan sangat baik dalam hidup, bukan? Jadi, setiap kali saya menemukan suatu situasi, terutama sekarang, Anda tahu perjalanan wirausaha saya, pada pria timah, Anda akan bertemu banyak situasi di mana Anda belum pernah melihat sebelumnya. Ini adalah pelatihan dan kepercayaan diri untuk kembali ke prinsip -prinsip pertama. Itu benar -benar melayani saya dengan baik, kan?
Tapi secara terpisah, Cambridge telah terbuka, memperluas cakrawala saya dan membuka pintu. Sejujurnya, maksud saya tanpa nama itu, saya tidak akan mendapatkan pekerjaan pertama saya atau mungkin lebih sulit untuk mendapatkan pekerjaan pertama saya. Membuat saya bertemu teman -teman yang masih saya hubungi, yang sekarang telah melakukannya dengan sangat baik dalam hidup, ini adalah jaringan yang kuat. Dan sejak saat itu, lintasan saya benar -benar lepas karena itu membuat saya mendapatkan pekerjaan di bank internasional seperti Morgan Stanley, yang membawa saya ke empat kota di seluruh dunia. Jadi saya selalu melihat ke belakang dengan sangat sayang dan sebagai orang keuangan saya selalu melihat ROI tentang itu dan itu adalah ROI yang sangat kuat.
(10:16) Jeremy AU:
Dan yang menarik adalah apa yang Anda katakan adalah Anda memilih untuk menjadi mahasiswa, menikmati, mengintegrasikan, dan kemudian pada kelulusan atau ketika Anda meningkatkannya, Anda memilih untuk pergi ke Morgan Stanley dan juga rute keuangan. Bisakah Anda berbagi tentang apa yang membuat keputusan Anda saat itu?
(10:30) Jeremy Tan:
Ya pada usia 14, percaya atau tidak, saya memiliki visi yang sangat berbeda untuk menjadi insinyur kilang. Itu sangat jelas di kepalaku. Saya memberi tahu guru saya bahwa saya ingin mengejar teknik kimia. Saya pikir ini adalah musim panas kedua saya di Cambridge, saya berhasil mengamankan magang dengan ExxonMobil di Singapura, Pulau Jurong. Jadi saya ingat momen penting ketika saya memanjat kolom distilasi. Ada kolom yang sangat panjang di mana distilasi terjadi, dan topi keras saya dan sepatu kaki panas itu, saya sedang memanjat di bawah terik matahari. Saya ingat sedang naik, ini bukan untuk saya. Saya melihat kesulitan, tetapi Anda tahu, saya pikir itu adalah informasi di sekitarnya yang saya kumpulkan dari pengalaman itu.
Saya melihat para insinyur di sana yang hidup di sana. Mereka sangat pandai dalam apa yang mereka lakukan. Dan yang lebih penting, mereka sangat bersemangat, dan saya tahu saya tidak memiliki hasrat setidaknya, bukan? Jadi itu berbicara kepada saya. Dan saya menyadari bahwa, oke, minat saya benar -benar terletak pada pandangan yang lebih makro tentang bagaimana bisnis dijalankan, berinvestasi, dan sebagainya. Jadi setelah musim panas itu, saya berputar. Ada dua jenis perusahaan yang sangat banyak merekrut di kampus. Salah satunya adalah perbankan investasi. Dan yang lainnya adalah konsultasi. Saya mengeksplorasi rute konsultasi, menyadari bahwa itu bukan secangkir teh saya, maksud saya, saya perlu melihat sesuatu yang lengkap dan rekomendasi diadopsi dan sebagainya, perbankan investasi menarik bagi saya, dan pemikiran keuangan, keuangan tinggi, bekerja dengan perusahaan besar, mampu berinteraksi dengan c-suites dan sebagainya, dengan bantuan banyak jiwa yang baik yang telah turun. Saya dapat mengarahkan kembali pemikiran saya sebagai insinyur untuk kemudian mempersiapkan diri untuk mewawancarai bank investasi tanpa jelas memahami apa pun tentang keuangan. Jadi begitulah cara saya berputar.
(12:04) Jeremy AU:
Jadi Anda mengambil pekerjaan ini di Morgan Stanley dan Anda memiliki waktu angin puyuh tepat di empat kota yang Anda sebutkan. Dan kemudian Anda memilih untuk pergi dan mencari MBA Harvard.
(12:13) Jeremy Tan:
Ya. Jadi Morgan Stanley membawa saya lebih dulu ke Hong Kong, lalu ke Singapura. Dan kemudian pada akhir tahun kedua saya, saya menerima telepon dari seseorang yang dulu bekerja dengan saya di Morgan Stanley yang pindah ke New York. Dia berkata, lihat kita membutuhkan analis tahun ketiga. Maukah kamu datang? Dan saya melompat pada kesempatan itu. Jadi itu membuat saya bekerja di Anda tahu pusat keuangan dunia. Kenapa tidak, kan? Dan mari kita pergi meskipun saya tidak pernah tinggal di New York sebelumnya tapi mari kita pergi. Jadi saya pergi ke sana. Anda benar -benar bersenang -senang. Dan transaksi, saya mengerjakan IPO dari Chicago Mercantile Exchange.
Pada saat itu, bank investasi memberhentikan orang. Dan tepat sebelum pertunjukan jalan, VP saya diberhentikan. Dan kemudian saya terjebak dengan klien di roadshow. Dan klien ini dari Midwest, saya sama sekali tidak memiliki kesamaan dengan mereka. Mereka berbicara tentang sepak bola, tetapi sepak bola yang berbeda. Kanan? Ini sepak bola di tangan mereka. Dan tidak ada bahasa yang umum. Tapi saya berkata pada diri sendiri, oke, mari kita kembali ke prinsip pertama. Apa yang bisa saya kembalikan? Jadi saya katakan, lihat, mari kita mengenal mereka secara pribadi. Jadi selama dua minggu, saya mengenal ketua secara pribadi, bertanya tentang keluarga mereka, benar -benar tertarik pada kehidupan mereka. Dan melalui itu, saya benar -benar menerobos hambatan dan saya memenangkan kepercayaan mereka. Pada saat itu, saya pikir itu setengah jalan melalui IPO, ketua, di atas beberapa Budweiser Light, yang merupakan bir yang mengerikan, omong -omong, memberi saya tawaran pekerjaan. Dia berkata, mengapa kamu tidak datang dengan kami di Chicago? Anda membantu kami membuka Asia. Jadi saya melompat pada kesempatan itu karena untuk mengambil transaksi untuk membuahkan hasil dan kemudian bergabung dengan mereka untuk pergi ke bisnis, sesuatu yang menarik bagi saya, jadi saya melakukan itu. Mereka sadar bahwa beberapa hal, kekuatan memiliki jaringan yang kuat, ini adalah contoh klasik. Anda harus mengenal ketua. Mereka menyukai Anda, mereka menyukai pekerjaan yang Anda lakukan. Yang membedakan saya dari resume lain adalah ada hubungan pribadi dan saya ingin memiliki jaringan itu. Dan satu -satunya alasan mengapa saya melamar ke sekolah bisnis adalah karena saya ingin akses ke jaringan. Jadi karenanya, saya melamar ke beberapa sekolah. Untungnya, saya masuk ke satu, Harvard Business School. Dan itu mengatur perjalanan saya ke HBS.
(14:03) Jeremy AU:
Luar biasa. Seperti apa pengalaman di HBS?
(14:05) Jeremy Tan:
Saya melakukan beberapa hal. Saya mengatakan ini kepada banyak orang segar yang baru saja masuk ke sana, akan memasuki sekolah. Saya tidak cukup menikmati tahun pertama. Setidaknya pasti, beberapa bulan pertama tahun pertama. Anda merasa bahwa semua orang berkafein berlebihan atau pada steroid karena ada kecemasan untuk membuktikan diri, sebagai kecemasan untuk ingin bertemu sebanyak mungkin orang yang Anda bisa dan tidak kalah. Ada fomo di sana. Jadi sebagai hasilnya, interaksi semuanya sangat sementara. Hai, bye, apa yang kamu lakukan? Dan kemudian Anda bisa melihat di mata mereka, mereka melakukan perhitungan. Apakah Anda berguna untuk saya? Dan sebagainya. Dan kemudian mereka melanjutkan. Untuk seseorang yang menghargai hubungan yang mendalam, itu tidak menyenangkan bagi saya.
Itu berubah, saya pikir itu kemudian pada akhir tahun pertama dan tahun kedua di mana semua orang tenang. Saya memang membentuk beberapa hubungan yang sangat, sangat bagus yang masih saya pertahankan hari ini. Karena metode studi kasus adalah Sokrates. Banyak nilai Anda tergantung pada seberapa banyak Anda berbicara di kelas dan membawa poin kuat. Saya berjuang dengan itu dalam beberapa bulan pertama, karena saya melihat semua orang di sekitar kita, terutama orang Eropa, Amerika, mereka terdengar sangat fasih, disatukan. Poin terdengar sangat kuat. Dan saya duduk di sini berpikir, saya hanya tidak punya poin untuk dibuat. Tetapi, ketika saya mengenal teman sekelas saya dalam percakapan yang lebih dalam, saya menyadari bahwa sebenarnya, saya tahu sebanyak mereka, jika tidak lebih dari mereka. Dan perspektif yang berbeda untuk dibawa, mengingat bahwa saya adalah siswa internasional dan ada minat di Asia dan sebagainya. Jadi itu memberi saya keberanian untuk berbicara, akhirnya, dan untuk membawa poin -poin saya. Dan saya akan mengatakan bahwa dari semua set keterampilan yang saya peroleh di sekolah bisnis, itu salah satu yang lebih penting karena mampu mengartikulasikan pikiran Anda dengan ringkas dan ringkas sangat berguna ketika saya bergabung kembali dengan tenaga kerja. Saya pikir banyak dari kita memiliki ide bagus, tetapi bagaimana Anda mengomunikasikan ide -ide Anda penting untuk memberdayakan orang, untuk meyakinkan para pembuat keputusan dan pengikut untuk membantu memenuhi visi Anda.
Itu komunikasi. Jadi itu salah satu set keterampilan utama dan takeaway yang saya ambil dari HBS. Secara keseluruhan, dua tahun, saya memiliki pengalaman yang sangat bagus. Saya membuat beberapa jaringan yang sangat kuat. ROI, saya akan mengatakan, ada kurva J yang besar, saya katakan, dibandingkan dengan Cambridge. Tapi saya katakan ketika Anda menjadi lebih senior, jaringan menjadi lebih kuat dan saya akan mengatakan bahwa, pria timah, penggalangan dana akan jauh lebih sulit tanpa jaringan Harvard.
(16:12) Jeremy AU:
Bagaimana jaringan telah membantu Anda?
(16:14) Jeremy Tan:
Dalam banyak hal kecil, setelah Harvard, saya bekerja dua tahun di Bulge Bracket PE Fund di Boston. Mereka hanya mempekerjakan satu per kohort. Jadi sangat eksklusif. Di bagian saya, ada teman sekelas yang bekerja di sana. Jadi itu sangat membantu. Itu memang memahami budaya. Agar pewawancara tahu lebih banyak tentang saya di luar slot wawancara dan sebagainya. Dan saya sangat senang bahwa saya memiliki kesempatan untuk bekerja di sana. Pada tahun 2008, ketika saya memutuskan untuk kembali ke Singapura, saya memutuskan untuk kembali karena saya melihat pertumbuhan di sini dan juga jujur setelah 10 tahun di luar negeri, dari keinginan untuk keluar dari Singapura, saya tidak memiliki konteks untuk mengatakan saya ingin pulang. Ini Harapan, kan? Saya pindah kembali tanpa pekerjaan. Saya baru saja naik pesawat dan pindah kembali dan dalam beberapa bulan, sebenarnya beberapa minggu, saya mendapat referensi, obrolan kopi, ada banyak minat dalam hal orang yang ingin disewa. Dan ingatlah, itu tahun 2008, pasca Lehman meledak dan pengaturan GFC.
Dan kemudian, melalui itu, saya mendaratkan banyak dari ini, melalui jaringan Harvard. Dan kemudian saya mendapatkan pekerjaan saya dan kemudian sisanya adalah sejarah. Dan saya pikir sepanjang jalan, pria timah yang maju cepat. Beberapa piringan hitam jangkar kami berasal dari Harvard Network dan itu karena mereka telah melihat, dalam hal ini, saya selama bertahun -tahun dan itu membangun kepercayaan dan mereka memahami orang yang mereka dukungan. Jadi itu juga sangat membantu. Tetapi juga dalam kehidupan sehari -hari, ketika Anda membutuhkan seseorang untuk menelepon, seseorang untuk memahami sedikit tentang industri tertentu dan sebagainya, semua yang membantu.
Di pihak pribadi, Anda ingin bepergian ke, saya tidak tahu, Australia, untuk bekerja atau ke AS atau Eropa, Anda baru saja memposting dalam grup WhatsApp. Hei, aku datang dan siapa yang ada, dan kemudian kau tahu, selalu ada teman sekelas dan selalu baik dan katarsis untuk mengejar ketinggalan. Seolah -olah kita tidak pernah berhenti berbicara satu sama lain. Jadi di banyak tingkatan, saya pikir itu adalah jaringan yang indah untuk dimiliki.
(17:49) Jeremy AU:
Dan yang menarik adalah bahwa Anda berbagi tentang pengalaman Anda karena Anda pindah dari investasi perbankan menjadi seperti tindak lanjut. Dan sekarang Anda melakukan lebih banyak dari ekuitas pribadi dan aset pribadi ini, dan kemudian Anda melakukan M&A. Jadi bagaimana Anda membuat transisi untuk mengatakan ini adalah modal ventura dan teknologi sebenarnya adalah subset yang lebih menarik atau set yang ingin Anda kejar?
(18:09) Jeremy Tan:
Ya, jadi mungkin mari kita bicara sedikit tentang apa yang saya lakukan sebelum mendirikan pria timah untuk memberikan konteks. Jadi saya bergabung kembali dengan Morgan Stanley pada 2008 dan saya membantu mendirikan Meja Investasi Utama untuk komoditas. Morgan Stanley jelas memiliki platform perdagangan yang hebat, tetapi saya tidak berdagang. Saya mengirimkan ini ke pedagang. Pekerjaan saya adalah berinvestasi dalam aset keras sehingga kami bisa meminjamkan uang ke tambang batubara pra-produksi dan mereka akan membayar kami kembali dengan komoditas yang mendasarinya dengan diskon dan kemudian pedagang saya dapat berdagang di sekitarnya. Menghabiskan beberapa bulan di daerah terpencil di Australia membangun tangki penyimpanan untuk diesel.
Jadi saya melakukan itu selama lima, enam tahun bertepatan dengan siklus super yang bagus untuk komoditas. Kemudian saya pergi karena menjadi semakin sulit karena bank menjadi lebih diatur. GFC diburu oleh Trafigura, yang merupakan salah satu perusahaan perdagangan minyak terbesar di dunia. Judul di sana sangat terpukul untuk investasi untuk Asia Pac dan Timur Tengah. Mereka sangat jauh ke pasar negara berkembang, Afrika. Mereka ingin melakukan hal yang sama di wilayah ini. Kesepakatan pertama yang kami investasikan adalah di Papua New Guinea, tahun lalu di Pakistan, begitu pasar yang sangat perbatasan. Melalui perjalanan itu, dengan komoditas dan dengan input faktor umum yang mendasarinya saat kami memasok ke perusahaan konstruksi perusahaan logistik rantai pasokan, perusahaan pengiriman produsen, dan sebagainya juga pertanian.
Jadi semua ini adalah apa yang saya sebut industri lama di Asia Tenggara, dan mereka juga merupakan bagian besar dari PDB. Dan saya perhatikan, saya membentuk pemahaman hubungan yang mendalam tentang sektor ini tetapi juga saya perhatikan bahwa sektor -sektor ini, mereka perlu mendigitalkan. Anda berurusan dengan kadang -kadang ratusan juta kargo dan semuanya ada di seluruh email dan pena dan kertas. Jadi itulah yang saya amati. Dan kemudian sepanjang jalan, saya mulai berinvestasi dalam penawaran malaikat. Pertama dengan mendukung beberapa teman sekelas kami dari Harvard, membantu mereka menghancurkan Asia. Dan saya ketagihan. Saya bangun jam 6 a. M, yang saya miliki hanyalah ekuitas saya, mencoba menjembatani panggilan antara LA dan New York. Dan saya hanya menyukai alih -alih hanya memindahkan angka, kami sedang membangun sesuatu. Dan itu bagi saya sangat membangkitkan semangat. Itu sangat menginspirasi. Saya suka ide mengganggu para pemain lama. Jadi itulah rasa VC pertama, tetapi itu juga membuat saya kursi baris depan dari apa yang terjadi di sekitar Asia Tenggara.
(20:03) Jeremy Tan:
Seiring 2016, 2017, saya juga datang ke persimpangan dalam karir saya. Saya ditawari promosi untuk menjalankan fungsi secara global di Jenewa dengan jalan yang jelas menuju pertumbuhan di dalam saya selalu berbicara tentang memulai barang -barang saya sendiri. Saya pikir istri saya secara khusus muak mendengar saya mengatakannya tanpa melakukannya dan saya pikir sudah waktunya untuk membuat keputusan. Jadi sekitar waktu itu, peristiwa yang mengubah hidup terjadi. Ayah saya meninggal secara tak terduga dan itu adalah momen yang sangat sulit bagi saya untuk melakukan seseorang yang telah mendukung dan memberi saya kesempatan dalam hidup dan itu sadar, saya tahu itu klise, tetapi hanya ketika Anda kehilangan sesuatu yang berharga, Anda benar -benar menginternalisasi bahwa hidup ini singkat. Saya pikir semua itu dalam kombinasi membuat saya mengatasi apa yang menahan saya, yang merupakan ketakutan akan kegagalan, untuk memulai barang -barang saya sendiri. Jadi dengan itu, kami kemudian memulai kemudian saya bertemu Muli, pasangan saya, dan banyak hal yang diklik. Dia sudah siap. Saya sudah siap. Nilai -nilai kami sangat selaras. Kami berdua buatan sendiri. Kami berbagi nilai integritas dan transparansi. Kami berdua pemikir prinsip pertama juga. Dan kemudian kami menghambat apa yang kami lihat di Asia Tenggara. Dan tesis yang kami miliki dan apa yang bisa kami tawarkan, itu adalah pertandingan jadi untuk pertama kalinya, kepala, kepala, hati dan usus sejajar. Dan saya hanya tahu saya harus melakukannya.
Jadi transisi itu, lalu saya menolak promosi dan memulai memulai pria timah dan, sudah tujuh tahun. Jadi begitulah.
(21:25) Jeremy AU:
Wow. Dan bagaimana rasanya Anda mengumpulkan dana pertama itu, karena, Anda benar -benar bagian dari gelombang dana VC yang hampir pertama atau penggalangan dana di Asia Tenggara. Jadi pasar baru, tesis baru. Bagaimana rasanya saat itu?
(21:38) Jeremy Tan:
Sebelum kami memulai penggalangan dana, kami masing -masing menulis di selembar kertas betapa kami pikir kami dapat membawa ke meja dan saya menambahkan nomornya .. itu seperti, Ya Tuhan, itu kurang dari 10 juta. Ayo tahu, itu bukan awal yang baik. Tapi bagaimanapun, itu sulit. Saya berbicara tentang melompat, tetapi sulit untuk mengumpulkan dana pertama. Ini sangat sulit, dan dengan melihat ke belakang, saya pikir itu berfungsi beberapa hal. Nomor satu, tidak seperti pasar seperti AS, Cina, India, pemadatan, tahap pembangunan masih cukup baru di sini, secara relatif berbicara. Itu juga berarti bahwa jenis LP yang akan mengalokasikan atau memahami modal ventura, itu sangat terbatas. Jujur saja, bukan? Dan kemudian kami cukup cepat menemukan bahwa kami perlu melihat ke luar Singapura, jadi untungnya jaringan Harvard diklik dan seterusnya. Dan dan kami mendapat jangkar pertama LP LP kedua LP dan kemudian apa yang kami sukseskan juga adalah LP strategis dari wilayah ini yang telah bekerja dengan kami sebelumnya. Dan kami sengaja mengatur untuk LPS strategis karena saya tahu mereka sedang mendigitalkan. Mereka tidak ingin menjalankan CBC mereka sendiri. Mereka memandang kami sebagai pos terdepan bagi mereka. Jadi semua klik itu dan kami telah menggunakannya karena startup kami pergi ke pasar melalui mereka. Ini pertandingan yang bagus.
Jadi sejak saat itu kami mulai membangun dan membangun. Dan kemudian, dapat menemukan satu ukuran dana, dan kemudian kami mulai menggunakan, dan untungnya memiliki hasil yang baik dan dan kami membangun dari sana.
(22:51) Jeremy AU:
Bisakah Anda berbagi tentang waktu yang secara pribadi Anda berani?
(22:53) Jeremy Tan:
Ya. Saya akan mengatakan, kembali, menyiapkan pria timah. Izinkan saya menguraikan sedikit tentang itu. Saya berbicara tentang ketakutan akan kegagalan. Jika Anda ingat, ayah saya, buat perbedaan untuk Cambridge. Ini bukan jumlah yang kecil. Dan itu adalah waktu, '97, 2000, di mana krisis Asia terjadi dan poundnya, katakan saja 12 bernyanyi dolar untuk mendapatkan sepiring beras bebek di Inggris. Itu menempatkan dia dan bisnisnya di bawah banyak stres, dan kami mengalami masa -masa yang sangat sulit, dan itu selalu memiliki bekas luka yang dalam, secara emosional bagi saya. Dan saya membawa bekas luka selama bertahun -tahun karena takut akan kegagalan dan tindakan memulai pria timah. Saya harus benar -benar mengatasi ketakutan akan kegagalan. Apa yang akan dipikirkan teman -teman saya tentang saya? Bisakah saya mendukung keluarga saya? Bisakah saya melakukannya? Ini adalah hubungan yang saya, saya kira memiliki penguasaan sekarang sebelum saya melakukan lompatan. Jadi jika saya melihat ke belakang, itulah salah satu hal yang Anda tahu secara emosional dan sangat sulit bagi saya, tetapi untungnya saya melakukannya.
(23:44) Jeremy AU:
Mengapa Anda menggambarkannya sebagai bekas luka?
(23:46) Jeremy Tan:
Ini bekas luka karena pada usia muda, saya harus masuk dan membantu mendukung keluarga juga. Tanpa terlalu banyak detail, itu adalah masa yang sangat, sangat sulit. Kita berbicara tentang stres finansial dan sebagainya. Dan pada suatu titik, menjadi orang muda, baru memulai karier Anda dan saya adalah putra tertua. Jadi rasanya saya adalah fallback terakhir. Jadi itu adalah banyak stres dan hutang, rasa sakit yang saya kaitkan dengan episode tertentu dalam hidup saya. Dan tanpa sadar, saya membawanya dan mengejar uang dan nama -nama besar dan keamanan itu dan pikiran untuk keluar sendiri, tidak memiliki jaring pengaman dan dengan bekas luka dan pengalaman yang sangat emosional, saya telah membuat keputusan untuk memulai jalur wirausaha yang tidak pasti. Sangat sulit. Secara emosional sangat menguras tenaga.
(24:26) Jeremy AU:
Bagaimana Anda menjaga diri sendiri saat sangat mengering?
(24:29) Jeremy Tan:
Pertanyaan yang sangat bagus. Saya masih belajar menyulap, tetapi yang saya lakukan setiap pagi adalah saya jurnal. Saya menghabiskan beberapa menit, tuliskan pikiran saya, tuliskan hal -hal yang saya syukuri karena saya tahu bagaimana pikiran saya bekerja. Itu cenderung fokus pada hal -hal negatif dan hanya memiliki waktu itu untuk hanya fokus pada apa yang telah hilang. Itu sangat mendarat bagi saya. Istirahat kecil di sepanjang jalan, katakan saja hal -hal sederhana. Anda berada di taksi. Anda melakukan pernapasan dalam. Dan saya berolahraga setiap hari. Jadi olahraga memang memberi saya pengangkatan dan penangguhan hukuman karena tidak harus memikirkan pekerjaan. Akhir pekan, umumnya saya mematikan dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan anak -anak dan mengukir hanya beberapa jam hanya untuk bertemu, untuk diri saya sendiri karena akhir pekan sebenarnya Anda mengirim anak -anak. Jadi yang saya lakukan adalah bangun pagi -pagi sekali. Rutinitas saya adalah hari Sabtu, saya pergi untuk memancing. Beberapa jam sebelum saya mengambil anak -anak berenang, sehingga menjadi bagian dari berada dengan alam dan sebagainya, bagi saya membantu saya membangkitkan diri.
(25:20) Jeremy AU:
Anda berbagi tentang bagaimana orang tua Anda memainkan peran penting dalam hidup Anda. Bagaimana menjadi orang tua mengubah refleksi Anda tentang pengalaman pribadi Anda dan ingatan itu?
(25:30) Jeremy Tan:
Ini yang menarik. Setelah menjadi orang tua, saya pikir itu mengembalikan apa yang biasa dikatakan ibu saya, yang lain kali Anda memiliki anak -anak Anda sendiri, Anda akan mengerti. Tentu saja, saya tidak akan pernah memberi tahu dia bahwa saya mengerti sekarang, tapi saya kira itu adalah citra cermin dari Anda. Mereka adalah cermin untuk diri sendiri, pemberontak, pertanyaan kembali dan sebagainya, mereka pada dasarnya mencerminkan, mereka pada dasarnya mencerminkan Anda kepada diri sendiri dan sangat merendahkan bahwa Anda tahu agar Anda melihat, bagi saya untuk melihat apa yang bisa saya ubah dan melakukan lebih baik sebagai panutan bagi mereka. Saya harus mengubah juga cara saya menjadi orang tua. Ketika saya dibesarkan, ada rumah tangga dengan tongkat. Itu masih dimaafkan pada saat itu, tetapi sekarang berbeda. Berteriak juga tidak membantu. Cobalah untuk memperbaiki bagaimana saya menjadi orang tua, ke cara -cara baru mengasuh anak telah menantang bagi saya. Dan itu telah mengubah saya juga.
(26:17) Jeremy Tan:
Menjadi orang tua juga membuat saya menjadi investor yang lebih baik dan berikut adalah alasan mengapa. Bagi saya, berbicara dengan anak -anak memiliki kesamaan dengan berbicara dengan pendiri. Coba beri tahu anak -anak Anda apa yang harus dilakukan. Itu tidak berhasil, bukan? Dan pendiri, alasan mengapa mereka berada di jalan ini adalah karena mereka memiliki keyakinan. Memberitahu mereka apa yang harus dilakukan tidak duduk dengan baik, jadi saya telah menyesuaikan gaya saya dan komunikasi saya untuk menyampaikan pesan sehingga mendarat dengan baik. Ini berbicara kepada para pendiri dan menjadi hubungan yang lebih kolaboratif. Jadi semua itu, Anda tahu telah membuat saya menjadi orang yang lebih baik.
Saya pikir akhirnya ini, ketika Anda menggendong anak pertama saya di tangan saya, saya mengalami waktu yang sangat menegangkan di tempat kerja tetapi kemudian Anda menyadari, ada hal -hal yang lebih penting dalam hidup seperti ketika anak Anda jatuh sakit, itu adalah sesuatu yang patut dikhawatirkan. Sisa barangnya adalah barang kecil, bukan? Jadi semua itu, itu adalah bagaimana pengasuhan dan menjadi orang tua telah membentuk saya, dan terus membentuk saya.
(27:04) Jeremy AU:
Dan pertanyaan terakhir adalah, jika Anda dapat melakukan perjalanan kembali ke masa yang lebih muda ketika Anda akan duduk untuk PSLE Anda, Anda memiliki mesin perjalanan waktu, jika Anda minum kopi dengan diri Anda yang lebih muda, apa yang akan Anda katakan?
(27:14) Jeremy Tan:
Pada usia itu, saya pikir saya tidak akan mengubah apa yang telah saya lakukan. Maksud saya, saya telah melakukan cukup banyak untuk melewati dan seterusnya, saya pikir pada usia 19, ketika saya berada di Angkatan Darat, saat itulah saya beralih secara mental dari Happy Go Lucky to I HARUS SERIUS DALAM HIDUP SAYA, tetapi saya pikir saya mengayunkan pendulum ke ujung lain, menjadi sangat stres, menjadi sangat serius dan semuanya karena itu karena saya punya banyak hal yang harus kalah di sini.
Orang tua saya membayar untuk ini. Saya lebih baik memastikan bahwa saya menyelesaikannya dan sebagainya. Semua bobot itu, saya akan kembali saat itu dan mengatakan pada diri sendiri, lihat, tidak apa -apa. Segalanya akan berhasil. Anda melakukan yang terbaik dan semuanya akan berhasil. Saya pikir dengan itu, saya akan menjadi orang yang jauh lebih bahagia. Saya pikir teman -teman saya akan lebih menikmati berada di sekitar saya dan mungkin saya akan memiliki kapasitas untuk memperluas pengalaman hidup saya, bepergian sedikit lebih banyak daripada stres tentang hal itu.
(27:56) Jeremy AU:
Terima kasih. Pada catatan itu, saya ingin sekali meringkas tiga takeaways besar untuk pergi dari percakapan ini. Pertama -tama, terima kasih banyak telah berbagi tentang masa kanak -kanak Anda dan seperti apa Anda sebagai mahasiswa dalam hal akademisi, dalam hal apa yang Anda tekankan tentang bagaimana Anda bekerja melalui akademisi Anda untuk akhirnya mendarat di Cambridge dan Harvard. Dan saya pikir ada perjalanan yang menarik di sana.
Kedua, terima kasih banyak telah berbagi tentang karier profesional Anda, tentang bagaimana Anda mulai fokus pada keuangan. Tetapi juga beberapa keputusan karier yang Anda buat peluang yang Anda ambil, jaringan yang dapat Anda manfaatkan dan bagaimana Anda akhirnya menjadi VC juga.
Terakhir, terima kasih banyak telah berbagi tentang filosofi reflektif Anda sendiri sebagai orang tua dan sebagai seseorang yang melihat kembali karier Anda sebelumnya tentang bagaimana Anda telah melakukan berbagai hal secara berbeda dan bagaimana Anda akan melihat kehidupan secara berbeda mengingat pengalaman baru Anda yang Anda miliki saat ini.
Pada catatan itu, terima kasih banyak, Jeremy, untuk berbagi.
(28:38) Jeremy Tan:
Oh, terima kasih telah saya menyenangkan.