Kisah Grit Anda: Berinvestasi | Kisah di balik podcast Asia Tech Tenggara Brave | Jeremy au | Investor, host podcast di Brave South Asia Tech Podcast
Saya bergabung dengan Eric Chan di podcast Story GRIT Anda dan kami mengeksplorasi beberapa topik termasuk dampak potensial AI generatif pada masyarakat, membayangkan AI sebagai teman baik, penasihat, dan guru di masa depan, pengendalian yang luar biasa dari kemajuan teknologi kami, dan pembatasan manusia, dan pembatasan manusia yang akan datang.
Lihat episode di sini dan transkrip di bawah ini.
(00:00:00) Eric Chan:
Selamat datang di podcast Story Grid Anda, di mana kami mengobrol dengan pendiri, pemimpin, dan pembuat perubahan untuk belajar tentang perjalanan mereka untuk mewujudkan masa depan. Saya Eric, tuan rumah Anda yang ramah. Ikuti kami di mana Anda mendengarkan, atau menemukan kami di saluran media sosial apa pun untuk menangkap sorotan dan potongan -potongan episode kami.
Mari kita terinspirasi oleh cerita saat Anda membuat cerita grid Anda. Baiklah. Baiklah. Jadi kami kembali ke podcast Story Grid Anda dan kami berada di seri investor untuk belajar bersama tentang investasi wawasan, terutama pada startup apa yang harus diwaspadai saat mencari dana. Dan hari ini saya sangat senang memiliki Jeremy di acara itu bersama kami. Hai, Jeremy. Selamat datang di pertunjukan.
Hei, sangat senang berada di sini. Luar biasa. Luar biasa. Super Super A Kegembiraan untuk Anda bergabung dengan kami hari ini. Jadi Jeremy jelas tidak asing dengan adegan startup, kan? Tidak hanya seorang pendiri yang menjadi investor, dia juga seorang ayah dari dua gadis cantik dan dia memulai podcast Asia Tech Tenggara yang berani. Dan saya sangat terinspirasi oleh apa yang dia lakukan.
Ada banyak lagi untuk dibagikan tentang Jeremy, tetapi saya hanya ingin berhenti di sini dan meminta Jeremy berbagi lebih banyak tentang dia dengan kami. Jadi mari kita mulai dengan pertanyaan ini. Bagaimana Anda berbagi tentang apa yang Anda lakukan kepada anak -anak Anda? Bagaimana cara berbagi tentang apa yang saya lakukan? Saya akan mengatakan, wow, ini adalah sesuatu yang tepat di hotspot di sini.
(00:01:30) Jeremy AU:
Apa yang akan saya katakan adalah, hei, anak -anak, semua yang ada di sekitar Anda saat ini dibangun oleh bisnis. Dan bisnis itu dibangun oleh pada hari -hari awal oleh seorang pendiri, seorang pengusaha yang membuat keputusan untuk membangun bisnis ini, Anda tahu, 30 tahun yang lalu. Jadi, Anda tahu, boneka barbie Anda. Ikea Furniture, semua ini semua didirikan oleh orang -orang yang membuat keputusan untuk membangun bisnis bertahun -tahun yang lalu.
Dan sebagai bagian dari bagian awal bisnis itu, orang harus percaya pada mereka dan memberi mereka modal untuk membantu mereka memulai bisnis mereka. Itu dalam bisnis sekarang dari modal ventura, yaitu saya ingin mendanai, mendukung dan memberi nasihat kepada perusahaan yang memulai hari ini untuk membangun masa depan bahwa Anda dan anak -anak Anda akan hidup 30 tahun ke depan.
Itu saja.
(00:02:18) Eric Chan:
Ya. Titik awal yang bagus di sini. Menurut saya. Apa yang ada di sekitar kita, secara harfiah, secara fisik, semuanya dimulai dari bisnis, bukan? Mulai dari investasi, bukan? Dimulai dari A, seorang pengusaha, perusahaan, kecil, besar, kan? Mereka membangun produk untuk kita gunakan, untuk digunakan anak -anak kita. Dan sesuatu yang saya sangat terinspirasi juga, bersama -sama dengan banyak pengikut podcast podcast Asia Tech South Tech Podcast, bahwa Anda mulai lebih dari dua tahun yang lalu menjalankan kami sedikit.
Bagaimana Anda memulai?
(00:02:48) Jeremy AU:
Ya, jadi, Anda tahu, saya pikir untuk saya, kisah pribadi saya adalah bahwa saya jelas tumbuh di Singapura, Angkatan Darat UC Berkeley, menjadi konsultan di seluruh Asia Tenggara dan Cina. Kemudian setelah itu, membangun perusahaan pertama saya, yang merupakan konsultasi untuk sektor sosial. Dan kemudian setelah itu pergi ke Harvard untuk melakukan MBA saya.
Dan setelah itu, membangun perusahaan kedua, Tech Pendidikan. Grew It Over Across Pre Pre Seed, Seri A, dan Penjualan. Dan kemudian seorang GM di sana selama setahun sebelum kembali ke Asia Tenggara dari Boston, New York. Dan ketika saya kembali, apa yang saya sadari adalah bahwa saya tidak dapat menemukan podcast yang benar -benar ingin saya dengarkan.
Jadi, pada saat itu pada tahun 2020, Anda tahu, saya telah mendengarkan podcast selama bertahun -tahun. Saya sudah mendengarkan buku audio. Dan tentu saja itu bagus, bukan? Anda mendengarkan bagaimana saya membangun ini, Anda mendengarkan Tim Ferriss, Anda tahu, Anda sedang mendengarkan Jason Calacanis, Anda tahu, jadi semua ini adalah semua teknisi dan Lembah Silikon, dan itu masuk akal ketika Anda sedang membangun di Boston dan New York, kan?
Anda mencoba memahami apa yang terjadi, zeitgeist dan sebagainya. Dan podcast favorit saya saat itu, tentu saja, podcast hebat yang disebut reboot oleh Jerry Colonna. Jadi ini adalah perusahaan pelatihan yang banyak bekerja dengan pendiri dan berbicara tentang beberapa perjuangan yang dihadapi pendiri. Dan seperti yang saya katakan, saya kembali ke Asia Tenggara dan tidak ada, kan?
Dan Anda tahu, itu sangat jelas, terutama saat Anda di rumah, Anda tidak punya apa -apa untuk dilakukan, bukan? Jadi, saya tidak ingat 2020, itu pandemi, kan? Itu seperti waktu yang mengerikan. Jadi, Anda tahu, saya hanya akan mencari untuk berbicara dengan orang atau mendengarkan. Dan Anda tahu, tidak ada apa -apa tentang Asia Tenggara. Tidak ada, maksud saya, ada banyak tentang sejarah Asia Tenggara.
Saya pikir ada banyak tentang ekspatriat Asia Tenggara, tetapi pada saat itu, sebenarnya ada sangat sedikit podcast tentang Singapura, Asia Tenggara, Filipina, Malaysia, Vietnam. Dan saya pikir sangat sedikit dari juga dari perspektif ahli, bukan? Jadi yang saya maksud dengan itu adalah, Anda tahu, itu seperti gigitan berita ini yang akan ada di sana, tetapi tidak jauh lebih dalam, Anda tahu, saya akan menyebutnya komentar atau sudut pandang ahli.
Jadi, saya pikir itu benar -benar seperti macet, kan? Dan di sana saya ada di rumah, hanya saja Anda tahu, tidak merasakannya. Dan juga menyadari bahwa aplikasi mendung saya penuh dengan episode dari AS, yang tiba -tiba terlihat sangat Amerika tiba -tiba, bukan? Anda tahu, dan saya seperti, oke, Anda tahu, saya tidak harus siapa yang harus saya kenal di Asia Tenggara?
Siapa yang hebat? Siapa yang menginspirasi? Siapa yang takut? Siapa yang jujur, kan? Seperti semua pertanyaan ini. Dan seperti yang saya katakan, Anda tahu apa? Saya di rumah. Izinkan saya mencoba podcast ini, bukan? Dan seperti yang saya katakan, saya di rumah, kan? Dan hobi pandemi, beberapa orang membuat roti. Beberapa orang bermaksud untuk memfermentasi kombucha.
Dan bagi saya, saya membuat podcast sendiri karena saya tidak dapat menemukan podcast yang ingin saya konsumsi. Benar. Jadi saya ingat episode pertama saya sangat baik. Saya mewawancarai pendiri CO pertama saya, Kwok Tsai Chuan. Kami mendirikan Conjunct Consulting bersama lebih dari 10 tahun yang lalu. Dan itu hanya percakapan yang menyenangkan. Itu hanya dua teman.
Hanya mengobrol tentang Hey JC, Anda tahu, apa hidup Anda? Dan bagaimana menurut Anda? Dan da. Anda tahu, saya agak kembali ke episode lama yang kadang -kadang saya dengarkan dan saya hanya seperti, wow, saya seperti, sangat mentah, sangat aperture, sangat tidak mengerti, kan? Yah, saya seperti bosan di rumah, kan? Hanya merekam dengan sahabat saya, Anda tahu, dan pria terbaik saya di pernikahan.
Jadi itu hanya menyenangkan, bukan? Dan kemudian saya pikir 20 hingga 50 episode pertama sebenarnya semua hanya teman, bukan? Itu hanya teman yang hanya mengejar ketinggalan selama pandemi. Anda tahu, episode pertama saya semua seperti profesor universitas lama saya yang saya nikmati, yang kami hubungi, kan?
Teman sekamar saya yang lama, kan? Teman serumah saya, Anda tahu, teman pendiri saya. Jadi Anda melihat ini untuk 50 pertama sangat banyak, itu benar -benar pertunjukan Jeremy and Friends, tetapi Anda tahu. Dan saya selalu ingat, saya pikir saya sedang melihat posting Instagram lama ini. Itu seperti, Anda tahu, seratus orang mendengarkan beberapa episode pertama saya.
Dan saya seperti kagum, bukan? Karena Anda tahu, Anda di rumah dan istri saya seperti, Jeremy, saya tidak ingin mendengarkan Anda lagi. Saya terjebak dengan Anda dan Anda terjebak dengan saya selama pandemi. Dan jangan bicara sebentar. Karena kita terjebak di rumah, kan? Jadi, jadi begitulah cara kami memulai podcast, kan?
Itulah yang terjadi ketika seorang ekstrovert menikahi seorang introvert. Itulah masalahnya. Ekstrovert harus pergi dan membakar energi di tempat lain.
(00:06:30) Eric Chan:
Lawan menarik, bukan?
(00:06:32) Jeremy AU:
Lawan menarik.
(00:06:35) Eric Chan: Ya.
Luar biasa. Luar biasa. Ya. Saya suka yang Anda sebutkan, Anda tahu, seperti 50 yang pertama benar -benar Jaime dan teman -teman.
Begitulah cara kami memulai. Ayo jangkar namanya, kan? Berani. Baiklah. Jadi mengapa berani?
(00:06:46) Jeremy AU:
Ya, maksud saya, sebenarnya nama depan kami sebenarnya adalah dinamika berani dan itu hanya berani dan dinamika. Saya seperti, saya tidak tahu. Saya seperti, oh, Anda tahu, ini tentang dinamika, tentang gerakan. Dan kemudian saya seperti, saya tidak tahu.
Saya pikir itu bagus. Apakah itu dari Boston Dynamics? Ya, itu seperti Boston Dynamics. Sebenarnya, ada, saya pikir ada pertunjukan yang bagus, saya tidak tahu, ini disebut Fringe. Dan mereka juga memiliki perusahaan besar ini, yang seperti ini, startup yang menjadi besar, Anda tahu. Tentu saja, ada konspirasi dan plot rahasia, tentu saja, tapi saya pikir itu seperti dinamika umum, jika saya tidak salah.
Ngomong -ngomong, tapi, Anda tahu, saya hanya, saya pikir itu nama yang bagus. Dan pada titik waktu, tentu saja, semua teman saya ada di seluruh dunia. Dan, Anda tahu, jadi hanya saja, Anda tahu, itu lebih umum. Dan kemudian di beberapa titik, Anda tahu, saya duduk dan saya seperti, tunggu sebentar, seperti, dari mana saya menemukan energi?
Dengan siapa saya berbicara? Dengan siapa saya paling menikmati percakapan? Dan saya menyadari, ya, ini Asia Tenggara, kan? Bukan AS bukan hanya refleksi kepemimpinan umum. Tapi, Anda tahu, saya suka Asia Tenggara, saya suka teknologi. Saya pikir beberapa inspirasi itu tetapi juga percakapan, debat yang sebenarnya saya miliki dengan beberapa teman, dengan beberapa penasihat.
Jadi, ya, begitulah cara kami mendarat, Anda tahu, seperti menjadi sedikit lebih jelas, bukan? Jadi, berani Asia Tenggara. Dan tentu saja, saya pikir di podcast, jelas mereka memiliki SEO yang mengerikan, pencarian yang mengerikan, kan? Jadi, Anda tahu, Anda hanya perlu mengetiknya, menguatkan Asia Tenggara, Anda tahu, setidaknya Anda mengetik di Asia Tenggara.
Tentu saja, yang saya sadari sekarang adalah bahwa saya telah menonton, saya memberi tahu orang -orang, seperti, hei, ketik penjepit Asia Tenggara. Ternyata tidak ada yang bisa mengeja tenggara. Karena mereka menempatkan S timur, orang -orang menulis South Space East, dan karena pencarian sangat buruk, sehingga jika Anda mengetik South Space East Asia, podcast saya tidak muncul.
Ngomong -ngomong, yang hanya ingin saya katakan di sini adalah sedikit, saya pikir ada bagian keseluruhan yang seperti ini, tingkat energi seperti, oke, Anda tahu, saya pikir saya suka Asia Tenggara, dll. Tetapi juga pada titik tertentu, ada bagian teknis, yang menamakannya dengan berani sendirian, yang, saya pikir, inti dari itu tidak akan bisa membuat orang yang diinginkan.
Dan di level terdalam, ya, saya pikir itu saya tentang keberanian, kan? Maksud saya, saya pikir itu adalah kebajikan yang paling saya cita -citakan, kan? Dan yang saya maksud dengan itu adalah, Anda tahu, seseorang mengatakan kepada saya, oh, Jeremy, Anda tahu, Anda meletakkan podcast pemberani karena Anda sangat berani, kan? Dan saya seperti tidak. Podcast pemberani adalah saya ingin merasa berani, bukan?
Anda tahu, jadi, jadi saya mencari keberanian itu. Saya mencari momen -momen keberanian yang dibicarakan orang dalam percakapan itu. Dan saya tidak berpura -pura menjadi Paragon. Saya tidak berpura -pura menjadi representasi dari kebajikan ini. Saya hanya mencoba mendapatkannya, kan? Saya butuh dosis itu, kan? Jadi orang -orang seperti oh apa yang Anda maksud dengan itu?
Saya seperti, ya, karena Anda tahu, itu seperti alasan mengapa saya mencoba bertanya kepada orang -orang tentang momen keberanian mereka karena saya ingin merasa lebih berani, mendengar cerita itu dua kali seminggu, Anda tahu, saya pasien pertama yang mengantre untuk obat ini, benar, yang, Anda tahu, saya perlu sedikit dosis dan motivasi, Anda tahu, dua kali seminggu, kan?
Ya. Jadi saya pikir itulah yang saya pikirkan, saya pikir jenis teknologi Asia Tenggara yang berani datang dari Anda menyebutnya dari perspektif sejarah, dari perspektif teknis, tetapi juga dari perspektif virtual.
(00:09:44) Eric Chan: Tapi kesalahpahaman dari pendengar adalah itu, oh. Wow. Oke. Begitu berani, atau bahkan seperti podcast cerita Anda adalah agar kami merasa ingin memastikan bahwa kami berani atau kami sangat berpasir.
Benar. Tapi itu benar. Kami belajar dari tamu. Saya belajar dari Anda juga. Benar. Bagaimana Anda berbagi cerita dan perjalanan Anda juga. Dan itu mungkin segue yang baik sebagai pendiri, kan? Saya yakin Anda telah banyak berbicara dengan pendiri dan sebagai pendiri, seperti Anda, dapatkah Anda berbagi dengan audiens kami lebih banyak tentang memulai seperti perusahaan konsultan yang Anda sebutkan sekarang?
Dan apa yang paling Anda pelajari, benar, dalam perjalanan startup Anda?
(00:10:16) Jeremy AU:
Ya, maksud saya, saya pikir, Anda tahu, saya membangun dua perusahaan di sepanjang jalan. Dan, Anda tahu, saya mundur selangkah. Dan saya pikir satu hal yang saya pikirkan adalah Anda tahu, perusahaan itu sulit, benar, Anda tahu. Dan perusahaan membangun itu sulit. Dan yang saya maksud dengan itu adalah, saya pikir, jelas, Anda tahu, ketika saya memberikan deskripsi tentang bagaimana saya akan menjelaskan bahwa, Anda tahu, semua yang ada di sekitar kita pernah dibangun oleh seorang pendiri.
Tapi ada banyak bias survivorship, kan? Karena Anda tahu, laptop apel, menggunakan kamera Dell, mereka menggunakan kastor jalan, Anda tahu, Mike, maksud saya, semua ini kita semua dibangun oleh pendiri, oleh pengusaha awal, tetapi. Tetapi ada banyak bias bertahan hidup dalam arti bahwa banyak perusahaan yang tidak membuatnya tidak terwakili, bukan?
Jadi ada dinamika yang sangat menarik di mana saya pikir kita bisa melihat ke masa lalu dan mengatakan wow, semua perusahaan ini mengalami semua perjuangan ini, semua dinamika ini, semua konflik ini dan semua pembangunan perusahaan ini. Dan kemudian kita melihat hari ini dan itu seperti, oke, Anda tahu, sekarang kami memiliki semua pendiri yang membangunnya.
And yeah, I think my personal reflection is that it's really hard and I think it's really hard to appreciate how hard it is until you're like, I think you're a founder yourself, that's one, or you're like a really good friend with a founder who's willing to be honest with you about it, or if you're maybe an early, early, early employee, maybe part of the first five employees, maybe, but I think that's really, I think a lot of I think you get a lot of flack, honestly, right?
Karena, Anda tahu, kebenarannya adalah, ketika Anda sedang membangun sesuatu yang baru, saya selalu memberi tahu orang -orang, tidak ada yang menginginkan masa depan, bukan? Jika Anda berada di masa sekarang, dan kita semua berada di masa sekarang, dan hari ini, dunia akan tetap sama. Kami ingin hal -hal tetap sama. Dan yang saya maksud dengan itu adalah, Anda tahu, ada orang yang sudah memiliki gaji, ada orang yang memiliki struktur ekonomi yang dibangun di sekitar saat ini.
Membangun masa depan sebenarnya mengganggu masa kini, bukan? Itu sebenarnya berubah. dan menghalangi kehadiran seorang pemain. Jadi bagi orang -orang yang ingin membangun masa depan itu, sebenarnya, Anda tahu, ada banyak pertempuran status quo. Ada banyak pertempuran, Anda tahu, inersia. Tetapi juga ada banyak orang yang bukan penggemar perubahan ini, bukan?
Dan sebagai hasilnya, saya pikir untuk pendiri, ini adalah jenis percakapan yang tidak berhenti. Tentang bagaimana mengubah hidup, apa yang mereka coba wakili, apa nilai -nilai mereka dan apa yang mereka coba bangun. Benar. Dan juga mengeksekusi terhadap kepercayaan itu dan semuanya sangat sulit. Dan saya pikir itulah yang saya pelajari tentang membangun perusahaan.
(00:12:32) Eric Chan:
Mari kita klik dua kali. Apakah sulit, kan? Ya. Apakah Anda berbagi dengan kami, mungkin titik terendah, bukan? Dalam perjalanan startup Anda, dan bagaimana Anda mengatasinya?
(00:12:45) Jeremy AU:
Saya pikir ada momen ini, dan Anda tahu, saya baru saja mengangkat putaran modal, dan semuanya sudah selesai. Saya seharusnya merasa senang dalam arti bahwa kami telah memposting pengumuman, jelas.
Anda tahu, semua orang seperti mengucapkan selamat, dilakukan dengan baik, sebagainya, dan Anda tahu, semua itu. Dan saya hanya di rumah di, Anda tahu, klasik, Anda tahu, Singapura, Asia Anda tahu, singlet dan petinju saya, kan? Anda tahu, dengan saya, Anda tahu, seperti celana pendek bola basket. Dan saya seperti, oh, Anda tahu, sendirian, Anda tahu, Anda tahu, pada saat saya, saya kira, pacar saya adalah hubungan jarak jauh, sekarang dia adalah istri saya.
Jadi saya hanya sendirian, dan saya merasa tidak enak, saya merasa kosong, benar, karena saya seperti, Anda tahu, mendapatkan semua pujian ini, tetapi Anda hanya seperti, Anda tahu, berapa banyak pekerjaan yang harus Anda lakukan, dan sebagainya. Dan saya seperti, oh man, saya seharusnya merasa bahagia, tetapi saya hanya merasa lelah setelah menutup putaran penggalangan dana ini dan memukul tonggak sejarah, dan sekarang kami memiliki sprint lain yang harus kami lakukan.
Dan kemudian saya ingat saya baru saja mengirim pesan tetangga saya, Jonathan Ng, pada suatu waktu, saya pikir, beberapa tahun di belakang dalam hal perjalanan pendirinya juga untuk perusahaan keduanya juga. Dan kami membawanya ke Boston. Dia juga Singapura. Saya hanya berkata, hei, bisakah saya nongkrong? Dan dia yo, ada apa?
Dan saya seperti, ya, saya butuh seseorang untuk merayakannya. Benar. Cukup terlambat, tapi oke. Tentu. Anda tahu, saya pergi, saya mengundang diri dan kemudian saya bergaul dengannya, benar. Memesan beberapa sushi dan hanya bergaul dengannya sebagai perayaan mini untuk diri saya sendiri. Benar. Dalam hal itu. Benar. Dan apa yang saya maksud dengan itu hanya itu, ya itu perjalanan yang sangat sepi, kan?
Karena, Anda tahu, pada akhirnya, tentu saja, Anda memiliki pendiri rekan Anda, karyawan Anda, Anda memiliki VC yang bekerja dengan Anda. Tapi ya, Anda tahu, itu hanya mengelola psikologi Anda sendiri sangat sulit karena, Anda tahu, Anda memiliki jutaan dolar, Anda tahu, dan sangat sulit untuk membangun bisnis, bukan?
Dan ada sangat sedikit orang yang benar -benar berempati dengan apa yang Anda alami. Jadi, ya, itu poin rendah. Tapi, Anda tahu, saya tahu cara melakukannya, kan? Yang pada dasarnya, Anda tahu, merangkak ke pintu tetangga saya dan berkata, hei, saya butuh teman. Tertawa Aku butuh kawan, kau tahu, aku butuh peer untuk kau tahu, akui slash merayakan dengan, kan?
Dan saya pikir itu adalah, dan dia selalu suka mengingat dan menceritakan dan, Anda tahu, tertawa tentang momen itu, kan? Karena dia hanya ya, Anda tahu. Dia tahu, bertahun -tahun di jalan, dia ya, saya baru saja menutup putaran saya, saya merasa persis seperti Anda, kan? Yang mana, Anda tahu, Anda tahu, bagaimana cara merayakan ini sebenarnya, bukan?
Karena itu tidak mudah. Ini modal untuk membangun fase perusahaan berikutnya, ini bukan perayaan dalam banyak hal.
(00:15:12) Eric Chan:
Ya. Ya. Terima kasih telah membagikannya. Terima kasih telah transparan. Hanya untuk menghubungkan titik -titik juga. Ketika Anda menumbuhkan perusahaan, kehidupan pribadi Anda juga tumbuh, bukan? Anda menikah. Anda memiliki dua anak.
Bagaimana Anda mengelolanya?
(00:15:23) Jeremy AU:
Sejujurnya tidak mudah. Maksud saya, saya pikir, Anda tahu, saya pikir kebenaran dari masalah ini adalah untuk saya ketika saya mulai berkencan dengan istri saya yang sekarang, tetapi Anda tahu. Kami sudah saling kenal selama bertahun -tahun. Saya pikir kami bertemu satu sama lain, Anda tahu, junior college. Saya adalah monitor kelas pria. Dia adalah monitor kelas wanita.
Jadi, Anda tahu, kami agak mengenal satu sama lain, saya kira Anda ingin menyebutnya secara profesional, saya kira, di sekolah. Jadi saat itu, saya pikir kami terhubung kembali bertahun -tahun sesudahnya, kan? Ketika kami berdua menjadi sukarelawan bersama setelah Uni, setelah Angkatan Darat, Anda tahu, setelah mulai bekerja. Jadi kami terhubung kembali. Tapi saya pikir untuk saya, saya pikir salah satu masalah besar yang harus saya lalui adalah saya harus melalui banyak pekerjaan diri, jujur saja.
Dan yang saya maksud dengan itu adalah, Anda tahu, katakan saja Anda tahu, saya telah mengalami kehilangan pribadi dari orang yang Anda cintai, seorang mitra romantis. Maka, setelah dia meninggal, Anda tahu, saya telah berduka selama bertahun -tahun. Jadi, setelah itu, saya hanya seperti kekacauan yang panas, jujur, bukan?
Maksud saya, saya hebat di tempat kerja dan sangat fokus pada pekerjaan sebagai hasilnya, tetapi saya pikir saya bukan yang tersedia atau tersedia secara emosional. Mitra hubungan, kan? Dan jelas, Anda dan saya sama -sama tahu sekarang, saya kira kita berdua menikah dengan anak -anak sekarang, Anda tahu, saya pikir ada laki -laki, saya tidak tahu apa kata, pola dasar, atau kurungan, atau norma, yang sebenarnya, kompartementalisasi bagus, bukan?
Anda tahu, saya akan, Anda tahu, bekerja sangat bagus. Itu sebabnya saya biasa memberi tahu orang -orang, saya seperti, saya ingat saya akan mengatakan hal -hal seperti, Anda tahu, ya, saya akan seperti, ya, Anda tahu, hubungan itu temporal. CV Anda selamanya, kan? Anda tahu, dan itu ... dan kemudian saya melihat diri saya seperti, apa yang saya merokok saat itu?
Kamu tahu? Jadi, saya seperti, ah, bagaimanapun juga. Jadi, poin yang saya coba katakan di sini sedikit seperti ... oke, Anda tahu, seperti yang saya katakan, saya harus melalui itu, Anda tahu, bekerja sendiri, kan? Saya harus melewati Anda tahu, saya pergi ke Vipassana, Anda tahu, meditasi diam selama 10 hari. Saya memikirkan suatu hubungan.
Saya harus melakukan semua jenis pekerjaan seperti diri sendiri, Anda tahu, membaca semua buku hubungan seperti ini dan hal -hal seperti itu, bukan? Dan pada dasarnya saya pikir hanya melakukan sesuatu yang bekerja sendiri untuk menjadi seperti, hei, Anda tahu, apa prioritas dalam hidup? Benar? Dan saya tidak akan mengatakan, lagi, saya tidak mengatakan ini, saya bukan paragon atau kebajikan di I Don't Know, Domestik Life.
Aku seperti, aku akan jahat. Saya bisa menjadi sarkastik ,. Saya tidak ingin melakukan ini di rumah. Maksud saya, seperti yang diketahui pernikahan, pernikahan tidak mudah, bukan? Maksudku, itu tidak mudah. Jadi saya tidak akan berpura -pura menjadi suami yang sempurna atau ayah yang sempurna, atau apa pun itu. Mari menjadi nyata, bukan? Ya. Mari menjadi super nyata, bukan? Ya. Jadi banyak kesalahan yang dibuat, saya pikir, dari semua kesalahan Anda yang Anda buat, saya pikir tidak bisa berkomunikasi mungkin seperti yang terbesar.
Dan saya pikir itu sebabnya saya harus belajar karena saya seperti, ya, Anda tahu, jelas, saya pikir Anda seorang konsultan. Oke, ini, tapi kemudian Anda menjadi pendiri, Anda stres tinggi, bukan? Lalu tiba -tiba hubungan jarak jauh. Dan kemudian tiba -tiba Anda seperti, di berbagai belahan dunia, kan? Dalam perbedaan zona waktu 12 jam untuk LDR, bukan?
Anda tahu, tidak ada yang mau melakukan ini, bukan? Dan kemudian tiba -tiba, Anda tahu, dan setelah Anda memiliki pandemi, dan Anda berdua saling mengisap, Anda tahu? Kemudian setelah itu, Anda mendapatkan anak -anak Anda. Seperti, semua hal ini sangat sulit. Dan saya pikir komunikasi adalah yang paling penting. Dan sampai, Anda tahu, usia saya saat ini, hingga hari ini, saya pikir semuanya baik.
Anda tahu, periksa kembali 8 menjadi 10 tahun. Jika saya masih tahu, pegang bir saya, saya mengerti, kan? Anda tahu, tetapi periksa kembali 8 menjadi 10 tahun apakah ini masih berfungsi. Tapi saya mencoba, kan? Saya mencoba. Saya masih mencoba, kan? Saya pikir itu bagian yang bagus. Dan saya, Anda tahu, saya hanya, Anda tahu, makan siang. Saya dalam sedikit suasana hati yang buruk, Anda tahu, hari ini.
Saya seperti, hanya melakukan pekerjaan dan apa pun. Dan kemudian istri saya datang dan dia hanya mencium bibir saya dan dia pergi untuk makan siang. Dan aku seperti, oh, itu sangat manis. Benar. Anda tahu, dan saya pikir itu adalah momen kecil, benar. Bahwa Anda harus sangat menghargai mengapa Anda memilikinya. Ini seperti merayakan sedikit kesuksesan.
(00:18:50) Eric Chan:
Kami juga menikmati momen kecil ini. Itu sangat membantu, Anda tahu, dalam perjalanan jauh. Benar. Dan terima kasih telah transparan dan terima kasih telah berbagi cerita pribadi. Dan Anda akan menulis catatan, kan? Dalam hal komunikasi, ini sangat penting. Mari menjadi nyata. Tidak mudah, bukan?
Saya seorang ayah dari dua anak, menikah untuk mengatakan, delapan, sembilan tahun, dan kemudian hanya untuk konteks untuk pendengar, kan? Jeremy, anakmu adalah satu dan tiga, dua gadis. Selama tiga atau empat tahun terakhir ini diperluas dari keluarga dua ke keluarga empat, kan? Dan mengelolanya dengan investasi Anda. Mulai mengejutkan.
Tidak apa-apa. Oke. Ini enam.
(00:19:24) Jeremy AU:
Cukup adil. Saya sudah menginginkan istri saya. Saya berkata, mengapa kita mendapatkan kucing? Dan dia membantu kami mempersiapkan dan melihat apakah kami dapat memiliki anak. Dan saya seperti, kami punya anak, kami harus menangani anak -anak dan kucing. Benar. Dan kemudian dia tidak, ini akan membantu kami mempersiapkan diri untuk anak -anak.
Saya seperti, oke. Bagaimanapun. Jadi sekarang dia telah datang, benar, yaitu sekarang kita akan merawat dua anak dan dua kucing.
(00:19:43) Eric Chan:
Satu pertanyaan. Jadi apa targetnya? Berapa banyak anak? Satu. Berapa banyak anak yang Anda targetkan? Kamu tahu.
(00:19:50) Jeremy AU:
Menargetkan, apakah ini seperti apa yang Anda tahu, persyaratan populasi, seperti mencoba meningkatkannya.
Tahukah Anda, saya dapatkan, saya tampil di masa -masa lalu sambil memiliki anak selama tahun pandemi, karena, Anda tahu, saya pikir sains lurus Singapura seperti, kami sangat putus asa untuk anak -anak. Kita perlu membuat pahlawan orang, Anda tahu, yang punya anak. Jadi saya seperti, ini melihat Singapura ini, pasangan, mereka punya anak dan saya seperti, tampil, kan?
Itu membuatnya terdengar sangat bagus. Maksud saya, Anda tahu, maksud saya, itu tahun yang mengerikan untuk memiliki anak. Maksud saya, kami tahu seperti di awal pandemi pada bulan April, Mei, Anda tahu, maksud saya, hanya Anda yang tahu, dunia berantakan dan begitu banyak orang yang baru saja keluar. Meninggal, kan? Dan itu sangat mengerikan. Dan kemudian kita mengetahui bahwa hamil anak -anak, dan mereka seperti berbicara dengan dokter seolah -olah hei, apakah dunia berakhir, bukan?
Anda tahu, karena, Anda tahu, pada waktu itu, tidak ada vaksin di samping. Anda tahu, Anda tidak tahu berapa lama. Itu hanya waktu yang gila, kan? Dan itu seperti sedikit terlalu lembut hati, atau, Anda tahu, kami tahu, Anda tahu, kami memiliki banyak percakapan yang sulit. Maksudku, kita punya, jujur, kami bertengkar tentang hal itu, kan?
Kamu tahu. Kami mencapnya sebagai percakapan yang bersemangat tentang, Anda tahu. Keberpihakan. Ya, penyelarasan dan sebagainya, kan? Dan kemudian, Anda tahu, dan juga, ya, di rumah. Jadi, bukan seolah -olah Anda bisa pulang dan, Anda tahu, menyerbu dan, Anda tahu, atau di sekitar taman atau apa pun itu, kan? Itu hanya di rumah, kan? Saya pikir dua cukup bagus.
Tetapi jika kita memiliki lebih banyak, mengapa tidak, kan? Anda tahu, jadi saya terbuka untuk itu. Terbuka untuk negosiasi. Dan saya pikir kami, dan saya pikir kali ini, kita tahu apa itu anak -anak. Dunia adalah tempat yang lebih baik. Kami tahu karier kami. Jadi, saya pikir ini adalah percakapan yang lebih mudah sekarang. 100%.
(00:21:18) Eric Chan:
Melihat ke depan. Ya. Ya. Maksud saya, saya pasti membutuhkan lebih banyak pertumbuhan populasi.
(00:21:26) Jeremy AU:
Baiklah. Dingin. Dingin.
(00:21:27) Eric Chan:
Dingin. Mari kita bergeser sedikit, kan? Mari beralih persneling untuk berinvestasi. Jadi, jadi beri tahu kami lebih banyak tentang prinsip investasi Anda. Saya tahu Anda menikmati berinvestasi. Kami juga menemukan usaha moncure. Jadi, jadi apa sifat umum atau apa yang saya cari di perusahaan yang berinvestasi di kedua pendiri mungkin?
(00:21:43) Jeremy AU:
Saya pikir ketika Anda menghargai betapa sulitnya perusahaan untuk membangun, maka yang Anda sadari adalah bahwa para pendiri akan membuatnya lebih sulit. Dan yang saya maksud dengan itu adalah, Anda tahu, tidak harus lebih sulit dalam arti Anda tahu, semacam macho, apa pun BS, kan? Tapi, Anda tahu, mereka harus memiliki ketekunan, mereka harus memiliki kecerdasan, bukan?
Mereka harus memiliki pola pikir pertumbuhan, bukan? Dan mereka memiliki kemampuan untuk berkumpul, bukan? Dan itu belum tentu seorang tenaga penjualan, itu belum tentu seorang pebisnis, itu belum tentu seorang insinyur. Salah satu dari mereka atau kombinasi, apapun itu. Tapi saya pikir itu adalah atribut yang sangat penting.
Dan satu analogi yang sering saya bagikan seperti ketika orang -orang seperti, oh, Anda tahu, itu sangat jelas di sini. Maksud saya, seharusnya Anda selalu mencari, dalam pekerjaan apa pun yang Anda pekerjakan, apakah Anda seorang manajer produk atau insinyur atau konsultan, bukankah Anda menginginkan keempat hal itu? Apakah Anda tidak ingin ketekunan? Apakah Anda tidak menginginkan kecerdasan?
Apakah Anda tidak menginginkan pola pikir pertumbuhan? Tapi ya. Tapi itu bilah yang Anda pilih, bukan? Apakah itu masuk akal? Jadi, pertama -tama, jika Anda telah memutuskan untuk menjadi pengusaha, Anda sudah terpilih sendiri karena kebanyakan orang bahkan tidak memilih sendiri untuk melakukannya. Saya selalu memberi tahu orang -orang, kebanyakan orang memilih sendiri, bukan?
Kebanyakan orang bahkan tidak repot -repot, misalnya, repot -repot mencoba melamar menjadi dokter karena mereka tahu mereka tidak akan memotongnya, bukan? Dan tidak apa -apa. Jika Anda tidak ingin memotongnya, maka jangan repot -repot melakukannya. Maksud saya, karena skenario yang jauh lebih buruk seperti Anda seorang dokter dan Anda menyadari bahwa Anda ingin melakukan hal lain dalam hidup Anda, bukan?
Yang sebenarnya beberapa teman saya. Teman -teman saya seperti, saya dokter dan saya seorang dokter dan saya membencinya. Benar. Anda tahu, dan saya hanya seperti, whoa, itu jauh lebih buruk daripada yang saya pikirkan. Seperti bagian terburuk adalah seperti Anda menjadi pecundang yang nilainya tidak cukup baik untuk menjadi dokter, misalnya, saya sendiri, Anda tahu, Anda tahu, saya seperti, oh snap.
Anda tahu, saya pikir saya akan melakukannya. Tidak terlalu bahagia sebagai dokter, benar, dalam retrospeksi. Tapi bagaimanapun, poin yang saya coba katakan di sini seperti ada proses seleksi mandiri ketika Anda memilih untuk menjadi pendiri. Tetapi bahkan di dalam pendiri, ada ribuan dan ribuan pendiri, kan? Di Asia Tenggara, ada lebih dari 10.000 pendiri, benar, yang diidentifikasi sendiri sebagai pendiri di LinkedIn dan sebagainya, kan?
Tetapi berapa banyak dari mereka yang benar -benar akan didanai, benar, oleh pemodal ventura? Mungkin kurang dari seratus, kan? Katakan, sekitar satu tahun, kan? Jadi, saya pikir ada sesuatu yang sedikit bijaksana, benar, apakah piramida pekerjaan bukan hanya itu bukan hanya pendiri yang baik memilih yang hebat untuk pendiri yang hebat, kan?
Ini adalah seleksi diri, seluruh jenis corong seperti itu. Jadi saya pikir investor, dan saya pikir ini sedikit kurang jelas ketika saya menjadi pendiri, tetapi investor seperti alokasi modal, tetapi mereka juga dalam beberapa hal sebenarnya penjaga gerbang. Saya pikir itu sedikit lebih jelas. Jadi, Anda tahu, Anda selalu ingin melakukan semacam palu penjaga gerbang ibukota, kan?
Dan mendapatkan akses koneksi, tetapi mereka juga dalam beberapa hal semacam mekanisme penyaringan, bukan? Anda dapat menyebutnya dinamika penilaian juga. Jadi, Anda dapat memilikinya, lihat itu di kompetisi pitch startup. Tapi ada juga dinamika filter, bukan? Jadi, ini sedikit mekanisme penyortiran.
Ini adalah tangan ekonomi pasar yang tak terlihat di mana orang diberi insentif dan dilatih dan terstruktur untuk mencari pendiri terbaik, bukan? Jadi, sampai batas tertentu, Anda tahu, ini sebenarnya serupa, saya pikir, dari sudut pandang saya, seperti mencari Olimpiade atau mencari sepak bola, tim sepak bola, kan?
Yang mana, saya pikir ada perbedaan besar antara menjadi contoh, guru olahraga sekolah menengah, yang merupakan tujuan Anda adalah untuk mengajar semua orang, bukan? Saya hanya mengatakan contoh agar bugar, bukan? Versus pada skala lain, Anda memiliki kekuatan khusus, bukan? Anda tahu, dalam pengertian itu, kan? Yaitu Anda harus mencari orang yang memilih sendiri untuk itu.
Dari kolam itu, Anda harus memilih untuk itu. Dan bahkan bagi mereka yang terpilih, Anda masih harus melatih mereka. Di atasnya, berorientasi pada mereka, dan bekerja dengan mereka selama bertahun -tahun sebelum mereka benar -benar menjadi itu, Anda tahu, operator super yang Anda cari, bukan? Dan ini lebih merupakan analogi militer, tetapi ini juga berlaku untuk semua atlet superstar Anda, bukan?
Dan saya pikir itu benar -benar, saya pikir, bagian rumit dari bahasa percakapan ini. Semua orang oh, Anda tahu, Anda pergi ke Olimpiade, Anda tahu, pelatih lari, kan? Dan Anda seperti, hei, pelari seperti apa yang Anda cari? Dan kemudian pria itu oh, berjalan panjang, berjalan cepat, pola pikir pertumbuhan, pekerja keras di latihan.
Semua orang akan seperti, oh, tetapi setiap anak sekolah menengah memilikinya, kan? Maksudku, jadi. Atau dalam beberapa proporsi, tapi itu relatif terhadap lapangan, kan? Dalam hal itu, tetapi juga tingkat objektif dari itu, bukan? Dan saya pikir itu sangat sulit. Dan saya pikir di situlah saya pikir ada juga, ketika saya menjadi pendiri, saya pikir saya sangat frustrasi dengan VC yang tidak dapat mengartikulasikan perbedaan dari dua pola pikir itu.
Karena maksud saya, jika Anda bertemu dengan pelatih Olimpiade, Anda seperti, oh, Anda tahu, Jeremy bisa, saya masih bekerja pada lari 2 kilometer saya mencoba lulus tes tahun ini. Benar. Karena kardio saya buruk. Benar. View to max rendah. Benar. Apple Watch adalah boo, di bawah rata -rata. Oke. Jadi saya tahu jika saya pergi ke pelatih Olimpiade, saya akan seperti, oh, saya tahu saya tidak akan membuat tim.
Benar. Ya. Maksudku, tapi aku akan seperti, oh, aku senang bergaul denganmu. Tapi saya tidak akan, saya tidak akan membuat tim, kan? Seratus persen, saya tahu itu. Sedangkan jika saya pergi ke pelatih sekolah menengah, saya akan seperti, oh, yo, Anda adalah pelatih pribadi. Ya, Anda tahu, jadi saya pikir ada dinamika itu, kan?
Yang, saya pikir, Anda tahu, Anda tidak ingin pelatih olahraga sekolah menengah bertindak seperti atlet Olimpiade. Lalu dia seperti brengsek yang mengerikan, kan? Anda tahu, karena orang ini, hei, mengapa Anda berusaha menjadi begitu keras pada sejumlah besar orang yang hanya mencoba belajar olahraga dasar, bukan? Atau sampai ke level berikutnya, kan?
Jadi, itulah inkubasinya, Anda bisa menyebutnya. Itu, Anda tahu, berbagi pengetahuan. Saya pikir, Anda tahu, semua orang ingin melakukan itu, bukan? Tapi kemudian, saya pikir sisi penjurian, kan? Itu aspek yang sangat sulit di kedua ujungnya. Karena kebenarannya adalah ... tidak ada yang suka diadili, kan? Saya benci semua kompetisi pitch ini dan saya benci pitching dan penggalangan dana.
Saya sudah menjadi lebih baik dari waktu ke waktu sekarang, kan? Karena saya sudah berada di kedua sisi meja. Saya telah melempar ke ratusan VC dan sekarang saya telah melihat ribuan pendiri, kan? Jadi saya agak lebih baik berulang kali melalui repetisi itu. Tapi tetap saja kebenarannya. Apakah saya pulang atau ingin diadili oleh istri saya?
TIDAK! Benar? Kamu tahu? Apakah saya ingin pergi ke aplikasi dan dihakimi oleh orang -orang? TIDAK! Tidak ada yang mau, semua orang, maksud saya, tentu saja semua orang ingin diadili secara positif. Semua orang menginginkan bintang. Tidak ada yang mau ding, kan? Anda tahu apa yang saya maksud? Kamu tahu?
(00:27:42) Eric Chan:
Satu pertanyaan muncul di benak saya. Jadi, pendiri?
(00:27:46) Jeremy AU:
Yang benar adalah, Anda menginginkan keduanya, bukan?
Anda tahu, Anda ingin pendiri yang hebat dengan pasar produk yang hebat. Dan lagi, seperti yang saya katakan, dari ribuan pendiri, hanya sekitar 100 pendiri yang akan didanai di Asia Tenggara setiap tahun, kan? Jadi kenyataannya, pasar sebenarnya hanya mencari ... satu kuadran, tidak ada cukup titik. Apakah itu masuk akal?
Ya. Untuk dua kuadran lain yang Anda bicarakan, yang merupakan pendiri yang buruk dengan ide yang bagus atau Anda tahu, pendiri yang baik dari ide yang buruk, kan? , sebenarnya, jika saya akan menambahkan sumbu ketiga, Axi ketiga adalah tiga D, Anda tahu? Ya. Z ada zs, kan? Itu akan menjadi keakuratan penilaian oleh pasar modal atau orang -orang yang suka memahami hal ini, bukan?
Jadi yang saya maksud dengan itu adalah kebenaran adalah. Investor juga manusia. Mereka juga bisa menjadi kereta musik. Mereka dapat memiliki bias. Mereka dapat memahami, atau teknologi dapat berubah, atau pasar dapat berubah, bukan? Dan hal -hal bisa berubah. Jadi ada dinamika akurasi ini, bukan? Jadi saya pikir dalam jangka pendek, saya pikir kita melihat banyak pendiri hebat dengan ide -ide buruk, dan kemudian mereka akhirnya mengumpulkan banyak uang, dan kemudian mereka tampaknya suka meledak atau jatuh dari langit.
Dan ya, Anda tahu, saya pikir kebenarannya adalah ya, bukan itu, yah, beberapa di antaranya mungkin tidak cukup awal. Beberapa di antaranya adalah karena mereka melakukan pekerjaan dengan baik dan kemudian jatuh dari band, trek yang benar, apa pun itu. Tapi saya pikir ada dinamika, benar, di mana ada, sekali lagi, kami membicarakannya, benar, ada fungsi hakim ini.
But the truth is, it actually, the ones that actually go through multiple rounds of funding who are eventually able to exit, right, they jump through so many hurdles that eventually, you know, the truth is, you know, even if you raise up the hundreds of people that we said, you know, that raise capital in Southeast Asia, in the US, if you raise the capital, only one in 40 would become a unicorn, right?
Anda tahu apa yang saya maksud? Corong. Dan itu corong, kan? Jadi saya hanya mengatakan bahkan jika Anda mengumpulkan satu juta dolar modal, hanya ada satu dari 40 kesempatan untuk menjadi unicorn, kan? Jadi Anda melihat Asia Tenggara, maksud saya, saya ingin mengatakan, saya tidak mengambil risiko di sini. Saya pikir ekosistem Asia Tenggara lebih sulit daripada ekosistem AS.
Mari menjadi sangat nyata. Seperti semua orang berjalan -jalan mencoba mengatakan oh, itu sangat mudah. Ada begitu banyak peluang. Saya seperti, tidak, lebih sulit. Benar? Pasar lebih terfragmentasi. Pasar modal lebih dangkal, bukan? Kolam bakat lebih terputus -putus. Jadi, bukan untuk mengatakan tidak ada peluang, tetapi kita harus mengakui bahwa itu lebih sulit dalam beberapa hal.
Dalam beberapa hal lebih mudah karena peluang, tetapi juga lebih sulit dalam hal lain. Jadi, itu pasti tidak lebih mudah dari Amerika. Saya tidak berpikir ada orang yang mengatakan itu lebih mudah dari Amerika. Itu pasti. Dan saya pikir angka -angka secara statistik telah menunjukkan bahwa itu lebih sulit daripada Amerika saat ini. Sampai hari ini, bisa lebih mudah, mungkin dalam 10 tahun atau 20 tahun, siapa tahu.
Tapi yang ingin saya katakan di sini sedikit adalah, pikirkan tentang itu. Bahkan setelah Anda menerima cek pertama Anda, ada kesempatan 1 dalam 40, kan? Apakah itu masuk akal? Jadi, kenyataannya, pasar sedang memangkas berulang kali, kan? Berkali -kali, pemangkasan pemangkasan, pemangkasan. Sampai -sampai, ya, Anda tahu, jadi, jadi, jadi, saya tidak tahu.
Saya pikir untuk saya, saya ingat saya seperti, mendiskusikan ini, kan? Dan saya sedang mendiskusikan hal ini dengan dua kelompok orang, bukan? Dan saya seperti, saya sedang berbicara dengan sekelompok siswa. Dan kemudian para siswa seperti, wow, 1 dan kemudian mereka semua seperti, wow, itu mengerikan. Anda tahu, karena itu, Anda tahu, jika Anda memikirkannya, 1 dari 40 sama dengan roulette, kan?
Anda tahu, roulette sekitar 37 atau 38, Anda tahu, angka di atas roda. Jadi, Anda tahu, Anda bisa mengatakan roulette sedikit lebih efisien, pasti. Anda tahu, dan Anda tahu, Anda hanya memasukkan satu nomor, Anda taruh, Anda tahu, satu juta dolar dalam tabungan Anda dan Anda pergi, kan? Tapi, jadi saya pikir para siswa seperti, wow, ini.
Sangat mengerikan, ini sulit, seperti saya akan kembali ke perbankan dan berkonsultasi, Anda tahu, dan kemudian saya berbicara dengan sekelompok pendiri dan pendiri seperti, oh. 140 cukup bagus, Anda tahu, ya, itu tidak buruk. Ini seperti peluang 2. 5 persen untuk menjadi jutawan atau miliarder. Ya, saya bisa mengambil kesempatan itu.
Saya masih muda. Saya masih memiliki energi, Anda tahu, yang terburuk yang bisa terjadi adalah saya kembali ke pekerjaan perusahaan, bukan? Jadi saya berbicara tentang statistik ini, tetapi juga pola pikir itu, bukan? Benar -benar menarik, bukan? Jadi saya pikir itulah yang saya pikir orang harus bijaksana tentang pementasan risiko itu, tetapi juga pola pikir Anda seputar risiko itu.
(00:31:44) Eric Chan:
Sesuatu yang baru saja Anda sebutkan cukup menarik bahwa pendiri. harus optimis. Maksud saya, pendiri harus memiliki mindset pertumbuhan. Pendiri harus optimis karena sulit, bukan? Sulit untuk memulai dan menjalankan dan mendapatkan dana. Itu tidak mudah. Ini hanya memungkinkan untuk terus tumbuh perekrutan adalah hal lain yang mungkin merupakan episode untuk dirinya sendiri, kan?
Mempekerjakan orang yang tepat, kan? Ya. Jadi saat kita menyelesaikan episode ini, kan? Dan pertanyaan seputar topik hangat saya jelas bukan politik saat ini tetapi AI generatif, kan? Jadi itu benar benar dan memberi tahu kami lebih banyak tentang Anda tahu, apa yang Anda lihat di sekitar area ini?
Apakah Anda mencari peluang di area ini dan vertikal baru lainnya yang Anda cari juga?
(00:32:25) Jeremy AU:
Ya, maksud saya, saya pikir kebenarannya adalah, Anda tahu, apa itu AI generatif, kan? Ini lengkap secara otomatis. Itu bahasa, kan? Ini bahasa probabilistik. Dan yang saya maksud dengan itu adalah hype seperti, oh, Anda tahu, AI generatif, Anda tahu, saya tidak tahu.
Versus apa? Konsumsi AI? Aku tidak tahu. Aku tidak tahu. Konsumsi manusia adalah kebalikan yang sebenarnya, saya kira, dari AI generatif. Itu aku di rumah menonton YouTube. Saya manusia konsumsi. Pemberontakan konsumsi manusia terhadap AI generatif. Tapi, maksud saya adalah bahwa semua kemajuan ini ada di sana, kan?
Anda tahu, teknologi, model bahasa, dan lain -lain. Tapi saya pikir apa yang benar -benar menarik adalah kami telah melakukan begitu banyak kemajuan besar dan Anda melihat 50 perusahaan paling berharga, bukan? Begitu banyak dari mereka adalah perusahaan semikonduktor, termasuk Apple dan jelas, Anda tahu, perusahaan komputer seperti Microsoft, yang secara efektif merupakan campuran perangkat lunak perangkat keras.
Begitu banyak dari mereka adalah perusahaan teknologi, bukan? Jadi kami sudah mengerjakan ini. Saya tidak tahu apa kata, tangga teknologi selama bertahun -tahun, dekade, kan? Jadi saya pikir apa yang menarik, saya pikir sulit untuk mengambil langkah mundur kadang -kadang sedikit, apakah ini, kan? Saya pikir alasan mengapa AI generatif mengambil alih zeitgeist adalah karena manusia diberi kode bahasa, bukan?
Dan yang saya maksud dengan itu adalah, Anda dan saya sedang berbicara sekarang, dan satu -satunya alasan mengapa Anda dan saya pikir kami cerdas adalah karena kami berbicara kata -kata dalam bahasa yang kami berdua pahami satu sama lain. Dan itu saja. Yang saya tahu, maksud saya, Eric, Anda bisa menjadi bot. Benar? Dan saya hanya akan mengatakan ini, kan?
Sepertinya lumba -lumba dan gajah dikenal sama cerdasnya dengan kita dalam banyak hal. Tapi kami tidak memandang mereka seperti teman sebaya. Karena kita hanya seperti. Eh, kamu tidak bisa berbahasa Inggris. Saya seperti, Anda tahu, benar. Dan, Anda tahu, dan bahkan hari ini, berjalan -jalan, oh, Anda memiliki aksen. Oh, ini adalah aksen kelas bawah atau apa pun itu.
Oh, Anda kurang cerdas dari saya karena saya memiliki aksen Inggris. Maksudku, kau tahu, aku sedang menonton mahkota dan aku seperti, ya ampun. Hanya saja saya merasa seperti, jadi wow, Anda tahu, saya membaca sangat prom dan mewah. Dan saya seperti, ya Tuhan, saya harus menyukai, melepas ini, Anda tahu, saya perlu, di mana hokkien saya?
Anda tahu, saya harus menyukai, bangga, Anda tahu. Oke. Tapi saya hanya mengatakan tetapi saya hanya mengatakan bahasa adalah bagaimana manusia berkomunikasi satu sama lain. Kalau tidak, kita hanya, karena jujur, kita hanya tahu pikiran kita sendiri dan kita telah menggeneralisasi bahasa itu untuk berkomunikasi satu sama lain. Dan sebenarnya saya pikir AI generatif sebenarnya.
Apa yang benar -benar menarik adalah bahwa itu tidak harus tentang kekuatan komputasi yang terjadi, bukan? Bukan hanya tentang bagaimana mereka menerapkan statistik untuk membuat bahasa itu, bukan? Tapi itu fakta bahwa pada dasarnya mereka bisa meniru bahasa. Dan karena itu, kita sebagai manusia akhirnya memiliki langkah terakhir untuk percaya.
AI itu manusia. Itu bagian yang gila. Orang -orang hanya berpikir terlalu keras tentang sisi produksi ini. Tidak. Apa yang terjadi adalah bahwa kita sekarang berada di tahap awal masyarakat yang sekarang percaya. Aku akan memberitahumu ini. Manusia akan percaya bahwa komputer lebih manusiawi daripada yang kita pikir gajah adalah manusia.
Dan itu lucu karena manusia pasti memiliki neuron dan segala sesuatu yang terjadi untuk kecerdasan. Semua orang tahu, kan? Tapi saya akan memberi tahu Anda sekarang, dan itu sudah terjadi. Maksud saya, saya berbicara tentang podcast di www. Bravesea. com di episode kami sebelumnya. Dan kami hanya berbicara tentang Anda tahu, saya hanya mengatakan hal -hal seperti, oke, Anda tahu, Anda dapat memiliki roh leluhur kembali, berbicara dari kematian.
Dan saya seperti, sekarang sudah terjadi, kan? Saya berbicara tentang bagaimana model tidak lagi menjadi pekerjaan karena Anda dapat secara otomatis melengkapi orang yang tampan, bukan? Itu sudah terjadi. Kami melihat itu. Apple merilis beta publik, benar, mana yang bisa mereka tiru suara Anda, bukan? Karakter. AI pada dasarnya memiliki jutaan karakter, bukan?
Dan pada dasarnya orang jatuh cinta, mulai membesarkan anak di sana. Ini hanya manusia, kami hanya ingin bahasa. Kami hanya ingin tidak merasa sendirian. Karena, bagi kita, kita semua takut sendirian, dan ya ampun, bahasa adalah peretasan itu. Karena, itu sebabnya, Anda tahu, saya bekerja di Starbucks, kan? Karena orang -orang berjalan dan berbicara di sekitar saya.
Saya seorang hewan sosial, bukan? Saya ingin orang -orang itu, itu sebabnya saya sudah menikah, saya punya anak. Kita semua hewan sosial, bukan? Kami ingin menjadi milik. Kami tidak ingin bukan milik. Dan Anda tahu apa bagian terburuk dari manusia? Itu bagian terburuk dari manusia. Apakah mereka bisa mengatakan, Anda bukan milik. Dan itu terjadi sepanjang waktu, kan?
Saya bisa masuk, saya hanya memberi Anda contoh, bukan? Saya tidak terlalu menonton Star Trek. Saya menonton Marvel. Dan, Anda tahu, saya menonton sedikit Star Trek, tetapi bukan Star Trek yang sebenarnya. Jika saya menonton Star Trek Conference Con, saya akan seperti, setelah beberapa saat, semua orang Anda bukan milik. Anda bukan trekkie sejati, kan?
Anda tahu, saya sedikit lebih banyak Star Wars, kan? Saya hanya memberi Anda contoh, bukan? Anda tahu, saya bisa berjalan, Anda tahu, berjalan ke Argentina, dan semua orang akan seperti, Anda bukan milik. Benar? Apakah itu masuk akal? Karena saya bukan orang Argentina, maksud saya, jelas saya bisa menjadi bagian dari cara lain, bukan? Maksud saya, saya bisa menjadi bagian dari iman.
Saya bisa menjadi bagian, mungkin Anda tahu, orang Asia dan orang -orang yang memiliki warisan di sana. Saya mungkin bisa termasuk dalam arti menjadi ekspatriat ke Argentina. Saya mungkin bisa termasuk dalam arti bisnis dan teknologi dan VC. Tapi, maksud saya, jelas suku -suku ini yang dapat Anda miliki. Tapi astaga, internet hebat dalam membangun suku.
Reddit adalah tren yang luar biasa. Setiap subreddit, ya ampun, setiap subreddit, saya merasa ingin dianut oleh internet. Anda tahu, saya pergi ke Reddit, saya seperti, oh ya, R Smangku Singapura. Ya, semua meme saya ada di sana. Semua berita saya, semua komentar saya. Ya Tuhan, itu sangat lucu. Saya seperti, oh hebat. Saya merasa sangat, saya merasa termasuk dalam subreddit itu.
Benar? Itu benar. Dan jelas, saya memiliki koleksi subreddits saya, kan? Anda tahu, R Slash Singapore, R Slash Productivity, R Slash Venture Capital, kan? Oke, ini, ini minat saya, bukan? Tapi bahasa, ya ampun, karakter -karakter ini adalah AI, AI generatif, itu bukan AI generatif, itu bukan, itu milik, itu adalah bahasa yang memiliki, selimut keamanan, kan?
Selimut bahasa yang tertimbang itu. Benar? Personalisasi 100 persen. Ini akan menjadi luar biasa. Ya ampun, aku menunggu Pokemon berikutnya terjadi. Apakah ini akan didasarkan pada AI generatif? Apakah itu akan menjadi Pikachu terbaik di dunia yang benar -benar dapat merespons secara emosional, dalam hidup dan sebagainya?
Saya hanya mengatakan ini adalah bahasa. Anda tahu, saya pikir orang -orang seperti, mengambil langkah mundur sedikit. Dan semua orang sangat fokus pada kasus bisnis, bukan? Tapi itu benar -benar, saya pikir, kasus sosial. Itu perubahan terbesar. Dan saya pikir ini, saya selalu memberi tahu orang -orang, Anda tahu, pil KB ditemukan oleh seorang Katolik, benar, Anda tahu.
Dan, Anda tahu, saya pikir dia punya alasan bagus dan sebagainya. Dan saya pikir banyak orang ketika pil KB itu seperti, oh, Anda tahu, semua orang ekonomi seperti, sekarang orang dapat bekerja lebih lama dan menunda kehamilan dan sebagainya. Tapi itu mengkatalisasi perubahan sosial. Perubahan sosial yang luar biasa, bukan? Dalam hal wanita dalam angkatan kerja, dalam hal cerita dan dinamika kami di sekitar keluarga berencana, di sekitar aborsi, Anda tahu, di sekitar anak -anak, bukan?
Ini hanya sejumlah besar variasi hanya karena penemuan kecil ini, bukan? Anda tahu, pada pil KB, kan? Saya pikir inilah yang terjadi pada AI generatif. Saya pikir jelas ada kasus ekonomi yang saya sukai, jelas, kan? Kami dapat mengotomatiskan agen, kami dapat, Anda tahu, menyusun kontrak setia.
Anda tahu, semua hal lain ini, Anda tahu. Pikirkan saja dunia itu, kan? Ada startup yang, Anda tahu, kami berbicara dan dia pada dasarnya mengatakan saya ingin meluncurkan jutaan podcast. Dan saya seperti, apa? Dan dia seperti, ya, setiap podcast akan memiliki satu pelanggan. Dan satu pelanggan itu membayar 10 sebulan.
Dan saya seperti, ya, itu berhasil. Anda tahu, dan itulah cara Anda menghasilkan 100 juta pendapatan sebagai jaringan podcast, Anda tahu, jika, maksud saya, Anda memikirkannya, itu, Anda tahu, bukan tidak mungkin, bukan? Maksud saya, mengapa saya menyebutnya? Tapi ya, kenapa tidak? Tapi kemudian apa artinya bagi Anda dan saya, kan? Maksud saya, seperti yang saya katakan, benar, Anda tahu, maaf untuk mengatakan ini, kami agak terlalu tegang bagi banyak orang yang sudah dalam percakapan ini.
Kami terlalu ceruk untuk orang lain. Benar. Karena kami berbicara tentang Singapura dan hal -hal lain ini serta teknologi dan sebagainya. Jadi, kenyataannya adalah, Anda dan saya sebenarnya adalah manusia yang sangat canggung dalam skema besar hal. Kami orang aneh. Anda tahu, saya orang aneh. Anda orang aneh. Kami dua orang aneh yang terikat podcasting dan teknologi dan sebagainya.
Dan, ya, mungkin beberapa orang aneh lainnya akan menemukan kita, apa pun. Tapi, kamu tahu apa? Dalam 10 tahun, Anda tidak akan menemukan orang aneh ini. Anda tahu, Anda hanya akan memiliki orang yang sempurna ini hanya nongkrong dengan Anda yang seperti 100 persen di sana, kan? 100 persen dipersonalisasi. Sahabat pribadi Anda, bestie terbaik terbaik Anda, bukan?
Dan saya pikir itu bahkan bukan pertanyaan di kepala saya. Ini seperti perubahan sosial. Saya pikir Generation Alpha, sahabat semua orang akan menjadi AAI.
(00:40:52) Eric Chan:
Ya. Anda tahu apa yang saya maksud? Ya. Saya pikir ini sama -sama menarik dan juga menakutkan pada saat yang sama. Ya. Benar. Maksudku, memikirkannya, itu seperti robot, bukan?
Apakah itu pertunjukan yang saya robot atau semacamnya, bukan? Seperti robot yang mengambil alih manusia dan bahkan seperti robot seperti hidup bersama. Manusia benar -benar. Saya tidak tahu, seperti 10, bahkan 20, 30 tahun kemudian, mungkin seperti itu terjadi, tetapi ini. Menyenangkan, tetapi ini sangat menakutkan pada saat yang sama. Ya, tapi saya percaya ada banyak kasus penggunaan yang valid untuk benar -benar mengambilnya kembali menggunakan Jai.
(00:41:22) Jeremy AU:
Ya, maksud saya, lihat kami, Anda tahu, dibandingkan dengan orang tua atau kakek nenek kami, kami adalah bidat, kan? Anda tahu, kami berbicara satu sama lain melalui internet dan barang -barang secara langsung, seperti yang dilakukan manusia sejati, bukan? Pria sungguhan melakukan, misalnya, kita seharusnya bertawak dan minum kopi dan minum bir dan semua ini.
Itulah norma interaksi sosial. Kami orang aneh dibandingkan dengan mereka. Jadi saya pikir, tetapi apa yang saya coba katakan sedikit di sini adalah saya pikir orang -orang belum memikirkan saya pikir orang sangat fokus pada urutan pertama, seperti bagaimana saya berinvestasi dalam startup di AI generatif? Tapi saya pikir urutan kedua, urutan ketiga, urutan keempat, pikirkan tentang itu, kan?
Masyarakat, bagaimana jika sahabat dan guru atau penasihat semua orang adalah AI? Itu semua adalah manusia yang dipandu oleh AI. Jadi ada itu, kan? Di dunia itu, apa yang terjadi kemudian? Jadi apa itu kebenaran? Anda tahu, jadi misalnya, saya pikir saya berpikir pada diri sendiri, Anda tahu, begitu saya memulai dunia, itu pasti akan terjadi.
Itu yang saya sebut seperti kampanye manusia nyata, bukan? Ini akan menjadi salah satu klub seperti mereka, seperti tidak ada telepon, tidak ada AI, kan? Kami hanya duduk dan kami minum alkohol seperti manusia sungguhan dan melakukan semua hal yang dapat kami lakukan, Anda tahu, merokok rokok atau bermain poker. Itu harus menjadi gerakan budaya kontra yang nyata.
Saya pikir itu akan terjadi. Ini seperti momen manusia yang nyata, bukan? Atau lebih banyak alam atau, Anda tahu, hal -hal seperti itu. Benar. Saya pikir itulah yang saya pikir kita mulai lihat. Dan, Anda tahu, perubahan teknologi, Anda tahu, itu terjadi dengan sangat lambat. Itu terjadi sekaligus. Benar. Anda tahu, ini bertahap. Ini sangat bertahap.
Maksudku, ayolah, pikirkanlah. 1970 -an, 1980 -an, siapa yang menggunakan internet, kan? Dan tiba -tiba sekarang pada tahun 2020, kita semua seperti, bam! Heck, di Amerika, 2000 orang sudah memesan barang secara online, bukan? 2020, Anda tahu, itu hanya tiba dalam satu hari, kan? Itu hanya gila, kan? Jadi, ya. Dan hanya 50 tahun yang lalu, kan?
(00:42:58) Eric Chan:
Ini tidak seperti super panjang. Ini bukan 120, seperti 300 tahun yang lalu. 50 tahun yang lalu. Ini seperti 1980 -an, kan?
(00:43:04) Jeremy AU:
Ya, saya, saya ingat saya, klip YouTube favorit saya, apakah Anda tahu, itu orang ini yang mewawancarai Arthur C. Clarke, kan? Dan putra pewawancara ada di kamar dan mereka berada di dalam kamar raksasa.
Seluruh ruangan adalah komputer, bukan? Dan pewawancara bertanya kepada Arthur C. Clarke, kan? Dia seperti, hei, apa yang menurut Anda akan terjadi di masa depan? Ini semua hitam dan putih. Saya pikir itu seperti tahun 1960 -an, kan? Anda tahu, dia seperti, ya, dia seperti, Arthur C. Clarke seperti, yah, suatu hari, Anda tahu, seluruh komputer kamar ini akan cocok.
di perangkat di, di tangan putra Anda. Dan pewawancara itu seperti, apa? Dan dia ya, dia akan menggunakannya untuk berbicara dengan orang -orang di seluruh dunia dan melakukan bisnis dan membuat pengaturan bisnis. Dan kemudian anak kecil ini saya tidak tahu, tujuh atau delapan tahun, kan? Benar -benar tidak mengerti tentang percakapan, seperti berputar di kursinya.
Dan saya hanya suka menonton video ini dan hanya tertawa, kan? Karena, maksud saya, bayangkan menonton ini saat itu, Anda akan seperti, oh, Arthur C. Clarke ini adalah pria gila total. Untuk mengatakan hal ini, dan kemudian sekarang Anda melihatnya dan saya menonton ini di YouTube, kan? Untuk hal ini, dan saya hanya seperti, ya ampun, itu akan terjadi, kan?
Jadi pikirkan ini, kan? Itulah hal -hal yang gila akan terjadi dalam 50 tahun ke depan yang Anda dan saya pikir itu bodoh. Saya akan memberi tahu Anda ini, seperti augmented reality 3D akan terjadi, kan? 100%. Apakah ini a? 100 persen akan terjadi, kan? Hanya perangkat, kekuatan pemrosesan semakin baik.
Tampilan menjadi lebih baik. 3D, apa pun yang ingin Anda sebut, AR, VR. Ini akan menjadi secara efektif, benar -benar, kesetiaan 100 persen. Saya pikir itu akan sampai di sana, sangat dekat dengannya. Benar? Itu satu. Dua, saya pikir, seperti kehidupan. Saya pikir kita akan melihat replika seperti hidup. Atau pada kenyataannya, Auto menghasilkan manusia dalam hal bicara, bahasa, bahasa tubuh, tingkah laku.
Apakah ini akan terjadi? 100 persen akan terjadi. Pikirkan tentang itu, kan? 100 persen akan terjadi, kan? Pikirkan tentang itu. Tiga adalah, ruang. Apakah kita akan memiliki lebih banyak barang di luar angkasa atau lebih sedikit barang di luar angkasa? 100 persen kita akan memiliki lebih banyak barang di luar angkasa. Yang benar adalah, kita hanya akan memiliki lebih banyak barang.
Ini seperti WoW semua orang, ruang penuh satelit. Saya seperti tidak. Mungkin ada lebih banyak satelit lagi. Apa yang akan terjadi ketika dunia penuh dengan satelit, kan? Saya pikir suatu hari nanti. Kita akan mengetahui ada planet di luar sana yang dapat mendukung kehidupan manusia. Ini hanya masalah waktu, bukan?
Ini hanya masalah pemrosesan kekuatan, mencari planet yang cukup. Maksud saya, statistik, kan? Itu harus melihat semua planet, apa pun itu. Saya pikir dalam hidup kita, saya pikir kita akan menemukan sebuah planet yang pada dasarnya mengatakan, semua orang akan seperti, kita mungkin berpikir itu memiliki oksigen dan air dan dapat menopang kehidupan manusia.
Saya pikir seseorang akan mengatakan itu. Dan saya pikir untuk saya, saya pikir itu akan menarik karena saya pikir saat kita tahu bahwa ada sesuatu yang bisa dilakukan di sana, maka umat manusia, kami suka menaklukkan area baru.
Kami selalu mengeksplorasi dan keluar atau apa pun itu. 100 persen umat manusia akan seperti, oh, akhirnya kita punya tempat.
Karena tidak ada yang mau pergi ke luar angkasa. Tidak ada apa -apa di sana. Tapi Anda memberi tahu saya, tunggu, ada real estat gratis yang nyata. Anda tahu, di sana, di luar sana di alam semesta. 100 persen Stanford Raffles akan seperti, bangkit dari kubur dan hanya seperti, oke, mari kita perlu mengatur koloni di planet itu, kan? Jadi kita hanya perlu arah seseorang pergi ke, bukan?
Jadi semua hal ini, apakah ini pasti akan terjadi? Ini masalah waktu, bukan? Dan pikirkan saja, kan? Anda tahu, itu hanya gila. Jadi bagi saya, saya pikir ini kurang tentang itu. Efek urutan pertama dari teknologi individu ini, tetapi pikirkan tentang itu di dunia itu, ketika semua hal itu ada, apa yang akan terjadi?
Ini masa depan, kan?
(00:46:31) Eric Chan:
Ini masa depan. Ini masa depan. Jadi mari kita lihat dalam waktu 20, 30 atau bahkan 4 tahun, mari kita kembali. Pertama untuk memeriksa bagaimana hal -hal di pihak kita. Yang kedua adalah bagaimana AI generatif mengubah dunia dalam 22 tahun ke depan. Waktu yang menyenangkan. Baiklah, untuk membungkus, kan? Apa satu nasihat?
Kurang dari 10 kata. Anda ingin memberikan kepada pendengar kami di sini yang merupakan pendiri dan tidak mendapatkan lembar istilah, hanya untuk membungkus kami dalam episode ini.
(00:46:57) Jeremy AU:
Wow. 10 kata. Ya, 10 kata. Bangunan penyelam. Baiklah. 20 kata. 10 kata.
(00:47:04) Eric Chan:
Chatgpt, beri 10 kata di sana.
(00:47:07) Jeremy AU:
Seperti 1 28 untuk, Anda tahu, dua 50 hingga. Sekarang, karakter yang tak terbatas, Anda seperti, Anda tahu, pelanggan premium.
Oh, mari kita gunakan bar. Ayo gunakan bar. 100 persen dipersonalisasi. 100%. Setidaknya sekarang Anda tahu, pada tahun ini, 2023, Anda tahu bahwa Jeremy benar -benar dipersonalisasi. Dia tidak tahu, menggunakan ponsel saya untuk menghasilkan sesuatu sekarang. Itu benar. Era pra -youtrifikasi. Sepenuhnya otentik. Sepenuhnya otentik, 100 persen organik.
Ya. Manusia dibesarkan, Anda tahu, nasihat. Saya hanya akan mengatakan ya, Anda tahu, kami adalah manusia dan kami mengendalikan diri kami, kan? Dan hanya diri kita sendiri. Apa yang saya maksud dengan itu, Anda tahu, kita adalah manusia, bukan? Dan saya pikir kebenarannya adalah, Anda tahu, kami bukan manusia super. Kami ingin menjadi manusia super, tapi kami tidak. Kami bukan AIS.
Kami bukan perusahaan. Kami bukan startup. Dan apa artinya kita harus tidur. Anda tahu, kita harus makan, kita harus bersosialisasi, kita harus menjaga diri kita sendiri, kita memiliki hormon, kita tahu, ritme sirkadian. Dan itu bukan pikiran atas tubuh, meskipun kita berbakat dan diberkati dengan pikiran yang memungkinkan kita melakukannya, Anda tahu, hal -hal manusia, bukan?
Anda tahu, tetapi pada bagian waktu yang sama, kami hanya manusia, bukan? Dan itu berarti, Anda tahu, kami cemburu, kami marah, kami menjadi sedih, kami menjadi kesepian. Kami mendapatkan pekerja keras, bukan? Anda tahu, kami dapat melakukan semua hal itu. Semuanya dalam pengalaman manusia, bukan? Kami hanya, kami manusia. Dan saya pikir mengakui bahwa itu adalah langkah pertama.
Dan dua adalah, ya, Anda tahu, kami mengendalikan diri kami, kan? Yaitu kami memiliki agensi. Kita bisa membuat keputusan untuk diri kita sendiri. Dan kita hanya bisa membuat keputusan diri kita sendiri. Karena kita tidak dapat mengubah dunia. Kami tidak dapat mengubah berita. Kami tidak dapat mengubah yang lain, kami tidak dapat mengubah orang lain. Saya pikir, itulah titik pembelajaran yang besar.
Kita hanya bisa mengatakan apa yang ingin kita katakan, misalnya kepada orang lain dan itu untuk mereka, orang lain untuk berubah jika mereka ingin berubah, bukan? Jadi, saya pikir itu idenya, ya, Anda tahu, kami hanya manusia. Kita bertanggung jawab atas diri kita sendiri dan hanya diri kita sendiri. Oh, tunggu, ini 10. Ini 10 kata. Ya ampun. Kata-kata. Dia mengerti.
Yay. Itu manusia.
(00:49:27) Eric Chan:
Kami manusia. Kami bukan robot. Benar? Ya. Oke. Manusia ini dapat melakukan kurang dari 10 kata. Ya. Ya. Ya. Kita tidak bisa mengendalikan diri kita sendiri. Ini tidak seperti kita dikendalikan oleh, Anda tahu, dan mengkode pengkodean rekayasa yang cepat, yang merupakan hal baru. Ya. Jadi ya, saya pikir itu, itu adalah bungkus, Jeremy.
Saya pikir itu menyenangkan. Senang sekali Anda berbagi dengan kami. Kisah Anda, menjadi pribadi, dan senang Anda juga berbagi wawasan Anda. Yap, hanya untuk menyelesaikan juga, satu pertanyaan lagi untuk Jeremy. Di mana kami menemukan Anda? Di mana kami terhubung dengan Anda dan tahu lebih banyak tentang Anda?
(00:49:56) Jeremy AU:
Ya. Jadi pergi ke www. Bravesea. com dan pada dasarnya itu adalah podcast dan komunitas di mana kami mencakup sumber daya untuk pendiri, pendiri calon, VC, dan operator untuk pada dasarnya. Pikirkan tentang masa depan Tech Asia Tenggara, tetapi juga memiliki pandangan No BS tentang apa realitas dunia saat ini. Kami memiliki rasa optimisme yang mendalam, saya kira, tentang membangun masa depan dan membuatnya, itu terjadi dan memang mengubah kehidupan jutaan orang.
Jadi kami memiliki podcast transkrip, kami memiliki podcast, kami memiliki grup diskusi. Jadi itu adalah peluang besar bagi kita untuk belajar dari satu sama lain. dan juga saling membantu membangun. Luar biasa.
(00:50:35) Eric Chan:
Terima kasih, Jeremy. Luar biasa. Terima kasih telah menyetel ke podcast Story Story Anda. Jika Anda menikmati episode ini, silakan bagikan dengan teman -teman Anda. Kejar impian Anda, jalani hasrat Anda, dan temukan kisah grid Anda.