Aldi Adrian Hartanto Tentang Mengatasi Tantangan Keluarga, Indonesia VC Partner & Passion to Succeed - E70
"Filosofi kerja saya adalah tentang memiliki kemitraan murni di mana kami memiliki tujuan yang sama dan kami saling membantu mencapainya. Jika kami memiliki tujuan yang berbeda, mungkin tidak tepat bagi kami untuk terus bekerja bersama." -Aldi Adrian Hartanto
ALDI adalah mitra di Arise , inisiatif dana tahap awal oleh MDI Ventures dan Finch Capital dengan misi untuk memberdayakan generasi ke-3 pengusaha di era pasca-panandan yang membangun kelinci (pembangunan bisnis yang nyata) melalui tesis investasi terbelakang yang didukung oleh perusahaan multi-perusahaan dan dana ventura yang mendukung.
Dia juga VP investasi di MDI Ventures, perusahaan VC multi-dana global AUM AUM yang berinvestasi di pendiri lokal senilai $ 830 juta, terutama didukung oleh Telkom Indonesia . ALDI memimpin keseluruhan kegiatan investasi global dengan fokus pada startup tahap ekuitas benih-ke-pertumbuhan di 5 dana dan 3 kantor (ID, SG, USA) dengan portofolio yang mewakili 12+ negara termasuk payfazz, waresix, kredivo, mpl, exited, payuStion, paypat), payupers (exrited pouction), payupers (exited do. Whispir (IPO di ASX), dan Geniee (IPO di TSE).
Prior to MDI Ventures, he was in charge of setting up, leading, executing, and managing investments of a Silicon Valley based Venture Capital firm in the SEA region and #1 Fintech focused VC arm of Indonesia largest Corporate Lender with top SEA portfolio which includes Alodokter, Investree, Koinworks, Amartha, Bridestory (Exited to Tokopedia), Moka (Exited to Gojek), Urbanindo (keluar ke 99.co ) Jurnal (keluar ke Mekari), Talenta (keluar ke Mekari), dan kasir (IPO di IDX).
Baru -baru ini, ALDI dianugerahi sebagai satu -satunya GCV Powerlist Top 100 dari Wilayah Laut di antara CVC global teratas lainnya seperti SoftBank, Intel Capital, GV, M12, Naspers, Tencent Investment, dan Alibaba Innovation Ventures.
Jika Anda adalah pendiri generasi ke -3 yang calon yang tertarik untuk membangun kelinci dan mencari mitra yang sangat strategis dan gesit di Indonesia untuk memecahkan peluang pasar digital US $ miliaran, jangan ragu untuk menghubunginya - aldi.hartanto@mdi.vc.vc
Episode ini diproduksi oleh Kyle Ong .
Jeremy Au (00:29):
Hei, Aldi. Senang Anda berada di acara itu.
Aldi Adrian Hartanto (00:32):
Ini akan selalu menyenangkan, kawan. Terima kasih telah menerima saya.
Jeremy Au (00:34):
Ya. Saya senang, Dharmadi dari Alpha GWC menghubungkan kami, dan saya senang berbagi sedikit lebih banyak tentang cerita Anda.
Aldi Adrian Hartanto (00:42):
Menantikan itu, kawan.
Jeremy Au (00:44):
Aldi, bagi mereka yang belum mengenal Anda, jelas mereka melihat Anda dan berkata, "Wow, MDI Ventures, VC, akselerator, semua hal ini." Tapi bagaimana Anda menceritakan kisah Anda?
Aldi Adrian Hartanto (00:56):
Saya selalu mengatakan bahwa saya sangat tidak biasa dalam hal latar belakang saya. Saya berasal dari ... dan ini sangat banyak tentang kebetulan. Saya tidak berharap bahwa saya akan mendapatkan hari ini. Saya datang dari latar belakang yang sangat sederhana. Secara teknis, hidup saya dimulai di Korea Selatan ketika saya berusia 18 tahun. Ayah saya meninggal pada waktu itu, dan saya tidak menerima di sekolah mana pun. Bahkan orang yang biasa -biasa saja tidak menerimanya, dan saya tidak punya uang, karena ayah saya meninggal dan dia tidak meninggalkan banyak hal untuk saya. Jadi saya tidak punya banyak pilihan, dan hanya mendapatkannya. Untuk beasiswa, entah bagaimana, saya tidak tahu caranya, tapi saya pikir mereka agak tergelincir, pendaftaran, entah bagaimana saya mengerti, jadi saya hanya pergi. Itu dari beberapa sekolah bisnis baru, sebuah sekolah bisnis oleh salah satu orang terkaya di Indonesia bernama Sampoerna, miliarder. Dan saya mengambil sekolah, dan kembali pada waktu itu, karena saya menyadari bahwa saya tidak begitu pintar, saya tidak datang dari latar belakang yang sangat mapan, dan saya tidak memiliki banyak jaringan juga, jadi saya pikir saya perlu melakukan sesuatu lebih lanjut. Jadi saya mulai bekerja sejak saya berada di tahun pertama saya. Ambil beberapa pekerjaan untuk memberi makan keluarga saya juga.
Entah bagaimana, semua pengalaman ini dengan saya hari ini, hal -hal nyata menghubungkan titik -titik. Misalnya, ketika saya masuk ke VC, itu sebenarnya ketika saya berada di tahun kedua saya. Itu tahun 2012. Mentor pertama saya adalah di Departemen Ekuitas. Jadi dia melawan perusahaan investasi yang disebut penasihat besar. Jadi saya melakukan paruh waktu sebagai analis di sana, membantu mereka dengan berbagai manajemen portofolio, memberi mereka beberapa wawasan tentang pasar, dan kemudian suatu hari, dia bertanya kepada saya, "Hei, apa yang ingin Anda lakukan setelah lulus?" Oh, itu sebenarnya pertanyaan yang bagus. Saya tidak tahu.
Dan kemudian saya pergi untuk hari itu, saya tidur di atasnya, dan kemudian saya kembali kepadanya seperti, "Hei, saya ingin menjadi seperti Anda. Saya ingin berada di ekuitas pribadi." Dan dia berkata, "Oh, itu sebenarnya jawaban yang salah." Yang mana saya suka, "Mengapa? Ini industri yang sangat bagus, kan?" Ya, itu bagus, tetapi lima tahun yang lalu, Anda harus mencari apa yang sebenarnya terjadi 10 tahun ke depan. Anda adalah investor. Orang investasi yang baik. Jadi Anda harus melihat jauh ke depan. Jadi, Anda harus mencari, seperti yang kami ketahui dari sudut pandang misalnya, investasi ventura tidak pernah berasal dari perusahaan besar atau industri besar. Anda harus pergi untuk gelombang berikutnya.
Jadi dia berkata kepada saya, "Anda harus melihat industri modal ventura." Tapi itu tahun 2012. Jadi itu bahkan bukan industri atau hal -hal yang terlihat orang. Jadi saya mulai benar -benar mengerti itu. Dia mengaitkan saya dengan salah satu dari mereka, yang salah satunya adalah modal manajemen usaha pada waktu itu, yang Fenox adalah VC yang berbasis di lembah. Mereka baru saja memulai sebuah perusahaan, investasi di Indonesia, dan saya terhubung dengan mereka melalui mentor saya, yang sebelumnya meminta saya untuk menjadi anggota pendiri mereka.
Dan kembali pada saat itu, saya mulai dari awal. Saya magang. Awalnya, saya memiliki pekerjaan di Astra, yang merupakan salah satu yang terbesar di Indo. Dan saya hanya berhenti dari pekerjaan saya, menjadi magang. Setelah itu, melakukan Fenox dan kemudian menjadi sangat beruntung, karena industri tumbuh sangat cepat, terutama tanda pada 2014, di mana Tokopedia mempekerjakan analis dari Softbank dan Sequoia. Itu menempatkan Indonesia di peta dan sejak itu, industri tumbuh sangat cepat, dan saya sangat beruntung karena saya berada di gelombang pertama.
Jadi sejak itu, setelah saya bersama Fenox, entah bagaimana saya mendapat telepon dari Mandiri, bank, salah satu bank terbesar di Indo, untuk mengatur lengan CBC mereka sendiri. Jadi saya berusia 23 tahun pada saat itu, dan membantu mereka mengatur kantor mereka, dan sebagian pada hal -hal investasi, saya memimpin investasi. Kami melakukan investasi yang sangat baik di awal perusahaan yang sangat bagus. Orang -orang seperti industri tingkat. Moka keluar ke Gojek, sebelumnya perusahaan digital terbesar. Cashlez adalah salah satu IPO fintech pertama di Indo, dan kemudian beberapa orang lain keluar ke Mekari.
Tapi kami melakukan investasi yang sangat baik di Mandiri. Kami memulai, dan kami memiliki DVPI yang cukup besar, dengan keluarga menjadi dari anak perusahaan di Mandiri juga. Tetapi kembali pada waktu itu, mereka menggeser sedikit fokus. Jadi setelah itu, saya terhubung dengan usaha MDI. Mereka ingin mengubah diri mereka dari awalnya VC perusahaan agar Telkom menjadi sesuatu yang lain, yang mereka tidak tahu pada saat itu, mereka hanya berpikir bahwa mereka perlu berubah. Jadi saya bergabung dengan mereka. Kami melihat apa yang mereka lakukan, jadi kami menyadari rekam jejak itu dalam hal keluar. Kami memiliki delapan jalan keluar sekarang, yang merupakan salah satu ... kami sudah memiliki uang yang cukup besar, kami tidak bisa kembali untuk dana, jadi kami menyadari mengapa kami tidak menciptakan lebih banyak dana? Jadi kami memutuskan bahwa kami beralih dari modal ventura perusahaan ke sesuatu seperti Multistage VC Fund. Jadi kami saat ini mengelolanya pada empat dana aktif dengan UM $ 820 juta di empat pohon dana. Kami memiliki tiga kantor sekarang, Indo, Singapura, dan juga AS, di lembah. Yang terutama kami investasikan di semua tahap. Terutama sebagian besar tahapan, dari Seed, Seri A, Seri B, Pra-IPO, Pra-Uang sepanjang jalan melalui banyak dana, yang memungkinkan kita untuk mendukung dana dari dan di luar.
Sejak itu, sangat beruntung karena itu, saya akhirnya berhasil menyiapkan perusahaan saya, dana kami, yang didukung oleh MDI Indo, yang merupakan lengan dana MDI, yang terutama memimpin inisiatif global termasuk pangkalan dana, tesis investasi dan eksekusi hal itu, dan sangat fokus untuk membangunnya. Dan sangat menarik dengan generasi baru pendiri yang ingin kami kembali, terutama di Post Fund.
Jeremy Au (06:42):
Luar biasa. Saya suka ceritanya. Jelas, kami akan menggali lebih dalam ke garis VC dan seterusnya dan seterusnya, tetapi saya ingin membicarakan waktu Anda. Anda berbagi tentang bagaimana Anda berjuang dan pergi ke Universitas Sampoerna. Apa yang Anda ingat tentang waktu itu?
Aldi Adrian Hartanto (06:57):
Saya juggling antara pekerjaan dan pendidikan, bagian pembelajaran. Seperti saya harus pergi ke kelas, tetapi apa yang saya lakukan pada waktu itu adalah di pagi hari, saya mengambil kelas, dan kemudian di tengah sore, saya melakukan pekerjaan lain sebagai telemarketer juga selama waktu itu. Yang biasanya satu per jam. Ini tidak terlalu fleksibel. Saya hanya perlu pergi ke kantor dan memeriksa telepon dan membuat beberapa gambar. Saya menjadi telemarketer untuk universitas, yang merupakan uni saya sendiri.
Jadi di waktu luang saya, saya turun ke telemarketer, yang bagi saya di tengah hari, 13:00 hingga 3:00 sore. Saya memiliki kelas saya yang lain pada pukul 3 sore, saya mengambilnya, dan di malam hari, saya melakukan paruh waktu sebagai analis di perusahaan investasi besar ini. Meremas kembali pasar, membuat beberapa analisis berdasarkan itu, lalu saya berkomentar kepada manajer portofolio saya, dan kemudian di pagi hari, saya mengirimkannya kepada mereka, dan kemudian setelah itu, kembali ke kelas juga dan seterusnya dan seterusnya.
Akhirnya, itu cantik ... Saya tidak mengatakan melelahkan, tetapi kami cukup menikmati, karena saya hanya harus melakukannya, kan? Karena saya perlu memberi makan keluarga saya saat itu. Dengan tegas, apa yang bisa saya katakan lebih kuat merangkul apa yang Anda miliki. Jenis seperti bersikap senang atau mengatakan itu, "Oh, ini sangat sulit dan dan lain -lain." Saya mencoba melakukan yang terbaik saat itu, dan pada waktu itu, saya tidak punya banyak pilihan.
Tapi sejauh ini, sangat terbayar karena mengejutkan, semua yang saya lakukan di uni saya sangat membantu apa yang saya lakukan hari ini. Misalnya, kembali pada waktu itu, dalam bahasa Inggris saya dan juga komunikasi, tetapi karena saya adalah seorang telemarketer selama dua tahun, itu memungkinkan saya untuk membentuk kembali komunikasi saya, bagaimana sebenarnya menjual diri saya, melempar. Untuk sisi investasi juga, saya menjadi analis. Ini terutama memungkinkan saya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menganalisis perusahaan, bagaimana menganalisis pasar sebelumnya sebelum saya benar -benar lulus, dan jelas, itu memungkinkan saya untuk terhubung dengan sebagian besar orang yang saya terhubung di ruang itu juga, karena ketika saya berada di uni.
Jadi saya bisa mengatakan itu pasti lebih seperti menjadi pasif. Tidak perlu memikirkan apa yang mirip dengan investasi, bukan? Jadi kami pikir saya hanya perlu melakukan ini, ini baik untuk waktu saya saat ini, dan saya pikir dalam jangka panjang, itu akan sangat dibayar juga.
Jeremy Au (09:25):
Jika Anda tidak keberatan saya bertanya, mengapa Anda membantu keluarga Anda? Apakah itu orang tuamu atau apa yang terjadi di sana? Jika Anda tidak keberatan berbagi.
Aldi Adrian Hartanto (09:31):
Tidak, jangan khawatir sama sekali. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ayah saya meninggal ketika saya berusia 18 tahun, jadi saya baru saja lulus SMA. Dan dia adalah seorang wirausahawan secara tidak sengaja, karena jika Anda ingat pada tahun 1998, kami memiliki krisis keuangan Asia. Dia di -PHK dan entah bagaimana tidak bisa benar -benar dijemput. Jadi dia hanya bekerja sendiri, dia berada di industri tekstil, yang tidak terlalu sulit. Dan salah satu hal yang saya pelajari, yang merupakan salah satu alasan mengapa saya mengambil keuangan pada waktu itu, karena dia ditipu oleh banyak orang, karena dia adalah pengusaha yang sangat buruk, jadi dia tidak benar -benar memahami seluruh angka dan hal -hal keuangan. Jadi saya masuk akal dan berkata, "Oke, saya perlu mengerti itu, karena keuangan dan akuntansi adalah bahasa bisnis. Kalau tidak, seluruh keluarga saya akan berakhir seperti kesalahan yang telah dilakukan orang tua saya."
Dan karena ayah saya meninggal, kami tidak memiliki aset. Kembali pada saat itu, saya menghitung rasio hutang terhadap aset jelas di atas atap, karena kami tidak memiliki aset, kami memiliki beberapa hutang juga. Tidak terlalu banyak, tetapi dalam hal sudut pandang rasio, sangat tinggi. Dan saya putra pertama, anak -anak pertama dalam keluarga. Jadi terutama, saya perlu mengambil alih ayah saya. Jadi itu sebabnya saya mencoba melakukan yang terbaik untuk membantu keluarga saya, yang pada awalnya, saya pikir sangat sulit, tetapi entah bagaimana, terutama jika Anda memiliki alasan untuk hidup, terutama alasannya adalah ...
Karena orang adalah orang sosial yang sangat banyak. Artinya makhluk sosial itu, di mana Anda perlu memiliki alasan untuk hidup. Dan alasan saya untuk hidup adalah saya perlu memberi makan keluarga saya. Itulah mengapa cukup banyak energi sosial bagi saya untuk hanya bergerak maju, karena beberapa orang berpikir bahwa, "Hei, bagaimana Anda bisa melakukan itu?" Karena saya menyulap segala sesuatu dengan pekerjaan saya, pendidikan saya, saya juga perlu melakukan beberapa kegiatan lain untuk bangunan CV saya. Seperti yang saya ambil untuk beberapa kompetisi, dan lain -lain dalam organisasi di sekolah.
Bagaimana saya melakukannya? Awalnya, ketika saya berpikir lagi, ya, sepertinya itu tidak masuk akal, tetapi bahkan pada saat saya memiliki keunggulan sosial yang merupakan keluarga saya, entah bagaimana, secara ajaib, itu hanya membuka banyak peluang.
Jeremy Au (11:47):
Seperti apa? Apakah Anda merasa cemburu pada siswa lain di kelas? Apakah Anda merasa berbeda? Saya agak penasaran, karena situasi yang sulit untuk berada, untuk mendukung keluarga Anda, mengerjakan pekerjaan, saat Anda juga di sekolah, dan kemudian siswa lain bisa pergi ke sekolah. Saya tidak tahu, bagaimana perasaan Anda?
Aldi Adrian Hartanto (12:09):
Awalnya, persis apa yang Anda katakan. Saya merasa cemburu, seperti, "Hei, hidup tidak adil. Apa yang saya lakukan untuk mendapatkan ini?" Tetapi saya mulai menyadari bahwa beberapa teman saya lebih beruntung, tetapi ternyata keuntungan ini sebenarnya merupakan keuntungan yang signifikan, karena saya menyadari bahwa beberapa teman saya jauh lebih beruntung, terutama jika mereka berasal dari keluarga di mana orang tua mereka
Misalnya, mereka memiliki beberapa bisnis, atau politisi atau pemimpin lain di industri atau bidang lain yang mereka miliki. Bebannya sebenarnya jauh lebih besar, karena apa pun yang Anda lakukan, jika Anda datang dari keluarga istimewa atau latar belakang yang lebih istimewa, apa pun yang Anda lakukan, yang saya lihat begitu banyak teman saya, Anda akan selalu dibandingkan oleh keluarga atau kerabat Anda. "Oh, kamu benar -benar dicapai karena ayahmu juga sangat berhasil, jadi ayahmu pasti akan membantu kamu. Oh, kakakmu benar -benar baik -baik saja, itu sebabnya kamu juga akan melakukannya dengan sangat baik, dan dan sebagainya, dan sebagainya."
Dimana dari sisi saya, saya benar -benar memulai segar. Prestasi apa pun yang saya lakukan, bahkan yang kecil, orang akan berpikir bahwa saya adalah seorang yang dibuat sendiri, yang berarti saya melakukannya sendiri, yang belum tentu terjadi karena ibu saya jelas salah satu rekan terbesar, karena beberapa orang tua biasa hanya akan mengatakan, "Hei, tolong jangan pergi ke sekolah, hanya membantu keluarga, hanya bekerja, lupakan sekolah, biarkan saudara laki -laki Anda dapat pergi untuk pendidikan dan pengorbanan untuk mereka." Tapi ibuku melakukan yang sebaliknya. Dia berkata bahwa, "Tidak, Anda tidak boleh berhenti mengambil pendidikan. Anda harus pergi untuk minimum bujangan, jadi Anda akan dapat menghidupkan keluarga. Uang itu akan memikirkannya tentang cara Anda hanya fokus untuk mendapatkan pendidikan Anda."
Melakukan itu, dan perspektif lainnya, sebenarnya merupakan keuntungan yang signifikan, karena apa pun yang Anda capai, apakah itu sebenarnya yang kecil, orang akan lebih menghargai, dan Anda mungkin akan lebih merasa senang tentang hal itu. Dibandingkan dengan misalnya, Anda sedang mengejar hantu di mana keluarga, orang tua, kerabat, saudara atau siapa pun di antara Anda yang sudah sukses, orang akan selalu berpikir bahwa Anda sebenarnya tidak mencapai diri Anda sendiri, yang belum tentu terjadi.
Saya melihat banyak teman saya, meskipun mereka sangat istimewa, mereka membunuhnya, kawan. Mereka benar -benar melakukannya karena mereka, bukan karena orang tua mereka. Mungkin beberapa variabel, tetapi porsi yang sangat kecil dengan orang tua tetapi orang -orang sayangnya akan selalu menganggapnya sebagai, "Oh, Anda berasal dari keluarga istimewa? Karena latar belakang Anda." Tetapi bagi saya, ternyata saya akhirnya dapat berdamai dengan itu karena saya menyadari bahwa itu sebenarnya keuntungan yang signifikan karena apa pun yang saya lakukan, orang akan selalu menganggap ini sebagai sesuatu yang secara pribadi saya capai, meskipun itu tidak signifikan atau penting.
Jeremy Au:
Ya. Itu sangat benar. Saya kira secara paralel, Anda juga melihat ayah Anda juga seorang pengusaha. Ayah saya adalah seorang pebisnis dan dia benar -benar hancur oleh krisis keuangan Asia.
Aldi Adrian Hartanto (15:16):
Tidak diragukan lagi, kawan.
Jeremy Au (15:17):
Ya. Tapi saya agak penasaran. Anda melihat ayah Anda, apakah Anda menatapnya dan berkata, "Wow, saya ingin menjadi seperti dia." Atau apakah Anda seperti, "Tidak, saya tidak ingin menjadi seperti dia." Seperti apa?
Aldi Adrian Hartanto (15:29):
Ini adalah pertanyaan yang menarik. Ibu saya secara khusus mengatakan bahwa Anda seharusnya tidak seperti dia, karena dia berpikir bahwa menjadi pengusaha adalah ide yang buruk, karena itu sangat menghancurkan karena krisis, ada banyak hal yang tidak pasti. Jadi dia mengatakan bahwa hanya menjadi pria gaji, atau pergi untuk pemerintah dan dan lain -lain. Tapi saya pikir dari sisi saya, itu berbeda. Saya berpikir kembali pada waktu itu, tujuan saya sederhana.
Setelah apa yang terjadi pada keluarga saya, saya hanya ingin mencapai keamanan finansial, yang berarti bagi keluarga dan kerabat saya, yang sekarang kami relatif dalam posisi yang lebih baik. Tidak suka sepenuhnya aman, tetapi itu adalah posisi yang jauh lebih baik. Saya mulai menyadari bahwa banyak hal itu, apa yang Anda sebut? Saya ingin menjadi, masih masuk, pada akhirnya, ayah Anda akan selalu menjadi pahlawan pertama Anda. Dan Anda mungkin melihat banyak pahlawan super, apa pun itu, saya tidak tahu, kawan. Apa pun. Tetapi ayah Anda akan selalu menjadi panutan pertama Anda. Tapi saya pikir yang semakin dewasa, saya ingin menjadi seperti dia, tetapi hanya bagian yang baik.
Artinya saya mempelajari banyak hal, terutama, misalnya, menetapkan tujuan. Dia bertanya kepada saya satu kali seperti, "Hei, orang seperti apa yang Anda inginkan?" Tetapi pada saat itu, saya seperti, apa, 10 tahun? Dan saya hanya mengatakan bahwa saya hanya ingin menjadi orang kaya. Dan dia berkata kepada saya bahwa Anda seharusnya tidak menjadikannya sebagai tujuan pribadi Anda. Anda harus membuatnya jauh lebih berdampak. Jadilah seseorang yang menjadi apa pun Anda, seseorang yang berdampak positif pada masyarakat lain. Artinya apa pun yang Anda lakukan, selama positif, maka Anda harus mengejarnya.
Dan itu selalu menjadi prinsip saya saat saya melakukan sesuatu. Yang merupakan salah satu hal mengapa saya benar -benar menyukai hal -hal yang saya lakukan, hanya dalam modal ventura, karena secara tidak langsung dan langsung, apa pun yang saya lakukan yang berinvestasi pada perusahaan -perusahaan hidro ini yang benar -benar membuat perbedaan dalam masyarakat dan secara umum di dunia juga, dengan tegas memungkinkan saya untuk membawa dampak yang lebih positif pada masyarakat. Melihat perusahaan -perusahaan ini dari hanya 10 orang hingga ribuan orang. Melihat dari hanya memiliki beberapa klien, sekarang mereka memiliki ribuan klien. Orang -orang merasa bahwa produk tersebut benar -benar membuat perubahan, terutama misalnya, Covid. Dokter kami ketika semua ini dimulai, dan sekarang semua orang merasa senang dengan apa yang sebenarnya adalah penawaran, dan mereka sangat menghargai untuk memilikinya.
Ini memberi saya banyak kedamaian, dan juga pemenuhan karena itu. Setelah mengatakan itu, apa yang dikatakan orang tua saya, saya masih jelas melihat ayah saya, tetapi jelas ada hal -hal tertentu bahwa hal -hal yang dilakukan ayah saya. Saya mencoba menghindarinya, tetapi umumnya pada yang baik, saya masih sangat ingin menjadi seperti dia sebagai pribadi.
Jeremy Au (18:20):
Ya. Itu sangat benar. Ibu saya juga mengatakan hal yang sama. "Jangan seperti ayahmu." Ya. Tidak apa-apa. Tumbuh, kelaparan, Anda tumbuh dewasa merawat keluarga Anda, Anda sedang mengerjakan pekerjaan. Pekerjaan pertama Anda adalah sebagai telemarketer, saya sangat ingin tahu tentang itu. Seperti apa? Karena kita semua tahu rap buruk yang dimiliki telemarketer, tetapi bagaimana rasanya tumbuh dan pekerjaan pertama Anda menjadi telemarketer?
Aldi Adrian Hartanto (18:51):
Oh, itu sangat sulit, karena saya tidak yakin Anda mengikuti hal -hal seperti kepribadian. Saya pada dasarnya seorang introvert. Sekali lagi, MBTI. [dan introvert. Jadi saya tidak terlalu suka berbicara orang, tetapi sekali lagi, saya butuh uang. Jadi ini adalah salah satu pekerjaan yang hanya saya dapatkan. Dan saya menyadari bahwa saya tidak terlalu baik dalam komunitas, jadi itu salah satu hal yang sangat sulit bagi saya, tapi itulah satu -satunya pekerjaan yang bisa saya dapatkan di tahun pertama saya, jadi saya mengambilnya.
Dan beberapa minggu pertama mengerikan, saya bisa mengatakan dari pihak saya, tetapi saya sangat beruntung, karena sangat sulit, terutama jika Anda bukan seseorang yang secara teratur ... tidak terbiasa secara sosial untuk mengkomunikasikan sekelompok orang pada saat yang sama, meyakinkan mereka untuk melakukan sesuatu yang Anda inginkan, dan hal -hal semacam itu. Itu mengerikan dalam beberapa minggu pertama itu, tetapi saya sangat beruntung bahwa mentor saya di sana pada saat itu, bos saya, sangat hasrat pada saya.
Setelah itu, saya menerima telepon saya, setiap panggilan dalam dua minggu pertama, mentor saya, setelah saya menerima telepon saya, dia dengan tenang duduk di samping saya, mendengar apa yang saya lakukan, bagaimana saya melakukan lapangan, dan kemudian setelah dia dengan tenang, sangat bersemangat dan bersabar, mengajari saya, "Hei, kawan, Anda berbicara terlalu cepat." Yang selalu menjadi masalah saya jika Anda menyadarinya juga. "Kamu harus sedikit memperlambat. Buat titik tebal tentang apa yang ingin kamu katakan. Buat lebih informal, jangan lurus ke apa yang ingin kamu katakan, dan jangan menjual ..."
Dan salah satu hal yang saya pelajari jika Anda menonton film Wolf of Wall Street, penjualan bukan tentang menjual barang. Ini tentang dapat membawa solusi untuk masalah mereka. Anda harus menjadi konsultan. Anda harus bertanya kepada mereka tentang keluarga mereka, apa masalah mereka, lihat apa titik rasa sakit yang mereka miliki, dan kemudian Anda agak tergelincir di nada kami yang berpotensi dapat menyelesaikan masalah mereka.
Dan Anda juga harus dapat melihat di mana mana yang benar -benar panas, seperti pipa, dan yang tidak terlalu panas, karena dengan cara itu, itu memungkinkan saya untuk benar -benar membantu saya keluar saat ini, terutama tiga orang. Yang benar -benar membantu saya ketika saya dengan tenang berbicara dengan ribuan pendiri selama setahun, untuk benar -benar dapat membaca jauh di barisan apakah orang -orang ini benar -benar mengatakan apa yang ingin mereka katakan, terutama Anda akan pergi ke perusahaan hebat, di mana kadang -kadang mereka benar -benar melakukan jalan lain, ketika mereka melempar kepada Anda sebagai startup. Anda sebenarnya ingin mengambil uang kami.
Sehingga sebenarnya sangat membantu untuk benar -benar membantu saya dengan pekerjaan saat ini, yang dengan tegas membentuk bagaimana saya berkomunikasi, bagaimana saya sebenarnya bisa lebih halus, dalam hal mengatakan apa yang ingin saya katakan tanpa mematikannya di tengah, yang dengan tegas, sekali lagi, sangat beruntung dengan semua pengalaman yang saya miliki di tahun pertama saya sebagai telemarketer.
Jeremy Au (21:47):
Sekarang saya sangat penasaran, apa yang Anda jual sebagai telemarketer?
Aldi Adrian Hartanto (21:51):
Saya menjadi telemarketer untuk universitas saya sendiri. Universitas saya relatif dikenal. Mereka tidak banyak orang memiliki ... Saya adalah batch kedua saat itu. Jadi saya menjadi telemarketer untuk universitas saya sendiri, jadi terutama mencari ... dan misi kami adalah bahwa bagi orang -orang untuk bergabung untuk kumpulan siswa berikutnya. Itulah yang saya jual, jelas merupakan impiannya.
Proposisi yang mereka miliki, pada saat itu, mereka benar -benar akan dapat memiliki dua tahun di Indo sama dengan dua tahun di AS, karena mereka memiliki kemitraan dengan perusahaan yang dipanggil di AS. Seperti yang Anda ketahui di AS, ketika Anda pergi ke Community College, Anda dapat mentransfer diri ke universitas yang jauh lebih baik setelah itu untuk gelar sarjana penuh. Tapi menawarkan itu, bukan ...
Dan jelas seperti yang Anda tahu, ketika Anda belajar di luar negeri, biaya terbesar bukanlah sekolah, biaya terbesar adalah hidup Anda. Membayar apartemen, membayar untuk kehidupan sehari -hari dan dan lain -lain. Jadi dengan ini, Anda tidak harus tinggal di AS selama empat tahun penuh, Anda bisa tinggal di AS selama dua tahun terakhir. Dua tahun pertama Anda bisa mengambilnya di Indo, dan sebagian kecil dari harga.
Jadi itulah yang ingin kami katakan. Pada saat itu, saya mencoba untuk memahami sebagian besar daftar panas yang saya cari jelas dari pemerintah, dari sekolah internasional, yang ingin belajar di luar negeri. Dan saya memberi tahu mereka sebelumnya, "Tetapi jika Anda ingin menghemat uang Anda sedikit untuk belajar dua tahun di Indo yang setara dengan dua tahun di AS." Yang mana untuk saya, saya selalu bertanya, "Sekolah macam apa yang dibidik anak -anak Anda?" Atau jika saya berbicara dengan seorang siswa, "sekolah macam apa yang ingin Anda tuju?" Mereka akan menyebutkan, "Saya ingin pergi ke Harvard, saya ingin pergi ke Stanford, dan seperti Anda, dll."
Dan saya berkata kepada mereka, "Hei, tapi tahukah Anda bahwa biaya bagi Anda untuk menyelesaikan gelar Sarjana akan mencapai sekitar 400 ribu?" "Yah, kenapa?" Saya berkata kepada mereka, "Terlepas dari uang sekolah Anda, mungkin hanya menghabiskan sekitar 100 ribu sesuatu, tetapi Anda perlu menghabiskan." "Oh, tembak, itu sangat mahal." Dan kemudian tawarkan kepada mereka, "Oh, tetapi Anda sebenarnya bisa memotongnya sedikit." "Oh, kenapa kamu bisa memotongnya sedikit?" "Kamu benar -benar bisa melakukannya dengan melakukan dua tahun di Indo, yang jelas harga yang modis." Dan mereka akan mulai bertanya lebih banyak. "Oh, kenapa? Bagaimana saya bisa melakukannya?" Dan kemudian begitulah akhirnya saya datang dengan semua nada. Itulah yang saya katakan, menjual mimpi itu. Sama seperti semua pengusaha dan pendiri, kawan.
Jeremy Au (24:28):
Ya. Tidak, terima kasih banyak telah berbagi tentang itu. Saya pikir ini pekerjaan yang sulit. Saya tidak pernah melakukannya karena saya mendengar itu adalah pekerjaan yang sulit di kampus, jadi saya melakukan beberapa pekerjaan lain sebagai gantinya. Saya pikir yang menarik juga adalah bahwa Anda berbagi bahwa mentor Anda membantu membuat Anda ke pekerjaan pertama Anda, dan kemudian ekuitas pribadi, dan kemudian VC. Siapa mentor Anda? Bagaimana Anda menemukan mentor Anda?
Aldi Adrian Hartanto (24:49):
Itu datang dari senior saya di sekolah. Entah bagaimana, saya juga memiliki sosial dengan diri saya dan kolega saya di Uni, termasuk senior saya juga. Dan entah bagaimana, senior saya terhubung dengan mentor pertama saya. Namanya dia mungkin sekarang adalah salah satu yang juga. Tetapi kami terhubung melalui senior saya, yang senior saya membantunya untuk bisnis lain, seperti di radio yang terkait dengan keuangan, membiayai mayor mayor pada waktu itu. Itu.
Dan kemudian dia mengatakan bosnya, yang merupakan mentor saya, mengatakan bahwa dia mencari analis paruh waktu. Dan kemudian, oke. Kemudian dia memperhatikan bahwa saya sangat tertarik dengan keuangan, dan dia berkata, "Hei, kenapa kamu tidak melamar?" Saya berkata, "Saya butuh uang dan pasti ingin melakukannya." Ini sebenarnya mendapatkan pelajaran pertama saya dan mengapa saya benar -benar menghormatinya, karena dia memberi saya pelajaran yang sangat baik dalam beberapa situasi.
Selama saya bergabung dengannya, dia mengatakan itu, "Kamu seperti aku, bla, bla, bla." Dan kemudian dia menawari saya pekerjaan, dan dia memberi saya gaji per bulan sekitar 50 ribu. Maaf, sekitar 40k. Maaf, $ 40, 40 dolar. Yang seperti 500.000 di Indo. Dan kemudian kembali pada saat itu, saya tidak bernegosiasi. Saya hanya, "Oke, saya butuh uang, saya putus asa." Jadi saya hanya mengambil uang itu. Yang jelas sangat rendah.
Setelah beberapa bulan, dia berkata kepada saya, "Hei, kawan, jika Anda benar -benar bernegosiasi kepada saya, saya bisa memberi Anda hingga 150." Seperti, apa sih? Mengapa Anda memberi saya 50 dengan sangat rendah? "Ini negosiasi, kawan. Aku memberimu pukulan rendah dan kamu bernegosiasi." Jadi hal pertama yang harus dilakukan jika Anda ingin bernegosiasi, jangan pernah memberikan harga sebenarnya sejak awal, dan ketika Anda ditawari kemudian bernegosiasi, karena pasti mereka memiliki sesuatu di bawah lengan mereka.
Oke, pelajaran pertama. Sejak itu, dia banyak mengajari saya, memberi saya banyak kebijaksanaan dan banyak hal, terutama saya memang membiayai. Dan salah satunya di modal ventura, yang sangat terhubung dengan banyak investor Jepang, yang pada saat itu tahun 2011, dan bahkan sejak awal Indo, selalu Jepang perusahaan atau investor selalu menjadi orang percaya pertama di Indonesia. Semua industri awal produsen Indo, otomotif dan semuanya berasal dari Jepang.
Termasuk dalam industri VC, karena ada banyak waktu, sebagian besar investor datang dari Jepang. Seperti vendor ini, seperti dana Jepang ini, di mana kami memiliki vendor, kami miliki. Itu adalah bisnis Jepang. Termasuk modal ventura Fenox, karena Fenox berbasis di AS, tetapi sebagian besar LP mereka datang dari Jepang entah bagaimana. Proposisi yang mereka miliki, mereka ingin membawa inovasi dari lembah ke Jepang.
Selama salah satu diskusi mereka dengan LP mereka, mereka menyebutkan, "Hei, mengapa Anda tidak pergi ke Indo? Ini adalah perbatasan berikutnya." Itulah sebabnya mentor saya terhubung dengan seseorang juga, karena afiliasi Jepang ini, dan kembali pada saat itu, sayangnya perusahaan harus ditutup untuk perusahaan investasi ini, dan ia benar -benar pindah ke dana lain. Sekarang dia hanya menjalankan lengan investasi energi dari Infrastruktur Ide, yang merupakan salah satu dana energi terkemuka di Jepang.
Ketika kami menutup perusahaan, dia agak merujuk saya ke orang -orang ini dari Fenox, dan kemudian setelah itu, saya memeriksa dengan mereka, dan mereka mengatakan mereka mencari magang. Jadi begitulah cara saya mendapatkan pekerjaan itu. Saya tidak pernah berharap berada di VC, tetapi entah bagaimana melalui hubungan ini dan untuk mentor pertama saya, saya terhubung.
Jeremy Au (28:38):
Wow. Luar biasa. Cerita yang luar biasa. Saya hanya penasaran, setidaknya untuk mentor Anda atau bos pertama Anda, dia memberi tahu Anda bahwa Anda harus menegosiasikan itu. Apakah dia meningkatkan gaji Anda setelah itu?
Aldi Adrian Hartanto (28:49):
Tidak sama sekali, kawan.
Jeremy Au (28:51):
Jadi dia bilang kamu harus bernegosiasi yang lebih tinggi, dia tidak menaikkan gaji?
Aldi Adrian Hartanto (28:55):
Tepat. Bahkan setelah saya bertanya. Dan kemudian dia mengatakan bahwa bukan itu cara kerja dia, kawan. Dia berkata, "Anda harus mendapatkannya. Anda harus bisa melempar saya mengapa saya harus meningkatkan gaji Anda, karena Anda tidak melakukan lebih banyak hal. Anda harus mendapatkannya." Dan kemudian kembali pada saat itu, terutama sejak saya masih sangat muda, saya masih berusia 19 tahun pada saat itu, saya tidak memiliki banyak proposisi. Dan lagi, kadang-kadang mentalitas, karena saya sangat membutuhkan uang, jadi saya tidak dapat berpikir secara kreatif dan bagaimana seharusnya membuat kembali mereka untuk meningkatkan gaji saya.
Bahkan sampai kita berpisah, dia tidak menaikkan gaji saya sama sekali. Yang sangat disemen dalam pikiran saya, "Oke, lain kali, saya seharusnya tidak puas. Saya harus bernegosiasi untuk apa pun yang saya miliki." Jadi ini pelajaran yang sangat bagus.
Jeremy Au (29:38):
Oke. Jadi dia melakukannya untuk menguatkan Anda.
Aldi Adrian Hartanto (29:25):
Di level tertentu, ya. Yang membantu saya bernegosiasi dengan pendiri.
Jeremy Au (29:48):
Ya. Oke. Sangat menarik, karena Anda menghabiskan ... Fenox, Asia Penasihat Strategis, PT Astra dan di Fenox, Anda banyak bekerja dengan tim Jepang, kan?
Aldi Adrian Hartanto (30:04):
Di level tertentu, ya. Entah bagaimana, saya kira saya berhasil.
Jeremy Au (30:07):
Beri tahu kami lebih banyak seperti apa rasanya? Jelas, ibukota Jepang mengalir ke Asia Tenggara. Bagaimana rasanya bekerja dengan LP Jepang dan pemangku kepentingan di ketiga lembaga ini?
Aldi Adrian Hartanto (30:18):
Ini adalah salah satu hal yang saya mulai pelajari dalam hal membangun hubungan, karena bahasa Jepang, dari pengalaman saya, sudut pandang yang jujur, mungkin juga salah, mereka menjadi semacam dasar hubungan bisnis Asia secara umum, di mana ia tidak dapat dibeli, itu harus diperoleh. Dan hubungan, ini seperti investasi, butuh waktu. Jadi, Anda perlu melakukan hal -hal kecil secara bertahap dan konsisten untuk benar -benar mengeluarkan sesuatu.
Misalnya, ketika saya membantu yang pertama, yaitu Fenox, ketika kita mendekat, butuh waktu sangat lama. Butuh waktu sejak kami pertama kali bertemu mereka, sampai mereka akhirnya membuat keputusan untuk menjadi LP, ketika saya melihatnya di situs untuk bos saya, mereka butuh hampir sembilan hingga 12 bulan. Dan kemudian menghabiskan sekitar lusinan pertemuan, yang biasanya di tempat pertama, apa yang saya pelajari dari bos saya juga, dia tidak pernah melempar langsung. Dia cukup bertahap dan perlahan -lahan membangun hubungan.
Awalnya, kami hanya membuat perkenalan, memiliki minuman yang sangat baik, dan setelah itu, kami bertukar kartu nama. Dan setelah itu, kami mulai memberi mereka lebih banyak dan berbicara kepemimpinan. Seperti, "Hei, inilah yang terjadi pada pasar khusus ini." Kami memberi mereka informasi teller tentang mereka membutuhkan sebagai korporasi juga, dan dan lain -lain. Mereka secara bertahap membuka lebih banyak dan lebih banyak lagi. Dan akhirnya, mana yang tidak saya sukai, suatu hari mereka akhirnya memutuskan bahwa mereka ingin bermitra dengan kami, bahkan jika kami dapat mengatakan hal -hal yang mengacaukan atau hal -hal tertentu, misalnya salah satu investasi kami gagal, atau kami melihat itu terjadi juga, mereka tidak menunjuk jari kepada kami seperti, "Hei, kami sudah mempercayai Anda sepenuhnya. Kami berada di dalamnya dalam naik dan turun."
Sesuatu yang saya hormati dan saya pelajari banyak hari itu. Anda tidak dapat membeli hubungan. Anda perlu mendapatkannya, dan itu seperti investasi, yang membutuhkan waktu. Yang penting bukanlah sesuatu yang satu atau dua hal yang Anda lakukan, apa pun yang Anda lakukan pada pasangan ini benar -benar penting. Misalnya, salah satu hal, saya ingat satu bagian yang dimiliki bos saya, yang merupakan salah satu perusahaan, dan saya berkata kepada mereka, "Hei ..."
Ketika kita berkumpul di lembah. Jadi saya datang ke sana dan bos saya mengundang semua LP juga. Saya bertemu beberapa LP di sana, dan kami mengobrol. Seperti, "Hei, apa alasan mengapa Anda menaruh uang pada kami?" Karena jelas, mereka memiliki banyak pilihan lain di lembah. Ini sangat kompetitif. Mereka hanya berkata, karena saya adalah seorang analis, dia mengatakan itu karena terutama setiap kali mereka datang ke Jepang, dia selalu membawa saya, apa yang Anda sebut, minuman favorit saya.
Dan di samping itu, dia tahu bahkan sedikit ... dan dia bilang mereka hanya menyebutkannya satu kali. Jika itu, dia memberi tahu mereka benar -benar pada saya, bagaimana dengan hal -hal lain? Jadi hal -hal semacam itu, ternyata, benar -benar membangun kepercayaan Anda dan saya percaya bahwa sebenarnya, meskipun pasti ada setuju untuk negara atau ras lain, atau misalnya latar belakang tertentu, tetapi pada akhirnya, membangun hubungan dan memiliki ini seperti orang Jepang, apa yang Anda sebut? Anda tidak dapat membeli hubungan, Anda perlu mendapatkannya. Itu seperti. Yang penting bukan hanya satu, dua hal yang Anda lakukan, itu adalah apa yang Anda lakukan secara konsisten dan menjadi sangat tulus dalam apa yang Anda lakukan.
Pada akhirnya, mereka akan menyadari bahwa, "Hei, kami telah bekerja bersama selama beberapa bulan terakhir, dan saya sangat menyukai seluruh interaksi yang kami miliki, dan saya ingin memperkuat hubungan kami dengan berinvestasi ke dana Anda." Yang sangat saya pelajari dengan cara yang sulit ketika penggalangan dana kami saat ini.
Jeremy Au (34:43):
Wow, itu perjalanan yang luar biasa. Benar -benar belajar banyak dari itu, saya bisa bayangkan. Saya sangat penasaran, oke. Anda melakukan semua ibukota Jepang ini, semua entitas independen, dan kemudian Anda pergi ke Mandiri Capital, kan? Itu modal VC. Mengapa Anda memilih untuk pergi ke sana?
Aldi Adrian Hartanto (35:04):
Sekali lagi, ini bukan desain saya juga. Pada saat saya masih di Fenox dan mengalami karier yang cukup baik, karena. Saya dipromosikan beberapa kali, tetapi latar belakang, ibu saya masih ingin saya bekerja dan menjadi gaji. "Hei, kenapa kamu bekerja?" Karena cerita sampingan lain, ketika saya mengambil pekerjaan di Fenox, saya masih agak dengan Astra. Kami hanya di Indo saat ini. Dan ibuku suka itu, jelas, karena, "Oh, kamu berada dalam pekerjaan yang sangat stabil mengikuti ayahmu. Ini baik untukmu, bla, bla, bla."
Dan kemudian tiba -tiba, saya ingin mengambil upaya baru ini, yang ada di Fenox, dan jelas untuk ibuku, "Apa itu Fenox? Perusahaan seperti apa ini? Blah, bla, bla." Jelas, ketika saya mengatakan modal ventura, mereka tidak dapat menghubungkannya. Jadi itu sangat sulit, dan kemudian saya membuat kesepakatan untuk ibu saya seperti, "Hei, jika saya tidak mendapatkan gaji khusus ini di level ini, saya akan berhenti dari pekerjaan saya. Beri saya setahun." Jadi saya melakukannya, saya telah dipromosikan, dan saya membuatnya.
Tapi tetap saja, ibuku agak mengomel, "Hei, kenapa kamu tidak bekerja di tempat lain yang lebih besar? Blah, bla, bla." Dan kemudian pada saat itu, oke, saya tidak ingin mengencingi ibu saya, karena saya berutang banyak padanya. Entah bagaimana saya terhubung dengan Mandiri. Mandiri ingin menyiapkan perusahaan VC mereka sendiri, dan itu sebenarnya salah satu generasi buruk modal ventura perusahaan, karena pada saat itu, kami memiliki beberapa VC pada 2012 dan 13. Misalnya, usaha. Kami juga telah menjadi usaha sekarang menjadi Ventura Capital, pada tahun 2012, 2013. Tetapi kebanyakan dari mereka adalah perusahaan capital gain yang sangat banyak.
CVC pertama di Indo secara teknis dimulai oleh MDI, MDI Ventures yang didukung oleh Telkom, dan diikuti oleh Mandiri, Mandiri yang merupakan bank lain. Jadi mereka hanya ingin mengatur CVC mereka sendiri, dan entah bagaimana, saya terhubung oleh Mandiri dan kemudian dia ingin saya memimpin investasi, karena mereka sudah sekitar enam bulan, tetapi karena sebagian besar latar belakang dalam tim tidak datang dari VC, mereka tidak dapat menutup kesepakatan apa pun.
Jadi saya terhubung dengan mereka, saya melempar ide saya, dan akhirnya, entah bagaimana mereka menawarkan saya untuk memimpin investasi. Dan kemudian ketika saya mendapat tawaran itu, saya berpikir tentang, "Hei, ini akan menjadi nada yang sangat bagus untuk saya untuk ibuku." Karena saya berkata kepadanya, "Hei Bu, saya sedang bekerja untuk perusahaan yang stabil. Ini pekerjaan yang sangat stabil, Bu, jadi Anda akan senang." Atau ini bisa jadi, sekarang saya bisa memberi tahu teman -teman saya bahwa Anda bekerja untuk bank yang stabil, yang sebenarnya saya tidak. Saya bekerja untuk VCR. Tapi secara teknis, setengah benar. Jadi dengan cara itu, saya akan bisa berdamai dengan ibu saya dan saya masih bisa melakukan apa yang saya sukai, yang ada di industri usaha.
Jadi itulah salah satu alasan mengapa saya mengambil pekerjaan itu, tetapi pekerjaan itu juga menarik karena saya menyiapkan semuanya. Pada saat itu, mereka memiliki proses untuk investasi, tetapi mereka tidak tahu apa yang ingin mereka investasikan, jadi saya cukup banyak terlibat dalam iterasi pertama dalam pengembangan. Itulah salah satu alasan mengapa saya mengambil pekerjaan itu, yang sejauh ini merupakan salah satu, apa yang Anda sebut, peluang terbaik yang saya ambil.
Jeremy Au (38:23):
Luar biasa. Kami akan menyelami itu, tapi saya sangat penasaran sekarang, bagaimana Anda menjelaskan modal ventura kepada ibumu?
Kami menyebutnya yang paling berarti bahwa itu adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan oleh komunitas Muslim, yang lagi ibuku marah kepada saya dan, "Oke, saya perlu melakukan hal -hal lain yang membuatnya merasa nyaman." Dan kemudian saya mulai menyadari bahwa di perusahaan, Anda punya], tetapi Anda benar -benar berbagi keuntungan ketika perusahaan dapat keluar.
Yang secara teknis hukum Muslim lain atau ekonomi Muslim, kami menyebutnya Syariah. Ini terlihat seperti pembiayaan Syariah. Jadi saya berkata kepadanya, "Oh, tidak, Bu, itu bukan bank konvensional murni, itu seperti bank syariah, jadi itu bukan bunga. Saya mendapatkan laba berbagi." Dan kemudian dia mulai, "Oh, ini sebenarnya bagus. Ini terlihat seperti tempat Syariah." Artinya Anda benar -benar melakukan perbuatan baik. Anda mengikuti budaya Muslim dan bla, bla, bla. "Oh ya, Bu, aku mengikuti itu."
Jadi sekarang ketika saya menjelaskan kepada kerabat saya dan ibu saya khususnya, saya bekerja di bank syariah jadi saya memberinya penghasilan, tetapi tidak dalam bentuk pinjaman, tetapi dalam bentuk investasi. Yang secara teknis sama, Bu, jadi Anda tidak perlu khawatir. Jadi begitulah saya menjelaskan modal ventura kepada mereka.
Jeremy Au (39:39):
Itu bagus. Saya menyukainya. Itu penjelasan yang bagus. Saya pikir ini juga analogi yang sangat adil. Wow, itu luar biasa. Saya pikir untuk saya, ibu saya tidak tahu apa itu konsultan manajemen, dan pada titik tertentu, saya agak menyerah, karena seperti Anda, saya mencoba menjelaskan dan sekitar setengah jam. Saya bahkan mencoba untuk kembali kepadanya dan saya berkata, "Hei Bu, Anda tahu Anda selalu ingin saya menjadi dokter, kan? Seorang konsultan manajemen adalah seorang dokter untuk perusahaan."
Oh, itu sebenarnya sangat bagus. Analogi yang sangat bagus juga. Saya tidak menjelaskannya. Adikku sebenarnya adalah seorang konsultan juga, dan dia tidak melempar itu, dan ibuku masih marah. Saya harus memberinya analogi itu juga, dan terima kasih untuk itu.
Ya, ya. Tepat. Melakukan diagnosis masalah, Anda melihat gejalanya, kemudian Anda berbicara dengan pasien, dan kemudian Anda mendapatkannya resep, dan kemudian Anda memastikan mereka mengikuti obat. Ya, ya, ya. Oke. Lalu Anda memiliki Mandiri, dan kemudian Anda pergi ke MDI, kan?
Aldi Adrian Hartanto (40:44): ya.
Jeremy Au (40:45): Ceritakan lebih banyak tentang itu. Bagaimana Anda melakukan langkah itu?
Saya sangat senang di Mandiri pada saat itu, yang kami kelola berinvestasi di perusahaan yang cukup hebat. Cukup banyak di operasi fintech awal atau fintech di Indo, terutama karena peraturan baru tentang jenis pendaratan B2B memulai industri, yang akhirnya kembali pada tahun 2018. Maaf, sekitar 16, 15, 15. Awal 15, awal 16. 2016 mulai dari getaran Fintech, yang membawa saya ke Mandiri. Kami berhasil berinvestasi dari tahun -tahun sebelumnya, yang sekarang menjadi salah satu pemain terbesar sekarang. Koinworks, Investree, Amartha, dan lainnya.
Tetapi di tengah, mereka mulai menggeser strategi mereka, yang biasanya Anda ingin lebih fokus pada perusahaan yang secara langsung memiliki beberapa pengaturan sinergi atau komersial dengan bank. Yang misalnya, yang mungkin bukan sesuatu yang, apa yang Anda sebut, salah atau tidak salah, tetapi butuh waktu lebih lama untuk berinvestasi. Dan yang kedua, adalah karena Mandiri adalah bank, jadi mereka berada di bawah peraturan yang cukup ketat. Mereka hanya dapat berinvestasi pada investor yang sangat murni.
Jadi saya memberikan bos saya bahwa hei, kita harus mencari segmen lain, yang sekarang juga menjadi jargon juga, yang disebut M&A Finance. Artinya Anda tidak boleh hanya berinvestasi dalam pembayaran atau perusahaan pendaratan. Anda harus berinvestasi di perusahaan yang memungkinkan manusia atau memungkinkan layanan keuangan. Dengan begitu, itu akan menjadi masa depan Fintech. Namun saat itu, itu sangat ketat karena regulator. Kami mulai mencari arah, dan ketika saya berbicara dengan manajemen saya, kami sepakat bahwa saya mungkin bukan orang terbaik untuk melakukannya.
Karena filosofi kerja saya selalu menjadi bahwa saya tidak bekerja untuk perusahaan, ini adalah kemitraan murni. Saya membantu Anda, Anda membantu saya. Artinya kita memiliki kesamaan dalam hal tujuan, dan kami terutama saling membantu untuk mencapai tujuan bersama kami. Sekarang kami memiliki tujuan yang berbeda, maka itu mungkin bukan biaya yang tepat bagi kami untuk terus bekerja bersama. Jadi saya mengatakan itu kepada manajemen saya, lalu mereka mengerti, jadi saya mempromosikan penerus saya, mempekerjakan beberapa orang lain untuk menggantikan saya, yang pada saat yang sama, pada saat itu, MDI mulai memiliki beberapa perubahan. Kembali pada saat itu, beberapa tim juga memulai perjalanan baru, dan mungkin juga menyadari bahwa kami melebihi beberapa inovasi digital lainnya di perusahaan tertentu.
Beberapa orang dari, apa yang Anda sebut, MDI pindah untuk membuat usaha. Salah satu dari mereka pergi ke Pegadaian, yang merupakan salah satu toko gadai terbesar di Indo. Mereka memulai digital ... sebenarnya, beberapa orang beralih dengan saya di Mandiri juga. Jadi akhirnya, sebagian besar orang, tim asli MDI, kebanyakan mencari CVC lainnya. Saya akhirnya mengganti beberapa kolega saya di sana, yang sebenarnya berjalan.
Saya memulai upaya baru ini untuk korporasi lain, yang membawa saya ke MDI ada dalam terjemahan, yang sesuatu yang menarik bagi saya, karena sebagian besar waktu, dalam karier saya, yang di Fenox dan Mandiri selalu tentang memulai lagi. Nah, yang ini lebih tentang cara mengubah perusahaan. Mereka sudah mapan, mereka sudah memiliki portofolio yang hebat, jadi bagaimana mengambilnya level lain. Saya sangat tertarik dengan arah itu, dan saya cukup banyak diberi kanvas kosong ketika saya sampai di MDI.
Manajemen mengatakan kepada saya, "Hei, katakan saja apa saran Anda. Kami perlu mendefinisikan kembali pemikiran kami, karena kami telah melakukan hal yang sama selama empat tahun terakhir, jadi kami ingin berubah." Saya mengajukan kepada mereka, karena entah bagaimana mereka sudah dalam proses mendapatkan lisensi di Singapura. Mereka memiliki rekam jejak yang sangat bagus, terutama di bagian keluar. Itu kemudian di ujung jalan. Dan kemudian kami baru saja keluar pada tahun 2019, saya memberikan kepada mereka, "Hei, saya pikir kita harus berubah. Bisnis perusahaan masih ada hanya dengan uang yang kita dapatkan dari Telkom, tetapi kita juga harus menyiapkan dana terutama untuk menutupi berbagai tahap."
Dan kenapa? Karena pada saat itu, kami juga berpikir bahwa karena pengalaman telkom lebih dari perusahaan besar, lebih baik bagi mereka untuk bekerja dengan perusahaan dengan pendapatan atau transaksi yang cukup besar. Jadi kami bergeser dengan MDI untuk lebih fokus pada Seri B dan di atas. Jadi kami bergeser merasakan bank lain untuk dana Seri A dan Seed, yang kami lakukan. Kami meluncurkan Dana Seri A kami tahun lalu, akhir 2019, dan kami meluncurkan dana benih kami tahun lalu pada tahun 2020, dan akhirnya, kami juga menutup dana kedua kami dengan Telkom, yang terutama $ 5 juta dana di pertengahan 2020 untuk lebih fokus pada seri B dan di atas. Sejak itu, kami telah bertransformasi dari modal ventura perusahaan menjadi beberapa dana VC multistage yang lebih banyak saat ini.
Jenis misi saya ketika saya bergabung, dan sejauh ini, sebagian terwujud, yang juga sangat.
Jeremy Au (46:01):
Sangat menarik bahwa Anda sudah cukup banyak berada di sana sejak awal adegan VC di Indonesia, dan Anda juga telah melihat evolusi sisi modal ventura perusahaan juga. Apa yang akan Anda kontras, bagaimana Anda melihat perubahan itu terjadi untuk modal ventura perusahaan?
Aldi Adrian Hartanto (46:17):
Jelas kami percaya itu akan terus berubah, karena pada awalnya, pitch yang kami miliki untuk perusahaan adalah mereka perlu berinovasi. Dan jika Anda ingin berinovasi, Anda tidak bisa hanya mengandalkan interna, yang terutama menjadi biaya murni. Anda tidak akan mendapatkan uang Anda kembali karena ini adalah biaya murni. Anda sedang melakukan penelitian di sektor pengembangan. Yang kami tawarkan kepada mereka, "Hei, mengapa Anda tidak memiliki radar eksternal? Di mana Anda bisa memahami apa yang akan menjadi tren berikutnya dengan berinvestasi kepada perusahaan -perusahaan ini, dan jika perusahaan melakukannya dengan cukup baik, Anda menghasilkan uang dari itu, dan jika mereka tidak melakukannya dengan cukup baik, yang kami hadapi, yang pada dasarnya adalah sesuatu yang Anda lakukan di R&D sekarang."
Itulah nada awal yang kami miliki, yang menjadi lengan inovasi eksternal untuk perusahaan atau grup. Tetapi karena perusahaan telah berjalan cukup baik di sepanjang jalan, yang secara teknis sejak iterasi pada MDI, salah satu CVC pertama, sudah sekitar lima tahun sekarang. Yang tiba -tiba kami sadari bahwa, hei ... pada awalnya, kami memasukkan modal samping. Kami lebih fokus pada energi atau bagaimana perusahaan yang kami investasikan dapat membawa nilai atau berkolaborasi dengan perusahaan atau yang kami miliki. Tetapi ternyata dengan proposisi kolaborasi ini, memungkinkan kita untuk dapat masuk ke perusahaan yang cukup baik.
Yang misalnya, kami mendapatkan salah satu yang pertama adalah MBL, yang kami memiliki beberapa perusahaan lain yang tampaknya menaikkan putaran yang cukup besar untuk menjadi dan e-commerce yang kredibel, dan seseorang mengatakan, "Yah,] kami baik-baik saja meskipun kami mencari juga tidak hanya modal, capital gain." Mereka mulai menyadari bahwa, hei, pada awalnya, kami diposisikan sebagai visi eksternal, tetapi juga biaya yang terpusat.
Artinya kita tidak mengharapkan pengembalian di pihak kita, tetapi karena kita sudah memiliki delapan pengembalian sekarang, dan kita sudah cukup cukup besar, yang berdampak pada PNL mereka dan tiba -tiba, "Oh, tunggu sebentar, kalian benar -benar bisa menjadi pusat pendapatan atau tidak ada yang bisa disediakan oleh Anda. sudut pandang laba atau pendapatan. "
Sejak itu, itu sebabnya mereka menggandakan kami. Dan bagian lain juga bahwa mereka mulai menyadari bahwa, hei, mengapa kalian juga tidak, karena Anda punya, dan kami mulai memiliki beberapa iterasi pada LP. LP lain, mereka ingin menaruh uang pada kami, dan kemudian kami mulai menyadari bahwa, hei, mengapa kami tidak mengumpulkan uang dari pihak kami untuk memvalidasi apakah ini hanya keberuntungan murni atau Anda juga dapat mengelola uang orang lain? Anda akan dapat menciptakan investasi sadar.
Yang kita lihat bahwa beberapa VC lain pergi ke jalur khusus itu, hanya dengan Mandiri saja, dana saya sebelumnya, mereka juga menyiapkan dana independen mereka sendiri. Saya pikir, apa yang Anda sebut? Ekonomi lebih banyak berlayar dengan baik, untuk melakukan hanya pertumbuhan DV. CCV, yang juga terkait dengan beberapa VC lain juga, terutama jenis usaha fintech, mereka juga memulai dana mereka sendiri. Saya pikir evolusi untuk CVC, saya pikir mereka mulai menyadari bahwa selain awalnya hanya menggunakan pusat biaya murni, atau murni untuk inovasi, tetapi saya pikir secara bertahap kelompok ini akan mulai menghargai itu, terutama jika dana yang dilakukan dengan cukup baik dan beberapa pengembalian, bahwa ini bukan hanya sebagai pusat biaya, tetapi juga akan menjadi pusat keuntungan sekarang. Yang mereka mulai harapkan dari kita untuk dapat mendorong lebih banyak dan lebih banyak keuntungan.
Misalnya, tahun lalu, kita akan menjadi anak perusahaan paling menguntungkan kedua di Telkom setelah sel Telkom, yang sebagian besar perusahaan lain semuanya sudah sekitar 30, 40 tahun. 15, 20 tahun. Kami hanya sudah lima tahun. Orang -orang di Telkom telah mulai pergi, "Hei, kalian melakukan pekerjaan yang cukup baik." Yang di tingkat berikutnya yang kami coba bentuk di Telkom, adalah kami ingin menjadi seperti pengumpan M&A di sana untuk Telkom, karena mereka menyadari beberapa perusahaan lain yang melalui investasi strategis mereka, memungkinkan mereka untuk melontarkan atau mengubah layanan.
Beberapa pesaing yang kami lihat adalah, saya tidak yakin Anda sadar, ini adalah orang Afrika terbesar. Awalnya, mereka hanya memulai dalam bisnis mini. Sekarang mereka murni dalam bisnis digital peta. Terutama karena investasi awal mereka, dan sekarang mereka juga investor terbesar dalam arah yang kami coba tuju, di mana kami menjadi pengumpan M&A digital untuk Telkom, sehingga mereka akan dapat membangun bisnis digital mereka bergerak maju melalui kegiatan -kegiatan anorganik ini dari MDI.
Jeremy Au (51:25):
Luar biasa. Anda telah melihat lebih banyak modal ventura perusahaan, Anda telah melihat lebih banyak EUM, Anda telah melihat fokus untuk lebih melihat Anda sebagai pusat laba, dan masa depan adalah ketiga hal itu, dan semoga melihat ada lebih banyak peluang M&A di masa depan. Apakah itu parafrase yang bagus?
Aldi Adrian Hartanto (51:46):
Ya. Itulah yang kami harapkan. Itu akan menjadi tujuan kami sekarang. Sejauh ini, pusat laba secara teknis telah disadari. Bagian terakhir yang saya sebutkan adalah pengumpan M&A akan menjadi sesuatu yang menjadi tonggak sejarah kami berikutnya.
Jeremy Au (52:00):
Wow, itu luar biasa. Saya pikir itu adalah sesuatu yang banyak digunakan oleh VC perusahaan Amerika untuk tidak hanya, tentu saja, tetap di depan, tetapi juga merupakan proposisi nilai bagi para pendiri juga dalam jangka panjang juga.
Aldi Adrian Hartanto (52:12):
Kami berharap begitu.
Jeremy Au (52:14):
Ya, pasti. Selalu sulit untuk dikelola dan menjadi jembatan. Jadilah perantara, kurasa. Anda memiliki pekerjaan yang lebih keras.
Aldi Adrian Hartanto (52:22):
Dan Anda menavigasi dengan orang -orang ini di perusahaan induk di mana mereka telah melakukan ini selama 20 tahun terakhir. Dan entah bagaimana, bayangkan apa yang Anda lakukan dalam 20 tahun terakhir sebenarnya tidak bergerak maju. Gesekan selalu terjadi, tetapi saya pikir kami telah melakukan ini selama lima tahun terakhir, dan kami juga dapat menunjukkan beberapa rekam jejak. Jadi mereka mulai dapat memberi kita lebih banyak kepercayaan, yang memungkinkan kita untuk lebih gesit dalam hal menavigasi. Yang kami harap momentum ini memungkinkan kami untuk membuat tujuan kami terwujud lebih cepat juga.
Jeremy Au (53:02):
Nah, cukup banyak waktu di sini. Saya akan menanyakan lebih banyak pertanyaan, tetapi saya selalu suka mengajukan pertanyaan ini untuk menyelesaikannya. Yang mana di mana Anda 10 tahun yang lalu? Kembali 2011.
Aldi Adrian Hartanto (53:15):
Saya baru saja memulai uni saya, kawan. 10 tahun ketika ayah saya meninggal, kawan.
Jeremy Au (53:21):
Oke.
Aldi Adrian Hartanto (53:24):
Perspektif saya, 10 tahun yang lalu bagaimana hidup saya benar -benar dimulai, karena saya harus mengatur ulang banyak hal.
Jeremy Au (53:32):
Ya ampun. 10 tahun yang lalu, Anda berduka. Apa saran yang akan Anda berikan pada diri Anda saat itu jika Anda bisa melakukan perjalanan kembali ke masa lalu?
Aldi Adrian Hartanto (53:38):
Pertanyaan menarik. Salah satu hal yang saya harap bisa, apa yang Anda sebut, saya akan mengambil waktu lebih banyak pada bagian yang berduka, dan juga pada saat yang sama, dapat berdamai dengan apa yang terjadi sebelumnya juga. Yang saya maksud dengan itu, karena pada saat itu, saya agak mendorong diri saya menjadi ... karena saya jelas sedang berjuang pada saat itu. Ayah saya relatif sehat. Dia tidak memiliki masalah dalam kesehatan. Kami benar -benar masih mengobrol dengannya tadi malam.
Kami baru saja kembali dari kampung halaman nenek saya, dan di pagi hari, ketika dia berdoa di pagi hari, entah bagaimana dia kedinginan, yang sangat mengejutkan bagi saya, dan saya benar berduka. Tapi yang mengejutkan, sangat pendek. Saya hanya berduka sekitar tiga hari, karena pada saat itu, saya pikir, hei, saya belum menerima sekolah apa pun. Saya tidak tahu apakah saya bisa pergi ke Sarjana. Jadi saya pikir, hei, saya harus melanjutkan sesegera mungkin.
Tapi itu semacam memukul cukup banyak saya pada saat itu, karena saya masih berusia 18 tahun. Itu adalah hal yang cukup besar bagi saya. Itu membuat kesedihan sebenarnya lebih lama dari yang seharusnya, karena saya mendorong diri saya karena kesedihan terlalu cepat dari sudut pandang saya. Dengan begitu, itu sangat menyakitkan di tahun ke depan, dua tahun, karena saya masih merindukannya, saya masih berpikir lebih banyak tentang bagaimana jika dia masih hidup. Tetapi jika saya meluangkan waktu untuk berduka, jadi misalnya, tidak hanya tiga hari, tetapi misalnya seminggu penuh, itu mungkin sebenarnya berbeda untuk kondisi mental saya pada saat itu.
Masalah lain juga bahwa saya berharap yang bisa saya lakukan sebelumnya adalah saya ingin berdamai untuk diri saya sendiri, karena salah satu implikasinya karena saya tidak meluangkan waktu saya untuk berduka, juga butuh waktu lebih lama bagi saya untuk menerima situasinya. Saya selalu mempertanyakan diri saya sendiri, bahkan terkadang marah kepada Tuhan. "Hei, mengapa ini terjadi pada saya, pada keluarga saya? Kami tidak pernah melakukan kesalahan. Kami hanya mencoba menjalani hidup kami. Mengapa itu terjadi?" Hal -hal semacam itu.
Saya berharap bahwa saya bisa lebih dewasa sebelumnya, di mana setelah saya melakukan kesedihan, saya juga bisa berdamai dengan diri saya sebelumnya, yang mungkin dapat mengangkat hidup saya lebih baik dan lebih cepat, karena pada saat itu, mungkin saya butuh waktu sekitar dua tahun bagi saya untuk benar -benar berdamai dengan diri saya, untuk benar -benar menerima bahwa, hei, ini yang terjadi. Saya hanya harus pindah, menjalani hidup saya, berada di masa kini, berada di sana untuk keluarga saya dan tidak harus memikirkan apa yang terjadi di masa lalu. Itu sudah terjadi. Tidak harus berpikir, "Hei, saya berharap saya bisa melakukan hal -hal yang berbeda, bla, bla, bla." Tapi itu sudah terjadi, Anda hanya perlu melanjutkan, dan dengan cara itu, bisa menjadi orang yang lebih besar. Bukan hanya untuk diri sendiri, tapi semoga untuk keluarga Anda.
Dengan begitu, saya berharap bahwa tidak hanya saya bisa mengambil lebih lama berduka, yang memungkinkan saya untuk menyembuhkan lebih baik, sementara juga bisa menjadi dewasa sebelumnya, karena saya bisa menerima situasi lebih cepat dan lebih baik daripada memperpanjangnya 10 tahun yang lalu ketika saya berusia 18.
Jeremy Au (57:05):
Wow. Terima kasih banyak telah berbagi. Wow. Saat kami membungkus semuanya, dan mungkin Anda punya waktu untuk beberapa pertanyaan lagi atau tidak, jika ada orang di antara hadirin yang ingin mengangkat tangan mereka, jangan ragu untuk mengangkat tangan. Tapi Aldi, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas ... Saya pikir tiga hal yang benar -benar menonjol bagi saya dari catatan saya di sini adalah, saya pikir yang pertama, terima kasih banyak telah berbagi perjalanan pribadi Anda tentang masa kecil Anda dan kehidupan universitas Anda, mengalami kesedihan dan kehilangan pribadi. Jelas ini adalah kisah yang sangat nyata, dan terima kasih telah terbuka tentang hal itu, dan juga berbagi bagaimana Anda mengubah semangat Anda, saya pikir, pada waktu itu.
Dan yang kedua adalah terima kasih banyak telah berbagi keputusan di setiap transisi karir dengan cara yang sangat jujur. Saya pikir itu benar -benar jujur dan sangat bagus. Dan ketiga, terima kasih tentu saja ... Anda tahu banyak tentang VC perusahaan, dan itu adalah perkiraan yang sangat ringkas tentang bagaimana hal itu akan berubah untuk lanskap CVC Indonesia, yang sangat penting bagi semua orang di sini mendengarkan di sini.
Aldi Adrian Hartanto (58:07):
Saya harap begitu, kawan.
Jeremy Au (58:09):
Oke. Aldi, terima kasih banyak. Saya sangat menghargai Anda hanya berbagi segalanya tentang ini.
Aldi Adrian Hartanto (58:15):
Kesenangan itu milikku, kawan. Terima kasih telah menerima saya.
Jeremy Au (58:18):
Terima kasih banyak.