Htay Aung: Anywheel Founder Berjuang, memenangkan Perang Berbagi Sepeda & Menolak Penawaran VC & Akuisisi - E462

Saya sering memberi tahu tim saya dan mengingatkan diri sendiri bahwa kami berada dalam bisnis yang benar -benar menuntut kecerdasan. Dalam segala hal yang kami lakukan saat ini, kami dapat belajar dari banyak pemain internasional. Selama beberapa tahun pertama, ketika kami mendirikan tim kami, tidak ada banyak inovasi. Itu lebih banyak tentang membuat hal -hal yang tidak dapat diketahui oleh kami, apa pun yang dilakukan oleh orang -orang itu, apa pun yang dilakukan oleh orang -orang itu, apa pun yang dilakukan oleh orang -orang, apa pun yang dilakukan oleh orang -orang, apa pun yang dilakukan oleh orang -orang, apa pun yang dilakukan oleh orang -orang, apa pun yang dilakukan oleh orang -orang, apa pun yang dilakukan oleh orang -orang, apa pun yang dilakukan oleh orang -orang, apa pun yang dilakukan oleh orang -orang, apa pun yang dilakukan oleh orang -orang, apa pun yang dilakukan oleh orang -orang, apa pun yang dilakukan oleh orang -orang, bagaimana cara kami melakukan hal itu, apa pun yang dilakukan oleh orang -orang, bagaimana cara kerja kami. pekerja keras. " - htay aung

“Saya mengantisipasi kedatangan lisensi dan peraturan dan mereka memang tiba. Kami muncul dengan sukses di mana banyak orang tidak karena LTA membutuhkan kunci yang diaktifkan GPS, yang berarti setiap sepeda membutuhkan kartu SIM internal, bukan hanya Bluetooth. Kami memilih dari hari pertama untuk menggunakan Smart Locks dengan memuaskan semua pengendara dan pemisahan yang memuaskan semua pengendara dan lisensi ini. Operator berlisensi harus mengintegrasikan sistem mereka dengan LTA, melaporkan lokasi langsung secara berkala - setiap 30 menit hingga satu jam. - htay aung

“We reached some agreements with a VC who gave us the valuation we wanted, but we didn't take the money because our spending priorities were different. This VC wanted to use the funds to boost app downloads quickly through extensive advertising, involving celebrities. I strongly disagreed with this approach because it could potentially harm the business. What if we acquired 1 million users through channels like YouTube, Instagram, or Facebook, and they downloaded the app but couldn't find any Sepeda? - htay aung

Htay Aung , CEO & Pendiri Anywheel , dan Jeremy Au berbicara tentang tiga tema utama:

1. Inspirasi dan Tantangan Awal: Htay merinci perjalanannya dari seorang siswa imigran yang menghadapi hambatan budaya dan bahasa di Singapura untuk menjadi pendiri Anywheel. Inspirasi awalnya berasal dari berurusan dengan lalu lintas di Sydney dan Singapura, yang mengarah pada gagasan layanan berbagi sepeda selama studinya di University of Sydney pada tahun 2017. Dia menceritakan tantangan awal berintegrasi ke dalam budaya dan sistem pendidikan baru, yang membentuk limang wirausaha.

2. Kurva Pembelajaran Operasional: HTay menggambarkan tantangan operasional awal untuk memulai roda termasuk merakit sepeda pertama di rumahnya untuk menavigasi tantangan rantai pasokan seperti mencari 500 sepeda awal dari produsen yang enggan menangani startup kecil. Dia berbagi wawasan tentang kesalahan awal, seperti memesan sepeda yang tidak dirangkai, yang menyebabkan tantangan logistik yang signifikan. Dia juga merinci bagaimana perusahaan mengintegrasikan teknologi IoT untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memenuhi kepatuhan peraturan, terutama sebagai tanggapan terhadap peraturan lisensi Singapura yang diterapkan oleh Land Transport Authority (LTA) pada tahun 2018.

3. Ekspansi Pasar Strategis: HTay menekankan keputusan strategis dan keuangan yang dibuat selama periode yang sulit dan pilihannya untuk menolak dana modal ventura untuk mempertahankan kendali atas arah strategis perusahaan. Dia juga membahas strategi ekspansi pasar dan navigasi peraturan dan bagaimana perusahaan beradaptasi dengan perubahan dan memperoleh pesaing mengikuti aturan baru LTA pada tahun 2018. Dia juga merinci bahwa akuisisi sepeda SG bukan hanya ekspansi bisnis tetapi juga langkah untuk mengkonsolidasikan pasar dan meningkatkan reputasi industri secara keseluruhan dengan menganggarkan tanggung jawab pelanggannya. Dia membahas pemeliharaan praktik bisnis yang etis, terutama keputusannya untuk tidak menuntut deposito pengguna - keputusan yang dibuat untuk menumbuhkan kepercayaan dan membedakan roda dari pesaing seperti Mobike dan Ofo.

Jeremy dan Htay juga berbicara tentang tantangan dalam menavigasi melalui pandemi Covid-19, pentingnya kepercayaan, transparansi, dan kerja keras di dalam tempat kerja, dan rencana strategisnya untuk penskalaan operasi sambil mempertahankan fokus yang kuat pada keberlanjutan dan dampak masyarakat.

Harap teruskan wawasan ini atau undang teman -teman di https://whatsapp.com/channel/0029vakr55x6bieluevkn02e


Bergabunglah dengan kami di Geeks di pantai!

Anda tidak ingin merindukan Geeks di pantai, konferensi startup utama yang unik di wilayah ini! Bergabunglah dengan kami dari 13 hingga 15 November 2024, di JPark Island Resort di Mactan, Cebu. Acara ini menyatukan penggemar teknologi, investor, dan pengusaha selama tiga hari lokakarya, pembicaraan, dan jaringan. Daftarkan di geeksonabeach.com dan gunakan kode Bravesea untuk diskon 45% untuk 10 pendaftaran pertama, dan diskon 35% untuk yang berikutnya.


(01:39) Jeremy AU:

Hai htay, sangat senang memiliki Anda di acara itu.

(01:41) htay aung:

Hai, selamat pagi, Jeremy. Terima kasih telah menerima saya. Saya juga sangat bersemangat

(01:45) Jeremy AU:

Jelas, kami telah melihat sepeda Anda di sekitar Singapura. Dan alasan mengapa percakapan ini terjadi adalah karena Shiyan, yang merupakan co-host reguler dan saya agak tertawa tentang berita baru-baru ini bahwa siapa pun seperti satu-satunya anggota yang masih hidup dan Anda tidak pernah mengumpulkan dana modal ventura. Jadi kami tertawa karena kami berada di modal ventura dan itulah sebabnya kami ingin tahu tentang kisah Anda. Tapi, jelas kami akan membahas bagaimana Anda melakukannya dan mengapa Anda melakukannya, tetapi bisakah Anda berbagi sedikit tentang diri Anda?

(02:08) htay aung:

Tentu, tentu. Pertama, terima kasih telah menerima saya di sini. Nama saya Tay Aung. Saya pendiri dan CEO Anywheel, perusahaan kecil pertama dan terakhir di Singapura dan juga di Thailand. Jadi kami juga kebetulan menjadi yang terbesar, saat ini, kami adalah yang terbesar di Asia Tenggara dalam hal ukuran armada. Dan tentu saja itu berkat lisensi kami dengan LTA. Jadi kami disetujui untuk mengoperasikan ukuran armada 35.000 di Singapura, yang merupakan rekor nasional karena sebelum itu, saya tidak melakukannya, seperti bagaimana Anda berbagi bahwa eh, Anda tahu, Anda tertawa bahwa kami adalah satu -satunya yang selamat. Sebelum kami selamat, sebenarnya ada banyak perusahaan, saya pikir hampir 20 perusahaan perusahaan mobilitas mikro di Singapura. Dan kemudian terlalu marah, terlalu berantakan. Saya pikir di puncaknya, itu seperti sekitar 200 lebih dari ribuan sepeda di Singapura. Dan kemudian pemerintah mulai mengatur. Saya pikir, saya percaya pemerintah Singapura diperkenalkan, LTA lebih spesifik, memperkenalkan lisensi berbagi sepeda pertama di dunia untuk mengatur industri seperti kita. Dan kemudian dari sana, hanya tujuh perusahaan yang diberi lisensi. Dan kemudian jalur cepat ke hari ini, hanya dua perusahaan yang tersisa. Bahkan, beberapa bulan yang lalu, masih ada tiga, tetapi kami mengambil alih yang lain. Jadi hanya ada dua perusahaan yang tersisa. Dan bahkan di puncaknya, Mobike, Ofo, hanya diberi ukuran 25.000 lisensi. Kami sangat beruntung bahwa pada tahun 2022, kami memecahkan rekor menjadi 30.000 dari 15.000 yang merupakan nilai tambah yang besar bagi kami karena LTA dapat memberikan, maksud saya, karena perintah negatif dan beberapa penduduk Singapura mungkin tidak membalikkan gagasan berbagi sepeda adalah citra positif, bukan? Jadi pada tahun 2022 LTA bisa memberi kita mungkin 20.000 atau 25.000 hanya untuk memiliki par, tetapi mereka memiliki kepercayaan diri yang kuat pada kita. Dan kami juga telah membuktikan bahwa kami adalah operator yang sangat baik. Jadi mereka memberi kami 30.000, yang merupakan ukuran flip yang kami ajukan. Jadi itu benar -benar memberi kami dorongan percaya diri. Dan kemudian mungkin tahun ini, kami mengajukan permohonan untuk peningkatan ukuran ini dan kami diberikan 5.000 lebih. Jadi sekali lagi, kami memecahkan rekor kami. Jadi ada sedikit perjalanan cepat kami, cerita tujuh tahun hingga hari ini.

(03:54) Jeremy AU:

Wow. Menakjubkan. Begitu banyak pertanyaan yang saya miliki, tetapi, mari kita kembali ke awal terlebih dahulu, yaitu, Anda pergi ke Ngee Ann Polytechnic dan kemudian Anda pergi ke University of Sydney. Jadi seperti apa Anda sebagai siswa?

(04:02) htay aung:

Ah, seperti apa saya seorang siswa, saya pikir banyak dari atas dan ke bawah sebagai siswa karena untuk memulai, saya lahir di Myanmar. Saya datang ke Singapura ketika saya berusia 10 tahun. Jadi pasti ada banyak perbedaan budaya, saya harus mengejar ketinggalan. Dan kemudian, pasti ada penghalang bahasa. Bahasa Inggris saya benar -benar mengerikan ketika saya baru saja datang ke Singapura. Jadi itu banyak eh, seperti beberapa tahun pertama, hasil saya adalah eh, di Singapura, sangat cui [崔], Anda tahu, dan mereka sangat, sangat mengerikan. Dan kemudian saya pikir saya mulai mengejar bahasa saya dan juga budaya saya. Dan kemudian saya melakukannya dengan cukup baik di beberapa bagian sekolah menengah. Dan kemudian saya mengambil tenis. Jadi, Ngee Ann Poly, saya menggunakan DSA untuk masuk, masuk langsung di sekolah menggunakan tenis saya. Tapi yang mengejutkan, menggunakan hasil saya, saya bisa masuk sehingga itu seperti pekerjaan DSA sebagai asuransi, dan kemudian setelah itu, saya berpikir menjelang akhir tubuh saya, itu hanya sedikit, saya tidak akan mengatakan membosankan. Saya merasa saya harus pergi ke luar negeri agar lebih mandiri. Jadi, saya pergi ke luar negeri untuk University of Sydney dan kemudian di situlah sebenarnya siswa normal, tidak ada yang fantastis untuk jujur, tetapi saya selalu ingin memiliki bisnis sendiri karena orang tua saya adalah seorang pengusaha sendiri, jadi benar -benar bergegas jauh dari benar -benar tidak memiliki rumah, kosong sepanjang jalan, untuk menyediakan kami ke Singapura dan juga ke Australia, jadi saya sangat menghormati itu. Saya sangat menghormati keramaian. Dan kemudian selalu impian saya untuk mengikuti jalan setapaknya. Dan mudah -mudahan suatu hari saya bisa melakukan hal yang sama untuknya, ketika dia pensiun, untungnya saya melakukannya di jalurnya. Jadi ya.

(05:17) htay aung:

Dan kemudian gagasan apa pun yang sebenarnya berasal ketika saya berada di Universitas Sydney. Sebenarnya tahun terakhir saya, semester lalu. Jadi, saya terjebak dalam lalu lintas. Jadi saya sudah mengemudi di Singapura sejak saya seperti di masa tubuh. Dan saya juga mengemudi di Singapura ketika saya baru saja sampai, saya, saya adalah seorang pengemudi Australia ketika saya baru saja sampai di Australia. Tapi yang saya perhatikan di kedua kota ini adalah bahwa setiap tahun, karena saya mengemudi lebih banyak, saya tidak ingin datang ke Singapura untuk liburan selama hari -hari uni. Lalu lintas semakin buruk. Di Australia juga lalu lintas menjadi lebih buruk. Dan suatu hari, saya terjebak di lalu lintas di Sydney, Liverpool Street, tepat di belakang George Street, yang seperti jalan Orchard Sydney. Saya tahu bahwa dulu memakan waktu tujuh menit dari CVD ke rumah saya, butuh 40 menit. Jadi saya terjebak dan sangat marah dan kemudian sepeda terus melewati saya. Dan itu di awal 2017. Saya seperti, hei, saya hanya bisa naik sepeda ke CVD alih -alih hanya terjebak di lalu lintas atau macet. Maksudku, menemukan parkir Sydney sangat mahal. Satu jam bisa mencapai 30 SGD, jadi saya seperti, mengapa saya tidak melakukan itu? Jadi saya pikir ini bisa menjadi peluang bisnis, bukan? Jadi yang saya lakukan adalah saya benar -benar berhenti belajar selama satu semester. Saya mulai Googling, Australia seperti Down Under, rasanya sangat jauh dari mana -mana. Jadi saya tidak yakin, bahkan 2017, saya tidak yakin, saya tidak tahu keberadaan Mobike atau Foo. Jadi, tetapi saya mulai melakukan Google, saya seperti, oh, menarik, sudah ada perusahaan seperti itu di China. Jadi saya mengambil istirahat tiga bulan, saya pikir. Jadi saya pergi ke China untuk bermain, unduh sekitar 200 aplikasi. Simpan setoran untuk hampir semua perusahaan dan kemudian bermain dengan aplikasi selama sekitar dua bulan dan kemudian belajar tentang industri ini. Jadi itu hal yang baik. Maksudku, sebagian dari diriku sangat sedih karena, ide -ideku sudah tidak segar lagi. Ada perusahaan yang sangat kuat, tetapi hal baik lainnya adalah saya harus belajar karena ada begitu banyak yang sudah seperti perusahaan ini.

Jadi saya mempelajarinya dan kemudian setelah itu, dalam perjalanan kembali ke Australia, yang saya lewati Singapura dengan sengaja, karena itu adalah negara tempat saya dibesarkan, kan? Jadi saya melewati Singapura dengan sengaja dan kemudian sudah ada Obik yang diluncurkan sekitar satu, satu bulan. Saya sedikit kecewa tetapi kecewa dalam arti bahwa saya tidak lagi merupakan penggerak pertama, tetapi Singapura bukan pertimbangan pertama saya. Australia adalah pertimbangan pertama saya. Jadi dengan itu, saya tinggal selama satu bulan lagi. Dan sekali lagi, saya ada di sana selama satu bulan seluler untuk diluncurkan. Jadi sangat bagus tiga bulan. Saya pikir saya bisa mendapatkan klaim Pasar China, yang sudah sangat matang dengan 200 perusahaan, klaim Pasar Singapura, yang sudah menjadi tiga perusahaan dan mereka datang sangat besar.

Dan setelah itu, saya pergi ke Australia untuk mendaftarkan perusahaan, memulai perusahaan. Tetapi beberapa bulan yang lalu, saya menyadari bahwa tentu saja saya menyelesaikan universitas saya hanya dalam beberapa bulan juga, tetapi saya menyadari bahwa ketika saya lebih memahami bisnis pada saat itu, kepadatan Australia Kota, dan bagaimana tidak masuk akal bagi saya untuk meluncurkan untuk negara pertama, jadi saya masih memutuskan untuk kembali ke Singapura dan memulai where. Jadi bulan depan, September, kami akan merayakan tujuh tahun pendirian kami di Singapura.

(07:44) Jeremy AU:

Wow.

(07:45) htay aung:

Jadi seperti itu, bagaimana kehidupan universitas saya seperti, Anda tahu.

(07:47) Jeremy AU:

Ya. Dan, ketika Anda mengatakan itu, Anda sedang melihat -lihat Singapura dan sisi pembelajaran apakah Anda belum berkecil hati atau didorong oleh orang -orang ini? Ada begitu banyak dari mereka dan kemudian mereka sudah diluncurkan di Singapura. Jadi, bukankah Anda akan berkecil hati? Bagaimana perasaan Anda?

(08:01) htay aung:

Maksud saya, pada awalnya saya berkecil hati, tetapi ketika ekspansi mereka tumbuh, ketika seseorang yang tumbuh di Singapura selama 20 tahun terakhir, saya menyadari bahwa cara mereka meluncurkan perangkat mereka tanpa lisensi, mereka hanya menyebarkan sebanyak mungkin sepeda yang dapat mereka kenal secara finansi. Untuk benar -benar mengontrol sisi lain. Jadi saya melihat itu sebagai kesempatan, seperti mereka dapat terus tumbuh secepat yang mereka inginkan, di Singapura. Satu, penyebarannya sangat mudah, tetapi jika pengumpulan buruk, akan ada sakit kepala besar.

Jadi saya agak bertaruh, juga bertaruh pada pemahaman saya tentang Singapura. Untuk memulai, izinkan saya mulai dengan lambat. Biarkan saya suka mendapatkan pijakan. Saya akan masuk ke industri ini terlebih dahulu dan menggunakan pengetahuan buku jari saya untuk memahami otoritas dengan lebih baik. Dan pada saat yang sama, jika tebakan saya benar, frasa yang sangat intens, kan? Mengurangi datang dan kemudian menyebabkan sakit kepala besar -besaran, semakin besar Anda, semakin banyak sakit kepala yang mereka dapatkan. Jadi saya bertaruh pada itu. Untuk membangun kesempatan di sana, saya pikir membiarkan anak laki -laki besar saling bertarung, mereka berada di awal. Jadi kita seperti dibayangi oleh pesaing mereka, yang juga telah menutupi kita untuk benar -benar membangun fondasi dengan baik.

(09:09) Jeremy AU:

Jadi, ketika Anda mulai dan pindah kembali dari Australia ke Singapura, jelas, sekarang, Anda berbulan -bulan di belakang yang diluncurkan oleh para pemain Cina di Singapura, dll. Jadi seperti apa? Bagaimana Anda mendapatkan sepeda pertama Anda? Apakah Anda membelinya? Apakah Anda meminjam? Bagaimana Anda memulai beberapa sepeda pertama Anda? Sepeda nomor satu Anda, saya kira.

(09:26) htay aung:

Satu sepeda adalah proses yang sangat, sangat sangat menyakitkan juga, karena pada saat itu, produsen sepeda itu, pabrik -pabrik yang mereka tidak tertarik sama sekali pada kami karena pada saat kami hanya pergi ke sana seperti, ah, kami hanya ingin 500 sepeda, 1000 sepeda. Kami bahkan tidak berbicara, berbicara tentang satu sepeda, sepeda 500 hingga 1000 sepeda. Sebagian besar pabrik bahkan tidak menghibur kita karena pada saat itu bisnis dari perusahaan seperti Mobike, Ofo, Obike, dan 200 di atas perusahaan dari Cina, mereka sudah masuk, dengan mudah lima digit atau enam digit atau bahkan tujuh digit per bulan yang kita bicarakan. Jadi kami, seperti sebagian besar pabrik yang kami ajak bicara bahkan tidak menghibur kami.

Jadi, saya biasanya benar -benar mendapatkan kepala salah satu teman China saya hubungan untuk membuat kami terhubung dengan phoenix sebenarnya eh, feng huang tanche, mereka adalah eh, saya pikir terbesar kedua di Cina dan sepeda kapasitas manufaktur. Jadi bawalah kami dan kemudian itulah cara saya dihibur. Tetapi selama beberapa bulan pertama apa yang saya lakukan sendiri, tidak ada perbatasan pabrik tentang kami. Pertama, kebanyakan dari mereka saat itu, bahkan belum pernah mendengar tentang Singapura, atau mereka tidak memiliki kesan Singapura. Kesannya adalah tentang oh, ini negara yang sangat bersih, negara yang bersih dan banyak tanaman hijau, tetapi mereka belum pernah ke sana, tetapi satu hal yang mereka tahu pasti, pasar terlalu kecil untuk mereka selesaikan saat ini. Mereka sangat sibuk dengan sepeda yang sudah memasok untuk para pemain China 200 di atasnya. Jadi ya, jadi sangat sulit butuh waktu hampir setengah bulan untuk mendapatkan satu sepeda pertama dari Cina ke Singapura. Sepeda pertama kami.

(10:39) Jeremy AU:

Bagaimana Anda menegosiasikan kontrak pertama itu?

(10:42) htay aung:

Kontrak pertama seperti yang saya lakukan pertama, saya sangat bersyukur memiliki teman saya yang saya temui di Australia, yang terhubung dengan Phoenix. Jadi mereka memberikan jenis yang sangat adil, penilaian perusahaan kami dan juga harga, saya akan mengatakan, dan juga memberikan banyak wawasan nilai tentang bagaimana seharusnya sepeda berbagi sepeda. Jadi itu sangat membantu. Lalu, ya, setelah itu, setelah kami mengkonfirmasi warna, spesifikasi, semuanya. Saya hanya mengatakan bahwa setidaknya mari kita kirimkan satu sampel ke Singapura. Tapi pada saat itu, itu tidak bisa dirakit, Anda tahu? Jadi saya bahkan tidak tahu bahwa saya harus menyuruh mereka berkumpul atau tidak berkumpul. Jadi itu tidak bisa tanpa rasa. Jadi selama itu, kami bahkan tidak memiliki kantor. Siapa pun bahkan belum memiliki kantor. Jadi saya membawa sepeda ke rumah saya, merakit semuanya sendiri. Istri saya seperti, apa yang kamu lakukan? Saya sedang menyusun sepeda. Butuh saya, butuh dua hari untuk merakit sepeda. Jadi saya baru saja menelepon pabrik, saya lakukan, melakukan banyak panggilan video, dapatkah Anda mengajari saya, Anda tahu, jadi mereka sedikit kehilangan kesabaran.

Mereka mungkin seperti, wow, mengapa Anda menelepon orang? Jadi amatir, seperti itu? Tapi sungguh, sungguh itu adalah pengalaman sepeda pertama. Butuh waktu dua hari untuk berkumpul dan kemudian saya pikir saya membuat terlalu banyak kebisingan. Aku bahkan pergi, menurunkannya masuk rumahku untuk berkumpul dan semua tetangga seperti, seperti apa kamu lakukan? Saya seperti, merakit sepeda. Apakah ada perusahaan? Jadi selama majelis itu, saya benar -benar mulai berbagi cerita, tetapi mereka semua lulus, tunggu, benar -benar ada mobike, benar -benar ada Ofo dan Anda hanya memeriksa sepeda. Apa yang kita lakukan? Jadi itu adalah pengalaman yang cukup menarik dengan sepeda pertama.

(11:49) Jeremy AU:

Jadi itu merakit satu sepeda kan? Tapi tahukah Anda, jelas Anda tidak dapat melakukan berbagi sepeda hanya dengan satu sepeda, kan? Jadi bagaimana Anda mendapatkan 100 sepeda pertama atau 10 pertama? Bagaimana pendapat Anda tentang peluncuran pertama itu?

(12:00) htay aung:

Benar. Jadi setelah sepeda sampel tiba dan selesai, saya selesai perakitan menggunakan tangan saya sendiri. Saya diuji selama beberapa hari. Untungnya, saya tidak mengikuti wakil presiden, jadi itu pertanda baik. Jadi saya hanya memberikan pemasok China kami untuk mengatakan bahwa, kami siap untuk 1.000, jadi segera dikirim 1.000 lebih dan kemudian pada akhir satu, setelah pesanan, pesanan ditempatkan, kami mulai mencari gudang dan kemudian mulai membangun laboratorium tim kami.

(12:22) Jeremy AU:

Jadi seperti apa? Anda memiliki 1000 sepeda, tentu saja, Anda butuh uang karena, saya tidak tahu berapa banyak sepeda Anda pada saat itu. Jadi bagaimana Anda mendorong itu?

(12:31) htay aung:

Jadi, pertama, saya mengumpulkan dana saya dari keluarga teman, putaran pertama juga karena saya sudah terbiasa mengerjakannya. Oh maaf. Satu bagian besar yang saya rindukan, jadi saya sudah ingin menjadi sangat mandiri bahkan selama liburan. Jadi saya bekerja selama liburan juga. Tidak yakin Anda mendengar tentang New England Mail? Seperti yang terakhir kali saya gunakan, semua orang memakai singlet dan Anda tahu, memiliki negara yang berbeda. Jadi saya dulu memakai, mereka, mereka, mereka adalah satu -satunya distributor sandal Havaanas. Mereka adalah yang pertama dan begitu, jadi sangat besar bagi mereka. Jadi, saya dulu bekerja untuk itu. Dan kemudian, saya juga bekerja sebagai Barista di Australia dengan jeans Gloria. Jadi ya, dan saya juga bekerja sebagai pelatih tenis terakhir kali, bahkan selama hari sekolah menengah saya dan hari tubuh. Jadi saya mendapat sedikit dari itu. Saya pikir saya sudah mendapatkan hampir enam digit di selama hari -hari tubuh saya sebagai pelatih tenis. Dan saya memiliki kebiasaan menabung dan berolahraga.

Jadi, ya, saya agak untuk 1000, tetapi eh, dengan sebagian besar uang saya, dengan sebagian besar penghematan saya dari semua pekerjaan yang saya lakukan selama poli pada hari uni, itu cukup untuk mendanai, cukup untuk mendanai 1.000 sepeda tentu saja saya masih harus bertanya dari orang tua saya di sana. Jadi ya, mereka sedikit chip hanya untuk mengamankan karena itu hanya cukup sepeda. 1.000 sepeda sudah biaya membeli barang seperti 200.000 dan kemudian kami masih harus berbicara tentang kantor, kami bahkan tidak memilikinya. Kami hanya memiliki gudang. Kami juga harus berbicara tentang mempekerjakan staf jadi ya, orang tua saya datang untuk bagian pertama dari investasi, dan kemudian setelah itu ketika perusahaan tumbuh, saya mulai mencari teman -teman saya. Seorang teman dekat yang ingin menjadi, karena sebagian besar dari kita lulus pada saat yang sama, semua mencari kesempatan dan mereka juga melihatnya sebagai peluang. Jadi saya juga mendapatkan investasi dari beberapa teman untuk modal pertama.

(13:54) Jeremy AU:

Luar biasa. Dan apa yang menarik adalah itu, Anda mengatakan ada seribu sepeda, jadi Anda memiliki gudang, kan? Jadi saya kira kali ini berkumpul. Saya tidak berpikir, Anda memiliki, saya kira sudah berkumpul kali ini, tapi tetap saja banyak ruang. Jadi seperti apa?

(14:06) htay aung:

Oh, itu sakit kepala karena tidak bisa menyerupai, tetapi masalahnya selama itu, kan? Maksud saya, saya pikir saya tumbuh terlalu lama di Singapura, Kiasu (惊输) dan Kiasi (惊死), ah. Jadi, apa yang saya lakukan adalah saya tidak berani mendirikan tim teknologi saya sendiri. Jadi setiap, kunci kami, kan? Meskipun sepeda sudah menjadi milik kita. Kunci kami, ujung belakang kami, ujung depan, yang berarti aplikasi. Itu semua outsourcing. Perusahaan tempat kami melakukan outsourcing semua ini cukup sah. Mereka diinvestasikan oleh perusahaan yang sangat besar di Cina, dengan uang yang sangat besar. Tapi masalahnya, dan mereka, mereka juga pemasok besar Ofo dan Mobike. Jadi, dalam pikiran saya, sebagai lulusan baru, saya pikir, oke, ini sudah merupakan perusahaan besar, uji tuntas yang sangat solid, informasi yang sangat besar, sangat baik untuk menentukan bahwa mereka adalah perusahaan yang sah. Tetapi apa yang saya abaikan karena kurangnya pengalaman saya, mereka tidak pernah keluar dari Cina sebelumnya. Jadi IoT dan sistem yang mungkin bekerja di Cina, mungkin tidak bekerja di Singapura.

Jadi ini adalah saya sebagai pendiri startup selama itu, dan sebagai lulusan pertama, maka sesuatu yang saya takuti untuk dipertimbangkan, pikiran saya seperti, mereka adalah pemasok besar bagi semua perusahaan besar ini, mereka harus sangat sah. Dan mereka diinvestasikan oleh perusahaan besar, membagikan buku besar tetapi terbukti salah, pertama, setelah sepeda tiba, kami menyalakan aplikasi, tidak dapat membuka kunci. IoT di dalam, the, the, chip di dalamnya tidak diperalahkan, tidak diperalahkan dengan Singapura, atau perusahaan telekomunikasi. Jadi itu tidak bisa membuka kunci. Itu, itu satu hal. Dan kemudian aplikasi kami juga terus mogok. Dan kemudian karena kami hanya 1000 dan apa yang saya sadari sebagai perusahaan besar, karena mereka memiliki klien besar, meskipun mereka berbalik, tentu saja mereka menginginkan lebih banyak pelanggan, bukan? Dan tentu saja mereka menginginkan jejak di luar negeri. Jadi bagi mereka, mereka hanya berkata, ya, ya, ya, ya. Tetapi setelah membayar uang dan kemudian sepeda berada di Singapura, kami tidak mendapatkan dukungan yang kami butuhkan.

Jadi itu sakit kepala besar. Jadi sepeda saya senang Anda bertanya karena kami menghabiskan. Saya dan saya dan GM saya yang mendorong saya bahkan sampai hari ini. Jadi GM saya sebenarnya, GM saya memiliki kode perusahaan adalah nomor satu. Saya nomor 2, karena dia mencoba lebih awal dari saya, sampai batas tertentu. Jadi bahkan kami tidur di gudang, kami tidur di gudang selama Tahun Baru Imlek. Kami tidur di gudang selama Hari Valentine. Jadi kami bahkan bercanda bahwa kami menghabiskan Hari Valentine bersama, di gudang. Dan kemudian kami memiliki banyak timer yang tidur dengan kami, untuk memperbaiki sepeda, untuk membongkar kunci dari sepeda. Buka semuanya, dan kemudian mencolokkan kawat untuk reboot keras, karena aplikasi sekarang tidak berfungsi untuk membukanya. Jadi itu adalah beberapa bulan pertama benar -benar sangat sulit. Jadi bahkan hari ini kita memiliki lelucon siapa pun yang harus ingin menjadi tingkat manajemen dari pekerjaan apa pun, harus tidur di gudang selama beberapa hari. Ada lelucon yang beredar untuk benar-benar merasakan kesulitan dari diri saya sendiri, GM saya, dan beberapa paruh waktu merasakan untuk 1000 sepeda pertama, jadi kami tidak dapat mempelajari 1000 sepeda pertama sampai saya berpikir tiga bulan di gudang yang sangat menyakitkan.

(16:25) Jeremy AU:

Dan bagaimana Anda menemukan tim awal Anda, bukan?

(16:27) htay aung:

Jadi, GM saya adalah teman baik sekolah menengah saya dan kemudian saya sangat senang jadi, saya percaya padanya, saya percaya padanya dengan banyak hal sejak hari sekolah menengah. Dan saya pikir itu sebabnya ketika saya kembali, saya senang datang untuk mendirikan perusahaan di Singapura, Anda memerlukan sutradara lokal. Jadi dia memanggil saya sebagai sutradara lokal terlebih dahulu. Dan setelah itu, saya seperti, hei, mengapa Anda tidak bergabung dengan saya? Dia agak ragu -ragu karena startup dan dia bekerja di, Anda telah mendapatkan pekerjaan yang baik di La Soma dan 3M, sebelum itu, saya pikir itu adalah 3m. Dan setelah itu, dia berada di La Senda selama sekitar dua tahun. Dia sangat ragu -ragu. Dia seperti, saya dapat membantu Anda paruh waktu. Lalu setelah itu, karena saya baru saja kembali, kan? Saya bahkan tidak memiliki izin pekerjaan. Jadi setelah itu, ia memutuskan untuk mencoba dan menjadi majikan pertama dari Wheel, saya menjadi yang kedua. Jadi begitulah ceritanya. Jadi ya, lalu setelah itu saat kami membangun lebih banyak, jadi dia, kita akan mulai dengan dia dan saya selama hampir satu tahun, saya pikir.

(17:05) htay aung:

Hampir satu tahun setelah kami memutuskan bahwa kami tidak dapat Tahang lagi. Kami berdua benar -benar, kami terlalu banyak meregangkan, tetapi kami pada saat yang sama mencoba menghemat biaya. Kami terlalu banyak peregangan dan kami mengatakan kami harus mulai mempekerjakan lebih dari itu kami mulai melihat semua miliknya, semua kontak teman saya, semua kontak temannya. Mereka yang bisa kita tepercaya. Tapi kebanyakan itu adalah lah, kebanyakan itu adalah kontaknya. Jadi begitulah cara saya bekerja, tetapi saya juga mendapatkan banyak pertanyaan seperti bukan, seperti tidak terlalu adil atau tidak terlalu pintar untuk melakukan itu karena kami mendapatkan teman, tetapi ide saya adalah bahwa bahkan hari ini, saya telah memberi tahu tim saya, semua orang benar tujuh tahun dan saya telah memberi tahu tim saya bahwa bahkan mengatakan pada diri sendiri, kami berada dalam bisnis yang benar -benar membutuhkan otak. Maksud saya, bukan hal yang cerdas untuk dibicarakan saat ini, karena semua yang kita lakukan saat ini, yang dapat kita pelajari dari banyak pemain internasional di Cina. Ada tiga pemain, pemain yang sangat besar, masing -masing memiliki 20, 30 juta sepeda yang bisa kita pelajari. Di negara lain, kami memiliki Lyme, yang sudah diambil oleh Uber. Kami dulu memiliki teman seperti Bird, Anda tahu, kami belajar dari. Jadi selama beberapa tahun pertama. Maksud saya, kami tidak dapat mengatakan hal yang sama sekarang, tetapi selama beberapa tahun pertama, ketika kami menetapkan tim kami, tidak ada banyak inovasi di sana untuk jujur. Ini lebih seperti bagaimana kita menyelesaikan hal ini? Apakah kita percaya pada berbagi mikromobilitas ini di Singapura jika semua percaya bagaimana kita menyelesaikan hal ini? Bagaimana kita belajar? Jadi saya membutuhkan lebih banyak orang tepercaya dan orang -orang pekerja keras daripada orang yang cerdas. Maksudku, jangan salah paham, mereka masih cerdas. Maksud saya, orang -orang dengan banyak informasi, bukan? Jadi dalam hal sebelumnya adalah banyak kepercayaan dan kami mendapatkan banyak teman untuk datang ke perusahaan dan saya sangat senang bahwa sebagian besar dari mereka tetap di perusahaan kami sampai hari ini, bahkan ketika perusahaan tumbuh, jadi ini adalah bagaimana kami memulai sedikit tim pertama kami, persahabatan dan kepercayaan, dan orang -orang yang pekerja keras.

(18:30) Jeremy AU:

Jadi, di masa -masa awal, Anda benar -benar benar. Semua orang saling menyalin dan semua orang belajar dari satu sama lain. Jadi apa saja hal -hal yang sengaja Anda salin? Dan hal -hal apa yang Anda pelajari yang tidak dapat Anda salin?

(18:40) htay aung:

Saya pikir apa yang saya salin dalam waktu seperti, seluruh aplikasi, karena kami tidak perlu mendesain lagi. Jadi ini lebih seperti hanya mengubah tema warna. Dan juga apa yang saya baca, saya tidak dapat menyalin adalah operasi. Dan juga harganya. Biarkan saya memisahkan itu. Jadi operasi, saya pikir pertama, mereka akan memiliki backend yang sangat kuat untuk memberi tahu mereka itu. Dimana sepeda motornya? Bagaimana penumpangnya? Kemana mereka harus pergi dan mengumpulkan sepeda untuk memulihkannya, jam berapa? Jadi ini adalah sesuatu yang tidak kita miliki um, backend ini yang harus kita bangun, kan? Dan pemasok pihak ketiga kami tidak memiliki backend yang matang. Bahkan mereka memilikinya, ini untuk China. Ini tidak dimaksudkan untuk pasar seperti Singapura di mana Ibu benar -benar peduli tentang kesejahteraan semua staf kami karena mereka, mereka adalah jadwal di 24/7, dan kemudian benar -benar KPI mereka didasarkan pada per sepeda, itu selalu KPI yang sangat sulit. Itu adalah sesuatu yang tidak dapat kami terapkan di Singapura.

Pertama, kami tidak memiliki backend untuk diterapkan selama itu. Tapi sepeda kita sendiri pada waktu itu hanya murni Bluetooth. Kami bahkan tidak memiliki kunci pintar seperti sekarang di sana. Masing -masing sepeda kami benar -benar memiliki kartu SIM Singtel 4G. Jadi kami adalah salah satu dari klien terbesar sentral dengan 35.000 kartu SIM yang membayar setiap bulan. Jadi sekarang kami dapat melacak semuanya, tetapi selama itu kami tidak dapat melacak. Jadi ini adalah sesuatu yang tidak bisa kita salin. Jadi kita harus belajar secara manual dari staf operasional kita, di mana harus digunakan, bagaimana menggunakan, kapan harus digunakan, berapa banyak yang digunakan sehingga itu adalah satu hal yang kita rasa tidak bisa kita pelajari karena kita tidak memiliki backend. Kami tidak memiliki teknologi. Jadi kita harus membuat sangat, sangat manual. Dan kemudian harganya, karena kebanyakan dari mereka berjuang perang harga untuk mendapatkan pangsa pasar dan mereka didukung oleh semua Alibaba yang didukung oleh Tencent ini, dan kami tidak, kami tidak memiliki papa seperti itu untuk kembali, kan? Jadi kami dengan cepat menyadari bahwa kami tidak dapat menjalani perang harga. Kita harus mulai mengisi daya sejak awal. Jadi ini adalah sesuatu yang kami lakukan.

Dan kemudian kami juga tidak hanya untuk bertahan hidup, tetapi juga terutama karena kami perhatikan, berapa lama Anda bisa bertahan? Kami tidak di sini untuk pelarian, kan? Selama saat itu, kami di sini bukan untuk mendapatkan dana modal ventura untuk benar -benar tumbuh dan seperti yang Anda tahu, kami bukan karena kami dari hari pertama, kami tahu bahwa ini adalah bisnis jangka panjang yang ingin kami lakukan seumur hidup, semoga. Setidaknya hari ini, saya aman di dalam api. Jadi ini adalah sesuatu yang tidak kami hargai, dan hal kedua yang kami pelajari dengan cepat dan saya sangat senang bahwa semua pemain di Singapura dan di seluruh dunia mengumpulkan setoran. Kami, sejak hari orang tahu bahwa kami tidak ingin mengumpulkan setoran karena saya sebenarnya, saya memang mulai di mana saja di Australia selama beberapa bulan dan kami mengumpulkan setoran tetapi tidak, tidak menggunakan nama perusahaan roda apa pun itu menggunakan perusahaan ini bernama Murph. Ini perusahaan teman baik saya.

(20:41) htay aung:

Jadi kami berdua, sangat lucu. Kami adalah teman yang sangat baik untuk universitas. Dan suatu hari, akan lulus, kami saling memberi tahu bahwa kami memiliki ide yang sangat bagus. Jadi, setelah itu, kami berbicara di sebuah kafe dan keduanya datang dengan ide yang sama. Kami ingin memulai berbagi sepeda. Jadi, setelah itu, saya mengatakan kepadanya bahwa oke, izinkan saya pergi ke Singapura. Untuk Australia, saya hanya akan berinvestasi. Saya hanya akan, saya hanya akan memasukkan uang ke dalam, lalu membiarkan Anda berlari. Sehingga kami tahu, kami tidak melakukannya, kami tidak saling berkompromi sebagai teman yang baik. Jadi, tetapi selama itu kami, sehingga sudah diluncurkan di Australia dan kami dengan cepat menyadari bahwa kami menyebutnya sekitar 70 AUD, Australia dolar per pengguna untuk menggunakan sepeda.

Kami dengan cepat menyadari bahwa ada banyak setoran yang duduk di akun kami. Dan kemudian kami dengan cepat menyadari bahwa karena mereka adalah pemegang saham lain, pemegang saham sangat tergoda untuk menggunakan uang ini untuk pergi dan membeli lebih banyak sepeda. Jadi untuk menggunakan uang yang tidak kami miliki, jadi saya dengan cepat sebagai pemegang saham minoritas, saya tidak dapat membuat keputusan. Saya tidak dapat memiliki veto, bukan? Jadi saya segera menyadari bahwa ini sangat berbahaya.

(21:29) htay aung:

Sangat, sangat berbahaya untuk melakukan itu. Jadi ketika saya membuat roda di Singapura sejak hari pertama, tidak ada deposit. Jadi saya pikir kita adalah satu -satunya di yang pasti di Singapura, pasti secara regional dapat mengatakan bahwa sejak hari pertama, kita tidak perlu setoran. Jadi ini adalah sesuatu yang kita pelajari. Kita belajar juga pertama -tama adalah mengendalikan diri kita karena dengan uang itu duduk di dalam. Siapa pun, manusia mana pun akan tergoda untuk menggunakannya. Jadi saya bahkan tidak ingin memiliki godaan. Dan bahkan, bahkan jika saya mengendalikannya, jika saya mulai melibatkan VC dan pemegang saham, mereka akan tergoda untuk menggunakannya juga. Jadi saya tidak ingin, ingin memiliki uang ini. Jadi ini adalah sesuatu yang kita pelajari dan beradaptasi. Tidak ada deposit. Dan sejak hari pertama, kita harus mengenakan biaya. Dan pada kenyataannya, saya sangat senang membagikannya dari hari pertama sampai sekarang, tarif kami akan tetap sama.

(22:04) Jeremy AU:

Luar biasa. Saya pikir ini sangat membantu karena banyak orang ingin menyalin tetapi Anda harus mencari tahu apa yang harus disalin, apa yang tidak boleh disalin. Bagaimana Anda mengetahui sisi operasinya? Karena saya pikir banyak perusahaan meninggal karena itu, bukan? Karena mereka tidak tahu di mana harus meletakkannya, mereka tidak tahu di mana harus menjemput mereka. Tetapi juga ada banyak sepeda yang tersesat. Banyak sepeda juga dicuri. Dan jelas hujan sepanjang waktu di Singapura juga, kan? Jadi itu harus pemeliharaan dan segalanya. Jadi bisakah Anda berbicara dengan saya tentang sisi operasi itu?

(22:26) htay aung:

Tentu, tentu. Untuk mulai dengan karena rumah sepeda yang kami rancang, kami sudah tahu bahwa itu akan menjadi untuk berbagi. Itu berarti, itu dimaksudkan untuk menjadi penggunaan berat dalam keadaan cuaca yang berbeda. Dan juga, tentu saja karena di depan umum akan ada pencurian, tetapi saya akan mengangkat bagian pencurian untuk nanti, bagian yang menariknya. Jadi sepeda seharusnya sudah kuat, tetapi tentu saja karena kurangnya pengalaman kami dari ini, karena kurangnya pengalaman saya sejak awal, kami memesan pemasok dan kemudian kami memesan suku cadang, kan? Sepeda menginap Ras Bicycle Stay Spoi untuk beberapa batch pertama. Tapi hal yang baik adalah kita terus berkembang. Jadi hingga hari ini, tujuh tahun, kami sudah memiliki lima batch sepeda yang berbeda, lima generasi yang berbeda. Jadi kami, setiap batch yang kami ambil umpan balik, kami tahu mana yang merupakan bagian yang spoi, meskipun kami pikir itu bukan spoi. Jadi sampai hari ini, saya sangat senang mengatakan bahwa kita sudah memiliki milik kita, kantor lain di Cina yang melakukan semua pengadaan.

Kami juga mengontrol lini produksi pabrik. Jadi sekarang kami sumber untuk 70 persen dari bagian sepeda kami dan kemudian kami terakhir kali Anda hanya pergi ke Phoenix, oke, Anda merakit yang lainnya. Kami tidak kami tidak tahu rantai pasokan. Kami hanya membayar Anda satu kali libur tetapi hari ini, maju cepat hari ini kami mendapatkan 70 bagian kami dan kemudian kami mengirimkannya ke pabrik. Jadi pabrik pada dasarnya hanya berkumpul. Jadi apa yang dilakukannya adalah kami memiliki banyak kontrol kualitas sendiri, dan kemudian kami juga secara signifikan menurunkan harga. Kami lebih tawar -menawar karena pabrik hanya menjadi jalur perakitan. Kami memiliki daya tawar yang kuat atas pemasok kami dan juga jalur perakitan kami. Jadi ini sudah membaik. Tapi yang tidak kami ketahui adalah bahwa kami tidak mempertimbangkan, bukan? Karena pasar pertama kami adalah Singapura dan kami, Singapura masih menjadi markas besar kami hari ini.

(23:49) htay aung:

Kami pikir Singapura tidak akan memiliki masalah pencurian, maksud saya, salah satu negara yang paling dikenal dan negara terkemuka di dunia, bukan?

Namun sayangnya sebagian besar masalah pencurian kita terjadi di Singapura. Kami berada di puncak kami, kan? Maksud saya, di puncak kami dalam hal kota -kota yang biasa kami operasikan di Singapura, Malaysia, dan Thailand. Sekarang kita hanya di Singapura dan Thailand. Jadi, ketika kami pertama kali mengadakan pertemuan dewan pertama kami, pertama, dewan direksi saya sangat menentang saya, berkembang di luar Singapura untuk, untuk yang pertama, untuk awal roda, kan? Mereka khawatir tentang tingkat pencurian di negara lain yang kurang berkembang. Dan kemudian setelah saya menjelaskan tiga negara, mengadakan rapat dewan pertama saya, saya melaporkan bahwa kami memiliki 3000 sepeda yang dicuri karena selama itu juga bagus, kami sudah siap bahwa kami dapat melacak di mana sepeda berada dan, tahu, memiliki wawasan yang sama. Jadi kami memiliki banyak data untuk dilacak. Dan kemudian saya melaporkan rapat dewan pertama, saya mengatakan bahwa kami memiliki 3000 sepeda yang dicuri, dan kemudian saya dimarahi oleh semua dewan direksi saya, mengatakan kepada Anda untuk tidak pergi ke negara lain. Anda hanya tidak mendengarkan. Lalu, itu sebenarnya di Singapura, semua sepeda ini. Thailand, dicuri sepeda nol, Malaysia, nol sepeda dicuri.

Mereka seperti, Anda memiliki data, sesuatu yang salah. Backend Anda salah dengan itu. Anda harus memeriksa kembali backend Anda. Saya seperti, tidak, tidak, tidak, tidak, tidak, tidak. Kami membuatnya diverifikasi. Kami mendapat check -in singapura. Jadi saya tidak menyalahkan mereka karena untuk seseorang yang tumbuh di Singapura, seperti saya, saya juga sangat terkejut. Jadi, saya sangat, sangat terkejut. Jadi kami, tentu saja, meningkatkan sepeda kami. Kami meningkatkan sepeda kami dari sana. Tapi sekali lagi, ada pepatah dalam bahasa Cina. “可以防君子不可以防小人,” jadi kita bisa kita dapat melindungi sebagian besar warga negara yang baik, maaf seorang penduduk yang baik, tetapi kita tidak dapat melindungi persentase yang sangat kecil, yang dimiliki setiap negara, bahkan seberapa berkembang. Dan kami juga sangat jelas bahwa kami tidak ingin karena persentase yang sangat kecil dari pengguna yang tidak bertanggung jawab mempengaruhi pengalaman 90 lebih dari persen pengguna yang sangat baik. Jadi, meskipun kami melakukan peningkatan pada sepeda kami menjadi lebih anti-pencurian, tetapi kami juga tidak ingin memata-matai pengalaman.

Jadi selama Covid menjadi lebih buruk karena saya pikir banyak orang tidak memiliki pekerjaan dan banyak orang tidak ada hubungannya. Jadi mereka mulai mencuri di sepeda kami. Jadi, jika Anda melihat salah satu posting Facebook kami, sangat organik. Kami tidak pernah membanggakannya. Kami memiliki 300 lebih dari ribuan, kesan lima digit seperti dan beberapa ribu komentar. Kami mulai memiliki tim penegakan hukum kami sendiri berkeliling lingkungan untuk menangkap orang -orang yang mencuri sepeda kami tanpa mengunduh aplikasi kami atau tanpa menggunakan aplikasi. Jadi itu langsung menjadi cukup populer, saya pikir semua berita meliputnya. Semua kepemimpinan, semua SK, saya pikir semua yang kecil semuanya menutupinya. Jadi dari 3000 di seberang sekarang, saya pikir itu berkurang menjadi sekitar 1000. Jadi 3000, 5000, dan kemudian sekarang sekitar 1000 tetapi selama itu kami hanya memiliki 10.000 sepeda. Jadi dalam hal persentase, kami secara signifikan menurunkan. Semua ini benar.

Dan kemudian, dengan jujur ​​tidak menyalahkan mereka, karena bahkan ketika kami mengajukan laporan polisi selama petugas polisi SPF itu, berbagi sepeda tinggal di sekitar, dan beberapa orang yang kami tangkap mereka merasa bahwa karena berbagi sepeda semuanya hilang, sehingga sepeda ini dibiarkan tanpa pengawasan, sehingga mereka dapat menggunakannya, jadi, bagi kami, itu adalah sesuatu yang kami pelajari juga. Jadi kami tidak menyalahkan juga. Kami benar -benar menerima semua umpan balik ini dengan sangat serius. Kami tidak langsung turun dan mengatakan itu, oke, Anda tidak bisa mencurinya. Itu salahmu. Kami merasa ada banyak hal. Kami menerima umpan balik dengan sangat serius dan itu adalah sesuatu yang dapat kami tingkatkan juga. Jadi saya sangat senang bahwa ketika perusahaan kami tumbuh itu pada tahun 2021. Ketika perusahaan kami tumbuh, semakin banyak orang mulai mengetahui sistem pembagian sepeda tetap di Singapura. Semakin banyak orang sadar bahwa roda siapa pun adalah perusahaan yang tetap seperti itu. Jadi Tafra, juga dengan penegak FOM kami yang berkelanjutan semakin banyak, semakin sedikit Tafra di Singapura sekarang. Jadi itu kabar baik bagi kami.

(26:41) Jeremy AU:

Luar biasa. Jadi, Anda tahu apa yang menarik adalah, itu sangat kompetitif, bukan? Jadi ada begitu banyak pemain yang sudah ada dan kemudian lebih banyak pemain mulai masuk seiring waktu dan banyak dari mereka yang didanai VC. Dan kemudian, itu juga gila, kan? Seperti Anda bisa memarkirnya di mana saja, jadi orang -orang menjadi marah. Jadi Anda mengatakan itu adalah lisensi. Jadi mengapa Anda memenangkan kompetisi ini dari perspektif Anda di sini?

(27:01) htay aung:

Saya pikir pertama, apa yang ingin saya bagikan, saya bertaruh pada lisensi, kan? Saya yakin lisensi akan datang, atau peraturan akan datang. Dan itu datang. Lalu bagaimana kita menang? Saya pikir banyak perusahaan tidak dapat memenuhi syarat untuk lisensi pertama karena lisensi LTA mengharuskan kunci sepeda untuk bersama GPS. Itu berarti Anda harus memiliki kartu SIM di dalam, tidak bisa hanya menggunakan Bluetooth lagi. Sehingga Anda dapat melacak dengan tepat di mana sepeda, yang menggunakannya, di mana ia berakhir, jadi banyak perusahaan, dari yang langsung, dari yang dibatalkan lisensi mereka karena seratus lebih dari ribuan sepeda mereka di Singapura semuanya adalah Bluetooth. Tidak mungkin mereka akan berubah. Mereka akan mengembalikan sepeda untuk menggantinya. Atau mereka akan membawa sepeda baru. Sangat sulit bagi perusahaan untuk melakukan itu dan kemudian Mobike juga, Mobike sejak awal. Jadi Mobike adalah perusahaan yang sangat saya hormati. Mereka mungkin satu -satunya pemenang berbagi sepeda di dunia sekarang. Mereka diperoleh oleh Meituan karena jika saya tidak, salah 2 poin sesuatu miliar dolar AS dan kemudian, sejak awal, mereka sudah ada di depan permainan. Mereka adalah salah satu yang pertama meluncurkan semua kunci pintar dengan IoT, dengan semua hal, bukan? Jelas, mereka tidak terpengaruh. Jadi bagi kami, kami juga, bagaimana kami mempersiapkannya? Jadi sejak hari pertama, kami juga pergi untuk kunci IoT, meskipun kami tidak memiliki kapasitas sama sekali.

Bahkan ketika kami melakukan outsourcing, kami tahu itu lebih mahal, lebih rumit. Sejak hari pertama, kami mengatakan tidak ada kunci Bluetooth. Saya ingin memiliki kunci pintar yang memiliki backend untuk melacak semua penumpang, semua lokasi, bukan? Jadi ini merupakan nilai tambah bagi kami. Jadi ketika pemegang lisensi datang, sepeda di jalan kami sudah menjadi kepatuhan lisensi. Dan kemudian banyak orang tidak tahu bahwa masing -masing sepeda kami semua operator di Singapura, selama Anda berlisensi, sistem kami terhubung ke sistem LTA. Itu harus hidup. Kami harus melaporkannya setiap 30, jika saya tidak salah, setiap 30 menit atau satu jam, kami harus melaporkan lokasi langsung ke backend LTA. Jadi semua ini mengkonsumsi banyak teknologi dan mengonsumsi banyak baterai.

Jadi, kami agak, sejak hari pertama, saya sudah bersiap untuk itu. Jadi ketika lisensi datang, kami tidak terkena. Tidak dipukul terlalu keras. Jadi ini juga berbeda dari banyak kompetisi yang hanya ingin masuk dan kemudian hanya ingin masuk dan kemudian digunakan secepat mungkin. Jadi kami benar -benar fokus pada apa yang akan mengatur regulator kami dan kemudian bagaimana teknologi akan menjadi bisnis yang berkelanjutan.

(28:50) Jeremy AU:

Bagaimana Anda tahu Bluetooth Lock versus Smart IoT? Karena ya, Anda dapat mengetahui bahwa lisensi akan datang suatu hari, dan lain -lain, tetapi bagaimana Anda tahu? Karena itu, seperti yang Anda katakan, begitu mereka memilih Bluetooth Lock, mereka terkunci saat mereka membuang armada begitu peraturan itu datang. Tapi bagaimana kamu tahu? Atau apakah Anda hanya beruntung.

(29:07) htay aung:

Saya pikir pertama -tama, apa yang saya bagikan, Mobike benar -benar melakukan itu sejak hari pertama. Mereka melakukan itu dari Cina. Mereka melakukan untuk Singapura tetapi untuk bus untuk memulai dengan Mobike memiliki tim elit, manajemen mereka, lima orang adalah super elit, lima orang yang sangat terhormat. Jadi sejak hari pertama, visi mereka siap. Mereka datang dari mereka semua berasal dari industri mobil, elite neo. Pendiri Neo sebenarnya adalah Mobike salah satu pemegang saham. Jadi, mereka berasal dari A, mereka sudah membangun mobil, kan? Semua mengemudi sendiri dan segalanya. Jadi berbagi sepeda, IoT, tidak ada untuk mereka. Jadi saya pikir begitulah Mobike memiliki awal yang sangat, sangat kuat. Dan akhirnya pertanyaannya adalah kami adalah perusahaan teknologi. Maksud saya, kami adalah perusahaan TNT. Saya ingin menyebutnya teknologi dan transportasi. Jadi, jika Anda hanya memiliki kunci Bluetooth yang tidak mendapatkan data, kami hanya perusahaan transportasi murni.

Ini tidak seksi di abad ke -21. Tidak berguna bagi kita untuk tumbuh. Jadi kami, sejak hari pertama, kami tahu bahwa kami, bahwa kami, 50% dari kami jelas merupakan perusahaan teknologi. Jadi kami ingin, sejak hari pertama, kami ingin memiliki atau tanpa peraturan, kami ingin memiliki IoT kunci pintar yang memberi kami data. Jadi ini adalah bagaimana ini adalah cara kami merencanakannya. Jadi tidak benar -benar bagaimana kita tahu terlebih dahulu atau bagaimana kita mengetahui akun regulasi. Tidak seperti itu.

(30:05) Jeremy AU:

Ya, dan ketika Anda melihat, orang -orang mulai keluar, kan? Jelas karena, seperti yang Anda katakan, beberapa dari mereka menghabiskan deposito pelanggan mereka dan kemudian bangkrut, dll. Jadi Anda harus mulai mengambil alih armada. Mengapa Anda membuat keputusan untuk mengambil alih armada? Karena, kadang -kadang mereka bisa dihapus atau apa pun. Bagaimana Anda mendekati proses akuisisi itu?

(30:22) htay aung:

Benar? Jadi, ada terlalu banyak. Baru saja, saya pikir Anda juga menyebutkan tentang VC, kan? Jadi siapa pun benar -benar berbicara dengan VC selama 2019. Kami benar -benar mencapai beberapa kesepakatan beberapa masa dengan salah satu VC, memberi kami penilaian yang kami inginkan, tetapi kami tidak mengambil uang karena cara kami ingin menghabiskan uang sangat berbeda. Jadi VC khusus ini, mereka ingin menghabiskan banyak uang yang kami kumpulkan untuk benar -benar lakukan, untuk mendapatkan pelanggan melalui iklan. Mereka ingin meningkatkan unduhan aplikasi dalam waktu sesingkat mungkin. Jadi saya sangat tidak setuju dengan itu. Mengapa saya mengemukakan poin ini adalah karena banyak perusahaan merasa karena mereka mengambil uang VC, mereka hanya membuang sepeda dan mereka menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan pelanggan dengan perjalanan gratis. Dan kemudian Anda dapat melihat iklan di mana -mana mendapatkan selebriti, mendapatkan selebriti di Cina atau mobile untuk selebriti. Mereka mendapatkan sesuatu yang hanya bisa saya cemburu.

Dan kemudian mereka bahkan memiliki promosi seperti 5 juta, yaitu 1 juta SGD per bulan. Setiap hari, Anda dapat memenangkan 20 iPad, Apple Watch tanpa batas. Jadi, ini adalah jenis uang yang VC yang mencapai istilah dengan saya, ingin saya habiskan dalam model tercepat perusahaan. Bagi saya, saya sangat tidak setuju karena akan membunuh bisnis. Bagaimana jika saya memperoleh 1 juta pengguna melalui semua saluran akuisisi pelanggan ini seperti, YouTube atau Instagram atau Facebook atau apa pun, bukan? Jika kualitas sepeda saya, jika backend saya, dan jika sepeda saya tidak ada, mereka mengunduh aplikasi, mereka tidak melihat sepeda, mereka tidak akan menggunakannya. Jadi saya berdebat kembali ke VC mengatakan bahwa uang ini, sebagian besar uang, saya ingin menggunakan dalam membeli sepeda, meningkatkan kualitas sepeda. Saya ingin orang -orang melihat sepeda setiap hari, melihat itu adalah sumber yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan, baik, sepeda bersih dan mengunduh aplikasi. Bukan karena mereka melihat iklan dan mereka pergi dan mengunduh aplikasi dan tidak melihat sepeda. Jadi, ini juga menetapkan roda yang sangat berbeda dari perusahaan lain yang sangat tergantung pada uang VC.

Terkadang saya berpikir sang pendiri, mereka tahu apa yang mereka lakukan, tetapi mereka tidak bisa mengendalikan. Mereka harus berkembang dengan cepat untuk mengumpulkan lebih banyak dana karena mereka sangat terbakar. Bagi kami, kami tidak menggunakan pendekatan itu. Jadi kami mencoba mengumpulkan uang sebelumnya, tetapi kami tidak melakukannya. Tapi tentu saja, pertanyaan berikutnya yang mungkin Anda miliki adalah bagaimana saya mendapatkan uang? Saya pergi dan berbicara dengan orang tua saya, maksud saya, bahwa mereka memiliki beberapa properti di Singapura. Saya, tawaran saya di sana, saya mengatakan kepadanya, oke, Anda memiliki beberapa putra, beberapa properti sebenarnya, saya pikir itu untuk saya, Anda akhirnya akan memberikannya kepada saya. Mengapa Anda tidak memberikannya kepada saya sekarang? Jadi saya menjual properti itu di Singapura yang dimaksudkan untuk saya sendiri atau dimaksudkan untuk anak -anak saya. Jadi sangat sulit. Tapi ya, jadi pengaturan semacam ini sangat berbeda dari perusahaan lain atau tidak hanya kita lebih mengenal pasar Singapura. Kami juga tidak mengambil keputusan yang sangat menyakitkan untuk tidak mengambil uang VC untuk benar -benar mengendalikan nasib kami sendiri dan garis waktu kami sendiri, yang membawa kami hari ini, dan itulah bagian pertama dari itu.

Jadi bagian kedua adalah untuk sepeda SG, saya pikir Anda sedang berbicara tentang akuisisi N sepeda SG tahun ini. Saya merasa bahwa sebagai operator terbesar, kami harus memiliki tanggung jawab untuk mengambil alih karena dalam kondisi jangka waktu saya tidak terlalu yakin bahwa apakah mereka akan mengembalikannya kredit yang tidak digunakan atau tidak. Dalam syarat dan ketentuan mereka, mereka seharusnya tidak, mereka tidak memiliki pengembalian dalam syarat dan kondisi mereka, karena mereka sudah mengatakan itu dibayar dan segala sesuatu seperti itu, bukan? Mereka mendapatkannya. Tetapi pada saya, saya berpikir bahwa jika mereka memilih untuk tidak kembali, bahkan mereka memiliki hak untuk tidak kembali, itu akan menyebabkan kesan negatif industri berbagi sepeda di Singapura dan di seluruh wilayah. Dan kami sebagai pemain yang tersisa dan pemain terbesar tidak mampu membelinya. Kami telah menghabiskan empat atau lima tahun terakhir melakukan yang terbaik untuk membangun reputasi industri, tidak hanya kami, dari industri, untuk mendapatkan kepercayaan diri dari penduduk Singapura dengan berbagi sepeda. Kami tidak mampu membiarkan perusahaan lain yang tidak dapat kami kendalikan untuk meledak ini, meledak hal yang kami bangun. Jadi, saya mendekati pendiri SG Bike, yang juga teman baik saya. Kami kompetitif, tetapi kami juga terus -menerus memeriksa satu sama lain untuk melihat bahwa ada kemungkinan bahwa kami mengambil alih.

Sehingga yang kami lakukan adalah kami tidak mengambil alih armada apa pun. Kami tidak mengambil alih tanggung jawab apa pun. Yang kami ambil alih hanyalah pengguna. Jadi semua kredit yang dalam kredit yang tidak digunakan bahwa di sepeda SG sekarang ditransfer ke roda apa pun tidak hanya itu, jika mereka memilih untuk memilih lebih awal ke platform wheel apa pun, mereka mendapatkan $ 10 lebih. Jadi tidak ada alasan bahwa pengguna harus mengeluh karena sekarang mereka menggunakan layanan yang sama di platform yang lebih besar dan lebih baik, dan kemudian pada saat yang sama, mereka memiliki lebih banyak kredit untuk digunakan. Jadi itu benar -benar untuk mengambil alih adalah pengambilalihan benar -benar murni untuk mempertahankan reputasi industri ini. Ini benar -benar membuat kita lebih banyak membahayakan. Kami menghabiskan banyak uang untuk memberikan kredit, meskipun kami memberikan banyak kredit kepada semua pengguna, yang merupakan uang besar pada saat yang sama. Kami juga mengkhawatirkan risiko reputasi karena hingga hari ini, bahkan beberapa wartawan salah paham bahwa kami mengambil alih armada mereka. Bahkan beberapa orang salah paham bahwa sepeda itu, di atas, tetap di jalan hari ini, milik siapa pun sekarang, karena kami mengambil alih, adalah tanggung jawab kami untuk menjadi jelas, tidak. Dan juga, kami mengambil banyak risiko reputasi tetapi kami masih merasa bahwa ini adalah perang untuk perang, dan itu adalah hal yang bertanggung jawab bagi kami untuk memastikan bahwa reputasi tidak ternoda.

(34:34) Jeremy AU:

Dan bisakah Anda berbagi tentang waktu yang Anda berani?

(34:37) htay aung:

Jadi, ya. Jadi hanya waktu. Jadi, karena beberapa tahun siap sehingga saya dapat membagikan pendapatan 2018 kami, bukan pendapatan laba untuk seluruh roda adalah lima dolar Singapura. Dan kemudian seluruh pendapatan kami di tahun 2019 untuk Singapura, saya pikir hanya jika saya tahu sekitar 70.000 lima digit. Jadi sudah membuat atau hancurkan. Entah membuat atau istirahat dalam arti bahwa seperti dewan direksi saya, investor saya, teman saya, semua orang yang berinvestasi dalam diri saya seperti, mungkin kita harus menutupnya. Kami telah mencoba, percobaan yang bagus. Tetapi pada saat itu, semua aplikasi kami, semua backend kami, semua kunci kami masih outsourcing. Dan selama 70% dari kunci kami, sepeda tidak dapat dibuka. Karena kunci tidak stabil, aplikasi tidak stabil. Jadi saya merasa bahwa saya belum pernah memberikannya, saya belum bersenang -senang dengan perusahaan ini, saya belum benar -benar mengoperasikan perusahaan ini sebelumnya. Dan, jadi itu satu hal. Hal lain adalah bahwa, selama itu, karena meskipun kami memiliki 10.000 sepeda di jalan 70% tidak berfungsi, tetapi kami memiliki lisensi terbesar di Singapura. Selama itu.

Dan kemudian beberapa perusahaan karena kepadatan berbagi sepeda pada tahun 2019 masih merupakan topik yang banyak dibicarakan oleh banyak investor dan VC pada tahun 2019 sebelum benar -benar meledak. Jadi saya menolak VC dan kemudian saya juga menolak pembelian. Jadi itu adalah tawaran pembelian dua yang akan memberi saya 4 juta laba bersih. Dalam pikiran saya, saya hanya berpikir, saya berbicara dengan saya seperti itu, haruskah saya menjual? Karena berusia 30 tahun, usaha nyata pertama saya. Saya pergi dengan laba bersih 3, 4 juta. Saya pikir saya berhasil jika saya melakukannya. Tetapi sesuatu yang diminta ayah saya benar -benar membuat saya mengubah keputusan saya. Itu saja, jika Anda tidak menjual, menurut Anda di mana perusahaan ini dapat tumbuh? Apakah Anda pikir Anda benar -benar telah mencapai potensi penuh Anda dengan perusahaan ini? Maukah Anda menyesalinya suatu hari nanti? Bagi saya, saya seperti, ya, saya memiliki 10.000 pembeli, 7.000 dari mereka tidak bekerja, Anda tahu saya menjual, saya memiliki jenis uang untuk dijual adalah karena, murni karena lisensi saya, bukan karena armada saya dan segalanya. Jadi jika saya mengatakannya, saya akan seperti, saya tidak akan bangga.

Bahkan saya pergi dengan 4 juta dolar Singapura. Saya tidak akan bangga dalam arti bahwa saya tidak melakukan apa pun dengan perusahaan ini. Saya hanya belajar kegagalan, maju cepat, saya hanya belajar kegagalan. Jadi saya pikir saya cukup berani untuk menolak 4 juta laba bersih. Saya cukup berani untuk menolak VC dan pergi ke saya, orang tua saya, menawarkan mereka, mengatakan bahwa, maksud saya, mereka sangat, sangat, sangat sehat, Anda akan memberikannya kepada saya pada akhirnya. Mengapa tidak melakukannya sekarang? Kemudian setelah itu saya sangat bersyukur bahwa mereka memberi saya properti itu. Mereka seharusnya memberikannya kepada saya 30, mungkin 30, 40 tahun ke depan.

Dan kemudian saya menjualnya. Saya menjual properti itu dalam beberapa bulan dan kemudian memompa semua uang ke dalam roda apa pun. Jadi saya pikir itu benar -benar berani karena selama itu, saya sudah memiliki anak pertama saya. Saya sudah menikah, memiliki anak pertama saya. Dan kemudian istri saya juga memiliki banyak perhatian. Anda tahu, mungkin Anda bisa pergi 4 juta jika tidak, Anda dapat mengambil uang VC jika tidak. Anda sudah memiliki beberapa properti yang akan berada di bawah Anda jika Anda tidak pergi dan mengacaukan, dan kemudian memulai sesuatu itu. Jadi banyak tanda tanya, bahkan saya pikir diri saya selama beberapa bulan tapi ya, saya masih memutuskan untuk melakukannya.

Jadi saya pikir itu cukup berani dan kemudian sampai sekarang, saya sangat bersyukur bahwa saya membuat keputusan itu. Masih belum cukup untuk membeli kembali properti itu, tetapi saya pikir arahnya untuk kami, kami mencapai keuntungan pertama kami, secara operasional menguntungkan tahun lalu. Dan kemudian tahun ini, Q2 berakhir, kami baru saja menutup Q2, Q2 kami tahun ini dibandingkan tahun lalu. Q2 yang sama, kami sekitar 30% naik dalam hal pendapatan dan dalam hal pendapatan, pengguna, dan penumpang. Jadi, perusahaan belum melambat. Ini adalah sesuatu yang saya tulis, sehingga saya mengambil keputusan itu daripada mengambil 4 juta dan bukannya mengambil laba bersih 4 juta setelah dicemari semua uang yang saya investasikan dan kemudian juga keputusan untuk terus memompa lebih banyak uang ke perusahaan ini.

(37:44) Jeremy AU:

Wow, terima kasih banyak telah berbagi. Jadi, pada catatan itu, saya ingin merangkum tiga takeaways besar yang saya dapatkan dari percakapan ini. Pertama -tama, terima kasih banyak telah berbagi tentang inspirasi awal Anda tentang menyiapkan roda ketika Anda adalah seorang siswa yang pindah ke Singapura dan mengambil kesempatan untuk belajar di Australia, pergi ke China untuk melihat apa yang harus dilakukan, apa yang tidak boleh dilakukan. Benar -benar menginspirasi untuk mendengar tentang bagaimana Anda akhirnya pergi, mendapatkan sepeda pertama Anda, bukan?

Kedua, terima kasih banyak telah berbagi tentang apa proses Anda untuk meluncurkan dan berkembang perusahaan. Jadi kesalahan yang Anda buat dalam hal memesan sepeda yang tidak dirakit untuk memesan 1000 sepeda pertama Anda, tetapi Anda tahu, kuncinya tidak berhasil. Jadi Anda harus mengubahnya. Jadi saya pikir senang mendengar kesalahannya, tapi saya pikir itu benar -benar menarik, terutama bagian di mana Anda berbicara tentang apa hal -hal yang harus disalin. Dan apa saja hal -hal yang tidak boleh disalin dalam hal operasi, dalam hal titik harga, dalam hal setoran. Jadi banyak belajar di sana.

Terakhir, terima kasih banyak telah berbagi, saya pikir masa -masa sulit, terutama di sekitar titik modal dan keputusan, bukan? Jadi, Anda menyebutkan tentang hari -hari awal, Anda bisa menggalang dana dengan teman dan keluarga, tetapi kemudian Anda mengatakan ada beberapa poin yang dapat Anda putuskan untuk menjual, uang tunai, karena perusahaan tidak baik -baik saja, semua cara untuk menolak uang VC, menolak penawaran pembeli, memasukkan lebih banyak uang sendiri ke tempat kerja. Bahkan menggunakan uang itu untuk juga pergi memperoleh pemain lain. Jadi sangat menarik untuk mendengar perjalanan itu dan terima kasih banyak telah berbagi.

(38:57) htay aung:

Tidak terima kasih. Terima kasih, Jeremy, karena telah memberi saya platform ini untuk berbagi kisah siapa pun.

Sebelumnya
Sebelumnya

Indonesia 39% Hutang terhadap Rasio PDB vs. Singapura, Program Makan Siang Sekolah Gratis & Ibu Kota Pindah dari Jakarta ke Nusantara dengan Gita Sjahrir - E461

Berikutnya
Berikutnya

Jingjing Zhong: UC Berkeley ke Perbankan Investasi, Manajer Umum Pemadam Kebakaran & Layanan Superbench AI Pendiri - E463