Reaksi berlebihan, Dislokasi & Kebingungan, 2023 vs. 2024 Lansekap Investasi dan Asupan Modal Tahunan $ 9B & Harapan Keluar Realistis dengan Shiyan Koh dan Dmitry Levit - E386
“Jadi dinamika yang sama seperti yang kita lihat di Asia Tenggara, Anda memiliki sekelompok investor lokal dari berbagai suku, korporasi Anda, penguasa Anda, dana Anda dan ekosistem investasi global dari dana benih hingga crossover stadium akhir. Ini adalah tahun yang tidak ada di mana-mana jika tidak ada di mana-mana jika ada di mana-mana, dan ada di mana-mana yang tidak ada di mana-mana, dan ada di mana-mana di mana-mana, dan ada di mana-mana, dan ada di mana-mana di mana-mana, dan ada di mana-mana, dan ada di mana-mana di mana-mana, dan ada di mana-mana, dan ada di mana-mana di mana-mana, dan tidak ada di mana-mana di mana-mana, dan tidak ada di mana-mana, dan ada di mana-mana di mana-mana, dan tidak ada di mana-mana, dan ada di mana-mana di mana-mana, dan tidak ada di mana-mana. Dan itu tidak ada di mana-mana jika Anda tidak ada di mana-mana, dan tidak ada di mana-mana. Ekstrim. Seperti yang dikatakan ekosistem bahwa model bisnis baru ini tersedia, orang -orang yang masuk, Seri A Guys masuk, Seri B masuk. Gangguan datang ketika hal ini berinteraksi dengan ekosistem global, ketika insentif masif muncul ketika Anda melepasnya. - Dmitry Levit
“Saya sering bertanya kepada pendiri apa yang akan mereka lakukan jika investor tidak ada? Apakah bisnis itu sama sekali tidak mungkin tanpa investor? Anda perlu membangun roket. Anda mungkin tidak dapat melakukan bootstrap jalan Anda untuk meluncurkan roket. Itu satu kategori hal -hal, tetapi itu tidak ada yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Pikirkan apa yang diinginkan VC. - Shiyan Koh
“Kebingungannya adalah salah satu yang tidak ada kejelasan tentang apa konsensus itu. Apakah konsensus kami bahwa Singapura adalah pusat teknologi yang memberikan teknologi canggih yang luar biasa bagi dunia? Apakah narasi kami bahwa Vietnam akan mengambil alih China sebagai pusat pembuatan di seluruh dunia. untuk menyetujui. Meskipun pedagang komoditas, pembeli ikan, dan penjual kopi tampaknya semakin dekat dengan itu, tetapi itu juga akan berlalu. " - Dmitry Levit
Dmitry Levit , Mitra Umum Cento Ventures , Shiyan Koh , Managing Partner of Hustle Fund , dan Jeremy AU berbicara tentang tiga tema utama:
1. 2023 vs. 2024 Lansekap Investasi: Dmitry, Shiyan dan Jeremy membahas laporan Cento South Asia Tech 2023H1 dan mencatat perbedaan antara persepsi malapetaka ekonomi di media dan realitas angka pendanaan Asia Tenggara. Dmitry menunjukkan "reset" dalam aktivitas investasi, dengan "tumpukan pendanaan dini inti" yang stabil (Seed to Series A/B) mempertahankan momentum sementara pertumbuhan tahap selanjutnya berkurang secara signifikan menurun. Bifurkasi ini mencerminkan tren optimisme yang lebih luas di antara investor tahap awal dan kalibrasi ulang harapan di antara pemodal tahap akhir. Mereka juga menggarisbawahi pentingnya memahami dua ekosistem paralel ini untuk pendiri dan investor, menunjukkan bahwa strategi perlu disesuaikan tergantung pada tahap investasi.
2. $ 9b asupan modal tahunan & ekspektasi keluar yang realistis: Dmitry Levit mengamati bahwa asupan modal rata-rata jangka panjang untuk wilayah tersebut rata-rata sekitar $ 9 miliar. Dia menyoroti bahwa ekspektasi keluar yang bijaksana di Asia Tenggara harus menganggap keluar $ 100 juta sebagai sangat baik, dengan kasus -kasus luar biasa yang berpotensi melebihi $ 250 juta, dan menambahkan rincian lebih lanjut tentang tingkat pertumbuhan. Dia menekankan pentingnya strategi dana yang disiplin di seluruh IPO, penjualan perdagangan, dan sekunder.
3. Reaksi berlebihan, dislokasi & kebingungan: Mereka membahas kabut perang dalam ekosistem teknologi kawasan yang didorong oleh tekanan ekonomi global, hype media dan siklus kehancuran, dan mengubah aliran investasi. Peluang yang terlewat, misalignment pasar strategi, dan tekanan pada tim penciptaan nilai saat ini sedang diselesaikan. Mereka membahas bagaimana pendiri dan investor perlu segera menyelaraskan pertumbuhan dan keluar strategi mereka dengan realitas pasar di kawasan itu. Mereka juga berbicara tentang jeda waktu penyerapan berita melintasi ekosistem Vietnam dan bagaimana pencarian cerita "Indonesia" berikutnya sedang jeda.
Dmitry, Shiyan dan Jeremy juga berbicara tentang peran persepsi vs kenyataan dalam membentuk strategi investasi, tantangan untuk narasi ekspansi multi-negara, dan tema VC "Ekuitas Swasta Kecil Tanpa Leverage".
Harap teruskan wawasan ini atau undang teman -teman di https://whatsapp.com/channel/0029vakr55x6bieluevkn02e
Didukung oleh hdmall
HD Mall adalah pasar kesehatan di Asia Tenggara yang menghubungkan pasien ke lebih dari 1.800 penyedia medis. Ini mencakup beberapa kategori seperti gigi, estetika, dan operasi elektif. Lebih dari 300.000 pasien telah mengakses perawatan kesehatan yang lebih terjangkau melalui HD Mall. Dapatkan diri Anda pemeriksaan kesehatan yang layak. Jika Anda berada di Thailand, buka hdmall.co.th . Jika Anda berada di Indonesia, buka hdmall.id .
(01:33) Jeremy AU:
Pagi, Dmitry. Pagi, Shiyan.
(01:35) Dmitry Levit:
Selamat pagi, semuanya.
(01:36) Shiyan Koh:
Pagi! Vietnam. Ayo lakukan.
(01:38) Jeremy AU:
Ya, well, dmitry, terima kasih telah menelepon dari Bangkok dan sangat fantastis untuk mendengar tentang laporan terbaru Anda. Anda berbagi sekitar 2023, babak pertama. Sekarang kami berada di tahun 2024. Jadi kami ingin bertanya kepada Anda tentang hal -hal spesifik tentang laporan ini, tetapi juga, Anda tahu apa, Anda tahu, Anda memata -matai dengan mata kuantitatif dan kualitatif kecil Anda untuk sisa 2023 dan 2024 juga. Jadi Dmitry, bisakah Anda berbagi sedikit lebih banyak tentang ini di level tinggi? Anda tahu, Anda telah menerbitkan laporan ini selama beberapa tahun sekarang. Saya agak ingin tahu tentang bagaimana hal itu terjadi dan bagaimana ia berkembang selama bertahun -tahun.
(02:09) Dmitry Levit:
Tentu. Sebenarnya telah melakukan ini sejak 2010, tetapi memutuskan untuk berbagi dengan dunia pada tahun 2017. Nah, kami memulai perusahaan pada tahun 2011 dan urutan pertama bisnis adalah menjelaskan kepada mitra terbatas kami apa yang kami lakukan? Pemetaan pasar pada awalnya dimaksudkan untuk menjadi 30, 40 slide deck, tapi kemudian agak di luar kendali dan kami bersemangat tentang data yang berderak.
Selama bertahun-tahun, itu menjadi benda dua tujuan dan perangkat penyelarasan internal. Sehingga setiap IC tidak menyelam selama tiga jam ke dalam apa itu perusahaan teknologi, apa itu perusahaan yang berdekatan dengan teknologi. Mari kita keluarkan semua definisi. Dan secara eksternal, itu menjadi perangkat pembangunan kepercayaan. Ketika Anda memberi tahu para pendiri pada lima tahun ke depan, tujuh tahun dari hidup mereka, tentang cara menggalang dana, proyektor modal apa yang seharusnya, acara likuidasi apa yang harus mereka datangi. Anda sebaiknya kredibel saat Anda memberikan saran seperti itu. Jadi itulah Kejadiannya. Dan kemudian selama bertahun -tahun kami mencoba menambahkan beberapa hal selama boom ICO, beberapa telur Paskah dengan video artis ICO Rep dan semua itu, hanya untuk tetap menarik. Jadi itu di latar belakang laporan.
Sorotannya adalah, ini adalah salah satu dari tahun -tahun ketika tidak ada yang terjadi. Paruh pertama 2023 sebagian besar menarik dengan apa yang tidak ada dalam data. Semua kebisingan di AS di dunia akan segera berakhir. Semua kegelapan yang muncul dalam liputan media Asia Tenggara, saya pikir, dari mungkin akhir 2022, tetapi angka aktual dalam tumpukan inti Asia Tenggara, setidaknya, negara bagian sebenarnya bisnis seperti biasa. Saya yakin begitu kami selesai dengan berderak pada paruh kedua situasi tahun ini akan berubah, tetapi itu adalah laporan yang menarik untuk diproduksi. Agak, Anda merasa kekuatan seismik bergerak di bawah permukaan, tetapi angkanya terlihat hampir ceria.
(03:39) Jeremy AU: Wow. Saya ingin tahu tentang itu karena ada celah antara apa yang Anda katakan dan bagaimana, Anda tahu, apa suasana hati akar pada tingkat pendiri dan tingkat VC. Jadi apa, apa yang menjelaskan kesenjangan dari sudut pandang Anda?
(03:51) Dmitry Levit:
Apakah Anda berbicara tentang suasana hati sekarang, Februari 2024, atau Juni, Juli 2023?
(03:57) Jeremy AU:
BENAR. Mari kita bicarakan mungkin busur umum, karena saya pikir yang besar yang Anda bagikan pada tahun 2023 H1 dan Anda melepaskan Anda tahu, sebelumnya beberapa bulan yang lalu adalah setelah aktivitas investasi gelembung ganda diatur ulang, bagian bawah sudah dekat. Apakah Anda sudah mencapai bagian bawah?
(04:11) Dmitry Levit:
Oke. Kami akan, mari kita kembali ke topik celah dan persepsi sedikit, tetapi untuk, untuk hal gelembung ganda itu pertama -tama menyenangkan untuk diucapkan, jadi kami memutuskan untuk memasukkannya ke dalam nama slide. Saya pikir yang penting adalah melihat melewati nomor baris atas, yang jelas merupakan slide pertama kami, tetapi saya sangat menyarankan melewatkannya sepenuhnya dan langsung ke slide yang memecah dinamika antara apa yang saya sebut tumpukan pendanaan inti di Asia Tenggara. Kita semua di sini, semua orang yang berbasis di sini, atau yang sebagian besar berfokus pada Asia Tenggara Seri A hingga C Plus dan alam semesta Mega Round Tahap Akhir di mana para pembuat keputusan duduk jauh, jauh dari Asia Tenggara kebanyakan. Jadi dinamika antara dua ekosistem yang hampir paralel ini adalah kompleks. Dan apa yang kami lihat di paruh pertama tahun 2023, untuk membongkar komentar saya sebelumnya, adalah ekosistem pertama yang berpisah dengan lebih bersemangat, sementara ekosistem kedua, penawaran mega, mati hampir sepenuhnya, hingga 400 juta penawaran plus, dan dua dari mereka tampak sangat mirip pengumuman sesuatu yang sudah dipanggang pada tahun 2022.
Jadi itu membuat kami berpikir. Jadi pasti kita melihat reset, tetapi reset dari apa? Nah, jika kita melihat dua ekosistem yang berbeda hidup berdampingan, maka sebenarnya ada dua pengaturan ulang yang berbeda. Dan sepertinya tumpukan inti tidak mengatur ulang sejauh itu. 2019-ish, dengan penampilannya, sementara ekosistem Mega Deal, yah, angka terlihat seperti 2017, mungkin akan kembali ke, Anda tahu, laporan Yayasan Kauffman tua yang baik tentang, "Kami telah bertemu musuh dan musuh adalah kami." Itu referensi 2010 yang sangat lama. Jadi, itulah penyelaman ganda gelembung yang dalam, jika Anda mau. Pendiri, saya tidak berpikir kita sangat memperhatikan hal ini pada paruh pertama tahun 2023, jika mereka meningkatkan Seri A menjadi C. Aktivitas sebenarnya berjalan dengan baik dan penilaian bahkan tidak menyesuaikan semua itu secara besar -besaran. Orang -orang yang perlu meningkatkan ronde pertumbuhan besar, tentu saja, akan memikirkan hal itu, tetapi mereka sebagian besar dimuat dari tahun 2022.
Jadi tidak yakin apa celah itu di paruh pertama tahun ini, tetapi kemudian tahun kedua, oh, tentu saja, hal yang sama sekali berbeda. Tapi itu sedikit perjalanan waktu yang kita lakukan sekarang.
(06:02) Jeremy AU:
Shiyan, apa pendapatmu?
(06:03) Shiyan Koh:
Maksud saya, saya setuju, yaitu selalu ada kelambatan. Seringkali rasanya antara apa yang terjadi di AS dan kemudian ketika itu benar -benar terasa di pasar lokal. Jadi saya pikir banyak pendiri di wilayah ini benar -benar mengkonsumsi media dari pasar AS. Jadi, ada kereta reaksi yang tertunda ini di mana, oke, saya membaca semua hal ini yang terjadi. Apakah itu terjadi sekarang? Belum. Belum. Oh, oke. Sekarang itu terjadi. Jadi saya pikir itu mungkin sedikit kontras antara babak pertama dan babak kedua.
(06:31) Dmitry Levit:
Sebenarnya, 2022 bahkan lebih menarik dalam hal itu karena Anda akan mengingat lonjakan suku bunga. Barang-barang itu buzzy di AS pada akhir 2021. Pada tahun 2022, co-investor tahap akhir kami mulai mendapat telepon dengan beberapa pendiri tahap kami kemudian mengatakan dunia sudah berakhir, seperti yang kita ketahui. Dan karena itu menjual, menjual, menjual, sementara pendiri di Asia Tenggara seperti, ya? Dan pada tahun 2020, Anda ingat bahwa September, Oktober 2022 adalah beberapa peristiwa besar pertama kami di wilayah ini setelah semua kuncian Covid, itu adalah dealstreetasia besar di Bali, saya pikir itu memecahkan periode yang panjang dan gelap tanpa berkumpul. Jadi tingkat antusiasme di Asia Tenggara akhir 2022, awal 2023 sebenarnya cukup tinggi. Jadi itu waktu yang sangat menarik untuk mengamati keterputusan yang lengkap antara apa yang dibicarakan dunia dan apa yang dibicarakan oleh Asia Tenggara. Dan kemudian ekosistem Asia Tenggara semuanya terhubung dengan dunia secara berbeda. Saya pikir partai di Vietnam melanjutkan hingga November 2023.
(07:27) Jeremy AU:
Oh, wow. Saya selalu menyukai pesta yang berlangsung lebih lama. Eh, jadi saya kira, sekarang itu sedikit menimbulkan pertanyaan, yaitu jika Anda membaca berita teknologi di AS hari ini, rasanya seperti bagian bawah atau pemulihan mulai dimulai setidaknya. Itu akan menjadi salah satu cara untuk membacanya. Jadi, jika Anda menyiratkan bahwa ada jeda waktu, jadi apakah Anda mengatakan bahwa kami tidak perlu suram di Asia Tenggara dan bahwa tunas hijau akan mulai muncul dalam enam bulan hingga waktu satu tahun?
(07:49) Dmitry Levit:
Sebenarnya, jika Anda menganggap keberadaan lag, saya pikir itu cukup terbukti, maka saya kira Asia Tenggara ditakdirkan untuk menderita selama setahun lebih lama. Namun sebaliknya, selalu sulit untuk membuat prediksi itu karena Asia Tenggara bukanlah satu hal. Tetapi salah satu eksperimen pemikiran favorit saya adalah mengingat bahwa Asia Tenggara, dalam banyak hal, tidak unik, adalah salah satu dari banyak daerah berkembang di dunia sejauh menyangkut ekosistem digital.
Jadi selalu mendidik untuk melihat apa yang dilakukan tetangga, dan saya tidak berbicara tentang Cina dan India, mereka memiliki dinamika khusus mereka sendiri. Saya di Timur Tengah, saya di Afrika, saya di Latam. Jadi kami melakukan sedikit percobaan angka selama beberapa tahun di sana, hanya untuk melihat, oke, jadi apa dasar yang mapan dari masing -masing wilayah, seperti berapa banyak modal yang masuk ke salah satu wilayah ini pada tahun tertentu, atau diberikan setengah tahun, dan melihat bagaimana ia berkembang seiring waktu.
Jadi kesimpulan untuk ini paruh pertama tahun lalu adalah Asia Tenggara sudah di bawah garis dasar selama 12 bulan. Satu -satunya wilayah global lain yang kami lacak adalah karena alasan yang jelas, Cina. Semua orang lagi dengan riang di atas baseline. Jadi jika kita menganggap konvergensi yang berarti masih berlaku untuk dunia ini, maka saya akan mengatakan semua orang akan jatuh, tetapi Asia Tenggara memiliki sedikit lebih sedikit untuk jatuh, dan pendaratan keras akan sedikit kurang sulit. Itulah optimisme saya untuk Anda pagi yang cerah ini.
(09:00) Shiyan Koh:
Wow, itu pasti bulan biru. Kami mendapat Dmitry yang optimis.
(09:03) Dmitry Levit:
Ini pagi di Bangkok, dan saya hanya minum kopi, ya, selama lima detik.
(09:07) Jeremy AU:
Mari kita bicara tentang kata konvergensi. Apa tesis di balik itu?
(09:10) Dmitry Levit:
Konvergensi bagi saya, maksud Anda?
(09:11) Jeremy AU:
Ya.
(09:11) Dmitry Levit:
Yah, sepertinya kita lagi, tidak sendirian di alam semesta ini. Jadi dinamika yang sama yang kita lihat di Asia Tenggara, Anda memiliki sekelompok investor lokal dari berbagai suku, perusahaan Anda, kedaulatan Anda, dana Anda, seperti yang kami jalankan dan ekosistem investasi global dari dana benih hingga crossover tahap akhir. Ini pengaturan yang sama di mana -mana, termasuk Latam, termasuk Afrika. Jadi ada interaksi antara keduanya di mana -mana. Dan sepertinya jika Anda benar -benar menghapus ekosistem global dan meninggalkan pemain lokal, perubahan tahun ke tahun tidak ekstrem. Seperti yang dikatakan ekosistem kepada Anda bahwa model bisnis baru ini tersedia, orang -orang benih masuk, Seri A Guys masuk, Seri B Guys masuk. Gangguan datang ketika benda ini berinteraksi dengan ekosistem global. Ketika insentif besar -besaran muncul, misalnya, untuk mendorong GMV tanpa monetisasi karena investor tahap akhir peduli tentang hal itu. Jadi ketika Anda menghapus gangguan global, gangguan, apa pun yang Anda sebut, maka ekosistem lokal cukup stabil. Jadi tesis saya adalah bahwa jika investor global saat ini memiliki banyak hal yang harus dilakukan di rumah, seperti menjelaskan nol DPI dan yang lainnya maka ekosistem ekosistem lokal kembali ke keadaan normal ini. Jadi penting untuk memahami apa keadaan normal. Mana yang sangat sulit secara metodologis, karena apa keadaan normal ketika semuanya bergeser setiap tiga tahun secara fundamental? Jadi kami mengambil periode empat atau lima tahun dan membangun garis dasar dari itu, berharap itu akan memiliki kekuatan prediktif, tetapi hanya untuk bersenang -senang.
(10:26) Jeremy AU:
Jadi apa yang normal, dan saya ingin mendengar.
(10:28) Dmitry Levit:
Yang normal.
(10:28) Jeremy AU:
Yang pasti, Anda memiliki seperti apa yang menurut Anda normal sekarang karena kami kembali normal.
(10:32) Dmitry Levit:
Saya akan membuka slide saya, karena saya tidak mengingatnya dengan hati, dan saya akan memberi tahu Anda bahwa menurut Dmitry, menurut Dmitry dan beberapa angka dengan hati -hati berderak, rumah kami saat ini bahwa asupan modal normal untuk Asia Tenggara dalam setengah tahun tertentu adalah 4,5 miliar USD. Kami berada di 3,8 & 3.1 dalam dua periode setengah tahun terakhir. Jadi itulah yang saya maksud dengan berada di bawah baseline. Untuk memberi Anda beberapa kontras, misalnya, normal untuk Latam adalah 1,5. Dan mereka saat ini di 1,7, jadi mereka sedikit di atas baseline. Jangan mulai saya di Timur Tengah. Ya, jadi itulah yang saya maksud.
(11:04) Jeremy AU:
Bagaimana denganmu, Shiyan? Menurut Anda apa yang normal?
(11:06) Shiyan Koh:
Nah, maksud saya, saya pikir ada, Anda bisa memikirkan apa arusnya, bukan? Jadi berapa banyak uang melakukan dana yang berfokus pada suatu daerah yang harus digunakan dan apa langkah normal mereka yang telah mereka katakan kepada orang -orang, bukan? Dan apakah ada yang mengganggu pada periode yang Anda lihat? Jadi, saya pikir apa yang kami lihat dalam beberapa tahun terakhir adalah ada percepatan penggalangan dana, karena Anda melihat uang tahap akhir masuk dan orang -orang dapat mendorong hal -hal dari yang memberi mereka cerita untuk kembali ke LPS dan menjadi seperti kita melakukan pekerjaan dengan baik. Lihatlah markup ini. Beri kami lebih banyak uang dan kemudian saat pembuangan tahap akhir hilang maka orang -orang seperti, oh, mungkin saya perlu memperpanjang periode investasi saya. Mungkin saya perlu suka memperlambat dan Anda tahu membuat hal ini bertahan lebih lama sebelum saya kembali ke pasar karena saya sebenarnya tidak memiliki markup untuk terompet lagi.
Jadi saya pikir poin Dmitry tentang 2 ekosistem yang berbeda saling berinteraksi. Maksud saya, saya pikir ada semacam jumlah uang tunak yang bersedia digunakan lembaga ke pasar negara berkembang berdasarkan apa pun alokasi portofolio mereka, dan saya pikir itu mungkin hanya fungsi pertumbuhan dan produktivitas PDB dan, mungkin beberapa penendang pemasaran tambahan, tergantung pada seberapa baik wilayah itu memasarkan cerita itu. Jadi, saya pikir kita seperti Back to Normal-ish. Dan seperti, mangkuk punch telah diambil dalam arti tertentu. Jadi orang -orang agak kembali untuk berbicara tentang, oke, seperti apa jalan menuju profitabilitas? Apa unit ekonomi? Semua jenis metrik pembangunan bisnis yang membosankan yang kita kenal dan cintai. Jadi
(12:28) Dmitry Levit:
Bolehkah saya memperkenalkan kompleksitas tambahan untuk ini? Dengan
(12:30) Shiyan Koh:
Tolong lakukan.
(12:31) Dmitry Levit:
Karena ada daya tembak dan ada insentif untuk digunakan, dan mereka adalah dua hal yang sedikit berbeda. Yang pertama, berapa banyak modal yang akan dikerahkan? Itu dibangun selama bertahun -tahun. Jadi reaksi cepat LPS terhadap DPI rendah adalah dalam 12 bulan terakhir. Bahkan belum mulai bermain dalam jumlah bubuk kering yang tersedia berdasarkan semua yang saya baca dari Prigpin. Jadi, katakanlah kita belum kehabisan modal dan ekosistem memang memiliki cukup untuk tumpukan inti lokal lagi untuk menyebarkan 2,3, 2,5 miliar setiap setengah tahun. Dan itulah yang telah dilakukan, membangun hingga dengan mantap selama bertahun -tahun sehingga parameter itu tidak banyak berubah. Tapi kemudian ada saat -saat reaksi berlebihan ketika secara emosional murni, oh, apa yang akan saya lakukan tentang dana saya berikutnya? Semua modal ini yang tersedia berhenti masuk. Poin itu tidak tiba di paruh pertama tahun 2023, tetapi dengan nuansa dan getaran. Itu tampaknya telah tiba pada bulan September, Oktober, November, tergantung pada berbagai negara dan segmen dan tahapan investasi. Tetapi saya akan mengatakan bahwa jika Anda mengatakan menghapus emosi dan mengganti pola pikir manajer kembali ke tempat mereka berada beberapa perempat yang lalu, jumlah modal yang duduk di sekitar masih belum rusak oleh pembekuan ini dalam interaksi LP. Itu masih ada. Atau begitulah yang dikatakan orang -orang Prigpin.
(13:36) Jeremy AU:
Dan, Anda tahu, jika apa yang Anda katakan adalah biaya itu, menurut Anda stabil. Jadi itu berarti bahwa pendiri baru yang ingin mendirikan dan perusahaan tahap yang relatif awal ingin meningkatkan adalah untuk dapat menemukan modal jika mereka adalah perusahaan yang berkualitas. Tetapi jika apa yang Anda katakan adalah tahap terbaru yang benar -benar seperti mengambil penurunan dalam volume pendanaan, apa artinya itu bagi pelawak keluar yang menurut Anda harus dikerjakan oleh para pendiri dan bahwa VC harus bekerja? Karena Anda juga menyebutkan dalam presentasi bahwa jendela likuiditas ditutup. Dan juga tahap akhir juga telah jauh lebih banyak puncak dan lembah, tetapi juga, Anda dapat mengatakan tidak konsisten atau tidak dapat diandalkan dari perspektif pendiri. Jadi bagaimana pendapat Anda tentang itu?
(14:13) Dmitry Levit:
Oh, bolehkah saya menjengkelkan dan menguraikan pertanyaan Anda menjadi tiga pertanyaan berbeda?
(14:16) Jeremy AU:
Tentu saja, tolong.
(14:17) Dmitry Levit:
Ada, ada banyak yang tinggal di sana bersama. Ada pertanyaan tentang haruskah pendiri pada tahap paling awal yang masuk ke pasar saat ini merasa senang dengan peluang mereka? Dan saya akan mengatakan sama sekali tidak, karena psikologi investor masih berlaku. Dan meskipun mereka memang memiliki dana, mereka mungkin hanya duduk selama beberapa hari lagi, minggu, atau berapa lama waktu yang dibutuhkan mereka untuk pulih. Namun, haruskah mereka merasa buruk tentang peluang mereka mendanai perusahaan mereka selama lima tahun ke depan? Sama sekali tidak. Tumpukan inti ada di sana. Insentif adalah apa adanya. Ekonomi adalah apa adanya. Asia Tenggara tidak akan lagi ditinggalkan oleh VC sebagai kelas aset dan digunduli. Jadi itu sangat samar dua jawaban untuk pertanyaan pertama. Pertanyaan ketiga dari keluar dengan baik, itu adalah lubang kelinci yang cukup besar. Sekelompok kelinci di dalamnya. Jadi saya tidak mengharapkan perubahan besar pada dinamika fundamental IPO Asia Tenggara tidak berhasil, penjualan perdagangan melakukannya, dan sekunder melakukannya dengan sangat baik, tetapi seharusnya tidak.
Dan dalam segitiga yang indah ini, saya pikir semua perencanaan untuk keluar harus dilakukan untuk yang dapat diprediksi berikutnya. Izinkan saya membongkar ini sedikit. IPO itu tidak berhasil, saya pikir kami sudah mengkonfirmasi dalam CHOP, dengan beberapa pengecualian yang terlihat di Singapura dan Malaysia, terutama Indonesia. Itu mungkin berubah, tetapi harapan muncul abadi. Saya melihat Anda, Bursa Efek Bangkok, tetapi akan memakan waktu bertahun -tahun. Keluar perdagangan, seperti biasa, pasar tidak mudah jelas. Pendiri sedikit terlalu mahal perusahaan mereka. VC mereka sangat mahal perusahaan mereka. Strategi, terlepas dari penampilan, tidak mau berpisah dengan ratusan juta dolar di neraca mereka. Jadi ini adalah pertarungan, ini adalah perjuangan, itu adalah tarian selama bertahun -tahun sebelum jalan keluar perdagangan yang bagus terjadi.
(15:48) Dmitry Levit:
Jika Anda melihat grafik dalam laporan itu yang menunjukkan sumber likuiditas selama 10 tahun terakhir, Anda benar -benar akan melihat tahun -tahun ketika satu IPO benar -benar bekerja untuk sementara waktu dan kemudian tahun ketika keadaan normal berlaku, ketika penjualan perdagangan adalah sumber utama likuiditas. Dan kemudian Anda akan melihat dua, tiga tahun yang istimewa, ketika sekunder adalah sumber utama likuiditas. Dan tahun -tahun itu juga merupakan formatif bagi beberapa pemain yang lebih besar di ekosistem kita, bukan? Memori otot telah dibangun. Itulah buku pedoman untuk Asia Tenggara. Pompa perusahaan dan jual sekunder sebelum orang benar -benar menyadari apa yang baru saja Anda pompa, tetapi di samping itu, seluruh rangkaian dinamika yang kalian diskusikan selama banyak episode tidak akan berubah dengan cepat setelah tahun ini dan penyesuaian tahun lalu. Kami masih akan melihat sekelompok penjualan perdagangan yang sulit dimenangkan. Kami masih akan melihat peningkatan IPO yang lambat dan apa yang tidak akan kami lihat dalam beberapa tahun ke depan akan menjadi gelombang sekunder. Jadi orang -orang yang membentuk model investasi dan konstruksi portofolio mereka di sekitar yang akan dibangunkan secara kasar. Dan karena itu, mungkin ada jawaban untuk pertanyaan awal Anda di suatu tempat, tetapi saya kehilangan pemikiran.
(16:44) Jeremy AU:
Nah, maksud saya, sebelumnya, saya suka bagian tentang lubang kelinci di kelinci pohon, kan? Jadi kami berbicara tentang IPO, penjualan perdagangan, dan sekunder untuk likuiditas. Shiyan, apa pendapatmu tentang kelinci pohon ini dan bersembunyi di lubang kelinci?
(16:57) Shiyan Koh:
Maksud saya, fundamental, kan? IPO dan, maksud saya, penjualan perdagangan adalah fundamental. IPO adalah fungsi dari kedalaman pasar modal, yang masih dalam perkembangan perkembangan untuk bursa saham lokal, dan sekunder jauh lebih seperti momentum yang didorong, bukan? Permintaan untuk itu adalah siklus dan kami berada di bagian rendah dari siklus itu. Jadi saya pikir itu hilang. Tetapi saya pikir jika Anda membangun perusahaan yang hebat, dan Anda memiliki kesempatan untuk mendaftar di Nasdaq, mengapa Anda lebih suka memilih untuk mendaftar secara lokal, mengingat kurangnya kedalaman di pasar modal? Tapi apa yang diperlukan untuk benar -benar masuk daftar di Nasdaq? Anda benar -benar harus membangun perusahaan yang cukup berskala untuk melakukan itu. Dan tidak ada banyak modal di pasar untuk membuat Anda mendorong pertumbuhan hari ini. Jadi Anda harus melakukan halaman keras, bukan? Dan itu akan memakan waktu cukup lama.
Jadi, saya pikir saya akan setuju dengan, dengan IPO Dmitrys adalah beberapa dan jalan yang lebih mungkin diharapkan untuk seseorang adalah penjualan perdagangan, tetapi Anda masih perlu membangun sesuatu yang ingin dibeli seseorang. Dan kembali ke fundamental, kan? Kembali ke fundamental.
(17:53) Dmitry Levit:
Dan tiba -tiba saya ingat ada pertanyaan lain yang ditanyakan Jeremy yang tidak saya bahas, yang juga tercakup dalam laporan, yaitu, apa yang sebenarnya merupakan ukuran normal dari perusahaan yang dibangun dengan sangat baik di Asia Tenggara? Apa yang dikatakan angka -angka itu? Angka -angka memberi tahu kami bahwa hasil desil teratas adalah setengah bil, memberi atau menerima. Jadi jika itu yang bisa dilakukan hasil terbaik, dan ya, ada outlier menuju BIL, dan sekali lagi, kita berbicara nilai nyata sebagai lawan dari nilai yang diperdagangkan imajiner. Jika itu adalah skala optimal pemenang di Asia Tenggara hingga saat ini, maka tidak ada gunanya melakukan pertukaran lokal karena tidak cukup likuiditas. Tidak ada gunanya melakukan pertukaran global karena tidak ada yang akan memperhatikan Anda. Analis investasi tidak akan repot -repot meliput saham itu. Jadi, penjualan perdagangan sepanjang jalan?
(18:33) Shiyan Koh:
Anda melanggar, Anda menghancurkan hati ADB, Dmitry.
(18:36) Dmitry Levit:
Saya tidak berpikir ADB harus mendengarkan saya.
(18:38) Jeremy AU:
Oke. Jadi, kami mulai berbicara tentang apa implikasinya untuk strategi dana VC. Jadi kami memulai beberapa bagian dari itu, yang merupakan fundamental, disiplin yang menyiratkan perhatian jelas di sekitar penilaian, hak kontrol, menjadi sangat selektif, itu salah satunya. Strategi lain yang telah ada di luar sana adalah strategi indeks, lebih banyak berdasarkan portofolio. Dan kemudian yang lain seperti disebutkan mungkin lebih, saya pikir digambarkan sebagai lebih banyak momentum. Jadi jelas ingin membangun momentum, menguangkan sekunder. Itu pendekatan lain yang ada di sana. Dan tentu saja, ada percakapan antara dana kecil, yang memungkinkan untuk benih dan benih. Anda tahu, itu akan menjadi dana yang lebih kecil yang menargetkan, dan memiliki lebih banyak ruang untuk berlari versus jenis seperti, Seri A, Seri B yang lebih banyak, dan memiliki persyaratan yang lebih tinggi. Dan menargetkan mungkin keluar publik. Jadi mari kita bicara tentang apa yang kita pikirkan serangkaian strategi yang bekerja berdasarkan apa yang Anda katakan, Dmitry.
Anda menjalankan dana yang disebut Cento VC. Jadi, Anda memiliki sudut pandang tentang apa arti data ini dan bagaimana Anda menyesuaikan apa yang akan menjadi strategi Anda, bukan? Jadi mungkin kita bisa membicarakannya juga.
(19:34) Dmitry Levit:
Kembali ke komentar tentang ADB dan saya menghancurkan hati mereka. Apa yang harus kita tekankan, dan sebelum kita mulai menggunakan wawasan dari laporan kita, adalah metodologi yang mendasari pada dasarnya mengatakan hal berikut. Saya, laporan, peduli dengan perusahaan yang dibangun di sekitar pendapatan yang berasal dari Asia Tenggara. Ada perusahaan -perusahaan indah di seluruh Asia Tenggara yang duduk di Asia Tenggara dan melayani dunia. Ada juga perusahaan -perusahaan indah yang terpisah yang duduk di tempat lain, melayani dunia, dan kebetulan dimasukkan di Singapura. Jika kita menghapus buzz dan PR dan alur cerita dari perusahaan bioteknologi Boston entah bagaimana menjadi juara Asia Tenggara, jika Anda hanya menghapus semua itu, Anda mendapatkan laporan kami. Jadi itu semacam mengabaikan beberapa percikan api yang menarik, beberapa tunas menarik dari Asia Tenggara membangun sesuatu yang cocok untuk seluruh planet ini. Itu disengaja. Pasti ada banyak strategi di sana. Saya hanya belum melihat mereka di tingkat kedalaman apa pun.
Untuk apa yang kita lihat dalam hal pendapatan dan traksi yang berasal dari Asia Tenggara, tampaknya lebih bijaksana untuk mengharapkan keluar $ 100 juta dalam hasil yang sangat baik. $ 250 juta dalam hasil yang sangat baik dan luar biasa, dan setengah bil plus dalam skenario sekali setiap setengah dekade. Kemudian, seseorang harus berharap dan mengharapkan hal -hal untuk ditingkatkan setiap tahun. Jika Anda melihat grafik hasil likuiditas, Anda akan melihat bahwa hal -hal pada inci naik 25% setiap tahun adalah beberapa gangguan untuk krisis pandemi, apa pun yang Anda miliki.
Jadi mungkin ada baiknya menggeser ekspektasi ini sedikit ke atas sedikit seiring berjalannya waktu, karena dana dimulai hari ini, menghasilkan imbalan 7 hingga 10 tahun dari sekarang. Dan kemudian Anda mengerjakan tumpukan penilaian Anda dari yang mengharapkan langkah 3x dengan dua dan lima, dua setengah paling banyak, setidaknya antara dua tahap pendanaan yang berbeda dan set matematika yang sangat sederhana muncul, yang secara internal kami sebut lintasan modal. Seseorang harus bekerja dan kemudian menyesuaikan beberapa hal di sana -sini, tergantung pada kecepatan ekosistem atau kualitas pendiri atau keadaan non -pasar yang tidak alami, katakanlah kedekatan dengan pemerintah yang baru terpilih dan beberapa hal seperti itu. Jadi itulah jantung dari bagaimana kami mengembangkan strategi kami. Dan kemudian Anda dapat berselisih dengan segala macam hal terkonsentrasi versus difus. Berfokus pada buku pedoman tertentu versus generalis. Negara spesifik versus regional untuk itu saya pikir tidak ada yang bisa mengalahkan laporan oleh mitra Asia. Orang -orang ini memetakan seluruh papan catur.
(21:40) Jeremy AU:
Oh, pasti. Mereka pasti memiliki laporan yang bagus. Shiyan, apa pendapatmu? Karena Anda juga memiliki strategi dana juga, dan Anda juga melihat beberapa geografi juga, Anda tahu, dengan mitra Anda yang lain. Jadi bagaimana pendapat Anda tentang Asia Tenggara dalam hal strategi?
(21:53) Shiyan Koh:
Ya. Maksud saya, saya pikir untuk perusahaan sebagaimana didefinisikan oleh Dmitry yang memperoleh sebagian besar pendapatan mereka dari Asia Tenggara, saya pikir kesepakatannya hanya terlihat lebih seperti topi kecil, ekuitas swasta, dan Anda agak menanggungnya. Dan ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan di Asia Tenggara, banyak infrastruktur yang akan dibangun. Ada banyak hal yang suboptimal, bukan? Bahwa Anda seperti, kenapa saya tidak bisa melakukan ini dan mengisi negara kosong? Seseorang harus membuat ini, kan? Jadi saya pikir peluang itu masih ada. Saya pikir Anda hanya harus dengan jelas tentang apa Tam mereka yang sebenarnya. Dan mungkin sesekali, Anda akan mendapatkan seseorang yang akan masuk dan berkata, hei, saya bisa membangun hal multi -negara, tetapi sebenarnya sangat sulit.
Multi-negara adalah masalah yang sulit. Dan saya pikir orang -orang suka menjadi seperti, oh, kita hanya akan mengambil benda ini dan menyalin dan menempelkannya semua tempat ini dan seperti, tada, sekarang pasar kita seperti 600 juta orang. Dan saya pikir semua yang kita tahu, seperti itu tidak semudah itu. Dan kemudian, Anda agak kembali ke, oke, di pasar inti yang saya luncurkan, seberapa besar peluang sebenarnya? Dan bagaimana saya bisa secara efisien mengeksekusi terhadap itu? Karena, saya tidak bisa menjual kisah Tam yang lebih besar ini. Saya pikir akan ada beberapa persentase perusahaan yang akan membahas pasar global dari Asia Tenggara, tetapi saya pikir itu akan menjadi minoritas. Sekali lagi, karena itu sebenarnya masalah yang sulit. Dan harus ada alasan mengapa Anda harus ada di sini versus seperti di India atau di lembah, di mana Anda mungkin memiliki konsentrasi bakat yang lebih tinggi atau jenis rumah inti yang lebih besar, pasar domestik yang dapat dialamatkan. Tapi saya, saya pikir hal -hal itu dapat dibangun dan kami akan memiliki beberapa dari itu. Jadi saya pikir dalam hal strategi kami, seperti kami berperilaku sesuai dengan prinsip -prinsip ini, yang seperti, jangan terlalu bersemangat tentang hal -hal. Ambil apa yang dikatakan pendiri dengan sebutir garam. Dan saya pikir kami memiliki manfaat melihat model bisnis yang sama di berbagai pasar. Jadi kita bisa mengatakan seperti, oh yeah, saya telah melihat versi perusahaan ini di Brasil atau Argentina atau Nigeria. Dan saya tahu beberapa jebakan, tetapi saya juga mengenali beberapa peluang atau dinamika yang Anda manfaatkan. Dan, Anda tahu, saya pikir ini masuk akal, tetapi tidak, saya tidak akan membayar 20 posting di perusahaan pendapatan pra di sini, jadi saya pikir itulah cara kami beroperasi dengan fakta -fakta ini di lapangan.
(23:47) Jeremy AU:
Nah, saya selalu menyukai slide di dek PowerPoint, kan? Di mana putaran berikutnya akan menambahkan banyak bendera tepat di seluruh Asia Tenggara. Ini adalah ekspansi pasar. Dan saya suka ungkapan yang Anda katakan ekuitas swasta topi kecil karena saya pikir itu adalah sesuatu yang saya dengar juga sedikit ketika Anda memiliki minuman dan sebagainya karena orang mengatakan seperti, hei, ini adalah jenis bisnis karena mereka terlihat lebih mungkin diaktifkan teknologi. Mereka mungkin menargetkan sesuatu yang sedikit lebih lokal. Apa pendapat Anda tentang pembingkaian ekuitas swasta topi kecil itu, Dmitry?
(24:12) Dmitry Levit:
Apa yang kita lihat adalah ekuitas swasta, dan ini adalah topi kecil, jadi saya menemukan tidak ada yang salah dengan kerangka kerja ini, tetapi ia memiliki beberapa konotasi untuk itu, seperti apa yang baru saja Anda sebutkan, yang tiba -tiba kita berbicara tentang teknologi yang berdekatan atau diaktifkan teknologi. Tidak, tidak harus berarti bahwa Anda mungkin masih perlu menyelesaikan beberapa masalah dan katakanlah sistem keuangan dan mengatakan Thailand membutuhkan tingkat teknologi yang cukup tinggi untuk menyelesaikannya dengan tepat alasan bahwa masalah yang Anda hadapi begitu hoary dan begitu mapan dan begitu mengakar dengan sekelompok pemangku kepentingan, ini dan ini. Jadi ekuitas swasta Cap kecil tampaknya memiliki konotasi dari ini sebenarnya bukan perusahaan teknologi. Mereka adalah pedagang neraca dengan IoT atau mereka, saya tidak tahu, kedai kopi dengan aplikasi. Tidak demikian. Itu konotasi yang salah, tetapi sebaliknya saya senang dengan framing itu. Sangat. Jujur dan langsung AH, topi kecil, ekuitas pribadi tanpa pengaruh. Bagaimana dengan itu?
(24:59) Jeremy AU:
Ooh. Apa yang dilakukan,
(25:00) Shiyan Koh:
Ya, ya, ya. Ya, Anda tidak dapat menaruh hutang pada bisnis ini, bukan? Yang merupakan alat normal ketika kita mengatakan ekuitas pribadi, bukan? Kami memiliki beberapa bisnis arus kas. Kami memuatnya, engkol roda. Jadi ya, saya akan setuju dengan klarifikasi yang ditawarkan Dmitry.
(25:14) Dmitry Levit:
Bagaimanapun, kedengarannya lebih baik daripada jauh dari opsi put. Jadi,
(25:17) Jeremy AU:
Jadi, satu hal menarik yang juga Anda sebutkan juga, Anda mulai berbicara tentang geografi yang berbeda. Jadi, Anda berbicara tentang Singapura dan kemudian Anda berbicara tentang, misalnya, Bangkok dan Vietnam, pesta membutuhkan waktu. Namun dalam laporan itu, Anda juga berbicara tentang bahwa pencarian untuk Indonesia berikutnya sudah berakhir. Jadi apa arti Indonesia berikutnya, saya kira, pada satu tingkat? Dan tentu saja, bagaimana kita melihat seluruh wilayah juga, dalam hal Vietnam, Filipina, Malaysia juga.
(25:40) Dmitry Levit:
Nah, laporan itu tidak berani mengatakan bahwa pencarian Indonesia berikutnya sudah berakhir. Saya pikir kami mengatakan itu saat jeda karena seluruh latihan runtuh menjadi keadaan kebingungan sementara. Maksud saya pencarian, bukan Indonesia. Yah, mungkin ada baiknya membongkar pertama mengapa kita bahkan peduli untuk mencari tahu narasi mana yang pergi ke mana, karena seperti yang dapat Anda lihat dari seluruh semangat laporan ini, kami sedikit lebih banyak tentang data dan realitas aktual di lapangan daripada persepsi, tetapi persepsi dapat menjadi nyata, seperti halnya dan tidak ada orang yang tidak ada yang piring untuk orang -orang Jepang yang penuh gairah, beberapa tahun kemudian, Anda memiliki sekelompok orang yang tidak dapat dipahami, Anda memiliki sekelompok orang Jepang, Anda memiliki sekelompok orang Jepang yang bersemangat, Anda memiliki sekelompok orang Jepang yang bersemangat, Anda memiliki sekelompok orang Jepang, Anda memiliki sekelompok orang yang bersemangat, di sana. Namun, itulah persepsi tentang apa masa depan menjadi kenyataan. Jadi penting untuk melacaknya. Dan untuk yang lebih baik atau lebih buruk, narasi di Asia Tenggara selama beberapa tahun terakhir, mungkin sebelum dan selama Covid, adalah Indonesia, Indonesia, Indonesia. Apakah sudah dimainkan? Oke. 40, 60, 80 mil pra seri B, mungkin terlalu banyak. 120, mungkin terlalu banyak. Oke. Mungkin Indonesia bermain. Saya tidak mengatakan itu kebenaran. Saya tidak berpikir saya mengatakan itu adalah pandangan mayoritas. Itu narasi. Dan itu kemudian mulai menetes ke, oke, jadi apa selanjutnya Indonesia tanpa perlu mempertanyakan apakah harus ada.
Dan ada teori Vietnam yang merupakan populasi muda adalah penguasa teknokratis dan kemampuan untuk menjadi pusat manufaktur dunia, satu narasi muncul setiap 10 tahun. Dan ada narasi lain dari populasi muda Filipina, struktur ekonomi yang serupa, model bisnis yang serupa, berlaku, kota besar di tengah, sekelompok jaringan ritel yang kurang berkembang. Mari kita bereplikasi apa yang berhasil kutip di Indonesia. Dan itu adalah permainan pesta favorit ekosistem sebagai, menghasilkan narasi -narasi itu dan kemudian menghancurkannya dan mengumpulkan, membangun yang baru. Saya akan mengatakan mereka memiliki pengguna karena mereka membangun kekompakan antar investor, bukan? Jika ada narasi yang jelas tentang apa itu Malaysia, katakanlah keadaan flyover yang tidak ada investor global yang langka. Dan jika ada narasi Vietnam, yang baru saja saya saralkan, maka ekosistem mengatur dirinya sendiri, kan? Pemburu unicorn Tohono dan Saigon, sementara orang -orang di KL berinvestasi pada penilaian yang wajar dan mengutip Warren Buffett satu sama lain. Jadi ada dua pertemuan pikiran dan karya ekosistem.
(27:44) Dmitry Levit:
Ketika narasi rusak, ketika orang mulai mengajukan pertanyaan seperti mengapa Malaysia dan Vietnam memiliki persepsi yang berbeda, PDB mereka identik dan tingkat pertumbuhan mereka tidak terlalu berbeda. Dan seseorang memiliki populasi yang lebih rendah. Tentu, tetapi bukankah itu berarti bahwa setiap konsumen memiliki lebih banyak uang? Ketika orang -orang mulai mengajukan pertanyaan berbahaya seperti itu, kohesi dalam ekosistem jatuh dan sindikat biasa dari investor co yang bekerja satu sama lain berantakan. Dan sekarang jauh lebih sulit untuk membangun konsorsium dan benar -benar menemukan burung bulu di berbagai bagian wilayah. Jadi itu sebabnya itu penting. Tapi apa Indonesia berikutnya? Saya tidak tahu, kawan. Saya hanya tahu satu -satunya kebenaran yang adalah Filipina adalah China berikutnya karena properti transitif. Anda melihat Filipina adalah Indonesia berikutnya. india adalah India berikutnya. Dan India adalah Cina berikutnya. Jadi jelas, seseorang harus membuat laporan tentang itu.
(28:27) Jeremy AU:
Oh nak. Saya suka properti transitif itu di sana. Anda tahu yang menarik adalah bahwa kami sebelumnya telah membahas bahwa Anda berpikir bahwa tema utama dari perspektif Anda adalah reaksi berlebihan, dislokasi, dan kebingungan. Bisakah Anda berbagi sedikit lebih banyak tentang bagaimana Anda berpikir tentang ketiga tema itu?
(28:44) Dmitry Levit:
Mereka adalah polisi saya, karena saya belum menyuruh angka untuk paruh kedua tahun lalu. Dan saya tidak begitu mengerti apa yang terjadi dalam kenyataan, jadi sebaliknya saya menemukan ringkasan kualitatif. Bit kebingungan adalah yang baru saja kita bicarakan. Tidak ada kejelasan tentang apa konsensus itu. Apakah konsensus kami bahwa Singapura adalah pusat teknologi yang memberikan teknologi canggih yang luar biasa bagi dunia? Apakah narasi kami bahwa Vietnam akan mengambil alih Cina sebagai pusat manufaktur dunia? Apakah narasi kami bahwa Indonesia adalah pasar konsumen yang luas? Tidak jelas. Itu semua dipertanyakan. Jadi itulah yang saya maksud dengan kebingungan, bahwa tidak akan ada 80% konsentrasi modal dalam satu tema yang disetujui semua orang. Meskipun pedagang komoditas dan pembeli ikan dan penjual kopi tampaknya semakin dekat dengan itu, tetapi itu juga akan berlalu.
Satu reaksi berlebihan yang lebih merupakan VC di dalam baseball, seperti yang kalian lihat, sebenarnya, saya sudah berada di pasar mempekerjakan sedikit berbicara dengan orang -orang yang telah saya perhatikan selama bertahun -tahun hanya untuk melihat ketika kita dalam mode ekspansi, akankah mereka datang. Dan memiliki banyak percakapan yang sangat menarik dengan orang -orang yang melakukan pertumbuhan portofolio atau nilai portofolio di layanan portofolio atau op portofolio, apa pun yang Anda sebut. Mereka sebagian besar di beberapa perusahaan besar, terutama menjadi bagian dari semacam anak tiri berambut merah, bukan pembuat kesepakatan, tidak, tidak ada kemuliaan menutup kesepakatan besar di sana. Hanya, Anda tahu, menjaga tabel tutupnya dengan benar dan menjaga dokumen di tempat mereka dan melakukan pengembangan bisnis. Dan tiba -tiba orang -orang ini didorong ke pusat perhatian dan ditanya, di mana DPI? Bukankah Anda orang yang seharusnya menjual semuanya? Pergi ke Indonesia dan jual barang -barang sekunder ke kantor keluarga lokal kecil. atau. Itu reaksi berlebihan, bukan? Itulah yang diajak bicara Shiyan dalam beberapa episode yang lalu ketika Shiyan, Anda mengatakan sesuatu seperti dulu terlalu banyak waktu yang diberikan kepada perusahaan untuk membuktikan apa yang mereka bangun, dan sekarang tidak ada waktu yang diberikan kepada mereka sama sekali. Jadi hal yang sama tampaknya terjadi di beberapa perusahaan VC. Tidak ada pertanyaan tentang strategi keluar, sekarang keluar harus terjadi kemarin. Atau bos tidak bisa menceritakan kisah yang bagus ketika mereka pergi ke konferensi Washington DC. Jadi itu reaksi berlebihan. Jadi itu berarti bahwa sumber daya sedang dialokasikan kembali, orang -orang terbakar dan tiba -tiba pergi untuk mengimbangi kegembiraan sebelumnya, entah bagaimana orang -orang Seri C meminta 5 juta pre. Jadi itu akan berlalu, tetapi untuk saat ini, itu cukup akut dan tidak menyenangkan dan juga cukup lucu.
(30:54) Jeremy AU:
Shiyan, apa pendapatmu? Apakah Anda melihat reaksi berlebihan di pasar? Shiyan, apa reaksi Anda terhadap tema reaksi berlebihan, dislokasi, dan kebingungan Dmitry?
(31:02) Shiyan Koh:
Saya pikir dalam beberapa hal, ini seperti siklus 10 tahun pertama kami, bukan? Saya pikir, apakah itu tahun 2014 bahwa NRF menabur sekelompok dana awal di Singapura? Maksud saya, Dmitry sedikit lebih awal dengan 2011, kan? Tapi saya pikir kehidupan dana adalah 10 tahun, dan jika Anda berpikir banyak orang muncul di atas panggung pada tahun 2014, kami berada dalam siklus 10 tahun itu sekarang. Jadi, sama seperti orang -orang yang baru saja ada di lingkungan tingkat bunga nol berpikir bahwa itu adalah keadaan alami dunia dan kemudian memiliki kejutan ketika itu tidak lagi menjadi keadaan dunia, saya pikir semua orang semacam melalui perwakilan pertama mereka tentang apa yang terjadi. Jadi saya pikir dalam dekade berikutnya, ketika Anda memiliki orang -orang kembali dan memiliki siklus bisnis berikutnya tentang hal -hal yang terjadi, semoga ada reaksi berlebihan. Tentu saja Anda akan memiliki pemain baru yang kemudian akan bereaksi berlebihan dalam siklus semacam itu. Tapi, saya pikir ini adalah bagian dari ekosistem yang matang, adalah belajar kapan dan kapan tidak panik. Jadi, saya pikir ini mungkin titik lucu Dmitry kan? Jika kita semua berhenti dan memikirkannya, kita akan seperti, oh yeah, itu tidak masuk akal. Kami kapitalis ventura. Kita sebenarnya perlu berinvestasi dalam hal -hal yang mengambil risiko dan meluangkan waktu untuk berkembang. Tidak masuk akal untuk mengatakan, hei, kita perlu ketakutan sekarang, tetapi saya pikir ini adalah bagian dari jenis proses pertumbuhan alami.
(32:16) Dmitry Levit:
Sepenuhnya setuju, selain mengukur sejarah Asia Tenggara dari zaman beberapa dana yang diunggulkan di Singapura. Saya pikir banyak, banyak titik kelahiran telah ada di sana.
(32:24) Shiyan Koh:
Mana yang mana yang akan kamu pilih?
(32:26) Dmitry Levit:
Mari kita bicara tentang IGEM, IMHF 2010.
(32:28) Jeremy AU:
Ketika Dmitry mendirikan Cento, itu adalah titik kelahiran,
(32:31) Dmitry Levit:
Tentu saja, itu adalah sebelum Cento dan setelah Cento. Tentu. Uh, ya.
(32:36) Jeremy AU:
ABC, ini dia.
(32:38) Dmitry Levit:
Tentu. Tidak, saya memikirkan ini sebagai 2010 terutama karena, pertama -tama, itu adalah tahun pertama ketika orang -orang cukup pulih dari 2008 di ekosistem global untuk bahkan menemukan Asia Tenggara di peta.
Kedua, itu adalah gelombang pertama orang yang keluar dari Singapura dan ke Cina. Kembali ke AS kembali dan memulai hal -hal karena sampai saat itu, Singapura tidak memiliki aktivitas selain dari beberapa orang yang sangat, sangat keras telah ada di sana sejak akhir tahun sembilan puluhan.
Dan ada dinamika ketiga, yang ada pergeseran di NRF dan pemerintah Singapura mulai memproduksi Block 71, Igem, Imatch, Ida, MDA, dan saya tidak mengalami kerusakan. Aku bersumpah ini semua singkatan pada saat itu. Jadi itu lonjakan pertama. Plus, jangan lupa kedatangan roket beberapa tahun kemudian. Dan kemudian, ya, tentu saja, gelombang konstitusional tahun 2014 dan kemudian beberapa investor utama Asia Utara tahap utama menemukan Jakarta di peta dan mengatakan, platform e-commerce yang bagus yang Anda miliki di sini. Bagaimana dengan bukan 10 juta, saya memberi Anda seratus dan sisanya adalah sejarah.
Dan bahwa, omong -omong, menghasilkan lonjakan pembentukan dana baru sekitar tahun 2017, 18. Jadi orang -orang dengan jumlah modal terbesar yang dikerahkan secara lokal, ingatan mereka tentang sekunder pada 17. Dan memori otot adalah mengangkat terhadap 600 juta populasi yang kuat yang entah bagaimana tumbuh luar biasa di baja memiliki kelas menengah di dalamnya, menurut Bank Dunia. Jadi orang -orang itu hanya akan melihat perhitungan mereka pada tahun 2027. Sekarang adalah kegelisahan pertama.
(34:04) Shiyan Koh:
Ya.
(34:04) Jeremy AU:
Jadi, Anda tahu, mulai membungkus di sini, melihat ke tahun 2024, apa pendapatnya? Karena, Anda tahu, Dmitry, Anda akan membuat laporan itu setiap setengah tahun, yang selalu saya gunakan cukup sering, seperti tangkapan layar, masukkan sumber dan masukkan ke dalam slide. Laporan yang sangat bagus, tetapi melihat ke depan dalam satu tahun ke depan, menurut Anda apa, saya tidak tahu, kata kunci atau tema kunci yang Anda pikirkan? Dan saya suka frasa itu juga sebelumnya untuk menggunakan kata VC Insider Baseball.
(34:29) Dmitry Levit:
Yah, saya katakan mungkin reaksi berlebihan hampir berakhir. Jika kita berbicara tentang ini secara terbuka di podcast publik, itu berarti sudah dipahami dengan baik. Jadi itu akan memperbaiki diri orang akan mulai bertanya pada diri sendiri. Mengapa saya tidak berinvestasi ketika saya seharusnya berinvestasi di bagian bawah? Saya akan mengatakan kebingungan sedang dengan cepat, saya tidak yakin seberapa cepat itu akan diselesaikan, tapi mari kita katakan saja.
Akan ada banyak cara baru untuk memikirkan hal -hal dan latihan TMT di Goldman akan membuat cerita baru yang harus diinvestasikan oleh semua orang dan semuanya akan kembali ke jalurnya. Semuanya bagus. Saya pikir yang besar berikutnya adalah bit dislokasi, yang belum banyak digunakan karena VC bereaksi berlebihan dengan cepat, korporasi bereaksi berlebihan perlahan, tetapi bereaksi berlebihan. Jadi akan ada perubahan strategi, penarikan dari pasar sekunder, spin -off anak perusahaan yang tidak diperlukan, dan oleh karena itu akan ada pergeseran lengkap ke arah perusahaan besar, cara -cara menarik untuk membeli perusahaan yang berharga dengan penilaian rendah, dan juga banyak peluang untuk menangkap sekelompok pisau yang jatuh dan sangat menderita. Jadi, saya pikir, adalah tema 2024 bagi saya.
(35:28) Jeremy AU:
Bagaimana denganmu, Shiyan?
(35:29) Dmitry Levit:
Menundukkan benda tajam yang jatuh.
(35:30) Jeremy AU:
Bagaimana dengan Anda Shiyan, apa tema Anda untuk 2024?
(35:32) Shiyan Koh:
Saya, saya membosankan, kan? Saya hanya seperti, fundamental, fundamental, fundamental. Anda memulai perusahaan untuk menghasilkan uang, bukan untuk mengumpulkan uang. Anda tahu, jadi apa yang Anda lakukan untuk menghasilkan uang? Siapa yang membayar Anda untuk apa? Bisakah Anda mendapatkan biaya secara efektif? Ya, saya tidak berpikir itu harus berubah dari tahun ke tahun, kan? Seperti, saya pikir fokus pada pelanggan, fokus pada apa yang Anda berikan, tetapi saya seorang investor tahap awal, bukan? Jadi itulah yang saya perhatikan.
(35:54) Jeremy AU:
Jika saya adalah seorang pendiri, misalnya, siapa yang mendengarkan podcast ini, bagaimana saya harus berpikir untuk bermanuver atau mengambil dari percakapan ini?
(36:03) Shiyan Koh:
Saya sering memberi tahu pendiri, apa yang akan Anda lakukan jika investor tidak ada? Seperti, jika kita berpura -pura semua orang ini tidak ada, apa yang akan Anda lakukan? Apakah bisnis Anda benar -benar mustahil tanpa investor? Anda perlu membangun roket. Oke. Anda mungkin tidak dapat melakukan bootstrap cara Anda untuk suka meluncurkan roket. Itu seperti satu kategori hal tetapi saya berpikir untuk banyak hal di Asia Tenggara, sebenarnya bukan apa yang dibangun orang. Jadi berapa jumlah modal minimum yang dapat Anda lakukan untuk memvalidasi hipotesis Anda berikutnya dan apa rencana Anda untuk sampai di sana? Dan berapa jumlah modal minimum untuk mencapai hipotesis 2, Hipotesis 3, Hipotesis 4? Pikirkan tentang berapa banyak modal yang akan terjadi. Jangan memikirkan apa yang diinginkan VC. VC menginginkan hasil besar, semua hal semacam itu. Tapi pikirkan tentang Anda. Anda adalah biaya peluang. Anda adalah orang yang hidup dan berjam -jam dihabiskan untuk ini. Bukan VC. VC memiliki portofolio 20, 30 perusahaan yang mereka hadapi. Jadi bagi Anda, apakah itu sepadan? Sudahkah Anda memvalidasi cukup banyak hal yang harus Anda habiskan hidup dan waktu untuk ini? Lalu jawab pertanyaan tentang, oke, apa yang dibutuhkan ibukota untuk melakukannya? Bisakah saya menemukannya? Dan saya pikir jika Anda telah memutuskan itu sepadan dengan waktu Anda, ada pasar. Saya pikir Anda mungkin dapat menemukan modal untuk melakukannya.
Apakah akan selalu menjadi modal VC? Mungkin, mungkin tidak. Mungkin itu uang malaikat. Mungkin itu adalah hibah yang akan membuat Anda memulai, tetapi saya merasa seperti orang -orang yang membahayakan diri mereka sendiri menjadi semua hal yang tidak wajar ini karena apa yang mereka bayangkan ingin dilihat investor, tetapi pada akhirnya, apakah ada bisnis nyata di sini? Saya pikir itulah pertanyaan yang harus dijawab oleh pendiri untuk diri mereka sendiri.
(37:18) Jeremy AU:
Bagaimana denganmu, dmitry?
(37:18) Dmitry Levit:
Kerangka kerja Shiyan terlalu memikat, jadi saya akan mematuhi itu. Saya akan mengatakan bahwa jika Anda adalah pendiri yang membangun perusahaan untuk benar -benar menghasilkan uang, ada beberapa hal kecil yang perlu Anda khawatirkan, tetapi tidak terlalu banyak. Saya akan membongkar mereka sebentar lagi. Jika Anda adalah pendiri yang membangun perusahaan untuk mengumpulkan uang, dan jika Anda sudah melakukannya dalam tiga tahun terakhir, sangat khawatir.
(37:34) Jeremy AU:
Ya.
(37:35) Dmitry Levit:
Adapun kelompok pertama, ada dua hal yang mungkin perlu kita selesaikan di lingkungan saat ini berdasarkan laporan ini. Salah satunya adalah Anda perlu membatasi jumlah waktu yang Anda habiskan untuk mendengarkan VC Anda. Mereka mungkin benar -benar berlarian dengan rambut mereka terbakar karena semua kebingungan internal ini di industri ini. Yang akan berlalu. Tetapi untuk saat ini, mereka akan memberi Anda masukan aneh dan mereka akan berbicara tentang segera menjual perusahaan. Cobalah untuk tidak menerimanya. Mereka akan menetap. Yang lebih aktif akan dipecat dan semuanya akan baik -baik saja lagi.
Dan yang kedua adalah hanya jika Anda mungkin bisa tetap di luar pasar sementara bagian yang tajam dari koreksi ini terjadi. Mungkin setengah tahun terakhir dan mungkin beberapa perempat berikutnya akan menyenangkan jika Anda berada di pasar, hati -hati tapi itulah rekomendasi yang biasa, tidak menambahkan banyak di sini. Jadi Shiyan, kerangka kerja yang indah. Saya akan mengikuti.
(38:19) Jeremy AU:
Terima kasih banyak. Nah, pada catatan itu kami akan melihat Anda lain kali dan mungkin ketika laporan Cento berikutnya keluar.
(38:23) Dmitry Levit:
Saya akan meningkatkan frekuensinya. Bersorak sangat banyak. Terima kasih banyak telah menerima saya.
(38:27) Shiyan Koh:
Terima kasih, Dmitry.
Tautan terkait:
• https://www.cento.vc/wp-content/uploads/2023/12/cento_se-asia-tech-investment_2023_h1.pdf